TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

11/05/20

Jual Benih Semangka Legyta F1 Inul Terbaik Cap Panah Merah

semangka legyta, jual benih semangka hibrida, jual benih cap panah merah, budidaya semangka, toko pertanian, tokoonline, lmga agro
Benih Semangka
 Legyta F1
Jual Benih Semangka Legyta F1 Inul Terbaik Cap Panah Merah. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan benih Legyta F1 Cap Panah Merah. Semangka Inul berdaging kuning kualitas terbaik Legyta F1 Hibrida.

Toko pertanian Online LMGA Agro berpengalaman sebagai supplier penyedia berbagai kebutuhan pertanian. Produk lengkap mulai benih hibrida tahan penyakit, pupuk, pestisida, hormon pertumbuhan dan alat pertanian. Kami juga menerima layanan konsultasi gratis pertanian.

Kami didukung oleh berbagai perusahaan benih hibrida terkemuka. Benih semangka Legyta salah satunya, adalah benih hibrida cap Panah Merah. Benih berkualitas produk dari East West Seed Indonesia ( EWINDO ). Selain itu ada benih dari PT Bisi, Takii Seed, Known You Seed dan masih banyak lagi.

Toko pertanian Online LMGA Agro juga mengajak kerjasama jual online produk pertanian bagi para dropship dan reseller. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia dengan bantuan jasa ekspedisi JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain. 

Jual Semangka Legyta F1, bentuk lonjong ( inul ) berdaging kuning rasa sangat manis dan menyegarkan. Umur panen 58 HST sudah dapat dipetik dan cocok ditanam di dataran rendah. Kulit tebal dan tahan dismpan lama. 

Semangka Legyta F1, semangka kuning jenis inul. Yaitu semangka berbentuk panjang lonjong yang juga banyak peminatnya di Indonesia. Semangka Legyta dapat ditanam di dataran rendah dan tanaman cepat panen. Bobot buah 3 - 4 kg/buah.

Semangka Legyta jenis semangka kuning dengan bentuk buah lonjong ( inul ). Semangka daging buah kuning sangat disukai karena warna kuning cerah dan rasa buahnya menyegarkan. Jenis semangka kuning memiliki biji tidak terlalu banyak.

Semangka memiliki banyak manfaat karena mengandung zat bernama likopen. Zat Likopen sangat istimewa karena manfaatnya banyak sekali terutama bagi kesehatan manusia.

Karena manfaatnya tersebut semangka banyak dicari oleh masyarakat. Kehadirannya sering muncul bila bulan puasa tiba. Karena kesegarannya cocok dipakai untuk berbuka puasa.



Karakteristik Benih Semangka Legyta F1


Semangka Legyta F1 merupakan semangka hibrida jenis inul, cocok untuk ditanam di dataran rendah. Bentuk buah lonjong dan kecil namun tanaman vigor. 

Warna buah semangka Legyta hijau gelap dan warna daging kuning/oranye dengan berat buah 3 - 4 kg. Semangka Legyta F1 buahnya kuat dan tidak mudah pecah. Rasa buah manis dan renyah sesuai sebagai menu berbuka puasa. 

Semangka Legyta F1 umur panen cepat yaitu berkisar 58 - 62 HST. Hasil panen berpotensi sebesar 33 - 39 ton/ha. Semangka Legyta F1 jenis semangka inul eksotis dan mudah dibawa karena tidak terlalu besar.  

Semangka Legyta F1 merupakan jenis semangka kuning artinya daging buahnya berwarna kuning. Bukan kulitnya yang berwarna kuning. Jenis semangka kuning memang tidak banyak memiliki biji. 

Semangka memiliki nama latin Citrulluas lanatus, yaitu tanaman buah yang merambat. Tanaman semangka berasal dari famili Cucurbitaceae, asli tanaman wilayah setengah tandus di Afrika Selatan. Buah berkulit keras, berwarna hijau muda atau pekat. Kulit bergaris atau lurik hijau tua. 

Daging buah banyak mengandung air dengan kandungan gizi lengkap dan banyak manfaatnya bagi kesehatan kita. Salah satunya, zat likopen dalam semangka yang fungsinya sangat besar dan inilah yang menjadikan semangka disukai banyak orang.


Baca Juga : Budidaya Semangka Riendow Panah Merah  


Kandungan Gizi Semangka


Semangka berdaging buah kuning karena kandungan likopen berkurang. Likopen inilah pembentuk warna meranh bagi semangka berdaging buah merah. Likopen memproduksi pigmen kemerahan bagi buah atau sayur, salah satunya buah semangka. 

Semangka Legyta F1 lebih banyak mengandung zat Citruline dibandingkan semangka merah. Pada dasarnya hampir sama, dalam semangka kuing terdapat 46 kKal. Juga mengandung vitamin A dan C dimana berfungsi dalam kesehatan mata dan kulit. 

Semangka mengandung beta-karoten, berfungsi sebagai antioksodan yaitu pelindung tubuh dari radikal bebas penyebab kanker. Betakaroten juga baik untuk kesehatan mata. 


Manfaat Semangka Bagi Kesehatan 


Kandungan gizi semangka yang lengkap memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan tubuh kita. Yaitu : 

  • Mencegah dehidrasi. Rutin mengkonsumsi semangka dapat mencegah terkena dehidrasi terutama saat kita banyak aktivitas diluar rumah. Kandungan air dalam semangka dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh kita. 
  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh. Yaitu karena semangka mengandung antioksidan dalam likopen. Kandungan likopen membantu meningkatkan daya tahan tubuh selama kita beraktivitas. 
  • Menurunkan Keluhan Sembelit. Semangka mengandung serat tinggi yang dapat mencegah tubuh terkena sembelit ( susah buang air besar ). Semangka Legyta membantu pembentukan feses sehingga mengurangi sembelit. Kadar air didalamnya membantu pergerakan usus sehingga baik bagi pencernaan. 
  • Mengatasi rasa Nyeri Ibu Hamil. Perubahan hormon dan masalah lambung kerap diderita ibu hamil. Perut tiba-tiba bisa merasa mulas. Manfaat semangka Legyta mampu sebagai penangkal nyeri mulas saat hamil. 
  • Mencegah Bengkak Kaki dan Tangan Ibu Hamil. Konsumsi semangka juga bisa mengurangi rasa nyeri dan pegal sekitar kaki dan tangan atau disebut keluhan Edema. Edema terjadi karena adanya akumulasi tidak biasa di jaringan tubuh tertentu. 
  • Mengurangi Mual Morning Sickness Ibu Hamil. Minum jus semangka pagi hari dapat menenangkan rasa mual dan muntah pagi hari ibu hamil.
  • Meredakan Kram Otot. Semangka mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat meredakan kram otot. Terutama bagi ibu hamil saat terjadi perubahan hormon dan berat badan naik. 



Peluang Usaha Menanam Semangka Legyta F1


Peluang usaha budidaya semangka Legyta F1 sangat menjanjikan dan menguntungkan. Hal ini dikarenakan tingginya minat konsumsi semangka setiap waktu. Sehingga jumlah semangka perlu ditingkatkan untuk memenuhi permintaan konsumen. 

Budidaya semangka tidaklah sulit asalkan kita melakukan tahap-tahapnya dengan baik untuk hasil panen yang memuaskan. Hal penting harus diperhatikan adalah lahan tempat kita menanam atau wadah bila tidak di lahan. 

Karena tanaman semangka sangat cocok tumbuh di lingkungan dengan curah hujan 40 - 50 mm setiap bulannya. Semangka menyukai daerah dengan suhu sekitar 25 derajat Celcius saat siang hari. Daerah kering dan cenderung sedikit atau miskin uap air adalah paling disukai tanaman semangka. Bila terpenuhi kriteria tersebut, peluang usaha menanam semangka dapat maksimal. 

Peluang usaha semangka cocok ditanam pada lahan tidak ada naungan alias lahan sangat terbuka. Lahan terkena sinar matahari langsung. Adanya naungan dapat mempengaruhi perkembangan tanaman semangka. 

Bila tanaman kurang mendapatkan sinar matahari maka proses pemanenan menjadi terhambat. Tanaman semangka akan butuh waktu agak lama untuk buah matang sempurna. Sehingga tidak bisa segera menikmati hasil dari penanaman semangka ini. 

Peluang usaha menanam semangka Legyta lebih cocok pada tanah gembur dan memiliki unsur hara tinggi. Kandungan pH tanah kisaran 6 - 6.7. Apabila nilai pH dibawahnya, maka perlu dilakukan proses pengapuran sampai pH normal. 


Budidaya Semangka Kuning


semangka legyta, jual benih semangka hibrida, jual benih terbaik cap panah merah, budidaya semangka, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tray Semai untuk Persemaian 
 Legyta F1 direkomendasikan ditanam pada dataran rendah. Yaitu sekitar sampai ketinggian 600 m dpl. Curah hujan sekitar 40 - 50 mm/bulan dengan suhu sekitar 25 - 30 derajat Celcius. 

Budidaya semangka menghendaki lahan tanpa naungan sama sekali sehingga menginginkan terkena langsung sinar matahari. Jarak tanam ideal akan membuat budidaya semangka menjadi optimal. 

Terdapat 2 cara budidaya semangka, pertama sistem tunggal yaitu jarak tanam sekitar 90 - 100 cm x 3 m. Jarak tanam kedua yaitu sistem ganda 90 - 100 cm x 6 - 7 m.

Persiapan pembibitan yaitu benih dibasahi dulu lalu diperam dalam kertas koran selama 1 - 2 hari sampai benih berkecambah. Jika benih sudah berkecambah dan calon akarnya sepanjang 2 mm maka perlu dipindah ke media semai polybag. 

Polybag telah diisi benih diletakkan di bawah sinar matahari. Lakukan penyiraman secara teratur 1 - 2 kali sehari hingga bibit berumur 12 - 14 hari ( muncul 2 - 3 helai daun ). 

Persiapan tanah budidaya semangka Legyta disesuaikan jenis tanah lahan Anda. Bila tanah berpasir, tidak perlu ada pengolahan khusus. Jika tanah masih dalam bentuk bongkahan maka perlu dihaluskan dan digemburkan dulu. 

Pemupukan dasar dilakukan saat pengolahan tanah. Menggunakan pupuk kandang/organik untuk meningkatkan kesuburan tanah. Bedengan dibuat dengan lebar 3 m ( sistim tunggal ) hingga 6 - 7 m ( untuk sistim ganda ). Tinggi bedengan sekitar 50 cm.


Baca Juga : Untung Besar dari Benih dan Buah Semangka Lonjong Valentino


Budidaya Semangka Legyta di Musim Hujan


Musim hujan menjadi kendala cuaca saat menanam semangka. Karena kelembaban yang tinggi sehingga rentan penyakit disebabkan jamur atau masalah lain. Terdapat 3 hal wajib dilakukan untuk menanam semangka dimusim hujan. 

1. Pemakaian mulsa plastik hitam perak. Mulsa dapat membantu perawatan semakin efisien dan efektif. Pemakaian mulsa baik untuk budidaya di musim hujan maupun kemarau. Namun budidaya semangka lebih optimal di musim kemarau. 

Mulsa plastik penting digunakan bila menanam semangka di musim hujan. Mulsa melindungi permukaan tanah tidak terlalu lembab atau basah. Sehingga kelembaban sesuai yang diinginkan tanaman. 

2. Membuat Bedengan. Bedengan air pada budidaya semangka berguna untuk mencegah tanah terlalu lembab. Bedengan tanaman semangka dibuat dengan tinggi 50 cm. Dengan tinggi tersebut membuat air cepat menyerap pada tanah dan tidak menggenang lama. Sehingga tanaman tidak akan tergenang air dalam jangka waktu lama yang bisa menyebabkan terserang jamur. 

3. Pengamatan Rutin Terhadap Hama dan Penyakit. Bahwa hama dan penyakit rentan menyerang tanaman di musim hujan. Sehingga perlunya pengetahuan petani tentang hama dan penyakit, gejala serangan, cara pencegahan dan lain-lain. Serta adanya kontrol tanaman secara rutin sebagai langkah pencegahan serangan hama dan penyakit. 



Penanaman Semangka Legyta F1 


semangka legyta, jual benih semangka hibrida, jual benih terbaik cap panah merah, budidaya semangka, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat Kocor Elektrik
Penanaman semangka Legyta F1 diawali dengan mengolah tanah dan digemburkan. Setelah dibuat bedengan, cek pH tanah bila kurang dari 6 berikan Dolomit dosis 2 ton/ha. Pupuk kandang diberikan pada bedengan sebanyak 1 - 2 kg per tanaman. 

Pupuk kimia untuk pemupukan dasar yaitu urea 15 g/tanaman, ZA 30 g/tanaman, TSP 45 g/tanaman dan KCl 40 g/tanaman. Jadi total pupuk yang diberikan 130 g/tanaman. 

Persemaian bibit semangka Legyta F1, pertama benih direndan dalam air hangat kuku selama sekitar 6 jam. Setelah itu tiriskan menggunakan kain atau kertas koran basah untuk dikecambahkan. 

Dalam 1 - 2 hari, benih akan berkecambah, pindahkan ditanam dalam polybag berisi tanah dan pupuk kandang. Pupuk dan tanah perbandingan sama, sudah diayak halus dan dimasukkan dalam polybag. 

Letakkan semua polybag bibit di tempat yang sudah dinaungi plastik bening. Tujuannya menghindari bibit terkena sinar matahari langsung. Sungkup dibuka setiap hari pagi sampai pukul 10.00 pagi kemudian ditutup lagi. 

Sungkup dibuka tutup sampai bibit benar-benar sudah tumbuh kuat dan siap dipindahkan ke lahan tetap. Kelembaban harus selalu dijaga dengan melakukan penyiraman. Mencegah serangan hama dan penyakit, perlu dilakukan penyemprotan pestisida. 

Bibit mulai dipindah umur 8 - 12 hari setelah semai atau sudah ada 2 helai daun. Penanaman dilakukan sore hari. Sebelum penanaman, lahan dileb sampai 3/4 tinggi bedengan. Sebelum dipindah tanam, bibit direndam dalam fungisida.

Pemberian air penting dilakukan saat awal pertumbuhan. Namun pemberian air dibatasi saat pembentukan bunga betina. Kemudian dilanjutkan kembali penyiraman saat pembesaran buah. Sampai buah mencapai ukuran maksimal, penyiraman dikurangi. Langkah tersebut nantinya buah semangka akan berkadar gula tinggi.


Baca Juga : Persemaian Sehat dan Terhindar penyakit Dumping Off 



Pemeliharaan Tanaman Semangka Legyta F1


Penyulaman

Penyulaman dilakukan bila ada tanaman mati dan harus segera dilakukan. Penyulaman dilakukan paling lambat 7 hari setelah penanaman. 


Pemupukan Susulan

Pemupukan susulan dimulai umur 7 hari setelah pindah tanam. Menggunakan dosis NPK 4.5 gram/tanaman dan KNO3 sebanyak 2.5 gram/tanaman. 

Pemupukan kedua umur 14 hari setelah pindah tanam. Menggunakan dosis NPK sebanyak 8.5 gram/tanaman dan KNO3 sebanyak 2.5 gram/tanaman. 

Pemupukan ketiga umur 21 hari setelah pindah tanam. Menggunakan pupuk NPK 12.5 gram/tanaman dan pupuk KCl dosis 15 gram/tanaman. 

Pemupukan keempat umur 35 hari setelah pindah tanam. Menggunakan pupuk ZA dosis 8.5 gram/tanaman ditambah NPK dosis 12.5 gram/tanaman. 

Pemupukan kelima umur 45 - 50 hari setelah pindah tanam. Menggunakan pupuk KCL sebanyak 10 gram/tanaman. 


Perempelan/Pemangkasan Cabang

Perempelan cabang dimulai setelah muncul 5 - 18 ruas. Untuk buah yang harus dipelihara adalah buah kedua. Atau buah yang berada pada ruas diatas ruas ke-14 atau sekitar 1 meter dari pangkal batang.

Untuk mendapatkan buah ukuran besar atau optimal, petani biasanya hanya memelihara 1 buah untuk dibesarkan.


Pemberian Jerami


Pemberian jerami dimaksudkan untuk melindungi buah, batang dan ranting tanaman semangka Legyta. Jerami diberikan saat tanaman telah mencapai panjang 50 cm. Kemudian lakukan pembalikan buah agar didapatkan warna merata dan bentuk buah seragam. Dengan pembalikan buah, tidak ditemui lagi ada warna kuning pada kulit buah.



Penyakit Tanaman Semangka



Dibandingkan serangan hama, tanaman semangka lebih rentan terserang penyakit. Serangan penyakit ini bahkan bisa sampai menyebabkan kegagalan panen hingga 80%. Hal ini bisa menyebabkan ketakutan bagi petani. 

Sehingga penting sekali kita mengenal serangan penyakit tanaman semangka beserta gejala-gejalanya. Sehingga dengan pengetahuan tersebut, kita dapat mengetahui lebih dini dan melakukan langkah-langkah pencegahan atau pengendalian. 


Virus Gemini


Gejala tanaman terserang virus Gemini adalah daun menguning, mengeriting sampai ukuran daun menjadi lebih kecil. Tanaman terinfeksi akan menjadi kerdil dan ruas-ruas percabangan memendek. Menyerang di fase generatif, bunga-bunga berguguran. 

Pengendalian dengan melakukan monitoring perkembangan kutu kebul sebagai hama vektornya. Kontrol dilakukan mulai awal penanaman juga dilakukan pengendalian terhadap hamanya. 

Memetik daun terinfeksi atau mencabut tanamannya lalu dibakar atau dimusnahkan. Melakukan sanitasi dan kebersihan terhadap gulma. Gulma di lahan kadangkala menjadi tanaman inang alternatif kutu kebul. Pengendalian kimia menggunakan insektisida berbahan aktif Abamectin, Tiametoksam, Metidation atau Diafenturion. 


Layu Fusarium


Layu Fusarium ( Fusarium Wilt ) gejala : sebagian tanaman menguning. Atau sebagian helai daun menjadi kuning. Tanaman kemudian layu, mengering lalu mati. Bila batang dipotong melintang tampak jaringan pembuluhnya berwarna kecoklatan. 

Pengendalian : jangan memberikan pupuk Nitrogen berlebihan yang mengakibatkan tanaman menjadi sukulen. Melakukan perbaikan drainase agar air tidak menggenang di lahan. Tanaman yang sudah terinfeksi harus dimusnahkan dengan cara dibakar. Pengendalian kimia menggunakan fungisida Benomil. 


Busuk Batang Berlendir


Busuk batang berlendir ( Gummy Stem Blight, GBS ) gejalanya : pada daun muncul bercak tidak beraturan. Terdapat lingkaran konsentris berwarna abu-abu kecoklatan. Batang terinfeksi mengeluarkan cairan berupa getah coklat kehitaman yang mengeras. 

Pengendalian : sanitasi dan membersihkan gulma, melakukan pemangkasan untuk mengurangi kelembaban dan perbaikan drainase. Cabut atau pangkas bagian terinfeksi lalu dibakar. Pengendalian kimia menggunakan fungisida Heksakonazol, Tridemorf, Mankozeb, tebukonazol, difenokonazol atau Metil Tiofanat. 


Embun Bulu 


Embun Bulu ( Downy Mildew ) gejala : terdapat bercak coklat kehitaman tidak beraturan. Pengendalian : sanitasi lahan membersihkan gulma, perbaikan drainase agar air cepat hilang dan rotasi tanaman. Rotasi atau pergiliran tanaman dengan selain keluarga timun-timunan ( Cucurbitaceae ). 

Pengendalian kimia menggunakan fungisida Heksakonazol, Simoksanil, Propineb dan Mankozeb. 


Baca Juga : Agen Distributor Produk Pertanian Terpercaya Petani Indonesia 


Hama yang Biasa Menyerang Tanaman Semangka


1. Kutu Daun ( Aphis gossypii Glov. ) 

Gejala serangan : daun tampak bercak kuning dan semakin meluas setiap hari. Menyebabkan pertumbuhan tanaman seolah-olah berhenti. Hama bergerombol dan bersembunyi di bawah permukaan daun. Pengendalian kutu daun bisa menggunakan musuh alaminya dan penyemprotan insektisida. 


2. Thrips ( Thrips tabaci L. )

Thrips dewasa bergerak pada malam hari melakukan penyerangan ke tempat baru kemudian berkembang biak. Gejala serangan awal tanaman tampak layu kekurangan udara. Di sore hari daun-daun mengkerut dan akhirnya kering. 

Pengendalian secara kimia dengan menyemprotkan insektisida hingga tanaman basah penuh. Waktu penyemprotan efektif adalah sore hari. Insektisida Perfecthion, Orthene dan lain-lain. 


3. Ulat Perusak Daun ( Putella sp. )

semangka legyta, jual benih semangka hibrida, jual benih terbaik cap panah merah, budidaya semangka, toko pertanian, toko online, lmga agro
Insektisida Curacron
Gejala serangan : daun-daun habis dimakan hingga ke lapisan lilinnya dan tampak lubang-lubang tidak teratur. Bila serangan ulat meluas, daun tersisa tulang-tulang daunnya saja. 

Pengendalian cara kimia dan teknis. Yaitu secara teknis memanfaatkan predator burung pemakan serangga, menjaga kebersihan kebun dan mematikan langsung ulat. Cara kimia menggunakan insektisida Curacron atau yang lainnya.  






4. Tungau 

Tungau berpindah-pindah karena tertiup angin atau tidak sengaja terbawa burung-burung atau manusia. Adanya tungau tampak jaring-jaring dibawah permukaan daun. Semakin hari jaring tersebut bisa semakin besar. Warna daun pucat, daun menjadi layu dan kering. 

Pertumbuhan tanaman tidak optimal sampai pada tidak muncul buah. Pengendalian menggunakan pestisida yang sesuai. Toko pertanian Online LMGA Agro jual segala jenis pestisida dan Anda bisa menanyakan obat yang tepat sesuai gejala dan ciri hama. 


5. Lalat Buah (Dacus cucurbitae, Coq )


Cara kerja lalat buah dengan terbang dan hinggap pada buah. Lalat buah lalu memasukkan telurnya hingga telur nanti akan menetas menjadi larva. Larva inilah yang merusak daging buah hingga busuk hingga buah jatuh ke tanah. Larva juga dapat masuk ke tanah lalu berkepompong dan menjadi lalat muda. 

Akibat tusukan lalat buah, tampak bekas tertusuk pada buah dan bercak keputihan. Makin lama bercak akan melebar dan berubah warna semakin kemerahan. Aroma buah akibat diserang lalat adalah sedikit masam. 


6. Ulat Tanah ( Agrotis ipsilon sp. )

Ngengat ulat tanah akan bertelur dan menetas mengeluarkan larva yang merusak buah semangka. Daun-daun terserang menjadi berlubang tak beraturan. Ulat-ulat dewasa memangsa pangkal batang, terutama pangkal yang muda. Di musim kemarau, pergerakan serangan ulat tanah semakin bisa meluas.   

Pengendalian mekanis yaitu melakukan pola tanam sesuai daerah masing-masing sehingga dapat mengatur daur ulang hidup hama. Pembumbunan area sekitar tanaman dan menanam tidak secara serentak. Pengendalian kimia menggunakan insektisida.


7. Kutu Putih ( Pseusococcidae sp. )

Penyebaran hama kutu putih terbantu oleh angin atau terbawa oleh serangga yang tidak berbahaya. Kutu putih tampak menepel pada daun-daun atau bagian tanaman yang lain. Bila menempel pada daun akan mengganggu proses fotosintesis. 

Pengendalian mekanis biasanya dimangsa oleh predatornya. Pengendalian bisa disemprotkan insektisida yang sesuai.


Baca Juga : Arashi Obat Anti Layu Fusarium dan Bakteri


Pemanenan Semangka Inul Legyta 


Pemanenan semangka Legyta yaitu sekitar umur 58 - 62 HST. Potensi hasil panen sekitar 33 - 39 ton/ha. Buah semangka seringkali muncul tidak bersamaan sehingga pemanenannya dapat dilakukan 2 - 3 kali. 

Pemetikan pertama dilakukan terhadap buah yang sudah tua dan benar-benar matang. Pemetikan dilakukan saat cuaca cerah dan tidak mendung apalagi hujan. Pemetikan kedua biasanya petani memanen semua buahnya. Jika tampak ada buah yang akan matang, bisa dilanjutkan pemetikan ketiga. 

Bila baru dipetik, buah akan berwarna lebih muda dan rasa belum terlalu manis. Namun selang 2 hari kedepan, daging akan berangsur berwarna lebih tua dan tajam serta lebih manis. Ukuran buah juga sedikit mengecil. 

Pastikan buah benar-benar kering saat dipetik karena daya simpan bisa lebih lama. Buah yang lembab atau agak basah cepat sekali busuk. 

Warna kulit lebih tua, sulur di pangkal buah mengecil dan mengering. Buah bila ditepuk bersuara tinggi dan nyaring. Ukuran tangkai buah mengecil, tidak digulung dan bergaris coklat. Kondisi batang menjadi mengecil dan semakin lama akan mengering. 

Pemetikan buah semangka menggunakan gunting tajam dan steril. Cara menggunting yaitu dengan jarak 7 - 10 cm dari pangkal buah. Lalu buah-buah akan disortir sesuai kualitas dan permintaan konsumen. Buah belum cukup matang dan bentuknya tidak bagus menyebabakan harga jualnya lebih rendah. 

Demikian artikel judul : Jual Benih Semangka Legyta F1 Inul Terbaik Cap Panah Merah. Hubungi HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian Online LMGA Agro jual segala kebutuhan pertanian. 

Kami juga menerima layanan konsultasi gratis tentang pertanian. Produk kami lengkap, terbaik dan berkualitas serta harga bersaing. Produk mulai benih hibrida tahan penyakit, pupuk berkualitas, pestisida, ZPT dan alat pertanian.

Semoga artikel Kami bisa menanmbah pengetahuan tentang benih semangka Legyta F1, berkualitas cap Panah Merah. Serta cara budidaya semangka inul sehingga dapat dijadikan peluang usaha yang akan menguntungkan. Selamat mencoba, salam sukses....   




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.