TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

08/11/19

Usaha Kecil Menguntungkan Bidang Pertanian yang Menjanjikan


usaha kecil, peluang usaha, toko pertanian, toko online, lmga agro
Usaha Pertanian Budidaya Semangka 
Usaha Kecil Menguntungkan Bidang Pertanian yang Menjanjikan. Hubungi HP 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian LMGA Agro terbaru dan harga promo. Jual berbagai varietas benih F1 buah dan sayur bebas virus. Jual jenis-jenis pupuk, ZPT, pestisida, spare part dan alat-alat pertanian.

LMGA Agro online shop menerima layanan konsultasi gratis seluk beluk pertanian. Kami jual dan agen perusahaan Bayer, Dupont, Basf, FMC, DOW dan DGW. Agen benih East West, BISI, BCA, Takii, Sakata Oriental, Koreana, Tani Murni dan Benih Pertiwi.

Online shop toko pertanian LMGA Agro telah berpengalaman dalam bisnis online. Kerjasama dropship, reseller, petani dan toko pertanian. Siap untuk kirim produk aman dan dijamin sampai ke seluruh wilayah Indonesia.

Usaha kecil menguntungkan bidang pertanian masuk kategori agribisnis bentuk sederhana. Diawali dengan modal kecil dan dilakukan secara mandiri. Dibantu oleh keluarga dan di mulai dari rumah atau pekarangan rumah. Cakupan awal hasil usaha dipasarkan tidak jauh dari tempat usaha.

Usaha Kecil Menguntungkan Jenis Bisnis Menjanjikan

Usaha kecil dibangun dengan skala kecil, modal kecil dan cakupan pasar kecil. Namun kini kemajuan teknologi memberikan kesempatan besar pelaku usaha kecil-kecilan untuk berkembang. Usaha kecil-kecilan bisa menjadi menguntungkan dan menghasilkan untung besar.

Teknologi canggih, seperti internet, membuat bisnis kecil-kecilan menjadi menguntungkan dan laris manis. Menguntungkan dan menjanjikan diusahakan oleh siapapun. Modal tidak besar dan usaha kecil menguntungkan ini dapat dikerjakan secara fleksibel.

Usaha kecil menguntungkan ini juga bisa berkembang menjadi perusahaan besar suatu hari nanti. Hanya butuh proses dan waktu.

Berdasar Undang-Undang Nomor 20/2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah ( UMKM ). Usaha kecil menengah adalah usaha ekonomi produktif. Usaha berdiri sendiri, dilakukan oleh perseorangan. Atau suatu badan usaha, bukan anak perusahaan atau cabang perusahaan.

Bukan dari cabang perusahaan milik dan dikuasai atau menjadi bagian. Baik langsung/tidak langsung dari usaha menengah/besar. Dimana usaha besar tersebut memenuhi kriteria Usaha Kecil menengah. Sebagaimana maksud dalam UU ini.

Program usaha kecil menjanjikan salah satu harapan negara untuk membantu mengurangi masalah ekonomi. Pemerintah mendorong para muda untuk berwirausaha. Pemerintah melalui lembaga keuangan memberikan fasilitas terutama bagi pengusaha pemula ( start-up ). Fasilitas berupa kemudahan peminjaman untuk modal usaha.



Bisnis Maju Karena Niat dan Kerja keras

Mendirikan usaha kecil menguntungkan dikembalikan kepada niat dan usaha keras. Banyak kemudahan bila kita mempunyai niat dan cita-cita tinggi untuk menjadi pengusaha sukses.

Sebuah usaha kecil menguntungkan membutuhkan seorang dengan sifat:
  • Tidak sombong.
  • Baik hatinya. 
  • Bersifat kreatif.
  • Inovatif.
  • Pekerja keras.
  • Mampu mengatur keuangan.
  • Memiliki hoki ( keberuntungan ).
Bagi sebagian orang, memulai usaha kecil menguntungkan merupakan tantangan besar. Belum memulai sudah dihantui banyak pikiran buruk. Seperti takut gagal, takut tidak laku, tidak diterima masyarakat dan lain-lain. Padahal kita tidak akan tahu bila tidak dicoba dulu.

Langkah-Langkah Memulai Usaha Kecil Menguntungkan

1. Ide

Saat ingin membuka usaha kecil menguntungkan, ide-ide usaha harus dipikirkan dengan baik. Ide muncul dari hal-hal yang dilihat, didengar dan dirasakan. Lebih baik lagi bila ide dibuat dari sesuatu kesukaan kita. 

2. Rencana

Setelah ada ide usaha, selanjutnya membuat rencana usaha ( Bussines plan ). Tahap penyusunan rencana ini merupakan awal bagi seorang calon wirausaha kecil menguntungkan.

Adanya visi misi, usaha kecil menguntungkan akan bisa terfokus jalannya. Bila visi misi tidak jelas, sulit untuk konsisten di tujuan awal mendirikan usaha.

3. Modal

Modal usaha salah satu hal penting untuk menggerakkan usaha kecil menguntungkan. Modal usaha bisa berbentuk materi/uang dan berbentuk tenaga.

Uang bagi suatu usaha kecil menguntungkan digunakan penyediaan barang ( stok ). Bagi online shop, modal uang untuk data internet dan smartphone.

4. Survey

Survey dilakukan dengan tujuan pemasaran produk. Barang apa paling dicari, bagaimana tingkat persaingan, pangsa pasar dan potensi kedepannya. Dari survey, dapat diketahui potensi peluang usahanya dan kemungkinan keberhasilannya.



Alasan Mendirikan Suatu Usaha
usaha kecil, usaha menengah, peluang usaha, online shop, toko pertanian, lmga agro
Usaha Pertanian
Budidaya Timun

Ada beberapa alasan mengapa orang membuka suatu usaha kecil. Apalagi bila orang tersebut sudah punya pekerjaan. Mengapa harus capek-capek buka usaha sampingan, lalu dikerjakan. Dan disaat harusnya beristirahat setelah pulang dari kantor/tempat kerja. 


Alasan orang buka peluang usaha adalah belum punya pekerjaan tetap. Atau karena masih menganggur karena susah mencari pekerjaan. Karena ada peluang, maka mau tidak mau harus mencoba mendirikan suatu usaha kecil. Beruntung bila ternyata menjadi usaha kecil menguntungkan.

Alasan keinginan pribadi. Seseorang yang merasa dirinya pintar masak, kadang muncul keinginan membuka usaha kuliner makanan. Mahir membuat kue enak, terpikir untuk buka usaha kue dan lain-lain.

Banyak orang mendirikan usaha kecil menguntungkan berawal dari sebuah hobi. Bila motivasi mendirikan bisnis karena ingin. Selanjutnya harus dipikirkan apakah orang lain suka dengan jualan kita.

Lakukan  survey tentang kebutuhan masyarakat, lalu apakah mereka menyukai bila berjualan produk tersebut. Kedua hal ini saling berkaitan mendukung untuk membuka usaha kecil menguntungkan.

Ada juga beberapa orang pintar melihat peluang bisnis. Mereka ini cepat menangkap ada peluang bisnis dan kemudian dijalankan dengan baik. Orang demikian ini memang diberi talenta oleh Tuhan. Dan sangat diuntungkan apabila hendak berbisnis.

Alasan gabungan antara ada peluang dan ingin punya bisnis. Saat akan membuka usaha kecil, tidak egois memilih jenis usaha dari kesukaan saja. Tetapi juga melihat apakah orang membutuhkan produk jualan tersebut.  

Bisnis usaha dengan dua gabungan alasan ini akan terasa lebih hidup. Karena peluang usaha dapat bisa menguntungkan. Dan karena memang produknya dibutuhkan oleh konsumen.


Usaha Kecil Menguntungkan Di Rumah

Usaha kecil menguntungkan tidak harus di sebuah ruko atau menyewa tempat. Namun juga bisa dijalankan dari rumah tempat tinggal. Cara ini menguntungkan terutama bagi ibu rumah tangga. Yaitu dengan kesibukan mengurus rumah dan anak.

Menjalankan usaha kecil menguntungkan di rumah bagus untuk pengembangan diri. Sekaligus dapat tambahan penghasilan sambil mengurus keluarga.

Usaha kecil menguntungkan di rumah tidak menutup kemungkinan bisa berkembang pesat. Ada beberapa hal yang harus siap dihadapi menjalankan usaha di rumah. Terdapat keuntungan dan kekurangan dalam membuka usaha kecil menguntungkan di rumah.

Keuntungan


Meminimalisasi Biaya

Menjalankan usaha di rumah pasti lebih murah dan hemat. Kita bisa memanfaatkan teras, ruang tamu, pekarangan, halaman belakang. Tidak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat.


Usaha kecil menguntungkan di rumah juga bisa hemat biaya transportasi. Bisa makan di rumah, mengurus anak sendiri tanpa sewa babysitter dan lain-lain.



Menggali Potensi Diri


Memiliki usaha sendiri, kita menjadi bos sekaligus manager keuangan, marketing dan tugas lainnya. Apalagi bila masih kategori usaha kecil menguntungkan, semua pekerjaan dibebankan kepada kita.



Bila berhasil melakukannya dengan baik maka ini menjadi jalan menggali potensi diri. Sebagai jalan menguji kemampuan diri.  Dan untuk menambah pengalaman dan wawasan diri. Hingga berjalannya waktu, kita menjadi semakin profesional.


Bebas Izin Usaha



Usaha kecil menguntungkan tidak dibebani prosedur hukum tentang pendirian usaha. Seperti ditegaskan dalam Pasal 6 ayat ( 1 ) huruf b UU No. 3/1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan.



Tertulis bahwa perusahaan kecil perorangan dan dijalankan sendiri oleh pemilik maupun bersama keluarga. Tidak perlu izin dan masuk kategori bukan suatu badan hukum. sehingga tidak wajib mendaftarkan usahanya.


Waktu Kerja Fleksibel


Menjalankan usaha kecil menguntungkan di rumah tidak perlu menghabiskan waktu perjalanan ke kantor. Karena begitu bangun tidur atau selesai pekerjaan rumah, kita bisa langsung kerja.


Jam kerja tidak dibatasi ( fleksibel), dikerjakan semau sendiri. Bisa bebas memilih ingin dikerjakan cepat atau lambat, sambil mengerjakan pekerjaan rumah. Termasuk mengasuh anak bila punya anak balita.



Kekurangan


Usaha kecil Keuntungan Sedikit

Dalam jual beli, keuntungan sebuah peluang usaha berbanding lurus. Yaitu dengan usaha, pengorbanan dan risiko bisnis. Artinya, bila modal usaha sedikit dan berupa usaha sampingan ( sederhana ). Maka keuntungan juga tidak besar.

Keuntungan mungkin semakin sedikit bila lokasi rumah kurang strategis. Sehingga upayakan tempat usaha kecil menguntungkan berada di lokasi tepat.

Keluarga Terbengkalai

Ibu rumah tangga memang cenderung multasking dan itu kodrat wanita dari Tuhan. Namun menurut psikolog, kondisi ini lama kelamaan kurang baik buat keluarga. Orang sebenarnya hanya bisa memberikan keasadaran dan perhatian pada saat tertentu saja.

Menjalankan suatu usaha kecil menguntungkan sebagai usaha sampingan kadang juga merepotkan. Karena terutama sebagai ibu rumah tangga. Tiba-tiba ada saja gangguan dari ulah anak atau anggota keluarga lain. Saat tertentu, Anda harus memprioritaskan mana harus dikerjakan dulu. Dan mana perlu ditunda dulu. 


Kadang bisa Menguras Waktu

Usaha kecil menguntungkan termasuk usaha sederhana yang kurang jelas pengaturan kerjanya. Kerja memang fleksibel tapi terkadang bisa 24 jam penuh. Karena dimulai dari pagi sekali sampai menjelang sore bahkan sampai malam hari.

Dibutuhkan pengaturan waktu yang baik untuk menjalankan usaha kecil menguntungkan ini. Beri waktu istirahat cukup terutama bila nanti konsumen datang berkunjung.

Manajemen Kurang Rapi

Hal ini karena semua masih dikerjakan sendiri tanpa bantuan orang diluar keluarga. Seringkali keuntungan usaha juga masih dicampur dengan uang pribadi. Catatan tentang uang keluar masuk jarang ditulis. di rumah juga bisa hemat biaya transportasi. Bisa makan di rumah, mengurus anak sendiri tanpa sewa babysitter dan lain-lain.


Usaha Kecil Menguntungkan Sayuran Organik

usaha kecil, peluang usaha, usaha sayuran organik, toko pertanian, lmga agro
Sawi Putih
Sayuran Organik
Bisnis usaha sayuran organik dapat dilakukan di kota maupun di desa. Namun pasar terbesar memang ada di perkotaan karena sudah menjadi gaya hidup.

Sayuran organik lebih menyehatkan karena bebas residu bahan kimia terutama pestisida. Masyarakat perkotaan banyak mencari sayuran organik karena agar tubuh menjadi lebih sehat.

Budidaya sayuran organik tidak perlu lahan luas. Banyak ragam sayuran bisa ditanam secara organik. Seperti selada daun, kol kubis, bunga kol, sawi, wortel dan lain-lain.

Menanam secara organik otomatis kita pun ikut memelihara kesuburan tanah. Karena harus menggunakan pupuk alami ( kompos dan kandang ). Pupuk bisa diusahakan sendiri atau membeli di toko pertanian.

Pangsa pasar sayuran organik kebanyakan adalah supermarket, restoran, online shop, marketplace dan lain-lain. Sayuran organik usaha kecil menguntungkan ini juga dapat dijual di depan rumah. Secara online, dapat kita tawarkan ke media sosial. Seperti facebook, instagram, twitter, blog dan lain-lain.

Usaha Kecil Menguntungkan Jual Benih dan Bibit

Toko pertanian jual benih berkualitas, bebas virus dan penyakit. Merupakan juga usaha kecil menguntungkan bidang pertanian. Khususnya petani di desa, benih berkualitas pasti banyak dicari. 


Dibandingkan benih lokal, benih F1 meski lebih mahal. Namun benih hibrida F1 lebih tahan virus. Kualitas hasil panen tinggi dan tidak mudah rusak bila didistribusikan di luar kota.

Sambil berjualan benih, Anda juga dapat membuat benih tanaman. Sekaligus menggunakan benih hibrida tadi. Lakukan survey dulu untuk mengetahui benih dan bibit apa banyak dicari di sana. Pemeliharaan bibit juga harus Anda perhatikan. Agar kualitas bibit bagus.

Biasanya benih yang banyak dicari adalah benih cabai, tomat, semangka, melon, dan terong. Mendekati bulan puasa, biasanya petani mulai mencari benih buah segar. Seperti blewah, waluh, semangka dan melon.

Agar pemasaran usaha kecil menguntungkan lebih luas, jualan online dapat  dicoba. Kita dapat memanfaatkan petani di pelosok seluruh wilayah Indonesia. Terutama petani yang kesulitan mencari benih. Situasi tersebut lalu diakomodir menjadi sebuah peluang.

Jual beli secara online sudah lazim dilakukan masyarakat Indonesia. Tidak ada salahnya jika mengikuti arus trend saat ini. Yaitu dengan memasarkan bibit/benih secara online. Cara ini juga membantu petani atau masyarakat umum. Untuk menyediakan benih dan bibit dengan mudah.

Peluang Usaha Beternak dan Jual Pupuk Kandang

Beternak di desa biasa dilakukan masyarakat desa. Hewan ternak seperti ayam kampung, kambing, angsa bahkan sapi. Kotoran ternak-ternak ini dapat dijadikan pupuk kandang. Anda pun dapat membuat usaha jual pupuk kandang.

Karena kadang ada petani malas membuat pupuk kandang. Atau dapat dijual di luar desa bagi orang-orang yang enggan membuat pupuk kandang.

Beternak ikan lele, mujair dan bandeng juga merupakan usaha kecil menguntungkan. Peluang usaha ini bahkan laku keras di pasaran. Ikan lele dapat Anda tawarkan ke depot atau warung makanan. Bila berkembang, Anda bisa menjadi pemasok tunggal di depot-depot.

Tak kalah menarik juga usaha kecil menguntungkan peternakan ayam petelur. Selain dagingnya yang setiap hari dibutuhkan, telur ayam juga banyak dibutuhkan masyarakat. Terpenting adalah melakukan analisa pasar dan lingkungan tempat tinggal. Selanjutnya dapat ditentukan usaha ternak apa yang cocok.

Dalam bisnis, paling penting bukan hanya berapa besar keuntungan akan kita dapat nanti. Tetapi seberapa besar segmen dari pasar. Juga permintaan dari produk yang kita jual atau produksi.

Jika bisnis anda mendapatkan keuntungan tanpa ada segmen pasar menjanjikan. Maka kemungkinan usaha kecil menguntungkan ini dapat berkembang dan bertahan lama.

Lebih baik bila keuntungan yang didapat kecil. Tetapi permintaan pasar menjanjikan. Dan bisa jadi nanti usaha kecil menguntungkan ini memberikan untung besar.

Usaha Kecil Menguntungkan Budidaya Jamur Tiram

Budidaya jamur tiram layak untuk dicoba sebagai usaha kecil menguntungkan. Bila lokasi rumah dekat pasar, peluang usaha jualan jamur tiram layak dicoba.

Di pasar, jamur tiram banyak dicari dan selalu habis. Harganya juga cukup tinggi dan stabil. Jamur tiram banyak dibutuhkan untuk dibuat ragam produk makanan. Jamur tiram goreng enak dibuat lauk lalapan beserta sambalnya.

Banyak warung makan menjual menu ini. Cangkang jamur tiram enak dibuat menjadi jamur krispi atau keripik jamur. Usaha kecil menguntungkan budidaya jamur tiram membutuhkan bahan baku. 


Seperti serbuk gergaji halus, gilingan padi atau dedak dan kapur bukit. Lalu dibuat media tanam jamur tiram. Seluruh bahan baku dicampur menjadi satu.

Bahan baku kemudian dihaluskan dengan alat pencampur. Setelah tercampur, didiamkan selama satu hari penuh. Setelah sehari penuh, masukkan ke wadah plastik.

Media tanam dalam wadah plastik dikukus 8 jam agar steril dan bersih. Setelah dikukus, media tanam jamur ( baglog ) dikeluarkan lalu diisi bibit jamur tiram. Dan selanjutnya didiamkan 30 -40 hari. Panen jamur tiram kurang dari 1 bulan. Satu baglog bisa bertahan 5 bulan lalu ganti media baru. Hasil budidaya jamur tiram dapat Anda jual di pasar.

Demikian beberapa usaha kecil menguntungkan bidang pertanian yang paling banyak dicoba dan menjanjikan. Masih banyak jenis usaha kecil menguntungkan lainnya bidang pertanian. Dan ini layak Anda coba dan cocok untuk dikerjakan. Terpenting adalah kita menyukai pekerjaan tersebut sehingga bisa menikmati dalam setiap prosesnya.

Semoga artikel judul Usaha Kecil Menguntungkan Bidang Pertanian yang Menjanjikan ini bisa bermanfaat. Hubungi nomer 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro mendukung usaha kecil menguntungkan pertanian.

Kami jual harga promo dan produk terbaru Kami. Yaitu benih F1 berkualitas, pupuk, hormon, vitamin, pestisida, spare part dan alat  pertanian. Kami menerima layanan konsultasi gratis. Kami siap kirim produk dengan cepat ke seluruh wilayah Indonesia. Salam sukses...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...