BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

07/11/2014

Read

Cara Penyerbukan Bunga Semangka Non Biji Produktivitas Meningkat

Benih, Semangka, Tanaman, Bibit Semangka, Harga Murah, LMGA AGRO, Toko Online, Toko Pertanian
Penyerbukan Semangka
Cara Penyerbukan Bunga Semangka Non Biji Produktivitas Meningkat. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih semangka non biji dan biji produk perusahaan benih terkemuka. Rev. 30 / 03 / 21. 

Cara penyerbukan bunga semangka tanpa biji selalu menjadi kajian yang menarik karena dalam budidaya semangka, hal ini menuntut dan mempunyai tata cara yang berbeda dengan semangka berbiji. 

Apabila ingin mendapatkan semangka berkualitas dan produktivitas meningkat per luas tanaman. Maka ini menjadi salah satu tahapan cara menanam semangka tanpa biji yang harus petani pahami dengan baik.

Salah satu bahasan yang menarik di dalam fase budidaya semangka non biji ini adalah terletak pada proses mengawinkan bunga betina semangka non biji. Secara Morfologi tanaman semangka Non Biji dan semangka berbiji mempunyai bunga jantan dan betina. 

Namun dalam pelaksanaan proses budidaya semangka non biji,  bunga jantan harus diambil dari semangka berbiji sedangkan bunga betina dari semangka tanpa biji. Hal ini berlaku mutlak dan tidak boleh dilakukan bolak - balik. Kita harus memahami cara membedakan bunga semangka jantan dan betina. 

Tanaman semangka memang bisa menggunakan  macam - macam penyerbukan dalam budidaya. Bisa dengan penyerbukan tetangga, penyerbukan sendiri hingga penyerbukan silang.

Namun khusus semangka non biji maka metode yang terbaik adalah penyerbukan buatan ( bantuan ). Dan ini sifatnya adalah penyerbukan silang. Hal ini karena bunga jantan dari semangka non biji sifatnya mandul. Jadi bunga jantan harus kita peroleh dari bunga semangka berbiji.


Penyerbukan Bunga Semangka Non Biji



Proses penyerbukan bunga semangka betina dengan bunga jantan semangka berbiji ini harus dipahami dan dikuasai secara betul. Agar proses penyerbukan mempunyai tingkat keberhasilan yang tinggi. Tingkat keberhasilan penyerbukan ini akan mempengaruhi tingkat produksi per tanaman  per satuan luas dalam waktu fase tanam.

Tata cara penyerbukan cara konvensional ( Cara Lama ) yang dilakukan oleh petani dalam proses penyerbukan bunga semangka non biji yang selama ini saya ketahui adalah mengambil bunga jantan dan proses pengawinan semangka dilakukan dalam 1 waktu ( cara ini saya nilai kurang produktif dan efektif ) yaitu antara jam 06.00 sampai jam 09.30 WIB. 

Proses pengambilan dan cara penyebukan bunga jantan semangka berbiji dilakukan lebih dari itu akan menyebabkan beberapa hal antara lain :
  • Penyerbukan bunga punya keberhasilan makin kecil dan bahkan mengalami kegagalan.
  • Adanya angin yang bertiup keras apabila dilakukan siang menyebabkan serbuk sari hilang sebelum  bisa menempel secara sempurna.
  • Waktu penyerbukan yang dilakukan siang hari seringkali ada serangga di siang hari menyebabkan bunga yang baru di serbuk belum bisa menempel dengan sempurna sudah terganggu oleh serangga.
  • Cara penyerbukan bunga yang dilakukan siang hari akan menyebabkan serbuk sari kering sebelum sempat menempel sehingga menyebabkan buah menjadi tidak sempurna bentuknya.
Dalam kesempatan ini saya akan menulis pengalaman saya ( yang sudah saya lakukan bertahun - tahun ) yaitu tentang bagaimana proses cara penyerbukan bunga semangka non biji ini bisa meningkat 2 - 3 kali lipat dari biasanya dengan tingkat keberhasilan 90 %. 

Jika ada petani semangka dan berminat tentang materi utama penyerbukan silang bunga semangka ini. Silakan ikuti terus hingga materi ini habis. Kami menjamin materi ini pasti hal yang baru bagi sebagian besar petani semangka tanpa bini. 

Jenis penyerbukan buatan ini akan sangat menguntungkan bagi petani saat anda menjalankan peluang usaha mandiri bisnis berkebun semangka. Apalagi daerah anda tenaga kerja mahal serta sulit anda dapatkan.


Langkah-Langkah Penyerbukan Semangka 


Peralatan yang perlu disediakan dalam proses cara penyerbukan bunga semangka non biji cara saya tersebut antara lain adalah :
  • Kotak termos nasi ( ukuran tanggung 10 Liter )  jumlah 1 buah.
  • Kotak gayung air kapasitas 1 liter.
  • Kotak nampan plastik 5 buah ( ukuran bisa masuk ke Termos Nasi ).
  • Kapur dolomit 250 Gram.
  • Kain handuk ukuran kecil 7 buah.
  • Tanki sprayer ( terbuat dari Plastik ) dengan kapasitas 2 liter 1 buah .
Siapkan perlengkapan pendukung penyerbukan semangka di atas sebelum kita ke lahan hamparan semangka yang kita tanam. 

Langkah berikutnya adalah proses persiapan peralatan yang sudah kita bawa. Untuk sistem yang saya lakukan ini dibagi menjadi 2 tahap yaitu : 
  1. Tahap pertama ( hari pertama ) adalah pengambilan bunga jantan dari semangka berbiji.
  2. Tahapan kedua  ( hari kedua ) adalah proses penyerbukan bunga semangka.
Mari kita bahas kedua langkah tersebut satu - persatu : 

     A. Pengambilan Bunga  Jantan ( Jangan Lupa Ciri - Ciri Bunga Jantan BROOOO )


Waktu Pengambilan bunga jantan semangka berbiji berbanding  terbalik  dengan waktu pengawinan ( penyerbukan ). Kalau penyerbukan harus dilakukan pagi hari yaitu jam 06.00 sampai 09.30 WIB maka untuk pengambilan bunga jantan dari semangka berbiji ini dilakukan jam 14.00 - 17.00 WIB.

Sebelum mengambil bunga Jantan saya akan beri info bagaimana bunga jantan yang sudah bisa diambil untuk bahan penyerbukan.  Bunga jantan yang bisa diambil adalah bunga jantan yang sudah masak maksimal. Ciri bunga jantan semangka adalah mahkota bunga mau membuka sempurna esoknya. 

Biasanya bunga jantan yang siap digunakan untuk bunga penyerbukan akan membuka dengan sempurna pada pagi hari berikutnya. 

Setelah paham ciri - ciri bunga yang sudah siap untuk diambil maka selanjutnya kita harus menata peralatan yang sudah kita bawa dengan urutan sebagai berikut : 
  1. Buka kotak Termos Nasi dan letakkan kapur dolomit sebanyak 250 Gram.
  2. Rendam handuk kecil dengan gayung air,  dan letakkan dalam termos air di atas kapur Dolomit.
  3. Siapkan kotak nampan plastik di atas Handuk yang sudah dibasahi ( Langkah 2 ).
  4. Letakkan handuk basah di atas nampan plastik di di beber secara rata.
  5. Petik bunga jantan dari semangka berbiji ( di pilih yang besok pagi di perkirakan membuka ).
  6. Letakkan bunga jantan ( di atas handuk ) yang sudah di petik tadi  di atas nampan plastik yang sudah ada handuk basah, kemudian handuk basah ditutupkan ( jangan lupa handuk di jaga tetap lembab dan basah ).
  7. Bunga jantan yang di tumpuk dalam nampan jangan terlalu banyak biar serbuk sari tidak banyak yang rontok dan rusak.
  8. Letakkan nampan ke - 2, di atas nampan pertama dan jangan lupa dilapisi handuk basah ( Ulangi Proses langka ke 6  dan 7 ).
  9. Ulangi sampai nampan tertumpuk 5.
  10. Kemudian tutup nampan terakhir dengan menggunakan handuk yang sudah basah. 
  11. Jaga agar handuk mulai dari lapisan nampan pertama sampai ke - 5 dengan menyemprotkan handuk dengan menggunakan sprayer  yang sudah kita siapkan.

      B. Proses Penyerbukan  Bunga Semangka Tanpa Biji


Hari berikutnya kita harus berangkat pagi ke lahan tanaman semangka untuk proses penyerbukan bunga semangka non biji, jangan lupa bawa dan buka termos yang sudah ada bunga jantan disiapkan sore kemarin dan dibuka. 

Kemudian ambil bunga jantan 1 buah dari termos dan sentuhkan ke semangka non biji yang sudah mekar. Lihat dan pahami ciri - ciri bunga betina semangka tanpa biji agar tidak keliru!!!.

Demikian tulisan pengalaman kami tentang cara penyerbukan bunga semangka non biji terbaik agar produktivitas meningkat ini saya tuangkan. 

Apabila ada yang kurang jelas maka bisa hubungi toko pertanian online LMGA AGRO selaku ( Agen, Dealer, Distributor, Resmi ) dari benih, obat - obatan, pupuk, peralatan pertanian, dll. 

Silakan hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO guna mengetahui materi cara penyerbukan bunga semangka di CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117. Terimakasih.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.