TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

20/09/20

Kandungan Buah Semangka Bergizi Tinggi, Mudah Cara Budidayanya

kandungan buah semangka, tanaman semangka, jual benih semangka, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Semangka 
Prime F1
 

Kandungan Buah Semangka Bergizi Tinggi, Mudah Cara Budidayanya. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual segala kebutuhan menanam Anda. Tersedia berbagai varietas benih buah dan sayur hibrida. 

Toko pertanian LMGA Agro juga menyediakan pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian lengkap dan berkualitas. Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian. Kami juga mengajak kerjasama usaha online sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Toko Pertanian LMGA Agro telah berpengalaman sebagai supplier pertanian. Kami didukung banyak perusahaan pertanian terkemuka. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama mitra Kami jasa pengiriman barang JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain. 

Kandungan buah semangka dipercaya memiliki manfaat tinggi. Kandungan buah semangka terpenting adalah kandungan likopen. Yaitu sejenis antioksidan dan banyak sekali memiliki manfaat penting bagi kesehatan kita. 

Kandungan buah semangka penuh gizi dan lengkap. Manfaat buahnya sangat besar, mengandung likopen yang dapat menangkal radikal bebas. Budidaya semangka menjadi peluang usaha menjanjikan dan menguntungkan  

Kandungan buah semangka terdapat air sampai sekitar 90% lebih. Sehingga dalam budidaya semangka harus baik dan benar guna mendapatkan kandungan buah semangka yang sesungguhnya. Buah semangka juga mengandung vitamin dan mineral penting lainya. 

Kandungan buah semangka sangat baik untuk tubuh kita. Kandungannya yang bermacam-macam menjadikan buah semangka memliki banyak manfaat bagi tubuh kita. 



Menanam Buah Semangka di Halaman Rumah


Menanam semangka di halaman rumah menggunakan benih dari buah yang baru kita makan, tidak bisa dijamin dapat berbuah. Karena bisa saja benih bersifat steril dan tidak bisa berbuah. Sebaiknya benih menggunakan benih bersertifikat dan dari penjual terpercaya. 

Benih hibrida dan unggul bersertifikat dipastikan tingkat perkecambahannya tinggi. Toko pertanian online LMGA Agro jual segala benih hibrida dan unggul bersertifikat. Tersedia benih semangka lengkap mulai semangka berbiji, non biji dan semangka inul. 

Tanaman semangka berasal dari Afrika. Kandungan buah semangka menyukai tanah hangat untuk tumbuh dan berkembang. Tanaman semangka membutuhkan suhu dari 18 derajat Celcius hingga 35 derajat Celcius. Menyukai paparan sinar matahari yang banyak. 

Mulsa plastik hitam perak sangat baik digunakan untuk menutupi tanah. Peran mulsa dapat menghangatkan tanah dan mengendalikan gulma. 

Lokasi untuk menanam semangka di halaman rumah sebaiknya tempatnya berhawa cerah dan drainase yang baik. Perhatikan juga mengenai jarak tanam menanam semangka. Jika jarak terlalu rapat dan padat tanamannya maka tidak bisa menghasilkan kandungan buah semangka yang baik. 

Cara menanam semangka sebaiknya menanam 1 tanaman per 1 meter persegi. Jika pemeliharaan tepat dan berjalan baik maka didapatkan 2 buah semangka per tanaman. Pemakaian pupuk organik dapat meningkatkan kadar nitrogen tanah dan baik bagi kandungan buah semangka. 

Pemberian pupuk kandang dan kompos baik untuk pertumbuhan tanaman semangka. Sekaligus dapat meningkatkan kandungan Nitrogen dan Kalium tanah. 

Kandungan buah semangka terdapat air hampir 92%. Tanaman semangka membutuhkan banyak air untuk mendapatkan kandungan buah semangka yang menyegarkan. Tanaman semangka menyukai tanah lembab namun tidak berlebihan. 


Baca Juga : Melon Tahan Virus Potensi Budidaya Untung Besar


Pemeliharaan Mendapatkan Kandungan Buah Semangka yang Enak


kandungan buah semangka, buah semangka, budidaya semangka, jual benih semangka, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat Siram Tanaman
Penyiraman
penting untuk mendapatkan kandungan buah semangka yang enak. Rata-rata tanaman semangka membutuhkan 25 mm air/minggu. Untuk jenis tanah berpasir, tentunya kebutuhan air lebih banyak. Karena tanah berpasir tidak dapat mempertahankan air terutama yang dekat perakaran. 

Tanah liat berat, drainase juga kurang tepat sehingga  membutuhkan irigasi lebih sedikit. Dedaunan disarankan tidak langsung disiram karena menyebabkan mudah diserang penyakit. 

Pemangkasan batang tidak mengenai pokok tanaman. Sehingga tanaman dipaksa berkembang melalui vena utama. Perlakuan pemangkasan mendukung aerasi menjadi lebih baik. Selain itu juga dapat melindungi tanaman dari infeksi akibat dari kelembaban yang tinggi. 

Fungsi pemangkasan dipercaya dapat menunda pertumbuhan dan penataan pohon semangka. Bila ada buah yang cacat atau kurang berkembang, sebaiknya dibuang. Disisakan 1 - 3 buah per tanaman. 

Cara pengaturan buah tersebut menyebabkan tanaman semangka akan memfokuskan unsur hara ke pembesaran buah. Sehingga kandungan buah semangka juga menjadi baik. 



Kalori Kandungan Buah Semangka


Kandungan buah semangka terdapat kalori dan lemak sangat rendah. Kandungan buah semangka cocok digunakan dalam program penurunan berat badan. Dalam 100 gram buah mengandung 30 kalori. Dan 1 mangkok buah dipotong dadu kandungan buah semangkanya sebanyak 46 kalori.  

Kandungan buah semangka antara lain yaitu : 

- Likopen, mampu mencegah kerusakan sel-sel tubuh dari radikal bebas. Adanya likopen dalam kandungan buah semangka dapat meningkatkan fungsi jantung. Likopen juga berperan penting terhadap kekuatan tulang. 

- Potassium cukup tinggi dalam kandungan buah semangka. Khasiatnya mengurangi risiko serangan jantung, mampu menekan kolesterol dan membantu peredaran darah. Potassium berperan dalam menjaga detak jantung. 

- Vitamin A dalam kandungan buah semangka dapat memenuhi kebutuhan harian kita sebanyak 17% . Dan cukup dengan secangkir buah semangka. 

- Antioksidan terdapat dalam kandungan buah semangka dan baik untuk melindungi mata. Terutama saat bertambahnya usia dan kesehatan mata semakin menurun. Antioksidan dalam kandungan buah semangka antara lain beta-karoten, vitamin C, lutein dan zeaxanthine. 

- Citrulline dalam kandungan buah semangka bermanfaat dapat membantu melenturkan pembuluh darah. 

Kandungan buah semangka terdapat vitamin C ( 21% dari kebutuhan tubuh ), Vitamin A ( 18% dari kebutuhan tubuh ). Kalium ( 5% dari kebutuhan tubuh ) dan Magnesium ( 4% dari kebutuhan tubuh ). Juga mengandung vitamin B1, B5 dan B6 ( 3% dari kebutuhan tubuh ).  





Semangka Buah Kaya Manfaat


kandungan buah semangka, buah semangka, budidaya semangka, jual benih semangka, toko pertanian, toko online, lmga agro
Semangka Cocok Untuk Tabulampot

Semangka
( Citrullus lanatus ) merupakan tanaman merambat dan asli tanaman negara-negara Afrika bagian selatan. Semangka lalu menyebar luas ke berbagai negara beriklim tropis hingga sub-tropis.

Semangka masuk dalam suku timun-timunan atau Cucurbitaceae. Seperti tanaman jenis timun-timunan lain seperti labu dan melon. Tanaman semangka tumbuh merambat sampai belasan meter. 

Secara umum, buahnya berkulit keras, warna kulitnya hijau muda atau pekat. Kulit memiliki lurik-lurik hijau tua. Daging buah manis dan berair. Daging buah ada yang berwarna merah dan ada yang kuning. Buah berbiji kecil atau tanpa ada biji didalamnya.  

Berikut manfaat dalam kandungan buah semangka, antara lain : 

- Menjaga jantung tetap sehat. Mampu menghentikan akumulasi kolesterol jahat sekaligus mengurangi deposit lemak dalam pembuluh darah. 

- Kandungan buah semangka yaitu asam amino citruline berefek baik bagi jantung. Yaitu mengurangi risiko terjadinya aterosklerosis dan kekakuan arteri pada wanita pasca menopause. 

- Mengatasi peradangan yaitu kandungan buah semangka bernama likopen merupakan senyawa utama buah dan kadarnya lebih tinggi dibanding buah tomat. Dalam 100 gram buahnya mengandung 4532 mcg likopen. Tomat mengandung 2573 mcg. 

- Likopen bersifat anti-inflamasi. Likopen mampu mengatasi peradangan jauh lebih baik dari karotenoid lain. Likopen menjadi obat alami mengatasi berbagai masalah peradangan seperti amandel, radang gusi dan lain-lain. 



Manfaat dalam Kandungan Buah Semangka


- Salah satu sumber hidrasi terbaik karena kandungan buah semangka hampir 92% air. Sehingga menjadikan kandungan buah semangka salah satu sumber hidrasi terbaik. Mengkonsumsi buah semangka dapat mengatasi dehidrasi. 

-  Membantu Mencegah Kanker. Karena kandungan likopen selain mampu mengatasi peradangan. Juga mampu memerangi sel kanker. Likopen adalah antioksidan kuat penangkal radikal bebas. 

- Meringankan kekakuan otot terutama setelah aktivitas berolahraga atau aktivitas berat lainnya. Kandungan elektrolit dan asam amino citruline membantu menenangkan otot-otot kaku. Citruline  dalam kandungan buah semangka mempercepat pembuangan asam laktat sehingga nyeri otot berkurang. 

- Menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan buah semangka paling berperan disini adalah air dan serat. Keduanya mampu melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit. 

- Kandungan buah semangka baik bagi ibu hamil. Karena kandungan mineral buah semangka terbukti mampu mencegah terjadinya kram otot pada trimester 3 kehamilan. 

- Kandungan buah semangka baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Vitamin C kandungan buah semangka penting dalam sintesis kolagen. Fungsinya menjaga kekenyalan dan elastisitas kulit serta menguatkan rambut. 

-  Kandungan buah semangka memiliki beta-karoten untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Mampu mencegah datangnya segala penyakit kulit. 

- Kadungan buah semangka juga mampu meningkatkan kesehatan tulang. Bagian yang berperan adalah vitamin A dan C. Peranannya menjaga kesehatan tulang dan membantu penyembuhan luka. Likopen dalam hal ini juga mampu mencegah osteoporosis dan patah tulang. 

- Kandungan buah semangka berkalori dan lemak rendah. Sehingga banyak dipakai dalam menu menurunkan berat badan. 

- Mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh karena kandungan buah semangka lengkap. Kombinasi vitamin A, B6 dan C bermanfaat sebagai agen anti-oksidan. 



Cara Menanam Semangka di Polybag

Pertumbuhan pohon semangka mirip dengan tanaman ubi yaitu merambat. Tanaman semangka tidak memilik akar adventif sehingga tidak bisa merambat ke atas dan memanjat. Sistem menanamnya di tanah kering sama dengan kerabat semangka lain. 

Tanaman semangka dapat tahan hidup di kondisi panas karena berkadar air cukup tinggi. Menanam semangka dipolybag biasa dilakukan di halaman rumah. Cocok sebagai usaha sampingan dan bisa dikonsumsi sendiri. Atau bisa dipasarkan bila hasilnya cukup banyak. 


Langkah-langkah menanam semangka di polybag

- Sediakan tanah dan pupuk kandang/kompos. Banyaknya sesuai dengan banyak polybag dan bibit yang akan ditanam. 

- Bersihkan dulu kotoran, batu dan hama dalam tanah. Ayak tanah sampai halus, demikian juga dengan pupuk kandang ayak juga sampai gembur dan kualitasnya baik. 

- Campurkan tanah dan pupuk hingga merata dan benar-benar tercampur. Masukkan pada polybag sebanyak 2/3 tinggi polybag. 

- Biarkan selama sehari semalam. Kemudian buat lubang tanam pada media di polybag sedalam 8 - 10 cm. Sebelum benih ditanam, tanah pada polybag disiram terlebih dahulu. Tanam benih dalam polybag.

- Perawatan setiap hari adalah rajin memberi air dan lakukan kontrol tanaman. Bibit akan siap dipindahkan ke polybag lebih besar saat umur 4 minggu. 




Perawatan Tanaman Semangka Dalam Polybag

Setelah bibit sudah kuat untuk dipindah maka lakukan pemindahan bibit. Sebelum dipindah tanam, bibit direndam menggunakan larutan perangsang agar bisa tumbuh. Larutan perangsang ( ZPT ) membuat tanaman semakin kuat dan tidak mudah terserang hama dan penyakit. 

Perendaman berlangsung selama 5 - 10 menit. Keluarkan bibit dari polybag secara hati-hati agar perakaran tidak rusak.  Selanjutnya lakukan perawatan dengan baik dan benar agar diperoleh buah dengan kandungan buah semangka maksimal. 

Penyiraman dilakukan setiap pagi dan sore terutama bila cuaca sangat panas. Kondisi tanah kering sehingga harus segera disiram air agar kelembaban selalu terjaga. 

Penyiangan yaitu lahan dibersihkan dari tumbuhnya rumput liar dan gulma. Pembersihan rumput liar juga untuk mengurangi persaingan dalam menyerap unsur hara. Gulma tumbuh liar dan agresif dalam meyerap unsur hara dalam tanah. 

Penyulaman dilakukan bila ada bibit mati maka harus segera diganti bibit baru. Penjarangan yaitu dengan melakukan pemangkasan batang dan daun yang tidak berguna. Bila daun terlalu rimbun juga harus dipangkas. 

Pemupukan menanam semangka di polybag sebaiknya menambah dosis pupuk organik. Pupuk organik meningkatkan kesuburan tanah dan baik untuk tanaman. Sebarkan pupuk secara melingkar disekitar tanaman. Setelah itu lakukan penyiraman agar pupuk cepat larut dan cepat diserap tanaman. 

Bila perlu berikan pupuk daun karena pupuk daun biasanya terdiri dari unsur mikro yang juga dibutuhkan tanaman. Pupuk mikro dibutuhkan dalam jumlah sedikit saja. 

Jangan lupa untuk mengatur batang utama dan ranting supaya tampak rapi pertumbuhannya. Mengatur batang utama juga memudahkan dalam pemeliharaan tanaman. Sampai menghasilkan hasil dengan kandungan buah semangka yang menyegarkan. 



Pengendalian Hama dan Penyakit


kandungan buah semangka, buah semangka, tanaman semangka, budidaya semangka, jual benih semangka, toko pertanian, toko online, lmga agro
Insektisida Pembasmi
Hama

Hama merupakan kendala setiap usaha budidaya pertanian. Budidaya semangka tergolong mudah perawatannya. Namun tetap saja ada hama yang menyerang. Pengendalian hama dilakukan dengan cara menyemprotkan insektisida sesuai dosis anjuran pada kemasan. 

Penyakit paling umum tanaman semangka adalah rebah semai yang disebabkan cendawan. Ada juga penyakit layu fusarium, bercak daun atau antraknosa dengan tanda adanya bercak hitam pada daun. 

Penyakit tanaman semangka juga ada busuk buah yang disebabkan bakteri, cendawan dan serangan lalat buah. Sehingga perlunya selalu rutin membersihkan kebun agar terhindar dari hama dan bakteri. 




Panen Buah Semangka 

Menanam semangka cocok di segala dataran, yaitu kisaran mulai 0 - 1000 m dpl. Semangka dapat tumbuh dengan kisaran suhu 25 derajat Celcius pada siang hari. Lahan yang digunakan haruslah gembur dan tanah memiliki unsur hara tinggi. 

Tanah memiliki pH normal sekitar 6 - 6,5 dan terpapar sinar matahari langsung. Waktu tanam semangka mulai benih sampai panen membutuhkan rata-rata 100 - 120 hari. Dan sebagian besar varietas semangka mulai dapat dipanen umur 80 hari sejak tanam. 

Tingkat kemanisan kandungan buah semangka tidak dapat meningkat begitu telah dipetik. Sehingga pemetikan harus benar-benar matang. Ditandai pangkal tangkai buah sudah mengering dan ukuran buah sudah maksimal.  



Kandungan Buah Semangka Kuning


Walau daging buah berbeda warna namun rasa kedua jenis semangka ini tak jauh beda. Inilah semangka merah dan semangka kuning. Keduanya digemari karena sangat menyegarkan, manis rasanya juga harga terjangkau. 

Namun demikian, kandungan buah semangka kuning berbeda dengan semangka merah. Tetapi meski berbeda, kedua jenis semangka ini masih aman dikonsumsi penderita diabetes. 

Kandungan buah semangka kuning kaya vitamin dan mineral. Kandungan buah semangka kuning sangat baik bagi kesehatan tubuh. Ditemukan didalamnya kandungan citruline, asam amino, likopen, kalium dan vitamin A serta vitamin C. 

Kandungan buah semangka kuning kaya akan serat dan gula alami yang baik bagi penderita diabetes. Konsumsi semangka kuning memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan mata dan tekanan darah. 

Selain itu dapat mencegah datangnya stroke dan penyakit jantung. Vitamin C tinggi dalam kandungan buah semangka dapat mencegah sariawan lebih baik. 



Menjaga Kandungan Buah Semangka Tidak Rusak 


Biasanya masyarakat menyimpan buah-buahan dalam kulkas agar buah tetap segar dan tidak cepat busuk. Namun disarankan untuk buah semangka sebaiknya tidak disimpan dalam lemari pendingin. 

Penyimpanan dalam lemari pendingin justru membuat kandungan buah semangka terutama gizinya dapat hilang. Beberapa cara agar buah semangka tetap segar, antara lain :

-   Pilih Buah Semangka yang Tepat Saat Panen. Pilih dengan kondisi bagus, tidak retak, memar atau tanda kerusakan lain. Ukuran semangka ideal sekitar bobot buahnya 4 kilogram. 

-  Kulit semangka tebal dan jangan sampai tanaman semangka terlalu matang karena bisa cepat busuk. 

- Pelindung berupa minyak parafin atau lilin. dapat melindungi kandungan buah semangka dari lingkungan eksternal. Serta menjaga buah semangka lembab sehingga kandungan buah semangka aman. 

- Pelindung buah dibuat dengan cara :  mengelap buah dengan kain kering. Cairkan minyak parafin atau lilin dalam air. Bisa lilin biasa, ambil sumbunya dan potong kecil-kecil. Oleskan ke permukaan buah sampai ketebalan 0,5 cm. Biarkan minyak parafin atau lilim dingin dan mengeras. 

- Penyimpanan agar kandungan buah semangka terjaga adalah pada kotak dan penuh jerami atau lapisan koran. Simpan kotak di tempat gelap, sejuk dan kering. Periksa selalu buah untuk melihat ada tidaknya tanda-tanda buah membusuk. 



Tanaman Semangka


Tanaman semangka merupakan salah satu tanaman yang memiliki peluang bagus untuk dibudidayakan. Masa tanam semangka relatif singkat yaitu sekitar 55 - 75 hari setelah pindah tanam. Keuntungan hasil panennya menggiurkan. Harga semangka cukup tinggi perkilogramnya dan bobot sekitar 4 - 5 kg.

Petani semangka menyebutkan penghasilan menanam semangka lumayan tinggi. Keuntungan yang didapatnya mencapai 2 kali lipat dari modal yang dikeluarkan. Lokasi menanam semangka di tempat terbuka dan tanpa naungan. Intensitas matahari minimal 7 jam/hari.

Persiapan Lahan Tanaman Semangka

- Lahan dibersihkan dari gulma dan rumput liar di sekitar lahan.
- Tanah digemburkan dengan cara dibajak atau dicangkul.
- Buat bedengan dengan lebar 70 - 80 cm, tinggi 30 cm dan panjang sesuai luas lahan. 
- Jarak antar bedengan sekitar 100 - 150 cm. 
- pH < 6 taburkan Dolomit merata di atas bedengan sampai pH normal ( 6- 7 ). 
- Taburkan pupuk dasar yaitu pupuk kandang 1 - 1,5 kg/tanaman, TSP : KC; : ZA sebanyak 100 gram/tanaman ( 2 : 1 : 1 ). 
- Aduk sampai pupuk tercampur rata dan biarkan terkena air hujan atau disiram sampia basah. 
- Pasanglah mulsa plastik untuk menutupi bedengan. 
- Buat lubang tanam di permukaan mulsa dengan jarak antar lubang 80 - 90 cm. 


Persiapan Bibit Semangka 

kandungan buah semangka, buah semangka, tanaman semangka, jual benih semangka, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih semangka F1

- Menyiapkan bibit semangka dari benih yang baik, berkualitas dan bebas pemyakit. Bisa pilih jenis semangka biji atau non biji. 
- Siapkan media semai yaitu tanah + pupuk kandang matang. Masukkan ke polybag kecil. 
- Tanam benih dalam media yang sudah disiram sebelumnya. Bibit semangka siap dipindah ke lahan setelah umur 7 - 10 hari dan muncul daun 2 - 3 helai. 
- Tanam bibit di lahan pada sore hari. Sebelum dipindahkan, siram media polybag dan lubang tanam di lahan dengan air hingga basah. 
- Sobek plastik polybag dan ambil perlahan bibit beserta tanahnya.
- Masukkan bibit dan tanahnya ke lubang tanam, sebanyak 1 bibit untuk satu lubang tanam.
- Tutup dengan tanah disekeliling lubang tanam agar bibit tidak layu di siang harinya. Juga untuk meminimalisir gangguan jangkrik. 


Perawatan Tanaman Semangka


- Penyiraman setiap 3 hari sekali dan sesuai kondisi tanaman. 
- Mengatur posisi ranting. 
- Atur batang utama dan ranting pada sisi bedengan untuk memudahkan pemeliharaan dan agar tampak rapi. 
- Pemupukan susulan pertama umur 10 HST dengan cara kocor pupuk NPK 16-16-16. Dosis 5 gram NPK/300 ml air/tanaman. 
- Pemupukan selanjutnya setiap 4 -  hari sekali dan dosis ditambah secara berkala. 
- Penyiangan yaitu membersihkan gulma disekitar tanaman.
- Perempelan buah dilakukan dengan membuang buah tidak normal. Buah pada daun ke-1 sampai ke-13. Buah yang dipelihara adalah pada daun ke-14 ke atas. Untuk menghasilkan buah maksimal, sisakan 2 - 3 buah per pohon semangka. 

Demikian artikel kami dengan judul : Kandungan Buah Semangka Bergizi Tinggi, Mudah Cara Budidayanya. Hubungi Kami di nomer kontak 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih semangka hibrida dan unggul, bebas penyakit dan terbaik. 

Toko pertanian LMGA Agro menyediakan segala kebutuhan untuk bercocok tanam bagi petani dan toko pertanian lainnya. Kami menerima konsultasi gratis pertanian. Kami mengajak kerjasama sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Semoga artikel Kami bermanfaat bagi pembaca dan menambah wawasan tentang kandungan buah semangka. Manfaat kandungan buah semangka sangat tinggi karena kandungan gizinya lengkap. Cara menanam semangka tidak sulit dan relatif cepat waktu panennya. Salam sukses...







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.