BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

24/06/2023

Read

Bibit Semangka Big Classic Produk Berkualitas Unggulan

Bibit Semangka Big Classic,bibit,semangka,big classic,big classic f1
Bibit Semangka
Big Classic


Bibit Semangka Big Classic Produk Berkualitas Unggulan Untuk Petani. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO.

LMGA AGRO merupakan toko pertanian yang jual beraneka macam kebutuhan pertanian terlengkap dengan jaminan harga murah.

Toko pertanian terdekat LMGA AGRO ialah toko tani unggulan yang berlokasi di Kota Kediri, Jawa Timur.

Kami telah lama bergelud dalam sektor pertanian Nasional dan sudah mempunyai banyak konsumen dari semua penjuru Indonesia.

LMGA AGRO merupakan agen, dropshipper, supplier, reseller, dan distributor produk pertanian unggul dengan jaminan harga relatif terjangkau.

Kami berani memberi jaminan apabila seluruh pesanan konsumen akan kami kirim ke alamat tujuan konsumen pastinya sampai hingga ke tangan konsumen.

Bibit semangka Big Classic bisa Anda peroleh di toko pertanian terdekat LMGA AGRO. LMGA AGRO jual bibit semangka Big Classic dengan jaminan harga terjangkau. Segera dapatkan bibit semangka Big Classic F1 Cap Kapal Terbang harga murah hanya di LMGA AGRO.

Buah yang ada di Indonesia sangatlah beragam. Dari berbagai macam buah tersebut, salah satu yang banyak masyarakat sukai ialah buah semangka.

Kenapa buah ini cukup masyarakat sukai ? Karena buah semangka sangat mudah diperoleh, rasanya manis, dan mempunyai beraneka nutrisi bagus untuk tubuh.

Dari pinggir jalan, pasar tradisional, sampai pasar modern pun dapat menjadi tempat dimana Anda dapat memperoleh buah semangka.

Tanaman semangka sendiri memiliki nama sebutan lainnya, seperti tembikai dan mendikai. Tumbuhan ini sendiri masuk ke dalam golongan hortikultura serta cukup banyak petani Indonesia tanam.

Varietas yang ditanam sendiri sangat bervariasi, dan salah satunya adalah varietas semangka tanpa biji / non biji. Selama selang waktu beberapa tahun terakhir, varietas ini termasuk meningkat kepopulerannya, bahkan mengalahkan kepopuleran semangka berbiji.

Maka tak mengherankan jika sekarang varietas semangka non biji makin banyak petani tanam. Prospeknya sendiri termasuk cukup menjanjikan dan proses pembudidayaannya relatif mudah.

Berbagai faktor tersebut tentu menjadikan banyak petani makin tertarik menanam varietas semangka non biji. Varietas semangka non biji adalah hasil dari persilangan semangka diploid jantan dan semangka tetraploid betina.

Tumbuhan ini sendiri mempunyai bunga jantan maupun betina (lengkap). Tetapi, bijinya tidak terbentuk karena bekal biji maupun benang sari yang mengalami kemandulan.

Buah semangka non biji sendiri mempunyai manfaat yang sama saja seperti buah semangka dari varietas lainnya. Beberapa contoh manfaat itu misalnya seperti :

  • Meredakan nyeri otot

Seringkali nyeri otot menjadi permasalahan utama bagi banyak orang. Kandungan asam amino dan citrulin dalam buah tembikai terbukti mampu meredakan nyeri otot, sehingga nyeri otot bisa teratasi.

  • Menurunkan resiko tubuh terserang kanker

Para peneliti telah mempelajari bahwa tembikai kaya akan beraneka kandungan nutrisi likopen serta lainnya yang mempunyai khasiat anti kanker.

Dari hasil penelitian tersebut, peneliti menemukan bahwa kombinasi zat – zat itu mampu menurunkan resiko tubuh terkena penyakit kanker.

  • Menyehatkan kondisi tulang

Di dalam buah semangka terkandung beraneka nutrisi, salah satunya adalah kalsium. Kandungan kalsium ini sangat baik untuk tubuh dalam menguatkan struktur tulang tubuh.

Baca Juga : Jual Benih Tomat Kualitas Terbaik Harga Murah

Peluang Usaha Agribisnis Budidaya Semangka Tanpa Biji

peluang,usaha,peluang usaha,agribisnis,budidaya,budidaya semangka,lmga agro
Peluang Usaha Agribisnis Budidaya Semangka Tanpa Biji

Tentu saja dengan begitu besarnya manfaat yang tertera diatas terlihat sebagai sebuah peluang agrobisnis dengan prospek yang terbilang menguntungkan. Terlebih lagi proses pembudidayaannya pun termasuk relatif mudah.

Jika pembaca merasa tertarik untuk memulai usaha agrobisnis budidaya semangka tanpa biji, maka Anda harus segera memulainya sesegera mungkin.

Mengapa perlu segera memulainya ? Karena usaha agribisnis ini memiliki prospek menjanjikan serta menjadi usaha yang tak ada matinya.

Bila Anda hanya mempunyai modal yang tak terlalu besar, hal itu tidak akan jadi sebuah masalah besar. Tempat budidaya semangka non biji bisa memanfaatkan lahan pekarangan rumah milik Anda sendiri.

Usaha budidaya semangka tanpa biji bisa serta sangat sesuai untuk semua orang jalankan. Pilihan usaha agribisnis ini sudah sangat sesuai untuk Anda semua.

Asalkan Anda semua memiliki kemauan dan niat tinggi untuk belajar, maka Anda pastinya akan bisa menjalankan usaha budidaya semangka ini.

Tapi, dalam melakukan usaha budidaya tembikai ini perlu berbagai peralatan pendukung sebagai penunjang. Contoh beberapa peralatan pendukung tersebut yakni seperti golok, sabit, sprayer, selang air, bibit, gunting, dan sebagainya.

Menggunakan beraneka macam peralatan tersebut menjadikan usaha agrobisnis budidaya semangka bisa berjalan secara lebih optimal.

Sesudah waktu panen, maka hasil panen berikutnya bisa langsung Anda jual. Anda bisa menjual hasil panen ke tempat seperti pasar atau Anda bisa menjualnya ke pengepul secara langsung.

Nah, apabila Anda ingin lebih mengetahui mengenai cara pembudidayaan semangka tanpa biji secara baik juga benar, maka LMGA AGRO siap untuk membantu Anda.

Kami mempunyai tahapan cara pembudidayaan semangka tanpa biji secara baik juga benar sedari awal hingga akhir.

Tahapan cara pembudidayaan semangka tanpa biji secara baik juga benar mulai awal hingga akhir yaitu :

  • Perhatikan jenis tanah, pH, serta suhu tanah

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah memperhatikan jenis, suhu, dan pH tanah lahan tanam yang akan Anda gunakan. Biasanya, varietas semangka tanpa biji dapat dibudidayakan di berbagai tempat.

Tetapi, apabila ingin memperoleh hasil maksimal sebaiknya Anda tanam di daerah dataran rendah berketinggian 0 – 200 mdpl.

Jenis tanah paling bagus untuk budidaya tanaman buah ini ialah jenis tanah gembur dan juga berpasir. Tak hanya itu saja, pohon semangka juga perlu asupan cahaya matahari yang cukup, yakni ± 7 jam setiap hari dan iklim hangat dengan suhu berkisar 20 hingga 30° C.

Sementara, kisaran pH tanah yang sesuai untuk budidayanya berkisar sekitar 6 hingga 7. Tetapi, apabila dirasa kurang, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

Curah hujan bisa berpengaruh besar bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Apabila intensitas curah hujan cukup baik, maka tanaman semangka tanpa biji dapat tumbuh hingga setinggi ± 40 hingga 50 mm setiap bulannya.

  • Persiapan Serta Pengolahan Lahan Tanam

Untuk langkah kedua, lakukanlah proses penyiapan serta pengolahan lahan tanam. Cara melakukannya yaitu dengan cara mencangkul maupun membajak tanah lahan tanam hingga kondisi tanah lahan tanam gembur secara merata.

Selanjutnya lanjutkan ke pembuatan bedengan ganda serta parit pada bagian tengah lahan tanam setelah pengolahan lahan tanam telah selesai Anda lakukan.

Buatkan bedengan dengan lebar berukuran ± 70 hingga 80 centimeter, sementara tinggi bedengan perlu menyesuaikan dengan kondisi lahan tanam.

Tolong perhatikan kondisi lahan tanam dengan baik supaya mencegah timbulnya genangan pada lahan tanam. Caranya yaitu dengan memberikan jarak antar bedengan sekitar 3 sampai 4 meter. Selesai membuat bedengan, lanjutkan dengan pemberian pupuk dasar.

Pupuk dasar yang diaplikasikan bisa memanfaatkan dolomite dan pupuk kandang. Aplikasikan dolomite hanya jika kondisi pH tanah < 6.

Selain dolomite, taburkan pula pupuk kandang pada tanaman sebesar 1 hingga 1,5 kg per tanaman. Sementara, pupuk kimianya yang perlu persiapkan adalah KCl, ZA, dan TSP/SP-36.

Langkah selanjutnya yakni aduk serta campurkan pupuk dengan tanah hingga benar – benar tercampur secara merata.

Biarkan campuran iitu selama beberapa waktu supaya terlarut hingga benar – benar terlarut rata dengan air hujan. Sesudah pupuk dan tanah larut semuanya, biarkan tanah selama 10 – 15 hari sebelum penanaman dimulai.

Jika tak ada air hujan, maka Anda harus melakukan proses penyiraman / pengairan.

  • Pemilihan Benih

Ambil benih semangka yang akan Anda gunakan, kemudian rendam dalam air hangat. Rendam selama 1 jam supaya tekstur benih menjadi lunak.

Sesudah kondisi benih sudah lunak, tiriskan dan juga jepit ujung benih supaya kulit benih menjadi sedikit terbuka. Tujuannya yakni agar air lebih mudah terserap dan mudah berkecambah.

Langkah selanjutnya ialah memeram benih memanfaatkan kertas merang dan juga handuk basah supaya menjadi lebih seragam. Bila benih sudah berkecambah, maka segera semai benih pada polybag yang Anda persiapkan. Semaikan pada media tanah dan juga pupuk kandang dengan memakai perbandingan 5 : 1.

  • Penanaman Bibit

Proses pembudidayaan semangka non biji berikutnya ialah pemindahan bibit ke lahan tanam. Bibit yang sudah siap dipindahkan ke lahan tanam yakni berkisar pada umur 7 hingga 10 hari setelah penyemaian.

Cara memindahkan bibit ke lahan tanam yakni pertama Anda harus menyobek polybag terlebih dahulu. Berikutnya, tanami bibit serta pastikan kondisi lahan tanam tetap basah dengan cara menyiraminya.

Proses pindah tanam bibit baiknya Anda lakukan ketika sore hari. Selesai melakukan proses pemindahan bibit, pastikan agar bedengan dalam kondisi basah.

  • Pemeliharaan / Perawatan

Tentunya budidaya semangka tanpa biji butuh cara penanganan yang baik. Salah satunya ialah dengan cara melakukan tahapan pemeliharaan / perawatan secara berkelanjutan. Dengan melakukan proses pemeliharaan / perawatan, maka hasil optimal nantinya dapat diperoleh.

Pertama, lakukan proses penyiraman / pengairan. Lakukan proses ini secara rutin sebanyak 2 kali setiap hari, yakni ketika pagi dan sore hari. Intensitasnya bisa Anda sesuaikan pula dengan kondisi lahan tanam.

Kedua, lakukan proses perempelan. Lakukan perempelan dengan cara membuang ranting serta tunas yang tumbuh selain ranting serta tunas baik pada daun pertama serta kedua.

Ketiga, lakukan proses pemupukan susulan. Apabila bibit telah berusia ± 10 hari sesudah tanam, lakukan pengaplikasian pupuk susulan. Aplikasikan pupuk NPK dengan dosis sebanyak ± 5 gram per 300 ml air per tanaman.

Keempat, lakukanlah penyiangan gulma. Lakukanlah proses penyiangan gulma secara rutin supaya gulma tak terkendali. Gulma bisa merebut nutrisi menjadi inang bagi virus dan juga hama.

Oleh karena itulah gulma perlu dikendalikan agar nantinya tidak mengganggu pertumbuhan tanaman.

Baca Juga : Polycom BASF Fungisida Kontak Untuk Cabe

  • Pengendalian Organisme Pengganggu

OPT atau organisme pengganggu tanaman menjadi salah satu permasalahan utama bagi petani saat membudidayakan tanaman, tak terkecuali semangka non biji.

Oleh karena itulah mewaspadai serangan organisme pengganggu perlu petani lakukan. Dengan begitu, maka petani bisa melakukan tindakan pengendalian secara tepat.

Beberapa contoh opt / organisme pengganggu tanaman yang perlu petani waspadai saat membudidayakan semangka tanpa biji yakni seperti :

1. Kutu Kebul

Kutu kebul (Bemisia tabaci) ialah hama utama untuk beraneka tanaman di Indonesia, tidak terkecuali dengan mendikai.

Seekor kutu kebul tubuhnya berukuran kecil dengan warna putih. Biasanya, hama ini menyerang beraneka tanaman, seperti palawija, buah – buahan, sayur – sayuran, cabe, dan sebagainya.

Hama kutu kebul biasanya lebih suka berdiam diri secara berkelompok dibalik daun. Hewan ini ketika merusak tanaman akan mengakibatkan kerusakan berefek ganda pada tanaman terinfeksi.

Selain menyebabkan kerusakan tanaman secara langsung, serangan kutu kebul juga mampu menyebabkan kerusakan secara tak langsung. Kerusakan secara langsung dapat menimbulkan beraneka gejala, seperti contohnya keriting daun, belang (mosaik), dan klorosis.

Apabila serangan cukup parah, maka serangannya dapat menyebabkan tanaman menjadi tak produktif serta ukurannya cenderung kerdil. Untuk kerusakan secara tidak langsung yaitu kutu kebul bisa menjadi vektor penyebar virus penyebab penyakit, yakni Gemini virus.

Gemini virus sendiri bisa menular secara persisten. Hal itu berarti bila kutu kebul sebelumnya pernah memakan tanaman yang terinfeksi Gemini virus, maka selama seumur hidupnya bisa menyebarkannya ke tanaman lainnya.

2. Embun Tepung

Infeksi patogen cendawan Erysiphaceae mengakibatkan terjadinya penyakit embun tepung. Penyakit bernama lain Powdery mildew ini cukup menyusahkan petani karena termasuk susah dikendalikan.

Tempat bertahan hidup patogen jamur Erysiphaceae ini bermacam – macam, seperti di dalam kuncup dan sisa – sisa tanaman. Serangga, air, dan angin menjadi media yang mampu menjadi pemindah spora jamur ini ke tanaman lainnya.

Jamur Erysiphaceae ini mampu bertahan hidup dalam suhu 10 hingga 12 C, namun kondisi optimalnya berada dalam kisaran suhu ± 30° C.

Gejala awal penyakit embun tepung yakni munculnya sebuah bintik berwarna kuning pada sisi atas daun. Dalam tahap berikutnya, bintik tersebut akan berubah menjadi sebuah lapisan tepung dengan warna putih.

Lapisan tersebut kemudian menutupi serta menyebar juga pada beberapa bagian tanaman, seperti bagian daun, batang, dan buah.

Ketika penyakit embun tepung berkembang, bagian yang terinfeksi akan berkerut, daunnya mengalami kerontokan, dan pada akhirnya tanaman pun mati.

  • Pemanenan

Umumnya proses pemanenan sudah bisa Anda lakukan saat tanaman sudah berumur ± 65 hingga 70 hst. Tanda – tanda buah yang telah siap panen bisa cukup terlihat dengan warna buah serta sulur yang pudar yang terdapat pada pangkal tangkai buah.

Cara panen semangka yaitu pertama Anda perlu memakai sarung tangan kain serta gunting. Sarung tangan bermanfaat dalam mencegah kerusakan mekanis pada buah serta menjadikan tangan semakin terlindung.

Berikutnya, pilihlah buah yang telah memiliki kriteria panen. Selanjutnya, potonglah tangkai buah sekitar ± 3 sampai 5 centimeter dari bagian pangkalnya.

Semangka yang sudah dipotong berikutnya dapat Anda masukkan ke dalam keranjang. Mendikai dapat Anda panen secara serempak jika sudah memenuhi kriteria tingkat ketuaan yang sesuai. Namun jika tidak sesuai, Anda bisa melakukan proses pemanenan dalam 2 tahapan.

Tahapan pertama, panen buah yang sudah matang secara fisiologis. Sedangkan tahapan keduanya yakni panen sekaligus dalam kurun waktu beberapa hari sesudahnya.

Baiknya, proses panen dilakukan saat pagi (jam 8 hingga 10 pagi) ataupun sore hari (jam 4 hingga 5 sore) saat kondisi cuaca tengah cerah.

Hal ini bertujuan supaya dapat terhindar dari tumbuhnya cendawan penyebab penyakit yang bisa merusak buah saat disimpan maupun diangkut.

Bibit Semangka Big Classic Produk Terbaik Cocok Untuk Dibudidayakan

bisi,chia tai seed,cap kapal terbang,big classic f1 bisi,big classic f1 cap kapal terbang,lmga agro
Bibit Semangka Big Classic Produk Terbaik Cocok Untuk Dibudidayakan

Tentu saja untuk membudidayakan semangka non biji Anda membutuhkan benih atau bibit dengan kualitas unggulan. Dengan menggunakan bibit berkualitas unggulan, maka Anda bisa memperoleh hasil pembudidayaan yang lebih optimal.

Supaya Anda lebih mudah dalam memperoleh bibit semangka tanpa biji berkualitas unggulan, LMGA AGRO akan membantu dengan cara memberikan rekomendasi produk bibit semangka tanpa biji berkualitas unggul.

Salah satu bibit semangka varietas tanpa biji berkualitas terbaik rekomendasi LMGA AGRO ialah Big Classic F1. Big Classic F1 merupakan bibit mendikai tanpa biji terbaru hasil produksi dari PT Bisi International, Tbk.

Bibit Big Classic F1 mempunyai beraneka kelebihan, sehingga sangat cocok petani manfaatkan. Beberapa contoh kelebihan dari produk bibit Big Classic F1 Bisi yakni seperti :

  1. Bibit semangka Big Classic F1 memiliki vigor kokoh serta percabangan berukuran sama besarnya
  2. Tumbuhan semangka Big Classic kami sarankan dibudidayakan pada daerah dataran rendah untuk mendapatkan hasil optimal dari mendikai Big Classic
  3. Budidaya semangka memanfaatkan bibit Big Classic F1 Bisi toleran terhadap kekurangan kalsium serta tahan terhadap serangan penyakit layu bakteri dan Gummy stem blight
  4. Proses pembentukan buah semangka Big Classic Bisi tetap mudah walaupun kondisi cuaca sedang buruk. Dengan begitu, maka cara menanam semangka Big Classic jadi salah satu favorit petani Nusantara
  5. Buah semangka hibrida Big Classic mampu dibuahkan lebih dari 1 buah per tanaman dengan kulit buah berwarna hijau gelap dan memiliki berat berkisar ± 8 kg
  6. Buah semangka Big Classic lebih tahan simpan serta tahan terhadap pengangkutan jarak jauh
  7. Daya tumbuh bibit Big Classic F1 tergolong relatif tinggi, yaitu berkisar ± 85 %
  8. Tingkat kemurnian bibit semangka Big Classic termasuk relatif tinggi, yakni berkisar ± 99,8 persen
  9. Buah semangka hibrida Big Classic sudah bisa Anda panen saat berumur ± 60 hingga 65 hari setelah pindah tanam
  10. Potensi hasil panen semangka Big Classic Cap Kapal Terbang tergolong relatif besar, yakni berkisar ± 35 ton per ha
  11. Pembudidayaan semangka menggunakan bibit Big Classic jadi lebih mudah karena memiliki ketahanan terhadap serangan opt (organisme pengganggu tanaman)
  12. Berkebun memanfaatkan bibit semangka Big Classic kualitas terbaik menjadi peluang agrobisnis bagi petani buah
  13. Pohon semangka Big Classic Chia Tai Seed telah menjadi usaha bagi banyak petani pada pusat pembudidayaan semangka
  14. Bibit semangka Big Classic bisa Anda dapatkan dari toko pertanian terdekat LMGA AGRO dengan jaminan harga murah
  15. Produk bibit semangka Big Classic sudah terdaftar resmi melalui Kementan melalui peraturan Kepmentan No. 1056/Kpts/TP.240/12/97 (Setabindo – 2)

Baca Juga : Wong KK Yo F1 Benih Cabe Unggul Bagi Konsumen

Jual Bibit Semangka Big Classic Cap Kapal Terbang Murah

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Bibit Semangka Big Classic Cap Kapal Terbang Murah

Jika pembaca sedang mencari bibit semangka Big Classic, LMGA AGRO merupakan tempat paling sesuai untuk Anda. Kami menjual bibit semangka Big Classic berkualitas yang pastinya terjamin unggul.

LMGA AGRO juga memiliki beraneka macam tips dan trik dalam usaha memaksimalkan pembudidayaan semangka menggunakan bibit Big Classic secara tepat. Dengan begitu, maka hasil budidaya mendikai Big Classic bisa menjadi lebih maksimal.

Selain itu, LMGA AGRO juga jual berbagai macam kebutuhan pertanian paling lengkap selain bibit tembikai Big Classic. Harga jual Big Classic di pasaran pun tergolong relatif murah tetapi kualitasnya tidak murahan sama sekali.

Untuk memastikan pesanan semangka Big Classic sampai ke alamat tujuan, LMGA AGRO juga menggandeng beberapa mitra pengiriman dengan reputasi terpercaya.

Beberapa contoh nama mitra pengiriman rekanan LMGA AGRO contohnya seperti JNE, KI8, J&T, dan Pos Indonesia. Dengan menggunakan jasa mitra pengiriman itu, maka bibit semangka Big Classic pastinya terjamin sampai ke alamat tujuan.

Jadi, segera order bibit tembikai Big Classic dari LMGA AGRO dan dapatkan bibit semangka non biji Big Classic original Bisi dengan jaminan harga murah !!

Nah, itulah dia artikel dengan tema bahasan bibit semangka Big Classic ini kami tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Apabila masih terdapat hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Bibit Semangka Big Classic Produk Berkualitas Unggulan Untuk Petani ini, hubungi segera LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Sukses selalu.

LMGA AGRO

Related Posts

2 komentar:

  1. Bunga semangka tak perlu dikawinkan blas

    BalasHapus
  2. Bunga janta dan bunga betina tak perlu di jawinkan

    BalasHapus

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.