BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

18/08/2020

Read

Jarak Tanam Cabe Rawit yang Baik dan Benar Untuk Hasil Melimpah

jarak tanam cabe rawit, jual benih cabe rawit, cara menanam cabe, toko pertanian, lmga agro
Benih Cabe Rawit
 Panah Merah

Jarak Tanam Cabe Rawit yang Baik dan Benar Untuk Hasil Melimpah. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko pertanian LMGA Agro jual benih hibrida dan unggul, pupuk, pestisida, ZPT hingga alat pertanian harga diskon hingga promo. 

Toko pertanian terdekat LMGA Agro menerima layanan konsultasi pertanian gratis tentang budidaya buah hingga sayur. 

Konsultasi juga termasuk tentang jarak tanam cabe rawit dan permasalahan Anda di lapangan. Ini ada sebagian yang harus ada kuasai dari materi cara menanam cabe rawit yang ada. 

Sebagai toko pertanian terdekat dengan petani kami juga siap menerima konsultasi cara menanam cabe rawit, cabe merah hingga cabe keriting. Hal ini bertujuan agar usaha mandiri bisnis petani Indonesia bisa sukses.

Kami mengajak kerjasama sebagai dropship dan reseller produk pertanian Toko pertanian LMGA Agro. Segera hubungi team kami jika anda berminat.

Jarak tanam cabe rawit penting diketahui karena berpengaruh terhadap produktivitas panen. Penentuan jarak tanam cabai rawit mempengaruhi terhadap serangan organisme pengganggu tanaman. Jarak tanam cabe rawit yang ideal harus kita tentukan sebelum awal tanam. 

Jarak tanam cabe rawit menentukan hasil panen sehingga harus ditentukan pada awal tanam. Penentuan jarak tanam cabe kecil yang tidak tepat dapat mempengaruhi hasil panen dan permasalahan saat di lapangan. 

Jarak tanaman cabe rawit yang ideal dapat dipakai untuk membuat pola tanam yang diinginkan. Setiap daerah di Indonesia menggunakan jarak tanaman cabe rawit yang ideal dan berbeda-beda. 

Tanam cabe rawit bisa dengan mudah kita temukan pada daerah sekitar kita. Hal ini tidak lepas karena  budidaya cabe rawit jadi aktivitas yang menguntungkan bagi petani Indonesia. Dan setiap petani maupun hobiis tanam cabai rawit dapat memilih salah satu jarak menanam cabe rawit.

Guna mendapatkan hasil panen cabe rawit yang tinggi petani harus tahu :  jarak tanam cabe rawit tanpa mulsa, jarak tanaman cabe rawit, jarak tanam cabe rawit pakai mulsa, jarak tanaman cabe rawit di polybag, ukuran jarak tanam cabe rawit.

Bahkan jika petani kurang jelas bisa memperoleh gambar jarak tanam cabe rawit yang bisa anda dapatkan lewat website Lmga Agro. Saat ini metode yang banyak petani gunakan adalah jarak tanam cabe zig-zag serta jarak tanam cabe satu baris.

Cabai rawit merupakan salah satu komoditas penting sayur-sayuran di Indonesia. Cabai rawit banyak dicari masyarakat karena fungsinya penting untuk kebutuhan sehari-hari. 

Peluang usaha dari cabe rawit terus meningkat seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk, hotel hingga rumah makan. Tak heran, banyak petani menanam cabai rawit karena kini jadi peluang usaha yang menjanjikan dan menguntungkan. 

Salah satu bagian dari cara menanam cabe rawit yang harus petani kuasai adalah memilih hingga menentukan jarak tanam cabe rawit yang tepat sesuai cara tanam hingga pola tanam yang ada.

Guna mendapatkan materi yang penting ini ikuti terus materi artikel dari team ahli toko pertanian Lmga Agro kali ini hingga habis ya. Sehingga petani hingga pembaca semua nanti akan menguasai cara menentukan jarak tanam cabe rawit yang tepat. Rev. 30/03/23.

Pengaturan Jarak Tanam Cabe Rawit


Jarak tanam cabe rawit yang ideal berhubungan dengan kepadatan tanaman. Pengaturan jarak tanam cabe kecil memberikan ruang tumbuh tanaman untuk tumbuh dengan baik. Jarak tanaman cabe rawit pakai mulsa bisa mempengaruhi jumlah tanaman dan kepadatan jarak menanam cabe rawit.

Cara menanam cabe rawit yang baik dan benar oleh petani harus bisa mengatur berapa jumlah tanaman yang ideal dalam setiap luas tanam.  

Tentu jumlah tanaman cabe saat musim hujan akan berbeda dengan saat musim kemarau. Semua ini bisa anda atur lewat jarak ideal tanam cabe rawit satu baris yang benar.

Jenis serta karakter dari tanaman cabe yang kita tanam juga akan berbeda setiap varietas. Maka petani juga harus paham betul terhadap jenis serta karakter varietas tanaman cabe yang petani tanam.

Pengaturan jarak tanam cabai juga harus melihat apakah anda menanam dengan mulsa atau tanah langsung. Jarak tanam cabe rawit tanpa mulsa harus lebih lebar. Begitu pula jarak tanam cabe satu baris bisa lebih rapat jika kita bandingkan dengan sistem ganda ( dua baris ).

Jarak tanam cabe rawit mempengaruhi efisiensi pemanfaatan cahaya matahari. Jarak tanam cabe polybag satu baris untuk cabe rawit yang ideal menjadi salah satu materi yang harus petani kuasai.

Jarak tanam cabe rawit berhubungan dengan persaingan antar tanaman dalam menggunakan air dan unsur hara. Sehingga berpengaruh kepada produksi tanaman cabai rawit. 

Jarak tanam cabe satu jalur lebih lebar mengakibatkan antar tanaman kurang kompetisi dalam hal air dan unsur hara. Penampilan tanaman juga menjadi baik, subur dan tampak sehat. 

Jarak tanaman cabe rawit terlalu rapat tanpa mulsa menyebabkan tingkat kompetisi antar tanaman tinggi. Antar tanaman bersaing dalam hal sinar matahari, air hingga unsur hara. Akibatnya bila kita biarkan dapat mengganggu pertumbuhan cabai rawit hingga hasil panen kurang maksimal. 

Jarak tanam cabai rawit dipengaruhi faktor-faktor antara lain topografi wilayah dan keinginan dari petani atau penanam. Lahan datar dan agak landai menggunakan jarak tanam cabai rawit agak lebar. 

Namun bila daerah dengan kontur miring maka disesuaikan dengan kondisi lahan. Asalkan persaingan ditekan seminimal mungkin. Jarak tanaman cabe rawit menentukan efisiensi ruang tumbuh sampai dengan hal kemudahan pemeliharaan. 


Jarak Tanam Cabe Rawit dan Pengaruh Pada Hasil Panen


jarak tanam cabe rawit, cabai, cabai rawit, cara menanam cabe, jual benih cabe, toko pertanian, online shop, lmga agro
Jarak Tanam Menentukan Budidaya Sayuran


Tajuk tanaman, jenis perakaran dan kondisi tanah adalah yang menentukan jarak tanam cabe rawit. Kaitannya dalam hal ini adalah penyerapan sinar matahari dan unsur hara. 

Bila jarak tanaman cabe rawit baik dan benar maka pertumbuhan tanaman baik pula. Demikian juga menyebabkan produksi tanaman menjadi melimpah. 

Jarak tanam cabe rawit lebar menyebabkan kerapatan antar tanaman lebih luas. Penetrasi sinar matahari akan merata ke seluruh tanaman hingga bagian bawah tanaman. Kebutuhan unsur hara bisa mencukupi bagi seluruh tanaman. Tingkat persaingan antar tanaman lebih kecil. 

Jarak ideal tanam cabe rawit rapat menyebabkan daun tanaman saling menutupi sehingga mengurangi persen cahaya matahari yang diterima tanaman. Antar tanaman saling rapat dan ada penghalang oleh daun-daun diatasnya.  

Jarak tanam lombok rapat menyebabkan kelembaban udara meningkat pada sekitar tanaman. Kelembaban tinggi tidak menguntungkan bagi pertumbuhan tanaman. Jarak tanaman cabe rawit rapat menyebabkan rawan akan serangan bakteri hingga cendawan.  

Jarak tanam cabe rawit pakai mulsa tidak tepat menimbulkan pengaruh negatif dan beberapa kerugian. Jarak tanam cabe terlalu rapat menyebabkan pertumbuhan dahan terhambat. Sehingga mahkota pohon tidak tumbuh rimbun. 

Jarak tanam cabai pakai mulsa terlalu rapat menyebabkan sinar matahari tidak dapat diterima dengan maksimal. Sehingga proses fotosintesis terganggu atau terhambat dan hasil panen produksi buahnya tidak maksimal. Meskipun tanaman sudah diberikan pupuk mengandung Fosfor cukup banyak. 

Jarak tanam cabai pakai mulsa sempit menyebabkan turunnya hasil panen sehingga petani pemilik tanaman bisa merugi. 

Meskipun tanaman mendapatkan pupuk yang cukup namun antar tanaman terjadi kompetisi sengit. Yaitu berkompetisi untuk mendapatkan sinar matahari dan air. Proses fotosintesis juga menjadi menurun.

Jarak Tanam Cabe Rawit dalam Budidaya Tanaman


Jarak tanam cabe rawit pakai mulsa bertujuan untuk mengoptimalkan lahan dan produksi. Jarak tanam maksudnya adalah besarnya ruang antar tanaman dan barisan tanaman. 

Penentuan jarak tanam cabe di bedengan berlaku untuk tanaman budidaya di lahan luas maupun dalam wadah atau polybag. 

Sistim pertanian tradisional, untuk mendapatkan hasil sebanyak-banyaknya maka harus ditanam tanaman sebanyak-banyaknya. Hal ini justru salah, keliru dan justru bisa merugikan bagi petani sebagai penanamnya. 

Menanam jumlah tanaman sebanyak-banyaknya tanpa mengindahkan jarak tanam lombok kecil akan membuat antar tanaman saling tumpang tindih. Tanaman akan tumbuh rapat dan daun saling menaungi. 

Daun-daun ternaungi akan tidak maksimal memperoleh sinar matahari sehingga proses fotosintesis tidak maksimal. Proses fotosintesis penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman.  

Jarak tanam lombok kecil sempit menyebabkan akar saling bersaing memperebutkan air dan unsur hara. Suplai aliran air dan unsur hara menuju daun terhambat. Sehingga mengganggu proses fotosintesis.

Jarak tanam cabe rawit tanpa mulsa terbaik menentukan jumlah benih dan bibit yang dibutuhkan dalam satuan luas lahan. Jarak tanam yang baik dan benar memudahkan pemeliharaan dan pengendalian organisme pengganggu tanaman. 

Populasi tanaman lebih banyak tidak berarti akan memperoleh hasil melimpah bila kita bandingkan jumlah populasi lebih sedikit. Produktivitas lahan dapat optimal ditentukan oleh jarak tanam cabe satu jalur yang tepat. 

Berapa jarak tanam cabe rawit yang tertulis pada buku tidak harus petani lakukan persis sama. Karena angka-angka tersebut hanya rekomendasi dan tidak baku. Berapa jarak tanam cabe rawit bersifat relatif dan bisa kita rubah sesuai kondisi lingkungan tempat menanam cabai  rawit. 

Faktor-Faktor Penentu Jarak Tanam Cabe Rawit


Terdapat faktor-faktor penentu jarak lubang tanam cabe dan bisa dijadikan patokan. Antara lain : 

- Varietas tanaman. Karena tanaman yang sama namun berbeda varietas akan memiliki ciri dan bentuk tanaman berbeda. Cabai rawit banyak sekali memiliki beragam varietas dengan perbedaan struktur tanaman. Sehingga jarak tanam cabe rawit bisa tidak sama. 

- Lebar tajuk atau jangkauan cabang tanaman. Panjang jangkauan akar tanaman dianggap sama dengan lebar tajuk. 

- Adanya anakan. Bila tanaman merupakan jenis tanaman dengan anakan banyak maka jarak tanam bisa lebih besar. 

- Lahan subur. Semakin subur lahan kita maka jarak tanam dibuat makin lebar. Tanaman bisa tumbuh subur, lebat dan menghasilkan panen melimpah. 

- Ketinggian tempat. Bila tanaman non-spesifik, artinya memiliki adaptasi luas yaitu tanaman dapat ditanam di semua dataran tinggi. Maka jarak penanaman cabe rawit dataran tinggi sebaiknya menggunakan jarak tanam tidak lebar agar pertumbuhan bisa lebih lambat.

Cabe rawit ( Capsicum frutescens ) adalah jenis cabai  berukuran kecil. Memiliki panjang sekitar 2 hingga 5 cm. Rasa cabai rawit relatif lebih pedas dari cabai besar dan cabai merah keriting. Jenis cabai rawit juga banyak, antara lain : warna hijau-merah dan warna putih-merah. 

Cabai rawit hijau-merah yaitu bila muda berwarna hijau dan saat tua/masak berwarna merah. Tak sedikit orang menyukai makan cabai rawit saat berwarna hijau atau putih ( saat muda ). 

Masyarakat suka menggunakan cabai rawit merah atau oranye sebagai bahan membuat masakan atau membuat sambal.

Tanaman cabai rawit bisa berbuah sepanjang tahun dan tidak mengenal musim. Cabai rawit cukup tahan terhadap segala cuaca. Serta memiliki adaptasi baik di dataran tinggi maupun dataran rendah.  


Jarak Tanam Cabe Rawit Dasar Penting bagi Petani 


jarak tanam cabe rawit, cabai, cabai rawit, jual benih cabe, cara menanam cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Mulsa Plastik Hitam Perak
Jarak tanam cabe polybag harus ditentukan sebelum menanam cabai rawit. Banyak jarak tanam cabe polybag yang direkomendasikan untuk petani dan menjadi dasar tanam cabai rawit. Petani harus menyiapkan segala sarana dan prasarananya. 

Beberapa daerah di Indonesia menerapkan jarak tanam cabe berbeda-beda. Petani bisa memilih dan menggunakan salah satunya. 

Rata-rata petani cabai rawit membuat bedengan menanam cabai rawit lebar 1,2 meter. 

Jarak penanaman cabe rawit tanpa mulsa antar baris 80 cm atau 15 hingga 20 cm dari pinggir bedengan. Jarak tanam dalam baris adalah 50 cm. 

Pengaturan jarak tanam cabe rawit memperhitungkan dalam hal penerimaan sinar matahari. Jarak tanam cabe bila terlalu lebar juga memboroskan lahan. 

Jadi sebelum memulai tanam cabai, maka jarak tanam cabe rawit disesuaikan kebutuhan. Apakah pembaca semus mulai mendapatkan gambaran akan pentingnya jarak tanaman cabe yang tepat bagi tanaman??

Setelah menetukan jarak tanamnya kemudian dilanjutkan membuat lubang tanam dan menanam bibitnya. 

Pilih varietas bibit dari benih hibrida dan unggul bebas penyakit. Selanjutnya dilakukan pemeliharaan yang maksimal agar mendapatkan hasil panen melimpah.

Membuat lubang tanam dari bedengan tertutup mulsa plastik hitam perak, dapat menggunakan alat pelubang mulsa. Alat pelubang mulsa tersedia di Toko Pertanian Online LMGA Agro

Ada 2 jenis alat pelubang mulsa berdasarkan panjang diameternya. Alat pelubang mulsa untuk membuat lubang pupuk dan lubang tanam untuk jarak tanam cabe rawit. 

Jarak tanam cabe rawit petani Pare Kediri menggunakan lebar 1,25 m. Yaitu antar barisan 0,5 m dan jarak dalam barisan 0,8 m. Ada juga petani menggunakan jarak tanam cabe rawit antar barisan 1,5 m dan dalam barisan 1,0 m. 

Jarak tanam cabe rawit akan berbeda lagi bila menanam cabai secara tumpang sari. Ukuran bedengan menanam cabai rawit harus lebih lebar. 

Jarak Tanam Cabe Rawit dan Pola Tanam Tumpang Sari


Petani seringkali menggunakan pola tumpang sari dalam cara menanam cabai rawit. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan hasil kebunnya. Pola tanam cabe rawit dengan sistem tumpang sari biasa agak diperlebar ukuran bedengan. 

Saran anjuran pola tanam cabe rawit sistem tumpang sari adalah 70 cm dan 100 cm. Jarak dari bedengan adalah 25 cm. Cabai rawit nanti akan tumbuh tinggi dan besar sehingga jarak tanam cabe dipilih untuk menghindari kelembaban kebun. 

Pola tanam tumpang sari yaitu menanam 2 atau lebih jenis tanaman berbeda secara bersamaan di sebidang lahan sama. 

Pengaturan jarak tanam cabe rawit sistim tumpang sari juga perlu diperhatikan. Potensi hasil panen sistem tumpang sari dapat dicapai dengan mengatur jarak tanamnya. 

Jarak tanam cabe rawit terlalu sempit mengakibatkan adanya persaingan antar tanaman. Kompetisi dalam pemakaian air, hara, udara dan ruang antar tanaman. Pola tanam tumpang sari bermanfaat dalam hal penyerapan cahaya, air, unsur hara dan pengendalian gulma.

Cabai rawit atau cabe kecil termasuk dalam Famili Solanaceae. Tanaman cabe kecil ini merupakan tanaman berumur panjang dan menahun. 

Cabe rawit dapat hidup sampai 2 hingga 3 tahun lamanya bila dipelihara dengan baik dan tercukupi kebutuhan nutrisinya. 

Macam cabai rawit ada rawit kecil, sedang dan besar. Umumnya cabai rawit berasa sangat pedas. Digunakan untuk sayur, bumbu masak, asinan sampai untuk obat. 

Budidaya cabe rawit sama dengan cabe merah atau besar. Hanya perlu diperhatikan jarak tanam cabe rawit dan cara pemupukannya.

Umur tanaman cabe rawit panjang sehingga membutuhkan pupuk yang banyak. Umumnya juga tanaman cabe rawit lebih tahan terhadap hama dan penyakit dibandingkan cabe merah/besar. 

Jarak Tanam Cabe Rawit dan Cara Menanam Cabai 


Syarat tumbuh cabai  rawit yaitu dapat ditanam di dataran rendah sampai di dataran tinggi. Tanam cabe rawit sebenarnya lebih cocok pada ketinggian 0 hingga 500 m dpl. 

Produksi panen di ketinggian diatas 500 m dpl tidak jauh berbeda hanya saja umur panen lebih lama. Tanam cabai rawit menyukai tanah gembur dan kaya bahan organik. pH netral 6 hingga 7. 

Persemaian Budidaya Cabe Rawit


Kebutuhan benih untuk luasan 1 hektar adalah 100 hingga 125 gram. Bedengan dibuat arah utara dan selatan. Bedengan menghadap ke timur. 

Media untuk persemaian benih dibuat dari campuran tanah dan pupuk organik perbandingan 1 : 1. Benih ditaburkan secara merata pada media semai lalu tutup tanah tipis saja. Lalu siram perlahan dan hati-hati kemudian tutup menggunakan daun pisang. 

Daun pisang dibuang setelah benih umur kurang lebih 7 hari saat disemai. Bibit semai dipindah polybag yang telah diberi media tanah dan pupuk organik 1 : 1. Pilih bibit dengan pertumbuhan baik dan sehat. 

Bibit dipelihara di persemaian sampai umur 30 - 35 hari dan setelah tumbuh 5 hingga 6 helai bibit cabai siap dipindah ke lahan tetap. 

Persiapan Lahan Tanam Bibit Cabai Rawit 


Persiapan lahan dapat dilakukan baik tanah sawah maupun kebun tegalan. Bila kebun yang akan dipakai lahan kering/tegalan maka harus dibajak dulu dengan cara dicangkul. 

Tanah dicangkul atau dibajak sedalam 30 hingga 40 cm dan tanah dibalik-balik. Bongkahan tanah besar dihaluskam. 

Bersihkan lahan dari rumput liar dan sisa tanaman sebelumnya. Setelah bersih, saatnya membuat bedengan tanam cabe rawit. Bedengan lebar 1 - 1,2 m dan tinggi 40 hingga 50 cm. Biasanya petani membuat bedengan sesuai kondisi lapangan. 

Bila tanah terlalu masam, berikan kapur pertanian saat pengolahan tanah. Taburkan tipis dipermukaan tanah lalu bolak balik lagi tanah agar tercampur merata. Berikan juga pupuk kandang saat pengolahan tanah. Lalu pasang mulsa plastik hitam perak.  


Pemeliharaan Budidaya Cabe Rawit


jarak tanam cabe rawit, cabai, cabai rawit, cara menanam cabe, jual benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk NPK 

Pemeliharaan budidaya cabai
meliputi penyulaman, pemasangan ajir, pengaturan drainase, penyiangan, penggemburan dan pupuk susulan. 

Penyulaman dilakukan bila ada bibit mati maksimal 2 minggu setelah tanam. 

Pemasangan ajir dari sebilah bambu dan panjang ajir sekitar 1 meter. Ajir ditancapkan didekat tanaman saat tanaman masih muda atau kecil. 

Penyiraman dilakukan rutin setiap hari agar tanaman tidak kekeringan terutama bila cuaca sedang panas. Pemasangan mulsa plastik hitam perak berfungsi mengurangi populasi hama dan membantu menjaga kelembaban tanah. 

Di musim hujan, drainase air harus diperhatikan. Karena saat musim hujan, air harus mengalir dengan lancar dan baik. Jangan sampai air menggenang terlalu lama karena menyebabkan tanaman mudah busuk. 

Penyiangan gulma dilakukan saat tanaman umur 1 bulan. Pupuk cabe rawit baru tanam sebaiknya bentuk cair. Pupuk susulan diberikan saat umur 1 bulan dengan cara dikocor. Pupuk dalam bentuk larutan yaitu mengencerkan 1,5 - 3 kg pupuk NPK per 100 liter air. 

Dan dikocorkan sebanyak 200 ml tiap tanaman. Pemupukan cabe rawit dilakukan berulang-ulang agar produksi tetap bertahan.

Cara pemupukan susulan lainnya yaitu saat umur 2 minggu setelah tanam. Pemupukan pertama menggunakan pupuk NPK sebanyak 3 kg/1000 tanaman. Pupuk larutkan dalam 200 liter air dan kocorkan ke tanaman 200 ml per tanaman. 

Pemupukan selanjutnya setiap 1 minggu sekali dengan penambahan dosis secara berkala. Pemakaian pupuk disesuaikan kenutuhan tanaman. Pupuk untuk pemeliharaan cabai biasanya menggunakan NPK, KCl, TSP, ZA, KNO3 atau MKP. 

Penyemprotan pupuk daun diperlukan untuk memenuhi kebutuhan unsur hara mikro. Penyemprotan pupuk daun dilakukan 1 minggu sekali. Untuk menghemat tenaga dan waktu, pemberian pupuk daun bersamaan dengan penyemprotan insektisida atau fungisida.

Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman


Organisme pengganggu yang sering menyerang adalah hama lalat buah. Mengendalikan lalat buah yaitu menggunakan perangkap lalat buah mengandung metil eugenol. Toko pertanian LMGA Agro jual perangkap Yellow Trap untuk lalat buah. 

Hama-hama penghisap seperti kutu daun, Thrips dan kutu kebul dapat diminimalisir menggunakan mulsa plastik hitam perak. Atau bisa menggunakan perangkap Yellow Trap. 

Penyakit antraknosa dikendalikan menggunakan benih hibrida varietas tahan penyakit, jarak tanam cabe rawit tidak terlalu rapat. 

Pemakaian pestisida untuk mengendalikan organisme pengganggu harus benar dan tepat. Baik itu pemilihan jenis, dosis, volume semprot, interval dan waktu aplikasinya.  

Hama tanaman cabai umumnya adalah ulat grayak, ulat tanah, jangkrik, tungau, thrips, aphids/kutu daun, bekicot dan lalat buah.

Penyakit yang biasa menyerang tanaman cabai antara lain : layu fusarium, layu bakteri. Juga ada antraknosa/patek, virus Gemini, bercak daun, busuk batang dan busuk buah. 

Pengendalian teknis adalah selalu menjaga kebersihan kebun. Penyemprotan bisa Anda lakukan menggunakan insektisida dan fungisida. 


Panen dan Pasca Panen


Panen dalam jarak tanam cabe rawit sebaiknya buah rusak dimusnahkan. Buah yang baik dimasukkan dalam karung jala. Buah-buah dipanen diletakkan pada tempat kering, sejuk dan bersirkulasi udara yang baik. 

Panen cabai rawit umumnya umur 80 - 90 HST. Cara panennya ada 2 cara yaitu dipanen saat masih muda yaitu berwarna hijau. Atau dipanen saat sudah matang atau tua dan berwarna merah. Proses pemetikannya biasanya tergantung permintaan pasar. 

Harga cabai di pasaran fluktuatif. Di daerah Sumatera, masyarakatnya lebih menyukai cabai rawit hijau. Sedangkan matang dan berwarna merah kurang diminati. 

Sementara di Jawa bervariasi atau permintaan sama-sama tinggi baik berwarna hijau maupun cabe berwarna merah atau matang. Pemetikan cabai rawit dilakukan pada saat cuaca cerah setelah embun mengering. 

Pemetikan dilakukan setiap 1 minggu sekali. Jika budidaya cabai rawit dilakukan dengan benar, produksi tanaman bisa sampai 3 tahun untuk cabe lokal. Namun untuk hibrida, umur panen relatif lebih pendek yaitu sampai 1 tahun. 

Demikian artikel kami judul : Jarak Tanam Cabe Rawit yang Baik dan Benar Untuk Hasil Melimpah. Hubungi nomer kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). 

Jual Benih Cabe Rawit Harga Murah


Toko pertanian online LMGA Agro jual benih hibrida dan unggul, pupuk, pestisida, ZPT hingga alat-alat pertanian. 

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bekerjasama dengan jasa pengiriman JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lainnya. 

Jika anda berminat budidaya tanaman cabe mulai dari : cabe rawit, cabe merah hingga cabe keriting, maka benih dengan harga diskon hingga promo bisa anda beli lewat toko olshop kami.

Kami mengajak kerjasama sebagai dropship dan reseller Toko Pertanian LMGA Agro. Pengelola toko pertanian terdekat Lmga Agro juga memberi jaminan barang pasti datang hingga uang anda kembali 100 %.

Toko Tani kami sudah jadi kepercayaan banyak petani guna memenuhi semua kebutuhan usaha mandiri bisnis berkebun petani. Kami akan terus up grade dan up date agar produk kami sesuai kebutuhan pasar.

Semoga artikel kami bisa menambah wawasan tentang jarak tanam cabe rawit dan budidaya cabai rawit. Jarak tanam cabe bisa menjadi rekomendasi dalam usaha pertanian menanam cabai rawit. Peluang usaha menanam cabe rawit kini jadi usaha yang menjanjikan bagi petani. Salam sukses....

LMGA AGRO

Related Posts

1 komentar:

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.