TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

15/08/20

Tanam Semangka Kuning Pataya F1 Inul Terbaik Cap Kujang

tanam semangka, semangka pataya, semangka kuning, inul, jual benih semangka inul, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Semangka Kuning
Pataya F1
Tanam Semangka Kuning Pataya F1 Inul Terbaik Cap Kujang
. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih semangka Pataya F1. Tanam Semangka kuning inul Pataya F1 cap Kujang berkualitas. 

Tanam semangka Pataya F1 berdaging kuning dan bentuk buah lonjong ( inul ). Benih tahan virus Downey Mildew dan antraknosa, penyakit paling ditakuti petani semangka. Tanam semangka Pataya F1 mudah dan dapat dilakukan oleh petani pemula sekalipun. 

Toko pertanian LMGA Agro online shop menyediakan beragam varietas benih hibrida dan unggul buah dan sayur. Juga tersedia pupuk, pestisida, ZPT dan alat-alat pertanian pendukung tanam semangka di lahan luas. Tanam semangka Pataya F1 dapat pula diusahakan sebagai usaha kecil-kecilan di lahan sempit. 

Tanam semangka semangka Pataya F1 dari Cap Kujang. Benih terbaik semangka kuning inul hibrida, tahan antraknosa dan Downey Mildew. Kulit tebak, hijau gelap, bobot sampai 9 kg dan tahan simpan lama.  

Toko pertanian LMGA Agro menerima layanan konsultasi gratis tentang lika liku bercocok tanam semangka Pataya F1 dan tanaman lainnya. Kami juga mengajak kerjasama usaha online sebagai dropship dan reseller produk pertanian. 

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Barang dijamin aman dan sampai ke tujuan alamat Anda. Bekerja sama dengan jasa ekspedisi terpercaya JNE, KI8, Pos Indonesia dan lainnya. 



Karakteristik Semangka Kuning Pataya F1 Cap Kujang


Deskripsi benih semangka kuning Pataya F1, bentuk buah lonjong, inul dan tahan virus. Tanam semangka Pataya F1 tidak sulit karena proses pembuahannya mudah. Buah semangka Pataya F1 muncul diruas ke-12 pada cabang utama. Juga di ruas ke-14 cabang samping. 

Tanam semangka Pataya F1 menghasilkan buah besar dan bobot 7 - 9 kg/buah. Buah berwarna hijau gelap ( dark green ) dan daging buahnya kuning cerah. Bila buah disimpan selama 3 hari, warna daging buah semakin ke arah oranye. 

Tekstur buah tanam semangka Pataya F1 padat dan renyah. Kulit buah tebal dan kuat sehingga tidak mudah pecah saat di lahan. Buah juga tahan pengangkutan jarak jauh. Buah tahan simpan. 

Tanam semangka Pataya F1 menghasilkan buah dengan tingkat kemanisan 12,7 % Brix, cukup tinggi. Bila dibandingkan semangka merah, semangka kuning cenderung memiliki tingkat kemanisan lebih tinggi. 

Kandungan air tanam semangka Pataya F1 tinggi yaitu 92% dan menyegarkan sebagai buah pencuci mulut di acara-acara resepsi. Kandungan air buah tanam semangka mengandung gizi dan nutrisi lengkap yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Kandungan nutrisi dalam buah semangka antara lain antioksidan, vitamin A, B6, C, kandungan likopen dan asam amino. Rendah kandungan sodium dan lemak sehingga cocok sebagai menu diet Anda. Banyak sekali manfaat dari buah semangka sehingga buah ini menjadi favorit banyak orang. 




Manfaat Buah Semangka Pataya F1 Cap Kujang


Mencegah Asma

Biasanya asma kambuh bila kandungan vitamin C dalam tubuh kurang. Karena vitamin C tidak dibentuk oleh tubuh. Sehingga asupan vitamin C harus dari luar. Tanam semangka Pataya F1 mengandung vitamin C sekaligus bisa menjadi antioksidan dan bersifat anti-inflamasi. 


Semangka Baik Bagi Ibu Hamil

Makanan bagi ibu hamil harus mengandung banyak vitamin dan mineral. Salah satu nutrisi paling penting bagi ibu hamil adalah asam Folat. Hendaknya ibu hamil banyak mengkonsumsi makanan mengandung Folat. 

Buah semangka mengandung Folat tinggi sehingga baik untuk kesehatan janin. Manfaat Folat dapat mencegah bayi lahir cacat fisik maupun syaraf otaknya. Manfaat jus semangka baik sekali buat kesehatan calon bayi. 


Mencegah Tubuh Mengalami Dehidrasi

Saat cuaca panas, cairan tubuh kita jangan sampai kekurangan. Konsumsilah buah semangka secara teratur. Karena buah semangka mengandung 92% air sehingga mengkonsumsinya dapat menghindari tubuh terhidrasi. Tubuh selalu segar dan sehat selalu. 


Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Kandungan nutrisi paling berperan adalah zat likopen karena dapat mencegah kerusakan sel tubuh. Bila Anda kelebihan berat badan maka manfaat jus semangka dapat mengurangi tekanan darah dan menuju kondisi normal. Sehingga risiko penyakit kardiovaskular dapat dicegah. Tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. 


Membantu Meredakan Nyeri Otot

Manfaat buah semangka dalam bentuk jus membuat tubuh tidak mudah kena nyeri otot bagi penggemar olahraga. Juga bermanfaat menjaga ritme detak jantung. Kandungan asam amino dalam buah semangka mampu memperbaiki sirkulasi darah dan memberi energi lebih. 


Mencegah Penyakit Kanker

Senyawa likopen mampu membuat tubuh selalu terhidrasi dan menekan risiko terkena kanker. Likopen aktif mengurangi proliferasi sel kanker. Buah dan sayuran mengandung antioksidan dan mampu membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab kanker. 

Masih banyak manfaat buah semangka lainnya, yaitu untuk kesehatan kulit, rambut sampai kesehatan mata. Manfaat semangka juga baik untuk kesehatan para pria. 



Semangka Kuning Pataya F1 Cap Kujang


tanam semangka, semangka kuning, semangka pataya f1, inul, jual benih semangka inul, toko pertanian, toko online, lmga agro
Usaha Pertanian Menanam Semangka Menguntungkan 


Semangka kuning
adalah semangka berdaging buah warna kuning. Bila disimpan sampai 3 hari maka daging buah semakin segar, manis dan agak berwarna oranye. Namun sebenarnya, secara fisik bentuk buahnya, semangka kuning sama dengan semangka merah. 

Bentuk, ukuran dan tampilan luar, semangka kuning tidak mempunyai ciri khusus yang membedakan dengan semangka merah. Baru setelah buah semangka dibelah, kita dapat langsung mengetahui, apakah semangka kuning atau semangka merah. 

Semangka kuning mengandung zat Citrulline. Bersama senyawa kimia lainnya, Citrulline membuat pembuluh darah lebih fleksibel. Semangka kuning merupakan sumber likopen dan kegunaannya sebagai penangkal radikal bebas. Selain itu dapat menjaga kesehatan jantung dan melancarkan aliran darah.

Tanam semangka kuning mengandung vitamin A berasal dari betakaroten dalam buah. Vitamin A bagus untuk kesehatan mata. Kalium dalam semangka kauning dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Semangka kuning kaya mineral yang baik untuk menghilamgkan rasa haus. 

Antioksidan dan vitamin C berkhasiat mengurangi rasa lelah. Seratnya baik untuk kesehatan pencernaan terutama bagi penderita sembelit. Kesehatan organ ginjal juga akan membaik bila Anda rajin mengkonsumsi semangka kuning. 

Tanam semangka kuning mengandung dieuretic yaitu zat perangsang untuk buang air kecil. Vitamin C dalam tanam semangka dapat membantu menurunkan sakit demam dan sariawan. Rasa manis dalam buah semangka bersifat alami sehingga aman bagi penderita diabetes. 

Karena dikenal sebagai buah dengan cita rasa manis dan banyak disukai orang. Menjadikan banyak petani memilih tanam semangka sebagai cara rotasi tanaman setelah menanam padi. Atau saat menghadapi musim kemarau, tanam semangka menjadi pilihan pertama. 





Syarat Tumbuh Tanam Semangka Pataya F1


Tanam semangka Pataya F1 adalah jenis semangka berdaging kuning dan bentuk buah lonjong ( inul ). Jenis semangka kuning bukan kulitnya berwarna kuning namun daging buahnya berwarna kuning cerah dan segar. Rata-rata biji semangka kuning tidak terlalu banyak. 

Berdaging kuning karena kandungan likopennya kurang atau sedikit. Zat likopen adalah senyawa yang memproduksi pigmen kemerahan pada buah atau sayur. Kandungan likopen pada tanam semangka kuning lebih rendah dari semangka merah.

Awal tanam semangka adalah lebih dulu terbentuk semangka daging buah kuning. Kemudian sampai kandungan likopennya cukup dan semangka menjadi berdaging merah/kemerahan. 

Syarat tanam semangka Pataya F1 tidak berbeda dengan jenis semangka lainnya. Yaitu bisa tanam semangka di wilayah dengan ketinggian 600 m dpl. Curah hujan ideal sekitar 40 - 50 mm/bulan. Suhu ideal antara 25 - 30 derajat Celcius. Tanam semangka Pataya F1 terbaik pada tanah berpasir. Nilai pH 6- 6,7.  

Tanam semangka Pataya F1 merupakan salah satu komoditas tanaman hortikultura yang mudah dibudidayakan. Prospek hasilnya juga menjanjikan dan menguntungkan. Petani biasanya tanam semangka Pataya F1 pada akhir musim hujan.  

Sehingga harapannya dapat dipanen musim kemarau. Pola tanam semangka Pataya F1 demikian diyakini dapat mengurangi serangan organisme pengganggu tanaman ( OPT ). Terutama dari jenis cendawan/jamur. 



Budidaya Semangka Inul Pataya F1 


tanam semangka, semangka kuning, semangka pataya, jual benih semangka inul, toko pertanian, online shop, lmga agro
Alat pelubang Mulsa
Tanam semangka inul Pataya F1 kini banyak disukai petani untuk dibudidayakan. Banyak keunggulan dari tanam semangka berbentuk lonjong ini. Ukuran jenis semangka inul tidak terlalu besar yaitu 2,5 - 3,5 kilogram per buah. 

Bobot semangka demikian banyak disukai masyrakat.  Serta dianggap cocok sebagai sajian di meja.

Tanam semangka berbentuk lonjong ini oleh petani disebut dengan nama inul. Karena buah semangka ini berukuran kecil dan berbentuk lonjong. Pertama kali ada buah jenis ini saat nama biduan Inul sedang melejit di masyarakat. 

Tanam semangka kuning Pataya F1 jenis semangka inul merupakan semangka hibrida. Warna kulit buahnya adalah hijau gelap. Daging buah tanam semangka inul ada berdaging merah dan berdaging kuning. Tanam semangka inul Pataya F1 disukai petani karena terdapat banyak kelebihan dibanding jenis semangka lainnya. 

Tanam semangka inul Pataya F1 dianggap dapat menghemat lahan. Dikarenakan panjang tanaman lebih pendek dari ukuran panjang semangka bulat. Tanam semangka inul saat panen bisa 7 hari lebih cepat dibanding umur panen semangka bulat. 

Tanam semangka Pataya F1 jenis semangka inul bisa membesarkan 2 - 3 buah sekaligus. Buah semangka inul lebih praktis dibawa dalam keadaan utuh. Karena bentuk lonjong dan bobot tidak seberat semangka bulat.

Perawatan untuk tanam semangka Pataya F1 mudah dengan peluang bakal buah menjadi buah sangat tinggi. Tanam semangka Pataya F1 menyukai terpapar sinar matahari langsung dan minimal 8 jam per hari. Tekstur tanah tanam semangka harus gembur dan kaya unsur hara. 





Pengolahan Tanah Cara Tanam Semangka Pataya F1


Pengolahan lahan tanam semangka Pataya F1 diawali dengan membajak atau mencangkul tanah terlebih dahulu. Tujuan proses ini adalah agar tanah menjadi gembur. Kandungan unsur hara dalam tanah bisa tercampur rata.  

Tanah gembur tanam semangka dapat memudahkan akar tanaman berkembang. Tanah dicangkul dan dibentuk alur-alur tanam sedalam 20 - 30 cm. Alur-alur tersebut akan dijadikan bedengan dengan jarak tertentu. 

Bedengan tanam semangka Pataya F1 dibuat lebarnya 3 meter (untuk sistem tanam satu). Lebar 6 – 7 meter (untuk sistem tanam rangkap). Tinggi bedengan sekitar 50 cm.


Bedengan tanam semangka Pataya F1 dibiarkan selama 3 hari agar terkena sinar matahari. Bila hari tersebut ada hujan, maka tidak ikut dihitung. Dengan tanah terpapar sinar matahari terik maka bakteri dan jamur patogen akan mati. 

Lahan untuk tanam semangka Pataya F1 tadi harus bersih dari batuan, kerikil dan sisa-sisa akar. Selanjutnya setelah dibiarkan 3 hari, saatnya diberi pupuk dasar. Pupuk dasar menggunakan campuran pupuk organik dan pupuk kimia. Cek pH tanah menggunakan pHmeter. Jika < 5,5 beri kapur Dolomit. 

Pupuk organik diberikan bersama larutan EM4. Taburkan di sepanjang alur tanam. Pupuk kimia menggunakan pupuk NPK atau campuran TSP + ZA/Urea ( 2 : 1 ). Taburkan insektisida bersama pupuk kimia dan campurkan rata ke tanah menggunakan cangkul. 

Tutup alur tanam semangka Pataya F1 menggunakan tanah dan buat bedengan miring ke arah atas agar air dapat mengalir lancar saat penyiraman. Lakukan penyiraman sebelum dipasang mulsa. Mulsa plastik hitam perak dipasang di permukaan bedengan untuk menekan pertumbuhan gulma. 

Biarkan 1 - 2 minggu sampai pupuk terurai sempurna. Dan sambil menunggu pupuk terurai, kita bisa melakukan persiapan benih tanam semangka Pataya F1. 



Persiapan Bibit Tanam Semangka Pataya F1


tanam semangka, semangka kuning, semangka Pataya f1, jual benih semangka inul, toko pertanian, online shop, lmga agro
tray Semai Untuk Pembibitan

Benih tanam semangka menggunakan benih semangka Pataya F1, semangka inul berdaging kuning dan tahan penyakit. Untuk benih hibrida bisa langsung ditanam, tidak perlu diperam dulu. 

Gunakan persiapan bibit tanam semangka Pataya F1 menggunakan polybag atau bedeng semai. 

Perawatan bibit yaitu melakukan penyiraman 1 - 2 kali sehari dan dipelihara sampai umur 10 - 12 hari. Bibit sudah memiliki 2 - 3 helai daun dan siap dipindah tanam. Persiapan bibit tanam semangka Pataya F1 menggunakan tanah humus sebagai media tanam. 

Tanah diayak dulu lalu masukkan pada polybag. Tata semua polybag dalam box dan letakkan ditempat terlindung dari panas dan hujan.  

Bila bibit sudah muncul 3 - 4 helai daun, bibit sudah bisa ditanam di lahan tetap. Sebelum penanaman, persiapkan dulu lubang tanamnya. Untuk bedengan bermulsa, maka membuat lubang tanam menggunakan alat pelubang mulsa. Alat bisa dibeli di Toko Pertanian LMGA Agro. 

Jarak tanam semangka sistim tunggal adalah 90 - 100 cm x 3 m. Untuk sistim tanam semangka ganda maka jarak tanam adalah 90 - 100 cm x 6 - 7 m. 

Ambil dengan hati-hati bibit dari polybag, tanam di lubang tanam beserta tanahnya dan beri tanah sambil ditekan-tekan. Penanaman hendaknya selesai dalam satu hari. Setelah itu bibit disiram agar tetap terjaga kelembabannya. 

Setelah penanaman, pemantauan selama 5 hari kedepan untuk pertumbuhan bibit. Lakukan penyulaman segera setelah tampak ada bibit yang mati atau tumbuh tidak normal. 



Pemeliharaan Tanam Semangka Pataya F1 Benih Inti


Pemupukan Susulan 

Pemupukan susulan pertama tanam semangka Pataya F1 dilakukan minimal saat tanaman umur 7 hari setelah pindah tanam. Pupuk susulan diberikan dengan interval 7 hari sekali. Pupuk yang digunakan adalah NPK 16-16-16. Aplikasi pemberian adalah 1 gelas aqua pupuk NPK dilarutkan dalam 35 - 40 liter air bersih. 

Takaran 1 gelas aqua diberikan untuk pupuk susulan pertama dan kedua tanam semangka Pataya F1. Untuk pemupukan ketiga dan seterusnya, dosis pupuk ditambah 2 - 3 gelas. Jika tanam semangka Pataya F1 di musim hujan, maka interval pemberian pupuk lebih lebar, yaitu 10 - 14 hari sekali.


Penyiraman 

Tanam semangka Pataya F1 dilakukan penyiraman interval 7 hari sekali dan menjadi 5 hari sekali saat sudah muncul buah. Untuk memudahkan penyiraman, dapat menggunakan pompa air. Air di alirkan ditengah-tengah bedengan tanam semangka Pataya F1. 


Penyiangan 

Bedengan tanam semangka Pataya F1 apabila ditutup oleh mulsa plastik hitam perak maka penyiangan lebih jarang dilakukan. Gulma seringkali tumbuh di saluran drainasenya dan harus dibersihkan agar air mengalir lancar. Biasanya penyiangan tanam semangka Pataya F1 dilakukan 3 - 4 minggu sekali. 


Penataan Sulur Tanaman Semangka

Tanaman semangka Pataya F1 memiliki banyak sulur. Terdiri dari sulur primer ( utama ) sebanyak 3 buah dan membentuk huruf W. Ada sulur sekunder yaitu sulur cabang dari 3 sulur primer. Sulur yang tumbuh ke samping harus diluruskan ke depan. 

Sulur utama yang tumbuh ke samping juga harus ditata ke depan. Pastikan antar tanaman, sulurnya tidak saling gandeng terutama sebelum melakukan seleksi bakal buah. Bila kita rajin menata sulur semangka maka proses seleksi bakal buah akan lebih mudah. 


Seleksi Bakal Buah Semangka


Memasuki umur 1 bulan tanam semangka Pataya F1, mulai keluar bunga, yaitu bunga jantan dan bunga betina. Bunga jantan terdapat serbuk sari sedangkan bunga betina memiliki putik atau bakal buah. 

Musim kemarau, proses terjadinya pembuahan lebih mudah. Sedangkan bila musim penghujan, pembuahan dengan cara manual yaitu kita kawinkan bunga jantan dan bunga betina. 

Seleksi bakal buah tanam semangka Pataya F1 dilakukan pada buah yang memiliki potensi bisa besar. Yaitu buah tersebut jauh dari akar tanaman, di daun ke-11 sampai ke-14. Letaknya di tiga sulur utama ( primer ). Seleksi buah dilakukan bila sudah muncul buah sebesar telur ayam. Dan sebesar demikian sudah dipastikan buah pasti jadi. 

Karena dikuatirkan bila kita menghilangkan semua bakal buah tanam semangka di sulur sekunder. Dan belum tentu ada bakal buah muncul di sulur utama. Maka seleksi bakal buah menunggu buah sebesar telur ayam. Pilih buah di sulur utama. 

Bila tidak ada muncul buah di sulur utama, maka bisa dipilih buah di sulur sekunder. Atau buah di dekat akar, bila buah di daun ke-11 sampai ke-14 tidak tumbuh. Pilihlah buah dengan bentuk terbaik. Tanam semangka Pataya F1 mampu membesarkan 2 - 3 buah sekaligus. Namun tergantung kesehatan dan kesuburan tanaman.   


Perempelan Sulur Sekunder


Selesai kita melakukan seleksi dan mendapatkan 2 - 3 buah untuk dibesrkan, selanjutnya sulur sekunder dipangkas. Tujuan pemangkasan agar nutrisi dari akar fokus kepada pembesaran buah. Sehingga buah akan cepat besar. Perempelan sulur tanam semangka Pataya F1 dilakukan pagi hari. Sisakan paling sedikit 1 daun pada pangkal sulur yang dipotong. 


Pemberian Alas Buah Tanam Semangka

Pemberian alas pada buah biasanya dilakukan oleh petani tanam semangka di dataran rendah. Tekstur tanah gembur ditakutkan muncul hama uret menyerang buah dari dalam tanah. Di dataran tinggi pegunungan, rata-rata adalah tanah liat dan hama uret jarang ditemui. 

Alas sebaiknya bersifat tidak kedap air sehingga embun dan air hujan akan tembus dan meresap ke tanah. Bisa juga menggunakan alas dari karung atau plastik dan diberi lubang pori-pori.  


Pembalikan Buah Secara Teratur

Pembalikan buah ini penting dilakukan agar kulit semangka merata warna hijaunya. Tidak ada di salah satu sisi kulit buah berwarna putih kekuningan. Bila pernah kita temui buah semangka ada salah satu sisi kulitnya berwarna putih maka bagian tersebut tidak kena sinar matahari. 

Petani tanam semangka Pataya F1 semangka kuning inul untuk tujuan ekspor, petani secara rutin melakukan pembalikan buah. Proses tersebut dilakukan secara berkala untuk mendapatkan warna kulit buah hijau gelap ( dark green ) merata. Tidak ada bagian kulit berwarna putih kekuningan. Pembalikan dilakukan 4 - 7 hari sekali. 


Pemupukan Khusus Pembesaran Buah

Pemberian pupuk khusus untuk pembesaran buah dilakukan 7 - 10 hari sebelum panen. Yaitu tanaman berumur +- 40 HST. Cara aplikasinya : menaburkan pupuk NPK 16-16-16 di bedengan kemudian dilakukan penyiraman. Sehingga pupuk akan terserap keseluruh bedengan dan buah akan cepat besar. 



Hama dan Penyakit Tanam Semangka


Gangsir 

Bentuk fisiknya mirip binatang jangkrik namun berukuran lebih besar. Aktif di malam hari. Gangsir menyerang pangkal batang tanaman muda sampai terpotong. Pengendalian teknis yaitu sanitasi kebun, menutup lubang-lubang mulsa menggunakan tanah. 


Kutu Daun Aphids dan Thrips

Sejenis kutu-kutuan, bentuk fisik kecil ramping, berwarna kuning pucat kehitaman, ada sungut dan tubuh beruas-ruas. Aktif di malam hari, menetap dan berkembang biak. Menyerang tanaman muda, menghisap cairan daun sampai daun berwarna seperti perunggu. Daun akan keriting, mengkerut, kering lalu mati. 

Kutu daun menjadi vektor penyebaran virus. lakukan sanitasi kebun, memberabtas gulma dan pergiliran tanaman bukan sefamili. Melakukan penanaman serentak dan memanfaatkan musuh alaminya. 


Oteng-Oteng atau Kumbang Daun

Aktif di malam hari dan dengan cepatnya pindah dari satu tanaman ke tanaman lain. Menyerang daun dan bunga sampai berlubang. Pengendalian : menangkap langsung oteng-oteng. Melakukan pergiliran tanaman, pengolahan tanah yang tepat, sterilisasi tanah dan memanfaatkan musuh alaminya. 


Lalat Buah 

Hama pemangsa segala. Bersayap transparan, berwarna kuning ada bercak dan berbelalai. Menyerang buah yang masih kecil, memasukkan telurnya dalam buah dan telur menetas menjadi larva. Larva itulah yang memakan daging buah dari dalam hingga buah menjadi busuk lalu rontok. 

Pengendalian teknis yaitu membuat perangkap lalat buah Yellow Trap dan bisa dibeli di Toko pertanian LMGA Agro. Melakukan pembalikan tanah dengan sempurna, buah busuk harus dibuang dan memanfaatkan musuh alaminya. 


Kutu Kebul

Imago dan nimfa kutu kebul menghisap daun hingga sel-sel dan jaringan daun rusak. Gejala kerusakan adanya bercak nekrotik pada daun. Kutu kebul dewasa menjadi vektor utama penyebaran virus Gemini penyebab penyakit Bulai. 

Pengendalian teknis yaitu mencabut dan membuang tanaman terinfeksi, sanitasi kebun, pengaturan jarak tanam tidak terlalu rapat. Pemasangan perangkap dan memanfaatkan musuh alaminya. 


Ulat grayak ( Spodoptera litura )


Aktif di malam hari. Ulat grayak berwarna coklat, memakan daun muda hingga berlubang dan rusak. Bila daun sudah habis dimakan, berpindah menyerang batang muda dan buahnya. Pengendalian : rotasi tanaman, perangkap menggunakan zat pheromone dan memanfaatkan musuh alaminya.


Penggerek buah ( Helicoverpa armigera )

Sejenis ngengat yang larva dan ulatnya menyerang buah sampai buah menjadi busuk. Buanglah buah yang busuk agar tidak menularkan ke buah lainnya. 


Penggorok daun ( Liriomyza sp. )

Gejala serangannya meninggalkan bekas jalur korokan yaitu guratan berwarna perak. Seranganberat bila bekas guratan merata ke seluruh permukaan daun. Akibatnya, proses fotosintesis terganggu. Daun-daun yang terserang sebaiknya dipangkas. Lalu daun dibakar. Lakukan sanitasi lingkungan dan memasang perangkap Yellow Trap.  


Ulat Perusak Daun

tubuhnya berwarna hijau, bergaris hitam atau bergaris kuning. memakan daun sampai tinggal lapisan lilin dan dari jauh seperti berlubang. Kendalikan dengan cara membunuh ulat langsung, menjaga kebersihan kebun. 


Tungau ( Tetranychus cinnabarinus )

Tubuhnya kecil, berwarna merah agak kekuningan atau kehijauan. Tungau membuat sarang berupa jaring dibawah permukaan daun. tungau menghisap cairan tanaman sampai warna daun pucat. Pengendalian : sanitasi kebun, membasmi tanaman liar di areal kebun dan memanfaatkan musuh alaminya.  


Penyakit Layu Fusarium


Penyebabnya adalah lingkungan terlalu lembab sehingga jamur mudah tumbuh. Timbul gejala layu saat siang hari. namun pagi dan sore hari, tanaman tampak segar. Bila tidak ditangani maka dalam 2 - 3 hari tanaman membusuk, mati kering, berwarna coklat dan batangnya mengkerut.

Pencegaha dapat dilakukan yaitu melakukan pergiliran tanam, menggunakan benih tahan penyakit dan pemakaian mulsa plastik hitam perak. 


Antraknosa

Disebabkan oleh cendawan Colletotrichum yang banyak tumbuh akibat lahan terlalu lembab. Gejala : daun ada bercak kecoklatan. berubah menjadi merah lalu mati. Pada buah, tampak bulatan berwarna merah jambu dan lama kelamaan akan meluas. Buang buah terinfeksi jauh dari kebun, lakukan rotasi tanaman dan perbaikan drainase. 



Layu bakteri

Disebabkan oleh Bakteri Erwinia. Tanaman akan layu permanen. Jika dipotong melintang tampak pembuluh xylem menghitam. Pengendalian dengan cara mencabut tanaman lalu dibakar. Penyemprotan menggunakan bakterisida. 


Embun tepung ( powdery mildew )

Penyebabnya adalah jamur. Gejala : daun dan batang dilapisi semacam tepung putih. Lalu daun dan batang akan berwarna coklat, mengkerut, menjadi lemah dan kerdil. Tanaman terserang harus dimusnahkan, jarak tanam jangan terlalu rapat dan lakukan pergiliran tanaman. 


Watermelon virus ( WMV )

Virus ini juga bisa disebarkan melalui hama vektornya yaitu Aphids dan thrips. Gejalanya : daun melepuh, belang-belang, berubah bentuk dan mengkerut. tanaman menjadi kerdil karena pertumbuhan terganggu. Tampak rekahan membujur pada batang. Tanaman terkena harus segera dimusnahkan. Melakukan rotasi tanaman dan sanitasi kebun. 


Bercak daun

Penyebabnya adalah spora cendawan patogen yang berasal dari bibit penyakit tanaman lain. Juga bisa karena terbawa angin. Gejalanya : permukaan daun ada bercak-bercak bulat berwarna kuning, lalu berubah menjadi coklat kehitaman. 

Daun menjadi kering lalu mati. Jagalah selalu kebersihan kebun, melakukan pergiliran tanaman dan jarak tanam yang lebar. 



Panen Buah Semangka Pataya F1


Panen buah semangka Pataya F1 dapat dipanen setelah umur 55 HST. Tanam semangka Pataya F1 menghasilkan buah semangka kuning inul dengan bobot antara 7 - 9 kg/buah. Kulit berwarna hijau gelap ( dark green ). Kulit tebal sehingga tidak mudah pecah dan tahan penyimpanan. 

Buah matang ditandai dengan mengeringnya tangkainya. Tanam semangka Pataya F1 tipikal buah sekali panen yaitu setelah berbuah sekali, tanaman lalu akan mati. 

Cara petik menggunakan gunting tajam, sisakan 3 cm dari pangkal buahnya agar buah tahan disimpan. Lalu buah diletakkan di tempat teduh. Sebaiknya pemetikan dilakukan saat cuaca cerah, tidak mendung. 

Demikian artikel kami dengan judul : Tanam Semangka Kuning Pataya F1 Inul Terbaik Cap Kujang. Hubungi nomer kontak kami 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian LMGA Agro menyediakan segala kebutuhan bercocok tanam. Seperti benih hibrida dan unggul, pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian. 

Kami juga menerima layanan konsultasi pertanian gratis. Kami mengajak kerjasama sebagai dropship dan reseller pertanian produk toko pertanian LMGA Agro. Kami telah berpengalaman lama sebagai distributor pertanian dan didukung oleh perusahaan terkemuka. 

Demikian semoga artikel Kami bermanfaat. Juga dapat menambah wawasan pembaca tentang tanam semangka Pataya F1. Usaha pertanian menanam semangka dari tahun ke tahun menguntungkan dan menjanjikan. Salam sukses...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.