TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

24/04/20

Jual Semangka Non Biji Volcano F1 Terbaik Cap Kapal Terbang


semangka volcano, jual benih semangka, jual benih cap Kapal Terbang, budidaya semangka, toko pertanian, toko online, lmga agrp
Benih semangka Volcano
Jual Semangka Non Biji Volcano F1 Terbaik Cap Kapal Terbang. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih semangka hibrida berkualitas cap Kapal Terbang. Benih semangka Volcano F1, semangka tanpa biji.

Toko pertanian online LMGA Agro menerima layanan konsultasi gratis pertanian. Kami juga mengajak kerjasama  online shop untuk dropship dan reseller. Produk Toko pertanian LMGA Agro lengkap, berkualitas dan didukung perusahaan pertanian terkemuka.

Kami siap kirim pesanan Anda ke sekuruh wilayah Indonesia. Barang dijamin pasti sampai dan aman. Kami telah lama bekerja sama dengan jasa ekspedisi terpercaya. Yaitu JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lainnya. Siap kirim benih semangka non biji Volcano terbaik cap Kapal Terbang.

Semangka non biji Volcano F1 berbentuk bulat dan berdaging merah. Rasanya sangat manis dan banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Kandungan likopen semangka sangat banyak manfaatnya baik kesehatan maupun kecantikan dan kesegaran kulit.

Semangka non biji Volcano F1 produksi PT Bisi International, Tbk toleran penyakit. Peluang bisnis usaha menanam semangka non biji Volcano sangat menguntungkan. Harga jual semangka non biji Volcano tinggi sehingga petani mendapatkan keuntungan yang besar.

Karakteristik Semangka Non Biji Volcano F1


Semangka non biji Volcano F1 bentuk buah bulat dan berdaging merah produk oleh PT Bisi International, Tbk. Keunggulan benih toleran penyakit Downy Mildew dan layu.

Kulit buah berwarna hijau tua berlorek, daging buah tebal sehingga tahan pengangkutan dan tidak mudah pecah. Daging buah merah, rasa manis dengan kadar gula ± 11% Brix dan tidak berbiji.

Pembentukan buah mudah dan tumbuh seragam. Mudah untuk dilakukan seleksi buah dan penyerbukan. Berat buah saat panen 5 - 8 kg. Umur panen ± 60 hari setelah pindah tanam.

Jual benih semangka non biji Volcano F1 kemasan isi 20 gram per sachet. Kebutuhan benih 230 - 250 g/ha. Dengan perlakuan jarak tanam 50 x 250 cm.

Semangka non biji Volcano F1 cap Kapal Terbang dengan 92% terdiri dari air yang mengandung mineral tinggi. Kandungan airnya mampu membuat tubuh menjadi lebih segar. Oleh masyarakat sering digunakan sebagai pencuci mulut dan digemari mulai oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Semangka non biji Volcano mengandung banyak Kalium, Protein, Vitamin A, B6, C, E dan K. Semangka non biji Volcano F1 juga mengandung senyawa zat besi, sodium, mangan dan lain-lainnya.

Semangka non biji volcano memiliki kandungan lycopene tinggi dibandingkan jenis buah dan sayur lainnya. Dengan kandungan tersebut dipastikan memiliki antioksidan tinggi untuk kesehatan kulit, jantung dan prostat.

Manfaat Semangka Bagi Kesehatan dan Kecantikan


  • Meningkatkan Kesehatan Prostat Bagi Pria
Berdasarka penelitian yang diujikan bagi peserta test untuk mencerna likopene selama 3 minggu sebelum menjalani prostatektomi. Kemudian mendapatkan hasil bahwa kerusakan di jaringan prostat menurun signifikan selama 3 minggu.

  • Menyuburkan Kandungan
Semangka non biji Volcano mengandung asam folat tinggi dan baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Asam Folat berfungsi menyuburkan kandungan, mencegah terjadinya cacat fisik dan saraf bayi atau janin.

Asam Folat dalam semangka semakin maksimal manfaatnya bila dalam bentuk jus semangka. Karena manfaatnya cepat diserap oleh tubuh.

  • Meningkatkan Produksi sperma
Semangka non biji Volcano mengandung vitamin B12 dan asam folat bermanfaat dalam pembentukan materi ginetik manusia. Khasiatnya dapat memperbaiki sperma abnormal, meningkatkan jumlah sperma dan meningkatkan kemampuan gerak sperma.

  • Mengatasi lemak Menumpuk
Peran asam amino citruline pada semangka efektif mengatasi lemak menumpuk dalam tubuh. Mampu melarutkan lemak dan dibuang melalui saluran pencernaan. Cocok bagi yang sedang menjalani diet.

  • Menyehatkan Jantung
Likopen bermanfaat melindungi tubuh dari kolesterol jahat sekaligus menjaga kesehatan jantung.

  • Mencukupi Kebutuhan Gizi Harian
Semangka berdaging merah memiliki kalori yang rendah. Kandungan gizi dalam semangka mampu memenuhi kebutuhan gizi tubuh.


Baca Juga : Semangka F1 Maduri Dari Bintang Asia

Manfaat Semangka Untuk Tubuh Kita


  • Menurunkan Tekanan Darah 
Semangka memberikan efek sangat baik untuk mengatasi tekanan terlalu berat pada pembuluh darah. Hal ini berkaitan fungsinya untuk mencegah hipertensi.

  • Mencegah Dehidrasi
Semangka terdiri dari 92% air sehingga mampu membantu mencegah dehidrasi.

  • Menjaga Kelembaban Kulit
Konsumsi semangka rutin dapat ikut menjaga kelembaban kulit karena kandungan semangka adalah sebagian besar air. Kulit kering disebabkan kurangnya kandungan air dalam tubuh. Semangka juga bisa dijadikan sebagai masker untuk wajah.

  • Melindungi Fungsi Saraf
Semangka non biji Volcano memiliki kandungan Kalium yang berfungsi unuk membantu mengatur fungsi saraf.

  • Membantu Mengatasi Sembelit
Kandungan air dalam semangka dapat mengatasi dan mencegah sembelit atau susah buang air besar.

  • Menjaga Kesehatan Ginjal
Kandungan Potassium dalam buah semangka membantu membersihkan endapan beracun dalam ginjal. Sekaligus juga bermanfaat untuk mengurangi konsentrasi asam urat sehingga dapat menekan kerusakan ginjal. Serta mencegah terbentuknya batu ginjal.

Kandungan airnya yang tinggi mendorong untuk buang air kecil lebih sering. Berarti bermanfaat juga dalam ikut serta membersihkan organ ginjal.

  • Menjaga Kesehatan Rambut
Vitamin A dalam semangka bermanfaat untuk mempertahankan kelembaban batang rambut.

  • Mengatasi Nyeri Otot
Senyawa asam amino citruline juga bisa membantu meredakan nyeri otot. Bisa membuat otot lebih santai dan meredakan ketegangan.

  • Mencegah Kanker
Semangka kaya akan vitamin C, bersama likopen semangka berperan penting dalam menangkal radikal bebas. Radikal bebas merupakan salah satu pencetus munculnya penyakit kanker.

Peluang Usaha Menanam Semangka Non Biji


semangka volcano, jual benih semangka, jual benih cap kapal terbang, budidaya semangka, toko pertanian, toko online, lmga agro
Peluang Usaha Menanam Semangka
Budidaya semangka non biji Volcano mudah dilakukan dan saat ini banyak diincar petani untuk menjadi peluang bisnis. Semangka non biji lebih banyak disukai oleh masyarakat karena semangka tidak memiliki biji dan mudah serta praktis dikonsumsi.

Untuk para hobiis dan bukan petani profesional, menanam semangka non biji Volcano F1 dapat Anda jadikan alternatif pilihan usaha rumahan. Bila cara menanamnya kita ikuti tahap per tahapnya dengan baik, maka dipastikan keuntungan akan kita nikmati.

Langkah pertama dalam peluang usaha menanam semangka non biji Volcano F1 adalah persiapan terlebih dahulu. Secara umum, semangka non biji mudah ditanam dan mudah tumbuh.

Media tanam peluang usaha menanam semangka non biji Volcano harus gembur, tanah sedkit berpasir dan iklim hangat. Kisaran suhu maksimal 30 °C. Budidaya semangka menyukai sinar matahari penuh terutama saat pembesaran buah.

Tanah memiliki pH tanah 6 - 7. Selanjutnya persiapan benihnya, yaitu benih semangka non biji Volcano F1 tahan penyakit. Benih direndam dalam air hangat diberi ZPT atau air bawang merah selama 8 - 10 jam.

Tiriskan benih yang sudah direndam diatas kertas koran selama 3 - 4 hari. Setelah itu benih dipindah ke polybag atay tray semai/baki semai selama 10 hari.

Peluang usaha menanam semangka non biji harus diketahui bahwa serbuk sari benihnya mandul. Sehingga didekat lahannya perlu ditanam juga semangka berbiji sebagai sumber polinator. Tujuannya adalah serbuk sari semangka biji dipakai untuk membuahi bakal buah semangka non biji.

Semangka biji perlu disiapkan sebanyak 10% dari jumlah keseluruhan tanaman semangka non biji Volcano F1.


Baca Juga : Peluang Besar Waluh Kuning Suprema

Syarat Tumbuh Semangka Non Biji Volcano F1


Semangka non biji Volcano dapat ditanam di dataran rendah sampai dataran tinggi. Tanah harus gembur, sedikit berpasir dan iklim bersuhu hangat dengan kisaran suhu 20 - 30 °C. Semangka non biji Volcano F1 juga menyukai sinar matahari penuh setiap harinya. Minimal 7 jam/hari.

Semangka non biji Volcano F1 menyukai tanah yang banyak mengandung bahan organik dan unsur hara tinggi, gembur dan bersih dari gulma. Lahan tidak dinaungi pohon besar dan tinggi.

Lahan harus sering-sering dicek nilai pH tanahnya. Untuk pertumbuhan maksimal, pH tanah normal sekitar 6 -7. Apabila < 6 sebaiknya segera ditaburkan Dolomit ( kapur pertanian ) untuk mendapatkan pH tanah normal.

Secara umum tanaman semangka dapat tumbuh baik di dataran rendah sampai dataran tinggi. Yaitu kisaran 0 - 1000 m dpl. Wilayah kering dan rendah penguapan airnya cocok untuk ditanami semangka.

Tingkat kelembaban ideal untuk semangka non biji Volcano adalah rendah. Curah hujan 40 - 50 mm per bulan dan suhu siang hari adalah 25 °C.

Persiapan Lahan Menanam Semangka Volcano


semangka volcano, jual benih semangka, jual benih cap kapal terbang, budidaya semangka, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat Pelubang
Mulsa
Persiapan lahan ini membutuhkan waktu ± 20 hari sampai lahan siap ditanami semangka non biji Volcano. Persiapan lahan dengan cara tanah digemburkan menggunakan cangkul. Lalu buat bedengan ganda dengan parit kecil di bagian tengahnya.

Bedengan lebar 80 cm dan bisa Anda sesuaikan dengan kondisi lahan. Bila lahan Anda landai maka bedengan tidak perlu tinggi. Bila lahan datar maka bedengan dibuat tinggi 30 cm.

Sebelum ditanami, cek pH tanah. Bila pH < 6 maka taburkan Dolomit sampai pH normal. Setelah ditabur Dolomit, biarkan 7 hari agar Dolomit bekerja pada tanah.

Selanjutnya memberikan pupuk dasar. Yaitu menggunakan pupuk kandang 1 - 1.5 kg per tanaman. Ditambah pupuk TSP, KCl dan ZA ( 1 : 1 : 2 :1 ). Kemudian biarkan selama ± 15 hari, kemudian kita dapat memasang mulsa plastik hitam perak. Sebelum dipasang mulsa, lahan harus disiram air hingga basah.


Buat jarak tanam 50 x 250 cm pada mulsa menggunakan alat pelubang mulsa. Toko pertanian online LMGA Agro jual alat pelubang mulsa untuk membuat lubang tanam dan lubang pupuk. Keduanya memiliki diameter yang berbeda, untuk lubang tanam, diameternya lebih besar.

Bibit semangka non biji Volcano siap dipindah setelah berumur 10 hari dan muncul 2 - 3 helai daun. Untuk budidaya semangka non biji, Anda perlu juga menyiapkan bibit semangka biji dan ditanam didekatnya. Jumlah tanaman semangka biji 10% dari jumlah tanaman semangka Volcano.

Toko pertanian online LMGA Agro jual berbagai varietas semangka biji berkualitas dan tahan penyakit. Semangka biji ini nanti akan diambil serbuk sarinya untuk dioleskan ke putik/bakal buah semangka Volcano.

Baca Juga : Pelubang Mulsa Memangkas Biaya Produksi


Langkah Persemaian Benih Semangka Non biji Volcano F1


Persemaian benih dimaksudkan untuk mempersiapkan bibit semangka non biji Volcano F1. Persiapan bibit menjadi langkah penting karena bila bibitnya kurang baik maka pertumbuhan tanaman juga kurang baik. Dan hasil panen juga tidak bisa maksimal.

Untuk mendapatkan bibit yang baik pastikan bahwa benih yang kita pakai juga baik dan berkualitas. Benih sebaiknya dibeli di toko pertanian dan dari benih hibrida dan sudah bersertifikat. Benih hibrida dikeluarkan oleh pabrik-pabrik pembuat benih terkemuka.

Benih semangka non biji Volcano, produk terbaik dari PT BISI International dan dikenal dengan benih cap Kapal Terbang. Benih hibrida memiliki keunggulan tahan penyakit dan virus sehingga pekerjaan Petani menjadi lebih mudah.

Sebelum benih ditanam, direndam dulu dalam air hangat dan tambahkan ZPT untuk merangsang perkecambahan. Perendaman selama 8 - 10 jam.

Setelah direndam, tiriskan benih dan letakkan pada kertas koran basah, biarkan benih berkecambah. Biasanya dalam 3 - 4 hari, benih akan berkecambah. Kita siapkan media tanam wadah polybag untuk membuat bibit semangka non biji Volcano.

Media tanam pembibitan tanah dan pupuk kandang yang sudah diayak hingga halus. Perbandingan kedua media sama, lalu campurkan merata dan masukkan ke wadah persemaian.

Persemaian bisa menggunakan baki semai ( tray semai ) atau wadah plastik untuk pembibitan. Toko pertanian Online LMGA Agro jual tray semai pembibitan dengan pilihan jumlah lubang tanamnya.

Perawatan Semangka Non Biji Volcano


Penyiraman dilakukan segera setelah bibit ditanam di lahan tetap. Adanya mulsa plastik hitam perak menyebabkan kelembaban terjaga. Sehingga tidak sering melakukan pentiraman.

Begitu juga dengan penyiangan gulma dan rumput-rumput. Pemasangan mulsa di permukaan bedengan bisa menekan pertumbuhan gulma sehingga tidak banyak gulma yang tumbuh.

Penyulaman dilakukan bila ada bibit mati, roboh atau sakit dan tidak maua tumbuh. Penyulaman ini dilakukan sampai hari ke-7 setelah pindah tanam. Ganti dengan bibit baru yang kokoh dan kuat.

Penyiraman dilakukan rutin 3 hari sekali atau disesuaikan cuaca. Karena tanaman semangka tidak menyukai tanah becek namun tidak sampai kekurangan air. Air sangat dibutuhkan untuk pembentukan buah karena semangka mengandung 92% air.


Baca Juga : Semangka Inul Kuning Garnis Panah Merah

Pupuk Susulan Untuk Tanaman Semangka


semangka volcano, jual benih semangka, jual benih cap kapal terbang, budidaya semangka, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk Untuk semangka
Pupuk susulan untuk tanaman semangka diberikan di fase vegetatif dan fase generatf. fase Vegetatif diberikan sebanyak 3 kali dan di fase generatif saat muncul bunga dan pembesaran/pematangan buah.

Pemupukan susulan dimulai umur 7 hari setelah pindah tanam dan selanjutnya diberikan setiap 7 hari sekali. Pupuk di fase vegetatif semangka non biji Volcano ini agar pertumbuhan tanaman bisa optimal di fase ini.

Pemupukan selanjutnya saat pembungaan dan pembuahan. Pemupukan susulan terakhir saat buah semangka sudah sebesar telur ayam.

Meskipun penting diberikan pupuk namun aplikasi pemberiannya jangan berlebihan karena akan berdampak buruk pada tanaman. Pupuk diberikan harus berimbang sesuai kebutuhan tanaman dan fase pertumbuhannya.

Pupuk susulan pertama menggunakan pupuk NPK dan diberikan dengan cara dikocor. NPK 16-16-16 dosis 5 gram/300 ml air per tanaman. Pemupukan selanjutnya diberikan dengan dosis secara berkala.

Cara pemberian pupuk susulan lainnya adalah diberikan umur 5 HST sebanyak 3 kg NPK yang dicairkan dalam 150 liter air dan diberikan sebanyak 250 cc per tanaman.

Pupuk kedua umur 14 HST sebanyak 2 kg NPK dan 1 kg ZA dan dilarutkan dalam 100 liter air. Diberikan sebanyak 250 cc per tanaman.

Pupuk ketiga umur 21 HST. Pupuk NPK 3 kg dilarutkan dalam 150 l air dengan dosis 250 cc per tanaman.

Pupuk Susulan Fase Generatif Semangka


Pupuk di fase Generatif bermanfaat untuk mengoptimalkan proses pembungaan dan terbentuknya buah. Fase generatif semangka non biji Volcano ditandai dengan munculnya bunga.

Berikan pupuk NPK dosis sebanyak 2 g/liter air. Berikan juga pupuk KNO3 Merah, fungsinya dapat mempercepat proses pembungaan dan pembuahan. Serta meningkatkan produksi dan kualitas buah. Dosisnya 2 - 5 gr/liter air.

Pupuk KNO3 putih mengandung Kalium tinggi berfungsi mencegah kerontokan bunga dan buah. Dosis pemberian sebanyak 2 - 5 g/liter air.

Pupuk Kalsium berkhasiat sebagai antibodi tanaman dan dapat mencegah dari serangan hama dan penyakit. Dosis 2 g/liter air.

Pupuk diberikan dalam bentuk larutan dan dikocorkan sebanyak 250 cc per tanaman. Campur semua bahan pupuk dalam air lalu aduk sampai benar-benar larut.


Bila permukaan bedengan tidak diberi mulsa maka sebelum pemberian pupuk, tanah digemburkan dulu. Tujuannya agar pupuk dapat larut dalam tanah dengan baik dan optimal.

Pengocoran di dekat pangkal tanaman dengan jarak 10 - 15 cm dari pangkal batang. Bila permukaan bedengan diberi mulsa maka sebaiknya dibuat lubang pupuk menggunakan alat pelubang mulsa diameter lebih kecil.


Perawatan Saat Fase Generatif Tanaman Semangka



Pemangkasan

Pemangkasan atau perempelan dimulai umur 12 HST dan telah muncul 6 helai daun, yaitu berupa pemangkasan pucuk. Peliharalah ranting yang tumbuh pada daun pertama dan kedua. Selebihnya ranting dibuang.

Atur batang utama dan ranting pada sisi bedengan agar bisa tumbuh rapi dan memudahkan dalam melakukan perawatan. Pemangkasan dilakukan lagi setelah terbentuk 3 ruas dan pilih 3 cabang utama untuk dipelihara.

Tiga cabang tersebut dibentuk seperti huruf W dan jarak antar cabang satu dengan yang lain adalah 15 cm. Lakukan pemangkasan tunas air di semua cabang sekunder di bawah daun ke-14. Pemangkasan menggunakan pisau tajam.


Penyerbukan Buatan

Penyerbukan buatan ini hanya dilakukan pada budidaya menanam semangka non biji. Penyerbukan juga dilakukan dengan cara manual karena sulit bila dilakukan secara alami.

Penyerbukan dilakukan setelah umur tanaman 30 HST. Penyerbukan dilakukan pagi hari saat bunga betina sedang mekar optimal. Yaitu sekitar pukul 06.00 - 09.00. Bunga jantan diambil dari semangkka biji pukul 05.00.

Cara penyerbukan dengan mengusapkan serbuk sari menggunakan kuas halus pada putik atau bakal buah semangka non biji. Ambil serbuk sari bunga jantan semangka berbiji. Oleskan secara merata dan perlahan pada putik bakal buah semangka non biji.


Seleksi Buah

Seleksi buah dilakukan setelah buah sebesar telur ayam. Cara seleksi dengan membuang buah yang jelek dan memilih buah bagus sebanyak 2 - 3 setiap cabang untuk dibesarkan.

Setelah sudah diseleksi, alasi permukaan buah dengan seresah atau jerami untuk tempat buah membesar nanti. Kontrol selalu kondisi buah dan tanaman. Lakukan pembalikan buah agar warna kulit semangka merata dan menambah rasa manis buah.

Pembalikan buah bisa dilakukan sebanyak dua kali dengan posisi buah berdiri.


Baca Juga : Cara Mudah dan Sukses Mengawinkan Semangka Non Biji

Mengenal Hama pada Tanaman Semangka



Jangkir/Gangsir

Hama jangkrik menyerang pada pangkal batang terutama tanaman muda. Pencegahan dengan aktif melakukan kebersihan area kebun dan menutup lubang mulsa dekat tanaman dengan potongan bambu. Pengendalian kimia menyemprotkan insektisida Curacron, Decis atau yang lain.


Penggerek Daun

Menyerang daun muda hingga batangnya. Daun akan berlubang hingga menyisakan tulang daunnya. Pencegahannya yaitu menanam tidak berdekatan dengan tanaman terong, gambas, melon dan tanaman satu famili lainnya. Pengendalian kimia menggunakan Curacron.


Ulat Grayak

Ulat berwarna abu-abu dan menyerang daun muda hingga batangnya. Pengendalian kimia menggunakan Curacron.


Ulat Tanah

Ulat tanah aktif di malam hari dan menyerang pangkal batang hingga daun tanaman. Penyemprotan efektif dilakukan malam hari menggunakan Prevathon atau Curacron.


Lalat Buah

Lalat buah menyerang buah muda/masih kecil dengan cara memasukkan telurnya ke dalam buah. Telur-telur dalam buah akan menetas dan menjadi larva. Larva inilah yang aktif menggerogoti daging buah hingga buah busuk dan rontok.

Pengendalian lalat buah menggunakan perangkap lalat buah. Toko pertanian online LMGA Agro jual perangkap lalat buah Yellow Trap. Penyemprotan insektisida menggunakan Curacron atau Santoat.

Kutu Daun

Hama kutu daun menyerang daun tanaman muda dengan cara menghisap cairan daun. Daun menjadi mengkerut dan keriting. Pencegahan dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan dan memberantas gulma tanaman inang. Penyemprotan menggunakan akarisida berbahan abamectin.


Kumbang Daun

Kumbang daun menyerang pada malam hari dan sasarannya daun serta bunga. Akibatnya daun dan bunga menjadi berlubang. Pengendalian dengan disemprotkan insektisida.


Kutu Kebul

Nama latinnya Bemisia tabaci. Menyebabkan kerusakan pada daun, timbul bercak nekrotik dan rusaknya sel-sel serta jaringan daun. Kutu kebul merupakan juga hama vektor penyebab penyakit virus Gemini ( penyaki bule/bulai ). Penyemprotan efektif ke hamanya menggunakan insektisida.


Penyakit yang Sering Menyerang Tanaman Semangka



Rebah Semai

Disebut juga dengan Dumping-off dan menyerang bibit di persemaian. Gejalanya batang bibit berwarna coklat, bibit rebah dan mati. Pencegahan menyemprotkan fungisida Antracol.


Layu Fusarium

Penyebabnya adalah cendawan Fusarium oxysporum. Gejalanya tanaman tampak segar di pagi hari lalu layu di siang hari. Segar kembali sore harinya dan malam hari tanaman layu. Hal tersebut terus terjadi berhari-hari sampai kemudian tanaman mati.

Pencegahan memilih benih tahan penyakit layu Fusarium, menggunakan mulsa plastik, drainase harus baik dan aplikasi bakteri Trichoderma. Tanaman mati harus segera dibuang dan lakukan penyemprotan menggunakan fungisida.


Antraknosa

Gejalanya terdapat bercak-bercak coklat pada daun dan kemudian menjadi berwarna merah dan akhirnya daun mati. Bila menyerang buah, buah menjadi busuk dan ada tanda bulatan merah jambu. Lama kelamaan tanda bulatan terus akan meluas. Pengendalian, buah busuk dan jatuh harus disingkirkan dari kebun. Lakukan penyemprotan fungisida.


Layu Bakteri

Gejalanya tanaman akan layu permanen. Jika batang dipotong melintang tampak pembuluh Xylem menghitam. Pengendalian dengan mencabut tanaman yang terserang dan dimusnahkan atau dibakar. Penyemprotan menggunakan bakterisida.


Embun Tepung

Gejalanya tampak daun dan batang terdapat tepung berwarna putih. Jika menyerang seluruh daun dan batang maka akan berubah warna coklat dan mengkerut. Tanaman menjadi lemah dan kerdil serta pertumbuhan terhambat. Pengendalian menggunakan fungisida.


Penyakit Virus WMV ( Water Melon Virus )

Serangan virus menyebabkan daun melepuh, belang-belang, daun berubah bentuk dan mengkerut. Pertumbuhan kerdil dan terdapat rekahan membujur pada batang. Pengendalian memusnahkan tanaman terinfeksi, melakukan rotasi tanaman.  Pemberantasan Aphid dan Thrips sebagai hama vektornya.


Bercak Daun

Serangan cendawan ini menimbulkan bercak-bercak hitam kecoklatan berbentuk bulat dan tersusun mengering. Pencegahan cendawan penyebab bercak daun ini adalah melakukan pergiliran tanaman dan menjaga agar kebun tidak terlalu lembab.

Pemanenan Semangka Non Biji Volcano


Pemanenan semangka non biji Volcano dilakukan pada umur sekitar 60 hari setelah pindah tanam. Saat panen berat buah semangka non biji Volcano nanti adalah 5 - 8 kg. Rasa buah manis, kulit buah tebal dan tidak mudah pecah. Jadi tahan selama pengangkutan jarak jauh.

Penanaman semangka non biji Volcano di dataran rendah lebih cepat panen dibandingkan di tanam di dataran tinggi.

Ciri buah matang adalah warna kulit buah memudar dan sulur di pangkal tangkai buah sudah mengering. Waktu tepat saat panen adalah pagi hari dan setelah embun pagi mengering.

Pemanenan sebaiknya dilakukan sekitar pukul 08.00, cuaca cerah, tidak turun hujan dan tidak mendung. Cuaca cerah menyebabkan saat dipetik buah tidak basah sehingga tidak mudah busuk.

Pemetikan buah disertakan tangkai buahnya agar semangka dapat disimpan dalam waktu lama. Setelah dipetik, kumpulkan di tempat yang sejuk dan teduh.

Demikian artikel Kami dengan judul : Jual Semangka Non Biji Volcano F1 Terbaik Cap Kapal Terbang. Hubungi nomer Kami di 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ).

Toko pertanian Online LMGA Agro jual segala kebutuhan bertani mulai dari benih hibrida siap tanam. Juga ada pupuk berkualitas, pestisida, hormon pertumbuhan dan alat pertanian.

Pelayanan kami secara online shop dan siap kirim ke alamat Anda di seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa ekspedisi terpercaya JNE, Pos Indonesia, KI8 dan masih banyak lagi.

Semoga artikel Kami menambah wawasan tentang benih berkualitas, terbaik Semangka non Biji Volcano cap Kapal Terbang. Benih hibrida bebas penyakit produk PT BISI International. Artikel kami juga menjabarkan tentang peluang usaha semangka non biji dan cara budidayanya. Selamat mencoba dan salam sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.