Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Kami Libur 07 - 21 April 2024.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

16/02/2023

Read

CMK Red Kriss Produk Benih Unggul Takii Seed - LMGA AGRO

cmk red kriss,cmk,red kriss,cabe merah keriting,cabe merah
CMK Red Kriss
CMK Red Kriss Produk Benih Unggul Takii Seed. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO merupakan toko online yang jual beraneka ragam kebutuhan pertanian terlengkap harga terjamin murah.

Toko pertanian LMGA AGRO ialah toko online yang berlokasi di Kediri, Jawa Timur.

LMGA AGRO ialah reseller, agen, dropshipper, serta distributor produk pertanian lengkap serta bereputasi terpercaya.

Reputasi LMGA AGRO sebagai toko online terpercaya pun telah terbukti sedari lama. Konsumen yang ingin mendapatkan berbagai produk dari LMGA AGRO pun tak usah merasa ragu.

Dapatkan segera produk pertanian terlengkap hanya dari toko pertanian LMGA AGRO.

CMK Red Kriss F1 tersedia di LMGA AGRO. LMGA AGRO jual bibit cabe keriting Red Kriss Takii Seed berkualitas original. Toko pertanian terdekat LMGA AGRO siap mengirimkan produk Red Kriss hingga ke alamat tujuan.

Hingga sekarang komoditas hortikultura masih menjadi komoditas pertanian penting untuk Indonesia. Mengapa ? Karena komoditas ini memiliki prospek cukup menjanjikan kedepannya.

Melihat besarnya penduduk yang bekerja di sektor pertanian, tentu Pemerintah terus berupaya untuk mengembangkan sektor ini.

Salah satunya ialah dengan melakukan budidaya tanaman secara berkelanjutan. Tanaman hortikultura sendiri terbagi menjadi beberapa jenis. Contohnya saja seperti tanaman obat – obatan (biofarmaka), hias, sayur – sayuran, serta obat – obatan.

Industri berbahan dasar komoditas hortikultura pun termasuk cukup menjanjikan. Alasannya tentu saja karena baik konsumsi buah – buahan maupun sayur – sayuran di Indonesia termasuk cukup besar.

Salah satu tanaman komoditas hortikultura dengan prospek menguntungkan ialah tanaman cabai. Sebagai salah satu komoditas berprospek menjanjikan, penghasil cita rasa pedas pada berbagai makanan ini tentu sangatlah menjanjikan.

Tidak hanya sebagai bahan baku utama bumbu dapur, cabai juga banyak dipergunakan menjadi berbagai macam olahan. Olahan itu semisal seperti abon, pasta, obat farmasi, minyak, dan sebagainya.

Umumnya, mendekati hari – hari besar agama (seperti Idul Fitri atau Idul Adha) harga cabe cenderung meningkat cukup besar.

Bila petani menjual hasil cabai di waktu tersebut, maka petani mampu memperoleh keuntungan sampai berkali – kali lipat.

Baca Juga : Benih Cabai Merah Berkualitas Bagus

Peluang Agribisnis Budidaya Cabe Keriting Di Indonesia

Di Indonesia, salah satu jenis cabe yang banyak dibudidayakan adalah cabe keriting / cabai merah keriting (cmk). Cabe keriting atau cmk merupakan cabe –cabean bentuknya ramping memanjang bertekstur keriting.

Biasanya, cabe keriting berwarna merah, tetapi ada juga yang warnanya hijau. Rasa buah cabai keriting lebih cenderung pedas yang berasal dari biji – bijinya.

Supaya memperoleh hasil panen memuaskan, pemilihan bibit tentunya harus memiliki kualitas baik dan unggul. Biasanya, cabe keriting dibudidayakan di lahan luas karena bila makin besar maka semakin besar pula keuntungannya.

Meningkatnya permintaan terhadap cabe pun tentu menjadikannya sebagai sebuah peluang agribisnis.

Cabe keriting biasanya banyak diproduksi menjadi bahan dasar pembuatan saus sambal. Selain itu, juga untuk memenuhi kebutuhan bumbu dapur ketika memasak.

Bisnis restoran ataupun rumah makan pastinya membutuhkan jumlah cabai yang sangat besar. Selain memanfaatkan cabai keriting, jenis cabai lain juga dapat dimanfaatkan untuk bisnis satu ini.

Bila dibandingkan dengan jenis cabe lain, jenis cabai keriting cenderung lebih memiliki waktu panen singkat. Proses panennya pun bisa Anda lakukan setiap seminggu sekali dengan hasil panen menjanjikan.

Banyak orang mempunyai anggapan bahwa jika membudidayakan cabe keriting tergolong sulit dengan waktu panen lebih lama. Padahal, faktanya menanam cabai ini cenderung mudah serta hasil panennya cukup tinggi.

Jika Anda memiliki lahan berukuran cukup besar, Anda bisa menanami lahan dengan cabe keriting. Setelah berumur 3 bulan, umumnya proses panen sudah bisa Anda lakukan dengan interval waktu panen 1 minggu sekali.

Bentuk buahnya biasanya lurus serta berlekuk – lekuk. Panjangnya pun cenderung lebih banyak ketimbang varietas cabai lainnya. Skala kepedasannya lebih pedas ketimbang cabai biasa, sementara tekstur buahnya pun cenderung lebih padat dan berbobot.

Pembudidayaan menggunakan metode tanam tumpang sari cenderung lebih punya prospek menguntungkan. Budidaya cabe keriting membutuhkan biaya cukup besar, tetapi bila harga jualnya tinggi maka keuntungannya akan jadi lebih besar.

Ancaman OPT Pengganggu Cabe Keriting

ancaman,opt,organisme pengganggu tanaman,hama,penyakit
Ancaman OPT Pengganggu Cabe Keriting

Di Indonesia sendiri cukup banyak petani yang menanam cabe keriting. Dengan begitu banyaknya jumlah konsumsi cabai, tak salah apabila banyak petani tertarik menanamnya.

Supaya bisa menghasilkan hasil panen berkualitas terbaik serta mempunyai nilai jual tinggi, maka petani tentu perlu melakukan budidaya cabe keriting secara baik serta benar.

Salah satu proses yang perlu dilakukan saat membudidayakan cabe keriting ialah mengendalikan opt pengganggu.

OPT (organisme pengganggu tanaman) selalu menyebabkan kerusakan untuk tanaman yang berujung petani menjadi merugi. Oleh karena itu, maka penting untuk melakukan tindakan pengendalian.

Beberapa contoh opt pengganggu yang harus petani waspadai dalam menanam cabe keriting yakni :

Kutu Kebul

Kutu kebul (Bemisia tabaci) ialah hewan serangga berukuran sangat kecil, yaitu hanya berkisar ± 0,8 hingga 1 mm. Tubuhnya juga mempunyai 2 pasang sayap terlapisi lilin putih hingga kekuningan seperti tepung.

Mereka sering dijumpai banyak nampak pada bagian bawah daun. Bila mereka merasa terganggu, mereka akan terbang serta muncul seperti halnya membentuk awan.

Kutu kebul berkembang dalam kondisi kering serta hangat. Mereka meletakkan telur – telurnya pada bagian bawah daun. Nimfanya punya warna putih hingga kuning serta berbentuk oval.

Kutu kebul dewasa maupun nimfa menyerang dengan menghisap getah tanaman serta menghasilkan kotoran berupa embun madu oada bagian batang, daun, serta buah.

Pada jaringan yang terinfeksi, bercak – bercak itu dapat menyatu serta menyebar ke seluruh daun, terkecuali area sekeliling pembuluh daun.

Daun kemudian mengalami perubahan bentuk, mengeriting, ataupun berbentuk layaknya mangkuk. Beberapa tipe kutu kebul pun juga dapat menularkan virus pada tanaman yang diserang.

Busuk Lunak Bakteri

Penyakit busuk lunak bakteri terjadi karena infeksi bakteri bernama Pectobacterium carotovorum subsp. carotovorum. Patogen bakteri ini menular lewat tanah dan menyebabkan busuk lunak di banyak tempat.

Bakteri P. carotovorum ini biasanya menggemari tanah serta air permukaan. Cuaca lembab serta hangat akan makin mendukung proses terjadinya infeksi.

Bakteri masuk menginfeksi ke dalam tanaman lewat luka karena serangan serangga, cahaya matahari, dan lain sebagainya.

Gejala awal penyakit busuk lunak yakni pada daun muncul area mati kering serta jaringan vena gelap. Luka cekung serta sangat berair muncul dan berkembang cepat pada bagian batang, tangkai buah, serta buah.

Seiring berkembangnya penyakit busuk lunak, bisa terjadi juga pembusukan pada batang yang nampak kering, coklat gelap, atau hitam. Hal tersebut menyebabkan bagian batang menjadi patah.

Pada akhirnya, seluruh bagian buah menjadi lunak, berair, dan juga berlendir. Penyakit ini biasanya menggantung pada tanaman, seperti halnya kantong berisi air.

Biasanya cairan bakteri dapat terlihat pada jaringan sakit serta mengakibatkan bau busuk. Tanaman yang sudah terinfeksi akan mengalami layu kemudian akan mati.

Bercak Serkospora

Penyakit bercak serkospora terjadi karena infeksi jamur bernama Cercospora capsici. Patogen cendawan ini sangat tahan pada daerah tropis serta bisa mempengaruhi tanaman baik di persemaian atau lahan tanam.

Jamur C. capsici bertahan pada sekitar tanah, benih, dan sisa – sisa tanaman yang telah terinfeksi. Cendawan ini menyebar lewat media angin, percikan air, air hujan, serta kontak antara daun ke daun lainnya.

Kondisi optimal untuk perkembangan jamur Cercospora untuk menginfeksi yakni suhu hangat (± 23° C) serta tingkat kelembaban tinggi (± 77 – 85 %).

Jika kondisi ini terpenuhi, maka hasil panen sangat mungkin terpengaruh dari infeksi jamur C. capsici.

Gejala serangan ketika awal infeksi yakni pada daun nampak bercak lingkaran kecoklatan dengan titik pusat abu – abu muda dan tepi berwarna kemerahan.

Lalu, bercak tersebut berkembang menjadi coklat bundar besar hingga berukuran ± 1,5 cm. Cincin gelap tebal dan lingkaran kuning memberikan tampilan layaknya seperti mata katak.

Bercak – bercak tersebut lalu bergabung menyatu membentuk luka daun dengan ukuran lebih besar. Titik pusat berwarna keputihan terkadang nampak kering serta pecah, meninggalkan efek mirip seperti halnya bekas lubang tembakan.

Dalam tahap infeksi selanjutnya, daun menjadi menguning serta layu ataupun rontok. Hal itu menyebabkan buah terpapar cahaya matahari secara langsung.

Dalam kasus parah, bercak ini juga dapat ditemui pada kelopak serta tangkai buah, seringkali mengakibatkan busuk pada ujung batang.

Baca Juga : Jual Benih Kacang Panjang Buncis Harga Terjangkau

Gemini virus

Virus Gemini menjadi salah satu momok serius dalam membudidayakan tanaman cabai. Patogen virus ini mampu menular melalui hama vektor, seperti contohnya kutu kebul (Bemisia tabaci).

Seekor kutu kebul dewasa yang mengandung Geminivirus bisa menularkannya ke tanaman sehat sepanjang hidup kutu kebul ketika tengah makan.

Sifat polifag (mampu memakan berbagai jenis tanaman) yang dimiliki oleh kutu kebul membuat penyebaran virus Gemini menjadi lebih luas.

Hal itu menunjukkan betapa berbahayanya Gemini virus untuk keberlangsungan hidup tanaman. Gejala serangan Gemini virus pada tanaman yaitu awalnya helai daun menjadi pucat (vein clearing).

Gejala vein clearing biasanya bermula dari daun – daun pucuk, lalu berkembang menjadi berwarna kuning jelas, penebalan tulang daun, serta daun menggulung ke atas.

Infeksi lanjutan Gemini virus mengakibatkan daun berukuran kecil dan berwarna terang, tanaman kerdil, serta tak berbuah.

CMK Red Kriss Pilihan Benih Cabai Terbaik

f1,hibrida,red kriss f1,takii seed,red kriss takii seed
CMK Red Kriss Pilihan Benih Cabai Terbaik

Di pasaran Indonesia, ada banyak produk benih cmk yang dapat menjadi pilihan bagi petani. Nah, untuk itu LMGA AGRO ingin merekomendasikan salah satu benih yang bisa petani gunakan.

Salah satu contoh produk benih cmk yang bisa Anda pilih dan gunakan itu adalah Red Kriss F1. Red Kriss F1 merupakan benih cmk / cabe merah keriting hibrida hasil produksi PT Takii Seed Indonesia.

Cmk Red Kriss sangat cocok untuk petani serta kualitasnya pun tidak usah diragukan lagi. Takii Seed sebagai produsen penghasil produk cmk Red Kriss telah mempersiapkan produk ini dengan kualitas unggul. Hal itu bertujuan untuk menjadikan cmk Red Kriss sebagai idaman petani.

Contoh kelebihan – kelebihan dari produk benih cmk Red Kriss Takii Seed yaitu seperti :

Cmk Red Kriss F1 Takii Seed memiliki vigor kokoh, ruas pendek, tegak, serta percabangannya banyak

Daya adaptasi cmk Red Kriss sangat baik untuk lokasi dataran menengah sampai tinggi ketika musim kemarau dan musim hujan

Buah cmk Red Kriss toleran terhadap serangan Gemini virus dan penyakit layu fusarium dan layu bakteri

Daya tumbuh cmk Red Kriss cukup tinggi, yaitu mencapai ± 90 %

Tingkat kemurnian cmk Red Kriss sangat besar, yakni mencapai ± 99,5 %

Produk cmk Red Kriss F1 tahan terhadap serangan hama Aphid, mite, serta thrips

Penanaman cmk Red Kriss F1 lebih mudah dan aman karena sudah tahan terhadap hama serta penyakit

Proses terbentuknya buah cmk Red Kriss F1 tetap mudah walaupun kondisi cuaca buruk

Buah cabai cmk Red Kriss F1 memiliki panjang ± 18 cm dan berdiameter ± 0,8 cm

Tekstur buah cmk Red Kriss lentur, sehingga jumlah buah rusak karena proses pengepakan serta pengangkutan jarak jauh

Buah cmk Red Kriss F1 bisa dipetik muda sebagai cabe hijau ataupun dipetik tua sebagai cabe merah

Buah hasil panen cmk Red Kriss produk Takii Seed mudah terjual ke pedagang besar dan pedagang kaki lima

Cmk Red Kriss F1 sudah bisa panen ketika berumur 82 – 85 hari sesudah pindah tanam

Potensi hasil panen cmk Red Kriss cukup besar, yakni berkisar sekitar ± 20 ton/ha

Produk cmk Red Kriss Takii Seed terdaftar resmi di Kementan RI melalui Kepmentan No. 6032/Kpts/SR.120/12/2012

Dengan beraneka macam kelebihan dari cmk Red Kriss menjadikan produk cmk ini sangat cocok untuk Anda manfaatkan. Jadi, tertarik membuktikan sendiri kualitas dari produk cmk Red Kriss Takii Seed ?

Baca Juga : ZPT Super Gib Andalan Petani

Jual Bibit CMK Red Kriss Harga Terjangkau

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Bibit CMK Red Kriss Harga Terjangkau

Bila pembaca tengah mencari produk benih cmk Red Kriss Takii Seed, maka LMGA AGRO ialah jawabannya. LMGA AGRO menjual bibit cabe Red Kriss Takii Seed kualitas unggul.

Toko online LMGA AGRO juga memiliki tips maupun trik dalam menanam cabe keriting Red Kriss. Sehingga, petani bisa mendapatkan hasil budidaya cabe Red Kriss menjadi lebih optimal.

Kelebihan dari varietas benih cmk Red Kriss F1 tentu saja membuat petani tidak usah merasa ragu dengan kualitas bibit cmk Red Kriss. Benih cmk Red Kriss F1 sangat cocok petani pakai dan menjadi pilihan terbaik untuk petani.

LMGA AGRO jual bibit cmk Red Kriss kemasan sachet original Takii Seed netto 10 gram. Harganya terjamin murah namun kualitasnya tetaplah menjanjikan.

Ingin membuktikan sendiri kualitas dari benih cmk Red Kriss ?? Order saja segera produk cmk Red Kriss lalu tanam sendiri untuk melihat hasilnya secara langsung.

Untuk memastikan pesanan benih cmk Red Kriss sampai ke alamat tujuan, LMGA AGRO memiliki jalinan relasi dengan mitra pengiriman terpercaya.

Mitra pengiriman terpercaya dari LMGA AGRO contohnya yakni JNT, JNE, KI8, serta Pos Indonesia. Reputasi mitra pengiriman kami sudah teruji dan terpercaya sejak lama. Sehingga, pesanan dari konsumen baik cmk Red Kriss maupun produk lain terjamin sampai hingga ke tujuan.

Nah, itulah dia artikel bertema cmk Red Kriss ini kami tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga bisa memberi berbagai manfaat serta aneka dampak positif untuk seluruh pembaca.

Jika masih ada hal – hal kurang jelas tentang artikel berjudul CMK Red Kriss Produk Benih Unggul Takii Seed ini, segera hubungi LMGA AGRO lewat no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Sampai jumpa lagi dan sukses terus bagi pembaca semua.

LMGA AGRO

Related Posts

1 komentar:

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.