TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

17/09/20

Terong Hijau Kaya Manfaat, Budidaya Mudah Hingga Panen Melimpah

terong hijau, terung, tanaman terong, jual benih terong, toko pertanian, toko online, lmga agro
Terong Hijau 
Hitavi F1


Terong Hijau Kaya Manfaat, Budidaya Mudah Hingga Panen Melimpah. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih terong dan benih sayur buah lainnya hibrida dan unggul. 

Toko pertanian LMGA Agro online shop menyediakan benih, pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian lengkap dan barang berkualitas. Kami berpengalaman lama sebagai supplier produk pertanian bagi petani dan toko pertanian lainnya. 

Kami menerima juga konsultasi gratis seputar budidaya pertanian dan permasalahan di lapangan. Kami mengajak serta kerjasama sebagai dropship dan reseller pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Barang aman dan sampai pada tujuan. 

Terong hijau adalah sayuran lezat dan disukai masyarakat. Olahan paling terkenal adalah terong balado. Buah terong sering juga dijadikan sayur lalapan. Manfaat terong besar sekali karena banyak kandungan nutrisinya. 

Terong hijau sudah banyak dikenal masyarakat. Masakan terong paling favorit adalah terong balado. Terong hijau merupakan jenis sayur dan dari jenis buah-buahan. Di Indonesia, terong hijau dihidangkan sebagai sayur. Salah satunya sangat populer sebagai sayur lalapan. 

Terong hijau kaya akan manfaat karena mengandung banyak nutrisi vitamin dan mineral. Jenis terong lainnya juga populer adalah terong ungu dan terong bulat/lalap. Semua buah terong memiliki manfaat yang sama dan baik untuk kesehatan kita. 



Kandungan Nutrisi Terong Hijau


Terong hijau kaya akan nutrisi karena memiliki kandungan glikemik dan kalori yang rendah. Terong hijau juga mengandung lemak sangat rendah. Kadar air terong hijau sangat tinggi sehingga kaya akan antioksidan, vitamin dan mineral. 

Macam vitamin dan mineral terung antara lain : vitamin A, B kompleks, E, K. Juga mengandung kalsium, zat besi, kalium, sodium, Fosfor, Mangan dan zinc. 

Seringkali bila memasak terung, kulitnya tidak dikelupas. Hal ini karena dalam kulit terung mengandung pigmen antosianin, yaitu sejenis antioksidan. 

Terong atau terung memiliki nama latin Solanum melongena, adalah tumbuhan penghasil buah yang dijadikan sayur-sayuran. Asal tanamang terung dari India dan Sri Lanka. Tanaman terung berkerabat dekat dengan kentang dan leunca. Namun kerabat jauh dengan tomat. Terong hijau sering ditanam secara tahunan oleh petani.   

Asal usul budidaya terong berada di bagian selatan dan timur Asia sejak zaman pra-sejarah. Pohon terong baru dikenal di negara Barat sekitar tahun 1500. Buah terong mempunyai berbagai warna. Terkenal warna ungu, hijau dan putih. 

Menurut penelitian, sejak ratusan tahun lalu, pohon terong hanyalah tumbuhan liar. Setelah diketahui rasa dan khasiatnya, tanaman ini mulai dibudidayakan di daerah asalnya.

Lambat tapi pasti, buah terong menyebar ke kawasan Asia seperti Malaysia, kawasan Afrika Timur, Tengah. Di Indonesia, tanaman terong terpusat di di pulau Jawa dan Sumatera. 



Manfaat Terong Hijau


Terong Hijau Tinggi Antioksidan

terong hijau, manfaat terong, buah terong, jual benih terong, toko pertanian, toko online, lmga agro
Terong Hijau 
Benih Hibrida


Antioksidan
merupakan zat yang mampu melindungi tubuh kita dari kerusakan akibat zat berbahaya seperti radikal bebas di udara. Terong hijau mengandung antioksidan dan berkhasiat membantu untuk mencegah  berbagai penyakit berat. Yaitu semacam penyakit jantung dan kanker. 

Manfaat antocyonin bersifat antioksidan dan bertanggung jawab terhadap warna cerah kulit terong hijau. Nama lain antocyonin dalam buah terong adalah nasunin. 

Beberapa penelitian menyebutkan peran antocyonin dalam tubuh manusia. Yaitu secara efektif melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas penyebab kanker. 


Terong Hijau Pemberi Nutrisi Bagi Otak

Terong hijau mengandung zat sebagai sumber nutrisi melindungi otak. Terong hijau mengandung polifenol yaitu salah satu antocyonin penyusun kulit buah terong. Antocyonin berkhasiat juga untuk melindungi lipid pada membran sel otak. 

Antosianin mampu melancarkan peredaran darah ke otak sehingga fungsi otak tetap terjaga. Manfaatnya juga mampu melambatkan turunnya kemampuan kognitif dari otak. Dimana kemunduran fungsi otak berbanding lurus dengan usia seseorang. 


Terong Hijau Menjaga Kesehatan Kulit

Antioksidan dalam terong hijau bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan menutrisi kulit. Terong hijau dapat melancarkan peredaran darah sehingga kulit selalu sehat dan tampak cerah. Terong hijau dapat dijadikan masker wajah. Fungsinya melembabkan, menghilangkan bekas jerawat dan membuat kulit lebih cerah. 





Jenis Terong Favorit di Indonesia


Di Indonesia, dikenal ada beberapa jenis terong dan banyak dipakai dalam kuliner kita. Berikut jenis terong di Indonesia : 


1. Terong Ungu

Terong ungu banyak disukai dan dibudidayakan di Indonesia. Harga jual terong ungu cukup tinggi dan permintaan pasar cukup banyak. Terong ungu berbentuk bulat, memanjang dan kulit berwarna ungu mengkilap. Kulitnya tipis dan ujung tumpul. Tangkai batang terong ungu panjang 3 - 5 cm. Memiliki mahkota. 


2. Terong Hijau

Bentuk terong hijau tidak berbeda jauh dengan terong ungu. Perbedaan terlihat dari warna kulitnya karena terong hijau kulit berwarna hijau. Cita rasa terong hijau agak pahit bila dibandingkan terong ungu. Terong hijau banyak dimanfaatkan untuk sayuran lodeh, balado dan pecak. 


3. Terong Bulat

Terong bulat sering disebut terung lalap atau terung Thailand. Bentuknya bulat dengan diameter 2 - 3 cm. Warna kulit hijau cerah disekitar batang buah dan memudar berwarna putih. Terung lalap ini dapat dipanen sepanjang tahun dan berasa pahit. Masyarakat Thailand menyukai konsumsi jenis terong lalap. 


4. Terong Pokak

Terung pokak, terong pipit, rimbang atau takokak memiliki nama latin ilmiah Solanum torvum. Terong pokak tumbuh setinggi 1 - 4 meter dan batang berduri. Meski kadang dianggap sebagai tanaman gulma dan tanaman liar, namun buahnya banyak manfaatnya sebagai obat alami. 

Di Indonesia, terong pokak biasanya dijadikan campuran tumis atau sambal. Meski rasanya agak pahit namun terong pokak cukup populer di Asia, yaitu Indonesia dan Thailand.


5. Terong Belanda

Terong Belanda biasa digunakan sebagai minuman jus. Rasa jus terong Belanda segar karena rasa terong ini antara manis, asam dan mengandung banyak air. Terong Belanda berbentuk mirip telur dan ujung meruncing. Bila matang, warna terong Belanda adalah merah keunguan. 



Antara Terong Ungu dan Terong Hijau


terong hijau, tanaman terong, terong ungu, manfaat terong, jual benih terong, toko pertanian, toko online, lmga agro
Terong hijau dan Terong Ungu Kaya Manfaat 



Kandungan gizi dalam terong ungu dan terong hijau berukuran 80 gram, mengandung : 

- 1 gram Protein. 
- 5 gram Karbohidrat.
- 3 gram serat.

Kandungan lainnya ada asam Folat, zat besi, Magnesium dan vitamin C serta vitamin K. 

Terong ungu memiliki kelebihan yang tidak ada di terong hijau. Yaitu kandungan antioksidan bernama antosianin. Antosianin ini pembawa pigmen warna ungi pada kulit terong ungu. 

Manfaat antosianin banyak sekali, salah satunya mencegah penyakit kanker. Dalam terong ungu terdapat kandungan alkaloid, flavonoid, tanin, saponin dan glikosida. Manfaat kesemuanya tersebut adalah mencegah kanker, tekanan darah tinggi, hepatitis dan gangguan pernapasan. 

Rutin mengkonsumsi terong membantu menjaga kesimbangan kadar gula darah. Hal ini disebabkan terong mengandung serat tinggi. Serat mampu membuat proses penyerapan gula dari makanan berjalan lebih lambat. 

Konsumsi terong membuat sekresi urine membaik dan berpengaruh pada proses metabolisme lemak tubuh. Pengaruh lebih jauh terhadap kandungan kolesterol semakin baik. Kolesterol baik dapat mencegah serangan jantung. 



Budidaya Terong Hijau Hasil Panen Melimpah


Terong hijau ( Solanum melongena ) cocok ditanam di dataran rendah hingga menengah. Terong hijau muncul tunas setelah umur 3 - 12 hari. Panen berulang-ulang dan panen pertama umur 70 - 85 HST. Dalam bahasa Inggris, terong hijau disebut green eggplant.  


Persemaian Benih Terong Hijau di Pot/Polybag

Benih terong hijau direndam air hangat ( sekitar 55 derajat Celcius ) selama 15 menit. Persemaian benih dilakukan di tempat teduh, dilanjutkan dengan penanaman dan perawatan bibit terong hijau. Air untuk merendam adalah air matang.

Pada akhir perendaman, biji terapung sebaiknya tidak dipakai bibit karena bibit jelek. Ambil biji menggunakan saringan dan cuci dengan air matang dan bersih. Tiriskan benih di udara terbuka sampai kering sendiri. 

Siapkan wadah untuk persemaian benih, bisa berupa nampan, tray semai, polybag dan lain-lain. Bagian bawah diberi lubang sebagai jalan keluarnya air ( sirkulasi ). Sehari sebelum benih disemaikan, isi wadah semai dengan tanah sampai 3/4-nya.  

Komposisi media semai adalah tanah + pasir/sekam + kompos/pupuk kandang ( 1 : 1 :1 ). Benamkan benih terong hijau merata di media semai. Tutup benih menggunakan tanah tipis-tipis. Semprotkan air menggunakan alat spray bernozzle kecil.  

Letakkan semua wadah semai di tempat teduh. Tutup wadah semai menggunakan plastik yang diberi lubang 2 - 8 lubang. Saat media kering, semprotkan air halus di atas plastik. Bila benih mulai berkecambah, plastik penutup bisa dibuka tutup agar sirkulasi udara berganti. 

Jaga media jangan sampai kering dan rutin disiram 1 - 2 kali sehari bila media kering. Benih akan mulai muncul tunas setelah 3 - 12 hari. Bibit siap dipindah tanam setelah memiliki 2 - 7 helai daun. 


Baca Juga : Jual Benih Terong Ungu Yuvita Tahan Virus Panah Merah 


Persiapan Lahan Menanam Terong Hijau


Selama persemaian benih memakan waktu hingga 2 minggu, Anda dapat melakukan persiapan tanam dengan cara mengolah tanah. Persiapan lahan dimulai dengan membajak atau mencangkul tanah. Membalik lapisan tanah bawah dipindah ke lapisan atas begitu sebaliknya. 

Tanah dibersihkan dari rumput-rumput liar, bebatuan kecil dan besar dan sisa akar tanaman sebelumnya. Tanah diolah sampai menjadi bongkahan-bongkahan kecil dan gembur. Biarkan tanah terkena air hujan. 

Setelah tanah gembur, untuk menambah kesuburan tanah, berikan pupuk dasar menggunakan pupuk kandang 15 kg/10 m2. Bila pH tanah rendah, berikan kapur Dolomit 10 - 15 kg/10 m2. 

Setelah pemberian pupuk kandang secara merata, berikan juga pupuk kimia yaitu Urea dosis 2,5 kg/10 tanaman. Pupuk TSP sebanyak 3 kg/10 tanaman dan KCl sebanyak 1,5 kg/10 tanaman. 

Bila menggunakan pupuk majemuk NPK dosisnya 3 kg/10 tanaman. Campukan pupuk dengan tanah secara merata. Biarkan selama 5 - 6 hari. Biarkan terkena air hujan atau genangi dengan air secukupnya. 

Setelah 1 minggu, saatnya membuat bedengan dengan model single row ( satu baris dalam satu bedengan ). Biarkan selama 1 minggu lagi sampai pupuk tercampur merata. 

Tutup dengan mulsa plastik hitam perak. Buat lubang tanam dengan jarak tanam 75 cm menggunakan alat pelubang mulsa. Alat dapat dibeli di Toko Pertanian LMGA Agro. 


Penanaman Bibit Terong Hijau


terong hijau, manfaat terong, terong ungu, jual benih terong, toko pertanian, toko online, lmga agro
Mulsa Plastik Hitam Perak 

Persemaian bibit terong hijau memakan waktu 20 - 25 hari. Bibit sudah kuat dipindahkan setelah muncul daun 4 - 5 helai daun. Bibit sudah setinggi sekitar 8 - 9 cm. 

Sebaiknya penanaman dilakukan sore hari setelah bedengan digenangi untuk memudahkan pemindahan. Bibit juga harus disiram air agar setelah dipindahkan, bibit tidak stress. 

Budidaya terong hijau menggunakan sistem single row  dan jarak tanamnya 75 cm antar lubang tanam. Sebelumnya, lubang tanam dibuat dengan kedalaman 10 - 15 cm. Bibit ditanam lalu ditimbun tanah tipis disekitar lubang mulsa sampai sebatas leher akar. 

Bila perlu berikan insektisida karbofuran mencegah semut. Selesai ditanam, bibit yang baru ditanam, sirami dengan air secukupnya sampai lembab. 



Pemeliharaan Budidaya Terong Hijau Panen Melimpah 


Pengairan 

Pengairan terong hijau dilakukan tiap hari terutama di awal fase pertumbuhan setelah pindah tanam. Saat cuaca panas, pengairan dengan cara menggenangkan beberapa jam. Penyiraman juga bisa menggunakan alat gembor. 

Biasanya penggenangan atau di-leb beberapa jam, selama 3 - 4 hari tanah masih basah. Tergantung dari struktur dan tekstur tanah kebun. Jika tanah mengandung pasir maka tanah lebih cepat kering dibanding tanh liat. 


Penyulaman 

Bibit baru ditanam tidak semua dapat bertahan hidup. Beberapa bibit akan tumbuh tidak normal, mati atau terserang hama penyakit. Maka dari itu, bibit demikian harus segera disulam atau diganti bibit baru yang sehat. 

Persediaan bibit lebihkan sebanyak 10% dari kebutuhan bibit tanamnya untuk persedian penyulaman. Proses menyulam ini sampai umur 15 hari setelah pindah tanam. 


Pemasangan Ajir atau Turus 

Ajir atau turus dipasangkan sedini mungkin agat tidak merusak perakaran tanaman. Bila tanaman sudah besar, pastinya sistem perakarannya sudah menyebar. Dan bila ditancapkan ajir dikhawatirkan melukai akar dan menjadi pintu masuk penyakit menginfeksi tanaman. 

Turus dibuat dari sebilah bambu atau kayu dengan panjang 80 - 100 cm dan lebara 2 - 4 cm. Tancapkan dekat batang sampai kokoh berdirinya. Nantinya, turus dibuat untuk mengikatkan batang atau cabang terong hijau. 

Tali salaran baik untuk mengikat batang ke ajir karena tali lunak dan halus tidak melukai batang. Tali salaran tersedia di Toko Pertanian LMGA Agro. 


Penyiangan 

Rumput liar atau gulma harus dibersihkan dengan cara dicabut menggunakan tangan. Lalu buang diluar kebun dengan cara dibakar. Penyiangan penting dilakukan karena gulma menjadi tanaman inang hama dan penyakit. Gulma juga menyebabkan persaingan menyerap unsur hara dalam tanah.  


Pemupukan Susulan Terong Hijau 


Pupuk susulan diberikan setelah umur 15 HST. Menggunakan pupuk Urea dan ZA. Dosisnya 40 - 50 kg/hektar Urea. Pupuk ZA sebanyak 80 - 100 kg untuk luasan 1 hektar. Perbandingan 1 : 2. Cara aplikasi dengan cara dikocor. 

Cara membuat larutan pupuknya : masukkan 80 gram Urea dan 160 gram ZA dalam 10 liter air. Aduk sampai larut dan kocorkan sebanyak 250 ml/tanaman. 

Pupuk ke-2 yaitu setelah umur 35 HST. Memasuki fase generatif, tanaman terong dipupuk menggunakan ZA sebanyak 150- 200 kg/hektar. Cara aplikasinya : 200 gram ZA dilarutkan dalam 10 liter air. Lalu aduk sampai larut. Kocorkan sebanyak 250 ml/tanaman. 

Dengan cara ditabur, pupuk terong hijau diberikan  umur 21 HST. Menggunakan pupuk ZA dosis 2,5 - 3 gram/tanaman. Pupuk TSP sebanyak 2,5 - 3 gram/tanaman dan pupuk KCL banyaknya 1 - 1,5 gram/tanaman. 

Pupuk diberikan di samping tanaman berjarak 10 cm dari pangkal batang. Pupuk susulan ke-2 umur 50 HST. Menggunakan pupuk NPK dosis 8 - 10 gram/tanaman. Pemupukan susulan berakhir setelah panen ke-2. Menggunakan pupuk NPK dosis 10 gram/tanaman. 


Pemangkasan 

Pemangkasan terhadap tunas-tunas liar yang tumbuh dari ketiak daun pertama. Sampai pada bunga pertama juga dipangkas bertujuan merangsang tunas-tunas baru. Bunga juga menjadi lebih produktif tumbuh. 





Usaha Sampingan Terong Hijau Pada Polybag 


Penanaman terong hijau pada polybag mulai disukai sebagai usaha rumahan atau usaha sampingan menjanjikan. Usaha rumahan menanam sayur-sayuran seperti terong hijau dapat kita manfaatkan. Hasil panen terong hijau nanti dapat kita masak sendiri atau dijual. Bila dijalankan serius dan sabar, suatu saat akan menjadi usaha besar. 

Pemakaian polybag atau pot harus diberi lubang pada bagian bawahnya. Air juga dapat mengalir keluar dan tidak terlalu lama berdiam dalam polybag. Sebelum diberi media tanah, masukkan dulu bebatuan kecil atau pecahan genting atau bata dalam polybag bagian bawah. 

Batu-batu tersebut berfungsi sebagai penyangga media tanam dan dapat mencegah tersumbatnya lubang drainase. Selanjutnya isi polybag dengan media campuran tanah sampai 75 - 85 % bagian dari tinggi polybag.   

Biasanya untuk polybag, menggunakan media campuran tanah + pasir/sekam bakar dan pupuk organik ( perbandingan 1 : 1 : 1 atau 2 : 1 : 1 ). Semua bahan media harus diayak sampai halus lalu dicampurkan merata.  Media harus dalam kondisi gembur agar memudahkan bibit tumbuh. 

Penanaman bibit ke polybag besar tidak berbeda dengan menanam di lahan kebun luas. Kedua media harus dalam keadaan basah agar mudah pemindahan tanam bibit terong hijau. Begitu juga setelah dipindahkan ke media baru harus disemprot air. Penyemprotan menggunakan alat spray yang bernozzle kecil.  

Tanaman terong hijau dalam polybag juga ditancapkan ajir sebagai alat menegakkan tanaman sekaligus merambatkan batang/cabang. Pemeliharaan selanjutnya tidak berbeda dengan penanaman di lahan kebun. 



Pengendalian Hama dan Tanaman Terong Hijau


Hama tanaman yang sering menyerang terong hijau antara lain : thrips, kutu daun, tungau, kutu kebul, ulat grayak dan lain-lain. Kemunculan hama- hama tersebut semakin banyak di musim kemarau. 

Bila satu tanaman terserang hama lalu dibiarkan maka serangannya semakin cepat berkembang ke tanaman lain. Sehingga bila tampak ada hama di tanaman maka segera matikan langsung. Atau bila serangan tinggi, lakukan penyemprotan insektisida. 

Dalam hal ini penting sekali setiap hari melakukan pengamatan. Dengan begitu, dapat diketahui dengan cepat adanya serangan hama dan penyakit. Penyemprotan insektisida untuk hama serangga. Penyemprotan akarisida untuk membasmi tungau. Penyemprotan setiap minggu sesuai dosis bila diperlukan tergantung kerusakannya. 

Serangan penyakit semakin menjadi bila di musim hujan. Kebanyakan penyakit disebabkan oleh cendawan dan bakteri. Seperti penyakit rebah kecambah, layu bakteru, layu fusarium, antraknosa, busuk daun dan lain-lain. Lakukan penyemprotan fungisida untuk mengatasinya setiap minggu sesuai dosis. 

Anda dapat melakukan konsultasi kepada Toko Pertanian LMGA Agro dengan nomer kontak di artikel ini. Konsultasi mengenai gejala tentang serangan hama dan penyakit pada tanaman Anda. Serta cara mengendalikannya dan obat pertanian yang tepat.  





Panen Terong Hijau


Panen terong hijau dilakukan setelah umur 70 - 85 HST. Panen pertama tiap-tiap tanaman terong hijau tidak seragam. Karena adanya proses penyulaman sehingga umur panen tidak seragam. 

Waktu panen pertama terong hijau tergantung dari benih awal, lingkungan sekitar benih saat bertunas dan tumbuh. Juga tergantung dari perawatan masing-masing saat menanam terong hijau.  

Waktu panen terong hijau kedua dan seterusnya dilakukan setiap 3 - 7 hari sekali. Saat di pagi dan sore hari menjadi waktu panen yang paling baik. Terong hijau merupakan sayuran mudah layu dan tidak bisa tahan lama setelah dipetik. 

Setelah dipanen sebaiknya terong segera diolah atau dimasak bagi yang menanam di rumah atau pekarangan sempit. Bagi petani, setelah terong hijau dipetik harus segera dipasarkan.

Demikian artikel kami dengan judul :  Terong Hijau Kaya Manfaat, Budidaya Mudah Hingga Panen Melimpah. Hubungi nomer kontak kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual segala kebutuhan bercocok tanah. Produk lengkap, murah dan berkualitas. 

Kami menerima layanan konsultasi pertanian gratis. Kami juga mengajak kerjasama secara online shop sebagai dropshipper dan reseller pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama mitra Kami jasa ekspedisi yaitu JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain. 

Semoga artikel bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang terong hijau dan manfaat terong bagi kesehatan. Menanam terong hijau dapat juga dalam polybag dan menjadi usaha rumahan favorit dan menjanjikan. Salam sukses...


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.