TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

02/06/20

Jual Benih Tomat Kinanti Terbaik Produk Royal Seed



tomat kinanti, lmga agro, toko pertanian, online, jual benih tomat
Tomat Kinanti Royal Seed
Jual Benih Tomat Kinanti Terbaik Produk Royal Seed. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan segala kebutuhan pertanian. Diantaranya benih hibrida terbaik, pupuk berkualitas, pestisida dan alat pertanian.


Toko pertanian online LMGA Agro melayani konsultasi gratis pertanian. Siap membantu memecahkan permasalahan Anda tentang budidaya pertanian. Termasuk disini tentang budidaya tomat Kinanti dari Royal Seed.

Kami telah berpengalaman bertahun-tahun sebagai supplier benih, pestisida dan produk pertanian lainnya. Kami mengajak Anda untuk usaha jual online sebagai dropship dan reseller. Kami siap kirim pesanan Anda keseluruh wilayah Indonesia. Barang aman dan dijamin sampai tujuan.

Jual Tomat Kinanti Produk Berkualitas dari Royal seed. umur panen 80 -90 Hat. Ukuran tomat besar, dan memiliki daya simpan lama. Benih tahan virus dan merupakan tipe tomat semi determinate

Tomat Kinanti produk berkualitas Royal Seed merupakan komoditas penting di Indonesia. Tomat banyak dibutuhkan masyarakat sehari-harinya. Disamping itu, tomat bermanfaat bagi tubuh. Banyak mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh kita.

Alasan itulah, budidaya tomat Kinanti menjadi peluang usaha menjanjikan dan menguntungkan. Perawatannnya mudah dan dapat pula diusahakan di rumah sebagai usaha sampingan atau usaha rumahan menguntungkan.



Karakteristik Tomat Kinanti Royal Seed


Tomat Kinanti produk Royal Seed merupakan jenis tomat semi determinate. Tomat Kinanti direkomendasikan untuk dataran rendah sampai menengah. Tanaman kuat dan mudah perawatannya. Tomat Kinanti tidak perlu lanjaran karena pertumbuhan tanaman sangat kokoh. 

Umur panen yaitu 80 - 90 hari setelah tanam. Panen menghasilkan buah dengan berat 90 - 110 gram. Bentuk buah lonjong, warna merah mengkilap saat sudah matang. Tekstur buah kuat dan tebal, tidak mudah pecah. 

Tomat Kinanti memiliki daya tahan simpan lama sehingga kuat bila pengangkutan jarak jauh. Potensi hasil panen tinggi, yaitu 50 ton/ha. 

Tomat Kinanti tipe semi determinate, dimana merupakan persilangan antara tomat tipe determinate dan in-determinate. Tinggi tanaman mencapai 1 - 2 meter sehingga menghasilkan jumlah tandan banyak. 

Hasil produksi jenis tomat semi-determinate seperti tomat Kinanti lebih banyak dibandingkan determinate. Budidayanya sebaiknya dilakukan di lahan terbuka serta tidak banyak membutuhkan perawatan. Menanam tomat Kinanti cocok untuk usaha rumahan di pekarangan atau kebun dan area lahan terbatas.


Baca Juga :  Tips dan Kiat Sukses Menanam Cabe dan Tomat di Musim Penghujan



Tipe-Tipe Tomat Untuk Usaha Budidaya 


Tomat ( Solanum lycopersicum ) memiliki 3 jenis atau tipe tumbuh yaitu determinate, semi-determinate dan in-determinate. Tomat merupakan buah cukup terkenal di berbagai belahan dunia juga di Indonesia. 

Tomat determinate memiliki ciri-ciri karakteristik : 

- Pertumbuhan tanaman akan berakhir seiring munculnya bunga dan buah. 
- Umur panen cepat dan relatif singkat serta pertumbuhan batangnyaaa yang cepat.
- Tomat determinate biasa dipilih petani di negara berkembang karena lebih murah.
- Jumlah produksi tinggi, kualitas ( bentuk dan ukuran ) tomat tidak sebaik tomat semi-determinate. 
- Lebih cocok ditanam di dataran tinggi karena hasil panen lebih optimal.

Tomat Semi-determinate memiliki ciri-ciri karakteristik :

- Persilangan tomat determinate dan in-determinate.
- Tinggi tanaman setinggi 1 - 2 m sehingga jumlah tandan lebih banyak dan hasil panen tinggi.
- Dapat ditanam di dataran rendah sampai tinggi.
- Lebih dianjurkan di dataran menengah sampai  tinggi. 
- Biasanya ditanam di lahan terbuka dengan perawatan mudah.
- Seperti tidak perlu lanjaran dan penjarangan tunas. 
- Cocok ditanam di area terbatas, polybag dan pekarangan rumah.  

Tomat indeterminate, ciri-ciri karakteristiknya : 

- Pertumbuhan terus berlangsung meskipun telah muncul bunga dan buah. 
- Tanaman terus tumbuh hingga batas akhir pertumbuhan.
- Umur panen relatif lama dan  pertumbuhan batang lambat. 
- Tinggi tanaman mencapai 2.5 - 3.2 meter sehingga wajib dipasangkan lanjaran. 
- Dapat tumbuh di media tanah maupun non tanah ( hidroponik ). 
- Dapat tumbuh di lahan terbuka maupun di rumah kaca.
- Contoh : tomat Cherry dan Beef yang banyak diusahakan di negara Eropa dan AS. 
- Lebih optimal di dataran tinggi karena lebih toleran virus. 



Kandungan Nutrisi Tomat Kinanti 


Tomat Kinanti biasa dimanfaatkan sebagai sayuran segar baik dimakan langsung maupun dibuat minuman jus. Tomat juga dimanfaatkan sebagai bahan baku industri produk olahan saus dan sambal tomat. 

Tomat Kinanti kaya vitamin A dan C serta mengandung zat Likopen yang banyak sekali manfaatnya bagi tubuh. Sebenarnya tomat merupakan jenis buah. namun orang terutama di Indonesia juga, kerap sekali menggunakan tomat sebagai bumbu masakan. Sehingga tomat dianggap sebagai sayuran.

Tomat merupakan tanaman asli dari Amerika Selatan. Sumber makanan utama antioksidan likopen dan berkhasiat diantaranya mengurangi risiko sajit jantung dan kanker. 

Tomat Kinanti sumber vitamin C, Kalium, Folat dan vitamin K. Kandungan likopen merupakan salah satu karotenoid paling banyak dalam tomat Kinanti. Paling banyak likopen terdapat dalam kulit tomat. 

Secara umum, semakin merah tomat maka semakin banyak kandungan likopennya. Jumlah likopen dalam produk olahan tomat seringkali lebih besar dari tomat segar. Namun, seringnya orang mengkonsumsi saus dalam jumlah kecil. 

Sehingga lebih baik untuk kesehatan dalam mengkonsumsi tomat segar daripada saus. Selain itu, kandungan gula saus cukup besar.



Manfaat Tomat Kinanti Bagi Tubuh Kita


1. Menyehatkan Jantung

Serangan jantung dan stroke menjadi penyebab kematian paling tinggi di dunia. Sebuah penelitian terhadap pria paruh baya adanya hubungan antara kandungan tingkat likopen dan beta-karoten. Bila kandungan dalam darah yang rendah maka terjadi peningkatan risiko serangan jantung dan stroke. 


2. Mencegah Kanker

Kandungan likopen diyakini mampu mencegah kanker seperti kanker prostat, paru-paru dan perut. Konsumsi tomat setiap hari dapat menekan angka risiko penyakit kanker. Tingginya konsentrasi karotenoid dalam tomat Kinanti mampu melindungi seseorang dari risiko kanker payudara. 


3. Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan nutrisi dalam tomat mampu mengontrol tekanan darah dan mempertahankan asupan Natrium tetap rendah. Natrium rendah maka tekanan darah tetap sehat. Kalium dalam tomat memberikan efek pelebarab pada arteri.

Potassium dalam tomat mampu memenuhi kebutuhan harian. Kalium tinggi dan Natrium rendan menurunkan risiko kematian sebanyak 20% karena tekanan darah tinggi. 


4. Mencegah Diabetes

Manfaat tomat merupakan sayuran pelindung penderita diabetes tipe 2. Konsumsi tomat selama 30 hari terjadi penurunan peroksidasi lipid. Sehingga diabetes dapat terkontrol dan menurunkan risiko stroke dan serangan jantung. 


5. Meningkatkan Kesehatan Mata

Kandungan likopen bagus untuk kesehatan mata. Selain likopen, nutrisi lain dalam tomat yang berperan dalam kesehatan penglihatan adalah lutein dan beta-karoten. Fungsinya melindungi kesehatan mata termasuk risiko katarak dan degenerasi makula. Manfaat ini diperoleh bila kita rajin mengkonsumsi tomat. 


6. Meningkatkan kesehatan Pencernaan


Tomat mengandung cairan ( 95% ) dan serat tinggi dan berfungsi mencegah gangguan sembelit. Rasa asam dari tomat dimasak dapat memicu atau memperburuk refluks asam dan gangguan pencernaan.


7. Menjaga Kulit Tetap Halus

Tomat banyak dipakai sebagai bahan baku produk kecantikan. Pasta tomat ditambah minyak zaitun mampu melindungi kerusakan kulit akibat sinar matahari. Tomat juga merangsang pembentukan pro-kolagen, yaitu zat yang memberi struktur pada kulit. Berkhasiat membuat kulit tetap kencang dan awet muda. 


8. Mencegah Tulang Keropos

Tomat mengandung Kalsium tinggi yang baik untuk tulang dan mencegah sakit Osteoporosis. Dua gelas jus tomat sehari mampu memperkuat tulang. Likopen mampu memperlambat kerusakan sel tulang. 



Peluang Usaha Budidaya Tomat Kinanti


Tomat Kinanti merupakan salah satu produk hortikultura dan menjadi komoditas utama kebutuhan masyarakat sehari-hari. Peluang usaha budidaya tomat Kinanti menjadi peluang bisnis menjanjikan di masa depan bagi petani khususnya.

Produk pertanian tomat merupakan komoditas penting namun kuanitas dan kualitas masih tergolong rendah. Padahal perawaan dan pemeliharaan budidaya tomat tidaklah sulit. Kini tomat semakin digemari masyarakat. 

Fungsinya bisa sebagai sayuran, bumbu masak, campuran es campur, minuman jus, bahan pewarna makanan bahkan sampai untuk kosmetik. Teknik budidaya tomat mudah bila kita mengikuti tahapan-tahapannya dengan benar. 

Harapannya, dengan teknik budidaya baik dan benar, kualitas dan kuantitas produksi tomat dapat ditingkatkan. Sehingga kedepannya, menanam tomat terutama tomat Kinanti menjadi peluang usaha menjanjikan. 

Tomat Kinanti dapat juga diusahakan di pekarangan rumah sebagai usaha sampingan atau sekedar hobi berkebun. Tomat Kinanti dapat ditanam di media tanah dalam area luas maupun sempit. Tomat Kinanti juga dapat diusahakan dalam media hidroponik.   



Syarat Tumbuh Menanam Tomat Kinanti


Tanaman tomat Kinanti direkomendasikan untuk dataran menengah sampai tinggi. Dataran rendah menyebabkan hasil panen kurang maksimal.  Namun di daerah basah dan curah hujan tinggi, pertumbuhan tomat Kinanti kurang baik. 

Untuk daerah basah dan lembab, sebaiknya menanam tomat Kinanti di musim kemarau. Karena risiko buah banyak diserang penyakit akibat cendawan dan bakteri. 

Tanaman tomat tidak tahan terhadap hujan lebat dan daerah yang selalu berawan. Tanaman tomat menyukai iklim kering dan suhu siang 18 - 27 derajat Celcius. Dan suhu malam hari 15 - 20 derajat Celcius. 

Tomat Kinanti tidak menyukai tanah tergenang air atau tanah becek. Idealnya pada tanah gembur dan banyak mengandung humus. Pengairan dalam keadaan cukup sejak muali tanam sampai waktu panen. 

Tomat Kinanti menyukai sinar matahari penuh sepanjang hari agar produksi maksimal. Namun tidak menyukai sinar matahari terlalu terik. Tomat Kinanti menghendaki sinar matahari minimal 8 jam per hari. Curah hujan ideal berada pada kisaran 750 - 1250 mm/tahun. 



Persiapan Bibit Tomat Kinanti



Pengolahan tanah disesuaikan waktunya dengan waktu lamanya bibit di persemaian lalu pemindahan bibit. Dan kesiapan lahan untuk ditanami bibit. Lama pembibitan tomat Kinanti 30 hari dan lamanya pengolahan tanah secara intensif hingga siap tanam adalah 21 hari. Sehingga pengolahan tanah dilakukan sekitar 1 minggu setelah memulai proses pembibitan. 

Benih tomat Kinanti bebas penyakit terbaik dari Royal Seed. Benih berkualitas baik dan bersertifikat tersedia di Toko pertanian Online LMGA Agro. Kami berpengalaman lama sebagai supplier benih terbaik. Termasuk benih tomat terbaik produk pabrik benih terkemuka. 

Sebelum ditanam, benih direndam dalam air hangat untuk mempercepat proses kecambah. Persemaian bisa menggunakan bedeng persemaian. Dimana benih ditaburkan merata di permukaan bedeng lalu tutup dengan tanah tipis-tipis. 

Bedeng semai dibuat bentuk guludan sedalam 1 cm dan jarak antar gulud 5 cm. Taburkan secara hati-hati dan jangan saling bertumpuk. Karena menyebabkan benih tidak berkecambah. Lalu tutup dengan tanah tipis saja.

Cara kedua, pembibitan di lubang tanam dengan jarak 5 cm dan kedalaman 1 cm. Dalam satu lubang dpaat disi sampai 2 benih. Lalu tutup dengan tanah. 

Pembibitan dapat juga dilakukan pada polybag plastik. Polybag diisi media tanam yaitu campuran tanah dan pupuk kandang ( 1 : 1 ). Tanah dan pupuk harus diayak hingga halus sebelumnya. Satu polybag satu benih saja dan ditanam sedalam 1 cm.


Baca Juga  :  Belanja Pertanian Grosir Cepat dan Tepat


Pengolahan Tanah Budidaya Tomat Kinanti


Pengolahan tanah dengan membalik agregat tanah lapisan dalam menjadi terangkat ke permukaan. Pengolahan tanah bisa dengan cara dibajak atau menggunakan cangkul. Tanah diolah sedalam 25 - 30 cm. Setelah dicangkul, biarkan 1 minggu agar terjadi proses dalam tanah. 

Setelah tanah dibajak, tanah dicangkul tipis-tipis sampai gembur atau remah. Dan kemudian tanah diratakan lalu dibiarkan 1 minggu lagi. 

tomat kinanti, jual benih tomat hibrida, jual benih royal seed bebes penyakit, budidaya tomat, toko pertanian, lmga agro, online shop
Mulsa Plastik Hitam Perak Efektif menekan
Serangan Hama Penyakit
Tahap selanjutnya setelah 1 minggu kedua, saatnya melakukan pemupukan dasar. Berikan pupuk kandang matang sebanyak 15 - 20 ton/ha. Lalu cangkul kembali untuk meratakannya. Cangkul tipis-tipis saja agar pupuk tercampur rata dengan tanah. 

Setelah pemupukan dasar, saatnya membuat bedeng-bedeng membujur ke arah timur barat agar sinar matahari menyebar merata ke seluruh tanaman. Selain pembuatan bedeng, juga dibuat parit saluran air. Bedengan dibuat selebar 1 - 1.2 meter dan tinggi 30 cm. Panjang disesuaikan kondisi lahan. 

Jika penanaman di musim hujan, maka tinggi bedengan adalah 40 - 45 cm. Parit adalah jarak antar bedengan selebar 20 - 30 cm dan dalamnya 30 cm. 

Pengapuran penting dilakukan bila pH tanah masam sehingga perlu dilakukan pengecekan pH tanah. Pemberian Dolomit kapur pertanian bersamaan pengolahan tanah tujuannya untuk mematikan patogen pengganggu dalam tanah. 

Pupuk dasar yaitu menggunakan pupuk organik ditambah TSP ke seluruh bedengan. Lalu campurkan merata dengan tanah. Pada saat ini, mulai pasangkan mulsa plastik hitam perak. 



Penanaman Bibit Tomat Kinanti


Bibit tomat Kinanti mulai dipindah tanam setelah 30 hari di persemaian. Pilih bibit berpenampilan baik, sehat, dan daun-daun tidak rusak. Bibit kuat dan tegak pertumbuhannya. Bibit sehat dan tidak terserang hama dan penyakit. 

Waktu penanaman bibit sebaiknya pagi dan bila belum selesai bisa dilanjutkan sore harinya. Penanaman bibit harus selesai pada hari yang sama agar pertumbuhannya kelak bisa seragam. Penanaman di pagi hari untuk mencegah kelayuan pada tanaman. 

Penanaman bibit ke lahan tetap harus hati-hati dan jangan sampai merusak akar bibit. Karena bila akar rusak maka tanaman akan sulit tumbuh. Terdapat beberapa cara memindahkan bibit dari persemaian, yaitu : 

- Sistim cabut yaitu mencabut hati-hati bibit dipersemaian. Sebelumnya, media tanah harus disiram air hingga basah agar pemindahan menjadi mudah. 

- Sistim putaran, yaitu mengambil bibit dengan cara memutar dengan hati-hati. Sebelumnya juga media tanah harus disiram sampai basah. 

Pola tanam menanam tomat Kinanti menggunakan 2 jenis jarak tanam yaitu sistim dirempel dan sistim bebas. Sistim dirempel menggunakan jarak tanam 50 x 50 cm atau 60 x 60 cm bentuk bujur sangkar atau segitiga sama sisi. Sistim ini nantinya tunas yang tumbuh dipangkas sedini mungkin sampai hanya memiliki satu batang tanpa cabang. 

Sistim bebas berjarak tanam 80 x 100 cm, 80 x 80 cm dan 100 x 100 cm. Menggunakan bentuk segiempat. Atau menggunakan jarak antar barisan 100 cm dan dalam barisan 50 - 60 cm. Cara ini tunas-tunas tumbuh menjadi cabang-cabang besar. 



Pemeliharaan Tanaman Tomat Kinanti


Penyiraman 

Penyiraman penting dilakukan sejak benih dipersemaian sampai saat bibit dipindah tanam. Penyiraman dilakukan 2 kali sehari tergantung kondisi lahan. Penyiraman menggunakan alat siram yang sesuai dengan pertumbuhan tanaman. Lubang kocor halus untuk tanaman yang masih muda. 


Penyulaman

Penyulaman yaitu mengganti tanaman mati, rusak dan tidak tumbuh normal dengan bibit baru yang sehat dan kuat. Penyulaman segera dilakukan saat tampak ada bibit mati sampai hari ke-7 setelah pindah tanam. 


Penyiangan

Penyiangan dilakukan lebih efektif langsung menggunakan tanagn daripada harus menyemprotkan herbisida. Cara langsung ini lebih aman untuk lingkungan dan dapat dilakukan bersamaan dengan pembumbunan tanah. Penyiangan ini sekaligus kita melakukan pengamatan pertumbuhan dan adaya serangan hama dan penyakit.


Pemupukan Susulan


Pemupukan susulan diberikan setelah 1 minggu pindah tanam. Menggunakan pupuk Urea dan KCl perbandingan sama. setiap tanaman dosisnya 1 - 2 gram. Pemupukan diberikan dengan cara ditabur dengan jarak 3 cm dari pangkal batang. Lalu tutup tanah dan siram air secukupnya. 

Pemupukan kedua dilakukan pada umur 2 -3 minggu setelah pindah tanam. Pupuk menggunakan campuran Urea dan KCl sebanyak 5 gram. Diberikan dari jarak 5 cm dari pangkal batang. 

Pemupukan selanjutnya diberikan umur 4 minggu. Menggunakan pupuk Urea dan KCl sebanyak 7 gram. Jarak pemberian pupuk juga menjadi 7 cm dari pangkal batang. 


Pemangkasan

Tomat Kinanti tidak perlu pemeliharaan intensif seperti pemangkasan tunas baru. Karena jenis tomat semi-determinate. Namun perlu diketahui bahwa pemangkasan pada tomat pertama adalah pemangkasan tunas di ketiak harus segera dilakukan agar tidak menjadi cabang. Pemangkasan dilakukan 1 minggu sekali.


Baca Juga : Pentingnya Rotasi Tanaman Untuk meningkatkan Hasil Tanam



Pengendalian Hama dan Penyakit


Hama

1. Kutu Kebul ( Bemisicia tabacci )

Hama ini memiliki sayap dan berwarna putih. Merupakan salah satu hama berbahaya pada tanaman tomat. Biasanya bergerombol di bawah daun dan tertutupi tepung putih. Bila angin berhembus, tepung ikut terbang ke udara.

Kutu kebul meyerang cairan daun, hingga pertumbuhan menjadi terhambat dan tumbuh kerdil. Daun menjadi keriting dan kuning. Kutu kebul menjadi hama vektor utama penyebar virus Kuning/Gemini.

Pengendalian harus selalu menjaga kebersihan area kebun, pemakaian mulsa plastik dan melakukan rotasi tanaman. Penyemprotan menggunakan akarisida berbahan aktif abamectin.


2. Lalat Buah ( Bactrocera sp. )

Tubuhnya berwarna hitam kekuningan dan bentuk seperti tawon kecil. Menyerang dengan cara menyuntikkan telur ke dalam tomat dan bersarang hingga kemudian menetas menjadi larva. Larva akan memakan daging buah dan buah menjadi busuk.

Pengendalian menggunakan perangkap lalat buah. Selalu membersihkan area kebun. Pengendalian menggunakan fungisida berbau menyengat seperti santoat atau curacron.


3. Kutu Daun ( Aphids )

Aphids merupakan kutu penghisap berwarna hijau dan menjadi hama vektor pembawa virus seperti kutu kebul. Serangannya menghisap cairan daun sehingga daun menjadi keriting. Pertumbuhan terhambat.

Adanya kutu Aphids dapat diketahui dengan adanya semut-semut pada tanaman. Karena kotoran Aphids berasa manis dan disukai semut-semut. Pengendalian dengan selalu menjaga kebersihan lahan dari gulma-gulma. Pengendalian kimia menggunakan akarisida.


4. Ulat Buah ( Helicoverpa armigera atau Heliothis armigera )

Menyerang buah, daun dan batang tomat. Menggigit buah meninggalkan bekas tusukan hingga buah membusuk. Daun menjadi berlubang dan menyerang batang muda.

Pengendalian dengan selalu memberihkan kebun dari gulma, membuang dan membunuh ulat sera langsung. Secara kimia dengan cara menyemprotkan insektisida abamectin, regent atau prevaton.


5. Ulat Tanah ( Agrotis ipsilon )

Serangannya pada pangkal batang sehingga tanaman akan roboh dan mati. Ulat akan memakan habis batang muda tanaman tomat. Tubuhnya berwarna kecoklatan dan berukuran lebih besar dari ulat daun. Aktif di malam hari dan di siang hari bersembunyi dalam tanah atau di bawah rerumputan.

Pengendalian untuk selalu membersihkan gulma-gulma sehingga tidak digunakan untuk tempat bersembunyi ulat. Penyemprotan menggunakan insektisida Curacron, regent atau Prevaton. Penyemprotan dilakukan malam hari.

6. Hama Thrips

Thrips menyerang daun muda dan menghisap cairan daun. Daun menjadi keriting. Pengendalian melakukan rotasi tanaman, membersihkan gulma dan tanaman inangnya. Penyemprotan menggunakan insektisida.


Penyakit Tanaman  Tomat


1. Layu Fusarium

Gejala awal tanaman tiba-tiba layu, segar di pagi dan sore hari hingga akhirnya tanaman mati. Penyebabnya adalah cendawan patogen Fusarium oxysporum. Cendawan awalnya menyerang akar dan meluas menyerang seluruh bagian tanaman. 

Pencegahan menggunakan benih bebas penyakit layu, menggunakan mulsa plastik dan mengatur jarak tanam tidak terlalu rapat. Cendawan berkembang cepat di musim hujan dengan kelembaban tinggi. 

Pencegahan menggunakan agen hayati Trichoderma sp. saat pengolahan tanah dan mencabut lalu memusnahkan tanaman yang terinfeksi.  


2. Bercak Daun

Penyebabnya adalah cendawan Cercospora capsici. Daun terinfeksi terdapat bintik-bintik bulat berwarna hitam kecoklatan. Daun menjadi menguning lalu daun rontok. 

Pengendalian dengan cara menjaga kebersihan areal budidaya dan mulsa plastik di musim hujan. Jaga jarak tidak terlalu rapat di musim hujan agar sirkulasi lancar dan mengurangi kelembaban. Pengendalian menggunakan fungisida. 


3. Layu Bakteri ( Pseudomonas solanacearum )  

Gejala serangan pucuk tanaman layu atau daun tua menguning. Jika batang dipotong, keluar cairan lendir seperti susu. Pengendalian melakukan rotasi tanaman tidak sefamili dan penggunaan benih tahan layu. Penyemprotan menggunakan bakterisida.


4. Mosaik

Ditandai adanya warna seperti mosaik pada daun. Pengendalian dengan cara manual, mencabut dan memusnahkan tanaman terinfeksi agar tidak menularkan ke tanaman lain. 


5. Busuk Buah

Penyebabnya cendawan, gejala ada 2 macam. Adanya bercak kecil, coklat pada buah dan lama kelamaan membesar dan cekung. Buah menjadi busuk lalu rontok. 

Kedua, adanya bercak kecil bulat dan berair, lama kelamaan akan cekung. Terdapat bercak ungu di pangkal buah dekat tangkai buah. 

Pengendalian dengan melakukan rotasi tanaman, selalu menjaga kebersihan dan memusnahkan tanaman terinfeksi. Penyemprotan fungisida bila serangan parah menggunakan Mankozeb. 


6. Busuk Daun

Penyebabnya adalah cendawan Phytopthora infestans. Gejala awal yaitu ada bercak basah berwarna hitam di ujung daun. Lalu bercak meluas ke seluruh bagian daun sampai tangkai daun. 

Penyakit mudah menyebar di musim hujan dan kelembaban yang tinggi. Pengendalian dengan cara membuang tanaman terinfeksi, menggunakan benih tahan penyakit. Serta penyemprotan fungisida. 


7. Tomato Yellow Leaf Curl Virus (TYLCV)

Adalah virus kuning-keriting pada daun tomat. Virus ini tergolong dalam suku Geminiviridae seperti virus keriting bule pada tanaman cabai. Tanaman terinfeksi menimbulkan gejala daun muda mengkerut/keriting dan berwarna kuning. Sedangkan daun tua akan menyusut. Hama vektor utama virus ini adalah kutu kebul. 

Tidak dapat dikendalikan secara kimia. Pengendalian dengan cara tanaman dicabut lalu dibakar. Pengendalian terhadap kutu kebul menggunakan insektisida. 



Pemanenan Tomat Kinanti


Panen Tomat Kinanti umur 80 - 90 HST. Penentuan umur panen berdasarkan dari warna kulit buah, ukuran buah, kondisi daun tanaman dan batang tanaman. Pemetikan dilakukan pagi hari saat cuaca cerah. menggunakan alat potong tajam dan bersih.

Umur panen tomat tergantung dari varietas, tingkat kesuburan tanah, lokasi dan tingkat kematangan yang diinginkan. Kematangan tomat yang diinginkan disesuaikan dari jarak tempuh lokasi penanaman ke lokasi pemasaran atau alamat pembeli. Juga waktu penyimpanan tomat yang dipanen nanti.

Tomat Kinanti jenis tomat semi-determinate dimana tidak membutuhkan lanjaran atau ajir selama hidupnya. Pohon kuat menopang tubuh dan buah tomat secara baik. Ajir dalam tanaman tomat digunakan sebagai rambatan dan tanaman tidak rebah saat sudah muncul buah.

Panen tomat dilakukan satu per satu bagi buah yang memenuhi kriteria panen. Tomat Kinanti yang dipetik tidak harus berwarna merah tergantung dari varietasnya. Petani biasanya panen tomat berwarna orange kemerahan dan berukuran sedang. Buah berwarna hijau dan kecil ditinggalkan di tanaman. Lalu akan dipanen beberapa hari saat sudah sesuai kriteria panen.

Panen tomat kinanti dilakukan bertahap yaitu 3 - 5 hari sekali. Sebaiknya waktu panen pagi atau sore hari untuk mengurangi respirasi buah tomat. Setelah dipetik, buah tomat diletakkan di bawah bayang-bayang pohon dan tidak kena sinar matahari langsung.

Buah tomat biasanya dapat tahan 7 - 8 hari mulai dari panen sampai penyimpanan. Jika penanganan panen dan pasca panen kurang bagus, tomat cepat kehilangan vigornya. Tomat terlihat mengkerut atau berair membusuk. Hindari menutup tomat menggunakan plastik saat dikumpulkan di wadah. Karena tomat cepat respirasinya dan cepat muncul jamur dan cepat membusuk.

Demikian artikel Kami dengan judul : Jual Benih Tomat Kinanti Terbaik Produk Royal Seed. Hubungi nomer kami di 0821417417141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian Online LMGA Agro menyediakan segala kebutuhan pertanian untuk bercocok tanam.

Kami melayani pula konsultasi pertanian gratis dan menjawab segala pertanyaan Anda tentang bercocok tanam baik petani maupun bukan petani. Kami juga mengajak Anda bisnis bagi para dropship dan reseller segala produk Kami.

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia bersama JNE, KI8, Pos Indonesia dan masih banyak lagi. Semoga artikel Kami bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan Anda. Selamat mencoba budidaya timun Kinanti produk dari Royal Seed dan salam sukses...






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.