BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

01/08/2020

Read

Manfaat Buah Semangka Black Jack Hibrida Produk Known You Seed

semangka black jack, manfaat buah semangka, jual benih semangka, toko pertanian, online shop, lmga agro
Benih Semangka Black Jack

Manfaat Buah Semangka Black Jack Hibrida Produk Known You Seed. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko pertanian LMGA Agro online jual sedia benih hibrida semangka Black Jack dari Known You Seed. Benih terbaik dan berkualitas.


Manfaat buah semangka Black Jack bentuk bulat dan berdaging merah berasa manis dan mneyegarkan. Nilai brix manfaat buah semangka Black Jack tinggi dengan bobot buah 10 - 12 kg. Manfaat buah semangka Black Jack hibrida tahan pengangkutan dan penyimpanan.

Toko pertanian LMGA Agro menerima layanan konsultasi gratis dan siap menjawab juga membantu Anda memecahkan masalah bercocok tanam. Kami mengajak Anda usaha online sebagai dropship dan reseller produk pertanian LMGA Agro.

Manfaat buah semangka Black Jack Hibrida produk Known You Seed. Kandungan likopen tinggi, vitamin A, C, B6 dan E. Produksi panen tinggi, berat buah 10 - 12 kg dan rasa sangat manis. 

Produk kami didukung oleh perusahaan pertanian terkemuka terpercaya dan selama ini sudah menjadi mitra petani. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia hingga pelosok desa. Mendukung usaha pertanian di desa dan peluang usaha kecil dan menengah.

Manfaat buah semangka Black Jack benih hibrida berasa manis produk Known You Seed. Tanaman kokoh dan percabangan seragam menghasilkan buah semangka favorit masyarakat.  Buah semangka Black Jack hibrida direkomendasikan untuk dataran rendah. Produktivitas panen tinggi.



Karakteristik Tanaman Pohon Semangka Black Jack


Manfaat Buah semangka Black Jack Hibrida berbiji, buah bulat dan berdaging merah. Kulit buah berwarna hijau kehitaman. Bobot buah mencapai 10 - 12 kg/buah. Rasa buah semangka Black Jack manis dengan nilai Brix 10 - 12. 

Kulit buah tebal dan kuat selama pengangkutan jarak jauh. Buah juga tahan penyimpanan. Umur panen 65 - 75 HST. Direkomendasikan untuk ditanam di dataran rendah. Pohon semangka Black Jack benih hibrida tahan penyakit produk Known You Seed. Tanaman kokoh dan bercabang seragam.

Nama latin semangka adalah Citrullus lanatus. Berasal dari suku timun-timunan atau Cucurbitaceae. Pohon semangka merupakan tanaman merambat dan berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. 

Tanaman semangka masih sekerabat dengan labu-labuan, melon ( Cucumis melo ) dan mentimun ( Cucumis sativus ). Tanaman merambat namun tidak dapat membentuk akar adventif dan tidak mampu memanjat. Jangkauan merambat sampai belasan meter. 

Daun berlekuk-lekuk di bagian tepi. Bunga sempurna, berwarna kuning, kecil berdiameter 3 cm. 

Manfaat Buah semangka bertekstur keras, berwarna hijau pekat atau hijau muda berlarik-larik hijau tua. Tanaman semangka cukup tahan kekeringan terutama bila memasuki masa pembentukan buah.


Baca Juga : Melon Madesta F1, Melon Orange Tahan Virus



Khasiat Gizi Buah Semangka Black Jack Hibrida


semangka black jack, manfaat buah semangka, budidaya semangka, jual benih known you seed, toko pertanian, online shop, lmga agro
Manfaat Buah Semangka
Manfaat Buah semangka Black Jack memiliki ciri fisik bulat, tekstur buah keras dan berwarna hijau kehitaman. Daging dalam manfaat buah semangka Black Jack berwarna merah dan sangat manis rasanya. 

Buah semangka berdaging merah memiliki manfaat sangat baik bagi tubuh kita. Karena selain rasanya sangat manis, manfaat buah semangka Blackjack juga mengandung antioksidan. kandungannya lebih tinggi dari jenis semangka kuning. 

Antioksidan dalam manfaat buah semangka Black Jack cukup besar. Manfaat buah semangka Black Jack tinggi yaitu mengandung 92% air, 6% gula alami yang baik untuk tubuh dan ada vitamin A,B6, C. Manfaat buah semangka Black Jack juga memiliki beberapa gizi seperti asam amino, Kalium, Magnesium, Thiamin dan lain-lain.   

Manfaat buah semangka Black Jack mengandung gizi zat likopen, antioksidan dan asam amino. Terkandung juga potassium meski kadarnya kecil. Manfaat buah semangka Black Jack juga sering dipakai menu diet karena buah bebas lemak dan rendah sodium. Bermanfaat sekali dalam menurunkan berat badan.

Kandungan air dalam manfaat buah semangka Black Jack berkhasiat untuk menetralisir tekanan darah tinggi. Bermanfaat dalam mengurangi risiko terkena penyakit stroke, muntah-muntah, diare dan demam. Tiga gelas jus manfaat buah semangka setiap hari dapat mengatasi diare dan demam.



Manfaat Buah Semangka Black Jack Known You Seed


Mencegah Asma

Vitamin C dalam manfaat buah semangka Black Jack berkhasiat menurunkan kambuhnya asma. Vitamin C bersifat anti-inflamasi dan antioksidan. Orang yang mudah kena asma umumnya memiliki kadar vitamin C rendah dalam tubuhnya. 


Menyehatkan Jantung

Manfaat jus buah semangka membantu mengurangi hipertensi terutama bagi orang penderita obesitas. Likopen dalam manfaat buah semangka Black Jack aktif melindungi sel dari kerusakan. Juga membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung. 

Minum jus manfaat buah semangka secara rutin dapat menghilangkan kekakuan aorta wanita lanjut usia. Yaitu kekakuan aorta pada pembuluh nadi bilik kiri jantung. Manfaat buah semangka Black Jack tampak setelah rutun konsumsi semangka 6 minggu berturut-turut.


Mengurangi Nyeri Otot

Manfaat jus buah semangka Black Jack dipercaya membantu mengurangi nyeri otot dan detak jantung. Asam amino dalam manfaat buah semangka Black Jack mampu meningkatkan sirkulasi pembuluh darah. 


Mencegah Kanker

Kandungan likopen pada manfaat buah semangka Black Jack aktif mengurangi proliferasi dari sel kanker. Makanan seperti buah semangka yang mengandung antioksidan baik untuk mencegah kanker. 


Mencegah Dehidrasi Tubuh

Manfaat buah semangka Black Jack mengandung air 92% efektif mengatasi hidrasi tubuh. Kandungan elektrolitnya membantu mencegah terkena serangan panas. Menyegarkan bila meminum jus semangka di siang hari yang panas. Kandungan air manfaat buah semangka Black Jack baik untuk meningkatkan kesehatan kulit dan rambut. 


Meningkatkan Kesehatan Mata

likopen bermanfaat melindungi mata dari peradangan dan kerusakan oksidatif. mencegah degenerasi makul dan kaitannya denga bertambahnya usia. Vitamin A buah semangka juga tinggi dan baik untuk meningkatkan penglihatan kita.



Peluang Usaha Menanam Semangka Black Jack Hibrida


semangka black jack, manfaat buah semangka, budidaya semangka, jual benih known you seed, toko pertanian, online shop, lmga agro
Peluang Usaha Tinggi Karena Khasiat Buah Semangka

Peluang usaha menanam semangka bisa meraup keuntungan hingga Rp. 100 juta saat panen. Budidaya semangka Black Jack hanya membutuhkan waktu 60 hari mulai dari menanam sampai masa panen. 

Panen budidaya semangka bisa mencapai 2 kali panen. Semakin luas lahan kita maka hasil panen juga tinggi. Meskipun modal bercocok tanam menanam semangka Black Jack juga terbilang besar. Sekali panen usaha menanam semangka bisa mencapai 39 ton sekali panen.  

Harga buah semangka kini cenderung stabil Rp. 5000 sampai  Rp. 7000 per kilogramnya. Sehingga peluang usaha menanam semangka Black Jack sangat menjanjikan dan menguntungkan. Kendala terbesar menanam semangka adalah kendala cuaca.

Bila ditanam di musim hujan yang dingin, serangan penyakit lebih hebat. Cuaca dingin membuat pohon semangka mudah diserang hama dan penyakit. 

Peluang usaha budidaya semangka Black Jack optimal dilakukan di ketinggian 0 - 600 m dpl. Ketinggian > 600 m dpl, tanaman dapat tumbuh dengan baik namun umur panen lebih lama dibandingkan di dataran rendah.

Pohon semangka Black Jack menyukai lahan bertekstur remah, gembur, berpasir dan sistim drainase yang baik. Manfaat buah Semangka Black Jack menyukai iklim kering dan panas. Kondisi ini membuat manfaat buah semangka Black Jack dapat maksimal. Asalkan penyediaan air cukup dan tidak menggenangi lahan.

Manfaat buah semangka Black Jack optimal saat ditanam di musim kemarau dibandingkan musim hujan. Agar tumbuh optimal, pohon semangka Black Jack membutuhkan intensitas matahari cukup dan hanya ada di musim kemarau.

Menanam semangka Black Jack hibrida bisa dilakukan di musim hujan. Namun akan menghadapi banyak tantangan dan berpotensi gagal panen. Namun bila berhasil dengan baik maka potensi keuntungannya sangat besar. Inilah menjadi tantangan para petani semangka.

Tantangan usaha menanam semangka di musim hujan adalah meningkatnya serangan penyakit. Terutama bila kita tidak menata lahan dengan baik. Tidak memperhatikan sistim drainase sehingga perkembangan tanaman kurang optimal.



Manfaat Pengolahan Tanah Buah Semangka Black Jack


Tanam semangka Black Jack bisa Anda lakukan di lahan tegal atau pun sawah setelah tanam padi atau palawija. Masyarakat kota mungkin menyukai tanam semangka di pot, polybag atau di tanah pekarangan rumah yang sempit. 

Khusus budidaya semangka Black Jack di lahan sawah atau tegal membutuhkan pengolahan tanah. Manfaat pengolahan tanah yaitu tanah kembali subur karena struktur tanah diperbaiki saat mencangkul. Demikian juga nilai pH tanah dan zat hara menjadi lebih baik.

Perbaikan struktur tanah menggunakan cara membajak dan menggaru tanah. Manfaat tanah dibajak yaitu tanah dibolak balik sehingga tanah bagian bawah yang subur berpindah ke bagian atas. Penggaruan bermanfaat untuk memperbaiki aerasi tanah.

Pupuk dasar menggunakan pupuk kandang 5 - 10 ton/ha dan TSP 200 - 300 kg/ha. Nilai pH tanah 5 - 7.

Pupuk dasar diberikan sebelum bedengan dibuat. Tidak diberikan diatas bedengan jadi. Cara tersebut membuat penyerapan hara menjadi lebh efektif karena akar tumbuh ke bawah. Kemudian akar dapat langsung menyerap unsur hara.

Setelah pupuk dasar diberikan, selanjutnya membuat bedengan. Lebar 100 cm, lebar drainase 50 cm. Jarak tanam semangka Black Jack adalah 50 cm x 400 cm. Kebutuhan benih tanam semangka Black Jack 250 - 300 gr/ha.

Dianjurkan pupuk dasar diberikan 3 hari sebelum pindah tanam. Menggunakan pupuk NPK dosis 10 - 20 gram/lubang tanam.


Baca Juga : Strategi Pengolahan Tanah Di Musim Penghujan



Persemaian Budidaya Semangka Black Jack


semangka black jack, manfaat buah semangka, budidaya semangka, jual benih known you seed, toko pertanian, online shop, lmga agro
Tray Semai Untuk Semai Benih
Persemaian semangka Black Jack menggunakan media tanah : kompos = 1 : 1. Atau media ccopeat : kompos = 3 : 1. Berikan pupuk NPK sebanyak 1 kilogram dan dicarkan dalam 10 liter air. Pupuk siramkan disetiap pot polybag menggunakan gembor dengan lubang nozle yang kecil. 

Campuran tanah dan kompos/pupuk kandang sebaiknya diayak. Tujuannya agar didapatkan media tanam yang halus dan bebas sisa sampah. Campuran tanah media semai tadi dimasukkan dalam polibag persemaian. Siram tanah dengan air agar lembab dan padat.

Benih hibrida semangka Black Jack bisa langsung kita tanam dipolybag semai. Benih tidak perlu diperam dulu. Benamkan benih pada media semai. Setelah 3 hari biasanya benih mulai berkecambah dan sirami terus secara rutin. Penyiraman dilakukan dengan hati-hati karena tanaman masih sangat muda.

Pada hari ke-7 dan telah muncul 2 - 3 helai daun sempurna maka bibit siap ditanam. Pilih bibit untuk dipindahtanamkan yaitu sehat dan seragam. Sebelum ditanam, bibit disemprot pestisida selama 2 - 3 hari. 

Dosis 1/4 - 1/2 dosis anjuran. Untuk mencegah hama tanah, tanah di lahan tetap diberi insektisida/nematisida granule ( butiran ). Penanaman dilakukan sore hari untuk menekan tingkat stress bibit. Penyulaman dilakukan 5 - 10 hari setelah tanam.

Polybag bibit disiram dulu hingga basah sebelum pindah tanam. Bila tanah basah, tidak akan mudah pecah saat dibuka untuk mengambil bibit. Tanah pecah dapat merusak akar dan bibit akan mati. 

Penyiraman juga dilakukan di lubang tanam pada bedengan. Pupuk yang diberikan langsung pada lubang tanam, sebaiknya ditutup tanah. Tujuannya agar akar tidak menyentuh pupuk karena pupuk kimia sifatnya panas.


Baca Juga : Jenis Mulsa dan Manfaatnya Untuk Pertanian



Perawatan Tanaman Semangka Black Jack


Pupuk susulan diberikan sesuai kondisi tanaman di lapangan. Manfaat pupuk susulan untuk mengoptimalkan pertumbuhan tanaman, kualitas dan kuantitas hasil panen semangka. 

Pupuk susulan manfaat buah semangka Black Jack hibrida dilakukan secara teknik tugal. Yaitu pupuk dimasukkan di lubang pupuk berjarak 10 cm dari pangkal batang.

- Pupuk susulan pertama diberikan umur 10 HST menggunakan pupuk NPK 10 gram/tanaman. 
- Pupuk susulan kedua diberikan umur 20 HST pupuk NPK dosis 20 gram/tanaman. 
- Pupuk susulan ketiga ( 30 HST ) dan keempat ( 40 HST ) dosis sama yaitu sebanyak 20 g/tanaman.

Selain dosis pupuk tadi, untuk mempercepat pertumbuhan berikan pupuk KCl, KNO3, Calcium, Borate dan lain-lain sesuai dosis. Agar manfaat buah semangka Black jack bisa maksimal, lakukan aplikasi hormon atau ZPT Giberelin ( GA3 ) setelah muncul buah.

Pengairan diberikan secukupnya sesuai kondisi tanaman di lapangan. Pengairan dilakukan dengan cara dikocor ( saat awal tanam ), irigasi tetas ( drip tate irrigation ) atau irigasi air curah ( sprinkle irrigation ).

Saat awal tanam butuh penyiraman cukup  banyak. Kurangi penyiraman saat proses pembentukan akar dan meningkat lagi saat masuk fase pembungaan.

Fase pembentukan buah, pemberian air diberikan cukup banyak. Bila ketersediaan air sedikit, buah terbentuk kecil-kecil. Fase pemasakan buah, pemberian air dikurangi karena bila berlebihan menyebabkan buah mudah pecah.

Sebaiknya pengairan diberikan secara rutin atau teratur untuk mencegah buah pecah ( cracking ). Fungsi dari pupuk Kalsium untuk membuat tanaman lebih kokoh juga mengurangi kerontokan calon buah semangka Black Jack.

Pupuk Kalsium berfungsi meminimalisir serangan jamur dan mengurangi aplikasi fungisida. Satu kilogram pupuk Kalsium dapat dicampur 10 kg NPK. Aplikasi pemberian dengan cara ditaburkan mengelilingi pangkal batang. Lalu tutup dengan tanah agar pupuk tidak mengenai tanaman saat disiram.



Perawatan Pohon Semangka Setelah Muncul Buah 


Tanaman semangka Black Jack akan muncul bunga umur sekitar 30 HST tergantung dari varietas bibitnya. Saat tersebut tanaman sudah menjalar sampai mencapai 1 meter atau lebih. 

Penyerbukan pada tanaman semangka tingkat keberhasilan tergantung dari keberadaan serangga penyerbuknya. Hal ini karena bunga jantan dan bunga betina terpisah. Bunga jantan lebih dulu muncul dari bunga betina. Jumlah bunga jantan juga lebih banyak. 

Penyerbukan dapat juga dilakukan secara manual yaitu lewat tangan manusia. Hasilnya adalah didapatkan buah yang seragan dan bunga tidak rontok akibat gagal penyerbukan. Caranya : mengambil serbuk sari dari bunga jantan. Lalu ditempelkan ke putik bunga betina. 

Penyerbukan manual ini berhasil ditandai dengan semakin membesarnya bunga betina. Namun bila penyerbukan gagal, bunga betina akan menghitam dan rontok. 

Saat buah sudah sebesar telur ayam, dilakukan pemupukan tambahan. Di sekeliling tanaman dibuat empat atau enam lubang kecil berjarak 15 cm dari pangkal batang. Masukkan pupuk Phoska dalam lubang-lubang tadi. Tutup dengan tanah dan siran seperti biasanya. 

Selalu amati perkembangan buah semangka Black Jack. Bila perkembangan buah lambat dan bentuk buah tidak normal maka perlu aplikasi pupuk tambahan. Pohon semangka termasuk jenis tanaman rakus akan pupuk. 

Saat buah sebesar kepalan tangan dewasa, tambahkan pupuk Kalsium sesuai dosis anjuran di kemasan pupuk. Manfaat pupuk Kalsium untuk menghindari busuk buah. Serta untuk meningkatkan daya tahan buah bila harus disimpan lama.


Baca Juga : Fungsi ZPT Untuk Perkembangan Tanaman



Hama dan Penyakit Pohon Semangka


Pencegahan dari serangan hama dan penyakit adalah melakukan rotasi tanaman. Serta menggunakan hanya benih bersertifikat dan bebas penyakit. Hama dan penyakit semangka datang bergantian seiring tumbuh kembang tanaman. 

Penyemprotan pestisida dilakukan berdasarkan kondisi serangan. Pada kondisi normal, penyemprotan dilakukan 1 - 2 kali seminggu. Bila serangan parah, penyemprotan sebanyak 2 - 4 kali seminggu. 


Thrips

Gejala serangan : daun berubah warna seperti perunggu. Terutama pada bagian permukaan daun bagian bawah. Lambat laun daun menjadi keriting, mengering dan tanaman mati. Thrips merupakan serangga ramping dan menghisap getah daun. 

Kondisi iklim panas dan cerah membuat serangan semakin hebat. Pencegahan yaitu melakukan pergiliran tanam dengan tanaman bukan Famili Cucurbitaceae. Waktu tanam serentak, menjaga kebersihan kebun dan menggunakan musuh alami. 

Terus pantau populasi hama. Bila serangan sudah melewati ambang batas maka semprotkan insektisida berbahan aktif karbosulfan. 


Kutu dan Aphids ( Aphis gossypii Glover )

Merusak baik sebagai hama maupun sebagai hama vektor penyakit virus. Gejala serangan : daun-daun mengkerut sampai keriting. Terutama pada bagian daun-daun pucuk ( muda ). Kutu daun menghisap getah dan menyebabakan tanaman melemah. Daun mengeriting dan menyusut. 

Pencegahan : melakukan tanam serentak, rotasi tanaman, mengurangi jumlah tanaman inang dan memanfaatkan musuh alaminya. Penyemprotan menggunakan insektisida betasiflutrin, profenofos, dektametrin dan tiodikarb. 


Tungau Tetranychus urticae

Tungau merusak daun, batang dan buah. Serangan meninggalkan bintik-bintik klorosis di daun. Pada buah terjadi perubahan warna sehingga menurun kualitas buahnya. 


Ulat Spodoptera litura

Ulat menyerang daun hingga berlubang dan rusak. Musuh petani dan sering dikeluhkan karena juga melubangi buah. Mengatasinya melakukan rotasi tanaman, menggunakan sex-pheromone dan memanfaatkan musuh alaminya. Pengendalian menggunakan insektisida berbahan aktif deltametrin, profenofos dan lain-lain.  



Penyakit pada Tanaman Semangka


Layu Fusarium ( Fusarium oxysporum )

Gejalanya tanaman tampak layu seperti kekurangan air. Tanaman di pagi dan sore hari tampak segar. Bila dibiarkan, dalam jangka waktu 2 - 3 hari saja tanaman akan mati kering, berwarna coklat dan batang mengkerut.

Pengendalian yaitu menggunakan benih tahan penyakit, pemberian kapur Dolomit, memusnahkan tanaman terserang dan perbaikan drainase. Lakukan juga rotasi tanaman dan hindari terjadinya luka waktu pemeliharaan tanaman. 


Rebah Batang ( Pythium ultimum )

Gejala : batang bibit berwarna coklat, tanaman rebah lalu mati. Hindari penggunaan pupuk kandang belum matang. Jarak tanam lebar untuk mengurangi kelembaban. 


Antraknosa ( Colletotrichum lagenarium

Gejala : ada bercak-bercak coklat pada daun hingga berubah warna menjadi kemerahan. Daun lalu mati. Bila menyerang buah, tampak bulatan berwarna merah jambu dan lama kelamaan semakin meluas. 

Pengendalian : melakukan pergiliran tanaman, membuang tanaman terinfeksi, rotasi tanaman dan perbaikan drainase air. Gunakan fungisida karbendazim dan mankozeb. 


Layu Bakteri ( Erwinia tracheiphila )

Tanaman mengalami layu permanen. Bila batang dipotong melintang tampak pembuluh xylem menghitam. Segera cabut dan bakar tanaman yang terinfeksi. Pengendalian menggunakan fungisida berbahan aktif Cu. 


Powdery Mildew 

Daun atau batang muda dilapisi semacam tepung berwarna putih. Bila seluruh daun terkena serangan, daun berubah warna menjadi coklat dan mengeriput. Pertumbuhan tanaman terhambat dan tanaman menjadi lemah. 

Penanaman sebaiknya jauh dari tanaman inang. Melakukan rotasi tanaman dan jarak tanam lebar untuk mengurangi kelembaban. Berantas menggunakan fungisida berbahan aktif benomyl, pradimefon dan tembaga. 



Panen Budidaya Semangka Black Jack Known You Seed


Panen manfaat buah semangka Black Jack umur 65 - 75 HST. Bobot buah mencapai 10 - 12 kg per buah. Manfaat buah semangka Black Jack rasa manis memiliki nilai Brix 10 - 12. Semangka siap panen tampak bercak kuning di kulit semangka. Yaitu permukaan yang bersentuhan dengan tanah.

Mengatasinya agar tidak ada bercak kuning, Anda harus rajin melakukan pembalikan buah. Bercak kuning tersebut karena pada bagian tersebut tidak terkena sinar matahari. Sulur kering dan terhubung dengan vena. 

Karena perbedaan waktu terjadi penyerbukan, maka tidak semua semangka matang bersama. Kemungkinan dalam panen semangka bisa lebih dari satu kali. 

Panen manfaat buah semangka Black Jack hanya bisa menggunakan tanagn. Panen dilakukan dengan hati-hati untuk memotong dan menarik buahnya. Jika tida hati-hati kemungkinan buah akan pecah. Dan buah demikian tidak bisa dipasarkan.  

Hasil buah semangka maksimal jika dipanen sebanyak 1 - 2 buah semangka. Buah dapat berukuran bulat penuh. Pemetikan buah semangka sebaiknya dilakukan saat cuaca cerah dan tidak mendung. Buah dipetik kondisi kering membuat buah tahan lama dalam penyimpanan atau ditangan pengecer. 

Demikian artikel kami judul : Manfaat Buah Semangka Black Jack Hibrida Produk Known You Seed. Hubungi nomer Kami 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual segala kebutuhan bercocok tanam untuk petani dan hobiis berkebun.

Kami juga berpengalaman sebagai distributor bagi banyak toko pertanian di Indonesia dan tersebar ke seluruh wilayah Indonesia. Kami siap kirim pesanan Anda bersama jasa ekspedisi mitra Kami. Yaitu JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain. Kami juga mengajak para dropship dan reseller pertanian Toko Pertanian LMGA Agro.

Semoga artikel Kami bermanfaat bagi pembaca. Menjadikan Manfaat buah Semangka Black Jack semakin banyak disukai masyarakat. Peluang usaha menanam semangka menguntungkan dan menjanjikan. Salam sukses...




LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.