SELAMAT DATANG DI LMGA AGRO. UNTUK BERBELANJA SILAKAN HUB KAMI DI : HP 082 141 747 141 (TELP/SMS/WA). LMGA AGRO TOKO ONLINE TERPERCAYA PETANI INDONESIA. KAMI MENYEDIAKAN LAYANAN KONSULTASI GRATIS BUDIDAYA PERTANIAN
SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1439 H, SEGENAP TEAM LMGA AGRO MENGUCAPKAN MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN
SELAMA HARI RAYA, KAMI LIBUR MULAI 10 - 24 JUNI 2018

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

Jumat, 07 November 2014

CARA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PENGAWINAN SEMANGKA NON BIJI

Benih, Semangka, Tanaman, Bibit Semangka, Harga Murah, LMGA AGRO, Toko Online, Toko Pertanian
PENYERBUKAN SEMANGKA
LMGAAGRO.WEB.ID  - Semangka  Non biji selalu menjadi kajian yang manarik karena dalam Budidayanya semangka, ini menuntut dan mempunyai tata cara yang berbeda dengan semangka berbiji apabila ingin mendapatkan semangka yang berkualitas dan produktivitasnya meningkat per luasan. Salah satu bahasan yang menarik di dalam fase Budidaya Semangka Non Biji ini adalah terletak pada proses mengawinkan bunga betina semangka Non Biji.  Secara Morfologi tanaman semangka Non Biji dan semangka berbiji mempunyai bunga Jantan dan Betina. Namun dalam pelaksanaan proses Budidaya semangka Non Biji,  bunga Jantan harus di ambilkan dari semangka berbiji sedangkan bunga Betina dari semangka Non Biji. Hal ini berlaku mutlak dan tidak boleh di lakukan bolak - balik.


Proses pengawinan bunga betina dengan bunga jantan ini harus di pahami dan di kuasai secara betul agar proses penyerbukan mempunyai tingkat keberhasilan yang tinggi. Tingkat keberhasilan penyerbukan ini akan mempengaruhi tingkat produksi per tanaman  per satuan luas dalam waktu fase tanam. Tata cara konvensional ( Cara Lama ) yang di lakukan oleh petani dalam proses pengawinan semangka Non Biji yang selama ini saya ketahui adalah pengambilan bunga jantan dan proses pengawinan semangka dilakukan dalam 1 waktu ( cara ini saya nilai kurang produktif dan efektif ) yaitu antara jam 06.00 sampai jam 09.30 WIB. Proses pengambilan dan pengawinan  bunga jantan yang dilakukan lebih dari itu akan menyebabkan beberapa hal antara lain :
  • Penyerbukan akan semakin kecil keberhasilannya dan bahkan mengalami kegagalan
  • Adanya angin yang sudah berhembus keras apabila dilakuakan siang  menyebabkan serbuk sari hilang sebelum  bisa menempel secara sempurna
  • Penyerbukan yang di lakukan siang hari seringkali ada serangga di siang hari menyebabkan bunga yang baru di serbukkan belum bisa menenpel dengan sempurna sudah terganggu oleh serangga
  • Penyerbukan bunga yang  di lakukan siang hari akan menyebabkan serbuk sari kering sebelum sempat menempel sehingga menyebabkan buah menjadi tidak sempurna bentuknya
Dalam kesempatan ini saya akan menulis pengalaman saya ( yang sudah saya lakukan bertahun - tahun ) yaitu tentang bagaimana agar dalam proses pengawinan dan penyerbukan semangka non biji ini bisa meningkat 2 - 3 kali lipat dari biasanya dengan tingkat keberhasilan 90 %. Peralatan yang perlu di sediakan dalam proses penyerbukan cara saya tersebut antara lain adalah :
  • Kotak Termos Nasi ( ukuran tanggung 10 Liter )  jumlah 1 buah
  • Kotak Gayung air kapasitas 1 liter
  • Kotak nampan plastik 5 buah ( ukuran bisa masuk ke Termos Nasi )
  • Kapur Dolomit 250 Gram
  • Kain Handuk ukuran kecil 7  buah
  • Tanki Sprayer ( terbuat dari Plastik ) dengan kapasitas 2 liter 1 buah 
Siapkan perlengkapan di atas sebelum kita ke lahan hamparan  semangka yang kita tanam. Langkah berikutnya adalah proses persiapan peralatan yang sudah kita bawa. Untuk sistem yang  saya lakukan ini di bagi menjadi 2 tahap yaitu : 
  1. Tahap pertama ( hari pertama ) adalah pengambilan bunga jantan dari semangka berbiji
  2. Tahap kedua  ( hari kedua ) adalah proses penyerbukan bunga semangka
Mari kita bahas kedua langkah tersebut satu - persatu ;
     A. Pengambilan Bunga  Jantan ( Jangan Lupa ciri - ciri bunga Jantan BROOOO )

Waktu Pengambilan bunga jantan semangka berbiji  berbanding  terbalik  dengan waktu pengawinan ( penyerbukan ). Kalau penyerbukan harus di lakukan pagi hari yaitu jam 06.00 sampai 09.30 WIB maka untuk pengambilan Bunga Jantan dari semangka berbiji ini dilakukan jam 14.00 - 17.00 WIB. Sebelum mengambil bunga Jantan saya akan beri info bangaimana bunga Jantan yang sudah bisa di ambil untuk bahan penyerbukan.  Bunga Jantan yang bisa di ambil adalah bunga jantan yang sudah masak maximal dengan ciri mahkota bunga mau membuka sempurna esoknya, biasanya bunga jantan yang siap di gunakan untuk bunga penyerbukan akan membuka dengan sempurna pada pagi hari berikutnya. Setelah paham ciri - ciri bunga yang sudah siap untuk di ambil maka selanjutnya kita harus menata peralatan yang sudah kita bawa dengan urutan sebagi berikut : 
  1. Buka kotak Termos Nasi dan letakkan kapur dolomit sebanyak 250 Gram 
  2. Rendam handuk kecil dengan gayung air,  dan letakkan dalam termos air di atas kapur Dolomit
  3. Siapkan kotak nampan plastik di atas Handuk yang sudah di basahi ( Langkah 2 )
  4. Letakkan Handuk basah di atas nampan plastik di di beber secara rata
  5. Petik bunga jantan dari semangka berbiji ( di pilih yang besok pagi di perkirakan membuka )
  6. Letakkan bunga jantan ( di alasi handuk ) yang sudah di petik tadi  di atas nampan plastik yang sudah ada handuk basahnya, kemudian handuk basah ditutupkan ( jangan lupa handuk di jaga tetap lembab dan basah )
  7. Bunga jantan yang di tumpuk dalam nampan jangan terlalu banyak biar serbuk sari tidak banyak yang rontok dan rusak
  8. Letakkan nampan ke - 2, di atas nampan pertama dan jangan lupa di lapisi handuk basah ( Ulangi Proses langka ke 6  dan 7 )
  9. Ulangi sampai nampan tertumpuk 5
  10. Kemudian tutup nampan terakhir dengan menggunakan handuk yang sudah di basahi 
  11. Jaga agar handuk mulai dari lampisan nampan pertama sampai ke - 5 dengan menyemprotkan handuk dengan menggunakan Sprayer  yang sudah kita siapkan
      B. Proses penyerbukan  bunga semangka

Hari berikutnya kita harus berangkat pagi kelahan untuk proses penyerbukan semangka Non Biji, jangan lupa bawa dan buka termos yang sudah ada bunga jantannya di siapkan sore kemarin dan di buka. Kemudian ambil bunga Jantan 1 buah dari termos dan serbukkan ke semangka Non Biji yang sudah mekar.

     Demikian tulisan pengalaman ini saya tuangkan, apabila ada yang kurang jelas maka bisa hubungi toko pertanian online LMGA AGRO selaku ( Agen, Dieler, Distributor, Resmi ) dari benih, obat - obatan, pupuk, peralatan pertanian, dll. Silakan hubungi Toko Pertanian Online LMGA AGRO di CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117. Terimakasih.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...