TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

21/08/20

Budidaya Cabe Merah Mudah dan Cocok Sebagai Usaha Kecil-Kecilan

budidaya cabe merah, cabai, jual benih cabai merah, cara menanam cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Cabai Besar Berkualitas

Budidaya Cabe Merah Mudah dan Cocok Sebagai Usaha Kecil-Kecilan. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko pertanian Online LMGA Agro menyediakan benih hibrida dan unggul, pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian. 

Toko pertanian online LMGA Agro menerima layanan konsultasi gratis pertanian. Diantara budidaya cabe merah mulai pembibitan, penanaman, pemeliharaan sampai panen. Kami mengajak kerjasama sebagai dropship dan reseller pertanian.

Budidaya cabe merah mudah dilakukan dan siapapun baik bukan petani profesional maupun pemula bisa melakukannya. Kegiatan budidaya cabe merah diawali dengan mengenal kondisi lingkungan tempat menanam cabai nanti. 

Budidaya cabe merah mudah dilakukan karena dapat dilakukan mulai dataran rendah sampai tinggi. Harga cabe merah yang fluktuatif tetap menguntungkan untuk dijadikan usaha pertanian menjanjikan. 

Budidaya cabe merah banyak diminati setiap orang karena kebutuhan akan cabai merah cukup tinggi. Hampir setiap hari orang membeli cabai terutama para pemilik warung makan dan depot. Sehingga ketika harga cabai merah naik di pasaran, kehebohan pasti muncul di tengah-tengah masyarakat. 

Namun bila harga cabai anjlok di pasaran, para petani merasa sangat sedih. Karena biaya untuk budidaya cabai juga tidak murah. Mulai dari harga benih hibrida, biaya perawatan, harga pupuk, pestisida dan tenaganya. 

Budidaya cabe merah tidak selalu harus di lahan luas. Karena cabai dapat juga tumbuh di lahan sempit, di pekarangan rumah atau ditanam di polybag. Budidaya cabe merah dapat menjadi usaha sampingan dengan memanfaatkan lahan kosong di pekarangan rumah.

Toko pertanian online LMGA Agro siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Produk kami lengkap, murah, terbaik dan berkualitas. Kami bekerja sama dengan jasa pengiriman barang JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain. 



Persemaian Benih Budidaya Cabe Merah 


Tujuan persemaian benih Budidaya cabe merah adalah untuk menekan angka kematian disebabkan bibit yang belum siap dengan kondisi lapangan. Bibit di lahan tetap harus menghadapi cuaca hujan langsung dan teriknya matahari langsung. Juga ada serangan organisme pengganggu yang menyukai menyerang tanaman muda.

Proses pembibitan budidaya cabe merah dilakukan di tempat tersendiri dan terpisah dari lahan tetap. Juga terdapat perawatan khusus sampai bibit tumbuh kuat dan kokoh. Tempat untuk persemaian benih bisa dibuat permanen atau sementara. 

Media untuk persemaian juga macam-macam biasanya disesuaikan modal yang dipunya. Lebih murah persemaian di bedeng semai. Atau untuk mendapatkan bibit sehat dan mudah pembuatannya, bisa menggunakan polybag. 

Tray semai untuk persemaian paling baik untuk pembibitan. Tray semai dapat diperoleh di Toko Pertanian LMGA Agro. 

Sebagai tempat tumbuh benih, media semai budidaya cabe merah harus subur dan terjamin nutrisinya. Media untuk persemaian benih budidaya cabe merah yang baik terdiri dari campuran tanah dan bahan organik kaya unsur hara. Ditambah media juga harus lembab dan tidak kering.  

Tanah yang baik untuk persemaian budidaya cabe merah adalah lapisan top soil ( atas ). Top soil berada di kedalaman kurang lebih 5 cm. Tanah terdiri dari beberapa campuran lempung dan pasir. Tanah di hutan atau dibawah pohon bambu bisa dimanfaatkan untuk media semai bibit banyak. 

Tambahkan pupuk kandang atau kompos agar kandungan hara media semai semakin banyak. Sehingga didapatkan bibit yang sehat, kuat dan kokoh. Perbandingan tanah dan pupuk kandang adalah 1 : 1. Kemudian coba beri air, media semai yang baik teksturnya harus solid. tandanya bila dikepal tidak ambyar dan tidak becek.




Cara Membuat Persemaian Benih Budidaya Cabe Merah


- Persemaian tray : campurkan tanah dan pupuk kandang matang atau kompos 1 : 1. Masukkan ke lubang-lubang tray semai. Padatkan tanah  agar media mengencang dan bisa mencengkeram bibit. 

- Persemaian polybag : campurkan tanah, pupuk organik dan arang sekam 1 : 1 : 1. Pilih polybag dengan ukuran sesuai ukuran bibit. Masukkan ke polybag, bagian dasar dan samping polybag harus berlubang untuk keluarnya air berlebih. 

- Persemaian cetak : siram dengan air media tanam yang sudah dibuat tersebut. Air akan semakin menguatkan campuran agar tidak mudah ambyar dan mudah dibentuk. Gunakan cetakan untuk membuat media dalam bentuk kotak-kotak kecil. Lubangi bagian atas dan terletak ditengah sampai sedalam 2 cm.

- Persemaian bentuk bedeng semai : terbuat dari campuran tanah dan pupuk organik 1 : 1. Bentuk bedengan dengan ketebalan 5 - 7 cm. Siram bedengan dengan air secukupnya lalu benih ditebarkan di permukaannya. Usahakan benih tidak berdempet. 

- Persemaian bedeng memerlukan penutup untuk melindungi bibit dari hujan dan teriknya sinar matahari. Penutup dibuat penyangga dari bambi yang dilengkungkan. Tutup dengan paranet atau plastik bening agar dapat dibuka tutup. Saat pagi dan sore, penutup dibuka agar sirkulasi udara bergantian.  

Penyiraman bibit setiap pagi dan sore. Anda bisa menggunakan kertas koran untuk melindungi benih yang baru berkecambah. Air penyiraman akan jatuh di permukaan kertas koran lalu air menetes ke permukaan polibag. Pembibitan budidaya cabe merah hingga umur 2 minggu  dan pada hari ke-4 sudah tampak tanda-tanda bibit tumbuh.  


Pengolahan Lahan Budidaya Cabe Merah


budidaya cabe merah, cabai, manfaat cabe, jual benih cabai, toko pertanian, toko online, lmga agro
Budidaya Cabe Merah Benih Hibrida 
 

Budidaya cabe merah
dapat dilakukan di dataran rendah sampai dataran tinggi. Budidaya cabe merah juga bisa dilakukan mulai di pekarangan, lahan kering dan lahan sawah. Budidaya cabe merah menghendaki derajat keasaman tanah ( pH ) netral. 

Jika pH rendah, beri kapur Dolomit sebanyak 4 - 5 ton/ha sampai pH netral. Jenis tanah ideal untuk budidaya cabe merah adalah tanah humus, liat berpasir dan tanah andosol dan grumosol. Jenis-jenis tanah tersebut kaya bahan organik dan bersifat gembur.  

Lahan sawah mengandung liat tinggi sehingga perlu diolah sebelum menanam. Pengolahan tanah bertujuan menggemburkan tanah sehingga memudahkan akar berkembang. Pengolahan tanah membuat tanah tidak mudah menggenang dan melancarkan sirkulasi udara.  

Pengolahan tanah yaitu tanah dibajak atau dicangkul sedalam 30 - 40 cm sekaligus juga untuk membersihkan gulma. Setelah dibajak, tanah diberi pupuk kandang atau kompos sebanyak 20 - 30 ton/ha. Selanjutnya dibuat bedengan budidaya cabe merah. 

Pengolahan tanah budidaya cabe merah perlu ditambahkan pupuk organik. Yaitu bertujuan menambah unsur hara dalam tanah dan meningkatkan sifat fisik dan biologi tanah. Pupuk kandang membuat tanah menjadi lebih gembur dan mampu menyimpan cadangan air.

Kegiatan pengolahan tanah dilakukan bersamaan pembibitan. Sehingga saat lahan siap ditanami, bibit pun sudah cukup umur untuk dipindahkan. Lebih efisien dalam hal waktu. 

Bedengan budidaya cabe merah dibuat tingginya 40 cm dan lebar 1 m. Jarak antar bedengan 60 cm. Agar budidaya cabe merah bisa optimal, panjang bedengan dibuat 15 meter. Buat drainase air dengan baik sedalam 30 cm agar air tidak mengalir lancar. 





Penanaman Bibit Cabai Merah


Budidaya cabe merah menjadi lebih efektif bila bedengan tanam cabainya dipasang mulsa plastik hitam perak. Budidaya cabe merah di musim hujan penting kiranya bedengan ditutup mulsa. 

Salah satu keuntungan budidaya cabe merah menggunakan mulsa plastik hitam perak yaitu sinar UV matahari bisa ke permukaan bawah daun. Dimana permukaan bawah daun banyak dihuni hama aphids, Thrips, tungau, ulat sampai cendawan. 

Pemasangan mulsa maksimal 3 hari sebelum penanaman bibit cabai merah. Sebelum dipasang, bedengan disiram air dulu. Teknik pemasangan mulsa yaitu dipasang siang hari saat sinar matahari bersinar sangat terik. 

Meski perlu biaya besar memasang mulsa plastik hitam perak, namun manfaatnya sungguh besar dan menguntungkan. Fungsi mulsa adalah menekan erosi, menjaga kelembaban tanah, menekan pertumbuhan gulma sampai menekan serangan hama dan penyakit. 

Setelah mulsa terpasang, dibuat lubang tanam menggunakan alat pelubang mulsa. Alat pelubang mulsa tersedia di Toko Pertanian LMGA Agro dengan 2 jenis. Lubang tanam budidaya cabe merah sebanyak 2 baris dan berjarak tanam 60 - 70 cm. Lubang tanam dibuat bentuk zig-zag, tidak sejajar. 

Penanaman bibit cabai umur 2 - 3 minggu atau telah muncul 3 - 4 helai daun. Penanaman serentak dalam satu hari pagi atau sore hari. Keluarkan bibit dari media semainya dengan hati-hati dan sertakan tanahnya. Masukkan ke lubang tanam, tutup dengan tanah lalu siram air sampai basah. 



Pemeliharaan untuk Budidaya Cabe Merah


Alat Siram Kocor | LMGA Agro

Penyiraman pada budidaya cabe merah saat musim kemarau lebih efektif dengan cara penggenangan. Bila dilakukan penyiraman sebaiknya berhati-hati terutama saat tanaman muda atau beberapa hari setelah pindah tanam. 

Kontrol tanaman setiap hari dilakukan untuk melihat kondisi tanaman. Jika ada tanaman mati atau sakit, tumbuh abnormal harus segera dicabut dan diganti bibit baru.

Ajir atau lanjaran budidaya cabe merah ditancapkan untuk menopang tanaman cabai tetap tegak. Ajir ditancapkan disamping pangkal batang dengan jarak 4 cm. Usahakan penancapan ajir tidak melukai akar cabainya. Penancapan ajir dilakukan seminggu setelah penanaman bibit.  

Budidaya cabe merah pemangkasan tunasnya dilakukan setelah umur 1 bulan untuk tanam di dataran tinggi. Di dataran rendah, pemangkasan tunas setelah umur 3 minggu. Tunas yang tumbuh di ketiak daun. Pemangkasan dilakukan sampai tumbuh cabang utama dan muncul bunga pertama dan kedua. 

Tujuan pemangkasan untuk mendapatkan batang utama lebih besar dan kokoh dan mendapatkan jumlah buah lebih banyak, besar dan seragam. Pemangkasan dapat mengurangi kelembaban sebagi penyebab munculnya hama dan penyakit. 

Penyiangan dengan mencabut gulma disekitar tanaman sambil melakukan penggemburan. Rumput-rumput yang dicabut lalu dikumpulkan dan dibakar. 





Pupuk Susulan Budidaya Cabe Merah 


Pupuk Susulan Fase Vegetatif

Pupuk susulan fase vegetatif budidaya cabe merah menggunakan pupuk NPK setelah 1 minggu setelah tanam. Atau bisa Anda campurkan ZA + TSP + KCl ( 1 : 1 :1 ). Dosis sebanyak 1 gelas pupuk ( 300 cc ) butiran NPK/campuran.

Larutkan dalam 25 - 30 l air. Lalu kocorkan ke tanaman 50 cc per tanaman. Interval 7 - 10 hari dan diberikan setelah penyiraman. Jangan lupa juga berikan pupuk unsur mikro secara kocor atu semprot. Gunakan pupuk cair dapat dibeli di Toko pertanian LMGA Agro. 


Pupuk Susulan Fase Generatif

Fase generatif setelah umur 1 bulan dan pemberian pupuk harus diatur ulang. Kali ini dibuat unggul pada salah satu unsur penting kebutuhan di fase ini. Yaitu unsur Fosfor diperbanyak dan dikurangi unsur Nitrogennya. 

Budidaya cabe merah pupuk susulan fase generatif menggunakan pupuk NPK + TSP ( 1 : 1 ). Disini unsur P harus lebih banyak. Bila menggunakan pupuk tunggal yaitu ZA + TSP + KCL ( 1 : 3 : 1 ). Cara aplikasi sama 1 gelas dilarutkan 25 - 30 liter air. 

Pengocoran di lubang pupuk berjarak 10 cm dari pangkal batang. Unsur mikro tetap diberikan dengan cara dikocor atau disemprotkan. 


Pupuk Susulan Fase Pembuahan

Pupuk unsur P dan K tetap sama-sama ditambahkan dan unsur N dikurangi. Menggunakan pupuk NPK ditambah TSP dan KCl perbandingan 1 : 2 : 3. Sehingga berimbang antara muncul bunga baru dan buah sudah jadi. Cara aplikasinya sama. Pupuk mikro juga tetap diberikan. 



Cara Panen pada Budidaya Cabe Merah


Masa panen pada budidaya cabe merah berkisar antara 75 - 85 HST. Panen cabai bisa berlangsung berkali-kali tergantung jenis cabai, kondisi lahan dan teknik budidayanya. 

Agar masa simpan cabai bisa lama, pemetikan disertakan tangkainya juga. Panen dilakukan tiap 2 - 5 hari sekali. Budidaya cabe merah bisa mencapai hasil panen sampai 15 ton/ha dan bila budidaya dilakukan optimal, hasil panen bisa mencapai 20 ton/ha. 

Panen ke-4 sampai ke-6 akan menghasilkan buah cabai yang optimal. Hasil panen periode pertama sampai ketiga menghasilkan buah sedikit. Sedangkan periode akhir, buah cabai banyak bisa dipanen namun ukuran buahnya kecil-kecil. 



Harga Cabe Merah Merosot Karena Hal Ini


Petani cabai pasti mengeluhkan bila saat panen harga cabainya merosot. Bahkan hingga harga cabe merah turun secara sinifikan. Biasanya harga cabe merah di tingkat petani jatuh hingga Rp. 3000 - Rp. 4000 per kilogram. Padahal harga cabe merah pernah berjaya di angka Rp. 40 ribu per kilogram. 

Kondisi merosotnya harga cabai di pasaran pasti mengakibatkan kerugian lumayan besar di kalangan petani. Hasil penjualan panen tidak bisa menutupi biaya produksi dan membayar tenaga kerja mulai proses penanaman hingga panen. 

Hal tersebut kadang membuat petani agak enggan memulai tanam cabai padahal sudah memasuki musim tanamnya.  Bukan hanya harga cabe merah saja kadang yang turun. Namun juga terjadi di semua jenis cabe secara bersama bisa mengalami kondisi serupa. Baik harga cabe merah, cabe rawit, merah dan hijau sampai cabai keriting. 

Turunnya harga cabe merah di Indonesia salah satunya dipengaruhi faktor musim panen bersamaan. Sehingga semua elemen Pemerintah dan mitra swasta saling membantu membeli hasil panen cabai petani. Tentunya dengan harga cabe sepantasnya agar Petani tidak mengalami kerugian.  

Hasil panen cabai yang melimpah ruah seringkali dimanfaatkan oknum pedagang nakal untuk membeli cabai dengan harga sangat rendah. Hasil panen melimpah ruah namun harga cabe merosot dan petani menjadi merugi. 

Di tingkat Pedagang menghargai cabai dari Petani dengan harga demikian karena dianggap cabai masih bercampur cabai rusak atau terkena patek. Pasokan berlimpah terutama bila di bulan puasa dan hari raya dapat merugikan petani. Sehingga Pemerintah Daerah bertindak cepat membantu petani agar tidak terlalu rugi. 


Alasan Bila Harga Cabai Melonjak   


Petani biasanya mulai budidaya cabe merah di bulan Oktober - Nopember. Sesuai prediksi di tahun-tahun sebelumnya, bulan Oktober merupakan musim awal penghujan. Sehingga diharapkan dapat membantu proses penanaman.   

Namun terkadang diluar prediksi, budidaya cabe merah hingga bulan Desemeber namun musim hujan baru tiba. Sehingga banyak tanaman rusak akibat kekurangan air. Hasil panen pun tidak bisa maksimal. Sehingga terdapat penurunan pasokan panen bila kondisi tersebut terjadi.  

Harga cabe merah bisa meningkat bila pasokan di pasar menurun. Namun menurut Petani, tetap merasa rugi karena banyak buah rusak meskipun harga cabe merah mahal. Gangguan ketersediaan air menjadi penyebab besar produksi nasional cabai menurun.  

Harga cabe merah meningkat biasanya akan kembali turun bila pasokan dari hulu kembali normal. Kenaikan harga cabe merah dan cabe lainnya murni dipengaruhi suplai ketersediaan di pasar sedikit. Bukan karena sedikit petani yang menanam, namun disebabkan banyak buah cabe membusuk.    





Usaha Kecil-Kecilan Budidaya Cabe Merah di Rumah


Budidaya cabe merah di rumah dapat dijadikan taktik dan mensiasati ketersediaan di pasaran. Kadang karena cabai di pasaran sedikit menyebabkan harga cabe merah naik. Daripada susah membeli cabai di pasar dengan harga mahal, Kita bisa mencoba menanam sendiri di rumah. 

Budidaya cabe merah di rumah dapat dijadikan sebagai usaha rumahan dan usaha sampingan. Usaha kecil-kecilan budidaya cabe merah diusahakan di lahan sempit. Baik menanam langsung di tanah maupun budidaya di polybag. 

Karena pada dasarnya tanaman cabai mudah tumbuh dan mudah cara pemeliharaannya. Asalkan kebutuhan dasar tanaman yaitu air terpenuhi. Tanah tempat tumbuhnya selalu terjaga kelembabannya namun tidak berlebihan. 


Budidaya Cabe Merah di Polybag


Budidaya cabe merah perlu proses persemaian terlebih dahulu. Proses persemaian benih ini untuk memilih bibit mana yang sehat, kuat dan kokoh. Selain itu juga untuk menunggu bibit sampai siap ditanam di polybag pembesaran. 

Tempat pembibitan menggunakan polybag ukuran kecil ( 8 x 9 cm ), atau daun pisang, tray semai atau berupa petakan tanah. Cara petakan tanah adalah paling murah dibandingkan cara pembibitan lainnya. 

Buat petakan tanah secukupnya, gunakan kompos dan tanah sebagai medianya. Campur dan aduk rata. tanah diayak dulu hingga halus untuk memudahkan akae tumbuh dan menyerap unsur hara. Ketebalan petakan adalah 5 - 10 cm, diatasnya dibuat larikan berjarak 10 cm. 

Letakkan benih pada larikan jaraknya 7,5 cm, tutup benih lalu siram pelan-pelan sampai cukup basah. Lalu tutup permukaan persemaian menggunakan karung goni basah selama 3 - 4 hari dan usahakan karung goni dalam kondisi selalu basah. 

Hari ke-4 bibit mulai muncul dari permukaan tanah dan karung goni bisa dibuka. Namun pembibitan dipasang pelindung dari plastik transparan. Tujuannya adalah melindungi bibit cabai masih kecil dari panas matahari dan hujan. 

Bibit budidaya cabe merah siap dipindah ke polybag pembesaran setelah umur 3 - 4 minggu. Atau telah muncul 3 - 4 helai daun.  Siapkan polybag pembesaran bibit dengan ukuran diatas 30 cm. Diharapkan polybag besar bisa kuat menopang tanaman cabai.   


Pemeliharaan Budidaya Cabe Merah di Polybag


Pemupukan dosisnya 1 sendok makan NPK per polybag setiap bulan. Bila budidaya cabe merah secara organik dapat kita memakai pupuk organik cair. Terutama masa fase vegetatif dan pertumbuhan daun serta saat muncul buah. 

Tambahkan pupuk kompos sebanyak satu genggam tangan. Berikan pupuk organik secara intensif saat tanaman maun berbuah. 

Penyiraman budidaya cabe merah di polybag minimal 3 hari sekali. Namun bila cuaca panas, berikan air setiap hari agar tanaman tidak kekeringan. 

Pengajiran dilakukan setelah budidaya cabe merah tumbuh tinggi 20 cm. Tancapkan ajir bambu berguna untuk menopang tanaman agar berdiri tegak. 

Perempelan atau pemangkasan untuk tunas-tunas muda budidaya cabe merah terutama bila tumbuh di ketiak daun. Pemangkasan dimulai umur 20 hari setelah tanam. Budidaya cabe merah melakukan perempelan sampai 3 kali dan terbentuk cabang utama. Perempelan untuk mencegah tanaman tumbuh ke samping saat batang belum terlalu kuat. 

Pengendalian hama dan penyakit budidaya cabe merah dilakukan bila tampak ada hama maupun tanaman sakit. Bila tampak hama putih dapat segera semprotkan pestisida. Bila tampak bakal ulat maka semprotkan insektisida yang tepat. Cara mengatasi bila tampak ada jamur yaitu menggunakan fungisida.  

Budidaya cabe merah di polybag untuk selalu rajin memberi pupuk dan gunakan pupuk organik. Tidak perlu banyak ruang karen cukup diletakkan diteras rumah dan mendapat sinar matahari yang cukup. Saat budidaya cabe merah tampak buah sudah matang, kita cukup memetik sesuai kebutuhan.



Budidaya Cabe Merah Manfaatnya Bagi Kesehatan Kita


Manfaat cabai besar sekali bagi kesehatan kita, antara lain : 

-  Menyembuhkan infeksi pada tubuh dan mencegah terjadinya infeksi jamur. 
-  Mengurangi nyeri akibat dari gigi berlubang, gusi bengkak atau sakit kepala dapat sembuh dengan makan cabai. 
-  Melancarkan metabolisme tubuh dan membakar lemak tubuh. 
-  Merangsang pertumbuhan rambut.
-  Mencegah tekanan darah tinggi dan mengurangi penggumpalan darah. 

Budidaya cabe merah mudah dilakukan disamping itu petani menyukai menanam cabai sebagai usaha pertaniannya meski harga cabe fluktuatif. Para hobiis kebun juga bisa memilih bertanam cabai sebagai usaha kecil-kecilan di rumah. 

Demikian artikel Kami judul : Budidaya Cabe Merah Mudah dan Cocok Sebagai Usaha Kecil-Kecilan. Hubungi nomer Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan segala kebutuhan bercocok tanam, lengkap dan berkualitas. 

Kami juga menerima layanan konsultasi gratis pertanian mulai penanaman sampai pemeliharaan. Kami mengajak pula kerjasama sebagai dropship dan reseller toko pertanian LMGA Agro. Kami siap kirim pesanan Anda bersama JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain. 

Semoga artikel budidaya cabe merah dapat bermanfaat dan menambah wawasan pembaca tentang usaha pertanian menanam cabai. Peluang usaha budidaya cabe merah menguntungkan dan menjanjikan. Salam sukses...                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                             


1 komentar:

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.