BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

06/07/2023

Read

Semangka Kuning Non Biji Produk Terbaik Hasil Menguntungkan

Semangka Kuning Non Biji,semangka,kuning,non biji,lmga agro
Semangka Kuning
Non Biji


Semangka Kuning Non Biji Produk Terbaik Hasil Menguntungkan. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO.

LMGA AGRO merupakan toko pertanian yang jual beraneka macam kebutuhan pertanian terbaik dengan harga murah.

Toko pertanian LMGA AGRO bertempat di Kota Kediri, Jawa Timur. LMGA AGRO telah lama berkecimpung di dunia pertanian serta mempunyai banyak konsumen di seluruh penjuru Indonesia.

LMGA AGRO merupakan agen, distributor, dropshipper, reseller, dan supplier produk pertanian dengan reputasi yang terjamin terpercaya.

Kami berani memberikan jaminan jika seluruh pesanan konsumen pasti sampai hingga ke alamat tujuan.

Toko pertanian terdekat LMGA AGRO kualitasnya telah terbukti sedari lama. Sehingga, baik konsumen lama maupun konsumen baru tak perlu ragu bila ingin bertransaksi dengan LMGA AGRO.

Kami selalu berkomitmen untuk selalu memberikan kepuasan kepada konsumen sebagai prioritas utama.

Semangka kuning non biji bisa Anda beli benihnya di LMGA AGRO. Toko pertanian terdekat LMGA AGRO jual benih semangka kuning non biji dengan jaminan kualitas terbaik. Dapatkan segera bibit semangka kuning non biji berkualitas unggul dan harga murah hanya di LMGA AGRO.

Salah satu tipe semangka (tembikai atau mendikai) yang banyak dibudidayakan di Indonesia belakangan adalah semangka non biji. Semangka non biji / tak berbiji (seedless) ialah hasil persilangan semangka diploid jantan serta semangka tetraploid betina.

Pada dasarnya tanaman semangka tidak berbiji memiliki bunga jantan maupun betina yang lengkap. Namun, bijinya tidak akan terbentuk karena bakal biji dan juga benang sarinya mengalami kemandulan.

Di pasaran, keberadaan tembikai non biji cenderung lebih banyak ketimbang varietas lainnya. Permintaan semangka non biji pun termasuk relatif besar dan tergolong sangat menjanjikan.

Maka tak mengherankan jika peluang bisnis budidaya tembikai tidak berbiji tergolong cukup punya prospek yang tergolong menjanjikan.

Tetapi, untuk melakukan agribisnis budidaya semangka non biji memanglah membutuhkan perawatan / penanganan secara khusus dan juga intensif.

Sama halnya dengan budidaya tanaman jenis lainnya, budidaya mendikai non biji juga sama saja. Harus melewati beraneka tahapan, semisal seperti penyemaian, penyerbukan, dan lainnya.

Bisnis pertanian buah menyegarkan dengan cita rasa manis memang menjadi sebuah peluang agribisnis yang tak pernah mati. Begitu pula dengan agrobisnis budidaya semangka non biji menjadi salah satu agribisnis yang punya prospek menjanjikan.

Untuk memulai bisnis budidaya mendikai non biji cukup mudah. Memakai modal kecil serta lahan kecil pun Anda telah bisa memulai bisnis budidaya tanaman ini.

Peluang agrobisnis budidaya semangka non biji ini cocok dan bisa semua orang jalankan. Asal punya minat serta kemauan tinggi untuk belajar, maka agribisnis budidaya tembikai non biji bisa Anda jalankan secara mudah.

Untuk agribisnis budidaya mendikai ini tentunya Anda memerlukan beraneka peralatan penting sebagai penunjang. Peralatan – peralatan itu berguna untuk mempermudah Anda dalam melakukan kegiatan budidaya tanaman.

Contoh beberapa peralatan penunjang itu yakni seperti gunting, sprayer, cangkul, selang air,golok, benih, dan sebagainya. Dengan adanya beraneka peralatan – peralatan itu, maka agrobisnis budidaya semangka non biji menjadi lebih optimal.

Terakhir, apabila telah memasuki masa panen maka Anda bisa segera melakukan proses pemanenan. Kemudian, pasarkan ke beraneka tujuan pemasaran hasil panen.

Tempat tujuan pemasaran tembikai non biji ke berbagai tujuan, semisal seperti restoran, rumah makan, minimarket, supermarket, hotel, dan lain – lain.

Baca Juga : Bibit Melon Cap Kujang Kualitas Unggul Harga Terjangkau

Semangka Kuning Non Biji Varietas Unggul

varietas,unggul,tanaman,tanaman semangka,tanaman semangka kuning,lmga agro
Semangka Kuning Non Biji Varietas Unggul

Ada cukup banyak semangka non biji di Indonesia, salah satunya ialah semangka kuning non biji. Penamaan Semangka kuning non biji berasal dari warna daging buahnya yang berwarna kuning.

Di Indonesia sendiri pembudidayaan semangka kuning non biji mulai banyak dilakukan oleh petani. Proses pembudidayaan semangka kuning non biji membutuhkan perlakuan yang sedikit lebih istimewa.

Semangka kuning non biji membutuhkan perlakuan khusus seperti penyemaian, penyerbukan, sampai pemupukan. Bila pada proses – proses tersebut dilakukan secara tidak tepat akan berpengaruh dengan tanaman yang dibudidayakan sampai memiliki kemungkinan kegagalan.

Semangka kuning non biji mempunyai usia yang cukup panjang. Umumnya untuk memanen buah semangka membutuhkan waktu sekitar 55 – 60 hari sesudah tanam. Sementara semangka kuning non biji membutuhkan waktu sekitar 65 – 70 hari sesudah tanam.

Sebelum membudidayakan semangka kuning non biji sebaiknya mengetahui syarat tumbuh tembikai non berbiji. Meskipun semangka kuning non biji dapat ditanam atau dibudidayakan dimana saja, namun tanaman tembikai tidak berbiji akan tumbuh subur apabila dibudidayakan pada tanah gembur berpasir serta beriklim hangat.

Suhu yang tepat untuk menanam tanaman semangka kuning non biji ialah 20 hingga 30° C. Cahaya matahari pun sangat diperlukan untuk proses perkecambahan tanaman buah semangka dan pH yang sesuai untuk membudidayakan tanaman semangka ialah 6.

  • Pembibitan

Semai bibit dengan memakai polybag atau pot dalam kurun waktu 5 sampai 7 hari. Pindahkan bibit ke media penyemaian seperti di dalam pot ataupun polybag yang sebelumnya sudah diisi media tanam seperti campuran tanah dengan pupuk kandang dan pasir dengan masing – masing mempunyai komposisi perbandingan sekitar 1 : 1 : 1.

Bibit lalu diberikan air secara rutin ketika pagi serta sore hari. Apabila sudah memasuki umur ± 2 bulan, tunas – tunas baru akan muncul dan akarnya akan nampak banyak.

  • Media Tanam

Untuk membudidayakan tanaman semangka ialah mempersiapkan lahan tanam. Olah lahan supaya tanah yang dipakai sebagai lahan tanam menjadi gembur.

Buatlah bedengan dengan ganda parit kecil di tengah, dengan lebar sekitar 70 – 80 centimeter. Untuk lahan tanam yang landai bedengan tak perlu terlalu tinggi, dan sebaliknya.

Jarak antar bedengan sekitar 3 – 4 meter. Bedengan dapat dibuat dengan sistem bedengan tunggal ataupun ganda. Sistem bedengan ini nantinya akan memudahkan dalam proses penyiraman atau pemeliharaan.

Sesudah mempersiapkan lahan tanam, hal berikutnya yang perlu dilakukan ialah pemberian pupuk dasar. Lakukanlah dengan menaburkan pupuk dolomit bila pH tanah < 6.

Sesudah pemupukan tersebut tunggulah sampai 7 sampai 10 hari. Untuk alternatif lainnya dapat memakai pupuk kandang serta TSP. Proses ini dilakukan sekitar 10 – 15 hari sebelum tanam.

  • Pemulsaan

Proses berikutnya ialah pemasangan mulsa yang dibuat dengan jarak 80 – 90 centimeter di tengah bedengan. Tahap berikutnya ialah penyemaian benih semangka kuning non biji dengan cara direndam serta dipecah sedikit pada bagian tengahnya supaya tumbuh akar.

Selanjutnya rendamlah air hangat yang sudah dicampurkan oleh zpt ataupun bawang merah selama ± 8 jam untuk mempercepat proses perkecambahan. Tiriskan serta bungkus dengan kain basah ataupun kertas koran.

Untuk proses perkecambahan umumnya akan terjadi sesudah 3 – 4 hari sesudah penyemaian. Bibit siap ditanam saat berumur 7 hari sesudah penyemaian.

  • Penanaman

Penanaman sebaiknya dilakukan ketika sore hari, serta sebelum tanam baiknya kondisikan lahan tanam dengan cara memberikan air secukupnya. Dengan demikian tanaman yang akan ditanam tak berada pada kondisi kering.

  • Pemeliharaan

Untuk pemeliharaan tanaman semangka bisa dilakukan dengan pemberian pupuk serta penyiraman secara rutin. Untuk penyiraman Anda bisa lakukan setiap 3 hari sekali ataupun menyesuaikan dengan kondisi.

Untuk pemupukan Anda bisa memakai pupuk NPK yang dilakukan saat 10 hari sesudah tanam. Dosis yang dipakai sekitar 5 gram / 300 ml air. Untuk pemupukan berikutnya dilakukan setiap 4 – 5 hari sekali dengan penambahan dosis pupuk secara berkala.

  • Pemanenan

Pemanenan buah semangka kuning non biji umumnya sedikit lebih lama ketimbang buah semangka berbiji. Semangka kuning non biji baru bisa dipanen umumnya pada umur 65 – 70 hari sesudah tanam.

Hal ini bisa terlihat dengan tanda berupa kulit buah yang memudar serta sulur yang ada di pangkal tangkai buah sudah mengering.

Waktu pemanenan sendiri lebih baik dilakukan saat embun sudah kering antara pukul jam 9 pagi. Hal ini dilakukan dengan tujuan supaya buah semangka kuning non biji nantinya tak mudah busuk sesudah proses pemanenan.

Gangguan Umum Ketika Membudidayakan Semangka Kuning Non Biji

Ketika membudidayakan semangka kuning non biji pun seringkali terserang oleh opt (organisme pengganggu tanaman). Jika tak segera teratasi, maka hal tersebut akan membuat petani menjadi berkurang keuntungannya.

Oleh karena itu, mewaspadai serangan opt harus petani lakukan agar bisa terhindar dari keuntungan yang berkurang.

Beberapa contoh opt yang perlu diwaspadai ketika membudidayakan semangka kuning non biji yakni seperti :

  • Layu Fusarium

Penyakit layu fusarium merupakan terjadi karena infeksi cendawan Fusarium oxysporum. Patogen jamur ini berkembang dalam jaringan transportasi pada tanaman, sehingga menghambat pasokan air serta unsur hara pada tanaman.

Infeksi bisa terjadi pada tanaman secara langsung melalui ujung akar ataupun melalui luka pada akar. Sesudah berhasil masuk dalam suatu area tanaman, patogen akan terus aktif hingga beberapa tahun mendatang.

Cendawan ini menunjukkan pola kerusakan spesifik pada tanaman. Dalam beberapa kasus, tumbuhan memperlihatkan tanda – tanda kelayuan seringkali muncul pada bagian tanaman. Gejala ini paling umum terjadi selama siang hari.

Daun lalu akan menguning, walaupun seringkali penguningan daun terjadi pada 1 sisi saja. Pada jaringan internal dari bagian membujur dari batang memperlihatkan perubahan warna signifikan menjadi berwarna merah kecoklatan, yang awalnya pada pangkal dan berlanjut ke bagian batang.

  • Ulat Buah

Ulat buah (Helicoverpa armigera) seringkali mengakibatkan kerusakan tanaman, sehingga petani menjadi resah. Bentuk dewasa dari ulat buah yakni berupa ngengat coklat muda dengan sayap yang memiliki rentang 3 hingga 4 centimeter.

Ngengat betina akan meletakkan telur – telurnya secara individu maupun berkelompok pada permukaan daun maupun bunga. Telur – telur ngengat betina mempunyai bentuk bundar berwarna keputihan.

Beberapa hari berikutnya larva akan mulai keluar dari telur. Tubuh larva berwarna hijau zaitun hingga berwarna coklat tua kemerahan, tergantung dengan tingkat kedewasaan larva.

Bagian kepala larva warnanya gelap serta pada tubuhnya terdapat bintik berwarna hitam yang ukurannya kecil. Dalam tahapan menuju fase dewasa akan mulai bermunculan garis – garis serta pita di sepanjang bagian punggung serta sayapnya.

Larva biasanya mudah dijumpai menggerogoti seluruh jaringan tanaman. Kerusakan kecil, goresan pada daun, struktur buah, serta titik tumbuh umumnya terjadi karena serangan larva muda.

Sedangkan, larva yang berumur lebih tua akan terus menggali ke dalam bagian buah / bunga, sehingga menyebabkan tanaman menjadi membusuk.

Baca Juga : Katalog Benih Gambas Serta Paria Dengan Jaminan Kualitas Unggulan

  • Embun Tepung

Penyakit embun tepung tergolong sebagai salah satu penyakit yang perlu petani waspadai keberadaannya. Kenapa ? Karena penyakit embun tepung termasuk sangat merusak untuk tanaman yang terinfeksi.

Dalam kondisi musim peralihan seperti saat ini, cuaca harian masih didominasi oleh awan – awan mendung. Mendung umumnya sudah mulai nampak sejak pagi sampai sore hari. Hal ini membuat paparan sinar matahari menjadi berkurang.

Efeknya berimbas terhadap proses metabolisme tanaman (contohnya fotosintesis) jadi lebih lambat. Hal tersebut tentu saja berakibat pada melambatnya proses pertumbuhan serta pematangan buah.

Kondisi itu sangat optimum untuk perkembangan penyakit embun tepung. Serangan cendawan Leveillula taurica menjadi penyebab terjadinya penyakit embun tepung pada tanaman.

Kenapa disebut sebagai penyakit embun tepung ? Karena salah satu gejala serangannya yaitu berupa kumpulan cendawan putih yang nampak pada bagian bawah daun.

Kondisi optimum untuk penyakit embun tepung berkembang yaitu dalam suhu hangat (± 15 sampai 32° C) serta tidak memperoleh cahaya matahari secara langsung.

Embun tepung menular melalui media perantara, salah satunya yaitu media angin. Biasanya tanaman yang cenderung lebih rentan terinfeksi ialah tanaman yang ternaungi.

  • Ulat Grayak

Ulat grayak (Spodoptera litura) merupakan salah satu hama yang banyak menyerang tanaman tembikai. Kehilangan hasil panen karena serangan hama ini mampu mencapai ± 80 persen.

Ulat grayak berkembang dengan melalui proses metamorfosis sempurna. Perkembangan hama ini terdiri atas 4 stadium, yakni stadium telur, larva, pupa, serta imago. Pada usia 2 minggu, panjang ulat berkisar ± 5 centimeter.

Ulat grayak berkepompong dan membentuk pupa tanpa kokon (rumah pupa) di dalam tanah, warnanya coklat kemerahan dengan kisaran panjang ± 1,6 centimeter.

Siklus hidupnya berkisar selama 30 hingga 60 hari (lama stadium telur berlangsung sekitar 2 hingga 4 hari). Stadium larva terbagi menjadi 5 instar yang berlangsung selama 20 hingga 46 hari.

Lama stadium pupa berlangsung selama 8 hingga 11 hari. Seekor ngengat betina bisa meletakkan telur sebanyak 2000 – 3000 butir.

Gejala serangan ulat grayak yaitu larva mudanya memakan dedaunan serta hanya menyisakan sisa – sisa epidermis bagian atas (transparan) dan juga tulang dedaunan. Larva instar lanjut merusak tulang daun serta terkadang menyerang polong.

Serangan berat biasanya terjadi ketika musim kemarau, serta mengakibatkan defoliasi daun yang teramat berat. Tingkat kerusakan serta kehilangan hasil panen karena serangan ulat grayak ditentukan oleh berbagai faktor.

Faktor itu seperti jumlah populasi hama, fase perkembangan serangga, fase pertumbuhan tanaman, serta varietas pertanian. Serangan pada varietas rentan mengakibatkan kerugian yang sangat signifikan.

Benih Semangka Kuning Non Biji Terbaik Rekomendasi LMGA AGRO

lmga agro,benih,bibit,toko pertanian,semangka tanpa biji,semangka kuning tanpa biji
Benih Semangka Kuning Non Biji Terbaik Rekomendasi LMGA AGRO

Untuk bisa terhindar dari gangguan – gangguan opt, maka tentunya perlu memakai benih semangka kuning non biji berkualitas terbaik.

Di Indonesia sendiri ada berbagai produk benih semangka kuning non biji kualitas terbaik yang telah beredar. Untuk mempermudah petani, LMGA AGRO akan merekomendasikan benih semangka kuning non biji dengan kualitas terbaik.

Rekomendasi benih semangka kuning non biji terbaik dari LMGA AGRO terjamin kualitasnya, sehingga Anda tak perlu ragu dengan kualitasnya.

Beberapa rekomendasi produk benih semangka kuning non biji kualitas unggul rekomendasi LMGA AGRO yakni seperti :

  • Jelita F1

Jelita F1 merupakan benih semangka kuning non biji berkualitas unggul hasil produksi PT Known You Seed. Bibit tembikai tidak berbiji Jelita F1 sangat sesuai petani budidayakan karena memiliki beraneka keunggulan ketimbang produk pesaingnya.

Benih semangka kuning non biji Jelita Known You Seed mempunyai berbagai keunggulan. Keunggulan dari produk Jelita F1 yaitu seperti tahan penyakit layu bakteri, potensi hasil panen besar (± 35 ton/ha), rasa buahnya tergolong manis, dan sebagainya.

Selain itu, merek produk benih semangka kuning non biji Jelita F1 sudah terdaftar secara resmi melalui Kementerian Pertanian RI.

Dengan adanya perijinan resmi dari Kementan, maka Jelita F1 bisa beredar secara legal di pasaran. Benih semangka kuning non biji Jelita F1 bisa Anda peroleh melalui toko pertanian terdekat LMGA AGRO.

LMGA AGRO jual benih mendikai kuning non biji berkualitas unggul Jelita F1 kemasan sachet berisi 300 butir. Segera saja pesan produk bibit tembikai kuning non biji Jelita F1 dari LMGA AGRO.

  • Primadona F1

Primadona F1 merupakan benih semangka kuning non biji berkualitas unggul hasil produksi PT Bisi International, Tbk. Bibit tembikai tidak berbiji Primadona F1 sangat sesuai petani budidayakan karena memiliki beraneka keunggulan ketimbang produk pesaingnya.

Benih semangka kuning non biji Primadona Cap Kapal Terbang mempunyai berbagai keunggulan. Keunggulan dari produk Primadona F1 yaitu seperti tetap mudah ditanam walaupun kondisi cuaca buruk, toleran kekurangan kalsium, potensi hasil panen besar (± 33 ton / ha), dan sebagainya.

Selain itu, merek produk benih semangka kuning non biji Primadona F1 sudah terdaftar secara resmi melalui Kementerian Pertanian RI.

Dengan adanya perijinan resmi dari Kementan, maka Primadona F1 bisa beredar secara legal di pasaran. Benih semangka kuning non biji Primadona F1 bisa Anda peroleh melalui toko pertanian terdekat LMGA AGRO.

LMGA AGRO jual benih mendikai kuning non biji berkualitas unggul Primadona F1 kemasan sachet berisi bersih 10 gram. Segera saja pesan produk bibit tembikai kuning non biji Primadona F1 dari LMGA AGRO.

Baca Juga : Broadplus Herbisida Ampuh Mengendalikan Gulma

Jual Benih Semangka Kuning Non Biji Harga Murah

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Benih Semangka Kuning Non Biji Harga Murah

Jika pembaca sedang mencari benih semangka kuning non biji berkualitas unggul, LMGA AGRO ialah tempat paling pas. Kami menjual bibit semangka kuning non biji berkualitas terbaik.

LMGA AGRO juga memiliki banyak tips dan juga trik dalam memaksimalkan budidaya semangka kuning non biji secara tepat. Sehingga, hasil budidaya semangka kuning non biji nantinya bisa menjadi lebih maksimal.

Selain itu, LMGA AGRO juga menjual beraneka macam kebutuhan tani terlengkap selain benih semangka kuning non biji. Harga jualnya terjamin murah, namun kualitasnya bukan kualitas yang murahan.

Untuk memastikan pesanan semangka kuning non biji sampai ke alamat tujuan, LMGA AGRO menggandeng banyak mitra pengiriman dengan reputasi yang terpercaya.

Beberapa contoh mitra pengiriman rekanan LMGA AGRO dalam mengirimkan pesanan yakni seperti KI8, JNE, Pos Indonesia, dan JNT.

Dengan memakai jasa – jasa mitra pengiriman tersebut, maka tentunya pesanan benih semangka kuning non biji ataupun pesanan produk pertanian lainnya pastinya terjamin sampai hingga ke konsumen.

So, segera order benih semangka kuning non biji melalui LMGA AGRO dan tunggu produk tersebut sampai ke tangan Anda.

Nah, itulah dia artikel bertema semangka kuning non biji ini kami tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga pembaca bisa mengambil manfaat yang terdapat dalam artikel kali ini.

Apabila masih ada hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Semangka Kuning Non Biji Produk Terbaik Hasil Menguntungkan ini, segera hubungi LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Salam sukses selalu.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.