TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

24/08/20

Tomat Buah, Sayuran Segar Kaya Manfaat dan Mudah Cara Menanamnya

tomat buah, buah tomat, tanaman tomat, jual benih tomat, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tomat Buah
Sayuran Segar

Tomat Buah, Sayuran Segar Kaya Manfaat dan Mudah Cara Menanamnya. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan kebutuhan untuk bercocok tanam lengkap dan produk berkualitas. Tersedia mulai benih hibrida dan unggul, pupuk, pestisida dan ZPT dan alat pertanian. 

Tomat buah merupakan buah yang sudah lama dikenal masyarakat Indonesia. Segala manfaat buah tomat lengkap. Mulai manfaatnya untuk wajah, kulit hingga manfaat jus buah tomat sangat baik sekali. Hal ini karena buah tomat memiliki zat likopen yaitu sejenis antioksidan. 

Likopen dalam buah tomat merupakan antioksidan alami yang memiliki segudang manfaat. Salah satu terbesar adalah menangkal serangan radikal bebas di udara penyebab sakit kanker. Selain likopen, buah tomat mengandung nutrisi lainnya dan tak kalah hebat manfaatnya. 

Tomat buah merupakan sayuran penting dan salah satu komoditas tinggi bagi pertanian Indonesia. Banyak masyarakat menyukai makan buah tomat karena menyehatkan dan bergizi tinggi. Cara menanamnya mudah dan dapat ditanam di mana saja. 

Cara menanam tanaman tomat mudah, siapapun bahkan bagi pemula akan mampu melakukannya. Tidak hanya petani, ibu-ibu rumah tangga pun bisa menanam tanaman tomat di rumah dan di pekarangan. Toko pertanian online LMGA Agro menerima konsultasi gratis cara menanam tomat buah. Atau juga untuk budidaya tanaman lainnya. 

Toko pertanian online LMGA Agro mengajak kerjasama sebagai dropship dan reseller toko pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia, barang aman dan pasti sampai tujuan alamat Anda. Bersama jasa ekspedisi terpercaya JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain. 



Tomat Buah ( Solanum lycopersicum )


Nama latin lainnya tomat buah adalah Lycopersicum esculentum, merupakan tanaman dari keluarga Solanaceae. Tanaman tomat adalah asli tumbuhan Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. 

Siklus hidup tanaman tomat buah singkat dan dapat tumbuh sampai setinggi 1 - 3 meter. Buah tomat bermacam-macam warnanya, yaitu ada warna kuning, hijau dan merah. Tomat buah dapat dimakan langsung mapun dimasak sebagai campuran sayur. 

Tanaman tomat memiliki batang dan daun yang tidak dapat dimakan karena mengandung Alkaloid. Sama seperti tanaman satu keluarga, yaitu kentang dan terong. 

Cara menanam tomat melewati proses persemaian benih lebih dahulu. Sampai tumbuh 4 daun sejati, bibit bisa ditanam di lahan tetap. Panen budidaya tomat dimulai umur 9 minggu setelah tanam. Proses pemetikan buah tomat setiap 5 hari sekali.  

Berdasarkan ukuran dan bentuk, buah tomat dikelompokkan sebagai berikut : 

- Granola, buah tomatnya berbentuk bulat dan pangkal buah mendatar. Bentuk granola ini disebut di pasaran tomat buah, dapat dimakan langsung dan warna lebih ke arah manis. 

- Gondol, buah tomat ini sering dijadikan bahan baku membuat saus. Bentuknya lonjong oval masuk kategori tomat buah. Di Indonesia disebut dengan kultivar Gondol Hijau dan Gondol Putih. 

- Sayur, tomat buah bertekstur padat dan biasa digunakan dalam masakan. 

- Ceri ( tomat ranti ) jenis tomat buah berukuran kecil dan tersusun berangkai pada tangkai buah yang panjang. 





Tomat Buah Mengandung Vitamin Ini


tomat buah, buah tomat, tanaman tomat, jual beih tomat, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Tomat Buah F1
Tomat
buah
salah satu jenis sayuran yang mudah dijumpai di pasar hingga swalayan. Harga buah tomat  relatif murah dan fluktuasi harga tidak terlalu tinggi. Meski rata-rata berharga murah, tomat buah padat nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan. 

Kandungan dalam tomat buah diyakini mampu mencegah berbagai masalah kesehatan. Diantaranya penyakit jantung, kulit sampai penyakit diabetes. Selain itu, tomat buah cocok sebagai menu makan diet. 

Tomat buah mengandung senyawa karotenoid tinggi, yaitu lutein dan likopen. Kandungan senyawa tersebut sangat penting untuk kesehatan mata. Juga untuk mencegah mata tidak mudah rabun. 

Buah tomat merupakan salah satu sayuran paling mudah dikonsumsi. Tomat bisa diolah menjadi jus tomat, salad, isi roti sandwich atau olahan masakan lainnya. Tomat buah dapat dikonsumsi baik oleh anak-anak sampai orang dewasa. 

Sayuran tomat mengandung vitamin A, C, K, zat Kalium, Folat dan Likopene sebagai antioksidan. Fungsi zat-zat tersebut mampu melindungi kulit dari sinar UV matahari dan radikal bebas. Tomat buah juga sering dijadikan masker wajah untuk mengatasi masalah kulit wajah seperti jerawat dan komedo. 

Selain mengandung antioksidan likopen, tomat buah mengandung jenis antioksidan lain seperti polifenol, naringenin dan chlorogenic acid. Buah tomat tidak membuat gemuk karena rendah lemak dan kalori. 

Tomat buah mengandung 95% air dan sisa 5% terdiri karbohidrat, serat, vitamin dan mineral. Satu buah tomat berukuran sedang mengandung 20 kalori, 1,2 gram serat dan 5 gram karbohidrat. Dalam tomat buah mengandung serat alami yang bermanfaat menjaga kesehatan pencernaan.  

Vitamin C dalam tomat buah juga berperan dalam pembentukan kolagen. Kolagen dibutuhkan tubuh untuk mendukung kesehatan kulit dan sendi, meningkatkan imunitas tubuh. Juga berperan membantu penyerapan zat besi. 



Manfaat Tomat Buah Bagi Kesehatan 


- Tomat buah mengandung mineral Potassium, berperan untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Selain itu berperan juga menurunkan risiko tekanan darah tinggi ( hipertensi ) dan penyakit jantung. 

- Tomat buah mengandung vitamin K, peranannya dalam proses pembekuan darah dan kesehatan tulang. Vitamin B9 atau asam Folat berperan untuk pembentukan sel dan jaringan, pembentukan sel darah merah dan baik untuk kesehatan saraf janin.

- Tomat buah mengandung serat tinggi. Peranan serat adalah membantu menurunkan risiko diabetes. Serat membantu dalam mengelola kadar insulin.

- Selain penting untuk ibu hamil dan kesehatan janin, asam Folat berperan dalam melenyapkan depresi dan stress. Asam folat dalam buah tomat mencegah penumpukan homosistein ( asam amino dalam plasma darah berlebihan ). 

- Tomat buah memiliki beta-karoten penyusun vitamin A. Bermanfaat menjaga penglihatan dan mendukung fungsi retina. 

- Minum jus dari tomat buah setiap hari rutin Anda lakukan maka tubuh akan terhindar dari peradangan. Termasuk arthritis dan nyeri sendi. kandungan airnya yang tinggi mampu mengurangi infeksi saluran kemih. 

- Tomat buah mengandung likopen, yaitu antioksidan pembentuk warna merah. likopen bermanfaat menurunkan risiko stroke dan serangan jantung. Likopen menurunkan kadar kolesterol jahat ( low-density lipoprotein ). 

- Tomat buah mengandung kalium tinggi. Dan mengkonsumsinya secara rutin dapat menjaga tekanan darah stanil dan normal. Ditambah bila mengurangi asupan bernatrium maka dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. 



Pohon Tomat Buah Adaptasi Tinggi


tomat buah, buah tomat, tanaman tomat, jual benih tomat, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tipe Tumbuh Pohon Tomat 


Pohon tomat
memiliki adapatsi tinggi karena bisa tumbuh baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi. Yaitu ketinggian tempat 0 - 1500 m dpl tergantung dari varietas pohon tomat. Tanaman tomat menghendaki tanah subur dan gembur dengan pH 5,5 - 7. 

Bila tumbuh di alam bebas, pohon tomat bisa berbentuk seperti perdu dan mencapai tinggi sampai 3 meter. Namun begitu dibudidayakan, pohon tomat buah hanya sampai setinggi 2 meter. Biasanya tubuhnya ditopang oleh ajir atau lanjaran agar tidak roboh. 

Berdasarkan tipe tumbuhnya, jenis pohon tomat terbagi menjadi 3 yaitu determinate, semideterminate dan indeterminate. 

Tipe Determinate, karakteristiknya antara lain : 

- Pertumbuhan tanaman berakhir begitu telah tumbuh bunga dan buah tomat. 
- Umur panen relatif singkat dan pertumbuhan batang cepat. 
- Cocok ditanam di negara berkembang seperti Indonesia karena produksi tomat buah tidak terfokus di segi kualitasnya ( bentuk dan ukuran ).

Tomat Buah  tipe semideterminate adalah persilangan dari tipe determinate dan in-determinate. Tinggi pohon tomat tipe ini mencapai 1 - 2 meter. Jumlah tandan dan hasil produksi tipe semi-determinate lebih banyak dari determinate. Semi-determinate tumbuh baik di dataran rendah dan tinggi. 

Pohon tomat buah semi-determinate biasa ditanam di lahan terbuka. Pertumbuhannya tidak membutuhkan pemeliharaan yang intensif seperti lanjaran dan pemangkasan tunas. Pohon tomat tipe semideterminate cocok ditanam di pekarangan atau area lahan dengan luasan terbatas. 

Tomat Buah tipe indeterminate, karakteristiknya yaitu pertumbuhan batang terus tumbuh meski telah muncul bunga dan buah. Umur panen relatif lama dan pertumbuhan batang relatif lambat. Pohon tomat tumbuh sampai setinggi 2,5 meter - 3,2 meter. Perlu perlakuan pemasangan lanjaran. 

Tipe indeterminate dapat dibudidayakan secara hidroponik, baik di lahan terbuka maupun di rumah kaca ( green house ). Salah satu adalah jenis tomat ceri dan tomat beaf. Kebanyakan ditanam di dataran tinggi karena lebih tahan serangan virus. 



Cara Menanam Tomat Buah di Pekarangan Rumah


Cara menanam buah tomat bisa tumbuh di segala media yaitu lahan terbuka, hidroponik, taman vertikultur atau di media pot/polybag. Tanam tomat di pekarangan rumah dapat menggunakan wadah polybag. 
 

Pembibitan Benih Tomat Buah

Tempat untuk pembibitan tanaman tomat terlindung dari hujan dan sinar matahari langsung. Media sederhana adalah menggunakan tanah + pupuk kandang/kompos. Media pembibitan benih tomat lainnya, bisa Anda pakai bila tersedia dengan jumlah cukup banyak. Yaitu seperti arang sekam, cocopeat, sabit kelapa dan lain-lain. 

Bentuk persemaian benih tanaman tomat bisa berupa bedeng semai, tray semai atau di polybag plastik. Persemaian di bedeng semai yaitu dengan membuat larikan sedalam 1 cm dan jarak antar larik 5 cm. Letakkan benih tomat dengan jarak 3 cm, tutup benih tomat dengan tanah dan lakukan penyiraman. 

Persemaian di polybag menggunakan media tanam tanah dan pupuk organik, diayak hingga halus dan dicampur merata. Masukkan ke polybag dan letakkan benih sedalam 1 cm lalu tutup dengan tanah dan lakukan penyiraman. Satu polybag kecil diisi satu benih. 


Baca Juga : Mengenal Pupuk Nitrogen


Pemindahan Bibit

Bibit buah tomat dipindahkan ke wadah lebih besar setelah muncul 5 helai daun atau sekitar umur 30 hari. Saat umur 2 minggu, berikan pupuk organik cair, kompos atau NPK sesuai dosis. Cabut gulma bila tamapak ada di sekitar tanaman. 

Media tanam untuk pembesaran bibit adalah tanah + arang sekam + kompos ( 2 : 1 : 1 ). Pemindahan bibit ke wadah pembesaran bisa dengan cara dicabut. Tanah harus dibasahi dulu agar mudah dicabut. lalu masukkan ke lubang tanam dalam wadah. 

Cara kedua yaitu bibit diputar dan tanah harus basah dulu agar mudah bibit diputar. Bibit di bedeng semai, diambil menggunakan tangan lalu ditanam di wadah lebih besar. Wadah polybag, plastik polybag disobek dan ambil bibit lalu tanam di wadah lebih besar. 


Pemeliharaan Tomat Buah di Polybag


Pemeliharaan tanaman tomat di polybag relatif lebih mudah. Kesehatan tanaman lebih terkontrol baik. Adanya serangan hama dan penyakit lebih cepat diketahui dan rata-rata terhindar dari penyakit lewat akar. 

Pemeliharaan paling penting adalah penyiraman. Jaga agar tanah tidak sampai kekeringan. Penyiraman dilakukan pagi dan sore hari namun jangan terlalu basah agar tidak terjadi busuk akar. 

Cabut gulma yang tumbuh disekitar tanaman. Bila ada tanaman mati, segera cabut tanaman dan buang jauh agar tidak menulari tanaman lain. Perawatan lainnya berupa pemangkasan tunas dan pemasangan ajir. 

Setelah tanaman tomat berumur 1 minggu setelah pindah tanam, berikan pupuk kompos 1 genggam tangan untuk setiap polybag. Pupuk kompos bisa ditambahkan setiap bulannya atau saat tanaman  tomata tampak kurang subur. 

Bila tanaman sudah berbuah maka tambahkan pupuk NPK atau pupuk organik cair. Bila tampak ada hama ulat, ambil hama dan matikan langsung. Buang daun dan batang yang rusak karena hama dan penyakit. Penanaman tomat buah di polybag, biasanya tidak banyak hama dan penyakit menyerang. 

Tanam tomat buah di polybag dapat panen setelah umur 3 bulan tergantung varietasnya. Kriteria buah tomat siap panen adalah terjadi perubahan warna dari hijau ke kuning-kuningan. Tepi daun tampak kering dan batang sudah menguning. 

Pemetikan buah tomat panen dilakukan pada buah yang matang saja karena pematangan tomat buah tidak bisa serentak. Pemetikan buah tomat setiap 2 - 3 hari sekali. Waktu pemetikan sebaiknya dilakukan pagi dan sore hari dan sinar matahari tidak terik. 



Budidaya Tanam Tomat Buah Tidak Sulit


tomat buah, tanaman tomat, buah tomat, jual benih tomat, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Tomat 
Fortuna F1
Tanam tomat buah dapat dilakukan di dataran rendah sampai dataran tinggi. Selain itu, pohon tomat juga dapat beradaptasi di segala media. Para petani banyak yang memanfaatkan sawah, ladang sampai pekarangan rumah untuk budidaya tanaman tomat. 

Metode budidaya tomat banyak sekali. Anda dapat menanam tomat buah dalam pot maupun polybag plastik. Bisa juga menanam tomat menggunakan cara hidroponik sederhana seperti menggunakan media air. 

Budidaya tomat di pot sebaiknya lebih banyak menggunakan pupuk kandang. Sedangkan untuk sistim hidroponik, media air mudah dilakukan sebagai nutrisi tanaman. 

Pemakaian benih, pilihlah benih tomat berkualitas tinggi, bersifat hibrida dan tahan penyakit. Benih berkualitas akan mendukung pertumbuhan secara sempurna. Benih tomat buah hibrida dan unggul terbaik dan berkualitas dapat Anda beli di Toko Pertanian online LMGA Agro. 


Persemaian Benih Tomat Buah

Persemaian benih bertujuan mendapatkan bibit tanaman tomat yang kuat, sehat dan kokoh. Bibit yang kuat memliki daun dan batang kuat pula. Tempat untuk pembibitan terpisah dari lahan tetap. Lama proses pembibitan ini adalah sekitar 30 - 40 hari. 

Media tanam persemaian tanaman tomat menggunakan media gembur dan banyak mengandung unsur hara. Media tanam adalah campuran tanah dan pupuk kandang atau kompos ( perbandingan 1 : 1 ). Persemaian diletakkan di tempat teduh dan terlindungi dari hujan dan teriknya matahari. 

Bibit tanaman tomat dirawat dengan melakukan penyiraman rutin setiap pagi dan sore. Bersihkan rumput-rumput disekitar tanaman tomat. Umur 2 minggu, bibit ditambahkan pupuk organik 1 genggam tangan.

Teknik melepas bibit, yaitu dengan cara dicabut dan diputar. Sebelum bibit dilepas, permukaan media harus disiram hingga basah. Melepas bibit dilakukan dengan hati-hati agar akar tidak rusak. 


Pengolahan Tanah Tanaman Tomat


Pengolahan tanah dimaksudkan untuk mendapatkan tanah gembur, subur dan sekaligus mematikan gulma. Pengolahan tanah dilakukan dengan cara dicangkul sampai kedalaman 15 cm. Batu, kerikil dan sisa-sisa rumput dibuang dari lahan. 

Setelah sudah gembur, beri lahan olahan tadi dengan pupuk kandang sebanyak 15 ton/ha. Bila pH tanah masam, berikan kapur Dolomit 3 - 4 ton/ha sampai pH netral. Biarkan 1 minggu agar pupuk menyatu dengan tanah. Biarkan lahan kena air hujan. 

Buat bedengan tanaman tomat dengan tinggi 30 cm dan lebar 1,5 meter. Panjang bedengan disesuaikan luas lahan. Lakukan penyiraman pada bedengan sampai basah. Lalu pemasangan mulsa plastik hitam perak dilakukan siang hari. Diamkan selama 1 minggu lagi. 

Paling lambat 3 hari sebelum pindah tanam bibit tanaman tomat, buat lubang tanam pada permukaan mulsa. Pembuatan lubang tanam buah tomat menggunakan alat pelubang mulsa dan dapat dibeli di Toko Pertanian online LMGA Agro. 

Proses penanaman bibit buah tomat dilakukan sore hari agar bibit tidak mengalami layu karena stress. Setelah penanaman, pasang ajir dengan jarak 10 - 15 cm dari batang. 




Pemeliharaan dan Pemupukan Tomat Buah  


Pemupukan tanaman buah tomat ada 2 yaitu budidaya organik dan non-organik. Budidaya tanaman buah tomat cara organik, pemupukannya menggunakan pupuk organik cair ( POC ). Gunakan POC dengan kandungan Kalium lebih tinggi. Pemupukan fase generatif dilakukan 1 minggu sekali. 

Pemberian pupuk organik cair harus diencerkan terlebih dahulu untuk memudahkan dalam proses pemupukannya. Takaran dosis pupuk tanaman tomat tidak boleh sembarangan. Dosis 1 liter pupuk diencerkan dalam 100 liter air. 

Budidaya buah tomat non-organik, pupuk diberikan 1 minggu setelah pindah tanam. Pemberian pupuk KCl dan Urea sebanyak 2 gram per tanaman. Pupuk Urea jangan diberikan mengenai tanaman tomat. Berikan pupuk di lubang pupuk disamping tanaman tomat. Jarak lubang pupuk dari lubang tanaman adalah 5 cm. 





Tomat, Buah atau Sayur


Sampai kini, orang masih bingung memasukkan buah tomat sebagai buah ataukah sayur. Menurut definisi ilmiah, buah tomat masuk kategori buah-buahan karena terbentuk dari bunga dan mempunyai biji. Meskipun, buah tomat tidak semanis jenis buah pada umumnya. Namun buah tomat juga tidak sepahit sayuran pada umumnya. 

Definisi sayuran adalah tanaman dimana semua bagiannya bisa dimakan. Mulai dari akar, daun dan batang. Sedang buahnya tidak bisa dimakan. Tomat buah dianggap sayur karena bila disertakan dalam bumbu masakan, dapat menambah gurih rasa masakan. 

Sehingga, buah tomat dianggap buah dan juga sayur sekaligus. Tomat buah dianggap sebagai sayuran karena sering kali dicampur dalam masakan sayuran. Karena ada jenis tomat sayur yang agak masam. Namun juga ada jenis tomat buah.

Tomat buah bercirikan bentuk buahnya bulat dan besar. Warna kulit merah menyala dengan kulit lebih tebal sehingga tidak mudah busuk. Buah tomat sayur rata-rata berukuran lebih kecil dan rasanya agak masam. Kulit tipis sehingga tidak tahan lama dan mudah rusak atau pecah. 

Demikian artikel Kami judul : Tomat Buah, Sayuran Segar Kaya Manfaat dan Mudah Cara Menanamnya. Hubungi nomer kontak kami di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian Online LMGA Agro jual segala kebutuhan bercocok tanam, lengkap dan produk kami berkualitas.

Toko pertanian LMGA Agro online shop tersedia berbagai varietas benih hibrida dan unggul terbaik. Juga tersedia pupuk, pestisida, ZPT sampai alat-alat pertanian. Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian.

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bekerja sama dengan jasa pengiriman barang JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain. 

Semoga artikel Kami bermanfaat bagi pembaca dan menambah wawasan tentang peluang usaha budidaya buah tomat. Cara menanam tomat buah tidak sulit dan bisa dijadikan alternatif usaha kecil menengah di rumah Anda. Salam sukses....








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.