Laman

11/04/2024

Cabe Rawit Bara F1 Produk Ampuh Hasil Terjamin

Lmga Agroadalah toko tani online terbaik untuk konsumen yang menjual berbagai kebutuhan tani untuk konsumen terlengkap harga terjamin murah.

Lmga Agro merupakan agen, supplier, reseller, dan distributor kebutuhan pertanian terbaik di Indonesia.

Kami telah lama berkecimpung di dunia pertanian serta juga mempunyai jaminan reputasi yang pastinya terpercaya.

Lmga Agro punya konsumen di semua penjuru Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. So, tentunya Anda tidak perlu meragukan lagi kualitas toko pertanian terbaik Lmga Agro.

Ingin membeli produk pertanian terbaik dengan jaminan harga murah ? Hubungi segera Lmga Agro dan order kebutuhan pertanian sesuai kebutuhan Anda sebelum kehabisan stok !!

Benih cabe rawit Bara F1 kini sudah bisa konsumen beli di Lmga Agro. Lmga Agro menjual bibit cabe rawit Bara F1 yang diproduksi oleh PT Eastwestseed Indonesia.

Dapatkan segera benih cabe rawit Bara F1 Cap Panah Merah harga terjangkau hanya melalui toko pertanian terdekat Lmga Agro !!

Di Indonesia, cabe ialah salah satu bumbu dapur utama yang hampir selalu ada dalam makanan kita setiap hari. Penyataan tersebut didukung oleh banyak bukti jika masyarakat Indonesia menggemari makanan bercita rasa pedas.

Dengan fakta tersebut, maka cabe pun bisa menjadi salah satu kebutuhan utama yang perlu terpenuhi. Terlebih lagi, mengkonsumsi cabe pun terbukti bisa memberi banyak manfaat yang sangat bagus untuk tubuh.

Namun, dengan catatan bahwa Anda mengkonsumsinya secara sewajarnya, bukan secara berlebihan. Jika Anda mengkonsumsinya dalam jumlah berlebihan, maka hal itu akan memberikan banyak manfaat yang sangat baik untuk tubuh.

Dampak buruk tersebut salah satunya ialah mengakibatkan perut menjadi mulas.

Beberapa contoh manfaat yang tubuh dapatkan ketika mengkonsumsi cabe dalam jumlah cukup yaitu seperti :

  • Melancarkan sistem pernafasan

Kandungan nutrisi berupa vitamin A di dalam cabe terbukti sangat bagus untuk tubuh. Kandungan vitamin A ini memiliki beraneka manfaat untuk tubuh, contohnya seperti memperlancar sistem pernafasan (terutama untuk penderita penyakit asma).

Selain itu, kandungan vitamin A ini juga terbukti mampu membantu tubuh dalam menurunkan resiko terserang radang paru – paru akibat paparan asap rokok. Dengan begitu, maka kondisi sistem pernafasan tubuh tidak akan terganggu dan tetap lancar.

  • Menurunkan resiko tubuh terserang kanker

Beraneka kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh terdapat di dalam buah cabe. Kombinasi kandungan antioksidan tersebut terbukti mampu menangkal radikal bebas penyebab penyakit kanker pada tubuh. 

Dengan begitu, tubuh pun akan semakin sehat karena resiko tubuh terserang penyakit kanker menjadi lebih rendah.

Cabe Rawit Tipe Cabai Unggulan Petani

cabe,cabai,cabai rawit,petani,budidaya cabe rawit,lmga agro
Cabe Rawit Tipe Cabai Unggulan Petani

Ada relatif banyak varietas tanaman cabe di dunia, tetapi petani Indonesia biasanya hanya membudidayakan 3 jenis cabe saja. 3 jenis cabe tersebut yakni cabe merah besar, cabe merah keriting, dan cabe rawit.

Nah, kali ini Lmga Agro akan membahas salah satu dari cabe diatas, yakni cabe rawit. Tanaman ini ialah tanaman asli yang berasal dari Benua Amerika.

Daerah beriklim tropis menjadi tempat yang paling sesuai untuk budidaya cabe rawit. Maka janganlah heran jika Indonesia yang beriklim tropis sangat cocok untuk budidaya tanaman bernama latin Capsicum frutescens ini.

Apabila Anda pernah membeli kudapan seperti gorengan, umumnya penjual akan menyertakan pelengkap berupa cabe rawit. Bukankah jika tak ada cabe rawit rasanya seperti ada sesuatu yang kurang bukan ketika mengkonsumsi gorengan ?

Untuk tingkat kepedasan cabe rawit sendiri termasuk cukup tinggi. Bagaimana tidak, hal itu bisa tercermin dari tingkat kepedasannya yang mencapai nilai ± 50.000 – 100.000 SHU (Scoville Heat Unit).

Secara umum, cabe rawit umumnya dibudidayakan di daerah dataran rendah dengan ketinggian ± 0 – 500 mdpl. Tetapi, seiring waktu berjalan telah banyak produk bibit cabe rawit yang mampu tumbuh di dataran berketinggian ± 500 mdpl.

Sejak dulu pun petani Indonesia telah banyak membudidayakan tanaman cabe rawit. Produk bibit cabe yang mereka pergunakan pun relatif beragam dengan produsen yang juga beraneka macam.

Tetapi, ada salah satu produk benih cabe rawit yang beberapa waktu terakhir cukup menjadi pilihan utama untuk petani Indonesia. Lalu, sebenarnya apa produk tersebut ?

Baca Juga : Jadwal Pemupukan Cabai Secara Tepat

Cabe Rawit Bara F1 Produk Unggulan Keluaran Panah Merah

panah merah,cap panah merah,bara cap panah merah,eastwestseed,ewindo,lmga agro
Cabe Rawit Bara F1 Produk Unggulan Keluaran Panah Merah

Di pasaran Indonesia sudah cukup banyak beredar produk benih cabe rawit berkualitas terbaik. Salah satu produk yang banyak petani budidayakan dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ialah Bara F1.

Bara F1 merupakan produk bibit cabe rawit hibrida hasil keluaran PT Eastwestseed Indonesia (Panah Merah). Walaupun punya jumlah pesaing yang cukup banyak, tetapi Panah Merah tidak gentar sama sekali.

Hal itu bisa terjadi karena Panah Merah telah mempersiapkan produk Bara F1 Cap Panah Merah dengan sangat bagus.

Dengan begitu, maka produk cabe rawit Bara F1 produksi Ewindo akan sangat cocok konsumen manfaatkan. Terlebih lagi, cabe rawit Bara F1 mempunyai berbagai karakteristik unggulan ketimbang produk – produk pesaingnya.

Beberapa contoh karakteristik unggul yang dimiliki oleh Bara F1 yaitu seperti :

  • Bara F1 mempunyai vigor yang termasuk kokoh, tegak, ruasnya pendek, dan percabangannya tergolong banyak.
  • Kemampuan adaptasi cabe rawit Bara F1 tergolong sangat bagus, baik di daerah dataran rendah maupun dataran tinggi saat musim kemarau maupun musim hujan.
  • cabe rawit Bara F1 toleran terhadap serangan penyakit bakteri, serta tahan terhadap serangan hama thrips, Aphid, dan CMV.
  • Tanaman cabe rawit Bara F1 Ewindo lebih mudah & aman karena tahan serangan hama penyakit.
  • Proses pembentukan buah cabe rawit Bara F1 termasuk mudah meskipun kondisi cuaca tengah buruk.
  • Pembudidayaan cabe rawit Bara F1 lebih mudah juga aman karena sudah mempunyai ketahanan terhadap serangan organisme pengganggu tanaman (opt).
  • Buah cabe rawit Bara F1 berdiameter ± 0,4 centimeter serta panjangnya berkisar ± 3 centimeter.
  • Kulit buah cabe rawit Bara F1 saat masih muda berwarna hijau berkilau dan berubah menjadi berwarna kemerahan ketika telah matang / tua.
  • Buah cabe rawit Bara F1 produksi Ewindo lebih tahan simpan, pengemasan, hingga pengangkutan jarak jauh.
  • Budidaya cabe rawit Bara F1 sudah bisa Anda panen ketika telah berumur ± 100 hari sesudah pindah tanam.
  • Potensi hasil panen dari budidaya cabe rawit Bara F1 termasuk relatif besar, yaitu berkisar ± 0,6 kg/tanaman atau sekitar 10 ton/ha.
  • Hasil panen cabe rawit Bara F1 terbukti mudah terjual, baik terjual ke pedagang kaki lima hingga pedagang besar sekalipun.
  • Buah cabe rawit Bara F1 dapat dipetik muda sebagai buah cabe rawit hijau, namun bisa pula dipetik tua sebagai buah cabe rawit merah.
  • Produk benih cabe rawit Bara F1 telah terdaftar secara resmi & legal dalam data Kementerian Pertanian RI lewat peraturan Kepmentan No. 874/Kpts/TP.240/7/1999.
  • Toko pertanian terdekat Lmga Agro menjual benih cabe rawit Bara F1 hasil produksi Panah Merah dan berisikan 3200 butir.

Prospek Manis Agrobisnis Budidaya Cabe Rawit Bara F1

Karakteristik unggulan dari produk unggulan cabe rawit Bara F1 menjadi daya pemikat utama untuk petani Indonesia. Apalagi sekarang harga jual buah cabe Bara F1 di pasaran memang termasuk cenderung tinggi.

Potensi budidaya cabe rawit Bara F1 akan menjadi lebih besar apabila permintaan pasar terhadap cabe ini juga makin meningkat. Maka jangan heran jika banyak petani semakin tertarik dengan potensi hasil agribisnis budidaya cabe Bara F1.

Budidaya cabe rawit Bara F1 dapat Anda lakukan di berbagai tempat. Bahkan, pekarangan rumah saja yang ukurannya tidak terlalu luas bisa Anda pergunakan sebagai tempat pembudidayaan.

Dengan memanfaatkan lokasi lahan tanam yang tepat, maka tentunya hasil panen tentunya akan bisa diperoleh petani secara lebih maksimal. Hal tersebut tentu saja akan berdampak sangat bagus bagi para petani cabe.

Jika Anda mempunyai permasalahan keterbatasan lahan tanam, menjadikan halaman rumah Anda sebagai tempat menanam cabe rawit Bara F1 mungkin bisa menjadi solusi terbaik.

Petani bisa menanam bibit cabe rawit Bara F1 di pekarangan rumah dengan  metode  tanam secara hidroponik.

Menggunakan metode hidroponik merupakan pilihan paling praktis dan menawarkan sejumlah keuntungan.

Keuntungan itu contohnya seperti dapat terhindar dari serangan organisme pengganggu yang berasal dari tanah. Selain itu, metode tanam hidroponik juga punya beragam manfaat.

Manfaat lain itu contohnya saja seperti membuat penggunaan air menjadi semakin hemat serta mempermudah ketika proses pemeliharaan.

Baca Juga : Bibit Cabai Kecil Terlengkap Lmga Agro

Ketahanan Cabe Rawit Bara F1 Terhadap Ancaman OPT

Salah satu contoh keunggulan utama dari cabe rawit Bara F1 adalah mempunyai ketahanan terhadap serangan organisme pengganggu tanaman (opt).

Serangan opt tentu saja menyebabkan kerugian bagi petani, entah dalam jumlah sedikit maupun dalam jumlah besar. Nah, dengan memakai produk benih cabe rawit Bara F1 maka kerugian tersebut dapat Anda hindari.

Beberapa contoh opt tersebut yaitu seperti :

  • Antraknosa

Antraknosa atau patek merupakan salah satu penyakit yang seringkali menyerang tanaman cabe rawit. Patogen cendawan dari genus Colletotrichum ialah penyebab penyakit patek bisa terjadi.

Jamur ini mampu menginfeksi tanaman sejak fase vegetatif, fase generatif, sampai ke fase masa panen. Mereka bisa bertahan hidup di dalam biji, sisa tumbuhan, sampai ke inang alternatif.

Mereka juga mampu melahirkan perkembangan baru pada jaringan transplantasi tanaman yang sebelumnya telah terinfeksi.

Patogen cendawan Colletotrichum bisa tumbuh secara subur (baik dalam periode hangat ataupun periode basah). Patogen jamur ini mampu menyebar ke tanaman lainnya lewat perantara media seperti air hujan atau air irigasi.

Pada bagian buah, infeksi akan bisa terjadi pada suhu 10° C sampai suhu 30° C. Namun, suhu optimal untuk perkembangan infeksi antraknosa berkisar sekitar suhu ± 23° C sampai suhu 27° C.

Jika permukaan buah basah, maka semakin parah pula penyakit patek. Selain itu, pada buah akan muncul luka berbentuk melingkar ataupun bersudut basah yang lalu akan menjadi sedikit cekung dan juga lunak.

Warna bagian tengah luka yaitu oranye atau kecoklatan, lalu akan berubah warna menjadi hitam. Untuk jaringan di sekitarnya sendiri memiliki warna yang umumnya cenderung lebih terang.

Sebagian besar permukaan buah bisa tertutupi oleh kumpulan luka – luka. Bentuk cincin – cincin tersebut konsentris, selain itu juga tidak memperlihatkan gejala apapun sampai buah benar – benar sudah matang.

Gejala pada daun maupun buah muncul sebagai bintik berukuran kecil berwarna abu – abu kecoklatan dengan tepian coklat tua.

Ketika akhir musim, buah yang sebelumnya sudah matang nantinya akan membusuk, disusul dengan bagian cabang yang mengalami kematian pucuk. 

  • Aphid

Aphid atau orang sering orang mengenalnya sebagai kutu daun merupakan seekor hewan serangga hama musuh utama petani dengan tubuh kecil dan juga bertekstur lunak.

Kenapa ukuran tubuhnya tergolong kecil ? Karena ukuran tubuhnya saja hanya berukuran sekitar ± 0,5 – 2 mm.

Tipe Aphid sendiri tergolong relatif beragam, tetapi tipe yang paling banyak mendominasi ialah tipe Aphid tidak bersayap. Sementara itu, tipe lain dengan jumlah lebih sedikit adalah tipe Aphid yang bersayap.

Dengan menggunakan bagian ovipositor mulutnya (bagian mulutnya yang panjang), Aphid akan bisa menembus jaringan tanaman dengan tekstur lunak dan juga akan menyerap cairan tanaman.

Virus – virus tanaman juga dapat terbawa melalui beberapa spesies hama ini, sehingga bisa menimbulkan penyakit karena virus menjadi berkembang.

Kerumunan Aphid dalam jumlah banyak mampu menyebabkan daun serta pucuk daun menjadi layu, berkerut, serta juga menguning. Selain itu, serangan Aphid juga bisa menyebabkan pertumbuhan tanaman menjadi terhambat.

Ketika memakan tanaman, selanjutnya kotoran sekresi berupa embun madu akan dikeluarkan oleh Aphid. Dalam beberapa kasus, kotoran berupa embun madu itu bisa menyebabkan infeksi tambahan bersama patogen jamur oportunistik.

Madu tersebut nantinya mampu memikat gerombolan – gerombolan semut di sekitar. Bahkan, Aphid dalam jumlah kecil saja sudah bisa menularkan virus dari satu tanaman ke tanaman lainnya secara terus – menerus.

  • Thrips

Tubuh thrips (Scirtothrips dorsalis) berwarna kekuning – kuningan. Sang betina sendiri mampu menghasilkan telur sebanyak 50 butir. Telur tersebut berbentuk seperti kacang berwarna putih keabu – abuan, dan biasanya berada di dalam daun muda dan kuncup.

Seiring jumlah populasi thrips yang terus bertambah, berikutnya mereka juga akan memilih permukaan daun dewasa untuk dilahap sampai habis. Masa inkubasi thrips biasanya berlangsung sekitar ± 3 sampai dengan 8 hari.

Ukuran nimfa yang baru menetas tergolong relatif kecil. Tubuhnya sendiri berwarna kemerahan, lalu akan berubah warna lagi menjadi coklat kekuningan.

Nimfa yang telah masuk ke proses fotosintesis akan mulai turun dari tanaman. Setelah itu, nimfa akan menyelesaikan perkembangannya pada tanah gembur atau sisa – sisa dedaunan di bagian dasar inang mereka. Masa pupa thrips biasanya berlangsung selama ± 2 sampai 5 hari.

Baik nimfa maupun kutu daun dewasa akan memakan bagian bawah daun yang masih muda. Serangan mereka lakukan dengan cara memarut serta menembus jaringan kemudian menghisap cairan yang akan keluar.

Daun yang terserang hama thrips lalu akan memunculkan bercak coklat muda hingga perak. Selain itu, daun bisa saja menunjukkan tanda – tanda pengeritingan / deformasi.

Dalam kasus parah, terjadi pengeritingan parah pada bagian daun. Selain itu, daun pun akan rontok sebelum waktunya. Bekas gigitan pada bunga terlihat jelas berupa goresan kelopak serta bisa menyebabkan bunga mengering lalu rontok.

Bercak, keropeng, dan berubahnya bentuk buah akan menyebabkan berkurangnya nilai jualnya di pasaran. Meskipun biasanya serangan trips terjadi di sepanjang tahun, tetapi puncaknya umumnya terjadi selama bulan kemarau.

Baca Juga : Alat Tani Terlengkap Kualitas Unggul Harga Terjangkau

Jual Benih Cabe Rawit Bara F1 Panah Merah Harga Terjangkau

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Benih Cabe Rawit Bara F1 Panah Merah Harga Terjangkau

Bila pembaca artikel ini sedang mencari produk benih cabe rawit Bara F1 Ewindo, jawabannya tentu saja sudah pasti adalah Lmga Agro. Lmga Agro menjual bibit cabe Bara F1 dengan jaminan kualitas terjamin terbaik.

Lmga Agro merupakan agen, supplier, reseller, dan distributor beraneka kebutuhan tani dengan harga promo dan murah. Toko pertanian online Lmga Agro juga menjual beraneka macam produk pertanian paling lengkap.

Produk tersebut sebut saja seperti benih, pupuk, pestisida, zpt, alat pertanian & spare part, dan sebagainya. Seluruh produk tersebut tersedia paling lengkap hanya di toko pertanian terdekat Lmga Agro.

Mitra pengiriman terpercaya Lmga Agro ajak kerjasama untuk mengirim pesanan produk benih cabe Bara F1. JNE, Pos Indonesia, KI8, dan J&T ialah beberapa nama – nama mitra pengiriman bereputasi terpercaya rekanan Lmga Agro.

Seluruh pesanan konsumen dari toko pertanian terdekat Lmga Agro tentunya terjamin pasti akan sampai hingga ke alamat tujuan dan konsumen pun akan puas.

Tertarik merasakan sendiri kualitas produk bibit cabe rawit Bara F1 Cap Panah Merah Ewindo ? Segera hubungi Lmga Agro kemudian order benih cabe rawit Bara F1 harga murah sebelum out of stock !!

Nah, itulah dia artikel dengan tema bahasan cabe rawit Bara F1 ini kami tulis dan sampaikan kepada seluruh pembaca. Semoga bisa banyak bermanfaat juga bisa berefek positif untuk Anda semua.

Apabila masih ada hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Cabe Rawit Bara F1 Produk Ampuh Hasil Terjamin ini, segera hubungi Lmga Agro melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Salam sukses selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.