Laman

09/04/2024

Obat Sundep Padi Pilihan Terbaik Untuk Petani

Obat Sundep Padi,obat,sundep,padi,lmga agro
Obat Sundep
Padi

Obat Sundep Padi Pilihan Terbaik Untuk Petani. 08125222117 WA/SMS Lmga Agro.

Lmga Agro adalah toko pertanian online yang menjual berbagai kebutuhan pertanian terlengkap di Indonesia dengan jaminan harga pasti murah.

Kota Kediri, Jawa Timur merupakan basis lokasi fisik dimana Lmga Agro berada. Kami ialah toko tani berbasis online yang telah lama beroperasional di Indonesia dengan jaminan reputasi terpercaya.

Lmga Agro memiliki jaminan reputasi terpercaya yang telah dibuktikan oleh konsumen serta jumlah konsumen kami tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

Kami menjalin relasi kerjasama dengan berbagai mitra pengiriman unggul untuk menjamin pesanan sampai hingga ke tangan konsumen kami. Jadi, tentunya calon konsumen tidak usah ragu apabila ingin melakukan transaksi bersama Lmga Agro.

Obat sundep padi berkualitas unggul kini sudah tersedia di Lmga Agro. Lmga Agro jual pestisida obat sundep padi berkualitas terbaik dan juga terjamin original. 

Segera dapatkan obat sundep padi harga terjangkau hanya di toko tani terpercaya Lmga Agro.

Hingga hari ini, tanaman padi masih tergolong sebagai salah satu tanaman pangan penopang utama dalam peradaban manusia.

Diperkirakan, tumbuhan bernama latin Oryza sativa ini berasal dari Negara India, kemudian masuk ke Indonesia lewat perantara nenek moyang bangsa Indonesia yang berasal dari daratan Asia sekitar tahun ± 1500 SM.

Mengapa petani Indonesia cukup banyak membudidayakan tanaman pangan satu ini ?? Alasannya tentu karena tumbuhan yang termasuk sebagai salah satu palawija ini punya potensi hasil serta keuntungan yang terjamin menguntungkan.

Tetapi, dalam melakukan pembudidayaan padi acap kali muncul ancaman yang terus mengintai. Jika terus dibiarkan saja, maka ancaman tersebut bisa saja menyebabkan efek buruk yang biasanya berujung petani mengalami kerugian.

Salah satu bahaya yang sering mengancam petani saat membudidayakan tanaman padi yaitu serangan hama. Hama tanaman padi pun tergolong cukup banyak, contohnya saja seperti wereng coklat, wereng hijau, walang sangit, penggerek batang, dan sebagainya.

  • Walang Sangit

Hama walang sangit muncul secara sporadis hanya selama tahap matang suhu hingga pengisian bulir. Saat malam hari, hama ini akan mengeluarkan bau busuk yang menyengat.

Mereka biasanya banyak dijumpai di semua lingkungan persawahan. Daerah berhutan, daerah berumput luas dekat dengan sawah, rumput liar di dekat saluran air, dan penanaman padi secara tidak bersamaan akan semakin mendukung peningkatan populasi walang sangit.

Hama ini biasanya akan lebih aktif ketika musim hujan dimulai. Langit mendung, cuaca hangat, serta seringnya gerimis akan makin mendukung perkembangan populasi walang sangit. Sementara itu, saat musim kemarau biasanya mereka akan kurang aktif. 

  • Wereng Hijau

Wereng hijau adalah salah satu hama utama di lingkungan lahan basah tadah hujan serta irigasi. Nimfa serta wereng dewasa keduanya cenderung lebih suka memakan permukaan dorsal dari helai daun lateral ketimbang daun tengah.

Mereka juga lebih menyukai tanaman padi yang telah dipupuk dengan nitrogen dalam jumlah besar. Umumnya bukan hama ini yang perlu dikhawatirkan, namun penularan RTV oleh wereng hijau.

Wereng hijau merupakan wereng paling umum di persawahan serta menularkan penyakit virus tungro. Virus ini mengakibatkan berubahnya warna pada ujung daun, jumlah anakan menjadi berkurang, tanaman terganggu dengan kekuatan yang berkurang, serta dalam kasus paling buruk tanaman pun menjadi layu.

Untuk mengetahui gejala tanaman yang terinfeksi tungro karena kekurangan nitrogen ataupun keracunan zat besi, cek keberadaan wereng hijau dengan mengecek beberapa hal ini 

Cek telur kuning putih atau pucat di dalam pelepah ataupun tulang utama daun, nimfa hijau kuning atau pucat dengan ataupun tanda hitam, wereng dewasa berwarna hijau pucat dengan ataupun tanpa tanda hitam serta mempunyai gerakan diagonal yang khas.

  • Wereng Coklat

Wereng coklat (Nilaparvata lugens) mampu menyebabkan masalah serius di lahan tadah hujan dan beririgasi basah, daerah dengan kondisi lahan terendam terus – menerus, mempunyai banyak tempat teduh, serta berkelembaban tinggi.

Rimbunnya kanopi tanaman padi, penanaman berskala padat, pemanfaatan nitrogen secara berlebihan, dan juga penyemprotan insektisida ketika awal musim juga makin mendukung perkembangan wereng coklat.

Wereng coklat biasanya lebih banyak menyerang ketika musim kemarau daripada musim hujan. Kehadiran hama serangga ini dapat Anda pantau dengan cara menekuk tumbuhan sedikit saja, lalu mengetuknya secara lembut di dekat pangkal.

Baik nimfa maupun serangga dewasa akan berlindung pada bagian pangkal tanaman serta menghisap getah dari batang serta daun. Tanaman pun akan menjadi layu serta mengalami klorotik.

Tingginya kepadatan populasi wereng coklat bisa menyebabkan daun menjadi kuning – oranye, lalu menjadi berwarna coklat dan kering, dan akhirnya tanaman mengering lalu mati.

Di lahan tanam, gejala serangan wereng coklat pertama kali nampak berupa bercak kecil, namun mampu berkembang secara pesat saat wereng menyebar.

Wereng coklat betina bertelur di dalam batang dan urat bagian tengah daun, sehingga menyebabkan kerusakan tambahan. Selain itu, produksi madu akan memicu tumbuhnya cendawan jelaga.

Tumbuhan mempunyai malai (butir padi) ukurannya menjadi lebih kecil, mengandung lebih sedikit bulir matang serta berat bulir umumnya lebih ringan.

Baca Juga : Katalog Insektisida Paling Lengkap Lmga Agro

  • Penggerek Batang

Penggerek batang umumnya banyak dijumpai di daerah Asia Selatan dan umumnya menghasilkan keturunan sebanyak 2 generasi setiap tahun. Ulat ini akan memakan sebagian besar jaringan internal, sedangkan ngengat dewasanya adalah seekor pemakan getah eksternal.

Selain padi, hama penggerek batang juga bisa menyerang sorgum serta juga beberapa jenis rumput liar. Larvanya bertahan pada musim dingin di dalam tunggul serta jerami serta bisa bertahan hidup dari embun beku ringan.

Sang betina akan meletakkan telur - telurnya hingga sebanyak 300 butir telur dalam beberapa kelompok di bagian bawah daun. Namun, umumnya telur itu diletakkan di sepanjang vena utama, sehingga menutupi dedaunan dengan sekresi berwarna coklat.

Sesudah larva berhasil menetas, mereka akan mulai melahap epidermis daun dan berikutnya menggali terowongan ke pelepah daun. Akibatnya daun pun menjadi kuning dan akhirnya akan mati.

Saat larva telah mencapai bagian batang, mereka akan melubangi ruas satu persatu, menembus melalui buku – buku secara berturut – turut.

Pada fase pembibitan (seringkali telah di persemaian), serangan hama ini ditandai dengan layunya daun muda serta matinya titik tumbuh tanaman. Gejala ini disebut juga sebagai sundep.

Pada tumbuhan dewasa, larva muda akan membuat lubang kecil di daun, terutama pada bagian pelepah daun tanaman. Larva yang lebih tua akan menggali lubang di pangkal ruas, memasuki bagian dalam tanaman serta juga memakan jaringan lunak vaskular, kadang - kadang juga melubangi seluruhnya.

Ukuran tanaman menjadi kerdil serta juga memperlihatkan klorosis pada daun yang berikutnya mengering serta mengeriting, dan akhirnya rontok. Biji – bijian di dalam malai pun menjadi tidak terisi, sebuah kondisi yang biasa dikenal pula sebagai beluk.

Seekor larva mampu menghancurkan beberapa tanaman. Bahkan, dalam serangan parah bisa menyebabkan petani kehilangan hasil panen hingga mencapai 100 %.

Ancaman Serangan Hama Sundep Di Indonesia

ancaman,serangan,hama,hama sundep,lmga agro
Ancaman Serangan Hama Sundep Di Indonesia

Dari beberapa hama diatas, Lmga Agro ingin lebih membahas tentang hama penggerek batang padi. Hama penggerek batang padi, atau sering orang kenal pula sebagai sundep merupakan salah satu musuh utama petani yang harus diwaspadai keberadaannya.

Munculnya organisme pengganggu ini tentu saja berakibat pada dampak negatif pada tanaman padi, sehingga harus segera petani kendalikan.

Beberapa efek negatif adanya serangan sundep pada tanaman padi yaitu contohnya seperti :

  1. Serangan sundep menyebabkan turunnya jumlah produksi tumbuhan padi. Dengan begitu, maka petani harus segera mengendalikannya supaya tidak mengakibatkan dampak negatif berkelanjutan.
  2. Adanya serangan sundep bisa berakibat pada gangguan siklus tanam padi, sehingga memaksa petani merubah jadwal tanam ataupun memakai benih yang lebih tahan terhadap serangan itu.
  3. Padi yang telah terserang sundep umumnya nilai jualnya akan cenderung rendah di pasaran karena baik kuantitas dan kualitasnya tergolong sangat jelek.
  4. Serangan sundep pada tumbuhan padi akan mengakibatkan turunnya produksi pangan. Hal itu bisa berakibat pada ketidakpastian dalam ketersediaan pangan yang berpengaruh terhadap ketahanan pangan di suatu wilayah.
  5. Tumbuhan padi yang sudah terserang sundep akan cenderung menghasilkan bulir yang cacat atau bahkan tidak berkualitas, sehingga mengakibatkan hilangnya hasil panen.
  6. Kualitas gabah bisa mengalami penurunan karena serangan sundep terbukti bisa merusak tekstur maupun rasa dari padi.
  7. Petani akan mengalami kerugian secara ekonomi karena turunnya hasil serta kualitas panen, dan juga biaya untuk mengendalikan serangan sundep akan semakin membengkak.

Obat Sundep Padi Unggulan Rekomendasi Untuk Petani

pestisida,insektisida,pestisida jenis insektisida,petani,lmga agro
Obat Sundep Padi Unggulan Rekomendasi Untuk Petani

Agar masalah serangan hama sundep bisa segera teratasi, tentu petani membutuhkan solusi  untuk mengendalikannya. Cara untuk mengatasi serangan hama sundep salah satunya ialah dengan menggunakan produk pestisida / obat insektisida .

Di pasaran Indonesia sendiri sudah banyak beredar produk obat pestisida jenis insektisida pengendali hama sundep. 

Nah, supaya lebih mudah Lmga Agro akan memberikan rekomendasi produk pestisida jenis insektisida dari produsen dengan jaminan reputasi & kualitas unggul.

Beberapa contoh produk pestisida sundep padi  rekomendasi Lmga Agro yakni seperti :

  • Tenchu 20 SG

Tenchu 20 SG merupakan obat pestisida jenis insektisida hasil produksi PT Agricon. Produk insektisida ini diproduksi & didistribusikan oleh Agricon bermerek dagang Agricon.

Obat pestisida Tenchu 20 SG bentuk formulasinya berupa butiran dengan bahan aktif dinotefuron 20 %.

Obat Tenchu 20 SG telah teruji sangat bagus dalam mengendalikan hama sundep, sehingga sangat cocok petani gunakan.

Kelebihan utama dari Tenchu yakni efektif membasmi sundep, sehingga sangat sesuai untuk petani pergunakan sebagai obat pestisida pilihan utama.

Anda tertarik ingin merasakan sendiri kualitas obat sundep padi Tenchu Agricon ? Dapatkan segera obat sundep padi Tenchu 20 SG sekarang juga melalui Lmga Agro !!

Baca Juga : Obat Bulai Jagung Syngenta Kualitas Unggulan

  • Spontan 400 SL

Spontan 400 SL merupakan obat pestisida jenis insektisida hasil produksi PT Agricon. Produk insektisida ini diproduksi & didistribusikan oleh Agricon bermerek dagang Agricon.

Obat pestisida Spontan 400 SL bentuk formulasinya berupa pekatan suspensi berwarna coklat kemerahan dengan bahan aktif dimehipo 400 g/l.

Obat Spontan 400 SL telah teruji sangat bagus dalam mengendalikan hama sundep, sehingga sangat cocok petani gunakan.

Kelebihan utama dari Spontan yakni efektif membasmi sundep, sehingga sangat sesuai untuk petani pergunakan sebagai obat pestisida pilihan utama.

Anda tertarik ingin merasakan sendiri kualitas obat sundep padi Spontan Agricon ? Dapatkan segera obat sundep padi Spontan 400 SL sekarang juga melalui Lmga Agro !!

  • Prevathon 50 SC

Prevathon 50 SC merupakan obat pestisida jenis insektisida hasil produksi PT FMC Indonesia. Produk insektisida ini diproduksi & didistribusikan oleh FMC bermerek dagang FMC.

Obat pestisida Prevathon 50 SC bentuk formulasinya berupa pekatan suspensi putih dengan bahan aktif klorantraniliprol 50 g/l.

Obat Prevathon 50 SC telah terbukti ampuh dalam membasmi hama sundep, sehingga sangat cocok petani gunakan.

Kelebihan utama dari Prevathon yakni efektif membasmi sundep, sehingga sangat sesuai untuk petani pergunakan sebagai obat pestisida pilihan utama.

Anda tertarik ingin merasakan sendiri kualitas obat sundep padi Prevathon FMC ? Dapatkan segera obat sundep padi Prevathon 50 SC sekarang juga melalui Lmga Agro !!

  • Virtako 300 SC

Virtako 300 SC merupakan obat pestisida jenis insektisida hasil produksi PT Syngenta Indonesia. Produk insektisida ini diproduksi & didistribusikan oleh Syngenta bermerek dagang Syngenta.

Obat pestisida Virtako 300 SC bentuk formulasinya yakni pekatan suspensi dengan 2 bahan aktif utama. 2 bahan aktif tersebut adalah tiametoksam 200 g/l dan klorantraniliprol 100 g/l.

Obat Virtako 300 SC telah teruji sangat bagus dalam mengendalikan hama sundep, sehingga sangat cocok petani gunakan.

Kelebihan utama dari Virtako 300 SC yakni efektif membasmi sundep, sehingga sangat sesuai untuk petani pergunakan sebagai obat pestisida pilihan utama.

Anda tertarik ingin merasakan sendiri kualitas obat sundep padi Virtako Syngenta ? Dapatkan segera obat sundep padi Virtako 300 SC sekarang juga melalui Lmga Agro !!

  • Belt Expert 480 SC

Belt Expert 480 SC merupakan obat pestisida jenis insektisida hasil produksi PT Bayer Indonesia. Produk insektisida ini diproduksi & didistribusikan oleh Bayer bermerek dagang Bayer.

Obat pestisida Belt Expert 480 SC bentuk formulasinya berupa pekatan suspensi berwarna putih kekuningan dengan bahan aktif tiakloprid 240 g/l serta flubendiamida 240 g/l.

Obat Belt Expert 480 SC telah teruji sangat bagus dalam mengendalikan hama sundep, sehingga sangat cocok petani gunakan.

Kelebihan utama dari Belt Expert yakni efektif membasmi sundep, sehingga sangat sesuai untuk petani pergunakan sebagai obat pestisida pilihan utama.

Anda tertarik ingin merasakan sendiri kualitas obat sundep padi Belt Expert Bayer ? Segera beli obat undep padi  Belt Expert 480 SC sekarang juga melalui Lmga Agro !!

  • Vayego 200 SC

Vayego 200 SC merupakan obat pestisida jenis insektisida hasil produksi PT Bayer Indonesia. Produk insektisida ini diproduksi & didistribusikan oleh Bayer bermerek dagang Bayer.

Obat pestisida Vayego 200 SC bentuk formulasinya berupa pekatan suspensi berwarna putih hingga kecoklatan dengan bahan aktif tetraniliprol 200 g/l.

Obat Vayego 200 SC telah teruji sangat bagus dalam mengendalikan hama sundep, sehingga sangat cocok petani gunakan.

Kelebihan utama dari Vayego yakni efektif membasmi sundep, sehingga sangat sesuai untuk petani pergunakan sebagai obat pestisida pilihan utama.

Anda tertarik ingin merasakan sendiri kualitas obat sundep padi Vayego Bayer ? Dapatkan segera obat sundep padi Vayego 200 SC sekarang juga melalui Lmga Agro !!

  • Abenz 22 EC

Abenz 22 EC merupakan obat pestisida jenis insektisida hasil produksi PT Advancia Indotani. Produk insektisida ini diproduksi & didistribusikan oleh Advancia bermerek dagang Advancia.

Obat pestisida Abenz 22 EC bentuk formulasinya berupa pekatan emulsi berwarna kuning kecoklatan dengan 1 bahan aktif. 1 bahan aktif dari Abenz 22 EC yaitu emamektin benzoat 20 g/l.

Obat Abenz 22 EC telah teruji sangat bagus dalam mengendalikan hama sundep, sehingga sangat cocok petani gunakan.

Kelebihan utama dari Abenz yakni efektif membasmi sundep, sehingga sangat sesuai untuk petani pergunakan sebagai obat pestisida pilihan utama.

Anda tertarik ingin merasakan sendiri kualitas obat sundep padi Abenz Advancia ? Dapatkan segera obat sundep padi Abenz 22 EC sekarang juga melalui Lmga Agro !!

Baca Juga : Insektisida Pembasmi Ulat Grayak Pada Tanaman Cabai

Jual Obat Sundep Padi Terlengkap Harga Terjangkau

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Obat Sundep Padi Terlengkap Harga Terjangkau

Jika pembaca tengah mencari obat sundep padi, maka Lmga Agro ialah jawabannya. Lmga Agro jual pestisida sundep padi jaminan kualitas terbaik.

Toko online Lmga Agro menjamin seluruh produk obat sundep padi yang kami jual terjamin original dari produsen. Harganya tergolong murah dan juga asli dari produsen.

Lmga Agro pun juga mempunyai tips maupun trik terkini dalam upaya mengoptimalkan penggunaan obat sundep padi. Sehingga, dengan begitu maka pengaplikasian obat sundep padi nantinya bisa memberikan efek secara optimal.

Untuk memastikan pesanan pestisida sundep sampai ke alamat tujuan konsumen, Lmga Agro menjalin relasi kerjasama dengan mitra pengiriman terbaik di Indonesia.

Mitra pengiriman kami ini telah memiliki reputasi terpercaya, sehingga konsumen tidak perlu ragu dengan kualitasnya. Contoh mitra pengiriman yakni seperti KI8, Pos Indonesia, JNT, serta JNE.

Dengan memanfaatkan jasa & kecepatan pengiriman dari mitra kami, maka pesanan konsumen obat sundep padi pun pastinya akan sampai ke alamat tujuan.

So, kini tunggu apalagi ? Segera saja meluncur ke produk obat sundep padi pilihan Anda yang ingin Anda beli kemudian buktikan sendiri kualitasnya !!

Nah, itulah dia artikel bertema obat sundep padi ini Lmga Agro tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga artikel Lmga Agro ini bisa banyak memberi manfaat untuk semua pembaca.

Apabila pembaca tengah mencari artikel berjudul Obat Sundep Padi Pilihan Terbaik Untuk Petani ini, segera hubungi Lmga Agro melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Semoga sukses selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.