TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

14/09/19

USAHA KECIL MENENGAH PERTANIAN PELUANG BISNIS MENJANJIKAN

usaha kecil menengah, peluang usaha, peluang bisnis, usaha pertanian, toko online, toko pertanian, lmga agro
Usaha Kecil Menengah
Pembibitan Tanaman
Usaha Kecil Menengah Pertanian Peluang Bisnis Menjanjikan. HP 082141747141 ( khusus telepon ) 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro bergerak dalam usaha bisnis pertanian. Kami menyediakan benih, pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian.


Toko pertanian Online LMGA Agro mendukung usaha kecil dan menengah ( UKM ) di desa maupun di kota di seluruh wilayah Indonesia. Kami jual dengan harga promo dan bersaing. Kami telah berpengalaman sebagai supplier usaha dropship, reseller, online shop, petani dan toko pertanian.

Toko pertanian Online LMGA Agro melayani konsultasi gratis pertanian dan peluang usaha kecil  dan menengah. Kami membantu menyelesaikan permasalahan budidaya tanaman dan tentang bisnis pertanian.

Kami didukung oleh pabrik benih terkemuka seperti BISI, EWINDO, Known You Seed, Takii Seed dan lain-lain. Kami juga didukung oleh pabrik pembuat pestisida dan alat-mesin pertanian.

Usaha Kecil dan Menengah sering disingkat UKM merupakan jenis usaha kecil dan berdiri sendiri. Banyak peluang usaha yang bisa dikerjakan oleh masyarakat untuk menggerakkan perekonomian bangsa. Banyak jenis yang bisa dikategorikan usaha kecil dan menengah, mulai usaha kuliner, agrobisnis, fashion, jasa dan lain-lain.

Tentang Usaha Kecil Menengah di Indonesia


Kriteria usaha kecil menurut UU No.9 tahun 1995 adalah sebagai berikut :
  • Usaha memiliki kekayaan bersih maksimal Rp. 200.000.000,- ( Dua Ratus Juta Rupiah ) tidak termasuk tanah dan bangunan usaha.
  • Hasil dari penjualan tahunan paling banyak adalah Rp. 1.000.000.000,- ( Satu Milyar Rupiah ).
  • Usaha dimiliki oleh warga Indonesia.
  • Usaha berdiri sendiri, bukan anak atau cabang perusahaan. Usaha dimiliki atau dikuasai baik langsung maupun tidak oleh suatu Usaha Menengah atau Usaha besar.
  • Usaha berbentuk orang perorangan, usaha tidak berbadan hukum atau usaha berbadan hukum ( koperasi ).

Usaha Kecil menengah di Indonesia merupakan tulang punggung perekonomian bangsa. Dari Sensus 2011, usaha kecil menengah jumlahnya sekitar 52 juta unit UKM. Sumbangan ke negara mencapai 60% dari total PDB. Dari jumlah usaha kecil dan menengah yang ada, telah menampung 97% tenaga kerja.

Pemerintah mendapatkan pajak dari banyaknya UKM di Indonesia dan dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur negeri. Pajak yang disumbangkan sebesar 60% kepada pemerintah.

Peluang bisnis kini banyak digemari masyarakat Indonesia akhir-akhir ini. Namun, seringkali modal yang tidak sedikit menjadi kendala dalam menjalankan suatu peluang bisnis. Sehingga UKM menjadi solusi untuk yang tidak memiliki banyak modal. Banyak jenis usaha kecil dan menengah di Inonesia bisa berhasil di pasaran.

Usaha Kecil Menengah Bidang Pertanian


usaha kecil menengah, peluang usaha, peluang bisnis, ukm, usaha kecil, toko pertanian, toko online, lmga agro
Peluang Usaha Jual Pupuk
Indonesia memiliki tanah yang subur dan merupakan negara agraris sejak dari dulu hingga kini. Kondisi ini dapat menjadi modal untuk mengembangkan usaha kecil dan menengah bidang pertanian atau agrobisnis. Agrobisnis meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Pertanian ada tanaman pangan, industri, perkebunan, buah, sayuran tanaman hias dan hidroponik.

Usaha kecil dan menengah bidang pertanian, Anda tidak harus punya lahan yang luas. Cukup dengan memanfaatkan lahan yang dimiliki lalu membeli benih, ditanam dan dirawat. Beberapa hasil dari UKM berupa padi, jagung, atau sayuran dan buah-buahan. Produk peluang usaha pertanian banyak dicari oleh konsumen karena merupakan kebutuhan sehari-hari.

Pelaku usaha kecil dan menengah pertanian tidak perlu khawatir tentang pangsa pasar. Fokuskan untuk serius memikirkan bagaimana meningkatkan kualitas produk usaha.

UKM dapat berjalan baik bila kita sebagai pelaku bisnis tidak berdiam diri dan banyak bersantai-santai. Agar peluang usaha kecil dan menengah ini menguntungkan untuk masa depan. Oleh sebab itu, kita harus berjuang dan bekerja keras. Kita harus berusaha dan tidak mudah menyerah.

Bentuk UKM sederhana menjadikan UKM lebih fleksibel untuk dijalankan. Usaha kecil menengah cenderung banyak kelebihan terutama pada tahap awal memulai. Peluang usaha UKM sederhana pengaturan operasionalnya. Dengan banyak kelebihan ini, UKM cepat berkembang pesat dan menciptakan banyak lapangan kerja.


BACA JUGA : SUSKES BUDIDAYA MELON

Kekurangan dan Kelebihan Usaha Kecil Menengah


Kekurangan Usaha Kecil menengah
  • Kelemahan UKM adalah anggaran usaha rendah dibandingkan usaha berskala besar. Beberapa usaha kecil dan menengah ini juga bisa gulung tikar karena tidak ada biaya operasional. Sehingga pemilik usaha harus mampu mengatur anggaran dan pembiayaan secara efektif dan efisien.
  • Usaha kecil dan menengah sering mendapat tekanan dari luar. Seperti bila pemilik usaha menerima order diluar batas kemampuan UKM Inilah kelemahan dari usaha kecil dan menengah hingga sulit mengembangkan peluang usaha ini. Dikarenakan tidak mampu mengimbangi permintaan pasar.
  • Biasanya usaha kecil menengah ini dijalankan oleh tenaga kurang ahli dibidangnya. Hal ini dikarenakan usaha kecil menengah belum mampu memberi gaji tenaga profesional. Akibatnya  bisnis usaha UKM kesulitan bersaing dengan perusahaan besar.

Setelah kekurangannya, sekarang kelebihan usaha kecil menengah, adalah :
  • Usaha kecil dan menengah biasanya rajin membuat inovasi. Hal ini karena sistem operasional sederhana membuat pelaku bisnis UKM mudah mengkreasikan ide-ide usahanya. Usaha kecil menengah dengan mudah menciptakan produk baru dengan cepat.
  • Usaha kecil menengah tidak berkewajiban harus mengikuti permintaan pasar seperti perusahaan besar. Contohnya usaha kecil rumahan hanya memproduksi satu jenis produk sesuai permintaan konsumen tertentu.
  • Usaha kecil menengah memiliki sistem operasional lebih fleksibel. Usaha biasanya dikelola sedikit orang sehingga keputusan dicapai dengan cepat. Usaha kecil menengah juga bersifat lebih reaktif terhadap perubahan trend masyarakat. Sehingga UKM dapat lebih kompetitif bersaing di dunia usaha.


Usaha Kecil Menengah Peluang Usaha Cerah di Masa Depan


usaha kecil dan menengah, peluang usaha, peluang bisnis, ukm, jual benih online, toko pertanian, lmga agro
Usaha Kecil dan Menengah
Benih Berkualitas
Usaha kecil dan menengah adalah bentuk usaha kecil dari masyarakat dan dari inisiatif seseorang. Sebagian besar orang menganggap bahwa UKM hanya menguntungkan pihak tertentu saja.

Usaha kccil dan menengah justru berperan penting membuka lowongan kerja dan mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia. Adanya UKM dapat menyerap tenaga kerja yang belum mendapatkan pekerjaan.

Usaha kecil dan menengah juga memanfaatkan waktu luang ibu-ibu rumah tangga. UKM memberikan kontribusi besar menambah pendapatan daerah maupun negara.

Usaha kecil dan menengah pertanian berhasil memanfaatkan sumber daya alam yaitu memanfaatkan lahan yang belum diolah. Lahan diolah untuk dijadikan lahan komersial dan menghasilkan produk buah dan sayur. UKM membantu pemanfaatan sumber daya alam di tiap daerah.

Pemerintah menyebutkan bahwa usaha kecil merupakan kegiatan ekonomi rakyat skala kecil. Bidang usahanya mayoritas adalah kegiatan usaha kecil. Pemerintah melindungi usaha kecil di Indonesia guna mencegah persaingan usaha tidak sehat.

Kriteria suatu peluang usaha disebut sebagai usaha kecil, adalah :
  • Jenis barang atau produknya tidak mudah berubah ( tetap ).
  • Lokasi atau tempat usaha tetap dan tidak berpindah-pindah.
  • Umumnya sudah memiliki administrasi keuangan walau masih sederhana. Keuangan dari UKM terpisah dari keuangan keluarga/pribadi.
  • Sudah ada izin usaha dan persyaratan legalitas lain seperti NPWP.
  • Sumber daya manusia yang berkecimpung dalam peluang usaha kecil sudah berpengalaman di dunia wira usaha.
  • Memiliki akses ke perbankan dalam hal keperluan modal.
  • Sebagian besar usaha kecil belum memiliki manajemen usaha yang baik seperti bussines planning ( perencanaan bisnis ).

Contoh UKM antara lain : usaha tani milik petani dengan beberapa tenaga kerja, pedagang di pasar grosir ( agen ), pemilik usaha makanan atau minuman. Industri rumah tangga, industri kerajinan tangan, usaha pakaian jadi, peternakan dan koperasi berskala kecil.



Bisnis Usaha Kecil Menengah Cocok Untuk Pemula


Bagi pemula yang ingin terjun ke dunia bisnis, menjalankan usaha kecil menengah salah satu solusi terbaik yang patut dicoba. Bisnis usaha kecil menengah rata-rata tidak mengeluarkan modal besar. Itulah kelebihan pertama yang dirasakan pemula bisnis usaha kecil menengah.

Namun jangan kira, modal kecil keuntungan juga kecil. Karena keuntungan dari usaha kecil menengah sangat menjanjikan sekali. Bagi Anda yang ingin mencoba usaha kecil menengah dan sudah ada ide unik serta brilian, tak ada salahnya mencoba bisnis usaha kecil menengah.

Teknik operasional usaha kecil menengah serba sederhana dan murah. Mulai dari modal dan karyawan yang sedikit. Biasanya usaha kecil menengah tidak menerapkan peraturan kerja yang ketat. Peraturan kerja juga tidak dibuat tertulis seperti perusahaan besar. Karena hal tersebut justru akan menghambat kreativitas karyawannya.

Di dalam usaha kecil menengah, tidak ada jarak antara atasan dan karyawan. Hubungan kerja sama seperti hubungan pertemanan. Dan hal ini diyakini dapat meningkatkan kinerja masing-masing. Karyawan juga tak malu mengutarakan inovasi-inovasi baru. Hasilnya, bisnis akan berkembang cepat.

Usaha kecil menengah sifatnya lebih dinamis daripada usaha skala besar. Proses produksi atau kegiatan bisnis bisa dijalankan di mana saja sesuai kebutuhan. Bisa pula dilakukan di rumah atau memanfaatkan lahan kosong di pekarangan. Usaha kecil menengah ini tidak dibebani biaya sewa gedung untuk kantor.

Jumlah karyawan juga biasanya berkisar antara 5 - 10 orang disesuaikan dengan keperluan dan jenis usahanya. Jumlah karyawan sedikit dapat menghemat pengeluaran bisnis. Pajak usaha juga disesuaikan dengan omzet perusahaan. Pembayaran pajak merupakan kontribusi kita sebagai warga dan sebagai pengusaha usaha kecil menengah.



Usaha Kecil Menengah Toko Pertanian


Jenis usaha kecil menengah ada macam-macam. Antara lain ada usaha kecil menengah untuk mencari nafkah seperti pedagang kaki lima. Usaha pengrajin dan usaha yang telah maju menuju usaha besar.

Usaha kecil menengah berbeda dengan start up karena sama-sama modal kecil. Berbeda pula dengan usaha dropship dan reseller meskipun sama-sama mulai dari nol.

Perbedaan mendasar adalah pada letak pengoperasian bisnisnya. Untuk start up, dropship dan reseller memanfaatkan sebesar-besarnya kecanggihan teknologi terutama internet.

Usaha kecil menengah rata-rata dijalankan secara manual seperti pemasaran dan transaksinya. Namun bisa saja untuk melancarkan pemasaran, karena ini era digital maka usaha kecil menengah memanfaatkan internet. Artinya pemasaran dan transaksi jual beli dilakukan secara online.

Begitu juga dengan usaha kecil menengah membuka toko pertanian. Usaha ini juga merupakan usaha menjanjikan di desa dan ikut meramaikan perekonomian pedesaan. Toko pertanian biasanya menyediakan semua keperluan untuk bercocok tanam dan berkebun. Seperti benih berkualitas dan bebas virus, pupuk, zat perangsang tumbuh sampai alat-alat pertanian.

Toko pertanian juga bisa dijalankan dengan memanfaatkan teknologi komunikasi saat ini. Seperti adanya whatsapp, facebook, instagram, twitter, blog dan lain-lain dapat mempermudah pemasaran. Adanya internet, jarak jauh menjadi begitu dekat hingga menjangkau seluruh wilayah Indonesia bahkan dunia.

Toko pertanian LMGA Agro dijalankan secara online dan kami menyediakan semua kebutuhan Anda dalam bercocok tanam dan berkebun. Kami juga mengajak Anda untuk menjadi mitra dalam dropship dan reseller atau sebagai toko pertanian.

Demikian artikel judul Usaha Kecil Menengah Pertanian Peluang Bisnis Menjanjikan. Hubungi HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko pertanian Online LMGA Agro merupakan usaha bisnis pertanian sebagai supplier. Kami didukung perusahaan benih terkemuka dan perusahaan pestisida pertanian.

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Barang dijamin aman dan cepat sampai. Kami bekerjasama dengan jasa ekspedisi seperti JNE, POS, KI8 dan eskpedisi lainnya. Semoga artikel tentang usaha kecil menengah ini bermanfaat dan menjadi panduan Anda mencoba peluang bisnis usaha. Salam sukses...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...