Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Kami Libur 07 - 21 April 2024.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

18/07/2021

Read

Manfaat Vitamin B Sayur Sehat Kembang Kol Kusuma F1 Benih Pertiwi

manfaat vitamin b, kembang kol kusuma, benih pertiwi, manfaat kembang kol,jual benih bunga kol, toko pertanian, toko online, lmga agro
Kembang Kol
Kusuma F1
Manfaat Vitamin B Sayur Sehat Kembang Kol Kusuma F1 Benih Pertiwi. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih hibrida sayur kembang kol Kusuma benih Pertiwi. Penting sekali mengkonsumsi sayur dengan manfaat vitamin B ini. 

Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan kebutuhan bercocok tanam mulai benih berkualitas, pupuk, pestisida, ZPT hingga alat pertanian. Kami menerima konsultasi pertanian gratis dan membantu permasalahan budidaya tanaman Anda. 

Kami siap kirim pesanan Anda alamat tujuan ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama mitra Kami terpercaya JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami mengajak kerja sama sebagai dropship dan reseller pertanian.

Manfaat vitamin B alami dapat diperoleh dari sayur-sayuran dan buah-buahan. Manfaat vitamin B dapat diperoleh dari makanan yang selalu kita konsumsi sehari-hari. Manfaat vitamin B diperoleh dari sumber hewani seperti daging, ikan dan susu. Juga dari sumber makanan nabati seperti sayuran kembang kol dan bayam. 

Sayuran kembang kol mengandung manfaat vitamin B tinggi, berkhasiat menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit. Salah satunya adalah penyakit gangguan pada sistem saraf, gigi berlubang, iritasi, radang pada lidah hingga badan terasa lemas. 

Manfaat vitamin B baik bagi kesehatan tubuh kita. Sayur sehat kembang kol Kusuma F1 kaya vitamin dan mineral. Benih berkualitas bebas penyakit dari Benih Pertiwi dengan bobot 450 gram bunganya.

Manfaat kembang kol mengandung manfaat vitamin B sangant lengkap. Selain itu sayur kembang kol memilki asam lemak omega-3, vitamin K, fosfor, kalium dan sumber protein tinggi. 

Khasiat kembang kol diperoleh dengan budidaya bunga kol berkualitas dari benih Pertiwi yaitu Kusuma F1. Tanam kembang kol Kusuma F1 dapat ditanam pada dataran rendah yaitu kurang dari 200 m dpl. 

Bunga kol Kusuma F1 padat dengan bobot 400 - 450 gram. Setelah dipanen, kembang kol bertahan disimpan hingga 4 hari. 


Kembang Kol Kusuma F1 Benih Pertiwi 


Kembang kol Kusuma F1 dari Benih Pertiwi dapat ditanam di dataran rendah. Selama ini dikenal varietas tanaman bunga kol untuk dataran tinggi. Kini tersedia benih kembang ol untuk dataran rendah. 

Tanaman kembang kol Kusuma F1 memiliki daun warna hijau kebiruan. Helaian daun berukuran sedang dan bunga berbentuk semi kubah. 

Bunganya padat dan berwarna putih. Berat bunga kol Kusuma Benih Pertiwi mencapai 400 - 450 gram. Kembang kol dapat didimpan hingga 4 hari lamanya. 

Warna sayuran kembang kol tidak segar, pucat dan kurang menarik seperti warna hijau sayuran pada umumnya. Namun Manfaat kembang kol sangat banyak diantaran manfaat vitamin B-nya cukup tinggi. Sayuran kembang kol kaya vitamin dan mineral serta menyehatkan tubuh kita. 

Manfaat kembang kol mengandung antioksidan, serat, kalium dan asam folat tinggi. Banyak sekali manfaat bunga kol dalam membantu mencegah beragam penyakit. Memperbaiki dan membantu pertumbuhan jaringan tubuh. 

Sumber vitamin B memang banyak jenisnya. Vitamin B dibedakan menjadi beberapa jenis seperti vitamin B1, B6 dan B12 yang mudah ditemukan di sekitar kita. Manfaat vitamin B dapat diperoleh dari makanan kita sehari-hari. 

Manfaat vitamin B terkandung juga dalam daging dan susu. Selain dari sumber hewani, manfaat vitamin B terdapat pada sumber makanan nabati seperti sayur dan buah. 

Manfaat vitamin B menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit. Antara lain seperti gangguan sistem saraf, gigi berlubang, gangguan iritasi hingga lemas badan. 


Sayuran Pemberi Manfaat Vitamin B Tinggi


1. Bayam

Sayuran berwarna hijau ini sangat dikenal semua orang. Bayam mudah ditemui di pasar dan harga sangat murah. Pilihlah sayur bayam segar dan berwarna hijau cerah karena mengandung vitamin B tinggi. 

Manfaat vitamin B pada sayur bayam untuk mengatasi masalah sembelit, melindungi lambung dan mencegah penumpukan racun di area usus besar. 

2. Kembang Kol

manfaat vitamin b, kembang kol kusuma, benih pertiwi, manfaat kembang kol, jual benih bunga kol, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tanaman Kembang Kol 

Kembang kol jenis sayuran berbentuk seperti bunga. Warnanya putih dan mirip brokoli. Rasa kembang kol manis dan teksturnya renyah. Sayur kembang kol sangat berkhasiat bila dimakan langsung atau segar. Manfaat vitamin B dapat hilang apabila disimpan dalam lemari es terlalu lama. 

Manfaat vitamin B terdapat dalam sayur kembang kol. Selain itu, manfaat kembang kol mengandung asam lemak omega-3, vitamin K, fosfor, kalium dan merupakan sumber protein yang tinggi. Khasiat kembang kol untuk mencegah radikal bebas dan penyaki kanker serta jantung.  

3. Mentimun

Manfaat vitamin B dalam mentimun adalah sebagai zat anti inflamasi. Yaitu berperan meningkatkan kerja sistem otak. Mentimun mengandung senyawa lignan dan berkhasiat mencegah pembentukan sel kanker. 

4. Lobak

Lobak sayuran mengandung manfaat vitamin B berkhasiat mencegah berbagai peradangan dalam tubuh, penyakit jantung dan osteoporosis. Konsumsi sayur lobak mentah sangat baik membantu proses pencernaan, sintesis lemak, karbohidrat dan protein. 


Baca juga : Melon F1 Madesta, Melon Orange Tahan Virus


Manfaat Vitamin B Bagi Tubuh


Vitamin B terdiri dari banyak jenis dan biasanya disebut dengan vitamin B kompleks. Secara umum manfaat vitamin B adalah memproduksi energi, memelihara fungsi organ otak, mata, pencernaan, saraf dan jantung. Manfaat vitamin B juga berperan dalam pembentukan sel darah merah. 

Manfaat vitamin B sangat penting juga bagi ibu hamil dan menyusui. Perannya yaitu membantu perkembangan otak jani dan mengurangi resiko janin lahir cacat. Vitamin B mampu memberikan tambahan energi ibu hamil dan mengurangi rasa mual di pagi hari. 

Manfaat vitamin B bagi pria mampu meningkatkan kadar hormon testosteron dan membantu membangun otot. Vitamin B bersama unsur magnesium membantu menurunkan stres dan mendukung stres yang sehat. 

Manfaat vitamin B ( Thiamin ) untuk meningkatkan energi dan metabolisme karbohidrat. Vitamin B mendukung sel tubuh memproduksi energi. Thiamin juga berperan dalam membantu kesehatan jantung.  

Manfaat vitamin B dalam bentuk Riboflavin ( B2 ) dipercaya mampu melindungi tubuh dari penyakit kronis seperti kanker dan katarak. Manfaat vitamin B membantu metabolisme makanan hingga menjadi energim juga memelihara kesehatan kulit, mata dan saraf. 

Kebutuhan vitamin B untuk pria dewasa sebesar 1,3 miligram, wanita sebesar 1m1 mg per hari. Khusus untuk ibu hamil dan menyusui lebih besar yaitu hingga 1,6 mg. 

Beberapa manfaat vitamin B secara lengkap adalah : 

- Menurunkan kadar kolesterol, mengurangi depresi dan mengatasi masalah sendi ( B3 = Niacin ).

- Mengatasi kelelahan, memperbaiki fungsi saraf, metabolisme dan mengurangi gejala alergi ( B5 = Asam Pantotenat ).

- Mengubah protein dan karbohidrat menjadi energi, produksi sel darah merah dan meringankan gejala darah tinggi ( B6 = Piridoksin ).

- Vitamin B7 ( Biotin ) memecah lemak diubah menjadi energi. 

- Vitamin B9 ( Asam Folat ) berperan dalam perkembangan janin, mencegah anemia dan membentuk hemoglobin. 

- Vitamin B12 ( Cobalamin ) membentuk sel darah merah dan menjaga kesehatan saraf.


Manfaat Kembang Kol Tinggi Vitamin B


Manfaat vitamin b, kembang kol kusuma, benih pertiwi, manfaat kembang kol, jual benih bunga kol, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Kembang Kol
 Hibrida

Kembang kol merupakan salah satu sayur penyumbang manfaat vitamin B. Terdapat sederet manfaat kembang kol bagi tubuh dan membuat kita segera ingin menyantapnya. 

Manfaat Kembang Kol Untuk Menurunkan Berat Badan

Karena kembang kol memiliki serat tinggi maka tepatlah bila dijadikan menu dalam diet Anda. serat dalam sayuran akan membuat kita cepat kenyang dan bertahan lama sehingga tidak ada keinginan untuk mengemil. 

Manfaat Kembang Kol Menurunkan Resiko Kanker

Sayur kembang kol juga berpotensi mencegah penyakit kanker sama dengan sayur brokoli. Dalam sayur kembang kol terkandung fitonutrien, antioksidan dan sulforaphane yang berpotensi menurunkan resiko kanker. 

Manfaat Kembang Kol Meningkatkan Kekuatan Tulang

Kembang kol 100 gram terdapat sekitar 15% kandungan vitamin K. Fungsi vitamin K yaitu menjaga kesehatan tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan kepadatan tulang. Manfaat vitamin K dapat menurunkan resiko osteopororsis dan patah tulang.  

Manfaat Kembang Kol Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat dan air kembang kol mampu mencegah terjadinya sembelit dan menjaga kesehatan organ pencernaan. Manfaat kembang kol mampu meningkatkan daya ingat, menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan tekanan darah tinggi. 

Kembang kol merupakan sumber antioksidan dan mampu melindungi sel-sel tubuh dari peradangan dan serangan radikal bebas. Kadungan karotenoid dan flavonoid mampu mengurangi resiko penyakit jantung. 

Sayur Sehat Kembang kol mengandung vitamin C cukup tinggi. Peranan vitamin C bagi tubuh adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan tubuh kita tidak mudah kena penyakit infeksi. Kalori kembang kol sangat rendah namun kaya vitamin. 


Baca Juga : Melon Golden Aroma Buah Besar Andalan Petani


Cara Menanam Sayuran Sehat Tinggi Vitamin


Lahan pekarangan dapat dimanfaatkan untuk menanam sayur-sayuran sehat sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. Hasil panennya nanti bisa dikonsumsi sendiri atau dijual sebagai usaha sampingan atau rumahan. 

Sayur sehat hasil panen dapat dijual ke pasar dekat rumah Anda atau di kios sayur depan rumah kita. Terdapat beberapa langkah dalam cara menanam sayur yang harus Anda ketahui. 

1. Melakukan Pengolahan Tanah

Tanah untuk tempat cara menanam sayuran diolah terlebih dahulu hingga gembur dan subur. Selanjutnya tanah perlu ditaburkan pupuk kandang untuk menambah unsur hara tanah. Umumnya tanaman sayur menyukai tanah yang kaya humus. 

Tanah dicangkul sedalam 20 - 30 cm dan tanah dibolak balik selanjutnya ratakan kembali tanahnya. Cara menanam sayur perlu dibuat bedeng-bedeng guna mempermudah proses penanaman dan perawatan tanaman. 

Dibuat jarak antar bedengan sebagai alur jalan untuk perawatan tanaman dan jalannya air. Luas bedengan juga mudah dijangkau saat membersihkan gulma dan panen nanti. Lebar bedengan sebaiknya mudah dijangkau tangan kita. 

Taburkan kompos atau pupuk kandang matang waktunya 2 - 3 minggu sebelum penanaman. Pupuk bisa ditaburkan langsung ke permukaan bedeng atau pada larikan 5 cm dari tanaman. 

Untuk budidaya sayur, perlunya memilih lokasi dimana mendapatkan sinar matahari setidaknya 6 jam langsung setiap hari. Tanah harus lunak atau gembur agar akar dapat menembus dengan mudah. 

Cara menanam sayur di pekarangan rumah, diawali dengan membuat petak yang kecil dulu. Manfaat vitamin B dari cara menanam sayur kembang kol mudah ditanam dan mudah pemeliharaannya. 


Baca Juga : Timun Optima Buah Besar dan Tahan Virus di Dataran Tinggi


Budidaya Bunga Kol Kusuma F1


manfaat vitamin b, kembang kol kusuma f1, benih pertiwi, manfaat kembang kol, jual benih bunga kol, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk NPK 16-16-16

Budidaya bunga kol sebaiknya menjaga jarak tanam dan ditanam tidak terlalu berdekatan. Jarak tanam lebar akan memudahkan pemeliharaan dan sinar matahari dapat masuk hingga seluruh tanaman. Nutrisi dan air tercukupi dengan baik dan meminimalisisr persaingan antar tanaman.

Jarak tanam sempit atau berdekatan menyebabkan hama dan penyakit mudah datang dan cepat menyebar. Pemilihan benih berkualitas penting sekali. Bunga kol Kusuma hibrida dan benih berkualitas. 

Penyiraman kembang kol Kusuma F1 dilakukan pagi dan sore hari. Pemberian air dalam jumlah yang tepat dan tidak berlebihan. Waktu tanam kembang kol sebaiknya tidak di musim kemarau karena berkaitan dengan ketersediaan airnya.  

Bunga kol ( Brassica oleraceae ) dibudidaya dimulai dengan pembibitan. Persemaian benih menggunakan sistem sebar di kotak kayu atau menggunakan polybag dan tray semai. Pembibitan selama 1 minggu lalu dipindah ke polybag dipelihara selama 2 minggu. 

Setelah 2 minggu bibit lalu dipindahkan ke lahan tetap. Penanaman bibit menggunakan jarak tanam 40 x 60 cm. Sebaiknya bedengan budidaya bunga kol menggunakan mulsa plastik hitam perak. Ukuran bedengan lebarnya 1 meter dan tinggi 20 cm. 

Pupuk dasar budidaya bunga kol menggunakan pupuk kandang ayam sebanyak 20 ton/ha, Dolomit 2 ton/ha, pupuk NPK 300 kg/ha, TSP 300 kg/ha dan KCl 250 kg/ha. 

Agar manfaat vitamin B optimal dalam sayuran maka perlu pemilihan bibit berkualitas sehingga menghasilkan tanaman yang sehat. Benih berkualitas akan menghasilkan bibit sehat pula. Benih berkualitas juga didukung tanah dan iklim sesuai kebutuhan tanaman. 


Baca Juga : Cabai F1 Lentur, Tahan Cacar dan Pengangkutan Jarak Jauh


Bunga Kol Sehat Terkandung Manfaat Vitamin B 


Faktor keberhasilan panen bunga kol sehat juga terletak pada tanah dan iklim. Tanah ideal untuk budidaya bunga kol adalah tanah subur dan mengandung bayak bahan organik. Tanah setidaknya mengandung magnesium, molibdenum dan boron. 

Bunga kol lebih menyukai di media tanah lempung berpasir dibandingkan tanah liat. Tanah berpasir mampu menahan akar tanaman. Tanaman bunga kol mengandung manfaat vitamin B menyukai suhu udara minimal 15,5 - 18 derajat Celcius.

Kelembaban udara optimal 80 - 90 %. Cara menanam kembang kol Kusuma F1 direkomendasikan di dataran rendah. Budidaya bunga kol dapat juga dilakukan di dataran menengah 200 - 700 m dpl. 

Bunga kol salah satu jenis sayuran bernilai ekonomis tinggi dan harga bunga kol lebih tinggi dari sayuran bayam, kangkung dan sawi. Harga bunga kol berkisar 15 ribu - 30 ribu per kilogramnya. 

Manfaat vitamin B dipengaruhi kualitas produksi bunga kol. Sedangkan produksi bunga kol tergantung dari teknik budidaya dan benih berkualitas. Tanaman bunga kol sebaiknya ditanam pada musim yang tepat dan umur panen juga. Umum panen terbaiknya adalah umur 55 hst. 

Selain pupuk dasar, budidaya bunga kol Kusuma F1 juga diberi pupuk susulan. Pupuk susulan ini diberikan menggunakan sistem kocor dan diberikan sebanyak 200 ml per tanaman. Pupuk diberikan mulai umur 7 hst. 

- Umur 7 dan 14 hst NPK 16 sebanyak 0,6 kg + 0,3 kg Urea dilarutkan dalam 200 liter air ( 1 drum ). 

- Umur 21 hst, dosis sama ditambah 0,8 kg KCl dilarutkan dalam 200 liter air. 

- Umur 28 dan 35 hst NPK 16 sebanyak 1,2 kg + Urea 0,6 kg + 0,8 kg KCl.


Perawatan Bunga Kol Memaksimalkan Manfaat Vitamin B


Perawatan tanaman kembang kol baik dan benar berpengaruh pada kualitas dan ukuran bunga kol. Perawatan yang baik mendukung terbentuknya massa bunga kol dengan maksimal. Setelah bunga terbentu maka harus dinaungi dari sinar matahari. 

Pencegahan hama dan penyakit, petani biasanya melakukan rotasi tanaman. Pengendalian secara biologis dengan cara memanfaatkan musuh alaminya. Bila serangan hama dan penyakit semakin berat, aplikasikan pestisida sesuai dosis anjuran pada kemasan. 

Hidup tanaman kembang kol pendek atau merupakan sayuran semusim. Kembang kol akan berproduksi satu kali setelah itu tanaman mati. Umur panen kembang kol antara 60 - 70 hari setelah tanam. 

Cara mengendalikan serangan penyakit yaitu pemilihan benih bebas penyakit, sanitasi kebun, rotasi tanaman hingga sterilisasi media pembibitannya. Tanah pH rendah diberi kapur Dolomit agar pH tanah netral. 

Bila ditemukan tanaman mati atau layu, segera dicabut dan dimusnahkan atau dibakar. Bila serangan parah, lakukan penyemprotan menggunakan pestisida. Pemberian pestisida dilihat jenis, dosis, volume semprot, cara aplikasi hingga waktu semprot secara tepat. 

Demikian artikel Kami judul : Manfaat Vitamin B Sayur Sehat Kembang Kol Kusuma F1 Benih Pertiwi. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual kebutuhan bercocok tanam lengkap. 

Jual benih berkualitas kembang kol Kusuma F1 dari Benih Pertiwi. Manfaat vitamin B dalam kembang kol optimal bagi tubuh karena benih Kusuma F1 berkualitas dan bebas penyakit. Kami siap kirim pesanan Anda mulai benih, pupuk, pestisida, ZPT dan kebutuhan bercocok tanam lainnya. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan selamat menikmati manfaat vitamin B terkandung di sayur sehat kembang kol. Salam sukses....


LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.