Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Kami Libur 07 - 21 April 2024.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

09/03/2024

Read

Bibit Labu Suprema F1 Benih Unggul Potensi Hasil Menjanjikan

Bibit Labu Suprema F1,bibit,labu,suprema,f1,lmga agro
Bibit Labu
Suprema F1

Bibit Labu Suprema F1 Benih Unggul Potensi Hasil Menjanjikan. 08125222117 WA/SMS Lmga Agro.

Lmga Agro merupakan toko tani online yang menjual beraneka kebutuhan pertanian paling lengkap jaminan harga termurah.

Toko pertanian online Lmga Agro merupakan toko tani online yang berbasis di Kota Kediri, Jawa Timur. Kami merupakan toko pertanian yang sudah lama beroperasi di Indonesia.

Kami menjalin hubungan kerjasama dengan beraneka mitra pengiriman bereputasi terpercaya untuk memberikan jaminan apabila pesanan akan sampai hingga ke alamat tujuan.

So, calon konsumen tentunya tak perlu khawatir bila pesanannya tak akan sampai.

Bibit labu Suprema F1 bisa Anda beli di toko online Lmga Agro. Lmga Agro jual bibit labu Suprema F1 original produksi Cap Panah Merah.

Dapatkan segera bibit labu Suprema F1 di LMGA AGRO dengan harga terjangkau.

Labu atau orang sering mengenalnya pula sebagai waluh ialah jenis tanaman merambat yang tergolong ke dalam anggota suku labu – labuan (Cucurbitaceae). Buahnya pun sangat identik dengan budaya Halloween di musim gugur Negara – Negara Barat.

Tumbuhan ini tergolong ke dalam tanaman yang tergolong relatif mudah untuk dibudidayakan. Bahkan, tanpa melakukan proses pemeliharaan sekalipun labu pun akan terus tumbuh serta menghasilkan buah.

Di Indonesia sendiri budidaya labu tergolong jarang dilakukan. Padahal, dengan mudahnya menanam tanaman ini dapat menjadi sebuah peluang usaha serta peluang agribisnis dalam meraup keuntungan.

Manfaat yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi labu pun tergolong cukup banyak. Dengan mengkonsumsi buah labu, maka tubuh pun akan menjadi lebih fit. Contoh beberapa manfaat labu untuk tubuh yakni seperti :

  • Menjaga kecantikan kulit

Kandungan labu yang kaya dengan berbagai nutrisi seperti mineral, serat, vitamin, dan antioksidan mampu menjadikan kulit menjadi lebih kenyal dan lembut. Selain itu, labu juga bisa menangkal radikal bebas serta radiasi cahaya matahari berlebih sehingga membuat kulit nampak lebih awet muda.

  • Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan nutrisi berupa serat terbukti bisa melancarkan sistem pencernaan. Oleh karena itu, kondisi sistem pencernaan akan selalu tetap fit.

  • Meningkatkan kualitas tidur

Di dalam biji labu terkandung zat triptofan. Triptofan ialah salah satu jenis asam amino yang bisa membuat kualitas tidur menjadi lebih meningkat. Dengan begitu, saat Anda tidur akan menjadi lebih nyenyak. 

  • Meningkatkan sistem imun tubuh

Kandungan vitamin A dan antioksidan di dalam labu berpengaruh besar untuk sistem imun tubuh. Dengan keberadaan nutrisi – nutrisi tersebut, maka sistem imun tubuh menjadi lebih kuat serta bisa melawan virus dan kuman yang lebih kuat.

Baca Juga : Benih Tomat Tahan Virus Solusi Untuk Petani

Bibit Labu Suprema F1 Terbaik Untuk Budidaya Labu

waluh,tanaman,tanaman waluh,tanaman labu,bibit labu,lmga agro
Bibit Labu Suprema F1 Terbaik Untuk Budidaya Labu

Bibit labu Suprema F1 merupakan bibit labu kuning hibrida yang diproduksi oleh PT East West Seed Indonesia, Tbk bermerek dagang Cap Panah Merah. Produk ini tergolong ke dalam produk unggulan di kelasnya karena mempunyai beraneka macam kelebihan daripada produk lain sejenisnya.

Budidaya tanaman waluh dengan memanfaatkan bibit Suprema F1 bisa petani mulai saat ini juga sebagai bentuk upaya dalam menambah pundi – pundi penghasilan.

Namun, saat melakukan proses budidaya memanfaatkan bibit Suprema F1 harus dilakukan secara baik dan benar mulai awal hingga akhir. Hal itu bertujuan agar nantinya hasil panen yang didapatkan bisa lebih maksimal.

Budidaya memakai bibit Suprema F1 Cap Panah Merah punyai berbagai keunggulan. Dengan adanya keunggulan tersebut, maka petani akan sangat cocok menggunakan produk bibit Suprema F1 bila ingin membudidayakan waluh.

Karakteristik unggulan dari bibit labu Suprema F1 yakni seperti :

  1. Vigor bibit tanaman Suprema F1 kokoh, merambat, serta memiliki banyak percabangan yang produktif.
  2. Tanaman labu dari bibit Suprema F1 memiliki kemampuan adaptasi yang baik untuk berkebun di daerah dataran rendah hingga dataran tinggi.
  3. Bibit labu Suprema F1 tahan terhadap penyakit layu fusarium, layu bakteri, serta cukup tahan serangan virus Gemini.
  4. Proses pembentukan buah dari bibit labu Suprema F1 tetap mudah meskipun ditanam di musim hujan, sehingga cara menanam labu Suprema F1 menjadi lebih mudah.
  5. Buah labu dari bibit Suprema F1 berdiameter ± 25 cm, beratnya ± 3 hingga 5 kg, kulit buahnya berwarna hijau ketika muda dan berubah menjadi kuning coklat berkilau ketika tua. 
  6. Buah labu dari bibit Suprema F1 memiliki rasa pulen dengan tingkat kadar gula mencapai ± 12 % (Brix).
  7. Tekstur buah labu dari bibit Suprema F1 keras serta berkulit tebal, sehingga tahan simpan serta pengangkutan jarak jauh.
  8. Berkebun labu dari bibit Suprema F1 menjadi sebuah peluang usaha rumahan yang menguntungkan untuk petani.
  9. Proses pemanenan labu dari bibit Suprema F1 sudah bisa dijalankan ketika telah berumur ± 90 hari seteleh pindah semai.
  10. Potensi hasil panen dari bibit Suprema F1 tergolong cukup besar, yaitu mencapai ± 40 – 50 ton/ha.
  11. Produk bibit labu Suprema F1 sudah terdaftar secara legal di Kementan RI melalui peraturan Kepmentan No. 118/Kpts/TP.240/3/2000.

Dengan adanya beragam keunggulan diatas tentu tidaklah salah jika banyak petani tertarik untuk membudidayakan labu memanfaatkan bibit Suprema F1. So, bagaimana caranya supaya budidaya labu dengan menggunakan bibit Suprema F1 dapat berhasil ?

Peluang Usaha Dalam Budidaya Labu Suprema F1

peluang,usaha,bisnis,agrobisnis,cap panah merah,panah merah,lmga agro
Peluang Usaha Dalam Budidaya Labu Suprema F1

Budidaya labu kuning di Indonesia masih tergolong jarang dijumpai. Padahal, buah ini mempunyai prospek ke depan yang tergolong cukup baik.

Oleh karena itu, budidaya tanaman ini dapat dijadikan sebuah peluang usaha agrobisnis dalam meningkatkan penghasilan, terlebih lagi dengan memakai bibit Suprema F1 Cap Panah Merah.

Budidaya labu kuning Suprema F1 terdiri atas beberapa tahapan atau proses. Cara menanam yang baik serta benar diperlukan dalam praktik budidayanya supaya mendapatkan hasil panen secara optimal.

Tahapan dalam budidaya labu Suprema F1 yakni :

  • Persiapan Lahan Tanam

Sebelum melakukan proses penanaman, lakukan proses pengolahan lahan tanam lebih dahulu. Pengolahan lahan tanam bertujuan untuk membuat tanah menjadi gembur, membunuh sisa – sisa gulma serta tanaman, menurunkan laju erosi, dan memperluas ruang gerak tanaman.

Tetapi, sebelum mengolah lahan tanam pastikan agar lahan tanam bersih dari batu – batu besar, tak terdapat bangunan ataupun pohon besar di sekitar lahan tanam supaya tidak menghalangi sinar matahari.

Usahakan pula supaya tanah mempunyai daya serap yang bagus supaya tidak menyebabkan air menjadi menggenang pada lahan tanam.

Sesudah mengolah lahan tanam, Anda perlu membuat bedengan pada lahan tanam. Buatlah bedengan dengan ukuran lebar ± 1 meter dan tinggi ± 30 cm. Sementara itu, untuk panjangnya sendiri dapat disesuaikan dengan lebar lahan tanam.

Berikan pula jarak antar bedengan sekitar ± 40 centimeter sebagai saluran air atau drainase ketika turun air hujan. Buatlah lubang tanam pada bedengan dengan kisaran diameter ± 10 centimeter. Berikan jarak antar lubang tanam sekitar ± 40 centimeter.

Terakhir, masukkan pupuk kompos atau bisa pula digantikan dengan pupuk kandang pada setiap lubang tanam. Lahan tanam pun siap untuk Anda tanami.

Baca Juga : Katalog Benih Curah Paling Lengkap Berkualitas Unggulan

  • Penanaman

Berikan jarak waktu antara proses pengaplikasian pupuk dasar dengan proses penanaman mulai dijalankan. Biarkan selama ± 2 hingga 3 hari sebelum Anda mulai melakukan proses penanaman.

Rendam benih dalam air hangat selama ± 2 hingga 4 jam. Sesudah benih direndam dalam air hangat, pindahkan pada kain yang sudah dibasahi dengan air.

Biarkan selama 3 hari serta diamkan sampai mulai berkecambah. Apabila telah muncul kecambah, maka dapat langsung Anda pindahkan ke lahan tanam yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Jagalah tingkat kelembaban tanah. Hal ini bertujuan supaya benih yang Anda tanam dapat tumbuh serta berkembang secara maksimal, sehingga hasil yang diperoleh pun tetap bisa optimal.

Salah satu caranya ialah dengan memanfaatkan mulsa plastik. Pasangkan plastik mulsa pada bedengan secara menyeluruh sehingga bedengan bisa tertutupi secara sempurna.

  • Perawatan

Proses perawatan / pemeliharaan dalam budidaya labu kuning Suprema F1 terdiri atas beberapa tahapan atau proses. Beberapa proses tersebut yakni seperti :

1. Penyulaman

Umumnya penyulaman dilakukan sesudah 7 hari sesudah tanam, maka benih akan mulai berkecambah dan tunasnya akan nampak muncul ke permukaan tanah.

Bila mulai nampak bibit terganggu pertumbuhan dan perkembangannya, maka bibit bisa digantikan dengan bibit lainnya berkualitas bagus.

2. Penyiangan Gulma

Rumput liar atau gulma menjadi salah satu organisme pengganggu dalam budidaya tanaman labu Suprema F1. Keberadaan gulma selalu menjadi ancaman utama, sehingga perlu segera dibasmi supaya tidak menimbulkan dampak negatif terhadap tumbuhan.

Gulma akan selalu merebut nutrisi yang diberikan pada tanaman budidaya, sehingga justru gulma yang akan tumbuh dengan subur. Selain itu, gulma pun juga akan menjadi sarang tempat berkumpulnya organisme pengganggu tanaman (opt).

3. Pemasangan Ajir

Ajir atau lanjaran berperan penting dalam untuk pembudidayaan labu menggunakan bibit Suprema F1. Hal ini dikarenakan ajir berfungsi sebagai tempat merambat untuk pertumbuhan labu.

Ajir atau lanjaran yang digunakan terbuat dari bambu sepanjang ± 2 meter. Buatlah lenjeran berukuran ± 1,5 meter, atau bisa pula menyesuaikan dengan tinggi badan Anda.

Pemasangan lanjaran sebaiknya dilakukan saat tumbuhan masih berumur muda. Lilitkan sulur ke kayu / bambu, kemudian biarkan saja supaya nantinya sulur dapat merambat ke arah atas.

4. Pemupukan Susulan

Pengaplikasian pupuk susulan perlu diberikan supaya tanaman memperoleh nutrisi yang cukup. Pupuk yang digunakan dalam proses ini dianjurkan untuk memakai pupuk organik.

Pemberian pupuk dilakukan setiap 3 bulan sekali sejak benih mulai ditanam. Pemberian pupuk ini dilakukan dengan memakai perbandingan 1 : 1 atau melarutkan air sebanyak 1 liter dicampur dengan 1 kilogram pupuk kandang. Diamkan selama beberapa waktu supaya proses fermentasi pupuk dapat terjadi.

Sesudah 1 minggu, barulah pupuk kandang fermentasi tersebut dapat diberikan ke tanaman labu. Aplikasikan dalam dosis sebesar ± 1 liter per 1 m².

  • Pengendalian OPT

Serangan organisme pengganggu tanaman selalu menimbulkan kerusakan untuk tanaman yang terserang, tidak terkecuali dengan tanaman labu Suprema F1. Adanya opt tentu berpotensi menimbulkan gangguan untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman labu.

Beberapa contoh opt yang sering mengganggu pertumbuhan serta perkembangan tanaman labu yakni :

1. Bercak Buah Bakteri

Penyakit bercak buah bakteri terjadi karena infeksi bakteri Acidovorax citrulli. Patogen bakteri ini bisa bertahan hidup pada sisa – sisa tanaman di dalam tanah, pada inang alternatif, maupun di dalam biji – bijian buah yang telah terinfeksi.

Gejala – gejala akibat penyakit bercak buah bakteri yakni terdapat bercak berair pada sisi bawah kotiledon. Selain itu, gejala tersebut terkadang juga diikuti dengan gejala rebah kecambah.

2. Kumbang Labu Merah

Hama kumbang labu merah (Aulacophora faveicollis) banyak menyebabkan kerusakan dengan memakan bagian daun, bunga, dan buah. Larva dewasanya biasanya berwarna putih krem dengan ukuran tubuh seukuran dengan kuku manusia.

Gejala serangan kumbang merah umumnya nampak pada bagian daun, bunga, dan juga buah. Di jaringan tanaman, kumbang ini akan menghasilkan lubang dengan ukuran relatif besar.

  • Pemanenan

Umumnya, pemanenan ketika budidaya labu Suprema F1 tak membutuhkan waktu lama. Sesudah berumur sekitar 80 hingga 85 hari sesudah tanam serta mempunyai ciri – ciri tertentu, maka proses pemanenan sudah bisa Anda lakukan.

Beberapa ciri – ciri buah labu telah siap panen diantaranya seperti kulit buah mengeras, batang mengering, serta warna buahnya menjadi berwarna coklat muda.

Jika semua 3 ciri – ciri tersebut sudah terlihat, maka buah labu Suprema F1 dari hasil budidaya petani ini telah siap untuk dipasarkan ke berbagai tujuan.

Baca Juga : Manfaat Vitamin B Untuk Tanaman

Jual Bibit Labu Suprema F1 Harga Murah

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Bibit Labu Suprema F1 Harga Murah

Belanja online serta jual bibit labu Suprema F1 harga murah bisa Anda beli di toko pertanian LMGA AGRO. LMGA AGRO jual serta menyediakan bibit labu Suprema F1 kualitas tinggi dengan harga terjangkau. Dijamin produk yang kami jual terjamin original produksi Panah Merah.

Untuk mengirikan pesanan produk bibit labu Suprema F1 sampai ke alamat tujuan, toko pertanian LMGA AGRO bekerja sama dengan beraneka perusahaan jasa pengiriman logistik di Indonesia.

Perusahaan – perusahaan tersebut telah banyak dikenal oleh masyarakat serta mempunyai reputasi yang bagus.

Perusahaan – perusahaan jasa pengiriman logistik yang bermitra dengan LMGA AGRO diantaranya seperti KI8, JNE, Pos Indonesia, serta JNT. Semua pesanan bibit labu Suprema F1 yang kami kirimkan dijamin pasti akan sampai ke alamat tujuan.

Toko pertanian Lmga Agro juga memberikan layanan konsultasi seputar masalah pertanian untuk seluruh pembaca.

So,hubungi segera Lmga Agro dan dapatkan bibit waluh Suprema F1 Cap Panah Merah sebelum Anda kehabisan !!

Nah, itulah dia artikel bertema bahasan bibit labu Suprema F1 ini kami tulis juga sampaikan kepada Anda semua. Semoga artikel kali ini bisa banyak bermanfaat serta berdampak positif untuk seluruh pembaca.

Apabila masih ada hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Bibit Labu Suprema F1 Benih Unggul Potensi Hasil Menjanjikan ini, hubungi segera LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Sukses terus dan sampai berjumpa kembali dalam artikel terbaru LMGA AGRO selanjutnya.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.