TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

12/08/20

Sayur Pak Coy Dara F1 Sawi Sendok Terbaik dari Benih Inti 10 g



sayuran pak choy, pak coy dara, pakcoy benih inti, jual benih pak coy, toko pertanian, lmga agro
Benih Pak Choy dara F1
Sayur Pak Coy Dara F1 Sawi Sendok Terbaik dari Benih Inti 10 g. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro sedia segala kebutuhan bercocok tanam, produk lengkap, murah, berkualitas dan beih terbaik.

Toko pertanian LMGA Agro online shop jual segala varietas benih hibrida dan unggul buah dan sayur. Juga tersedia pupuk, ZPT, pestisida dan alat-alat pertanian pendukung budidaya tanaman. Kami melayani juga konsultasi gratis permasalahan tentang usaha pertanian mulai penanaman, perawatan hingga panen. 

Toko pertanian LMGA Agro telah berpengalaman sebagai supplier produk pertanian bagi petani, hobiis berkebun sampai toko pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia.

Benih pak coy Dara F1 Hibrida terbaik dari Benih Inti. Sayur pak coy Dara F1 rasa enak dan tidak pahit. Produksi tinggi dan mudah dibudidayakan. Kandungan gizi dalam sayur pak coy dara F1 tinggi dan manfaat baik untuk kesehatan.

Kami bekerja sama jasa ekspedisi pengiriman barang JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lainnya. Kami juga mengajak kerjasama sebagai dropshipper atau reseller pertanian.

Sayur pak coy Dara F1 hibrida dari Benih Inti merupakan sayur sawi sendok. Rasa sayur pak coy Dara F1 enak dan cocok untuk sayuran sehari-hari. Sayur pak coy Dara F1 mudah dibudidayakan. Cocok untuk dataran rendah sampai dataran tinggi.

Peluang usaha menanam sayur pak coy dara F1 menguntungkan dan menjanjikan. Sayur pak coy Dara F1 Benih Inti dapat juga ditanam secara hidroponik maupun di lahan sawah. Usaha pertanian menanam sayur pak coy dapat ditanam secara usaha sampingan dan kecil-kecilan.



Karakteristik Sayur Pak Coy Dara F1 Hibrida Benih Inti


Deskripsi benih Pak Coy Dara F1 Hibrida sawi sendok dari Benih Inti. Benih dikemas 10 gram. Benih direkomendasikan untuk ditanam di dataran rendah sampai dataran tinggi. Budidaya sayur pak coy Dara F1 bisa untuk lahan sawah maupun ditanam dalam green house ( hidroponik ). 

Tanam sayur pak coy Dara F1 secara hidroponik juga dapat Anda usahakan di pekarangan rumah. Pekarangan rumah merupakan lahan sempit dan dapat dimanfaatkan untuk tanam sayuran pak coy Dara F1 di rumah. 

Umur panen sayur pak coy Dara F1 dari Benih Inti adalah 30 hari setelah semai. Warna daun hijau, tekstur halus dan mudah diolah sebagai asinan maupun masakan oriental. Batang tebal dan tahan lama dalam penyimpanan. 

Sayur pak coy Dara F1 enak dan tidak pahit. Daya simpan setelah dipanen 2 - 3 hari pada suhu 25 - 30 derajat Celcius. Produktivitas panen sayur pak coy Dara F1 tinggi sebesar 24 - 25 ton/ha. Tanaman juga cukup kuat di musim kemarau.  

Pak coy atau bok choy ( Brassica rapa ) kelompok Chinensis : suku sawi-sawian atau Brassicaceae. Sayur pak coy Dara F1 merupakan jenis sayuran populer. Dikenal juga dengan sebutan sawi sendok. Sayuran yang mudah dibudidayakan dan dapat dimakan segar. 

Cara menangani sayur pak coy Dara F1 dengan dimakan segar dan biasanya dilayukan dulu menggunakan air panas. Sayur pak coy Dara F1 juga biasa diolah menjadi asinan. Fungsinya sama dengan sawi hijau namun meski mirip tekstur berbeda.

Sawi sendok sayur pak coy lebih kaku dan cenderung lebih kecil. Rasa sawi hijau agak pahit sehingga dikenal dengan sebutan sawi pahit. Kalau sawi pak coy enak dan tidak pahit. 




Sawi Sendok Pak Coy Dara F1 Dari Benih Inti


sayur pak coy dara, sayuran pak coy, jual benih pak coy, sawi sendok, toko pertanian, lmga agro
Budidaya Sawi Sendok 
Sayur pak coy Dara F1
Benih Inti merupakan jenis sayuran sawi sendok dan mudah tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Bila sayur pak coy Dara F1 ditanam pada suhu sejuk, tanaman ini akan cepat berbunga. 

Sawi sendok pak coy biasanya dipanen seluruh bagian tubuh, kecuali akarnya namun konsumen tidak menyukai ada bunganya. Pemulia tanaman untuk sayur sawi sendok berusaha mengurangi kepekaan tanaman terhadap suhu lingkungan. 

Sayur pak coy Dara F1 banyak diolah sebagai bahan membuat sup atau untuk menghias makanan. Sayuran pakcoy sangat populer di Tiongkok. Kemudian menyebar ke berbagai negara hingga salah satunya di Indonesia. Kini bukan hanya orang asli Tionkok menyukai sayur pak coy. 

Orang Indonesia juga kini menyukai sayuran mirip sawi hijau ini. Karena selain enak dan lezat juga manfaatnya sangat besar bagi kesehatan kita. Sayur pak coy Dara F1 herba semusim yang mudah tumbuh. 

Sewaktu muda tumbuh lemah. Namun setelah daun ketiga dan seterusnya tumbuh dan membentuk setengah roset. Batangnya tumbuh tebal namun tidak berkayu, sehingga batangnya bisa dimakan. Warna daun hijau segar dan tidak berbulu. 

Menjelang muncul bunga, sifat rosetnya menghilang berganti menampakkan batangnya. Bunganya kecil dan bersusun majemuk berkarang. Mahkota bunga berwarna kuning dan berjumlah 4 ( khas tanaman Brassicaceae ). Benang sari ada 6 mengelilingi satu putik. 

Keunggulan sayur pak coy Dara F1 mudah tumbuh dan responsif terhadap perubahan lingkungan. Sifat ini menjadikan sayur pak coy sering dipakai dalam penelitian dan percobaan. Antara lain perlakuan perbedaan pemupukan, kesuburan tanaman, respon terhadap kurangnya unsur hara dan lain-lain. 



Manfaat Sayur Pak Coy Dara F1 Benih Inti


Sayur pak coy atau sawi sendok Dara F1 merupakan sayuran berwarna hijau dan tidak asing di lidah masyrakat Indonesia. Namun, tak banyak orang tahu bila sayur pak coy Dara F1 bermanfaat besar bagi kesehatan kita. Diantaranya untuk mencegah kanker dan penyakit jantung. 


1. Mencegah Kanker

Sayur pakcoy Dara F1 mengandung Folat dan manfaatnya mencegah pembentukan sel kanker akibat mutasi DNA. Sayur pak coy Dara F1 juga mengandung vitamin C dan E serta beta-karoten. Berfungsi sebagai antioksidan dan mampu mencegah rusaknya sel akibat radikal bebas. 

Sayur pak coy Dara F1 mengandung Selenium, berkhasiat membersihkan tubuh dari komponen penyebab kanker. Zat selenium mampu mencegah peradangan dan munculnya tumor. 


2. Untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Sayur pak coy Dara F1 mengandung nutrisi dan mineral yang dapat mendukung kesehatan tulang. Diantaranya zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, zinc dan vitamin K. Fosfor dan kalsium bermanfaat untuk memperkuat struktur tulang. Vitamin K bermanfaat menjaga kestabilan kalsium dalam tulang. 


3. Bermanfaat Untuk Menjaga Tekanan Darah

Kandungan kalium, kalsium dan magnesium dalan sayur pak coy dara F1 mampu menjaga tekanan darah. Serta mampu menurunkan tekanan darah tinggi secara alami yang disebabkan oleh asupan natrium tinggi.  


4. Menjaga Kesehatan Jantung

Sayur pak coy Dara F1 mengandung kalori dan kolesterol rendah. Kandungan folat, kalium, vitamin B dan C mampu menjaga kesehatan jantung. Vitamin B6 dan folat mampu mencegah munculnya homosistein. Bila homisistein berlebih dalam tubuh kita maka menyebabakan kerusakan pembuluh darah dan meningkatkan risiko sakit jantung. 


5. Menjaga Daya Tahan Tubuh dan Kesehatan Kulit

Selenium dalam sayur pak coy Dara F1 mampu meningkatkan sistim imun tubuh melawan infeksi. Kandungan vitamin C mampu mendukung kolagen bekerja lebih baik dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin C memiliki komponen antioksidan dan berkhasiat menjaga kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan polusi udara. 



Sayuran Pak Coy Dara F1 Benih Inti


sayur pak coy, pak coy dara, sawi sendok, jual benih sawi, toko pertanian, online shop, lmga agro
Sayuran Pak Coy
Sayuran pak coy Dara F1
memiliki daun dengan tangkai dan berbentuk oval. Warna daun bila matang nanti dan siap dipanen berubah menjadi hijau tua. Saat muda daun berwarna hijau muda. Warna daun mengkilap, tidak membentuk kepala dan tidak menggulung.  

Daun-daun sayuran pak coy membentuk spiral rapat dan rapi. Daun pak coy melekat pada batang yang ada dalam tanah. Tangkai daunnya berwarna putih, hanya beberapa saja berwarna hijau  muda/pucat. Tangkai daun tebal seperti berdaging dan ini menjadi ciri khas dari sawi sendok pak coy dibandingkan jenis sawi lain. 

Sayuran pak coy Dara F1 juga dapat tumbuh di tempat bersuhu rendah dan tinggi. Namun hasil panen sawi pak coy terbaik bila ditanam di dataran tinggi dengan suhu udara lebih rendah.  Sawi pak coy tak lebih peka terhadap suhu dibandingkan sayuran sawi putih. Jadi sayur pak coy Dara F1 mempunyai daya penyesuaian lebih luas. 

Ketinggian tempat penanaman sayur pak coy Dara F1 idealnya mulai dari 5 meter - 1200 meter di atas permukaan laut. Tetapi banyak usaha pertanian sayur pak coy F1 pada daerah dengan ketinggian 100 - 500 m dpl. 

Peluang usaha menanam sayur pak coy Dara F1 dapat dilakukan di tempat berhawa panas maupun hawa dingin atau mulai dataran rendah sampai tinggi. Meskipun hasil terbaik adalah pada dataran tinggi. 

Budidaya sayur pak coy Dara F1 dapat dilakukan sepanjang tahun karena tanaman pak coy tahan terpaan air hujan. Penanaman di musim kemarau membutuhkan penyiraman yang teratur. 

Sayuran pak coy Dara F1 cocok ditanam pada tipe tanah lempung, lempung berpasir, gembur, banyak mengandung humus dan tanah porous. Derajat keasaman ( pH ) tanah optimum untuk pertumbuhannya adalah antar 5 - 7. Lokasi terbaik adalah pada lahan terbuka dan drainase air lancar. 





Persiapan Menanam Tanaman Sayur Pak Coy Dara F1


Benih pak coy Dara F1 berukuran kecil sehingga lebih baik disemaikan terlebih dahulu sebelum ditanam di lahan luas. Wadah untuk persemaian tanaman pak coy Dara F1 berupa polybag, bedeng semai atau tray semai. 

Lokasi untuk persemaian perlu diberi atap dari plastik bening yang dapat dibuka tutup. Fungsi atap naungan adalah melindungi bibit dari terpaan sinar matahari dan air hujan langsung. 

Media semai menggunakan tanah dan dicampur dengan pupuk organik ( kandang/kompos ). Bila tanah liat, pencampuran menggunakan pupuk organik dan pasir. Buat lubang tanam pada wadah semai, bila di bedeng semai jarak antar benih adalah 4 cm. Setiap lubang untuk benih disemaikan sebanyak 1 - 3 benih sayur pak coy dara F1. 

Persemaian untuk sayur pak coy Dara F1 membutuhkan waktu selama 3 minggu. Setelah itu, bibit bisa mulai dipindah tanam ke lahan tetap. 


Persiapan Lahan

Sebelum ditanami, lahan digemburkan menggunakan cangkul atau alat bajak atau traktor. Tujuannya untuk memperbaiki aerasi dan drainase tanah. Cek pH tanah menggunakan pH-meter. Bila pH tanah < 5 maka berikan kapur Dolomit 2 ton/ha. 

Diamkan lahan selama kurang lebih 7 hari sambil menunggu pH tanah netral. Setelah seminggu, berikan pupuk kandang/kompos sebanyak 3 ton/ha saat pengolahan tanah. Cangkul tanah kembali dan bolak balik sampai tanah gembur. Sehingga pupuk bisa tercampur rata ke tanah.

Sesudah tanah diolah, dilanjutkan dengan membuat bedengan. Lebar 1 meter dan tinggi 20 cm. Jarak antar bedengan 40 - 50 cm. Selanjutnya bedengan sudah jadi, diberi pupuk organik 2 - 4 kg/m2. Diamkan lagi selama 2 minggu. 

Sambil merapikan bedengan, taburkan pupuk kandang sebanyak 10 - 20 ton/ha lalu dicampurkan dengan tanah sampai merata. Agar bedengan terjaga kelembabannya maka lakukan penyiraman sehingga pupuk juga cepat diserap tanaman. 





Penanaman Bibit Pak Coy Dara F1


Penanaman bibit sayur pak coy Dara F1 dengan membuat lubang tanam pada bedengan. Lubang tanam dibuat berjarak 20 - 25 cm x 20 - 25 cm. Penanaman bibit sayur pak coy Dara F1 dilakukan setelah umur 2 - 3 minggu. 

Penanaman bibit ke lahan tetap sebaiknya pada sore hari agar bibit tidak stress saat transplanting. Bibit langsung ditanam lalu siram menggunakan air bersih untuk menjaga kelembaban. 

Pemeliharaan budidaya sayur pak coy Dara F1 meliputi : 

- Penyiraman. Tanaman pak coy membutuhkan kelembaban tinggi untuk tumbuh secara optimal. Ketersediaan air harus selalu ada. Terutama penanaman di dataran rendah dan suhu udara cenderung tinggi. Seringkali di dataran rendah, pasokan air terbatas. 

Sayur pak coy Dara F1 sangat membutuhkan air pada umur awal tanam. Namun ketersediaan air yang berlebihan tidak baik untuk pertumbuhan pak coy. Karena kelebihan air menyebabkan adaya serangan penyakit dan penurunan kualitas hasil.


- Penyiangan dilakukan bila banyak tumbuh gulma di sekitar tanaman dan di saluran airnya. Keberadaan gulma dapat menurunkan produksi tanaman. Gulma juga dapat menjadi tempat hidup dan berkembangnya hama dan penyakit. 

Penyiangan dilakukan bersamaan penggemburan tanah. Alat untuk penyiangan dan penggemburan adalah cangkul kecil atau sabit. Tanah dicangkul sambil mencabut gulmanya atau gulma dicabut langsung menggunakan tangan. 





Pemupukan Budidaya Sayur Pak Coy Dara F1


sayur pak coy, pak coy dara, sayuran sawi, sawi sendok, jual benih sawi, toko pertanian, lmga agro
Alat Siram Kocor | LMGA Agro
Pupuk susulan
budidaya sayur pak coy Dara F1 diberikan 2 minggu setelah tanam. Setelah dipupuk, tanah dibumbun dengan membentuk gundukan tanah pada pangkal batangnya. Takaran pupuk bisa disesuaikan dengan ketersediaan unsur hara dan kesuburan tanahnya. 

Pupuk organik wajib diberikan bila kita ingin pemeliharaan bersifat organik. Pemberian pupuk kimia dimaksudkan untuk meningkatkan kesuburan tanah. Juga memperbaiki kerusakan sifat-sifat tanah akibat pemupukan kimia. 

Pupuk organik bokashi merupakan hasil fermentasi bahan organik dari limbah pertanian ( pupuk kandang, jerami, sampah, sekam serbuk gergaji ). Tambahkan EM-4 untuk meningkatkan kemampuan pupuk.  

Pupuk organik lain yaitu pupuk cair urine sapi merupakan salah satu sumber hara tanaman. Pupuk cairan urine sapi memiliki kandungan hara lebih baik dari kotoran padatnya. 

Pemupukan susulan tanaman pak coy menggunakan cara pengocoran. Pemupukan dilakukan sebanyak 2 kali yaitu umur 15 HST dan 22 HST. Setiap kali pemupukan dengan cara dikocor. Yaitu larutkan sebanyak 80 gram Urea, 40 gram TSP dan 20 gram KCl dalam 10 liter air. Larutan dan kocorkan sebanyak 250 ml setiap tanamn. Kocorkan pada pangkal atau dekat perakaran tanaman. 

Karena tanaman pak coy Dara F1 sayuran daun maka setelah pengocoran pupuk, lakukan penyemprotan daun pak coy menggunakan air biasa. Tujuannya untuk membersihkan larutan pupuk yang tak sengaja kena daun. Lakukan pemupukan pakcoy di waktu sore hari. 



Hama pada Tanaman Sayur Pak Coy 


Bekicot

Hama bekicot aktif bergerak malam hari. Siang hari, bekicot tidur dalam cangkangnya dan sembunyi dari sinar matahari. Hama ini sangat rakus dan sanggup menghabiskan tanaman pakcoy. Sehingga harus diberantas. 

Bekicot ( Achatina fulica ) yang baru menetas dapat hidup tanapa makan selama 30 hari. Bekicot dewasa mampu bertahan dalam rendaman air tawar selama 12 jam. Air mengandung garam dalam jumlah tinggi membuat bekicot akan mati. 


Ulat Grayak

Ada 2 jenis ulat grayak yaitu Spodoptera litura dan S. exigua. Keduanya sama berwarna hijau tua kecoklatan dan badan berbintik hitam di bukunya. Ulat grayak menyerang daun pak coy hingga daun berlubang. Serangan biasanya pada daun masih muda.  


Ulat Tanah

Ulat tanah ( Agrotis sp. ) berwarna coklat kehitaman suka menyerang tanaman pak coy masih muda. Berbeda dengan serangan ulat grayak yang langsung menyerang dan menimbulkan kerusakan. Ulat tanah menyerang tanaman pak coy perlahan-lahan. Pemberantasan ulat tanah baru dapat dilakukan bila ada tanaman pak coy yang terserang. 


Leaf Miner

Leaf miner jenis hama bentuk serangga. Gejala serangannya : daun ada bercak kuning kecoklatan. Nama latin leaf miner adalah Liriomyza sp. meletakkan telur-telurnya diatas daun pak coy. Telur menetas dan menjadi larva, kemudian larva menggerogoti daun. Penampakan bercak kuning kecoklatan merupakan jalur larva bergerak. 


Ulat Perusak Daun

Nama latinnya Plutella xylostella. Ulat perusak daun ini menyukai pucuk sayur pakcoy hingga pucuk menjadi berlubang. Ulat perusak daun berwarna hijau muda dan panjang maksimal 1 cm. Akibat serangannya mengganggu pertumbuhan tanaman pak coy. 




Penyakit pada Tanaman Sayur Pak Coy


Penyakit Akar Gada ( Plasmodiophora brassicae )

Gejala serangan tanaman yaitu siang hari layu sedangkan pagi harinya tampak segar. Hingga kini tidak ada pestisida bisa mengobati penyakit akar gada. Pencegahan adalah menggunakan benih bebas penyakit dan menjaga kebersihan lingkungan lahan. 


Penyakit Busuk Daun ( Phytoptora sp. )

Penyakit busuk daun muncul bila penanaman tidak tepat musim. Penanaman pak coy di musim hujan cukup rentan dan daun mudah menjadi busuk bila kondisi kebun terlalu lembab. Kondisi cuaca tidak menentu dan ekstrim. Hujan seharian dan lalu tiba-tiba cuaca panas sekali, meyebabkan tanaman mudah terserang busuk daun. 


Busuk Hitam ( Xanthomonas campestris Down )

Penyakit busuk hitam disebabkan oleh bakteri dan bertahan hidup dalam biji, tanah, tanaman inang dan sisa tanaman sakit. Bakteri bertahan hidup dalam biji bisa selama 2 tahun. Gejala awal yaitu terinfeksinya pori-pori air ( hidatoda ) pada ujung-ujung tepi daun. Kemudian terjadi klorosis hingga meluas ke tengah daun. 

Lalu timbul busuk hitam bersudut membentuk huruf V. Tulang daun terserang tampak garis kehitaman, meluas ke pelepah daun dan batang lalu daun menjadi rusak. Penyebaran penyakit yaitu lewat aliran irigasi, percikan air hujan dan gesekan tanaman sakit dengan tanaman sehat. 


Busuk Lunak ( Erwinia carotovora )

Penyebabnya adalah bakteri dan dapat bertahan hidup lama dalam tanah juga pada sisa-sisa tanaman. Bakteri masuk dalam tanaman melalui luka dan alat pemeliharaan yang tidak bersih. 

Gejala serangan yaitu adanya bercak busuk basah berwarna coklat kehitam-hitaman pada daun, batang atau crop. Bercak akan membesar dengan bentuk tidak teratur. Jika lingkungan lembab dan suhu tinggi, serangan bakteri akan meningkat.  

Pengendalian yaitu dengan memperbaiki drainase air, mencabut dan memusnahkan tanaman terserang. Penyakit ini juga menyerang tanaman sesudah dipanen yang tidak hati-hati. 



Panen Sayur Pak Coy Dara F1 Benih Inti


Panen sayur pak coy Dara F1 Benih Inti setelah umur 30 hari setelah semai. Panjang dan lebar daun sayur pak coy Dara F1 cukup besar. Jumlah daun yang bisa dikonsumsi pun mencapai 14 helai daun. Rasa daun enak dan tidak pahit. Daun sawi sendok terbukti beranfaatn besar bagi kesehatan kita. 

Panen dan pasca panen sayur pak coy Dara F1 dapat dilakukan bila daun telah lebar dan batang berwarna lebih putih. Cara panen yaitu dengan memotong pangkal batang menggunakan pisau bersih dan tajam. Panen hendaknya saat cuaca tidak panas, yaitu pagi atau sore hari. 

Sayur pak coy yang telah dipetik lalu dicuci dan bersihkan sisa tanah yang menempel. Daun-daun tua dan rusak harus dibuang. Lalu tiriskanpada rak-rak yang diletakkan pada tempat teduh. Kemudian sayur pak coy Dara F1 dapat dipasarkan. 

Agar lebih tinggi harga jualnya, kita dapat mengemas sayur pak coy Dara F1 menggunakan plastik wrapping untuk dijual ke swalayan atau toko sayur modern. Untuk pasar tradisional, sayur pakcoy tidak perlu dibungkus plastik.

Demikian artikel kami judul :  Sayur Pak Coy Dara F1 Sawi Sendok Terbaik dari Benih Inti 10 g. Hubungi nomer kami di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih hibrida dan unggul, pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian. 

Toko pertanian LMGA Agro melayani secara online kebutuhan untuk bercocok tanam bagi petani. Kami juga melayani konsultasi gratis pertanian. Toko pertanian LMGA Agro berpengalaman sebagai distributor toko pertanian. Kami mengajak usaha online sebagai dropship dan reseller. 

Semoga artikel Kami bermanfaat bagi pembaca dan menambah wawasan tentang sayur pak coy. Peluang usaha menanam sayur pak coy Dara F1 menjanjikan karena banyak orang menyukai sayuran ini. Budidaya menanam pak coy Dara F1 mudah dan dapat ditanam sepanjang tahun. Salam sukses...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.