TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

28/11/19

Pupuk Organik, Komponen Pertanian Dari Bahan Alami

pupuk,organik,pupuk organik,pertanian,budidaya,lmga agro
Pupuk Organik
Pupuk Organik, Komponen Pertanian Dari Bahan Alami. 082141747141 ( Khusus telepon ) 08125222117 ( Khusus SMS / WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro merupakan usaha yang bergerak di bidang pertanian. Kami menyediakan berbagai benih buah dan sayuran varietas unggul, pupuk, pestisida, ZPT, dan alat pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro mendukung usaha pertanian di wilayah desa maupun di kota. Kami telah berpengalaman sebagai toko pertanian, supplier usaha dropship, reseller, dan online shop. Kami jual produk pertanian dengan harga murah dan promo.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menerima konsultasi mengenai pertanian dan cara bisnis online pertanian untuk usaha rumahan. Juga menerima konsultasi mengenai kendala yang terjadi pada lahan pertanian. Serta masalah dan kendala pada tanaman yang sedang dibudidayakan.

Kami menyediakan benih unggul produksi pabrik – pabrik benih terkemuka dan terpercaya. Benih unggul produksi dari BISI, EWINDO, Known You Seed, Takii Seed dan lain – lain. Juga tersedia pupuk, pestisida, dan alat pertanian kualitas unggul.

Budidaya tanaman merupakan kegiatan penanaman benih tanaman pada lahan pertanian dan dilakukan oleh pelaku usaha seperti petani. Usaha ini membutuhkan ketelatenan dan pemakaian komponen pertanian secara teratur agar mendapatkan hasil panen yang maksimal dan menguntungkan. Komponen tersebut meliputi pupuk dan pestisida yang bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman.

Pupuk untuk budidaya tanaman memiliki 2 jenis bila dilihat dari bahan pembuatnya, yaitu pupuk organik dan pupuk kimia. Pupuk kimia terbuat dari campuran bahan sintetis kimia yang memiliki unsur hara untuk pertumbuhan tanaman. Sedangkan pupuk organik terbuat dari bahan -  bahan alami yang lebih ramah lingkungan daripada pupuk kimia.

Pupuk Organik Ramah Lingkungan dan Aman


Pupuk organik adalah komponen pertanian yang terbuat dari bahan – bahan alami dan telah tersedia di lingkungan sekitar lahan pertanian. Bahan yang bisa dibuat menjadi pupuk organik adalah sisa hasil pencernaan dari hewan ternak seperti kambing dan ayam. Selain itu sisa sisa hasil panen dan daun bisa dijadikan sebagai pupuk hijau atau pupuk daun.

Pupuk yang dihasilkan dari sisa sisa pencernaan hewan ternak maupun dari sisa tanaman mempunyai keuntungan apabila dipakai untuk budidaya tanaman. Budidaya tanaman yang memanfaatkan pupuk organik sebagai pupuk utama dapat menghasilkan buah dan sayur yang bisa dikategorikan sebagai tanaman organik. Hasil dari tanaman organik dikenal dengan kandungan nutrisi dan vitamin lebih banyak serta bermanfaat bagi tubuh manusia.

Selain menjadikan hasil panen lebih memiliki nutrisi dan vitamin, pupuk organik juga lebih ramah terhadap lingkungan disekitarnya. Lingkungan budidaya tanaman yang telah diberi pupuk organik bisa menjadi lebih subur daripada sebelumnya. Selain itu organisme yang terdapat di dalam tanah juga menjadi lebih banyak.

Pupuk organik mempunyai 2 bentuk yang umum ditemukan di toko pertanian maupun dibuat secara mandiri oleh petani. Bentuk yang dimaksud adalah pupuk organik cair dan pupuk organik padat. Baik padat maupun cair, bahan pupuk yang telah digunakan bersifat organik dan ramah lingkungan.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual pupuk organik cair kualitas unggulan dengan harga terjangkau. Juga menyediakan berbagai kebutuhan pertanian seperti varietas benih unggul dan pestisida hama tanaman. Toko Pertanian LMGA Agro melayani konsultasi mengenai budidaya tanaman secara gratis.


Jenis Pupuk Organik dan Bahan Bakunya

pupuk,pupuk organik,budidaya tanaman,budidaya,lmga agro
Jenis Pupuk Organik

Pupuk organik merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan pada saat mengelola budidaya tanaman agar dapat tumbuh secara maksimal. Selain itu pemberian pupuk juga dimaksudkan untuk memberikan unsur hara tambahan ke dalam tanah. Organisme didalam tanah juga dapat meningkat populasinya bila pemberian pupuk organik sesuai dengan dosisnya.

Banyaknya manfaat yang bisa diterima oleh tanaman, membuat jenis pupuk organik menjadi beragam. Jenis – jenis dari pupuk alami ini juga memiliki kandungan dan bahan baku yang berbeda di setiap penggunaan dan pembuatannya. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa jenis pupuk organik yang sering digunakan oleh petani serta manfaat yang diberikan untuk tanaman.

Pupuk Kandang


Pupuk kandang adalah pupuk organk yang memiliki bahan baku dari sisa hasil pencernaan hewan ternak atau kotoran hewan ternak. Selain memiliki manfaat untuk dijadikan pupuk, cara ini digunakan untuk mengurangi limbah hewan ternak agar tidak mencemari lingkungan. Selain itu kandungan unsur hara makro dan mikro pada pupuk kandang juga termasuk lengkap untuk pertumbuhan tanaman.

Unsur hara makro yang terkandung pada pupuk organik jenis pupuk kandang meliputi Nitrogen, Fosfor, dan Kalium. Sedangkan untuk unsur hara mikro yang terkandung dalam pupuk kandang antara lain Kalsium, Magnesium, Belerang, Natrium, Besi, Tembaga, dan Molibdenum. Kandungan unsur hara makro dan mikro tersebut sangat berguna untuk pertumbuhan tanaman mulai dari benih hingga masa panen tiba.

Pupuk kandang sendiri memiliki 2 jenis yang berbeda, yaitu pupuk kandang dingin dan pupuk kandang panas. Pupuk kandang dingin adalah pupuk yang berasal dari kotoran hewan yang proses penguraiannya lambat seperti kotoran sapi dan kerbau. Sedangkan pupuk kandang panas adalah pupuk yang mempunyai bahan baku kotoran hewan yang penguraiannya cepat seperti kotoran kambing dan ayam.

Manfaat dari penggunaan pupuk kandang untuk budidaya tanaman adalah dapat memperbaiki struktur tanah sehingga tanaman bisa tumbuh optimal. Akar, batang, dan daun tanaman dapat terangsang pertumbuhannya dengan penggunaan pupuk kandang secara teratur dan sesuai dosisnya. Selain itu penggunaan pupuk kandang juga akan memberikan dampak positif bagi lingkungan di sekitar lahan budidaya tanaman.

Pupuk Hijau


Pupuk hijau adalah pupuk organik yang memiliki bahan baku dari tanaman hijau atau limbah pertanian seperti sisa hasil panen. Bahan baku pupuk hijau meliputi tanaman jenis paku air, karena memiliki unsur hara yang tinggi seperti Nitrogen. Nitrogen berfungsi untuk membantu proses pembentukan sel pada tanaman.

Pupuk organik jenis ini memiliki manfaat untuk meningkatkan unsur hara yang terdapat dalam tanah. Peningkatan unsur hara akan memicu perbaikan sifat pada tanah secara keseluruhan. Perbaikan tanah ini akan memberikan dampak berupa peningkatan produktivitas tanah hingga mencegah terjadinya erosi.

Pupuk Kompos


Pupuk kompos merupakan pupuk organik yang berasal dari sisa bahan organik dari berbagai keanekaragaman hayati yang telah mengalami proses fermentasi. Bahan baku yang biasa digunakan untuk pembuatan kompos ini adalah jerami, sisa tanaman jagung, sabut kelapa, dan sekam padi. Cara membuat pupuk organik kompos ini dibedakan menjadi 2 macam, yaitu menggunakan proses aerob dan anaerob.

Pupuk kompos yang menggunakan proses aerob dalam pembuatannya melibatkan proses biokimia dengan bantuan unsur oksigen. Proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu 40 sampai 50 hari. Penggunaan proses aerob sangat cocok digunakan apabila pupuk kompos yang dibutuhkan lumayan banyak.

Sedangkan proses anaerob adalah proses pembentukan pupuk kompos yang memerlukan bantuan mikroorganisme. Mikroorganisme ini bertugas untuk mempercepat proses pengomposan dari bahan – bahan yang telah dicampurkan sebelumnya. Jenis mikroorganisme yang cocok untuk proses ini adalah yang bisa mengurai bahan organik dengan cepat seperti EM4.

Pupuk kompos memiliki manfaat tersendiri yang menguntungkan apabila digunakan pada lahan budidaya tanaman. Manfaat dari penggunaan pupuk kompos ini adalah struktur tanah menjadi lebih baik hingga memperbaiki drainase dan pori – pori dalam tanah. Selain itu juga menambah unsur hara yang terkandung dalam tanah.

Toko Pertanian Online LMGA Agro jual pupuk organik EM4 kualitas unggulan dengan harga terjangkau. Pupuk EM4 cocok digunakan untuk kebutuhan budidaya tanaman dan pembuatan pupuk bokashi. Toko Pertanian LMGA Agro juga menyediakan kebutuhan pertanian dengan stok lengkap dan harga yang terjangkau.

Humus


Humus adalah material organik yang berasal dari pelapukan daun – daunan yang membusuk dan mengalami dekomposisi. Bahan baku yang bisa dijadikan humus antara lain daun – daunan, ranting tanaman, limbah pertanian dan peternakan. Setelah mengalami dekomposisi, bahan baku tersebut akan menjadi humus dan kemudian menjadi tanah.

Humus yang telah terdapat didalam tanah memiliki manfaat tersendiri bagi lahan budidaya tanaman. Manfaatnya adalah memberikan sumber makanan bagi tanaman sehingga pertumbuhan tanaman menjadi optimal. Selain itu pembentukan bagian tanaman menjadi lebih baik dan menjaga struktur tanah agar lebih baik.

Keuntungan dari penggunaan humus dalam budidaya tanaman adalah dapat meningkatkan kapasitas kandungan air tanah sehingga tanaman tidak kering. Mencegah penggerusan tanah atau erosi tanah. Hingga pengikatan senyawa beracun atau toxic yang berada dalam tanah agar tidak meracuni tanaman.

Pupuk Organik Cair


Pupuk organik cair merupakan pupuk organik yang berupa larutan yang berasal dari bahan – bahan organik yang telah melewati proses pembusukan. Pupuk organik cair merupakan bentuk praktis dari pupuk organik padat yang dimaksudkan untuk memudahkan pemakaiannya pada lahan budidaya tanaman. Selain itu juga dimanfaatkan untuk menyediakan unsur hara secara lebih cepat untuk tanaman.

Penggunaan pupuk organik cair pada usaha budidaya tanaman akan memberikan manfaat bagi tanaman maupun lahan yang digunakan. Manfaat yang bisa dirasakan oleh petani adalah lingkungan budidaya menjadi lebih sehat. Lingkungan budidaya yang sehat akan membuat progress tumbuh tanaman menjadi lebih baik, karena residu dari pupuk tidak mencemari lahan budidaya.

Struktur tanah yang menjadi lahan budidaya juga menjadi lebih baik ketika pupuk cair organik telah digunakan. Hal ini dikarenakan pupuk cair organik mempunyai kandungan yang membuat tanah menjadi gembur dan mudah menyerap air. Selain itu unsur hara dalam tanah bisa bertambah karena penggunaan pupuk cair organik ini.

Biaya yang dikeluarkan oleh petani juga bisa diminimalisir dengan pemakaian pupuk cair organik pada lahan budidaya tanaman. Pupuk cair organik mempunyai harga yang lebih murah daripada pupuk dari bahan kimia. Selain itu kandungan dari pupuk organik cair juga lebih ramah lingkungan daripada pupuk kimia anorganik.

Setelah mengetahui bahwa kandungan pupuk cair organik memiliki unsur hara yang bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman. Kualitas dari hasil panen juga bisa meningkat dan menguntungkan bagi petani dan masyarakat. Keuntungan bagi masyarakat adalah kualitas buah dan sayur lebih bersifat organik dan menyehatkan.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan pupuk organik cair unggulan dengan harga terjangkau. Juga menyediakan varietas benih unggulan produksi pabrik benih terkemuka dengan harga terjangkau. Toko Pertanian LMGA Agro melayani konsultasi mengenai budidaya tanaman secara gratis.


Manfaat Pupuk Organik Pada Budidaya Tanaman

pupuk,organik,pupuk organik,budidaya,tanaman,lmga agro
Manfaat Pupuk Organik

Pupuk organik pada dasarnya adalah komponen pertanian yang digunakan untuk membantu pertumbuhan tanaman. Fungsi yang diberikan oleh pupuk alami ini sama seperti pupuk lain yang berbahan dasar zat kimia atau pupuk kimia. Namun kurangnya sosialisasi dan promosi membuat pupuk organik kalah pamor dibandingkan pupuk kimia.

Padahal pupuk yang berbahan dasar organik ini lebih memiliki manfaat daripada pupuk kimia yang banyak digunakan. Lingkungan di sekitar lahan budidaya juga akan menerima dampak dari pemakaian pupuk, baik organik maupun kimia. Dibawah ini akan dijelaskan manfaat yang bisa dihasilkan dari pemakaian pupuk organik pada budidaya tanaman.

Struktur Tanah Menjadi Lebih baik


Struktur tanah merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh petani sebelum melakukan penanaman benih atau bibit tanaman. Hal ini dikarenakan tanah yang mempunyai struktur yang buruk menyebabkan benih tidak tumbuh secara optimal. Salah satu upaya untuk memperbaiki struktur tanah ini adalah dengan menggunakan pupuk organik ke lahan budidaya tanaman.

Pupuk organik mempunyai kandungan yang berasal dari bahan organik dan bisa memperbaiki struktur tanah. Struktur tanah bisa diperbaiki oleh pupuk organik karena sifatnya yang bisa membuat tanah menjadi gembur. Selain itu pupuk berbahan dasar organik bisa merubah struktur tanah yang sebelumnya sulit ditanami menjadi bisa ditanami benih tanaman.

Nutrisi yang Diberikan Lebih Lengkap


Tanaman memerlukan asupan nutrisi atau unsur hara dari tanah maupun unsur hara tambahan dari komponen pertanian seperti pupuk. Baik pupuk kimia maupun pupuk organik memiliki kandungan unsur hara yang dapat mendukung pertumbuhan tanaman hingga masa panen tiba. Namun pupuk berbahan dasar organik memiliki lebih banyak nutrisi daripada pupuk kimia.

Nutrisi yang dapat diberikan oleh pupuk organik meliputi unsur hara makro dan unsur hara mikro yang lebih lengkap. Selain itu juga memperbarui kandungan unsur hara yang terkandung dalam tanah agar tetap bernutrisi bagi tanaman. Selain itu mikroorganisme didalam tanah juga terbantu dengan nutrisi yang diberikan oleh pemakaian pupuk berbahan dasar organik.

Penyimpanan Air Dalam Tanah Meningkat


Air merupakan kebutuhan penting yang dibutuhkan oleh tanaman untuk mendukung pertumbuhannya hingga masa panen tiba. Kebutuhan air juga harus sesuai agar tidak merugikan bagi keberlangsungan budidaya tanaman. Bila tanaman kekurangan air akan menjadi kekeringan dan bila terendam air akan menyebabkan tanaman budidaya menjadi cepat layu.

Kebutuhan air dalam tanah bisa ditingkatkan dengan penggunaan pupuk organik secara teratur dan konsisten. Pupuk organik jenis kompos mempunyai sifat yang menyerap air sehingga pori – pori tanah dapat menyerapnya dan dikeluarkan untuk kebutuhan tanaman. Selain menyerap air untuk kebutuhan tanaman, penyimpanan air dalam tanah juga bisa mempertahankan kelembaban tanah.

Perkembangan Organisme Dalam Tanah Meningkat


Pupuk organik mempunyai manfaat untuk menambah kegiatan mikroorganisme didalam tanah. Mikroorganisme ini bermanfaat untuk mempertahankan kelembaban tanah dan suhu tanah menjadi lebih stabil demi pertumbuhan tanaman menjadi optimal. Bila pertumbuhan tanaman optimal, maka petani akan mendapatkan keuntungan pada saat masa panen berlangsung.


Demikian artikel tentang Pupuk Organik, Manfaat Unsur Hara Dari Bahan Alami. Hubungi nomor HP 082141747141 ( Khusus telepon ) dan 08125222117 ( Khusus WA/SMS ). Toko Pertanian Online LMGA Agro sebagai supplier recommended usaha dropship, reseller, online shop, petani, dan toko pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro memberikan peluang usaha bisnis jual varietas benih unggul dan hibrida, pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian. Terpercaya dan harga promo bersaing. Kami siap kirim hingga ke seluruh wilayah indonesia. Bersama jasa ekspedisi mitra kami yaitu JNE, TIKI, KI8, POS dan ekspedisi lainnya.

Semoga artikel tentang pupuk organik ini bermanfaat bagi pembaca, baik pembaca di desa maupun di kota, baik berprofesi sebagai petani maupun bukan petani. Salam sukses selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...