TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

30/10/19

Tabulampot Solusi Budidaya Tanaman Lahan Sempit


Tabulampot Melon
Tabulampot Solusi Budidaya Tanaman Lahan Sempit. 082141747141 ( Khusus telepon ) 08125222117 ( Khusus SMS / WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro merupakan usaha yang bergerak di bidang pertanian. Kami menyediakan berbagai benih buah dan sayuran varietas unggul, pupuk, pestisida, ZPT, dan alat pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro mendukung usaha pertanian di wilayah desa maupun di kota. Kami telah berpengalaman sebagai toko pertanian, supplier usaha dropship, reseller, dan online shop. Kami jual produk pertanian dengan harga murah dan promo.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menerima konsultasi mengenai pertanian dan cara bisnis online pertanian untuk usaha rumahan. Juga menerima konsultasi mengenai kendala yang terjadi pada lahan pertanian. Serta masalah pada tanaman yang sedang dibudidayakan.

Kami menyediakan benih unggul produksi pabrik – pabrik benih terkemuka dan terpercaya. Benih unggul produksi dari BISI, EWINDO, Known You Seed, Takii Seed dan lain – lain. Juga tersedia pupuk, pestisida, dan alat pertanian kualitas unggul.

Budidaya tanaman merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan panen berupa buah dan sayuran. Mayoritas kegiatan budidaya tanaman dilakukan oleh petani pada lahan pertanian yang luas dan dilakukan di pedesaan. Namun budidaya tanaman juga bisa dilakukan pada lahan sempit dengan menggunakan sistem tabulampot.

Tabulampot merupakan solusi jika ingin melakukan kegiatan budidaya tanaman pada lahan sempit. Salah satu sistem pertanian ini seringkali dilakukan oleh ibu rumah tangga atau penghobi tanaman yang tinggal di daerah perkotaan. Tabulampot juga dapat dijadikan alternatif pemenuhan kebutuhan buah dan sayur sehari – hari.

Tabulampot Solusi Budidaya Tanaman di Perkotaan


Perkotaan merupakan daerah yang identik dengan masyarakatnya yang biasa bekerja di kantor dan jarang sekali memiliki lahan yang luas. Lahan yang dimiliki oleh masyarakat perkotaan hanya terbatas pada halaman rumah yang tidak begitu luas. Maka untuk penghobi tanaman di perkotaan, tabulampot bisa dijadikan solusi bila ingin menyalurkan hobi sekaligus pemenuhan kebutuhan buah dan sayur.

Tabulampot merupakan salah satu cara budidaya tanaman khususnya buah dengan memanfaatkan pot sebagai wadahnya. Pemanfaatan pot sebagai wadah tanaman dimaksudkan agar lebih mudah ketika tanaman akan dipindahkan. Selain mudah dipindahkan penggunaan pot juga bermanfaat untuk keindahan halaman rumah.

Tabulampot bisa digunakan sebagai penambah estetika halaman rumah karena unsur keunikannya yaitu menanam buah dalam pot. Tanaman buah biasanya memiliki bentuk batang yang besar dan memiliki banyak sekali ranting didalamnya. Namun dengan penggunaan tabulampot dan perawatan yang teratur, tanaman buah akan sangat cocok untuk dijadikan hiasan pada halaman rumah.

Buah yang dihasilkan dari penanaman metode tabulampot ini juga dapat dijadikan bahan konsumsi harian di rumah. Jika ingin memiliki hasil buah yang lebih sehat dan organik, maka kurangi penggunaan pupuk kimia dan gunakan pupuk organik. Selain tanaman buah, tabulampot juga bisa digunakan untuk menanam sayur dan hortikultura.

Metode tabulampot juga bisa digunakan untuk menanam sayur dan kebutuhan dapur seperti tomat dan cabe. Tomat dan cabe bisa ditanam melalui sistem tabulampot karena ukuran tumbuhan yang tidak begitu besar dan mudah dalam perawatannya. Buah yang dihasilkan dari penanaman tomat dan cabe tabulampot sudah bisa mencukupi kebutuhan bumbu dapur.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual varietas benih cabe dan tomat unggul dengan harga murah. Serta menyediakan pestisida, pupuk, dan ZPT kualitas unggul dengan harga terjangkau. Toko Pertanian LMGA Agro juga menyediakan peralatan pertanian dengan harga murah.


Fungsi Tabulampot


Tanaman buah dalam pot atau tabulampot yang bisa dijadikan alternatif metode pertanian memiliki beberapa fungsi yang bermanfaat bagi penanamnya. Walaupun tidak semua tanaman buah dapat ditanam dengan menggunakan metode tabulampot. Setidaknya beberapa tanaman buah dan sayur dapat memiliki fungsi yang bermanfaat bagi masyarakat yang menerapkannya.

Fungsi tabulampot sendiri dapat diterapkan menjadi penyegar ruangan yang bisa diletakkan dalam ruangan. Contoh tanaman yang bisa dijadikan penyegar ruangan adalah buah jeruk. Selain memberikan efek segar pada ruangan, jeruk juga memiliki aroma yang harum dan membuat nyaman.

Fungsi selanjutnya dari pemanfaatan tabulampot sebagai metode pertanian adalah menjadikan lingkungan menjadi lebih tertata. Fungsi ini bisa dilihat dengan penggunaan pot dalam melakukan penanaman bibit tanaman. Pot yang digunakan untuk penanaman ini bisa diatur sedemikian rupa agar terdapat kesan rapi pada halaman rumah.

Hasil tanaman dari metode tabulampot dikenal memiliki gizi yang tinggi dan dapat menyehatkan tubuh manusia. Fungsi yang satu ini sangat terlihat dari tanaman apa yang sedang ditanam dalam wadah pot tersebut. Jika ingin memiliki gizi yang lebih, maka perawatan secara organik lebih direkomendasikan dengan penggunaan pupuk organik dan minim pestisida.

Selain memiliki gizi yang tinggi dan menyehatkan, hasil dari tabulampot juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat. Vitamin dan mineral pada buah berfungsi untuk menutrisi tubuh manusia agar menjadi lebih sehat dan terjaga. Selain buah, sayur hasil dari metode tabulampot juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang memiliki manfaat yang sama bagi tubuh.

Tabulampot juga merupakan metode pertanian yang praktis, karena penanaman tanaman dilakukan didalam pot. Sehingga jika diperlukan, pot tanaman dapat dipindah sesuka hati untuk membuat kesan indah pada halaman rumah. Selain itu, tabulampot juga praktis dalam perawatannya karena bentuk tanaman yang lebih kecil dari aslinya.


Hal Penting Dalam Metode Tabulampot


Tanaman yang ditanam dengan metode tabulampot akan menghasilkan buah yang lebat jika dirawat dan dijaga dengan baik. Apabila perawatan pada tabulampot terkesan kurang, maka hasilnya pun tidak sesuai yang diharapkan. Untuk membuat buah hasil tabulampot memiliki hasil maksimal harus diperhatikan beberapa hal penting pada prakteknya.

Pemilihan lingkungan tumbuh merupakan hal penting yang harus diperhatikan pada saat melakukan metode tabulampot. Tanaman harus tumbuh pada lingkungan yang mendukung dan tidak menghambat perkembangannya. Lingkungan terlalu panas ataupun terlalu dingin akan membuat tanaman tidak bisa tumbuh secara maksimal.

Pemilihan benih juga harus diperhatikan bila ingin menggunakan metode tabulampot, karena benih menentukan perkembangan tanaman. Jika benih yang ditanam memiliki kualitas yang buruk maka hasil yang didapat tidak akan maksimal. Sebaliknya, bila benih yang ditanam merupakan benih unggul hasil yang akan didapat akan memiliki kualitas yang bagus.

Pemilihan pot juga harus diperhatikan dalam melakukan metode tabulampot. Batang dan akar tanaman yang akan ditanam memiliki ukuran yang berbeda, tentu akan menyulitkan jika menggunakan pot yang terlalu kecil. Pot yang digunakan harus menyesuaikan dengan perkembangan tanaman dengan ditambahkan perawatan secara teratur.

Media tanam yang digunakan pada tanaman buah dalam pot atau tabulampot juga harus sesuai dengan ukuran pot yang digunakan. Hal tersebut berguna untuk media tanam memberikan dukungan optimal bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Media tanam juga harus memberikan ruang tumbuh optimal bagi akar dan ketersediaan unsur makro bagi tanaman.

Perawatan yang diberikan kepada tanaman juga harus diperhatikan secara seksama, mulai dari perawatan akar hingga daunnya. Perawatan yang meliputi penyiraman harus dilakukan secara teratur setiap pagi dan sore hari untuk mencegah media tanam kering. Pemupukan juga dilakukan secara teratur dan berimbang serta mengendalikan hama dan penyakit menggunakan pestisida atau secara manual.


Tanaman Buah yang Cocok Untuk Tabulampot

Tanaman Buah Yang Cocok Untuk Tabulampot

Manfaat yang diberikan oleh metode tanam pertanian dengan tabulampot sudah banyak dirasakan oleh masyarakat. Mulai dari penanamannya yang tidak memerlukan banyak tempat atau lahan, hingga bisa berbuah dengan lebat. Selain itu buah yang dihasilkan juga memiliki vitamin dan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Tidak semua buah bisa ditanam dengan metode tabulampot, karena setiap benih buah daya tumbuhnya juga berbeda – beda. Beberapa benih buah yang mudah tumbuh pada tabulampot antara lain jenis jambu, mangga, dan jeruk. Dibawah ini akan menjelaskan beberapa buah yang mampu ditanam dalam pot selain buah yang telah disebutkan tadi.

Delima


Buah delima merupakan tanaman buah – buahan yang dapat tumbuh tinggi hingga 5 sampai 8 meter. Buah ini diperkirakan berasal dari timur tengah, tersebar di daerah subtropik hingga tropik. Tanaman ini bisa hidup dan berkembang pada dataran rendah hingga ketinggian dibawah 1.000 mdpl.

Buah delima juga mudah ditanam didalam pot dikarenakan sistem perakaran yang pendek, selain pohonnya yang tidak terlalu tinggi. Tanaman buah delima cocok ditanam dengan metode tabulampot dikarenakan memiliki nilai keindahan tersendiri. Banyak sekali pohon delima dengan sengaja ditanam didalam pot untuk menambahkan nilai estetika pada halaman rumah maupun teras rumah.

Semangka


Buah semangka yang berukuran besar dan memiliki daging berwarna merah dan kuning, ternyata dapat ditanam menggunakan metode tabulampot. Pada prakteknya tanaman merambat ini ditanam pada kondisi dan cuaca yang cerah, serta disediakan teralis untuk tempat merambatnya. Untuk mengantisipasi pertumbuhan buah yang besar, siapkan teralis yang kuat dan bila perlu tambahkan rangka kayu supaya lebih kuat.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan berbagai macam benih semangka kualitas unggul dengan harga terjangkau. Semangka yang disediakan LMGA Agro meliputi semangka daging merah dan semangka daging kuning. Serta varietas semangka jenis semangka inul atau lonjong dan varian semangka tanpa biji.

Melon


Sama seperti semangka, buah melon merupakan jenis tanaman merambat yang bisa ditanam dengan menggunakan metode tabulampot. Menanam benih melon pada pot tanaman, juga harus memperhitungkan seberapa besar buah melon yang akan menjadi hasilnya. Karena varietas buah melon tidak hanya memiliki satu ukuran buah, jadi tanamlah benih pada pot yang sesuai dengan hasil buahnya.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual varietas benih melon stok lengkap dengan harga murah. Jenis melon yang dijual meliputi benih melon hijau dan melon kuning yang diproduksi oleh pabrik benih terkemuka. Toko Pertanian LMGA Agro juga menyediakan perlengakapan pertanian lengkap dengan harga terjangkau.

Nanas


Buah nanas merupakan buah yang sangat digemari oleh masyarakat karena memiliki rasa yang manis dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Bila rutin memakan buah nanas maka manfaat seperti melancarkan sistem pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh akan didapatkan. Daging buah nanas dapat dikonsumsi langsung, dicampur pada es buah maupun dijadikan jus buah.

Tanaman nanas juga dapat ditanam dengan metode tabulampot dikarenakan memiliki akar yang dangkal dan pohon yang pendek. Walaupun buah nanas tumbuh ideal pada ketinggian 800 – 1200 mdpl, juga terdapat tanaman nanas yang tumbuh pada dataran rendah. Walau ditanam pada dataran tinggi atau dataran rendah, buah nanas harus dirawat secara benar agar hasilnya memuaskan.

Pisang


Pisang juga merupakan salah satu buah favorit masyarakat yang sering dijual di pasar tradisional dan supermarket. Buah pisang memiliki banyak gizi dan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Buah pisang bermanfaat sebagai sumber energi dan mengatasi kekurangan darah atau anemia.

Menanam pisang dengan menggunakan metode tabulampot juga dapat dilakukan karena bentuk fisik pohon yang tidak terlalu tinggi. Beberapa jenis pohon pisang hanya tumbuh sekitar 2 sampai 4 meter. Perawatan dari pohon pisang juga terbilang mudah dan dapat tumbuh dengan cukup cepat.

Tomat


Tomat adalah tanaman yang sering digunakan oleh para ibu rumah tangga untuk membuat bumbu tambahan untuk masakan. Dilihat dari penggunaannya, tomat sangat cocok untuk ditanam dengan metode tabulampot dengan ukuran pot yang beragam. Tomat tabulampot membutuhkan penyangga untuk menopang supaya tangkai pohon tidak patah dan membuat pohon tumbuh tegak.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual varietas benih tomat stok lengkap dengan kualitas unggul harga murah. Tomat yang disediakan dan dijual oleh LMGA Agro merupakan produksi dari pabrik benih terkemuka. Toko Pertanian LMGA Agro juga menyediakan perlengkapan pertanian dengan harga terjangkau.

Cabe


Metode tanam dengan cara tabulampot sangat sering dilakukan, apalagi menanam cabe dengan menggunakan metode ini. Cabe merupakan tanaman favorit yang ditanam dalam pot karena mudah dalam perawatan dan pohon yang tidak terlalu tinggi. Cabe juga sangat bermanfaat untuk dijadikan bumbu masakan atau sambal.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual varietas benih cabe stok lengkap dengan harga terjangkau. Cabe yang disediakan oleh LMGA Agro merupakan hasil produksi dari pabrik benih terkemuka. Toko Pertanian LMGA Agro juga menyediakan pupuk, pestisida, dan ZPT kualitas unggul dengan harga terjangkau.

Stroberi


Stroberi merupakan buah yang identik dengan penanaman pada dataran tinggi dan rasa yang asam. Stroberi juga kaya akan manfaat yang berguna bagi tubuh manusia seperti kandungan vitamin C yang tinggi. Stroberi seringkali dimanfaatkan untuk bahan membuat kue atau dijadikan jus buah.

Stroberi juga dapat ditanam dalam pot dengan menggunakan metode tabulampot dikarenakan bentuk pohonnya yang kecil. Bentuk pohon yang kecil merupakan keuntungan tersendiri bagi penggunaan pot tanaman. Stroberi bisa tumbuh baik dengan terpapar sinar matahari setidaknya 6 sampai 8 jam sehari dan dirawat dengan baik.

Blueberry


Blueberry juga merupakan buah yang cocok jika ditanam dengan menggunakan metode tabulampot. Walaupun blueberry tetap akan bertumbuh, namun bila dipangkas secara teratur maka blueberry cocok dijadikan tanaman hias di teras rumah. Blueberry juga memiliki ukuran yang tidak terlalu besar sehingga sangat pas bila ditanam menggunakan pot berukuran sedang.

Mentimun


Tanaman yang memiliki bentuk panjang dan berwarna hijau ini sangat sering ditemukan dalam berbagai masakan Indonesia. Timun merupakan tanaman yang tumbuh dengan cara merambat dan merupakan tanaman yang memiliki rasa segar bila dikonsumsi. Dengan berbagai manfaat dan seringnya penggunaan timun, maka tanaman ini sangat cocok apabila ditanam dengan cara tabulampot.

Mentimun dapat ditanam menggunakan metode tabulampot dengan memanfaatkan teralis atau disediakan kayu sebagai tempat merambatnya. Ibu rumah tangga juga diuntungkan dengan adanya timun tabulampot, karena kebutuhannya dapat terpenuhi secara mandiri dan dimanfaatkan untuk kebutuhan dapur. Pemenuhan benih mentimun dapat dicari di Toko Pertanian Online LMGA Agro, benih timun lengkap dan harga terjangkau.

Terong


Buah yang tergolong sayur dengan warna ungu ini sudah sangat populer dikalangan masyarakat karena bisa dipakai untuk beragam masakan. Terong memiliki kandungan antioksidan dan serat yang tinggi guna mencukupi gizi yang dibutuhkan tubuh. Terong juga merupakan tanaman menjalar sehingga dibuthkan tiang penyangga apabila ditanam dengan metode tabulampot.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual varietas benih terong stok lengkap kualitas unggul dengan harga murah. Serta menyediakan pupuk, pestisida, dan ZPT dengan kualitas unggul harga terjangkau. Toko Pertanian LMGA Agro juga melayani konsultasi mengenai permasalahan dan kendala yang terjadi pada budidaya tanaman.


Keunggulan dan Kelemahan Tabulampot


Tabulampot merupakan salah satu metode budidaya tanaman selain hidroponik yang memanfaatkan lahan sempit sebagai lokasi penanamannya. Metode penanaman dalam pot sebenarnya sudah banyak dilakukan namun hanya ditanami dengan tanaman hias seperti bunga anggrek. Inovasi dengan menanam benih buah dalam pot merupakan hal yang menguntungkan sekaligus menantang bagi penghobi tanaman.

Tantangan tersendiri tersebut adalah biasanya benih buah ditanam di lahan yang luas justru ditanam didalam pot yang memiliki beragam ukuran. Walaupun memiliki tantangan tersendiri, tabulampot juga akan memiliki keunggulan yang beragam bagi pecinta tanaman. Selain memiliki keunggulan, tabulampot juga memiliki kelemahan tersendiri yang harus diperhatikan oleh penghobi.

Keunggulan Tabulampot


Keunggulan tabulampot yang sudah sangat terlihat adalah mampu memanfaatkan lahan sempit sebagai tempat menanamnya. Walaupun secara fisik benih ditanam didalam pot, namun hal itu tetap memberikan bukti dalam pemanfaatan lahan sempit. Pemanfaatan lahan sempit ini bisa dimaksimalkan dengan melihat ukuran pot yang akan digunakan untuk penanaman benih.

Pertumbuhan dari tanaman dengan metode tabulampot cenderung tidak mengganggu bangunan disekitarnya. Beberapa tanaman yang mempunyai sifat menjalar bisa disediakan rangkaian kayu agar tidak menjalar ke bagian bangunan. Metode ini juga memiliki perawatan yang mudah karena hanya fokus ke satu tanaman dalam satu pot.

Kebutuhan unsur hara dan air yang diperlukan oleh tanaman juga bisa lebih efisien dan optimal. Karena takaran air dan pupuk pendukung bisa disesuaikan dengan ukuran dan fase pertumbuhan tabulampot. Sehingga tidak terjadi overdosis dalam pemberian pupuk dan tanaman tidak terendam oleh air.

Tanaman tabulampot bisa memperindah tampilan dari teras dan halaman rumah karena ukuran yang relatif kecil. Ukuran dari beberapa tanaman yang ditanam didalam pot tidak terlalu tinggi sehingga bisa diatur sedemikian rupa untuk hiasan rumah. Pengaturannya pun mudah karena pot bisa dipindahkan sesuai dengan keinginan.

Bila tabulampot dirawat dengan seksama dan berhasil berbuah, maka hal itu akan menjadi keuntungan tersendiri. Buah yang dihasilkan dari metode tabulampot dapat dikonsumsi dan diolah menjadi berbagai varian makanan dan minuman. Selain itu juga dapat dijual untuk dijadikan sumber pemasukan.

Kelemahan Tabulampot


Tabulampot selain memiliki kelebihan yang beragam, sudah pasti memiliki kelemahan didalamnya. Kelemahan yang terdapat dalam metode ini diantaranya tidak semua buah bisa dibuahkan dalam wadah pot tanaman. Salah satunya adalah buah durian yang meskipun dapat berbuah namun buahnya akan mengalami kerontokan.

Buah yang dihasilkan oleh metode tabulampot juga tidak sebanyak yang dihasilkan oleh tanaman yang ditanam pada lahan luas. Biasanya buah hasil menanam dalam pot hanya beberapa dan tidak menutupi tanaman. Sedangkan buah hasil penanaman pada lahan luas lebih banyak dan berpotensi hampir menutupi seluruh tanaman bila pada musimnya.


Demikian artikel tentang Tabulampot Solusi Budidaya Tanaman Lahan Sempit. Hubungi nomor HP 082141747141 ( Khusus telepon ) dan 08125222117 ( Khusus WA/SMS ). Toko Pertanian Online LMGA Agro sebagai supplier recommended usaha dropship, reseller, online shop, petani, dan toko pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro memberikan peluang usaha bisnis jual varietas benih unggul dan hibrida, pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian. Terpercaya dan harga promo bersaing. Kami siap kirim hingga ke seluruh wilayah indonesia. Bersama jasa ekspedisi mitra kami yaitu JNE, TIKI, KI8, POS dan ekspedisi lainnya.

Semoga artikel tentang tabulampot ini bermanfaat bagi pembaca, baik pembaca di desa maupun di kota, baik berprofesi sebagai petani maupun bukan petani. Salam sukses selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...