TOKO PERTANIAN ONLINE LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA PETANI MURAH, AMAN SERTA NYAMAN. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

16/01/16

MELON APOLLO PELUANG EMAS PETANI MELON


benih melon, molon apollo, apollo, jual benih
www.lmgaagro.web.idMelon merupakan tanaman buah semusim dengan perantaraan alat pemegang berbentuk pilin. Tanaman melon terdiri dari 2 daun lembaga sehingga dimasukkan dalam kelas tumbuhan berbiji belah (dikotil). Tanaman melon termasuk dalam suku labu-labuan. Buah melon biasanya dikonsumsi sebagai buah segar atau dikonsumsi sebagai jus melon. Buah melon bermanfaat untuk kesehatan. Manfaat melon untuk kesehatan telah banyak di bahas diberbagai media.  Konsumen buah melon yang semakin banyak mendorong perkembangan pemuliaan benih melon. Saat ini telah banyak varian benih melon yang beredar di pasaran.

Untuk memudahkan sistem penanaman dan pengelompokan melon, para ahli mengklasifikasikan melon dalam dua tipe, yaitu:

Tipe Netted-Melon 
  • Ciri-ciri: kulit buah keras, kasar, berurat dan bergambar seperti jala (net); aroma relatif  lebih harum dibanding dengan winter–melon; lebih cepat masak antara 75–90 hari; awet dan tahan lama untuk disimpan. 
  • Varietas: (1) Cucumis melo var. reticulatus, buah kecil, berurat seperti jala dan harum;   (2) Cucumis melo var. cantelupensis, buah besar, kulit bersisik dan harum. 
 Tipe Winter-Melon
  • Ciri-ciri: kulit buah halus, mengkilat dan aroma buah tidak harum; buah lambat untuk masak antara 90–120 hari; mudah rusak dan tidak tahan lama untuk disimpan; tipe melon ini sering digunakan sebagai tanaman hias.
  • Varietas: (1) Cucumis melo var. inodorous, kulit buah halus, buah memanjang dengan   diameter 2,5–7,5 cm; (2) Cucumis melo var. flexuosus, permukaan buah halus, buah   memanjang antar 35–70 cm; (3) Cucumis melo var. dudain, ukuran kecil-kecil, sering untuk tanaman hias; (4) Cucumis melo var. chito, ukuran buah sebesar jeruk lemon, sering digunakan sebagai tanaman hias.
Sedangkan jika dibedakan menurut warna daging dan kulit buah maka terdapat 3 jenis melon, yaitu :
Melon berdaging putih  (Melon F1 Action dari BISI International dan Melon F1 Amanta dari Panah Merah
Melon berdaging orange (Melon F1 Glamour dari Sakata, Melon F1 Sunny Red dari Primasid, Melon F1 Sonya dari BISI International, dan Melon F1 Dainty dari Known You Seed)
Melon kulit kuning (Melon F1 Apollo dari Known You Seed)
Dari sekian banyak jenis melon tersebut, terdapat satu jenis melon yang memiliki  peluang harga jual lebih tinggi dibandingkan dengan jenis melon lainnya. Melon tersebut adalah melon kulit kuning / tipe cantaloupe. Benih melon ini diproduksi oleh Known You  Seed Taiwan dengan nama Melon Hibrida (F1) Apollo. Sampai saat ini perusahaan benih Known You Seed ini belum ada yang menandingi dalam hal perintis dan pembuka trend pasar di produksi benih sayur dunia.
 
             Budidaya melon Apollo tidak jauh berbeda dengan budidaya melon pada umumnya. Berikut ini akan dijelaskan mengenai syarat tumbuh melon :

Iklim 
  1.  Angin yang bertiup cukup keras dapat merusak pertanaman melon, dapat mematahkan tangkai daun, tangkai buah dan batang tanaman.Hujan yang terus menerus akan menggugurkan calon buah yang sudah terbentuk dan dapat pula menjadikan kondisi lingkungan yang menguntungkan bagi patogen. Saat tanaman melon menjelang panen, akan mengurangi kadar gula dalam buah.
  2. Tanaman melon memerlukan penyinaran matahari penuh selama pertumbuhannya.
  3. Tanaman melon memerlukan suhu yang sejuk dan kering untuk pertumbuhannya. Suhu pertumbuhan ideal untuk tanaman melon antara 25–30 o C. 
  4. Tanaman melon tidak dapat tumbuh apabila kurang dari 18 o C.
  5. Kelembaban udara secara tidak langsung mempengaruhi pertumbuhan tanaman melon. Dalam kelembaban yang tinggi tanaman melon mudah diserang penyakit.
Tanah yang baik untuk budidaya tanaman melon ialah tanah liat berpasir yang banyak mengandung bahan organik untuk memudahkan akar tanaman melon berkembang. Tanaman melon tidak menyukai tanah yang terlalu  basah.Tanaman melon akan tumbuh baik apabila pH tanahnya 5,8–7.
Tanaman melon pada dasarnya membutuhkan air yang cukup banyak. Tetapi, sebaiknya air itu berasal dari irigasi, bukan dari air hujan.
Ketinggian Tempat 
  1. Tanaman melon dapat tumbuh dengan cukup baik pada ketinggian 300–900 meter dpl. 
  2. Apabila ketinggian lebih dari 900 meter dpl tanaman tidak dapat berproduksi dengan optimal.
Setelah mengetahui syarat tumbuh melon secara umum, maka berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menanam melon Apollo
polybag, polibag semai
Polybag semai 6 x 8 cm
Melon Apollo akan tumbuh baik pada lahan tanpa genangan dan cekaman kekeringan. Saat musim kering, Melon Apollo memerlukan pengairan seminggu sekali.
Menyemai benih Melon Apollo terlebih dahulu selama 7-8 hari pada polybag semai ukuran 6 x 8 cm yang diisi dengan kombinasi tanah:sekam:pupuk kandang 1:1:1. Setelah 8 hari (muncul 3 helai daun), pindahkan ke lahan dengan jarak tanam 60 cm x 60 cm.
Pemupukan dilakukan seminggu sekali, dan saat berumur 21 hari (menjelang pembungaan ), pembudidayaan harus menambahkan pupuk yang mengandung unsur kalium agar bunga tak cepat rontok.
Populasi yang ideal untuk tanaman melon Hibrida Apollo ini adalah 17.000 per Hektare tanah. 
Satu pohon melon Apollo ini bisa menghasilkan satu buah dengan bobot hingga 2 kg dalam waktu 60 hingga 70 hari. “Filosofi dalam menanam melon adalah high risk, high cost, tapi high profit,” .
   Beberapa keunggulan dari melon si Kulit Kuning Apollo ini yang kami amati antara lain adalah :
  • Panen dapat di lakukan dalam waktu yang cepat dan pendek 70 Hst sehingga bisa banyak menekan biaya
  • Buah hasil panen melon Apollo di pasaran masih jauh lebih tinggi bila di banding melon Hijau kekuningan atau melon Japanes ( Glamour )
  • Tanaman relatif lebih tahan terhadap serangan Virus di bandingkan denga tipe melon Orange, namu kurang tahan terhadap serangan Downey Mildew dan Powdery Mildew
  • Ukuran buah cenderung lebih stabil dan seragan, dengan catatan daun tanaman tetap utuh
  • Peluang pasar dari hari ke hari semakin besar dengan semakin banyaknya pendirian  Hotel, Restouran, Supermarket dan Rumah Makan
  • Penerimaan pasar  hasil budidaya melon Apollo Grade C untuk pasaran stand pedagang buah dan kebutuhan Catering semakin tinggi sehingga peluang terbuangnya buah kecil semakin kecil
      Dengan keunggulan Melon Apollo tersebut menjadikan Melon Apollo sebagai peluang emas bagi petani melon untuk meningkatkan pendapatan. Pasar melon kulit kuning Apollo yang terbuka dan harga yang tinggi sangat menguntungkan bagi petani melon yang menanam melon kulit kuning Apollo. Tingkat kesulitan budidaya melon kulit kuning Apollo sebanding dengan harga buah yang mahal.

      Melon Kuning Hibrida Apollo produk dari Known You Seed Taiwan ini tersedia dalam kemasan 20 gram. Apabila membutuhkan benih Melon Apollo dan konsultasi berkaitan dengan budidaya Melon Apollo silakan Hubungi Toko Pertanian  Online LMGA AGRO di CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117. Toko On Line LMGA AGRO menyediakan benih, pupuk, pestisida dan alat pertanian dengan harga murah dan terjangkau. LMGA AGRO siap mengirim ke seluruh wilayah Indonesia. LMGA AGRO juga melayani konsultasi gratis budidaya pertanian tanaman hortikultura.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...