TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

06/11/19

Bisnis Online Usaha Sampingan Petani di Desa

bisnis online, usaha sampingan, petani, toko pertanian, lmga agro
Usaha Online Jual Mulsa Grenjeng
Bisnis Online Usaha Sampingan Petani di Desa. Hubungi HP 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan berbagai varietas benih F1 buah dan sayur. Juga jenis-jenis pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian. Temukan produk terbaru kami, harga bersaing dan promo.

Toko pertanian online LMGA Agro didukung oleh perusahan benih dan perusahaan pembuat pestisida. Seperti BISI, East West Seed Indonesia, Takii Seed, Bayer, Syngenta dan lain-lain. Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian dan cara budidaya tanaman.

Bersama mitra jasa pengiriman barang JNE, POS INDONESIA, KI8 dan lain-lain. Kami siap kirim pesanan Anda. Pengiriman hingga ke seluruh wilayah Indonesia. Dijamin barang aman dan cepat sampai.

Bisnis online kini sedang menjadi booming bagi pebisnis bahkan bagi pemula. Online sering dipilih karena sesuai dengan perkembangan zaman saat ini. Dimana kini segala jenis kegiatan bisnis sekalipun dilakukan melalui internet ( online ).

Tentang Bisnis Online


Bisnis online adalah jual beli barang maupun jasa melalui internet. Jadi segala kegiatan jual maupun beli melalui internet, berarti sudah menjalankan bisnis online. Semua orang bisa saja memulai bisnis online. Apalagi bila memiliki ide kreatif tentang bisnis dan langsung bisa dijual lewat internet.

Transaksi secara online ini ( baca : internet ) sama halnya seperti transaksi jual beli tradisional. Namun di online, kantor/tokonya adalah di online. Usaha online perlu website yang ditampilkan sebagus mungkin untuk menarik konsumen.

Kegiatan bisnis online ini bisa dilakukan dalam berbagai bentuk wujud tampilan di internet. Yaitu antara lain berbentuk website, marketplace ( toko online ), blog dan akun media sosial.

Bisnis online memiliki potensi menguntungkan dan menjanjikan. Memulai bisnis online perlu kesabaran, tekun, kreatif dan usaha lain yang tak mudah. 

Bila belum pernah mengoperasikan komputer dan paham gadget, mungkin sulit dalam bisnis online. Meskipun seorang pedagang mempunyai toko, Anda harus belajar internet dan usaha online dulu. Belajar mengoperasikan komputer, laptop atau smartphone.

Manfaat bisnis online, bisa menghemat biaya sewa tempat dan gaji karyawan. Produk di bisnis obline fleksibel dan variannya banyak. Kemudahan akses melalui internet, dapat dilakukan kapan dan di mana saja tanpa libur.

Selain ada manfaat, bisnis online juga punya tantangan untuk dihadapi. Antara lain bisnis online membutuhkan kemampuan teknis dalam hal website dan internet. Adanya pengeluaran biaya untuk gadget, seperangkat komputer lengkap dan jaringan internet.

Keuntungan Memilih Bisnis Online



1. Dapat Menjangkau Masyarakat Luas


Bisnis online berhubungan langsung dengan internet. Karena internet dapat menjangkau sangat luas wilayahnya. Maka bisnis online pun dapat menjangkau masyarakat luas pula. Setiap orang yang terkoneksi internet, akan dapat saling berhubungan satu sama lain.

2. Menjadi Bos Untuk Diri Sendiri

Menjalankan bisnis online tanpa memiliki atasan. Anda adalah atasan diri anda sendiri. Pemilik bisnis online harus mampu mengatur dirinya sendiri tetap bersemangat dan giat bekerja.

Peraturan juga dibuat untuk dijalankan sendiri. Bisnis online tidak ada yang mengatur-atur. Namun jangan lupa ada konsumen akan selalu mendesak pemilik bisnis untuk bekerja. Yaitu mengirimkan barang pesanan konsumen sesuai waktu dijanjikan. Di bisnis online, konsumen lah pemegang kendali arah bisnis.

3. Biaya Operasional Murah

Biaya operasional adalah biaya untuk menjalankan suatu usaha. Meliputi membeli barang, sewa tempat, bayar gaji karyawan, tempat usaha dan lain-lain. Di bisnis online, biaya operasional kecil.

Biaya mengoperasikan bisnis online cukup murah. Karena Anda cukup hanya menginput produk. Lalu mempromosikan ke teman, saudara atau relasi lainnya. Biaya ongkos kirim juga dibebankan pada pembeli produk.

4. Modal Kecil

Modal menjadi hal penting dalam memulai usaha bahkan untuk mengembangkannya. Bagi pemula bisnis, modal kadang menunda seseorang mendirikan suatu usaha. Tapi tidak dengan bisnis online, untuk memulainya tidak perlu merogoh dalam-dalam kantong kita.

Memulai bisnis online, Anda cukup mempunyai smartphone atau komputer/laptop dan koneksi internet. Kemudian orang akan melihat produk Anda. Orang jadi tahu bahwa Anda sedang menjalankan bisnis online. Hingga akan muncul keinginan membeli produk yang ditawarkan.




Bisnis Online Usaha Mandiri


bisnis online, usaha sampingan, toko pertanian, lmga agro, jual pestisida
Usaha Pertanian Jual Pestisida
Mendirikan bisnis online, Anda berusaha mandiri tidak tergantung pada lowongan kerja suatu perusahaan. Bahkan mempunyai usaha bisnis sendiri, dapat membuka lowongan pekerjaan untuk orang lain. Karena di bisnis online ini kita adalah bosnya.



Tidak Membutuhkan Tempat Kerja

Membuka suatu bisnis jenis apapun selalu membutuhkan tempat sebagai tempat usahanya. Tempat tersebut harus strategis dan mudah dijangkau pembeli. Pemilihan lokasi mana yang pas dan inilah kadang bisa membuat pusing memikirkannya.

Bisnis online dapat dijalankan dimanapun bahkan saat kita ada di rumah. Tidak memerlukan tempat khusus pula untuk bekerja. Apalagi harus sewa tempat sehingga membutuhkan modal kecil.

Bisnis online juga tidak memiliki waktu mengikat. Kapan pun bisnis ini dapat dijalankan, seorang ibu rumah tangga juga bisa. Menjalankan bisnis online sambil bermain bersama si kecil. Atau sedang mengerjakan pekerjaan di rumah.

Kepercayaan Konsumen

Kepercayaan konsumen salah satu hal yang harus diraih dan dijaga untuk kelangsungan bisnis. Kepercayaan ini muncul karena pemilik bisnis melayani customer dengan baik. Menjawab semua pertanyaan pembeli dengan jelas hingga pembeli merasa puas. Pembeli juga merasa aman dan tidak ditipu oleh penjual.

Harga barang di bisnis online juga biasanya lebih murah dibandingkan toko offlinenya. Masyarakat juga percaya bahwa produk yang dijual online kualitas lebih baik.

Pendapat ini muncul wajar. Karena beberapa pelaku bisnis online berhubungan langsung dengan produsen pembuat produk. Sehingga pebisnis ini termasuk tangan pertama dari sebuah produk. Berbeda dengan toko offline, dimana harga bisa mahal karena melewati beberapa tangan.





Hal-Hal Ini Bisa Terjadi di Bisnis Online


Tidak Bisa Dijalankan Tanpa Koneksi Internet



Bisnis online harus ada koneksi internet. Untuk promosi, transaksi dan chatting antara penjual dan pembeli. Jadi saat listrik padam dan gangguan teknis jaringan, pasti bisnis online akan terganggu. Apalagi bila saat itu banyak orderan datang. Pekerjaan jadi terbengkalai.

Online Memang Rawan Penipuan


Sistim bisnis online berupa bayar melalui transfer. Memberikan alamat pembeli, baru semua dapat diproses. Kadangkala ada orang ragu untuk memberikan alamatnya bila pemilik bisnis bertanya. Hal ini berhubungan dengan ongkos kirimnya sesuai jarak tempuh.

Pembayaran antar rekening juga rawan penipuan. Karena memang tidak saling kenal dan berhubungan hanya via WA/SMS. Penipuan bisa dilakukan oleh pembeli dengan mengirimkan bukti transfer palsu. Atau penjual begitu sudah ditransfer uang pembelian, malah menghilang tidak ada barang dikirim.

Supplier Tidak Jujur

Hal ini mungkin dialami oleh seorang dropship atau reseller. Yaitu supplier menampilkan foto katalog produk sudah bentuk editing. Saat benar-benar ada pembeli tertarik dan memesan. Lalu barang dikirim, konsumen menjadi kecewa karena berbeda dengan foto di katalog. Tentu saja Anda sebagai penghubungnya akan langsung mendapat komplain dari pembeli.

Barang Lama Sampainya

Inilah kekekurangan dari bisnis online yang kadang-kadang terjadi juga. Meskipun pengiriman segera dilakukan begitu ditransfer, namun keterlambatan barang sampai tetap ada. Keterlambatan biasanya di pihak ekspedisi atau barang hilang di tengah jalan.
Sebagai dropship atau reseller, Anda akan pertama kali mendapat komplain dari konsumen. Namun keterlambatan ini berusaha untuk diminimalisir kejadiannya. Bahkan kini, barang pesanan bisa dipantau secara online.





Berbagai Sikap Konsumen dalam Bisnis Online


bisnis online, usaha sampingan, toko pertanian, sarana prasarana, lmga agro
Tali Salaran | LMGA Agro
Dalam bisnis online, biasa rasanya bila ada konsumen yang hanya bertanya saja. Ternyata tidak membeli produk kita. Jadi pebisnis online harus super sabar.


Kapan saja HP android berbunyi, baik berupa pesanan atau bertanya, Anda harus melayaninya. Karena pelayanan adalah salah satu cara agar konsumen tidak pindah ke penjual lain.



Saat produk ditawarkan lewat media sosial, pasti ada yang memuji juga ada mencela. Selain itu di media sosial juga ada orang menyindir produk kita. Dan dalam bisnis online, Anda akan menjadi obyek pembicaraan para netizen.

Tak jarang, ada juga yang membeda-bedakan dengan toko online lain. Memang pembeli adalah raja. Dan bisa mendapatkan info harga barang yang sama di online shop lain.

Bila Anda memang yakin produk tersebut pantas berharga demikian maka tetaplah tahan harga. Tidak perlu harus ikut-ikut dengan penjual lainnya. Perbedaan harga memang bisa berbeda tiap supplier. Juga perbedaan wilayah menyebabkan harga bisa beda.

Pelanggan pasti komplain bila barang yang dijual di bisnis online kita tidak up to date. Maka kita harus segera selalu menampilkan barang-barang terbaru. Sehingga pelanggan tidak berpindah ke online shop lain.

Pelayanan terhadap konsumen meskipun santai dan tenang tetap harus berhati-hati. Jangan sampai salah bicara atau salah menyampaikan informasi kepada konsumen. Terutama bila saat ada konsumen berkonsultasi masalah pertanian, misalnya. Apalagi bila harus menjawab di media sosial yang terhubung sampai penjuru dunia.





Usaha Sampingan di Desa Secara Online



Tinggal di desa juga harus bisa maju dan memajukan desa Anda. Terutama para mudanya, sekarang tidak ada alasan untuk tidak bekerja mencari penghasilan. Di desa pun kini, banyak peluang usaha dapat dikerjakan. Meskipun dimulai dari usaha kecil maupun usaha sampingan.


Apalagi kini, setiap usaha dapat dijalankan secara online. Asalkan ada smartphone atau laptop/komputer dan koneksi internet. Bisnis online juga dapat dijalankan meskipun hidup di desa.

Masyarakat desa memang identik bertani. Maka usaha sampingan di desa juga tidak jauh-jauh dari mengolah sumber daya alam. Atau usaha sampingan yang tidak berhubungan dengan pertanian. Usaha sampingan di desa ini pun berpotensi bisa menguntungkan. Juga menambah penghasilan dan untuk menambah tabungan.

Sudah sering kita dengar bahwa cari kerja di kota susah. Apalagi biaya hidup di kota tinggi. Persaingan para pencari kerja juga sangat ketat. Bila tanpa ada keterampilan dan ijasah sekolah tinggi, sulit menang dalam persaingan.

Kenapa tidak kita kembangkan desa kita dengan membuka usaha sendiri. Manfaatkan yang ada baik tempat, lahan kosong, smartphone dan lain-lain. Dapat dimulai dengan membuat usaha kecil menguntungkan. Atau sebagai usaha sampingan bagi yang sudah punya pekerjaan tetap di desa.

Perkembangan teknologi komunikasi seperti internet juga kini telah menjangkau pedesaan atau kota-kota kecil. Di desa juga bisa terkoneksi dengan internet. Sehingga bisnis online juga bisa dilakukan di sana. Adanya internet, desa tidak lagi ketinggalan dari kota.

Malah di desa, memiliki komoditas prospek bisnis dan ini tidak terdapat di kota. Banyak peluang usaha di desa dapat berjalan hanya dengan modal kecil.





Bisnis Online di Desa Sebagai Peluang Usaha Rumahan


1. Menjadi Blogger


Menjadi seorang blogger dapat menjadi usaha sampingan di desa. Blogger adalah membuat artikel di internet, dengan beragam topik. Jangan lupa untuk memasang iklan Google Adsense di semua blog Anda.

Setiap tayangan dan klik iklan di blog dapat menjadi pemasukan dalam bentuk dollar. Penghasilannya bisa mencapai jutaan bahkan puluhan juta hanya dengan membuat blogger.


Jadi orang desa bisa kaya lewat bisnis online dengan menjadi blogger profesional. Syarat menjadi blogger  ada perangkat komputer, koneksi internet dan pengetahuan tentang dunia blogging.

2. Berjualan Online

Menghasilkan uang bisa dari berjualan online. Dan ini juga bisa dilakukan di desa. Karena di desa pun terjadi pergeseran cara belanja sebagian masyarakat. Banyak masyarakat di desa mengubah tren berjualan yaitu jualan secara online.

3. Menjual Hasil Pertanian di Desa Via Online

Kini telah ada marketplace pertanian yang dapat membantu petani bila ingin memperluas pasarnya. Petani dapat memanfaatkan adanya marketplace ini untuk menjual hasil panennya. Agar bisa maju, petani harus juga mengikuti perkembangan teknologi saat ini.

Melalui marketplace, petani bisa menjual hasil panennya dengan memanfaatkan internet. Di era digital, petani bisa menjangkau konsumen yang membutuhkan hasil pertanian di desa. Petani juga tidak boleh gaptek, harus mahir menggunakan smartphone. Petani sekarang pegangannya bukan pacul atau arit saja, tetapi juga harus pegang smartphone.

Beberapa marketplace pertanian ini dapat petani manfaatkan untuk memasarkan hasil pertaniannya di desa. Ada Sikumis.com, TaniHub.com, Agromaret.com, 8villages.com, Angon. id, Angon.id, Limakilo. id dan lainnya.

4. Bisnis Online Jasa dari Desa



Bila Anda punya keahlian atau keterampilan khusus, maka dapat di jadikan peluang usaha. Dari keahlian tersebut dapat ditawarkan secara online dan pundi-pundi uang pasti kita dapatkan.


Di internet banyak orang membutuhkan beberapa orang ahli. Di bidang penulisan artikel, desain grafis, pemasaran online, membuat video animasi dan lain-lain. Jika meski tinggal di desa, haruslah punya skill dan mulailah menjualnya secara online. Bisa melalui marketplace, media sosial dan lain-lain.

5. Menjadi YouTuber

Meski tinggal di desa atau kampung, Anda bisa mencoba menjadi seorang YouTuber. Buatlah konten video unik dan menarik. Menciptakan ide-ide kreatif tentang pertanian di desa, budidaya tanaman, cara beternak dan lain-lain.

6. Sayuran Hidroponik

Sayuran hidroponik dapat Anda jual secara bisnis online. Bisnis sayuran hidroponik merupakan bisnis pertanian sangat potensial secara online. Memanfaatkan orang-orang yang malas belanja ke pasar, atau ingin memasak di rumah. Atau karena memang hanya makan sayuran yang ditanam secara hidroponik.

Karena, sayuran hidroponik adalah sayuran bebas pestisida. Sayuran organik bersih dari zat kimia. Orang menyukai sayuran organik karena sudah menjadi gaya hidup mereka.

7. Membuat Keripik Buah

Saat lahan Anda luas dan ditanami buah-buahan, sebagian hasil panen dibuat keripik buah. Usaha sampingan ini cocok untuk ibu-ibu atau remaja putri untuk memanfaatkan waktu luang. Bila berhasil di jual di sekitar tempat tinggal, dapat ditawarkan secara online.

Bisnis online keripik buah ini produk yang tidak mudah basi. Dapat tahan selama 1 bulan di wadah kedap udara. Bila sudah menjadi bisnis online, maka pangsa pasar sangat luas. Pemasarannya bisa sampai seluruh wilayah Indonesia.





Bisnis Online Modal Kecil


Bila tidak punya lahan dan modal kecil, peluang usaha online di desa masih tetap terbuka. Yaitu menjadi dropship secara online. Pegangan Anda hanya smartphone dan ada koneksi internet. Anda juga diminta bisa melakukan promosi lewat media sosial.


Dropship cukup dengan modal kecil. Tidak ada stok barang dan bisa dikerjakan dimana dan kapan pun. Usaha dropship juga dapat dijadikan usaha sampingan untuk menambah penghasilan.

Demikian artikel judul : Bisnis Online Usaha Sampingan Petani di Desa. Hubungi nomer HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian Online LMGA Agro menyediakan berbagai varietas benih F1 buah dan sayur. Sedia juga jenis-jenis pupuk, ZPT, pestisida dan alat-alat pertanian.

Produk Toko Pertanian LMGA Agro terbaru, harga bersaing dan harga promo. Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian mulai pengolahan tanah sampai pemanenan. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Semoga artikel tentang bisnis online ini bisa bermanfaat. Salam sukses...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...