BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

16/02/2023

Read

Cabe Tangguh F1 Produk Unggul Terbaru Panah Merah - LMGA AGRO

cabe tangguh f1,cabe,tangguh,f1,tangguh f1
Cabe Tangguh F1

Cabe Tangguh F1 Produk Unggul Terbaru Panah Merah. 08125227117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO merupakan toko pertanian yang jual beraneka macam kebutuhan pertanian lengkap harga terjamin murah.

LMGA AGRO merupakan toko pertanian online terpercaya yang berlokasi di Kediri, Jawa Timur.

Kami ialah agen, reseller, distributor, dan dropshipper produk pertanian terlengkap dengan reputasi terpercaya. Sudah sedari lama LMGA AGRO mempunyai reputasi terpercaya.

Jadi, konsumen tidak perlu ragu jika konsumen ingin membeli produk dari LMGA AGRO. Dapatkan segera produk pertanian terlengkap hanya dari toko pertanian terdekat LMGA AGRO.

Cabe Tangguh F1 tersedia di LMGA AGRO. LMGA AGRO jual produk cabe Tangguh F1 original produksi Panah Merah. Dapatkan segera produk benih cabe Tangguh F1 Cap Panah Merah hanya di toko pertanian terdekat LMGA AGRO.

Sampai sekarang, komoditi hortikultura masih menjadi komoditi pertanian penting bagi Indonesia. Kenapa ? Karena komoditi ini punya prospek cukup menguntungkan kedepannya.

Melihat besarnya penduduk yang bekerja pada sektor pertanian, tentu saja Pemerintah terus berupaya dalam mengembangkan sektor ini.

Salah satunya adalah dengan membudidayakan tanaman secara berkelanjutan. Tanaman hortikultura sendiri terbagi dari beberapa jenis. Contohnya saja seperti tanaman hias, obat – obatan (biofarmaka), buah – buahan, dan sayur – sayuran.

Industri berbahan dasar komoditi hortikultura pun tergolong punya prospek cukup menjanjikan. Alasannya karena tentu saja jumlah konsumsi sayur – sayuran dan buah – buahan tergolong cukup besar.

Salah satu tanaman komoditi hortikultura berprospek menjanjikan ialah tanaman cabe. Sebagai salah satu komoditi berprospek menjanjikan, si penghasil rasa pedas ini tentu sangat menguntungkan.

Tak hanya sebagai bahan baku utama bumbu dapur, cabe juga banyak dimanfaatkan jadi aneka macam olahan. Contoh olahan itu yakni abon, obat farmasi, minyak, pasta, dan lainnya.

Biasanya, mendekati hari – hari besar keagamaan (contohnya Idul Adha atau Idul Fitri) maka harga cabe cenderung meningkat cukup pesat.

Jika petani menjual hasil panen cabe di waktu itu, maka petani bisa mendapatkan keuntungan hingga mencapai berkali – kali lipat.

Baca Juga : Cara Menanam Kacang Panjang Madani Halbanero

Peluang Agrobisnis Budidaya Cabe Keriting Di Indonesia

peluang,agrobisnis,agribisnis,cabai,cabai keriting
Peluang Agrobisnis Budidaya Cabe Keriting Di Indonesia

Di Indonesia, salah satu jenis cabe yang banyak ditanam ialah cabe keriting. Cabe keriting ialah cabe – cabean berbentuk ramping memanjang dengan tekstur keriting.

Umumnya, cabe keriting berwarna merah, namun ada pula yang berwarna hijau. Rasa buah cabe keriting sendiri pun cenderung lebih pedas.

Agar mendapatkan hasil panen memuaskan, pemilihan benih tentunya harus mempunyai kualitas bagus serta unggul. Umumnya, cabe keriting dibudidayakan pada lahan luas karena jika semakin besar maka keuntungannya juga semakin besar.

Peningkatan permintaan terhadap cabe pun tentu menjadikannya jadi sebuah peluang agrobisnis. Cabe keriting umumnya banyak diproduksi jadi bahan dasar pembuatan saos sambal.

Selain itu, juga sebagai bahan kebutuhan bumbu dapur ketika memasak. Bisnis rumah makan ataupun restoran pastinya membutuhkan cabai dalam jumlah besar.

Selain menggunakan cabe keriting, varietas cabai lainnya juga dapat dipergunakan untuk bisnis satu ini. Jika dibandingkan dengan jenis cabai lainnya, cabai keriting cenderung lebih mempunyai waktu panen lebih singkat.

Proses pemanenannya pun dapat Anda lakukan tiap 1 minggu sekali dengan hasil panen terjamin menguntungkan. Banyak orang memiliki anggapan bahwa jika pembudidayaan cabai keriting lebih sulit dengan waktu panen lebih lama.

Padahal, faktanya menanam cabai ini cenderung lebih mudah dan hasil panennya cukup tinggi. Bila Anda mempunyai lahan berukuran cukup besar, Anda bisa memanfaatkannya dengan menanami lahan dengan cabe keriting.

Sesudah berumur 3 bulan, biasanya proses panen telah bisa Anda lakukan dengan interval waktu panen tiap 1 minggu sekali. Bentuk buahnya umumnya lurus dan juga berlekuk – lekuk.

Panjang buahnya pun cenderung lebih banyak daripada varietas cabai lainnya. Skala kepedasannya sendiri lebih tinggi daripada cabai biasa, sedangkan tekstur buahnya pun cenderung lebih padat serta berbobot.

Pembudidayaan memakai metode tanam tumpang sari cenderung lebih mempunyai prospek menjanjikan. Budidaya cabe keriting perlu biaya cukup besar, namun jika harga jualnya tinggi maka keuntungan yang bisa diperoleh akan menjadi semakin besar.

Ancaman OPT Ketika Menanam Cabe Keriting

Di Indonesia sendiri, cukup banyak petani yang membudidayakan cabe keriting. Dengan jumlah pengkonsumsi cabai yang tergolong besar, maka tak salah bila banyak petani tertarik menanamnya.

Agar mampu menghasilkan hasil panen berkualitas unggul dan memiliki nilai jual tinggi, maka petani tentunya perlu melakukan budidaya cabe keriting secara baik juga benar.

Salah satu proses yang harus dilakukan ketika menanam cabe keriting adalah mengendalikan opt pengganggu.

OPT (Organisme Pengganggu Tanaman) selalu mengakibatkan kerusakan bagi tanaman yang berujung dengan meruginya petani. Oleh karena itu, maka melakukan tindakan pengendalian sangatlah vital.

Beberapa contoh opt pengganggu yang perlu petani waspadai dalam membudidayakan cabe keriting ialah :

Bercak Serkospora

Infeksi cendawan Cercospora capsici merupakan penyebab terjadinya penyakit bercak serkospora. Patogen jamur ini sangat tahan pada daerah tropis, dan juga mampu mempengaruhi tanaman di persemaian ataupun lahan tanam.

Cendawan C. capsici bertahan pada sekitar tanah, benih, juga sisa – sisa tanaman yang sudah terinfeksi. Jamur ini menyebar melalui perantara media air hujan, percikan air, angin, dan kontak antara daun ke daun.

Kondisi maksimal bagi perkembangan cendawan Cercospora untuk menginfeksi yaitu tingkat kelembaban tinggi (± 77 – 85 %) dan suhu hangat (± 23° C).

Bila kondisi tersebut, maka hasil panen sangat mungkin terpengaruh dari infeksi cendawan Cercospora capsici.

Gejala serangan saat awal infeksi yaitu nampak bercak lingkaran kecoklatan bertitik pusat abu – abu muda serta tepi kemerahan pada daun.

Kemudian, bercak itu berkembang jadi coklat bundar besar sampai mencapai ukuran ± 1,5 cm. Cincin gelap tebal serta lingkaran berwarna kuning memberi tampilan mirip seperti mata katak.

Bercak – bercak itu lalu bergabung jadi satu membentuk luka daun berukuran lebih besar. Titik pusat berwarna keputihan kadang terlihat kering dan pecah, meninggalkan efek mirip seperti sebuah lubang bekas tembakan.

Dalam tahap infeksi berikutnya, daun jadi menguning dan juga layu serta rontok. Hal tersebut mengakibatkan buah terpapar sinar matahari langsung.

Dalam kasus parah, bercak ini juga bisa dijumpai pada kelopak juga tangkai buah, seringkali menyebabkan terjadinya busuk pada ujung batang.

Busuk Lunak Bakteri

Penyakit busuk lunak bakteri terjadi karena infeksi bakteri Pectobacterium carotovorum. Penularan patogen bakteri ini yaitu melalui tanah dan mengakibatkan busuk lunak di berbagai tempat.

Patogen bakteri P. carotovorum ini umumnya menggemari tanah dan air permukaan. Cuaca lembab dan juga hangat akan semakin mendukung proses infeksi bakteri.

Bakteri masuk menginfeksi ke dalam tanaman melalui luka karena serangan serangga, sinar matahari, dan lainnya.

Gejala awal penyakit busuk lunak yaitu terdapat area mati kering dan jaringan vena berwarna gelap pada daun. Luka cekung dan sangat berair muncul serta berkembang cepat pada bagian batang, tangkai buah, dan juga buah.

Seiring perkembangan penyakit busuk lunak, bisa pula terjadi pembusukan pada batang yang terlihat kering dengan warna coklat gelap ataupun hitam. Hal itu mengakibatkan bagian batang rentan patah.

Pada akhirnya, semua bagian buah jadi lunak, berair, serta berlendir. Penyakit busuk lunak umumnya menggantung pada tumbuhan, mirip seperti sebuah kantung berisi air.

Pada jaringan sakit, umumnya cairan bakteri bisa terlihat dan menimbulkan bau busuk. Tanaman yang telah terinfeksi akan mengalami layu lalu akhirnya mati.

Baca Juga : Jual Bibit Curah Kualitas Terbaik

Kutu Kebul

Kutu kebul (Bemisia tabaci) merupakan hewan serangga dengan ukuran sangat kecil, yakni hanya mencapai ± 0,8 sampai 1 mm.

Tubuhnya memiliki 2 pasang sayap yang terlapisi oleh lapisan lilin berwarna putih sampai kekuningan seperti tepung. Kutu kebul seringkali ditemui pada bagian bawah daun.

Jika mereka merasa mulai terancam, mereka akan terbang dan muncul seperti membentuk sebuah awan. Kondisi favorit untuk kutu kebul berkembang yakni dalam kondisi kering dan juga hangat.

Mereka meletakkan kumpulan telur – telurnya pada bagian bawah daun. Tubuh nimfanya berbentuk oval dengan warna putih sampai kuning.

Nimfa maupun kutu kebul dewasa menyerang dengan cara menyedot getah tanaman dan menghasilkan kotoran berupa embun madu pada bagian daun, batang, dan juga buah.

Pada jaringan yang terinfeksi, bercak – bercak itu bisa menyatu dan menyebar ke semua daun, terkecuali area sekitar pembuluh daun.

Daun lalu menjadi berubah bentuk, mengeriting, ataupun bentuknya menyerupai mangkuk. Beberapa tipe kutu kebul pun juga bisa menularkan virus pada tanaman yang mereka serang.

Cabe Tangguh F1 Pilihan Produk Benih Berkualitas Unggulan

cabe keriting,cabe keriting tangguh,panah merah,cap panah merah,ewindo
Cabe Tangguh F1 Pilihan Produk Benih Berkualitas Unggulan

Untuk mencegah ancaman – ancaman diatas, maka Anda perlu melakukan tindakan pencegahan. Salah satu caranya ialah dengan menggunakan benih cabai keriting tahan serangan opt.

Cara tersebut cukup banyak digunakan dan terbukti efektif hingga sekarang. Di pasaran Indonesia sendiri sudah banyak beredar produk benih cabe tahan serangan opt.

Supaya petani lebih mudah mendapatkannya, LMGA AGRO akan membantu dengan merekomendasikan benih cabai keriting tahan serangan opt.

Salah satu contoh produk benih cabe keriting tahan serangan opt rekomendasi LMGA AGRO ialah Tangguh F1.

Tangguh F1 merupakan benih cabai merah keriting / cmk hibrida hasil produksi PT East West Seed Indonesia. Cabai Tangguh F1 sangatlah cocok bagi petani dan kualitasnya pun tak perlu diragukan lagi.

Panah Merah sebagai produsen penghasil produk cabe Tangguh F1 sudah mempersiapkan produk Tangguh F1 dengan kualitas unggulan. Hal tersebut bertujuan untuk menjadikan cabai Tangguh F1 sebagai idaman petani.

Beberapa contoh keunggulan dari produk benih cabe Tangguh F1 Cap Panah Merah yakni seperti :

Vigor Tangguh F1 tegak, kokoh, dan cabang produktif, sehingga jumlah produksi menjadi tinggi

Tangguh F1 mempunyai daya adaptasi luas dan sudah antivirus

Tangguh F1 cocok dibudidayakan di daerah dataran rendah sampai menengah dengan daya adaptasi tinggi pada musim kemarau dan musim hujan

Produk Tangguh F1 sudah tahan terhadap serangan penyakit layu bakteri, layu fusarium, sampai serangan virus kuning

Daya tumbuh cabe Tangguh F1 tergolong cukup tinggi, yakni mencapai ± 85 %

Tingkat kemurnian cabe Tangguh F1 sangatlah besar, yakni mencapai ± 99,5 %

Penanaman cabe Tangguh F1 lebih aman serta mudah karena telah tahan terhadap serangan hama dan penyakit

Proses pembentukan buah cabai Tangguh F1 tetap mudah walaupun sedang musim hujan

Buah cabai Tangguh F1 mempunyai panjang ± 18 – 22 cm, berdiameter 0,7 – 0,8 cm, dan berat 5 – 6 gram

Tekstur buah cabe Tangguh F1 elastis, sehingga tidak mudah rusak ketika pengemasan serta pengiriman jarak jauh

Buah cabe keriting Tangguh F1 produk Panah Merah mudah terjual ke pedagang kaki lima serta pedagang besar

Tangguh F1 sudah bisa panen saat berumur 73 – 75 hari setelah pindah tanam

Potensi hasil panen cabe Tangguh F1 cukup tinggi, yaitu berkisar ± 20 – 22 ton per ha

Produk cmk Tangguh F1 terdaftar resmi di Kementan RI melalui Kepmentan No. 90/Kpts/PV.240/D/IV/2022 (CK 48703)

Dengan beraneka ragam keunggulan dari cabe Tangguh F1 menjadikan produk cabe keriting Tangguh F1 sangat cocok untuk Anda manfaatkan.

So, tertarik membuktikan sendiri kualitas produk cabe Tangguh F1 Cap Panah Merah ?

Baca Juga : Benih Cabai Red Sabel Takii Seed

Jual Benih Cabe Tangguh F1 Harga Murah

jual,murah,eastwestseed,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Benih Cabe Tangguh F1 Harga Murah

Jika pembaca sedang mencari produk benih cabe Tangguh F1, maka LMGA AGRO ialah jawabannya. LMGA AGRO jual bibit cabe Tangguh F1 berkualitas unggulan.

Toko pertanian terdekat LMGA AGRO juga punya tips dan trik dalam membudidayakan cabe Tangguh F1. Sehingga, petani bisa mendapatkan hasil budidaya Tangguh F1 menjadi lebih maksimal.

Keunggulan dari varietas Tangguh F1 Cap Panah Merah harusnya membuat petani tak usah merasa ragu dengan kualitas bibit Tangguh F1. Benih Tangguh F1 sangat cocok petani gunakan serta jadi pilihan terbaik bagi petani.

Toko pertanian terdekat LMGA AGRO jual benih cabe keriting Tangguh F1 kemasan sachet original Panah Merah berisi 2000 butir. Harga Tangguh F1 terjamin terjangkau tetapi kualitasnya tetaplah menjanjikan.

Untuk memastikan pesanan benih cabe Tangguh F1 sampai ke alamat konsumen, LMGA AGRO menjalin kerjasama dengan mitra pengiriman bereputasi terpercaya.

Mitra pengiriman bereputasi terpercaya rekanan pengiriman LMGA AGRO yakni seperti Pos Indonesia, JNE, JNT, serta KI8. Reputasi mitra pengiriman kami telah teruji dan terpercaya sedari lama.

Sehingga, pesanan dari konsumen baik Tangguh F1 maupun produk lainnya terjamin sampai hingga ke alamat tujuan.

Ingin membuktikan sendiri kualitas dari benih cabe Tangguh F1 ? Dapatkan segera produk Tangguh F1 Cap Panah Merah dari LMGA AGRO dan buktikan sendiri kualitasnya !!

Nah, itulah dia artikel bertema cabe Tangguh F1 ini kami tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga bisa bermanfaat untuk seluruh pembaca.

Bila masih ada hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Cabe Tangguh F1 Produk Unggul Terbaru Panah Merah ini, hubungi segera LMGA AGRO melalui no. telepon 08125227117 (Khusus Layanan WA/SMS). Sukses selalu dan sampai berjumpa kembali dalam artikel terbaru kami berikutnya.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.