TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

09/08/20

Tanam Semangka Ninaku F1 Daging Merah Terbaik Dari Benih Inti


semangka merah, semangka ninaku, tanam semangka, manfaat buah semangka, jual beih semangka, toko pertanian, lmga agro
Benih Semangka
Ninaku F1
Tanam Semangka Ninaku F1 Daging Merah Terbaik Dari Benih Inti. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko pertanian LMGA Agro online jual benih hibrida semangka Ninaku dari Benih Inti. Benih murah, berkualitas dan tahan layu fusarium.


Benih untuk tanam semangka terbaik hanya tersedia di Toko pertanian LMGA Agro. Kami menerima layanan konsultasi gratis. Konsultasi mengenai juga cara tanam semangka baik dan benar. Mengatasi permasalahan seperti adanya serangan organisme pengganggu tanaman.

Semangka Ninaku F1, semangka berbiji berdaging merah dan berbentuk oval. Bobot buah besar dan sangat manis ( 13 % Brix ). Tanam semangka Ninaku F1, benih produk Benih Inti mudah dilakukan. Semangka Ninaku F1 menyegarkan dan banyak dicari masyarakat. Cocok sebagai peluang usaha pertanian di desa.

Tanam semangka Ninaku F1 dari benih Inti. Benih semangka berbiji, daging merah, bentuk buah bulat oval terbaik. Produksi tinggi, bobot buah besar dan rasa sangat manis ( 13% Brix ). Manfaat buah semangka baik bagi kesehatan.  

Toko pertanian LMGA Agro usaha online jual segala kebutuhan pertanian dan bercocok tanam. Tersedia berbagai varietas benih hibrida, pupuk berkualitas, hormon pertumbuhan, pestisida dan alat-alat pertanian. Kami juga mengajak Anda sebagai dropship dan reseller pertanian LMGA Agro.

Toko pertanian LMGA Agro siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Barang aman dan dijamin pasti sampai tujuan alamat Anda. Kami bekerja sama dengan jasa pengiriman barang JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain.

Tanam semangka Ninaku F1 dari Benih Inti produksi panen tinggi. Buah semangka banyak disukai karena manfaat semangka sangat besar. Buah semangka mengandung antioksidan tinggi, vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan kita.



Karakteristik Semangka Ninaku F1 dari Benih Inti


Tanam semangka Ninaku F1 Benih Inti, semangka hibrida berbiji, daging merah dan bentuk buah bulat oval. Tanam semangka Ninaku F1 dapat dilakukan di dataran rendah sampai menengah. Tanam semangka Ninaku F1 daya adaptasinya sangat luas terhadap berbagai jenis tanah dan kondisi iklim/cuaca. 

Tanaman semangka Ninaku F1 Benih Inti memiliki pertumbuhan yang sangat kuat. Tanam semangka Ninaku F1 sangat mudah terbentuk buah. Pohon semangka Ninaku F1 tahan dari penyakit layu fusarium. 

Bentuk buah bulat oval, berdaging merah cerah dan berbiji. Kulit buah semangka Ninaku F1 hijau cerah dan berlorek hijau tua. Berat rata-rata 12 - 15 kg per buah, sangat berat. Umur panen kurang lebih 65 HST. 

Tanam semangka Ninaku F1 berdaging merah cerah. Tekstur buah lembut dan berair. Kadar gula buah 13 - 15% Brix. Kulit buah tebal dan keras sehingga tahan pentimpanan dan pengangkutan jarak jauh.

Agar mendapatkan hasil maksimal, disarankan perbanyak pemberian pupuk organik. Serta perhatikan sistim drainase pada kebun tanam semangka Ninaku F1. 

Semangka Ninaku F1 menjadi buah andalan penghilang dahaga di musim kemarau. Buah semangka bila matang sempurna selain pasti manis rasanya juga kaya kandungan air. Kandungan air dalam buah semangka mencapai 92%. 

Khasiat semangka ( Citrullus lanatus ) karena terkandung vitamin A, B6 dan C. Semangka mengandung antioksidan, zat likopen dan asam amini. Potassium juga terdapat didalam buah semangka meskipun kadarnya kecil. Tanam semangka Ninaku F1, buah rendah lemak dan mengandung sodium.


Baca Juga : Melon Tahan Virus Potensi Budidaya Untung Besar



Manfaat Buah Semangka Ninaku F1


1. Menyehatkan Jantung

Dari hasil penelitian ditemukan bahwa ekstrak buah semangka mampu mengurangi hipertensi. Serta menurunkan tekanan darah orang dewasa yang gemuk. 

Semangka mengandung likopen tinggi dan sangat aktif melindungi sel dari kerusakan. Likopen juga mampu membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Likopen dapat pula membantu melemaskan kekakuan aorta para lanjut usia, yaitu pembuluh nadi pada bilik kiri jantung.


2. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Kandungan vitamin A dalam semangka Ninaku F1 sangat baik untuk kesehatan kulit. Manfaat jus semangka menucukupi hampir 1/4 asupan vitamin A harian. Vitamin A menjaga kulit dan rambut Anda tetap lembab. 

Vitamin A mendorong pertumbuhan kolagen dan sel elastin yang sehat. Vitamin C mendukung pertumbuhan kolagen pada rambut. 


3. Nyeri Otot

Manfaat jus semangka membantu mengurangi nyeri otot dan detak jantung kita. Zat nutrisi lainnya seperti asam amino, sitrulin dan arginina membantu meningkatkan sirkulasi pembuluh darah. 


4. Anti-Inflamasi

Sebagai anti-inflamasi, likopen dalam semangka Ninaku F1 berfungsi sebagai penghambat proses inflamasi. Likopen sebagai antioksidan berkhasiat menetralisir radikal bebas. Kandungan Kolin tanam semangka Ninaku F1 membantu menjaga peradangan kronis turun. 


5. Mempertahankan Hidrasi

Minuman jus semangka berkhasiat mengatasi hidrasi seluruh tubuh. Manfaat jus semangka mengandung elektrolit yang baik dan dapat membantu mencegah serangan panas. Menyegarkan sekali bila diminum saat siang hari. 


6. Kanker

Likopen mengurangi proliferasi dari sel kanker. Setiap buah memiliki antioksidan dan bermanfaat mengurangi risiko kanker. 



Buah Semangka Ninaku F1 Baik Untuk Ibu Hamil


semangka berbiji, semangka meranh, tanam semangka ninaku, manfaat semangka, toko pertanian, lmga agro
Manfaat Semangka
Kontroversi konsumsi buah semangka pada ibu hamil mengundang reaksi beragam para dokter. Sebagian dokter membolehkan makan buah semangka pada jumlah tertentu. Namun ada juga yang menyarankan ibu hamil untuk menghindari makan buah semangka.

Namun bagi ibu hamil, manfaat buah semangka Ninaku F1 baik sekali untuk :

- Menghilangkan rasa mual

Sebagian ibu hamil mengalami rasa mual di trisemester pertama kehamilan dan rasa mual itu sering sekali munculnya. Jus semangka atau buah segarnya mampu menghilangkan rasa mual menjadi rasa segar para ibu hamil.


- Meredakan heartburn

Buah semangka bagi ibu hamil dapat meredakan rasa panas di dada akibat meningkatnya asam lambung. Kandungan air dalam semangka Ninaku F1 berperan besar dalam mencegah dehidrasi dan kram otot terutama di 3 bulan menjelang kelahiran. 


- Menurunkan risiko preeklampsia

Penelitian menunjukkan bahwa buah mengandung likopen mampu menurunkan risiko terjadinya pre-eklampsia sampai 50%. Pre-eklampsia ini menjadi momok menakutkan bagi ibu hamil saat melahirkan. 


- Menyehatkan perkembangan janin

Kandungan gizi dalam buah semangka Ninaku F1 baik juga untuk kesehatan janin. Vitamin A, B6 dan C terbukti dapat menyehatkan janin terutama perkembangan indera penglihatan bayi. Selain itu juga perkembangan otak, sistim saraf dan sistim imun janin. 


- Mencegah anemia

Buah semangka Ninaku F1 mengandung zat besi tinggi dan baik untuk ibu hamil. Zat besi bermanfaat untuk mencegah anemia dan melancarkan asupan gizi bagi janin. Untuk hal ini agar efektif satukan dengan mengkonsumsi buah-buahan lain seperti jeruk dan jambu biji ( sumber vitamin C tinggi ).


Baca Juga : Legimo, Benih Semangka Eksotik Dari Aura Seed



Usaha Pertanian Tanam Semangka Ninaku F1 


Peluang usaha tanam semangka Ninaku F1 menguntungkan dan menjanjikan. Peluang usaha ini dapat dijalankan di desa maupun di kota asalkan persyaratan tumbuh tanaman terpenuhi. Kini bisnis pertanian tidak harus dengan modal besar. Tanam semangka Ninaku F1 dapat dilakukan di lahan sempit. 

Zaman sekarang, petani tidak hanya di pedesaan tetapi juga ada di kota-kota besar. Karena kebutuhan buah dan sayuran sehat bukan hanya di pedesaan. Justru di kota besar, sayur dan buah segar banyak dicari. 

Tanam semangka Ninaku F1 di lahan sempit atau pekarangan rumah juga bisa Anda usahakan. Di kota besar, lahan pertanian tidak seluas di desa hinga berhektar-hektar. Tapi tanam semangka pun juga bisa pada lahan beberapa meter saja. 

Anda pun bisa menjadi petani pemula tanam semangka Ninaku F1 di pekarangan rumah. Sebagai petani pemula usaha pertanian, tanam semangka Ninaku F1 bisa dimulai dengan modal kecil. Asalkan lahan sesuai syarat tanaman dan mulailah dengan memilih benih hibrida tahan penyakit. 

Peluang usaha pertanian semakin bersinar dari tahun ke tahun. Usaha pertanian kini menjadi usaha menguntungkan karena bersentuhan langsung dengan kebutuhan dasar manusia. Yaitu memproduksi bahan pangan dan kebutuhan manusia sehari-hari. 

Peluang usaha pertanian sangat menjanjikan di masa depan walaupun diusahakan di lahan sempit. Meskipun kini sudah zaman era digital serba modern dan internet, namun pertanian tetap menjadi sentral usaha. Usaha pertanian pengolahan lahan dan budidaya tanaman sangat dibutuhkan.  

Tanam semangka Ninaku F1 cocok ditanam di dataran rendah sampai menengah dan merupakan peluang usaha pertanian menjanjikan dan menguntungkan. Tidak hanya dapat diusahakan di pedesaan, namun juga di kota besar. Yaitu menjadi peluang usaha rumahan dan usaha kecil-kecilan. 



Usaha Kecil Menanam Semangka Dalam Pot


semangka berbiji, tanam semangka ninaku, semangka merah, manfaat semangka, jual benih semangka, toko pertanian, lmga agro
Usaha Pertanian Tanam Semangka Ninaku F1
Cara menanam semangka Ninaku F1 menggunakan media pot atau polybag dapat diusahakan di pekarangan rumah. Tanam semangka Ninaku F1 dalam polybag menggunakan media tanam tanah gembur dan pupuk kandang. Tanah dapat diambil dari bawah pohon atau bekas pembakaran. 

Tanah dan pupuk kandang diayak halus sampai gembur dan perbandingan 1 : 1. Setelah tercampur, biarkan sampai 1 minggu agar lebih siap digunakan. Sambil menunggu media siap, kita menyiapkan bibit untuk tanam semangka Ninaku F1. 


Benih hibrida tanam semangka berbiji Ninaku F1 direndam dalam air hangat 2 - 3 jam untuk mempercepat kecambah. Lewat perendaman juga diketahui mana benih yang baik yaitu benih yang tenggelam. Lalu setelah direndam ditiriskan dalam kertas koran. 

Tanam semangka Ninaku F1 dalam polybag/pot yaitu buatlah 2 - 3 lubang tanam sedalam 5 cm dalam polybag. Lalu benih ditanam dalam lubang tanam di polybag. Tutup dengan tanah dan siram secukupnya sampai basah. Tujuannya agar tanah terjaga kelembabannya.

Saat pohon semangka Ninaku F1 mulai tumbuh, pasang ajir sebagai media rambatan pohon semangka. Ajir terbuat dari bambu dan ditancapkan saat tanaman belum tinggi. Bila ada bibit mati atau tidak mau tumbuh, segera ganti dengan bibit baru. Lakukan penanaman yang sama. 

Perawatan tanam semangka Ninaku F1 dalam polybag tidak berbeda dengan tanam semangka di lahan kebun. Perawatan tanam semangka meliputi penyiraman, penyiangan, pemupukan dan pengendalian hama dan penyakit. Bila perawatan benar, panen tanam semangka dalam polybag atau pot bisa dilakukan setelah 2 - 3 bulan. 



Syarat Tumbuh Tanam Semangka Ninaku F1


Tanam semangka Ninaku F1 yang baik dan benar tidak lepas dari pemilihan lokasi tanamnya. Penentuan lokasi tanam semangka harus sesuai syarat-syarat tumbuh tanaman semangka Ninaku F1. 

Tanam semangka Ninaku F1 hendaknya di lokasi dengan curah hujan antara 40 - 50 mm/bulan. Ketinggian tempat ideal tanam semangka Ninaku F1 yaitu antara 0 - 1000 m dpl.  

Tanaman semangka Ninaku F1 menyukai tanah lapang dan terbuka sehingga mendapatkan paparan sinar matahari langsung sepanjang hari ( > 7 jam ). Sinar matahari membantu pohon semangka dalam proses fotosintesis. 

Untuk mendapatkan buah semangka Ninaku F1 berkualitas tinggi, tanam semangka Ninaku F1 di lokasi dengan suhu udara 20 - 35 derajat Celcius. Apabila lokasi tanam suhu udara < 20 derajat Celcius menyebabkan pertumbuhan sangat lambat. 

Kelembaban udara terlalu besar dapat meningkatkan perkembangan penyakit terutama cendawan/jamur patogen. Tanam semangka Ninaku F1 menyukai tanah gembur dan subur untuk menopang pertumbuhannya. 

Kebutuhan tanah subur menanam semangka Ninaku F1 adalah tanah memiliki tekstur lempung berpasir dan mengandung banyak unsur hara lengkap. Syarat terakhir dan tidak kalah penting adalah pH tanah lokasi tanam semangka Ninaku F1. Dianjurkan tanah memiliki pH 6 - 6,7. 

Pengukuran pH tanah menggunakan alat pengukur pH. Bila tanah bersifat asam dan pH < 6 maka lakukan proses pengapuran. Yaitu menggunakan kapur Dolomit dosisnya 1 ton/hektar.


Baca Juga : Pengaruh Keasaman Tanah ( pH ) Terhadap Pertumbuhan Tanaman  



Cara Menanam Semangka Ninaku  F1 di Lahan Sawah 


Tanah sawah setelah menanam padi, bisa ditanam semangka Ninaku F1 untuk musim tanam selanjutnya. Karena penanaman yang benar adalah melakukan pergiliran tanaman. Tanah sawah harus dibiarkan kering kemudian baru diolah dengan menggunakan cangkul atau alat bajak. 

Setelah proses pembajakan selesai maka dibuatlah bedengan atau gundukan tanah sebagai media tanam semangka di lahan kebun. Bendengan gundukan tanah ini berguna untuk menghindarkan dari genangan air saat hujan tiba. Dibuat bedengan, air hujan akan meresap dan drainase dari antar bedengan akan mengalirkan genangan air hujan. 

Bedengan tanaman semangka lebar 2 meter dan tinggi 50 cm. Panjang disesuaikan dengan luasnya lahan yang digunakan. Selanjutnya dibuat lubang tanam dengan jarak 100 x 150 cm. Lubang tanam dibuat dengan ukuran 30 x 30 x 30 cm. 

Pupuk dasar dilakukan sebelum penanaman. Pupuk diberikan di setiap lubang tanam. Pupuk dasar menggunakan pupuk kandang ditambah TSP dan mikro-nutrisi lainnya. Yaitu sebanyak 50 kg setiap 100 meter persegi lahan. 

Persiapan membuat bibit tanam semangka Ninaku F1. Polybag kecil digunakan sebagai wadah dan menggunakan media tanah + pupuk organik = 3 : 1. Masukkan benih dan siram air secukupnya. 

Perawatan pembibitan tanam semangka Nianku F1 yaitu penyiraman setiap pagi dan sore. Penyiraman sampai tumbuh tunas berupa daun kurang lebih 2 - 3 helai daun setiap bibitnya. Bibit siap dipindah ke lahan setelah umur 4 minggu. Sebelum bibit dipindah, lubang tanam diberi air hingga air meresap ke tanah.

Cara menanam semangka yaitu bibit dipindahkan kedalam lubang tanam. Tutup kembali lubang tanam dengan tanah tipis hingga ujung pangkal bibit semangka. 



Cara Pemupukan Tanam Semangka Ninaku F1


PUPUK DASAR

1. Kapur Dolomit disesuaikan pH tanah dan diberikan sebelum membuat bedengan, sekitar 7 - 10 hari sebelum pupuk lainnya. Tidak diperbolehkan bersamaan pupuk Kalsium.

2. Pupuk kandang sebanyak 1 - 1,5 kg/tanaman. 

3. TSP, KCl dan ZA sebanyak 100 gr/tanaman ( perbandingan 2 : 1 : 1 ). Pupuk dasar diberikan 10 - 15 hari sebelum penanaman. 


PUPUK SUSULAN

tanam semangka ninaku, semangka berbiji, semangka merah, manfaat semangka,jual benih semangka, toko pertanian, lmga agro
Pupuk Susulan NPK
- Pupuk susulan I : pupuk NPK 16-16-16 umur 10 HST dosis 5 gram/tanaman. Pupuk larutkan dalam 300 ml air dan kocorkan pada pangkal batang.

- Pupuk susulan II : pupuk ZA umur 14 HST sebanyak 10 gr/tanaman. Dilarutkan dalam 400 ml air lalu kocorkan pada pangkal batang. 

-Pupuk susulan III : pupuk NPK dan ZA ( 1 : 2 ) umur 18 HST sebanyak 15 gr/tanaman. Larutkan dalam 600 ml air dan kocorkan ke tanaman. 

- Pupuk susulan IV : pupuk TSP, ZA dan KCl ( 2 : 2 : 1 ) umur 22 HST dosis 50 gr/tanaman. Larutkan ke 500 ml air dan dikocorkan ke lubang di tengah-tengah 2 tanaman. Bila tanah basah atau hujan, pupuk ditaburkan saja. 

- Pupuk susulan V : pupuk TSP, ZA dan KCl ( 3 : 2 : 2 ) umur 26 HST dengan dosis 70 gr/lubang. Aplikasi sama pupuk ke-4. 

- Pupuk susulan VI : TSP, KCL, ZA ( 4 : 2 : 2 ) umur 30 HST dosis 80 gr/tanaman. Aplikasi sama. 

- Pupuk susulan VII : pupuk TSP, KCl, ZA ( 5 : 2 : 2 ) umur 34 HST dosis 100 gr/lubang. Aplikasi sama.

- Pupuk VII : NPK 15 dan KCl ( 1 : 1 ) umur 38 HST dosis 120 gr/lubang. Aplikasi sama. 

- Pupuk VIII : pupuk sama umur 42 HST dosis 140 g/lubang dan aplikasi sama. 

Pupuk IX : pupuk KCl dosis 150 gr/lubang umur 50 HST sebagai pupuk susulan terakhir.  



Hama dan Penyakit Pohon Semangka


Budidaya semangka sejatinya mudah dilakukan namun terdapat hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman semangka. Jenis serangan organisme pengganggu ini seringkali memusingkan petani semangka. 

Thrips 

Hama berukuran kecil ini memiliki ruas-ruas pada badannya dan berwarna kuning kehitaman. Biasanya menyerang daun, bunga dan buah pohon semangka. Serangannya mengakibatkan bunga mati dan berguguran. Pengendalian Thrips yaitu sanitasi kebun dan penyemprotan insektisida. 

Ulat Tanah

Hama ini sering kali menyerang tanaman semangka. Memiliki ciri warna tubuh kehitaman, panjang tubuh 2 - 5 cm dan bergerak di malam hari. Ulat tanah merusak akar dan tunas baru sampai tanaman layu dan mati. Pengendalian selalu menjaga kebersihan dan penyemprotan insektisida. 

- Lalat Buah 

Hama pemakan segala mulai daun, buah muda dan tua. Memiliki sayap transparan, berwarna kuning dan berbelalai. Menyerang buah muda, memasukkan telurnya dalam buah dan larvanya akan mengegorogoti buah. Buah menjadi busuk lalu rontok. Terdapat bekas tusukan seperti tusukan belalai. 

Pengendalian memasang perangkap kuning lalat mengandung metil eugenol. Perangkap Lalat Yellow Trap dapat dibeli di Toko Pertanian LMGA Agro.

- Kutu Kebul

Menyerang tanaman dengan menghisap cairan tanaman sehingga mengkerut dan rontok. Kutu kebul juga menjadi hama vektor pembawa virus. Pengendalian difokuskan ke hamanya menggunakan insektisida. Untuk mencegah virus Gemini yaitu menggunakan benih anti virus Gemini.

- Layu Fusarium 

Diakibatkan lingkungan kebun lembab dan banyaknya tumbuh gulma di sekitar tanaman. Lembab karena jarak tanam terlalu rapat, terlalu sering disiram atau cabang dan batang tumbuh rimbun jadi harus dipangkas. Gunakan benih tahan layu Fusarium dan penyemprotan fungisida sesuai dosis. 

- Busuk Semai

Penyakit ini merusak batang biasanya awal setelah pindah tanam. Kemudian batang bibit berwarna coklat dan tanaman mati. Pengendalian dengan merendam bibit semangka sebelun ditanam. Menggunakan larutan Benlate dan Difolathan.


Baca Juga : Penyakit Gemini Virus pada Budidaya Tanaman Semangka



Panen Tanam Semangka Ninaku F1 Benih Inti


Panen buah semangka dilakukan petani semangka dengan patokan waktu berbeda-beda tergantung cuaca daerah tersebut. Ciri-ciri buah semangka panen adalah : 

- Berat buah sudah cukup maksimal.
- Terjadi perubahan warna pada buah.
- Daun dan batang mulai mengering dan layu. 
- Bila buah ditepuk mengeluarkan suara agak berat. 

Waktu panen tanam semangka Ninaku F1 hendaknya dilakukan saat cuaca cerah di pagi hari. Bila saat itu hujan atau mendung, sebaiknya ditunda besoknya. Cara panennya yaitu potong tangkai menggunakan pisau atau gunting. Sisakan 3 - 5 cm tangkai dari pankal buah. 

Setelah buah dipetik, letakkan ditempat terlindungi dan teduh. Buah semangka jangan ditumpuk. Panen dapat dilakukan berkali-kali dan masukkan buah dalam wadah bila langsung akan dipasarkan. Kulit semangka Ninaku F1 tebal dan kuat. Buah tidak mudah tergores selama pengangkutan. 

Demikian artikel kami judul : Tanam Semangka Ninaku F1 Daging Merah Terbaik Dari Benih Inti. Hubungi nomer Kami untuk informasi lebih banyak atau untuk berkonsultasi. Di nomer 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian Online LMGA Agro melayani semua kebutuhan bercocok tanam Anda. 

Kami berpengalaman sebagai distributor benih hibrida buah dan sayur, alat pertanian, pestisida dan lain-lain untuk petani dan toko pertanian lainnya. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Produk kami lengkap dan berkulaitas. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan tentang tanam semangka Ninaku F1 dari Benih Inti. Benih semangka Ninaku F1, semangka berbiji terbaik Benih Inti cocok sebagai peluang usaha pertanian menguntungkan. Salam sukses...




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.