TOKO PERTANIAN ONLINE LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA PETANI MURAH, AMAN SERTA NYAMAN. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

09/03/19

BUDIDAYA TIMUN BENIH HIBRIDA BUAH TIDAK PAHIT


budidaya timun, cara menanam timun, benih bibi timun, jual benih murah, lmga agro
BENIH BIBIT TIMUN HIBRIDA
Budidaya Timun Benih Hibrida Buah Tidak Pahit. HP. 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Online Pertanian LMGA Agro jual harga murah benih bibit hibrida timun berkualitas baik unggul dan tahan penyakit dan virus.Tersedia juga benih bibit buah dan sayuran lainnya, berbagai jenis pupuk dan pestisida, juga alat-alat pertanian sarana dan prasarana bercocok tanam Anda.


Toko Online Pertanian LMGA Agro melayani gratis konsultasi Pertanian terutama cara budidaya Timun yang baik dan benar. Membantu menyelesaikan permasalahan Anda yang ditemui selama melakukan budidaya di kebun.

Timun atau mentimun merupakan buah segar yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Budidaya mentimun membutuhkan perhatian dan perawatan yang ekstra karena timun rentan terhadap serangan hama dan penyakit. Terutama budidaya timun di musim hujan dimana suhu lingkungan yang lembab banyak disukai jamur dan bakteri untuk berkembang biak.

SYARAT TUMBUH BUDIDAYA TIMUN


Timun memiliki nama latin Cucumis sativus adalah tanaman yang memiliki adaptasi luas terhadap iklim. Budidaya timun idealnya dilakukan pada kondisi iklim yang kering dan sinar matahari penuh. Suhu udara yang sesuai adalah 21 - 27 °C dan ketinggian ideal budidaya timun adalah 1000 - 1200 meter dpl.

Tanah yang baik untuk budidaya timun adalah tanah yang mengandung hara organik cukup banyak. Tekstur tanah berkadar liat rendah dengan pH 6 - 7. Budidaya timun di musim hujan juga dapat dilakukan karena benih hibrida memiliki keunggulan demikian. Seperti budidaya timun F1 LIBERTY benih memiliki kemampuan adaptasi di musim hujan, tanaman tumbuh seragam dan tahan virus Gemini.

Budidaya timun dapat dilakukan di dataran rendah seperti dengan budidaya timun hibrida METAVY dimana benih direkomendasikan untuk ditanam di dataran rendah sampai menengah. Timun adalah jenis sayuran buah yang sudah banyak dikenal mayoritas masyarakat Indonesia. Timun besar dan panjang biasanya digunakan sebagai lalapan yang banyak disukai masyarakat. Sehingga inilah yang menyebabkan permintaan timun  di pasaran relatif cukup tinggi dan stabil.

Budidaya timun CHIN CHANG 2 menghasilkan timun ukuran kecil yang cocok untuk lalapan. Mentimun besar biasanya dalam 1 kg berisi 5 buah timun. Namun dengan timun CHIN CHANG 2 ini dalam 1 kg berisi 10 buah timun.  Penyajian untuk timun yang berukuran kecil, tidak perlu dikupas tetapi langsung disajikan pada piring tapa diiris-iris.

Budidaya timun LA TAVI dari Benih Inti menghasilkan buah yang tidak pahit dan direkomendasikan untuk dataran rendah sampai menengah. Pertumbuhan tanaman kuat dan toleran penyakit Embun bulu dan kresek daun.

Budidaya timun HERCULES PLUS adalah benih bibit timun unggul berkualitas dan tahan virus. Produksi pabrik benih terkenal dan terpercaya PT BISI International, Tbk dengan brand merk Cap Kapal Terbang. Budidaya timun ini mudah dengan umur panen yang cepat 33 hst. Potensi hasil 3 kg/batang timun. Tanamn toleran virus Gemini, buahnya juga tidak pahit dan hampir di setiap ruas akan muncul calon buah.

BUDIDAYA TIMUN MENGGUNAKAN BENIH HIBRIDA BERKUALITAS


budidaya timun, cara menanam timun, benih bibit timun, jual benih murah, lmga agro
BENIH MONAS F1
Memperkenalkan benih timun hibrida yang sering dibudidayakan petani antara lain :
  • Timun F1 Liberty yang tahan ditanam di musim hujan dan Gemini virus.
  • Timun F1 Metarus yang tahan penyakit kresek, virus, buahnya besar dan produktif.
  • Timun F1 Komandan yang tahan virus, buah tidak pahit dan cocok di segala musim.
  • Timun F1 Galaxy.
  • Timun F1 Metavy.
  • Timun F1 Warior.
  • Timun F1 Chin Chang 2 yang berukuran kecil.
  • Timun F1 Zatavy buahnya tidak pahit dan tahan virus.
  • Timun F1 Ethana tahan virus.
  • Timun F1 Pesona 20 tahan virus.
  • Timun F1 Monas tahan virus.
  • Timun  F1 Bhakti
  • Timun F1 Tirta
  • Timun F1 Monza
  • Timun Hercules Plus yang tahan Gemini Virus.
  • Timun F1 Harmony
  • Timun F1 Misano

Budidaya Timun ZATAVY dari Panah Merah adalah benih timun hibrida yang memiliki potensi hasil tinggi yaitu 60 - 70 ton/ha. Timun hibrida ZATAVY varian timun yang tahan virus. Buahnya tidak pahit hingga di bagian pangkal buahnya. Buah tetap bisa berwarna hijau gelap meskipun kurang mendapat pencahayaan karena ada naungan atau cuaca mendung.Budidaya timun Zatavy menjadi favorit karena potensi panennya yang tinggi yaitu 60 - 70 ton/ha.

Budidaya timun KOMANDO adalah benih hibrida dari Bintang Asia yang dapat tumbuh baik di daerah endemik virus. Direkomendasikan untuk daerah dataran rendah. Benih timun hibrida KOMANDO dapat tumbuh di segala musim, baik musim hujan maupun musim kemarau. Tanaman tahan penyakit kresek dan menghasilkan panen yang cukup tinggi yaitu 70 - 80 ton/ha.

Budidaya timun F1 MONAS adalah timun jenis hibrida yang tahan virus dari PT Benih Citra Asia atau dikenal dengan merk Bintang Asia. Direkomendasikan untuk dataran rendah dan timun MONAS dapat tumbuh di musim hujan maupun musim kemarau.

Budidaya timun F1 ETHANA produk Cap Panah Merah direkomendasikan untuk dataran rendah sampai menengah. Umur panennya genjah yaitu 32 - 43 hst sudah dapat dipanen. Tanaman tahan Gemini virus dan hasil produksi budidaya timun F1 ETHANA adalah 40 - 50 to/ha.



PERSIAPAN BUDIDAYA MENTIMUN DARI PERSEMAIAN DAN LAHAN KEBUN


budidaya timun, cara menanam timun, benih bibit timun, jual benih murah, lmga agro
DRUM ALAT KOCOR TANAMAN
Setelah mendapatkan benih timun yang sesuai dengan lokasi tanam kita, maka sebelum penanaman, benih dipersiapkan dengan cara direndam air hangat selama 3 - 5 jam  pada kain basah yang lembab. Setelah benih diletakkan pada kain basah selama 15 - 24 jam kemudian, akan tumbuh tunas dari benih-benih timun tersebut. Selanjutnya benih siap ditanam.

Bersamaan dengan persemaian, kita mengolah lahan budidaya timun dengan cara tanah dibajak dan dibalik-balik pada kedalaman 20 - 30 cm. Bila kondisi tanah pH-nya kurang dari angka 6 maka dapat diberikan kapur Dolomit sebanyak 1 - 2 ton/ha tergantung dari keasaman tanah. Taburkan pada permukaan tanah dan tanah diaduk kemudian diamkan selama 1 - 2 minggu.

Bedengan untuk budidaya timun adalah lebar 1 meter, tinggi 20 - 30 cm dan panjang disesuaikan kebutuhan. Buat parit yang ada di antara 2 bedengan lebarnya 30 sm dan kedalaman paritnya adalah 40 cm. Agar perawatan lebih efisien, tutup bedengan menggunakan mulsa plastik sehingga kelembaban tanah dapat dipertahankan.

Selanjutnya membuat lubang tanam menggunakan alat pelubang tanam ada di Toko Online Pertanian LMGA Agro. Diameter lubang tanam adalah 10 cm dan terdapat 2 baris lubang tanam setiap bedengan. Jarak antar lubang tanam dalam satu baris adalah 40 cm dan jarak antar baris 50 - 60 cm.

Beri bedengan dengan pupuk kandang sebagai pupuk dasar budidaya timun. Pupuk kandang berasal dari kotoran ternak yang sudah matang. Lebih baik bila menggunakan campuran kotoran ayam dengan kotoran kambing/sapi dengan perbandingan 1 : 1. Pupuk diberikan dengan cara disebar di permukaan bedengan atau bisa juga dimasukkan pada lubang tanam.

Masukkan pupuk kandang sebanyak ½ - 1 kg pupuk dalam satu lubang tanam. Total pupuk kandang yang dibutuhkan sebanyak 20 - 30 ton/ha. Setelah selesai memberi pupuk, biarkan lahan selama 1 - 2 minggu agar pupuk bekerja pada tanah dan kita melanjutkan membuat bibit di persemaian.



CARA MEMBUAT PERSEMAIAN BIBIT BUDIDAYA TIMUN


budidaya timun, cara menanam timun, benih bibit timun, jual benih murah, lmga agro
ALAT PELUBANG TANAM
Disela-sela kita sedang melakukan pengolahan tanah, kita persiapkan bibit timun dan sebaiknya pembibitan mentimun ini  disiapkan 4 minggu sebelum bibit ditanam di kebun. Pembibitan membutuhkan wadah semai, media semai tanah halus yang sudah diayak, dicampur dengan humus atau pupuk kandang.

Lokasi pembibitan timun sebaiknya tidak langsung terpapar sinar matahari langsung atau air hujan yang dapat merusak bibit nantinya. Lebih baik lagi bila lokasi pembibitan di dalam ruangan.

Sebelum penanaman bibit, tanah harus dalam keadaan lembab. Siram dengan air terlebih dahulu. Bila bibit sudah cukup kuat dapat dipindahkan ke lubang tanam yang sudah disiapkan dan tutup dengan tanah lalu ditekan pelan-pelan.

Sehari sebelum pemindahan bibit timun, pada bedengan dipersiapkan lubang tanam dengan jarak tanam 60 x 50 cm. Persiapkan juga pada bedengan ajir atau lanjaran di masing-masing lubang tanam. Kemudian anyam ajir antar lubang tanam menggunakan tali rafia.

Selain tali rafia, tali salaran juga dapat digunakan dan dapat dipesan di Toko Online Pertanian LMGA Agro. Ajir-ajir yang dianyam tadi nantinya digunakan untuk merambatnya sulur dari pohon timun.

Cara menanam timun dalam polibag juga bisa Anda coba sendiri di rumah Anda. Terutama bagi Anda yang sangat menyukai timun dan dikonsumsi setiap hari, karena timun dikonsumsi sebagai jus, lalapan, acar atau dikonsumsi langsung. Kita dapat memanfaatkan pekarangan rumah kita untuk berkebun menanam timun di polibag. Pekarangan kita dapat kita penuhi dengan berbagai sayuran dan buah dalam pot polibag. Untuk benih bibit dengan harga jual murah hanya ada di Toko Online Pertanian LMGA Agro. 

Pertanian Indonesia kaya akan lahan sawah karena adanya penanaman padi di sawah. Setelah panen padi usai, lahan sawahnya dapat kita manfaatkan untuk menanam palawija seperti mentimun. Budidaya timun di lahan sawah dapat dilakukan sebagai cara untuk memanfaatkan lahan sawah setelah panen padi selesai. Budidaya timun di lahan sawah prosesnya sama dengan budidaya timun di kebun. Tanaman timun mudah beradaptasi di segala musim dan iklim terutama iklim kering dengan sinar matahari penuh.



PEMELIHARAAN DAN PERAWATAN PADA BUDIDAYA TIMUN


budidaya timun, cara menanam timun, benih bibit timun, jual benih murah, lmga agro
BENIH TIMUN LIBERTY F1
Penyiraman dilakukan secukupnya sesuai dengan kondisi tanaman dan tanah di kebun. Setelah bibit dipindahkan, segera siram dengan air agar bibit tidak layu. Hindari pemberian air yang berlebihan karena kondisi lingkungan yang lembab menyebabkan tanaman mudah terserang jamur dan bakteri.

Bila budidaya timun pada musim hujan, sebaiknya rutin mengontrol saluran drainase. Saluran drainase harus dalam keadaan baik, air yang melewati berjalan lancar dan tidak menimbulkan genangan karena air yang berlebihan.

Penyulaman dilakukan bila ada bibit yang baru dipindahkan mati atau layu. Sehingga perlu kiranya jumlah tanamn dilebijkan 10% dari total tanaman untuk diperluakn bila ada bibit tanaman yang mati. Penyulaman dilakukan maksimal sampai hari ke-7 setelah pemindahan bibit.

Pemeriksaan rutin budidaya timun juga dilakukan untuk penataan sulur pohon timun pada media rambatan yaitu ajir. Penataan sulur ini dimaksudkan agar pertumbuhan timun bisa keatas. Pertumbuhan timun yang keatas dapat menerima panas matahari dengan baik sehingga proses fotosintesis timun menjadi baik pula.

Penyiangan dilakukan dengan mencabut gulma dan kotoran plastik atau batu bila ada. Terutama saat musim hujan, cepat sekali rumput tumbuh di kebun. Adanya rumput/gulma menyebabkan lingkungan menjadi lembab, timbulnya persaingan nutrisi dan gulma juga bisa menjadi tanaman inang hama vektor.

Rutin melakukan sanitasi lingkungan dengan selalu menjaga kebersihan lahan. Tidak menunda untuk membuang dan membakar tanaman yang terkena penyakit dan bila perlu menyemprotkan pestisida apabila diperlukan dengan dosis yang tepat.

CARA PEMUPUKAN SUSULAN BUDIDAYA TIMUN


Pemupukan susulan pada budidaya timun dapat diberikan  secara bertahan sesuai tahapan umur tanaman. Pupuk cair dapat digunakan untuk pemupukan susulan budidaya timun. Pupuk cair, pupuk yang dilarutkan dalam air lalu disemprotkan pada tanaman.

Yaitu pupuk terbuat dari kotoran kambing yang telah matang dicampur dengan air. Komposisi campuran adalah 1 kg kotoran kambing dilarutkan dengan 1 liter air. Campuran harus didiamkan terlebih dahulu selama 1 minggu.

Pemberian pupuk cair tadi dengan cara disiramkan pada setiap lubang tanam tanaman. Kebutuhan pupuk cair adalah 1 liter/m².

Selain menggunakan pupuk kandang/organik, juga bisa menggunakan pupuk kimia diberikan pada umur 12 hst. Pupuk kimia yang dikocorkan terdiri dari Urea, ZA, TSP, DAP dan KNO3 yang diberikan dengan perbandingan 1 : 1 : 1 : 1 : ¼. Adalah 100 gram Urea + 100 gram ZA + 100 gram TSP + 100 gram DAP + 25 gram KNO3 dan dilarutkan dalam 10 liter air.

Pada umur 20 hst, pupuk susulan budidaya timun diberikan dengan cara kering, yaitu ditabur di tengah bedengan. Atau pada lubang pupuk yang dibuat ditengah-tengah 4 tanaman.Pupuk susulan kering ini terdiri dari Urea, TSP, KCL dan NPK dengan perbandingan 2 : ½ : ½ : 1. Tutuplah pupuk yang dimasukkan pada lubang tanam. Atau bila ditabur, campurkan dengan tanah dengan cara dibalik-balik sambil tanah digemburkan.

Untuk penyemprotan insektisida dan fungisida dapat dimulai umur 15 hst dengan interval 3 hari sekali. Pemberian pupuk daun, insektisida, fungisida dan ZPT dapat diberikan bersamaan agar kerja lebih efisien dan hemat tenaga. Waktu pelaksanaan disesuaikan kondisi tanaman dan umur juga persentase serangan hama dan penyakit.



HAMA DAN PENYAKIT PADA BUDIDAYA TIMUN


budidaya timun, cara menanam timun, benih bibit timun, jual benih murah, lmga agro
BENIH TIMUN
HERCULES PLUS F1
Pengendalian hama dan penyakit pada budidaya timun diantaranya ada istilah " cacantal " atau oteng-oteng. Oteng-oteng menyerang daun timun hingga mengakibatkan kematian.Hama lain yang penting adalah ulat tanah. 

Ulat tanah biasanya menyerang batang yang menjadi pangkal keluarnya daun dan buah. Oteng-oteng dan ulat tanah dapat dikendalikan menggunakan bio-pestisida yang terbuat dari ekstrak kipait dan gadung dan dicampir dengan urine kelinci.

Untuk penyakit yang menyerang pada budidaya timun adalah busuk daun, tepung putih, antraknosa, bercak daun dan busuk buah. Penyakit pada budidaya timun dapat dikendalikan secara kultur teknis yaitu melakukan rotasi tanaman dan membuang bagian tanaman yang terkena penyakit.

Perlu diketahui bahwa penyakit pada tanaman di musim hujan banyak disebabkan oleh serangan dari cendawan ( jamur ) dan bakteri patogen. Di musim hujan serangan hama seperti kutu daun sangat minim sekali.

Menanam timun di musim hujan dipastikan kita akan menemui kelembaban udara yang tinggi ditambah kadar unsur Nitrogen di udara yang melimpah. Kondisi tersebut menyebabkan jamur dan bakteri berkembang biak dengan pesat. Dan untuk telur hama kutu-kutuan akan gagal menetas di kondisi yang lembab.

Budidaya timun di musim kemarau, serangan kebanyakan karena hama seperti kutu daun yang dapat menularkan virus keriting dan bulai. untuk mengatasinya, kita harus rajin melakukan pengairan untuk menekan serangan hama kutu-kutuan.

Adanya benih hibrida yang bisa beradapatasi pada musim hujan maupun kemarau, dapat membantu petani mengatasi masalah cuaca dalam budidaya tanaman. Sehingga petani lebih berani untuk budidaya di musim apapun apalagi saat ini cuaca iklim sulit diprediksi dan berubah-ubah dengan tiba-tiba.

ANALISA KEUNTUNGAN BUDIDAYA TIMUN


budidaya timun, cara menanam timun, benih bibit timun, jual benih murah, lmga agro
BENIH TIMUN
METAVY F1
Manfaat ketimun yang banyak dengan kandungan airnya yang tinggi kerap dijumpai di pasar-pasar tradisional maupun supermarket. Timun sering diolah untuk berbagai produk olahan makanan seperti rujak, pecel, lalapan, acar, manisan dan lain-lain.

Timun dapat dimakan dalam keadaan mentah maupun dimasak dulu. Kandungan airnya yang tinggi baik untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan, kita mengenal dengan masker timun. Timun diblender dan airnya dijadikan sebagai masker alami buatan sendiri. Namun tak sedikit juga banyak dijual masker buatan pabrik yang bahan dasarnya berasal dari timun.

Budidaya timun juga tergolong mudah. Sehingga peluang usaha budidaya timun ini terbilang sangat menjanjikan karena selain mudah budidayanya juga masa panen yang cepat. Pemasaran timun juga dibilang cukup mudah karen tak sedikit pedagang sayuran yang siap menerima hasil panen timun kita asalkan kondisi buahnya baik.

Bisnis pertanian sayuran memang bisnis yang tidak pernah mati, begitu juga dengan bisnis budidaya timun yang menguntungkan. Peluang usaha budidaya timun dapat dimulai dengan modal yang kecil dan memulai budidaya timun di lahan yang kecil terlebih dahulu.

Pengalaman dan keahlian dalam budidaya timun juga dalam mengatasi permasalahan yang ada dapat usaha bisnis menanam timun ini menjadi besar. Bercocok tanam timun juga bisa dilakukan bukan hanya petani yang telah berpengalaman bertahun-tahun saja. Tetapi budidaya timun bagi pemula juga dapat dilakukan asalkan memiliki kemauan dan minat yang besar.



PANEN BUAH TIMUN YANG SEGAR DAN BERMANFAAT


Tanaman timun akan berbunga setelah 4 - 5 minggu dan menghasilkan sekitar 20 buah per batang timun. Agar kualitas timun baik maka jumlah buahnya harus dibatasi. Masa panen budidaya timun bervariasi jenis timun dan tujuan pemasarannya. Biasanya untuk tujuan sayuran, timun dipanen saat masih muda. Rata-rata panen timun pada umur 2 - 3 bulan setelah tanam.

Saat ini permintaan pasar terhadap timun cukup besar karena semakin banyaknya rumah makan baik yang besar maupun warung kecil. Dengan meningkatnya jumalah rumah makan/depot maka permintaan timun akan terus tinggi dan meningkat. Ditambah harga buah timun yang selalu tetap murah per kilogramnya.

Panen pada budidaya timun dilakukan bertahap selama 1 - 1,5 bulan. Panen dapat dilakukan setiap hari dan biasanya dapat dipetik 1 - 2 buah per batang setiap harinya. Produksi panen timun yang baik mencapai 30 ton/ha.

Setelah timun dipetik diletakkan di tempat yang teduh untuk mempertahankan kandungan air dalam buah timun. Kemudian timun dikemas dalam wadah yang bersirkulasi udara atau menggunakan karung untuk pemasaran ke pasar sayur.

Demikian artikel tentang Budidaya Timun Benih Hibrida Buah Tidak Pahit. Hubungi 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Online Pertanian LMGA Agro jual harga murah benih hibrida sayur dan buah, berbagai jenis pupuk dan pestisida. Juga menyediakan alat-alat sarana prasarana bercocok tanam pertanian seperti tray semai, polibag, mulsa plastik, alat kocor tanaman dan lain-lain.

Kami juga melayani konsultasi pertanian seputar permasalahan budidaya timun dan budidaya pertanian lainnya. Toko Online Pertanian LMGA Agro siap mengirim pesanan Anda sampai tujuan alamat Anda. Bersama jasa ekspedisi mitra kami yaitu JNE, POS Indonesia, TIKI, KI8 dan lain-lain. Semoga artikel Budidaya Timun Benih Hibrida Buah Tidak Pahit ini bisa bermanfaat bagi pembaca.



1 komentar:

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c "

    BalasHapus

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...