TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

14/09/20

Tanam Timun Berbuah Lebat, Tidak Pahit dan Hasil Panen Memuaskan

tanam timun, tanaman timun, mentimun, jual benih mentimun, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih F1
Tanam Timun

Tanam Timun Berbuah Lebat, Tidak Pahit dan Hasil Panen Memuaskan. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan benih hibrida dan unggul buah dan sayur. Tersedia juga pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian. 

Toko pertanian LMGA Agro menerima layanan konsultasi gratis pertanian. Jual benih mentimun hibrida dan unggul tahan penyakit dan buah tidak pahit. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain. 

Toko pertanian LMGA Agro mengajak kerjasama online shop sebagai dropship dan reseller produk pertanian. Kami telah berpengalaman sebagai supplier benih, alat pertanian, pestisida dan lain-lain. 

Tanam timun merupakan usaha pertanian berpeluang menjanjikan untuk masa depan. Meski tanam timun tergolong sayuran berharga murah. Namun keuntungan tanam timun memuaskan. Tanaman timun selalu tersedia di pasaran dan stabil harga jualnya. Setiap hari banyak masyarakat membeli mentimun. 

Tanam timun relatif mudah dilakukan dan waktu tanam singkat namun hasil memuaskan. Tanam timun dapat menjadi alternatif usaha pertanian menjanjikan dengan hasil buah lebat. Menanam mentimun dapat diusahakan di musim hujan. 

Manfaat mentimun cukup besar baik untuk kesehatan tubuh kita maupun untuk kecantikan wajah. Sudah diakui khalayak luas bahwa buah mentimun dijadikan masker wajah. Kandungan airnya yang tinggi meninggalkan kesan dingin bila dijadikan masker wajah. 

Tanam timun tidak sulit dilakukan dan tidak banyak hama dan penyakit menyerangnya. Tanam timun sesuai kebutuhan tanamannnya dan syarat hidup akan menghasilkan buah lebat dan memuaskan. 



Mentimun ( Cucumis sativus L. ) Buah Menyegarkan


Mentimun, timun atau ketimun masuk dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Tanam timun merupakan jenis tumbuhan penghasil buah yang dapat dimakan. Buah timun biasanya dipanen saat belum masak benar. 

Mentimun banyak dimanfaatkan sebagai sayuran atau penyegar sesuai jenis timunnya. Mentimun di Indonesia dapat ditemukan di berbagai jenis masakan. Kandungan airnya cukup banyak dan bersifat dingin menyejukkan. 

Potongan buah mentimun dijadikan sebagai masker wajah. Berkhasiat mampu melembabkan wajah dan dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi. 

Tanaman mentimun berupa herba lemah melata atau setengah merambat. Tanaman mentimun merupakan tanaman semusim, yaitu setelah berbunga dan berbuah tanaman akan mati. Tanaman timun pembungaannya berumah satu ( monoecious ). Dengan tipe bunga jantan dan bunga hermaprodit ( kelamin ganda ). 

Bunga pertama akan muncul setelah umur 4 - 5 minggu, yaitu bunga jantannya. Selanjutnya, bunga-bunga yang muncul adalah jenis hermaprodit bila pertumbuhan baik. Tanaman timun dapat menghasilkan 20 buah. Namun dalam cara tanam timun, jumlah buah dibatasi agar ukuran buah optimal.  

Buah mentimun berwarna hijau. Mentimun muda berlarik-larik putih kekuningan. Semakin masak maka, warna luar buah timun berubah hijau pucat sampai putih. Bentuk mentimun memanjang mirip torpedo. 

Daging buah perkembangan dari mesokarp, warna kuning pucat sampai jingga terang. Buah tanam timun dipanen ketika masih setengah masak. Biji belum masak fisiologi. 





Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan dan Kecantikan


tanam timun, mentimun, tanaman timun, manfaat timun, jual benih mentimun, toko pertanian, toko online, lmga agro
Manfaat Mentimun

Mentimun
memiliki segudang manfaat mulai untuk detoksifikasi tubuh, mencegah dehidrasi sampai penghilang dahaga sebagai jus timun. Manfaat timun juga untuk meningkatkan kecantikan. Mentimun populer sebagai masker kecantikan wajah.  

Buah timun memiliki kandungan air sampai 95%. Fungsinya menjaga tubuh dari dehidrasi dan menghilangkan racun-racun lewat air seni. Mentimun bermanfaat membersihkan sistem dan menyapu limbah keluar dari sistem tubuh kita. 

Mentimun kaya akan serat, kalium dan magnesium yang semuanya berfungsi dapat menurunkan tekanan darah. Sifat diuretik manfaat timun ringan karena kalium dan airnya tinggi. Sehingga mampu membantu tekanan darah. 

Manfaat mentimun sebagai penyejuk kulit. Jus mentimun dioleskan pada kulit mampu memberikan kesegaran secara alami. Mentimun mengandung potassium dan sangat baik melembabkan kulit kering. 

Irisan potongan buah timun dapat menghilangkan lingkaran hitam di mata. Letakkan pada mata sebagai penyejuk selama 8 - 10 menit. Dapat menghilangkan juga bengkak di sekitar mata. 

Kandungan air buah timun tinggi. Bersifat anti-inflamasi dapat membantu melembabkan kulit kering. Buah timun menyegarkan kulit terbakar matahari. 

Buah timun mengandung silika cukup banyak dan berkhasiat baik untuk merawat kuku dan rambut. Membuat kuku lebih kuat dan meningkatkan pertumbuhan rambut. 



Jarak Tanam Timun Ideal 


Budidaya tanam timun dapat dilakukan di berbagai jenis iklim karena tanaman timun mudah beradaptasi. Namun pertumbuhan tanam timun maksimal pada kondisi iklim kering dan penyinaran penuh. Tanam timun menyukai suhu 21 - 27 derajat Celcius. 

Ketinggian ideal tanam timun adalah 1000 - 1200 m dpl. Tanaman timun juga bisa ditanam di dataran rendah. Jarak tanam timun ideal harus memperhatikan zona perakarannya tetap terjaga kelembabannya. 

Lubang tanam timun dibuat dipermukaan mulsa dengan diameter 10 cm. Setiap bedengan tanam timun terdiri dari 2 baris lubang tanam. Jarak antar lubang tanam timun dalam satu baris adalah 40 cm. Dan jarak antar baris tanam timun adalah 50 - 60 cm.   

Tanaman timun lebih bagus penampilannya bila ditanam pada tanah mengandung unsur hara organik cukup banyak. Tekstur tanah ideal tanam timun adalah berkadar liat rendah dan memiliki pH 6 - 7. 




Cara Tanam Timun di Musim Hujan


Tanam Timun. mentimun, tanaman timun, jual benih mentimun, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat Pelubang
Mulsa
Tanam timun
merupakan usaha pertanian dari jenis palawija yang favorit dipilih petani untuk ditanam. Walau tanam timun bukan jenis palawija mahal namun hasil panen tanam timun cukup menguntungkan. Mentimun cukup laris di pasaran dan permintaan masyarakat cukup tinggi. 

Tanam timun juga bisa dilakukan di musim hujan meski memerlukan sedikit adaptasi lingkungannya. Antara lain perhatian kepada drainase untuk menampung debit air hujan. Kegiatan penyiangan dan pendangiran tanam timun juga rutin dilakukan. 

Rajin melakukan kontrol tanaman bila tanam timun di musim hujan. Karena saat musim hujan, tanaman timun lebih rentan serangan hama dan penyakit. Pengendalian intens tanaman timun dilakukan agar tanaman timun tumbuh baik dan hasil panen memuaskan. 


Pemupukan Tanaman Timun di Musim Hujan


Pemberian pupuk tanam timun saat musim hujan berbeda dengan saat musim kemarau. Perbedaannya pada dosis pupuk dan cara pemberian pupuk. Pemupukan di musim hujan tanam timun dosisnya lebih sedikit daripada tanam timun di musim kemarau. 

Di musim hujan, pemberian pupuk tanam timun efektif bila dengan cara tabur. Bila dengan cara semprot atau kocor, pupuk akan cepat hilang begitu terkena hujan. Bila musim hujan, tanam timun menggunakan sistem kocor lebih efektif karena tanaman bisa langsung menyerap pupuk. 

Tanaman timun di musim hujan cenderung tumbuh kurang baik dan berisiko mengalami kelayuan. Pupuk yang disarankan untuk mencegah tanam timun layu saat musim hujan adalah : kandungan N, Ca, Mg dan K tinggi. Pupuk Urea, KCl, NPK dapat mencegah tanaman timun layu akar, batang dan daun tanaman timun. 

Saat tanam timun di musim hujan, kelembaban tanah tinggi. Hindari pemberian pupuk organik, baik pupuk kandang atau kompos. Karena pupuk organik terbuat dari kotoran hewan dan berisiko memancing tumbuh jamur. Terutama bila kondisi lahan tanam timun lembab tinggi. Jamur akan cepat berkembang sehingga bisa mengganggu pertumbuhan tanaman timun. 

Pemberian pupuk di musim hujan tidak perlu dalam jumlah banyak. Cukup Anda berikan setengah genggam tangan per tanaman. Pupuk tdiak disebarkan ke permukaan. Namun dengan cara membuat lubang pupuk di samping tanaman. 

Pupuk dimasukkan ke lubang pupuk lalu ditutup dengan tanah agar bila terkena hujan tidak mengalir ikut air. Waktu pemberian pupuk di musim hujan setiap 2 minggu sekali. 


Penyiangan Lahan Tanam Timun di Musim Hujan


tanam timun, mentimun, tanaman timun, manfaat timun, jual benih timun, toko pertanian, toko online, lmga agro
Timun Liberty

Penyiangan
merupakan usaha menjaga lahan dari tanaman liar dan gulma. Gulma-gulma harus disiangi untuk mengurangi tingkat persaingan unsur hara tanaman timun dan gulma. Bila gulma dibiarkan tumbuh, unsur hara dalam tanah akan dicuri oleh gulma. Sehingga tanaman timun tidak maksimal menerima asupan nutrisi dan pertumbuhan terganggu. 

Penyiangan di musim hujan lebih mudah dilakukan. Karena tanah lebih lunak dan basah. Gulma dapat diberantas cukup dengan dicabut menggunakan tangan. Jenis gulma di musim hujan juga berbeda dengan di musim kemarau. 

Setelah gulma disiangi, selanjutnya bisa melakukan penggemburan. Manfaat penggemburan tanah adalah untuk menjaga struktur tanah gembur. Akar menjadi mudah menyerap unsur hara dan air. Penggemburan biasanya menggunakan cangkul kecil atau sedang. 

Tanah disekeliling tanaman dicangkul dan ditimbunkan ke tanaman agar lebih tinggi. Selama tanaman timun sering disiram, pastinya tanah yang menutupi tanaman terkikis. Sehingga harus dinaikkan untuk menutup perakaranan. 


Pengendalian Hama dan Penyakit Tanam Timun di Musim Hujan


Tanam timun di musim hujan lebih rentan serangan hama dan penyakit. Lebih seringnya rentan dari serangan jamur atau cendawan. Jamur mudah berkembang di lingkungan yang lembab dan curah hujan tinggi. Jamur bisa merajalela menyerang setiap bagian tanaman timun. 

Tanda awal serangan jamur adalah pangkal batang busuk. Buah juga menjadi lebih mudah busuk sebelum matang. Bunga-bunga juga mudah rontok. Untuk mengurangi kelembaban, gunakan jarak tanam timun agak lebar. Agar penetrasi sinar matahari sampai ke seluruh bagian tanaman. 

Serangan jamur dapat dikendalikan dengan menyemprotkan fungisida yang sesuai. Dosis sesuai anjuran pada kemasan. Pengendalian hama, semprotkan insektisida yang sesuai dan tepat dosisnya.  


Drainase Tanam Timun di Musim Hujan

Pembuatan drainase merupakan bagian terpenting dalam tanam timun di musim hujan. Drainase yaitu daerah resapan air dan harus dalam kondisi yang baik. Drainase berfungsi untuk mengalirnya air terutama air hujan dan dapat mengalir langsung dan menyerap sempurna tanpa menggenang lama. 

Drainase yang buruk bila air hujan menggenang lama dan tidak mengalir keluar. Air hujan mengandung unsur Nitrogen tinggi juga kadar asam tinggi. Akar tanaman timun bila dibiarkan terendam lama dalam air hujan berisiko mudah busuk. Bila sudah busuk, tanaman selanjutnya akan mati. 

Drainase yang baik membantu menjaga kelembaban tanah, pH, suhu dan mampu mencegah kelayuan akibat debit air berlebih. 




Cara Pengolahan Tanah Tanam Timun


tanam timun, mentimun, manfaat timun, jual benih mentimun, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Timun Monas F1
Bintang Asia
Tanam timun
pengolahan tanahnya dapat dilakukan secara organik. Tanah dibajak atau dibalik sampai kedalaman 20 - 30 cm. Bila pH tanah < 6 maka diberikan kapur Dolomit sebanyak 1 - 2 ton/hektar tergantung pH tanah. Campurkan dengan tanah lalu diamkan selama 1 - 2 minggu. 

Setelah tanah diolah sampai gembur, selanjutnya membuat bedengan. Bedengan dibuat dengan lebar 1 meter dan tinggi 20 - 30 cm. Panjang disesuaikan luas lahan. Jarak antar bedengan 30 cm. Pemeliharaan akan lebih efektif bila bedengan dipasang mulsa plastik hitam perak. 

Fungsi mulsa untuk mempertahankan kelembaban tanah. Pertumbuhan tanam timun maksimal bila ditanam di musim kemarau. Hal tersebut karena tanaman timun mendapat penyinaran matahari secara penuh. 

Bedengan yang tertutup mulsa dibuat lubang tanam berdiameter 10 cm. Setiap bedengan dibuat 2 baris lubang tanam. Jarak antar lubang tanam dalam satu baris 40 cm dan jarak antar baris 50 - 60 cm.  

Pemupukan dasar diberikan saat pengolahan tanah. Berikan pupuk kandang dan sebaiknya pupuk campuran kotoran ayam dan kambing atau sapi ( 1 : 1 ). Pupuk kandang ditebarkan dalam bedengan dan diaduk bersama tanah. Atau bisa dengan dimasukkan ke lubang tanam. 

Pupuk kandang di lubang tanam sebanyak 0,5 - 1 kg setiap lubang. Total kebutuhan pupuk kandang sebanyak 20 - 30 ton/hektar. Setelah diberi pupuk biarkan selama 1 - 2 minggu. 

Benih mentimun hibrida bebas penyakit bisa langsung ditanam di lubang tanam. Masukkan benih ke dalam lubang tanam lalu tutup dengan tanah. Siram benih setiap hari namun tidak terlalu banyak air. Setelah 2 hari biasanya benih mulai tumbuh dan muncul tunas. 


Perawatan Tanaman Timun


Tanam timun setelah umur 3 - 4 HST lakukan pengamatan tanaman. Lakukan segera penyulaman bila ada tanaman mati atau benih tidak tumbuh. Ganti dengan benih baru. Selalu bersihkan gulma di area kebun. 

Tanam timun setelah 2 minggu biasanya sudah muncul daun. Pada saat ini, mulai berikan pupuk. Pupuk susulan dapat menggunakan pupuk cair bila musim kemarau. Pupuk cair akan cepat diserap tanaman.  

Lebih baik bila menggunakan pupuk organik cair, yaitu terbuat dari kotoran kambing dan campur dengan air. Kotoran kambing yang sudah matang sebanyak 1 kg dicampur air 1 liter. Lalu campuran didiamkan selama 1 minggu. 

Pupuk cair tadi berikan ke tanaman di setiap lubang tanam. Kebutuhan pupuk cair yaitu 1 liter per meter persegi. 

Pasang lanjaran atau ajir untuk mendapat bentuk buah yang baik. Pemasangan satu lanjaran untuk setiap lubang tanam. Nanti batang diikat erat pada lanjaran. Sehingga lanjaran harus kuat menopang batang tanaman timun. 


Pemangkasan Tanaman Timun


Proses pemangkasan juga ada dalam tanam timun. Pemangkasan dengan cara memangkas cabang sulur dari batangnya. Pemangkasan tanam timun saat tanaman dengan tinggi 30 - 60 cm. Pemangkasan setiap 1 - 2 minggu sekali. 

Bila pemangkasan dilakukan terlalu dini menyebabakan pertumbuhan tanaman timun tidak bagus. Pemangkasan dini juga dapat merusak sulur. Pemangkasan teratur dapat menghemat nutrisi tanaman dan mencegah dari serangan penyakit. 

Buang sulur atau bunga yang rusak saat Anda kontrol tanaman. Agar tanaman tetap sehat dan tumbuh optimal, amati tanaman diantara jadwal pemangkasan rutin. Bila Anda temui bagian berwarna coklat atau layu, segera potong menggunakan gunting.  

Susuri sulur utama tanaman untuk menemukan sulur cabang. Tanaman timun akan tumbuh sulur panjang dan kurus di awal musim berbunga. Sulur kurus tersebut berasal dari batang utama tanaman timun. 

Buanglah 4 - 6 cabang sulur yang tumbuh dari pangkal tanaman timun. Cabang sulur ini adalah batang lateral kecil dan tumbuh dari sulur utama. Petik sulur tersebut menggunakan tangan atau menggunakan gunting. Gunting pada pangkalnya dengan posisi miring 45 derajat. 

Potong buah mentimun rusak dan tidak sehat menggunakan gunting. Juga buah berwarna kecoklatan atau busuk harus dipangkas. Tujuannya agar tidak menularkan ke buah lainnya yang sehat. Potong sampai pada pangkal di batang utama dan kemiringan 45 derajat. 




Merambatkan Sulur Tanaman Timun


tanam timun, mentimun, manfaat timun, jual benih timun, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tali salaran 
Merambatkan sulur tanam timun 
pada lanjaran yang dipasang dekat tanaman saat bunga pertama muncul. Saat bunga pertama muncul, tanaman sudah cukup dewasa untuk mulai dirambatkan. Menggunakan turus atau terali bila penanaman mentimun di kebun sempit. 

Bila sulur dirambatkan terlalu dini menyebabkan batang tidak tumbuh rata. Pengikatan sulur menggunakan tali salaran khusus tanaman. Sulur diikat seiring pertumbuhan tanaan dan biarkan tumbuh pada sulur. 

Tali salaran bisa dibeli di Toko Pertanian LMGA Agro. Tali salaran berikutnya dengan tinggi 10 - 15 cm diatas tali pertama. Turus akan menghemat tempat sekaligus menjaga buah agar tidak menyentuh tanah. Cara ini juga dapat meminimalisasi serangan penyakit. 

Pengikatan sulur mentimun untuk menahan sulur pada turus. Seiring pertumbuhan tanaman timun, sulur akan sering diikat pada turus. Pengikatan pada turus tanaman timun menjaga agar sulur bisa tumbuh vertikal. 

Pangkas cabang lateral yang tumbuh dari sulur utama mentimun diantara tunas bunga. Potong cabang lateral timun menggunakan gunting tajam. 

Tanam timun akan terdapat carang, yaitu sulur hijau bentuk seperti tali melingkar-lingkar. Sulur muda hijau kecil tersebut membantu sulur mengikat diri ke turus dan mendukung tumbuh secara vertikal. 

Carang tumbuh tepat di sebelah cabang. Carang tidak perlu dipangkas karena membantu cabang mengikat diri ke turus.  

Hasil pangkasan pada tanam timun jangan biarkan berserakan di area kebun. Masukkan hasil pemangkasan pada ember sedang/besar agar mudah kita membersihkan kebun. 


Cara Panen Tanaman Timun 


Tanam timun mulai berbunga umur 20 HST dan muncul buah setelah umur 40 HST. Tanam timun panen pertama biasanya setelah umur 75 HST. Mas panen mentimun dilakukan bertahap selama 1 - 1,5 bulan. 

Setelah panen pertama, tidak banyak lagi cabang atau sulur yang dipangkas. Cara panen pada tanam timun dilakukan setiap hari dan bisa dipetik sebanyak 3 - 4 buah mentimun per pohon. Usaha menanam mentimun biasanya menghasilkan panen sebanyak 30 ton/hektar. 

Setelah buah timun dipetik lalu harus diletakkan di tempat sejuk. Mentimun akan cepat kehilangan kandungan airnya bila tidak ditempat sejuk setelah dipetik. Buah mentimun biasanya dikemas dalam tempat bersirkulasi udara. Atau bisa menggunakan karung lalu dibawa ke pasar untuk dijual. 



Menanam Mentimun di Musim Kemarau


Musim kemarau membuat lahan pertanian megalami kekeringan dan menurunkan kualitas hasil sayuran. Termasuk juga dalam tanam timun dan sebagian besar mengalami penurunan terutama di daerah kekringan lama.  

Di wilayah Medan dilaporkan di musim panas, pertumbuhan tanam timun hanya bisa mencapai 70%. Jauh dari kondisi normal sampai mencapai 95%. Untuk mengurangi biaya operasional tanam timun, petani memanfaatkan lahan bekas tanam timun sebelumnya. 

Tanpa membongkar lanjaran dan tidak membuat lanjaran baru. Hanya perlu membersihkan sisa-sisa daun tanam timun sebelumnya dan benih ditanam di parit lanjaran. Cara tanam timun demikian dilakukan petani di dataran rendah. 

Luas lahan 2400 m2 dapat ditanam timun sebanyak 4800 tanaman. Bila kondisi normal, hasil panen menghasilkan 2,5 kg per pohon. Bila menanam timun di musim kemarau, hasil maksimal hanya mencapai 70%. 

Penanaman timun dengan memanfaatkan lahan tanpa pengolahan lahan. Sistem pemupukan menggunakan cara dikocor. Cara pemeliharaan demikian dapat menekan biaya operasional selama menanam timun di musim kemarau. 

Harga mentimun di pasar bisa dijual mencapai Rp. 7000/kg di tingkat pedagang. Petani hanya menjual kisaran Rp. 5000/kg. 


Usaha Menanam Timun di Musim Kemarau


Musim kemarau menjadi tantangan buat Petani untuk mencari alternatif lain memanfaatkan lahan pertaniannya. Selain digunakan untuk menyambung hidup juga memanfaatkan lahan pertaniannya agar tidak menganggur. 

Salah satunya dengan tanam timun. Karena selain waktu tanam hingga panen relatif singkat, biaya operasional tidak tinggi dan hasilnya cukup memuaskan. 

Masa panen tanam timun hanya butuh waktu 1,5 bulan, berbeda dengan menanam padi yang harus menunggu 3 - 4 bulan. Petani tanam timun lebih menyukai benih timun hibrida karena hasil lebih memuaskan.  

Cukup dengan luas lahan setengah hektar, hasil panen dapat melebihi menanam padi. Hal tersebut terjadi karena panen mentimun bisa sampai 25 kali petik dalam satu masa panen. Biasanya petani dalam satu hari menghasilkan 1 ton mentimun. 

Harga mentimun di pasaran minimal Rp. 2000/kg dan kalikan bila memetik sebanyak 25 kali. Tanam timun harus dirambatkan karena untuk mencegah batang mentimun patah saat ada angin kencang. Angin kencang dapat menghambat pertumbuhan buah. Bila dibiarkan, buah akan cacat dan cepat busuk. 

Demikian artikel kami dengan judul : Tanam Timun Berbuah Lebat, Tidak Pahit dan Hasil Panen Memuaskan. Hubungi konta kami di nomer HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan kebutuhan bercocok tanam, produk lengkap, berkualitas terbaik. 

Toko pertanian LMGA Agro jual beragam varietas benih hibrida dan unggul buah dan sayur juga benih mentimun terbaik. Kami juga menyediakan pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian. Kami juga melayani konsultasi pertanian gratis. 

Toko pertanian LMGA Agro mengajak kerjasama online shop sebagai dropship dan reseller pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama mitra Kami yaitu JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dalam usaha tanam timun karena merupakan peluang usaha menjanjikan dan menguntungkan. Tanam timun bisa menjadi alternatif usaha tanaman palawija setelah menanam padi. Salam sukses...






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.