BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

06/05/2020

Read

Jual Benih Blewah Aruna Murah Terbaik Produk Tunas Agro


blewah aruna, garbis, jual benih tunas agrom jual benih blewah, budidaya blewah, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Blewah Aruna 

Jual Benih Blewah Aruna Murah Terbaik Produk Tunas Agro. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih Blewah Aruna produk Tunas Agro. 

Toko pertanian online LMGA Agro jual benih hibrida dan unggul buah dan sayuran. Tersedia juga pupuk berkualitas, pestisida, ZPT dan alat-alat pertanian. Kami melayani konsultasi gratis pertanian. Cara menanam bibit blewah Batu, benih Blewah Aruna.

Kami siap kirim jual benih blewah terbaik Aruna pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa ekspedisi JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami mengajak kerja sama sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Jual benih Blewah Aruna murah terbaik produk Tunas Agro. Bibit blewah Batu umur panen cepat . Tanaman mudah beradaptasi di segala kondisi. Bibit blewah madu rasa sangat manis menyegarkan dan cocok untuk hidangan berbuka atau saat musim panas.   

Toko pertanian online LMGA Agro siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Barang dijamin aman dan pasti sampai tujuan. Kami bekerja sama dengan jasa pengiriman barang terpercaya yaitu JNE, KI8, Pos Indonesia dan masih banyak lagi.

Blewah disebut juga garbis oleh masyarakat, buah segar dan banyak dicari saat bulan Ramadhan tiba. Menyegarkan dibuat berbuka dalam bentuk olahan es garbis. Blewah memiliki daging buah oranye dan aromanya harum serta wangi.

Jual Benih Blewah Aruna Hibrida tahan penyakit. Blewah Aruna produk Tunas argo, daging berasa manis, aroma harum dan menyegarkan. Umur panen 55 hari setelah panen. Perawatan tanaman mudah dan adaptasi baik di semua kondisi.

Benih Blewah terbaik Aruna produk Tunas Argo, benih berkualitas dengan bentuk buah bulat lonjong. Perawatannya mudah, pertumbuhan cepat dan tanaman kuat. Peluang usaha menanam Blewah Aruna F1 menjanjikan untuk masa depan.

Karena buah blewah sejatinya banyak disukai masyarakat karena kesegarannya. Manfaat buah Blewah Aruna tinggi sekali.

Karakteristik Benih Blewah Aruna 


Blewah Aruna atau Garbis produk dari Tunas Argo pertumbuhan tanaman cepat dan kuat. Bentuk buah Blewah Aruna bulat atau nulat lonjong. Kulit buahnya berwarna hijau saat muda. Blewah Aruna akan menguning saat sudah tua dan matang. 

Blewah  Aruna berbentuk bulat atau lonjong. Kulit buah bergelombang dan sekilas terlihat mirip sekali dengan waluh. 

Daging buahnya berwarna oranye. Aroma buah harum dan wangi. Umur panen Blewah Aruna umur 55 - 65 hari setelah pindah tanam. Kemasan produk benih berat 15 gram. 

Blewah Aruna memiliki nama latin Cucumis melo, L.merupakan tumbuhan penghasil buah. Banyak dipakai sebagai minuman penyegar oleh penduduk Asia Tenggara, disamping buah timun suri dan kolang-kaling. 

Blewah Aruna sejenis dengan buah melon namun berbeda kelompok budidayanya.   Daging buah relatif lembut dan bertekstur. bagian dalam buah terdapat rongga berisi biji dan seratnya. 

Blewah Aruna buah dengan kaya kandungan mineral. Antara lain Kalium, Pro-vitamin A, serat makanan dan vitamin C. Kandungan gizi tersebut bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh kita. Serta bermanfaat menyehatkan organ ginjal, limpa, menurunkan tekanan darah dan menyembuhkan sakit sariawan.


Baca Juga : Jual Benih Cabai Keriting Jinawi F1 Hasil Tinggi


 Peluang Usaha Budidaya Blewah Aruna 


blewah aruna, jual benih blewah, jual benih tunas agro, budidaya blewah, toko pertanian, lmga agro
Peluang Usaha Budidya Blewah Aruna 

Blewah atau garbis mudah ditemukan di pasar-pasar tradoisional. Blewah biasanya diolah sebagai campuran minuman es untuk dijual atau dihidangkan dalam sebuah acara. 

Bulan puasa Ramadhan, penjualan blewah dan timun suri meningkat karena permintaan yang tinggi. Sudah menjadi semacam tradisi di Indonesia bahwa untuk menyediakan minuman buah segar saat berbuka puasa. Dan Blewah Aruna benih hibrida dapat menjadi alternatif pilihan. 

Peluang usaha menanam tanaman Blewah Aruna menguntungkan. Tanaman blewah Aruna merupakan tanaman menjalar bukan merambat. Masuk kategori genus Cucumis dan famili Cucurbitaceae. Juga masuk kelompok Cantalupensis.

Tanaman blewah Aruna adalah tanaman semusim dan satu keluarga dengan mentimun, labu, melon, semangka dan paria/pare. Blewah atau garbis ini bukan tanaman asli indonesia. Blewah berasal dari Afrika selatan.

Meskipun tanaman blewah adalah tanaman semusim namun Petani sengaja menanam Blewah sekali dalam setahun. Yaitu beberapa minggu mendekati bulan Ramadhan. 

Masyarakat Indonesia gemar sekali menjadikan buah Blewah atau Garbis ini sebagai pembuka berbuka puasa atau minuman takjil. Dan anehnya, pada hari-hari biasa buah ini sulit dijumpai. Karena memang petani sengaja menanam blewah mendekati bulan puasa.

Permintaan blewah Aruna meningkat bila menjelang bulan Ramadhan. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis tahunan untuk meraup keuntungan tinggi. Dianjurkan bila ingin mendapatkan keuntungan tinggi, budidaya blewah aruna dilakukan 2 - 2.5 bulan sebelum bulan Ramadhan tiba.


Baca Juga : Manfaat Melon Benih Dainty 1949 Known You Seed Berkualitas


Manfaat Blewah Aruna  Buah Segar Aroma Wangi



Blewah Aruna sangat laris dan disukai saat puasa Ramadhan tiba. Rasa khas blewah Aruna manis dan harum, serta kaya air. Hal ini membuat Blewah Aruna begitu menyegarkan.

Blewah Aruna dikonsumsi dengan cara diserut sebagai minuman segar. Atau buah dipotong-potong dan langsung dimakan. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan bila kita mengkonsumsi blewah Aruna.
  • Blewah Aruna Rendah Gula dan Kalori. Sehingga blewah Aruna sangat baik dikonsumsi  dan menjaga kesehatan tubuh terutama saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan. 
  • Blewah Aruna mengandung Kalium. Manfaat kalium pada buah adalah untuk menurunkan tekanan darah. 
  • Mencegah Batu Ginjal. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa blewah dapat mengurangi risiko batu ginjal dan tulang keropos.  
  • Blewah Aruna kaya vitamin C. Peranannya penting yaitu sebagai antioksidan mencegah radikal bebas. Dapat mencegah penyakit jantung, kanker dan penyakit kronis lainnya. 
  • Sebagai penangkal Insomnia. Blewah Aruna memiliki sifat sedatif dan berguna bagi penderita insomnia. Mengkonsumsi blewah dapat membantu membuat pulas tidur kita usai menyantapnya. 
  • Blewah Aruna tidak mengandung kolesterol. Sehingga aman bagi penderita kolesterol dan tekanan darah tinggi. 
  • Blewah Aruna dapat mengobati sakit maag. Karena blewah dapat mengobati masalah nafsu makan dan infeksi saluran kemih. 
  • Blewah Aruna  sumber vitamin A. Berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan kulit.
  • Blewah Aruna baik untuk kesehatan janin ibu hamil. Karena memiliki kandungan asam folat tinggi dan gizi terbaik bagi ibu hamil. 
  • Blewah Aruna dapat mencegah penyakit kanker leher rahim dan osteoporosis. 

Persiapan Budidaya Blewah Aruna Hibrida 


Sebelum menanam blewah Aruna, kita harus mengetahui syarat tumbuh dari blewah Aruna hibrida. Tanaman blewah merupakan tanaman semusim, mudah dibudidayakan, mudah pemeliharaannya dan tidak rumit. Tanaman blewah dapat ditanam di segala jenis tanah.

Cara membuat bibit blewah Aruna bisa dibudidayakan di dataran rendah, menengah sampai dataran tinggi. Membutuhkan sinar matahari penuh dalam sehari dan tidak menyukai naungan.

Bibit blewah super Aruna memiliki adaptasi baik terhadap segala lingkungan dan cuaca. Dibandingkan jenis tanaman labu-labuan lainnya, blewah adalah tanaman paling bandel. Karena dapat tumbuh di segala kondisi asalkan cukup unsur hara. 

Agar dapat tumbuh optimal, tanah harus mengandung unsur hara tinggi. Nilai pH tanah netral antara 6 - 7. Tanah harus diolah terlebih dahulu karena tanaman blewah tidak akan tumbuh baik di tanah keras atau padat. Tidak juga tanah becek atau terlalu lembab.

Pengolahan tanah yaitu dicangkul atau dibajak sampai menjadi gembur. Sebelum digemburkan, bersihkan dulu tanah dari gulma dan sisa tanaman sebelumnya. Setelah digemburkan, selanjutnya membuat bedengan.

Bentuk bedengan blewah Aruna sama dengan bentuk bedengan budidaya semangka. Bedengan dibuat ganda dengan parit kecil antara bedengan. Lebar bedengan 60 - 80 cm dan lebar parit 40 cm. Jarak antar bedengan 2 - 3 m. Bedengan ganda dapat memudahkan kita dalam melakukan pemeliharaan dan perawatan tanaman.


Pupuk Dasar Budidaya Blewah Aruna 


blewah aruna, garbis, jual benih tunas agro, jual benih blewah, budidaya blewah, toko pertanian, toko online, lmga agro
Mulsa Plastik Hitam Perak
Setelah membuat bedengan kebun blewah selesai, selanjutnya adalah memberikan pupuk dasar. Pupuk dasar menggunakan pupuk organik yang sudah terfermentasi dengan baik. 

Ditambahkan Dolomit bila pH tanah asam. Lalu ditambahkan juga pupuk majemuk NPK atau pupuk tunggal ( TSP, ZA dan KCl ).

Sebelum pupuk diberikan, cek pH tanah dulu. Bila tanah bersifat asam, taburkan dulu Dolomit sampai tanah netral. Biarkan selama 1 minggu dan terkena hujan.

Setelah pengapuran, beri sekitar 1 kg pupuk kandang matang dan 250 gram NPK pada setiap lubang tanam. Lubang tanam dibuat dengan jarak 60 - 70 cm. Lalu bedengan ditutup mulsa plastik untuk menjaga kelembaban tanah dan meminimalkan pertumbuhan gulma.

Benih blewah Aruna dapat ditanam langsung pada bedengan lahan sebanyak 1 - 2 benih per lubang. Namun bisa juga melakukan proses penyemaian benih untuk mendapatkan bibit sehat dan kuat.

Persemaian benih Blewah Aruna menggunakan polybag atau baki semai/tray semai. Sama seperti pada persemaian tanaman melon, semangka atau pare. Persemaian benih dilakukan sampai bibit umur 10 - 14 hari.

Sebelum bibit dipindah tanam, lubang tanam disiram juga polybag semai. Penyiraman polybag untuk memudahkan memindahkan bibit ke lahan tetap. Lakukan dengan hati-hati dan jaga jangan sampai akar bibit putus.

Penanaman bibit dilakukan sore hari dan usahakan selesai dalam satu hari agar dapat tumbuh seragam. Setelah ditanam dalam bedengan, siram semua bibit dengan perlahan. Gunakan kucuran air yang kecil agar bibit tidak roboh.

Perawatan dan Pemeliharaan Blewah Aruna 



Penyiraman

Sampai umur mulai 0 - 10 hari setelah pindah tanam, Blewah Aruna harus disiram setiap hari. Terutama bila di musim kemarau. Untuk selanjutnya, pemberian air disesuaikan kondisi lahan. Bila kering maka harus disiram.


Penyulaman

Penyulaman adalah mengganti bibit mati dengan bibit baru yang sehat. Penyulaman ini dilakukan sampai benih umur 21 hari setelah tanam.


Penyiangan

Penyiangan terhadap gulma yang tumbuh disekitar lubang tanam dan parit. Penyiangan dilakukan agar lingkungan bersih, tidak mudah terserang hama dan penyakit juga tanaman bisa tumbuh dengan optimal.


Pemupukan Susulan

Pemupukan susulan pertama dilakukan pada umur 7 hari, 20 hari dan 35 hari setelah tanam. Pupuk menggunakan NPK, TSP, ZA dan KCl. Pupuk susulan diberikan dengan cara dikocor atau ditabur. Pupuk dalam bentuk larutan diberikan dengan dosis rendah. Dosis sama dengan pemupukan pada pemupukan susulan semangka. 

Pemupukan susulan semangka ada pada artikel kami tentang semangka website kami LMGA Agro. Semua lengkap berikut nama-nama berbagai varietas benih semangka tersedia di Toko pertanian Online LMGA Agro.


Baca Juga : Pepaya Calina IPB 9 Benih Unggul Umur Genjah


Pengendalian Hama dan Penyakit Blewah



Hama dan penyakit semua tanaman famili Cucurbitaceae ( keluarga labu-labuan ) relatif  sama. Begitu juga dengan pengendaliannya. beberapa hama ini sering menyerang tanaman blewah, yaitu jangkrik, oteng-oteng, ulat dan lalat buah. 

Pengendalian hama menggunakan insektisida. Gunakan insektisida disesuaikan jenis hama yang menyerang. Penyakit pada blewah meliputi penyalit layu, bercak daun, busuk daun dan lain-lain. Pengendalian kimia menggunakan fungisida.


Ulat Tanah 

Gejala tanaman ditandai tanaman menjadi layu, kering bagian pucuk atau tanaman mati secara tiba-tiba. Anda harus segera mencabut tanaman terserang lalu dibakar. Semprotkan insektisida.

Ulat Grayak

Tanda serangan yaitu adanya lubang-lubang pada daun dan tidak beraturan. Daun menjadi tidak rata. Pengendalian mekanis yaitu memangkas daun terinfeksi. Serta menyemprotkan insektisida sesuai dosis anjuran pada kemasan.


Ulat Buah 

Tanda serangan yaitu buah terdapat lubang dalam jumlah banyak/sedikit. Akibatnya buah cepat membusuk. Pengendalian memangkas buah terserang lalu buah busuk dibakar. Penyemprotan menggunakan insektisida.



Kutu Daun

Tanda serangan yaitu daun menguning, layu lalu mengering. Selanjutnya daun akan rontok. Pengendalian yaitu memangkas daun terserang, menguning atau layu. Bersihkan selalu kebun dari gulma-gulma terutama gulma sekitar tanaman. Penyemprotan insektisida.



Lalat Buah

blewah aruna, garbis, jual benih tunas agro, benih blewah hibrida, toko pertanian, toko online, lmga agro
Perangkap Lalat Buah Yellow Trap
Serangan tampak adanya lubang di sekitar buah, berubah menjadi kecoklatan. Tampak juga adanya cairan akibat gigitan lalat buah. Pengendalian menggunakan perangkap lalat buah. Toko pertanian online LMGA Agro jual perangkap lalat Yellow trap.





Penyakit Rebah Semai


Penyakit ini terjadi saat di persemaian yaitu di masa-masa pembibitan. Bagian dirusak adalah akar, batang, daun atau lainnya hingga tanaman mati. Penyemprotan menggunakan fungisida simoksanil atau lainnya. Lakukan selalu sanitasi kebun terutama hindari lahan terlalu lembab. 


Penyakit Layu Bakteri


Tanda terinfeksi adalah daun menjadi layu dan diikuti bagian tanaman lain ikut layu. Tanaman terserang penyakit layu harus dicabut, akarnya dipotong.

Bila akibat layu bakteri maka pada potongan terlihat lendir dan berbau. Celupkan akar ke air dan tunggu beberapa menit. Bila tampak asap dalam air, dipastikan layu karena bakteri.

Serangan layu bakteri sangat cepat, yaitu kurang dari 3 hari. Tanaman layu siang dan malam hari. Penyemprotan menggunakan bekterisida dengan dosis sesuai anjuran pada kemasan.
Sebagai langkah pencegahan, berikan pupuk kandang yang telah masak. Berikan pupuk Urea secara bijaksana karena bila berlebihan rentan serangan bakteri. Pengaturan irigasi yang baik, jangan sampai lahan tergenang air dan terlalu lembab.

Bila diketahui ada tanaman terinfeksi layu, segera cabut hingga ke akar-akarnya dan segera bakar atau buang jauh dari lahan. Disarankan untuk melakukan pergiliran tanaman bukan inang bakteri. Pengaturan jarak tanam yaitu tidak terlalu dekat untuk menghindari penularan tanaman satu dengan yang lain.

Hindari perlakuan yang bisa menyebabkan luka pada akar. Seperti pengocoran air terlalu deras, pembumbunan tidak hati-hati sampai mengenai akar dan lain-lain.


Pemanenan Blewah Aruna 


Umur panen blewah Aruna hibrida umur 55 - 65 HST. Panen dilakukan dua kali setiap musim tanam blewah. Daging buah berwarna oranye, manis, aroma wangi dan menyegarkan. Penanaman dan perawatan baik dan maksimal, menghasilkan buah baik dan tidak cacat. 
Tak sedikit petani blewah panen tepat di bulan Ramadahan karena penanaman dimulai 5 minggu sebelum bulan Ramadhan. Bila panen blewah di musim kemarau,  sejumlah petani bisa meraup keuntungan besar. 

Petani tidak perlu memasarkan ke pasar karena saat musim kemarau tiba dan mendekati bulan Ramadhan, para tengkulak datang membeli buah blewah langsung ke petani. Harga dari petani Rp. 4000/kg masih dalam kategori tinggi. 

Demikian artikel dengan judul : Jual Benih Blewah Aruna Murah Terbaik Produk Tunas Agro. Hubungi kami di nomer HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus WA/SMS ). Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan segala kebutuhan bertani dan bercocok tanam. 

Produk lengkap mulai benih hibrida, pupuk, ZPT, pestisida dan alat-alat pertanian. Baik untuk petani juga untuk para hobiis berkebun. Menanam blewah Aruna sebagai usaha sampingan rumahan maupun peluang bisnis menguntungkan.

Kami siap kirim pesanan Anda bersama jasa ekspedisi JNE, KI8, Pos Indonesia dan masih banyak lagi. Barang pasti sampai tujuan dan aman. Semoga artikel Kami bisa menambah wawasan tentang benih Blewah Aruna Produk Tunas Agro. 

Menambah juga pengetahuan tentang budidaya blewah, cara perawatan dan pengendalian hama dan penyakitnya. Sehingga semakin yakin kita tentang peluang usaha menanam blewah Aruna produk Tunas Agro. Selamat mencoba, salam sukses...

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.