TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

25/10/14

Cara Mudah dan Sukses Mengawinkan Semangka Non Biji


Bunga Jantan, Penyerbukan Semangka, Penyerbukan Semangka Non Biji, Bunga Betina, Semangka Non Biji, LMGA AGRO
Mengawinkan Bunga

Cara Mudah dan Sukses Mengawinkan Semangka Non Biji. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Pengetahuan bagaimana penyerbukan semangka non biji wajib petani kuasai dengan baik.

Toko pertanian LMGA Agro jual benih semangka tanpa biji dan berbiji produk terbaru dengan kualitas terbaik. 
Semangka saat ini sudah banyak sudah menjadi salah satu komoditi favorit petani Indonesia. Tanaman semangka bisa kita pada berbagai lokasi pusat hortikultura Indonesia.

Permintaan buah semangka semakin tinggi dari berbagai kalangan. Hotel, rumah makan, perusahaan makanan hingga masyarakat kita jadi konsumen terbesar buah semangka saat ini.

Tanaman semangka berasal dari daerah gurun Afrika Selatan. Kemudian menyebar ke berbagai negara terutama negara dengan iklim tropis. Adanya kemajuan ilmu pemulian kini bisa kita lihat berbagai varietas tanaman semangka.

Pertambahan penduduk Indonesia yang tinggi dengan tingkat kesadaran akan pola hidup sehat jadi salah satu faktor penyebab permintaan buah semangka terus meningkat.

Manfaat buah semangka memang sudah tidak perlu kita ragukan lagi bagi kesehatan manusia. Khasiat semangka ini terkait dengan kandungan mineral dan vitamin buah semangka yang lengkap.

Perkembangan permintaan buah semangka ini jadi motivasi perusahaan benih nasional seperti : PT East West Seed Indonesia, PT Bisi International Tbk hingga Bintang Citra Asia terus meluncurkan berbagai produk baru.

Poduk benih semangka dengan berbagai tipe, bentuk hingga warna kini bisa dengan mudah kita temukan saat kita ke toko pertanian terdekat sekitar kita saat ini. 

Mulai dari semangka kuning, merah, dengan bentuk bulat, lonjong hingga semangka inul. Namun saat ini yang lagi trending pada kalangan petani adalah semangka tanpa biji lonjong dengan kulit gelap.

Bibit semangka Juve dan semangka Prime jadi salah satu pelopor untuk bentuk semangka lonjong berkulit hijau gelap. Bibit semangka Juve dan Prime bahkan menjadi trendsetter bagi perusahaan benih lain.

Jika anda ingin mendapat deskripsi buah semangka serta gambar semangka berbagai varietas produk anda bisa membaca lewat website toko pertanian Lmga Agro.

Toko pertanian kami juga banyak membahas kebutuhan pertanian anda. Mulai dari hama penyakit hingga produk terbaik dengan stok lengkap berbagai benih unggul serta hibrida. Rev. 16/09/22.

Sekilas Tentang Semangka Tanpa Biji


Sebelum kita membahas tentang bagaimana kita bisa melakukan penyerbukan semangka dengan baik. Maka kita harus tahu alasan mengapa semangka perlu kita bantu penyerbukannya.

Sebenarnya cara penyerbukan semangka dibantu oleh angin, kumbang atau lebah sudah cukup. Namun guna mendapatkan hasil yang maksimal, maka campur tangan manusia kita perlukan.

Cara penyerbukan semangka dibantu oleh petani maka kita akan bisa menentukan letak buah pada ruas yang tepat. 

Semangka tanpa biji terbaik jika kita letakkan pada ruas 14 - 17, sedangkan untuk semangka berbiji maka ruas 12 - 14 memberi hasil yang terbaik.

Penyerbukan semangka jika kita bantu juga hasilnya lebih baik karena kita bisa dengan pasti melihat secara langsung serbuk sari menempel ke putik dengan jumlah yang cukup.

Kekurangan serbuk sari saat proses penyerbukan semangka berlangsung bisa saja akan gagal membentuk buah atau bentuk buah jadi tidak sempurna.

Sedangkan penyerbukan khusus untuk semangka tanpa biji menjadi lebih penting bila kita bandingkan semangka berbiji. Hal ini karena semangka tanpa biji serbuk sarinya bersifat mandul ( Steril ).

Sifat serbuk sari yang mandul ini karena sifatnya 3n dan steril. Semangka tanpa biji 3n dapat terbentuk karena pengaruh hormon. 

Hormon kolkisin yang kita berikan pada biji semangka akan menghasilkan buah semangka tanpa biji yang sifat triploid ( 3n ).

Semangka tanpa biji mengandung kromosom 3n semangka ini diperoleh dari mutasi yang memanfaatkan hormon kolkisin dengan dosis yang tepat.

Pemberian hormon pada biji semangka ini akan menyebabkan kromosom 3n pada semangka. Guna bisa menghasilkan buah yang sempurna maka semangka non biji hukumnya wajih mendapatkan serbuk sari dari semangka berbiji.

Proses inilah yang sangat penting dan wajib jika anda ingin budidaya semangka tanpa biji. Anda bisa menanam semangka non biji dengan berbiji secara berdampingan.

Namun demikian ada tahapan yang khusus yang harus dilakukan oleh petani apabila mereka membudidayakan semangka non biji

Langkah Dan Persiapan Penyerbukan Semangka Tanpa Biji


Menjadi pertanyaan kita selanjutnya adalah bagaimana petani bisa mengetahui cara penyerbukan semangka non biji ini dengan tepat??? 

Team mandiri bisnis toko pertanian Lmga Agro akan memberi langkah apa yang harus petani lakukan. Hal ini akan jadi gambaran bagaimana petani bisa memperoleh gambaran yang jelas pada proses ini.

Tahapan tersebut adalah proses mengawinkan bunga semangka non biji ( bunga betina ) dengan   bunga semangka berbiji ( bunga jantan ) sehingga akan diperoleh semangka Non Biji yang bagus dan bentuk sempurna.

Semangka, Budidaya, Penyerbukan Semangka, Penyerbukan Semangka Non Biji, Tanaman, Semangka Non Biji, Semangka Berbiji, Harga Murah, LMGA AGRO
Bunga Semangka Jantan Dan Betina
  • Seperti yang saya jelaskan bahwa pengawinan bunga semangka non biji harius kita lakukan pagi hari. 
  • Cara penyerbukan semangka non biji pada saat fase mengawinkan jangan lupa berangkat yang pagi ke kebun ya ( hitung - hitung olah raga ).
  • Mencari bunga jantan ( dari tanaman semangka berbiji ) yang sudah mekar dan masih segar. 
  • Cara membedakan bunga semangka jantan dan betina yaitu : ciri bunga jantan  pangkal bunga tidak ada bulatan kecil ( Jangan Lupa ciri ini Mas BROO ).
  • Pencarian bunga jantan semangka berbiji adalah kita laksanakan pada pagi hari sekitar pukul 06.00 pagi. Lebih pagi akan lebih baik karena belum ada angin ataupun serangga yang bisa membawa serbuk bunga jantan ke bunga betina semangka. 
  • Mencari bunga betina semangka ( dari tanaman semangka Non Biji ). Ciri bunga betina pada pangkal bunga ada bulatan kecil ( jangan lupa ciri ini Mas BROO ). Biasanya mekarnya bunga betina ini tidak bersamaan. 
  • Setelah mendapatkan bunga betina, bunga betina siap dikawinkan dengan cara tangan kiri memegang bunga betina. Sedangkan tangan kanan mengambil bunga jantan yang telah kita kumpulkan. 
  • Kemudian bunga jantan kita letakkan diatas bunga betina sambil digesek secara perlahan dan dibiarkan. 
  • Bunga jantan terletak di atas bunga betina dengan tujuan untuk memberi tanda jika bunga betina sudah pernah dikawinkan dengan bunga jantan. 
  • Waktu untuk yang tepat untuk penyerbukan semangka non biji adalah mulai terbit matahari sampai jam 09.30 siang.
  • Perbandingan Ideal apabila sudah terampil 1 bunga jantan dalam digunakan untuk menyerbuki 3 bunga betina. Namun kalau belum terampil 1 bunga jantan digunakan untuk menyerbuki 1 bunga betina ( Kalau belum terampil jangan ambil resiko Mas BROO bisa gagal ).

Cara Penyerbukan Semangka Non Biji

    
Pengawinan bunga semangka yang benar akan memberi hasil yang sempurna baik. Bentuk buah, letak buah maupun efisiensi waktu dalam cara penyerbukan semangka non biji ini. 
Sebagai gambaran saja bahwa perbandingan antara jumlah tanaman semangka non biji dan berbiji harus tepat. Kita harus ukur kemampuan kita serta tenaga kerja yang ikut dalam proses penyerbukan semangka ini.
Adalah 10 banding 2 tanaman untuk orang yang belum terampil dalam budidaya semangka non biji. 
Namun untuk orang yang sudah terampil dan mahir dalam budidaya semangka Non Biji terutama fase mengawinkan, Maka bisa gunakan perbandingan 10 tanaman semangka non biji dengan 1 pohon semangka berbiji.
Selain masalah perbandingan jumlah semangka non biji dan semangka berbiji.  Ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan agar tingkat keberhasilan penyerbukan semangka non biji hasil yang maksimal yaitu waktu
Waktu yang terbaik untuk keberhasilan pengawinan semangka non biji adalah jam 06.00 hingga jam 09.30. 
Apabila pengawinan dkita lakukan di atas jam itu maka tingkat persentase keberhasilan akan semakin kecil karena suhu, angin pengaruh lingkungan lain yang tidak mendukung.
Sebelum menjelaskan lebih lanjut maka saya akan menjelaskan letak perbedaan bunga jantan dan betina dari bunga semangka. 
Sehingga para petani pembaca yang belum mengetahui tidak terjadi  kesalahan dalam praktek  proses pengawinan ini. 
Bunga betina semangka non biji yang kita pelihara untuk diserbukkan ( bunga dari semangka non biji ) ditandai dengan adanya bulatan kecil pada pangkal bunga ( menyerupai piala ). 
Bunga jantan semangka berbiji ditandai dengan tidak adanya bulatan bawah pangkal bunga. Mohon perbedaan ini bisa petani pahami betul agar tidak terjadi kesalahan !!! 
Semangka berbiji dengan semangka non biji sebaiknya petani tanam dalam kelompok dan blok yang berbeda. Hal ini bertujuan agar kita tidak kesulitan dalam mengambil bunga jantan.
Melihat perbandingan ini maka penulis merasa tergelitik untuk menuangkan pengalaman yang dimiliki oleh penulis. 
Pengalaman penulis selama melakukan Budidaya Semangka Non Biji ini, dan semoga dapat menjadi ilmu yang manfaat bagi yang mau membaca hingga jalankan budididaya semangka.
Proses penyerbukan semangka ini hanya berlaku untuk semangka non biji ( Wajib Hukumnya ). Sedangkan pada semangka berbiji tidak perlu kita kawinkan.
Jika semangka non berbiji tidak mendapatkan serbuk sari dari bunga semangka berbiji maka buah tidak akan terbentuk, karena sifatnya yang steril tadi. 
Demikian tulisan ini kami buat dan semoga dapat memberi tambahan pengetahuan dan manfaat. Bacaan ini tidak akan banyak berarti jika petani serta pembaca tidak praktek secara langsung.
Kini benih semangka tanpa biji hingga berbiji segala bentuk serta varietas bisa anda beli lewat toko pertanian Lmga Agro. Kami jual benih semangka terbaru harga murah dengan kualitas terbaik.
Apabila ada yang kurang jelas materi cara penyerbukan semangka ini silakan pembaca semua bisa konsultasi pertanian secara langsung. 
Hubungi team Toko pertanian LMGA AGRO lewat CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117. 
Kami juga menyediakan sarana benih, obat pertanian, pupuk, peralatan hingga spare part pertanian lengkap dengan harga murah.  
Team bisnis toko pertanian Lmga Agro siap kirim ke seluruh Indonesia. Kami memberi jaminan barang pasti datang hingga uang anda kembali 100 %.

RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.