TOKO PERTANIAN ONLINE LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA PETANI MURAH, AMAN SERTA NYAMAN. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

06/06/18

JUAL BIBIT TERONG UNGU ANTABOGA CAP KAPAL TERBANG

TERONG UNGU ANTABOGA, BENIH TERONG ANTABOGA, JUAL BENIH TERONG ANTABOGA, BIBIT TERONG ANTABOGA, BIBIT TERONG UNGU, LMGA AGRO, JUAL TERONG ANTABOGA
TERONG UNGU
ANTABOGA
WWW.LMGAAGRO.WEB.ID -- Jual bibit terong ungu Antaboga cap Kapal Terbang. Benih terong ungu Antaboga bisa di beli  di Toko pertanian Online LMGA Agro, hubungi pak Budi 082141747141; SMS/WA 08125222117. Kami siap mengantar pesanan benih terong ungu Antaboga anda dengan cepat ke seluruh wilayah Indonesia. Cara menanam terong serta Budidaya terong Antaboga F1 harus di kuasai oleh petani hortikultura di Indonesia. Tanaman terong ungu Antaboga sudah banyak di tanam oleh petani banyak petani.

Budidaya terong ungu antaboga kalau di lakukan dengan cara yang benar hasil akan tinggi dan memuaskan. Sehingga petani akan mendapatkan keuntungan dari Budidaya tanaman terong ini.

BENIH TERONG UNGU ANTABOGA


Benih terong Antaboga cap Kapal Terbang termasuk jenis terong ungu dari PT. Bisi International Tbk. Benih terong ungu Antaboga cocok ditanam di dataran rendah sampai menengah. Pertumbuhan tanaman kuat dan memiliki cabang yang banyak.

Tanaman terong ungu Antaboga cepat berbuah dan menghasilkan buah yang lebat. Tanaman toleran terhadap penyakit layu. Buah terong ungu Antaboga berbentuk silindris dengan panjang ± 25 cm, diameter ± 4.5 cm. Warna buah berkulit ungu dengan kelopak buah berwarna hijau.

BACA JUGA : JUAL BENIH TERONG YUVITA TAHAN VIRUS 

Tanaman terong ungu Antaboga dapat mulai dipanen pada umur  sekitar 60 hari setelah pindah tanam. Potensi hasil untuk tiap tanaman menghasilkan buah ± 4 kg/tanaman. Kebutuhan benih terong ungu Antaboga ± 200 g/ha. Jarak tanam yang dianjurkan adalah 70 x 60 cm.

TERONG


Terung, Solanum melongena di Jawa dikenal dengan sebutan terong adalah tumbuhan penghasil buah yang dimanfaatkan sebagai sayur-sayuran. Tanaman terong berkerabat dekat dengan kentang dan leunca. Tanaman terong merupakan tanaman asli dari India dan Srilanka.

Terong memiliki banyak biji yang kecil dan lembut. Biji itu dapat dimakan tetapi rasanya pahit karena mengandung nikotin, yaitu sejenis alkaloid  yang banyak dikandung tembakau.

BACA JUGA : TERONG PERTIWI UMUR GENJAH

Terong termasuk keluarga Solanaceae yang pernah dianggap beracun bagi sebagian orang yang mengkonsumsinya. Karena bagi sebagian orang, tubuh mereka tidak dapat menerima ( peka )terhadap zat yang terkandung dalam terong. Karena ternyata menimbulkan rasa pahit yang dapat mengiritasi perut hingga gastritis. Sama halnya dengan tanaman kentang yang satu kelurga dengan terong.


Mengenal Manfaat Terong Ungu ANTABOGA


Terong ungu adalah terong yang kulitnya berwarna ungu. Kulit terong ungu lebih tebal dibandingkan terong hijau. Terong ungu diyakini bisa meningkatkan stamina dan merangsang antibodi untuk aktif menangkal penyakit. Terong ungu juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menghindarkan tubuh kita dari infeksi dan gangguan penyerapan gizi.

Manfaat konsumsi terong ungu banyak sekali, beberapa diantaranya yang penting adalah :
  • Mengobati nyeri perut. Mengkonsumsi terong ungu diyakini dapat mengurangi nyeri perut disebabkan karena maag atau sebab yang lain.
  • Mengontrol asam lambung agar tidak berlebihan. Dengan mengkonsumsi terong ungu, kita tidak khawatir lagi asam lambung kita akan naik.
  • Mencegah penuaan dini. Kabar gembira bagi kaum hawa, penuaan dini yang ditandai dengan kusamnya kulit, muncul keriput di wajah dan sering lupa, dapat dicegah dengan konsumsi terong ungu.
  • Meningkatkan ketajaman mata. Mengkonsumsi terong ungu, gangguan yang berhubungan dengan syaraf penglihatan, tidak lagi kita rasakan.
  • Memperbaiki suasana hati. Karena terong ungu mengandung zat ant-stress.
  • Mengatur kadar trigliserida. Dapat menurunkan kadar trigliserida yang merupakan lemak penyebab penyakit diabetes.
  • Terong ungu Antaboga mengandung protein yang bagus untuk kesehatan otot kita.

BUDIDAYA TERONG UNGU ANTABOGA


Permintaan pasar terhadap terong ungu Antaboga cenderung tinggi mengingat manfaat terong yang banyak dan terong sebagai sayur-sayuran dapat diolah menjadi beragam masakan. Mulai dimasak sebagai sayuran terong, dibuat untuk lalapan hingga dapat dibuat sebagai jus.

Budidaya terong ungu tergolong mudah, sehingga bukan hanya petani yang tertarik menanam terong ungu, bahkan ibu-ibu pun menanam terong ungu di pekarangan rumah mereka.

Syarat Tumbuh Tanaman Terong

  • Iklim tropis, curah hujan ideal adalah 85 - 200 mm/bulan dan harus merata. Suhu optimum yang baik adalah 25 - 30 °C dan mendapatkan sinar matahari yang cukup.
  • Media tanah. Tekstur tanah yang dibutuhkan adalah gembur, air tidak menggenang dan mengandung kandungan hara yang cukup bagi tanaman.
  • Derajat keasaman normal 5.5 - 6, jenis tanah yang ideal adalah latosol, regosol dan andosol yang merupakan jenis tanah lempung ringan dengan daya ikat air yang kuat.
  • Ketinggian tempat. Secara umum dapat tumbuh pada datarn rendah hingga dataran tinggi sampai ketinggian 1000 m dpl.

BIBIT TERONG UNGU ANTABOGA


Untuk mendapatkan bibit  terong unggulan maka pilihlah benih yang unggul pula. Benih akan tumbuh 10 hari sejak disemaikan. Langkah-langkah pembibitan terong ungu Antaboga yaitu :
  1. Sebelum disemai, benih terong ungu Antaboga direndam dalam air hangat kuku ditambah Vitaflora dosis 22 cc/liter selama 30 menit.
  2. Setelah direndam, benih dibungkus dalam kain/kertas merang basah lalu dimasukkan dalam kardus bekas ( kardus aqua ). Dipasangkan lampu 5 watt dengan jarak 30 cm dari benih dan diperam selama 24 jam hingga berkecambah. Bila kain tampak kering, disemprotkan air menggunakan sprayer kecil ( 1 liter ).
  3. Benih ditanam dalam media, atau bila menggunakan bedengan, benih disebar menurut barisan dengan jarak antar barisan 10 - 15 cm.
  4. Bila di polybag, menggunakan media campuran tanah dan pupuk kandang halus dengan perbandingan 2 : 1.
  5. Permukaan semai bedengan untuk tanaman terong ungu Antaboga  ditutup dengan daun pisang sampai benih berkecambah.
  6. Sirami persemaian bibit terong ungu Antaboga pagi dan sore hari agar tanah tetap lembab.
  7. Bibit terong ungu Antaboga yang siap dipindah ke lahan tetap saat berumur 30 hari atau telah keluar 4 helai daun.

PERSIAPAN LAHAN MENANAM TERONG UNGU ANTABOGA


Pengolahan tanah untuk menanam terong ungu Antaboga  dilakukan dengan cara tanah dicangkul 2 - 3 kali atau dibajak sampai kedalaman 20 - 30 cm. Lahan dibersihkan dari gulma dan sisa-sisa tanaman juga bebatuan.

Bedengan lahan tanam untuk terong ungu Antaboga  dibuat dengan lebar 120 - 140 cm dan panjang sesuai luas lahan. Jarak antar bedengan yang digunakan sebagai saluran air adalah 30 - 40 cm. Kedalaman parit 20 - 30 cm. Apabila pH tanah kurang dari 5.5 maka ditambahkan dolomit.

BACA JUGA : JUAL BENIH TERONG HITAVI PANAH MERAH

Menyebarkan pupuk kandang sebanyak 15 - 20 ton/ha di permukaan bedengan secara merata, lalu dicampurkan dengan tanah. Bedengan juga diberi pupuk dasar, yaitu campuran ZA 150 kg, TSP 300 kg dan KCL 300 kg. Dicampurkan merata pada semua bedengan lalu diaduk dengan tanah. Pengadukan pupuk sampai kedalaman 10 cm.

Selanjutnya bedengan dapat ditutup dengan mulsa plastik hitam perak. Biarkan selama 1 minggu sebelum tanam. Selanjutnya dibuat lubang tanam menggunakan alat pelubang tanam ( tersedia di Toko pertanian Online LMGA Agro ). Jarak tanam yang disarankan untuk terong ungu Antaboga 70 x 60 cm.

Penanaman Bibit Terong Ungu ANTABOGA


Bibit yang siap ditanam adalah yang telah berumur 4 minggu atau telah keluar 4 helai daun. Waktu tanam yang baik pada musim kering. Bibit yang dipilih adalah yang sehat dan segar, pertumbuhan seragam.

Bibit ditanamkan pada lubang tanam secara tegak dan tanah sekitar tanaman dipadatkan. Bibit yang baru dipindah, disirami air perlahan agar lembab.

Perawatan Tanaman Terong Ungu Antaboga

  1. Pengairan. Dilakukan setiap hari terutama saat tanaman terong ungu Antaboga  pada fase awal pertumbuhan, bibit baru dipindah dan saat cuaca kering. Pengairan dapat dengan cara di-leb atau disiram menggunakan gembor.
  2. Penyulaman. Dilakukan sampai umur 15 hari, tanaman terong ungu Antaboga  yang disulam adalah bibit yang pertumbuhannya abnormal, mati atau yang terserang hama dan penyakit.
  3. Pemasangan ajir/turus. Lebih baik bila dilakukan sejak awal agar tidak merusak akar tanaman. Ajir dibuat dari sebilah bambu panjang 80 - 100 cm dan lebar 2 - 4 cm. Ajir ditancapkan mendekati batang, lalu batang diikatkan pada ajir. ( Tali salaran khusus untuk mengikat batang, tersedia pada toko online pertanian LMGA Agro ).
  4. Penyiangan terhadap gulma yang tumbuh liar dan mengganggu pertumbuhan tanaman.
  5. Pemupukan terong, umur 15 hst yaitu pupuk ZA 75 kg/ha, SP-36 50 kg/ha. Umur 25 hst yaitu pupuk ZA 75 kg/ha dan KCL 75 kg/ha. Umur 35 hst yaitu pupuk ZA 75 kg/ha dan KCL 100 kg/ha. Umur 45 hst yaitu pupuk ZA 75 kg/ha dan KCl 75 kg/ha.
  6. Pupuk diberikan setiap tanaman diletakkan dengan jarak 20 cm dari batang tanaman, sebanyak 10 gram campuran pupuk. Dapat juga dberikan dalam bentuk cairan sebanyak 3.5 gram per liter air dan diberikan sebanyak 250 cc per tanaman ( 1 gelas aqua ).
  7. Perempelan tanaman terong ungu Antaboga terhadap tunas-tunas liar yang tumbuh pada ketiak daun pertama hingga bunga pertama. Bertujuan untuk merangsang tunas-tunas baru dan bunga lebih produktif tumbuh.

Hama dan Penyakit Tanaman Terong Ungu ANTABOGA


Hama yang sering menyerang budidaya terong ungu Antaboga adalah kutu daun, kutu kebul, pengorok daun dan oteng-oteng. Pengendalian hama dengan menggunakan perangkap kuning sebanyak 40 buah/ha. Jika menggunakan insektisida, dosis dan komposisi sesuai petunjuk pada kemasan produk.

Penyakit yang sering terjadi pada budidaya terong adalah layu bakteri, busuk buah, bercak daun, antraknose, busuk akar dan rebah semai.

Pemanenan Terong Ungu ANTABOGA


TERONG UNGU ANTABOGA, BIBIT TERONG UNGU ANTABOGA, JUAL BENIH TERONG UNGU ANTABOGA, TERONG ANTABOGA KAPAL TERBANG, JUAL BENIH ANTABOGA, LMGA AGRO
TERONG UNGU ANTABOGA
Panen terong ungu Antaboga  dilakukan umur ± 60 hari setelah pindah tanam. Ciri-ciri terong yang siap panen adalah ukuran telah maksimum dan masih muda. Waktu pemanenan dilakukan pada pagi hari sebelum matahari terik. Cara panen terong ungu Antaboga  yaitu buah dipetik bersama tangkainya menggunakan tangan atau pisau/gunting.

Pemetikan buah terong ungu Antaboga  dilakukan bertahap, setiap 3 - 7 hari sekali dengan memilih buah yang siap dipetik.

Demikian ulasan kami tentang benih terong Ungu ANTABOGA cap kapal Terbang. Ulasan kami juga tentang budidya terong ungu yang baik dan benar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

BACA JUGA : DUO TERONG TAHAN VIRUS HITAVI DAN YUVITA

Tertarik ingin budidaya terong ungu ANTABOGA, benih tersedia di Toko Pertanian online LMGA Agro, dengan menghubungi  pak Budi 0821 4174 7141; SMS/WA 0812 5222 117. Kami juga melayani konsultasi pertanian secara gratis.

LMGA AGRO juga menyediakan benih sayuran dan buah, pestisida, alat sarana dan prasarana pertanian lengkap. Kami siap mengirim dan mengantar pesanan Anda ke seluruh  wilayah Indonesia dengan cepat dan tepat. Kami memberi jaminan pesanan barang anda pasti datang.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...