TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

08/05/20

Jual Benih Melon Pertiwi Terbaik Produk Benih Berkualitas

melon pertiwi, jual melon hibrida berkualitas, jual benih terbaik pertiwi, budidaya melon, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Melon Pertiwi
Jual Benih Melon Pertiwi Terbaik Produk Benih Berkualitas. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus WA/SMS ). Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan segala kebutuhan pertanian. Yaitu benih hibrida berkualitas Melon Pertiwi.

Tersedia juga pupuk berkualitas, pestisida, hormon pertumbuhan dan alat-alat pertanian. Kami menerima layanan konsultasi gratis tentang cara bercocok tanam dan permasalahannya. Toko pertanian online LMGA Agro telah berpengalaman sebagai supplier produk pertanian.

Kami didukung perusahaan pertanian terkemuka. Benih Pertiwi merupakan salah satu produk terbaik berkualitas dan telah meluncurkan benih Melon Pertiwi. Kami mengajak pula kerjasama online shop bagi para dropship dan reseller produk pertanian.


Jual benih Melon Pertiwi berkualitas cepat panen. umur 58 hari setelah tanam, net buah telah sempurna. Bobot buah besar 2 - 3 kg/buah. Tanaman mampu tumbuh 2 buah per tanaman. Rasa manis, harum dan menyegarkan. 

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa pengiriman seperti JNE, KI8, Pos Indonesia dan masih banyak lagi. Barang dijamin pasti sampai alamat tujuan Anda.

Melon Pertiwi menguntungkan petani karena unggul dan tahan virus keriting. Selain itu Melon Pertiwi mampu berbuah 2 buah melon dalam satu tanaman. Beratnya 2 - 3 kg/buah. Pada umur 58 hari setelah tanam, melon Pertiwi sudah membentuk net dengan sempurna. Serta bobot buah sudah maksimal.

Peluang usaha menanam melon sangat menjanjikan dan menguntungkan. Buah melon sangat digemari masyarakat. Meskipun harga jual cukup tinggi namun antusiasme masyarakat untuk mengkonsumsi buah ini sangat tinggi.

Melon Pertiwi Anti Virus ( Anvi )


Melon Pertiwi diluncurkan dengan andalan benih melon anti virus. Virus penting dalam budidaya melon adalah virus Keriting/kuning. Virus keriting menyerang tanaman menjelang musim penghujan.

Di beberapa tempat sentra penanaman melon di awal musim hujan tentan serangan virus keriting. Banyak Petani mengalami kegagalan panen melon akibat serangan virus keriting. Sehingga petani sering menjadi trauma bila budidaya melon kembali.

Serangan virus keriting bisa hingga menyebabkan gagal panen. Sedangkan budidaya melon membutuhkan biaya perawatan dan modal yang besar. Tak jarang Petani melakukan segala hal untuk mendapatkan modal untuk budidaya melon. Seperti terpaksa menjual ternak sapi mereka.

Melon Pertiwi hadir dengan keunggulan anti virus terutama virus Keriting. Gejala serangan virus sudah terlihat sejak dini. Pada awal penanaman dan fase vegetatif, serangan virus menyebabkan tanaman kerdil. Daunnya mulai mengeriting.

Memasuki fase generatif, buah tumbuh tidak normal, berkerut dan ada bercak di permukaan. Adanya serangan virus Keriting memang tampak secara kasat mata. Namun bila kita bisa jeli lagi maka pada fase vegetatif tampak hama vektornya. Yaitu hama Thrips dan tungau kutu kebul dibalik daun.

Virus Keriting mulai tampak sekitar umur 1 bulan setelah pindah tanam. Kondisi tanaman yang tadinya tampak sehat menjadi melambat dan berhenti. Daun menguning dan mengeriting terutama pada pucuk tanaman.

Beberapa pengendalian dan pencegahan bisa kita lakukan untuk meminimalisir serangan virus Keriting. Salah satunya menggunakan benih anti virus. Budidaya melon semakin mudah bila menggunakan Melon Pertiwi Anvi.



Karakteristik Melon Pertiwi Anti Virus


Benih Melon Pertiwi produk dari Benih Pertiwi. Benih Melon Pertiwi Anvi atau melon anti virus. Selain anti virus, Melon Pertiwi unggul dalam produktivitas karena mampu berbuah 2 melon dalam satu tanaman.

Berat rata-rata melon Pertiwi 2 - 3 kg per buah. Umur panen 58 hari setelah tanam. Net telah terbentuk sempurna dan bobot buah sudah maksimal. Sehingga sudah tiba untuk dipetik.

Melon Pertiwi memiliki tingkat kemanisan tinggi. Yaitu mencapai sekitar 12% Brix. Umumnya melon anti virus berkurang kemanisannya. Namun tidak dengan Melon Pertiwi yang tetap sangat manis juga anti virus.

Melon Pertiwi produktivitas tinggi, daging buah tebal dan aroma buah wangi. Melon Pertiwi terbukti melon anti virus paling manis dan tajam aromanya. Melon Pertiwi dikenal di pasaran dan lapak-lapak pedagang besar.

Syarat Tumbuh Budidaya Melon Pertiwi 


Melon memiliki nama latin Cucumis melo masuk dalam suku timun-timunan. Melon masih kerabat dengan semangka, blewah dan timun suri. Seperti halnya tanaman suku timun-timunan, melon tumbuh merambat tidak memanjat.

Tanaman melon perlu ditopang ajir agar dapat tumbuh menjalar di atas permukaan tanah. Ketinggian tempat ideal Melon Pertiwi adalah 250 - 700 m dpl. Ketinggian tempat kurang dari 250 m dpl menyebabkan buah muncul berukuran kecil.

Bila di dataran tinggi dengan suhu dibawah 18 derajat celcius, tanaman sulit tumbuh. Tingkat kelembaban ideal adalah 50 - 70 %. suhu rata-rata berkisar 25 - 30 derajat Celcius. Curah hujan ideal 1500 - 2500 mm/tahun. Kualitas buah semakin bagus bila signifikan antara suhu siang dan malam hari.

Sebenarnya jenis melon beragam namun ada 3 jenis yang populer dibudidayakan di Indonesia. Yaitu jenis Reticalatus, inodorus dan cantalupensis.

Reticalatus jenis melon paling populer. Bentuk buahnya bulat, kulit buah berwarna hijau dan memiliki net tebal. Daging buah hijau muda hingga oranye.

Inodorus. Kulit buah mulus namun tidak berjala. Bentuk buah bulat hingga lonjong. Warna kulit buah kuning hingga kuning pucat kehijauan. Warna daging hijau, oranye hingga putih. Daging buah tidak beraroma.

Cantalupensis, jenis melon dengan kulit buah yang bergelombang seperti labu. Daging buah berwarna kuning atau oranye. Aroma buah sangat kuat. Blewah salah satu contohnya.




Manfaat Buah Melon


Buah Melon banyak disukai masyarakat karena manis rasanya. Selain manis, buah melon juga sangat menyegarkan baik sebagai penghilang rasa haus. Dibalik kesegarannya, melon ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit, pencernaan, penglihatan hingga tulang kita. 

Manfaat melon diambil dari kandungan nutrisi didalamnya. Kandungan mutrisi dalam melon antara lain : kalium, asam folat, protein, vitamin C, beta-karoten dan magnesium. Beberapa manfaat melon untuk kesehatan, antara lain :

  • Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh. Buah melon banyak mengandung air dan elektrolit membantu mencukupi kebutuhan air sehingga terhindar dari dehidrasi. Melon Pertiwi mengandung banyak air dengan kemanisan 12% Brix. 
  • Mendukung Kesehatan Kulit. Melon mengandung vitamin C tinggi dapat mendukung produksi kolagen. Kolagen adalah semacam protein berfungsi untuk memperbaiki dan memelihara kesehatan kulit.
  • Membantu Meningkatkan Kemampuan Penglihatan.  Melon mengandung 2 jenis antioksidan yaitu lutein dan zeaxanthin. Kedua jenis antioksidan tersebut bermanfaat meningkatkan kesehatan mata dan mencegah risiko penurunan penglihatan.
  • Menjaga Kesehatan Pencernaan. Selain kaya vitamin C, Melon kaya akan serat. Serat baik untuk memperlancar pencernaan kita sehingga baik untuk kesehatan pencernaan. 
  • Meningkatkan Kesehatan Tulang. Mineral yang berperan adalah magnesium, folat dan vitamin K merupakan komponen utama menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang.
  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi. Melon diketahui rendah Natrium namun tinggi Kalium. Bermanfaat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.   

Peluang usaha Menanam Melon Pertiwi


Budidaya melon menjadi peluang usaha bisnis pertanian berpotensi besar. Karena melon banyak dikonsumsi masyarakat. Melon tak hanya menyehatkan namun juga rasanya manis dan menyegarkan. Daging buahnya berair sehingga tepat bila dikonsumsi untuk berbuka saat puasa bulan Ramadhan. Atau saat cuaca panas. 

Peluang usaha budidaya melon semakin lama semakin berkembang dan menjadi peluang bisnis sangat menguntungkan. Semakin banyak bermunculan kota-kota di Indonesia menjadi sentra budidaya melon. Artinya semakin banyak petani yang melakukan budidaya melon sebagai usaha pertanian.

Melon Pertiwi dengan tingkat kemanisan tinggi menjadikan harga jualnya tinggi. Produktivitas melon Pertiwi juga tinggi dan bobot buah cukup besar. Hal ini menjadikan Petani mendapatkan keuntungan tinggi setiap menanam melon Pertiwi.

Melon Pertiwi umur 58 hari setelah tanam sudah menghasilkan buah dengan net penuh dan besar buah maksimal. Petani dapat cepat merasakan hasil panen dengan cepat dan meraup keuntungan. Dengan bobot buah 2 - 3 kg/buah dan harga jual Rp. 8000,- Petani dapat meraup keuntungan puluhan juta.



Keuntungan Budidaya Melon Pertiwi Sebagai Peluang Bisnis


melon pertiwi, jual melon hibrida terbaik, jual benih berkualitas pertiwi, budidaya melon, toko pertanian, toko online, lmga agro
Peluang Bisnis Melon
Budidaya melon Pertiwi menggunakan media polybag atau dalam pot dapat menghemat biaya produksi. Cara ini juga cocok bagi hobiis berkebun dan menjadikan kegiatan menanam melon Pertiwi sebagai usaha sampingan.

Sebagai usaha rumahan Anda dapat mencoba menanam melon Pertiwi di pekarangan atau halaman rumah. Usaha rumahan menanam melon ini dapat Anda sesuaikan dengan modal yang ada.

Keuntungan menanam melon sebagai usaha karena permintaan buah ini cukup tinggi. Tingkat konsumsi buah melon meningkat saat cuaca panas atau memasuki bulan Ramadhan.

Konsumsi buah melon dalam negeri untuk rumah tangga bisa mencapai 35 - 40 % dari konsumsi buah nasional. Buah Melon sering dijadikan buah meja restoran, hotel berbintang dan katering mahal.

Waktu panen Melon Pertiwi singkat dan tumbuhnya tidak mengenal musim hingga selalu ada sepanjang tahun. Buah melon matang pohon memiliki kualitas rasa lebih manis dan lebih gurih.

Namun bila untuk pemasaran jarak jauh maka Melon dipetik belum matang lalu dilakukan pengkarbitan. Melon juga menjadi bahan baku industri seperti jus, sirup dan lain-lainnya.


Cara Pembibitan Melon Pertiwi


Kebutuhan bibit tanaman melon Pertiwi per hektar adalah 16.000 - 20.000 pohon. Setara dengan 500 - 700 gram benih. Sebelum ditanam di lahan tetap, benih harus dikecambahkan. Cara mengkecambahkan yaitu benih direndam dalam air hangat selama 6 - 8 jam. 

Bila benih belum mengandung fungisida, tambahkan fungisida dalam air rendaman sesuai dosis. Setelah direndam, tiriskan dan tebar diatas kain atau kertas koran yang sudah dibasahi air. Lalu benih biarkan berkecambah, biasanya 1 - 2 hari. Bila kain atau kertas koran tampak kering, percikkan air secukupnya. 

Sambil menunggu benih berkecambah, siapkan polybag kecil atau baki semai/tray semai. Siapkan juga media tanamnya yaitu tanah dicampur pupuk kandang/kompos perbandingan 2 : 1. Ayak tanah dan pupuk hingga halus, lalu masukkan ke polybag atau tray semai. Biarkan seharian di tempat sejuk.

Bila benih sudah berkecambah, tanam dalam media 1 - 2 cm. tutup dengan tanah secukupnya. Polybag-polybag buatkan atap plastik bening sebagai pelindung dari hujan dan terik panas matahari. Kontrol setiap hari media persemaian dan perhatikan kelembabannya. Siram secara teratur secukupnya.

Pembibitan benih Melon Pertiwi berlangsung selama 10 - 14 hari. Atau sampai muncul 2 - 3 helai daun. Begitu tiba fase ini, bibit siap dipindahkan ke lahan tetap. Sambil menunggu bibit tumbuh, kita bisa mempersiapkan lahan untuk menanam bibit. 




Cara Persiapan Lahan Menanam Melon Pertiwi


melon pertiwi, jual melon hibrida terbaik, jual benih berkualitas pertiwi, budidaya melon, toko pertanian, toko online, lmga agro
Melon Pertiwi Benih Hibrida Berkualitas 

Persiapan lahan yaitu melakukan kegiatan pengolahan tanah dengan cara tanah dibajak atau dicangkul. Tujuannya untuk menggemburkan dan menghaluskan bongkahan tanah.

Setelah gembur, buat bedengan melon Pertiwi. Lebar bedengan 100 - 120 cm, tinggi 30 - 50 cm, panjang 10 - 15 meter. Parit tempat mengalirnya air adalah jarak antar bedengan sekitar 50 - 60 cm. 

Setelah membuat bedeng, selanjutnya berikan pupuk dasar yaitu kompos/pupuk kandang sebanyak 15 - 20 ton/ha. Tambahkan ZA 375 kg, KCl 375 kg dan TSP 250 kg dosis untuk 1 hektar. Pupuk diberikan pada permukaan bedengan lalu aduk hingga tercampur rata dengan tanah. Lalu biarkan selama 2 - 4 hari.

Bila pH tanah < 5 maka berikan Dolomit sebanyak 2 ton/ha. Lalu aduk hingga tercampur rata dengan tanah. Sebaiknya pemberian Dolomit 2 - 3 hari sebelum pemupukan dasar. 

Pemakaian mulsa plastik hitam perak akan lebih efektif dalam perawatan tanaman nanti. Pasanglah mulsa saat siang hari untuk pemasangan lebih maksimal. Warna hitam menghadap ke bawah sedang warna perak menghadap keluar. 

Bedeng tertutup mulsa pembuatan lubang tanam menggunakan alat pelubang mulsa. Bedengan dibuat 2 baris lubang tanam. Jarak antar baris 60 cm dan jarak antar lubang dalam baris adalah 50 - 60 cm. Pemasangan mulsa dilakukan 2 hari sebelum penanaman. Alat pelubang mulsa dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA Agro.


Penanaman Bibit Melon Pertiwi


Bibit di persemaian siap dipindah tanam setelah berumur 10 - 14 hari dan muncul daun 3 - 4 helai. Pilih bibit sehat dan kuat untuk ditanam dan tanam satu bibit setiap lubang tanam. 

Pemindahan bibit ke lahan tetap dengan cara menyobek dulu polybagnya bila ditanam di polybag. Bila di tray semai, bibit diambil perlahan. Agar mudah bibit dipindah, media tanamnya disiram air sampai lembab. 

Lubang tanam pada lahan juga harus disiram untuk mencegah stress pada tanaman. Tanam bibit pada lubang lalu tutup dengan tanah sambil ditekan-tekan perlahan. 

Selanjutnya siram air kembali agar tidak layu. Pemakaian alat siram pilih yang kocoran airnya kecil karena bibit masih rentan roboh. Penanaman sebaiknya di sore hari dan usahakan selesai dalam satu hari. Agar tanaman dapat tumbuh seragam. 

Untuk hari berikutnya, selalu lakukan kontrol tanaman untuk melihat perkembangan pertumbuhannya. Terutama hari ke-1 sampai ke-7, bibit yang baru dipindah tanam bisa rentan sakit. 

Penyiraman dilakukan setiap hari sambil mengamati ada tidaknya tanaman mati. Bila ada tanaman mati segera lakukan penyulaman. Pilih bibit baru yang sehat dan segar di pembibitan. Inilah perlunya kita menambah jumlah bibit sebanyak 10% dari kebutuhan bibitnya. 

Penyulaman tanaman dilakukan sampai umur 7 hari sejak dipindahkan. Hal ini untuk menjaga tanaman tetap seragam tumbuhnya. Bila setelah hari ke-7 ada tanaman mati, tidak perlu dilakukan penyulaman. 




Perawatan Pemasangan Ajir Melon Pertiwi


Ajir/lanjaran dipasangkan dengan maksud menghasilkan tanaman bagus. Tanaman melon Pertiwi harus ditopang lanjaran dari sebilah bambu. Dengan cara tersebut, buah melon nanti tidak menyentuh permukaan tanah. 

Pemakaian ajir juga dapat menyebabkan penetrasi sinar matahari bisa merata ke seluruh bagian tanaman. Ajir sebaiknya mulai ditancapkan pada tanah begitu selesai penanaman bibit. Yaitu sekitar 3 hari sesudah bibit ditanam. Tujuannya agar ajir ditancapkan tidak mengenai akar karena bila akar terluka menyebabkan mudah terserang penyakit.

Ajir dibuat dari bambu dengan panjang 1,5 meter. Ajir ditancapkan pada lubang tanam melon Pertiwi dengan posisi miring atau menyerong. Setiap lubang tanam terdapat 2 ajir saling menyilang membentuk huruf X.

Siapkan bilah bambu panjang dan letakkan horisotal diantara ajir-ajir menyilang tadi. Lalu ikat semua ajir menggunakan tali dan ikat erat. Tali salaran khusus untuk mengikat ajir juga aman untuk mengikat batang tanaman. Tali salaran ini dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA Agro




Perawatan Penyiraman Melon Pertiwi


Penyiraman penting sekali dalam budidaya melon Pertiwi karena buah melon mengandung banyak air. Meskipun kebutuhan air penting namun tidak boleh berlebihan. Jangan biarkan lahan melon Pertiwi kering kekurangan air. 

Penyiraman melon Pertiwi dapat dilakukan setiap sore dengan interval 2 hari sekali tergantung kondisi lahan. Penyiraman rutin ini khusuanya sampai umur tanaman 1 minggu. selanjutnya sesuai kebutuhan. Pemakaian mulsa bisa mengurangi interval penyiraman.

Bila turun hujan, pastikan drainase berfungsi dengan baik dan air mengalir dengan lancar. Hindari lahan tergenang air karena tanaman melon tidak menyukai tanah terlalu basah. 


Cara Pemupukan Susulan Melon Pertiwi


melon pertiwi, jual melon hibrida berkualitas, jual benih pertiwi, budidaya melon, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk Berkualitas Budidaya Melon
Pemupukan susulan pada budidaya melon Pertiwi dilakukan untuk menyediakan unsur hara tanaman sampai panen nanti. Pemberian pupuk setelah pindah tanam diberikan setelah umur 1 minggu setelah pindah tanam. 

Pemberian pupuk lebih baik dalam bentuk cairan karena cepat diserap tanaman. Untuk pupuk padat berbentuk butiran bisa dilarutkan dalam air dulu. Jenis pupuk menggunakan pupuk cair organik atau pupuk kimia/an-organik. 

Pupuk kimia dalam pupuk susulan diberikan sebanyak 6 kali. Pupuk dibuat dalam bentuk larutan lalu disiramkan ke tanaman. Diberikan sebanyak 200 - 250 ml/tanaman. Berikut dosis pupuknya dan semuanya pengenceran untuk 4000 liter.


  • Umur 7 hari, pupuk NPK 16-16-16 sebanyak 100 kg/ha.
  • Umur 14 hari, pupuk NPK sebanyak 30 kg/ha dan Boron sebanyak 5 kg/ha.
  • Umur 21 hari, pupuk NPK 16-16-16 sebanyak 36 kg/ha dan Superphos 20 kg/ha. 
  • Umur 28 hari, diberikan pupuk NPK 16-16-16 sebanyak 36 kg/ha. 
  • Umur 42 hari, pupuk NPK 16-16-16 sebanyak 100 kg/ha, Superphos 100 kg dan KNO3 sebanyak 20 kg/ha.
  • Umur 50 hari, pupuk NPK 16-16-16 sebanyak 36 kg/ha dan KNO3 sebanyak 30 kg/ha.                                                                                                    
Seluruh dosis pupuk diatas untuk pengenceran 4000 liter air. Pupuk lalu dikocorkan tanaman sebanyak 200 - 250 ml/tanaman. 


Penyerbukan Buatan pada Budidaya Melon


Budidaya melon perlu juga dilakukan penyerbukan buatan. Bila penanaman di musim kemarau, penyerbukan dilakukan secara alami oleh serangga penyerbuk. Namun bila saat musim hujan biasanya jumlah serangga berkurang. Sehingga disini perlu dilakukan penyerbukan buatan. 

Penyerbukan buatan membuat kualitas buah menjadi baik. Sebaiknya penyerbukan dilakukan pagi hari. Yaitu sebelum pukul 10.00. Bila dilakukan siang hari, kuncup bunga sudah menutup dan agak layu. 

Penyerbukan dilakukan pada bunga betina, yaitu bunga pada cabang ke-9 sampai cabang ke-13. Dalam satu pohon bisa ditumbuhkan 3 - 4 calon buah. 

Setelah berhasil pelihara 1 - 2 buah saja untuk mendapatkan buah ukuran besar dan berat. Melon Pertiwi dapat dibuahkan hingga 2 buah dengan bobot besar. Pelihara hingga panen. Pilih buah bentuk terbaik untuk dibesarkan sampai panen. 


Pengendalian Hama dan Penyakit Melon


melon pertiwi, jual melon hibrida berkualitas, jual benih terbaik pertiwi, budidaya melon, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pestisida LMGA Agro
Budidaya melon di daerah beriklim tropis seperti Indonesia, cukup rentan serangan hama dan penyakit. Hama yang biasa menyerang tanaman melon antara lain kutu daun, lalat buah, ulat daun, thrips dan tungau. 

Untuk penyakit yang sering menyerang tanaman melon adalah antraknosa, busuk buah, busuk batang dan mosaik. Beberapa usaha mencegah seranga hama dan penyakit antara lain rotasi tanaman, pemupukan berimbang dan kebersihan kebun. 

Pencegahan dilakukan untuk meminimalisir pemakaian obat kimia yang menimbulkan dampak negatif pada lingkungan dan buah. Namun bila hama dan penyakit masih ada, maka berikan pestisida yang sesuai. Pemberian dosis sesuai anjuran pada kemasan. 

Melon Pertiwi tahan virus Keriting. Namun ada beberapa langkah pengendalian mekanis yang aman bagi lingkungan. 

  1. Pengawasan di fase pembibitan. Pembibitan harus ditutup bisa menggunakan jaring halus atau sungkup plastik bening. Tutup ini digunakan untuk mencegah hama pembawa virus masuk dan menginfeksi tanaman. Pastikan bahwa tempat pembibitan aman baik dari hama maupun hewan ternak ayam misalnya.
  2. Pengendalian kimia secara rutin juga saat pembibitan. Gunakan pestisida bahan aktif imidaklropid dengan interval penyemprotan 1 - 2 kali seminggu. 
  3. Pengawasan saat pindah tanam dan setelah pindah tanam. 
  4. Pemakaian mulsa plastik hitam perak dapat menekan perkembangan hama terutama hama pembawa virus. Mulsa dapat memantulkan sinar matahari ke balik daun dimana sebagian tempat sembunyi hama.  
Penyemprotan pestisida harus diberikan dengan cara berselang-seling. Setiap melakukan penyemprotan sebaiknya selalu mengganti jenis bahan aktif. Jangan memakai bahan aktif yang sama berturut-turut. 

Melon Pertiwi Anti Virus tahan serangan hama dan penyakit. Penyemprotan pestisida bisa dilakukan 1 minggu sekali atau sesuaikan keperluan. Sehingga pemakaian pestisida bisa dihemat. 

Hama Tanaman Melon


Ulat Tanah

Ulat tanah menyerang di malam hari, di siang hari ulat daun bersembunyi dalam tanah atau di balik mulsa yang dipasangkan pada bedengan. Ulat tanah menyerang batang tanaman muda dengan cara memotong batang. Sehingga ulat daun ini dikenal petani sebagai ulat pemotong. 

Pengendalian kimia menggunakan insektisida berbahan aktif karbofuran. Dosis pemberian 1 gram per lubang tanaman.  


Ulat Grayak

Menyerang daun secara besar-besaran dan jumlah banyak. Ulat grayak menyerang malam hari. Pengendalian insektisida bahan aktif profenofos, sipermetrin dan lain-lain.


Ulat Buah

Ulat buah menyerang melon dengan cara mengebor buah sambil mengerogoti daging buah. Hingga buah diserang sampai berlubang. Pengendalian menggunakan insektisida dengan bahan aktif sama dengan hama ulat grayak. 


Kutu Daun

Kutu daun menghisap cairan tanaman terutama daun muda. Kutu daun mengeluarkan kotoran dan berasa manis sehingga disukai semut. Sehingga adanya semut sebagai tanda bahwa tanaman diserang kutu daun. 

Daun terserang mengalami klorosis ( daun menguning ), menggulung sampai mengeriting. Hingga kemudian tanaman menjadi kerdil. Pengendalian insektisida berbahan aktif abamektin, imidakloprid, tiamektosam atau lainnya. 


Kutu Kebul 

Kutu kebul berwarna putih, memiliki sayap dan badannya berselimut serbuk putih seperti lilin. Kutu kebul menyerang dengan cara menghisap cairan sel daun hingga beberapa sel dan jaringan daun rusak. Pengendalian kimia dengan menyemprotkan insektisida berbahan aktif abamektin, imidakloprid, asetamiprid atau yang lainnya. 


Kumbang Kuning

Kumbang kuning menyukai tinggal di tanaman melon. Kumbang berwarna kuning dan semua badan diselimuti duri. Pengendalian menggunaan insektisida. 


Lalat Buah

Lalat buah menyerang buah dengan cara menyuntikkan telur lalat ke dalam buah. Telur nanti akan menetas menjadi larva dan menggerogoti buah hingga buah busuk. 

Pengendalian menggunakan perangkap lalat ( sex-pheromone ). Caranya menggunakan cairan metil eugenol dan dimasukkan dalam botol air mineral. Botol diikatkan pada bambu dengan posisi horisontal. 

Bisa juga membuat perangkap dari bahan buah-buahan yang aromanya disukai lalat ( nangka ) dan digabung insektisida. Perangkap lalat buah praktis Yellow Trap juga bisa dicoba. Dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA Agro. 


Penyakit Tanaman Melon


Rebah Semai

Rebah semai umumnya terjadi pada fase pembibitan. Pengendalian dengan melakukan penyemprotan fungisida sitemik berbahan aktif propamokarb hidroklorida, simoksanil atau lainnya. Dosisnya separuh dari dosis paling rendah pada kemasan. 

Layu Bakteri

Penyakit paling ditakuti karena kerusakannya hingga membuat gagal panen. Penyebabnya adalah bakteri. Pengendalian dengan cara pencegahan. Antara lain mengecek pH tanah, mencabut tanaman mati lalu dimusnahkan dan pergiliran tanaman. Pengendalian kimia menggunakan bakterisida.


Layu Fusarium 

Gejala terinfeksi layu fusarium nyaris sama dengan layu bakteri. Perbedannya pada penyebabnya saja karena layu fusarium disebabkan oleh jamur/cendawan. Pengendalian kimia menggunakan fungisida karena disebabkan jamur/fungi. 


Busuk Phytopthora

Penyakit ini bisa menghabiskan seluruh tanaman. Batang terkena infeksi tampak bercak coklat kehitaman dan basah. Serangan berat mengakibatkan tanaman layu. Daun kering seperti tersiram air panas. 

Serangan pada buah tampak bercak agak basah berwarna coklat kehitaman dan lunak. Pengendalian kimia menggunakan fungisida sistemik matalaksil, propamokarb hidroklorida, simoksanil atau lainnya. 


Bercak Daun

Penyebabnya adalah bakteri dan berkembang cepat saat musim hujan. Gejala serangan terdapat bercak putih dan bersudut karena dibatasi tulang daun. Bercak akan menjadi coklat kelabu, dari sisi daun mengeluarkan cairan kemudian daun menjadi kering. Pengendalian menggunakan bakterisida. 


Antraknosa

Nama lainnya adalah penyakit Patek. Menyerang seluruh bagian tanaman dengan tanda serangan adanya bercak agak bulat berwarna coklat muda. Bercak berubah menjadi coklat tua lalu menghitam. Makin lama bercak akan melebar dan menyatu hingga daun menjadi kering. 

Tanda lainnya yaitu berupa bercak bulat memanjang berwarna kuning atau coklat. Pada buah juga ada bercak agak bulat dan berlekuk berwarna coklat tua. Cendawan biasanya membuat massa spora berwarna merah jambu. Pengendalian menggunakan fungisida karbendazim, metil tiofanat atau lainnya. 


Virus 

Serangan virus sering terjadi di musim kemarau dan menyebabakan kegagalan panen. Tanda serangan, tanaman kerdil, daun mengeriting dan bercak kuning basah. Penyakit akibat virus tidak bisa diobati. Penyakit virus ditularkan antar tanaman lewat hama vektornya. 

Sehingga pengendalian lebih efektif kepada hama vektornya menggunakan insektisida. Penggunaan benih anti virus Melon Pertiwi dapat menekan serangan virus. Penularan bisa lewat manusia, alat pertanian, gunting pangkas dan gulma. Lakukan selalu kebersihan lahan dan sterilisasi alat pangkas. 


Pemanenan Melon Pertiwi


Melon Pertiwi dapat mulai panen umur 58 hari setelah tanam. Ciri-ciri melon siap panen Melon Pertiwi yaitu net buah tampak jelas di permukaan kulit dan kasar, permukaan kulit sekitar tangkai tampak retak. Warna kulit hijau kekuningan dan mengeluarkan aroma harum khas buah melon.

Dianjurkan untuk memetik melon di tingkat kematangan 90% atau sekitar 3 - 7 hari menuju matang sempurna. Waktu jeda tersebut untuk memberi waktu pengiriman jarak jauh atau keluar kota. 

Cara pemetikan yaitu memotong tangkai buah menggunakan pisau atau gunting. Tangkai dipotong seperti huruf T. Bagian potongan mengarah pada daun bukan pada buah. 

Pemanenan sebaiknya dilakukan pagi hari sekitar pukul 08.00 - 11.00 dan dilakukan bertahap. Pilihlah buah yang benar-benar matang dan siap panen. 

Demikian artiekl kami dengan judul : Jual Benih Melon Pertiwi Terbaik Produk Benih Berkualitas. Hubungi kami di nomer 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual segala kebutuhan petani bercocok tanam mulai benih hibrida, pupuk, pestisida sampai alat pertanian. 

Kami menerima layanan gratis konsultasi pertanian. Toko pertanian Online LMGA Agro telah lama berpengalaman sebagai supplier produk pertanian dan membuka kerjasama dropship dan reseller.

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Kami bekerjasama dengan jasa pengiriman barang JNE, KI8, Pos Indonesia atau yang lainnya. Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang benih Melon Pertiwi Anti Virus. Juga pengetahuan tentang budidaya melon. 

Selamat mencoba peluang usaha menanam melon Pertiwi menjanjikan dan menguntungkan. Salam sukses...




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.