TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

15/02/21

Perbedaan Kubis dan Selada, Benih F1 Summer Autumn 633 KYS

kubis dan selada, benih kubis summer autumn 633, benih known you seed, cara menanam kubis, manfaat kubis dan selada, jual benih kubis, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih F1 Kubis
Summer Autumn 633
Perbedaan Kubis dan Selada, Benih F1 Summer Autumn 633 KYS. HP 082141747141 ( khusus telp ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih kubis berkualitas Summer Autumn 633 dari Known You Seed. 

Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan benih hibrida dan unggul tanaman sayur dan buah terbaik. Juga tersedia pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian lengkap. Kami menerima layanan konsultasi gratis tentang bercocok tanam dan permasalahan di lapangan. 

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan PT Pos Indonesia. Kami mengajak kerja sama menjadi dropship dan reseller pertanian LMGA Agro. 

Perbedaan kubis dan selada, keduanya merupakan sayuran sehat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Perbedaan kubis dan selada sama-sama mengandung gizi lengkap dan berkhasiat mencegah datangnya gangguan kesehatan tubuh. 

Perbedaan kubis dan selada terdapat pada kandungan nutrisinya. Selada lebih banyak kandungan aiarnya. Kubis memiliki vitamin C lebih tinggi. Menanam kubis hibrida Summer Autumn 633 cerp padat dan tidak mudah rusak. 

Perbedaan kubis dan selada, Kami memperkenalkan benih kubis hibrida berkualitas Summer Autumn 633. Benih kubis F1 produk dari Known You Seed. Crop berbentuk gepeng dengan berat 2 - 3 kg.  Crop kubis F1 Summer Autumn 633 padat dan keras serta tidak mudah retak. 

Perbedaan kubis dan selada terlihat sedikit hampir sama atau mirip. Padahal keduanya berbeda. Daun tanaman kubis cenderung lebih keras bagian luar dan lembut di dalam. Perbedaan kubis dan selada pada warna. Warna kubis ungu dan putih, selada cenderung berwarna hijau. 


Perbedaan Kubis dan Selada


Benih kubis hibrida Summer Autumn 633 produk Known You Seed. Warna crop hijau tua dan jenis kubis dengan bentuk crop gepeng. Berat kubis Summer Autumn 633 sekitar 2 - 3 kg. Ukuran crop 15 x 23 cm. 

Crop kubis F1 Summer Autumn 633 padat dan keras. Jenis crop tidak mudah retak dan pembungaan lambat. Tahan pengangkutan dan tidak mudah rusak untuk jarak jauh. Umur panen menanam kubis Summer Autumn 633 mulai semai hingga panen yaitu 95 hari.  

Perbedaan kubis dan selada karena tampak sama, orang menganggapnya mirip. Jenis selada Iceberg mirip kubis. Perbedaan kubis dan selada terletak pada daunnya. Dimana daun kubis cenderung lebih keras bagian luar dan lembut di bagian dalam. 

Daun selada kebanyakan berwarna hijau dan kubis berwarna ungu dan putih. Perbedaan kubis dan selada juga terletak pada kandungan gizi dalam masing-masing sayuran ini. Kubis memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi. 

Kandungan vitamin C kubis ada lebih dari 50% dari kebutuhan harian per porsi. Kubis juga mengandung vitamin B6 dan protein. Dalam sayuran kubis mengandung glutamin dan senyawa aktif lain yang bermanfaat untuk sistem pernapasan dan pencernaan.  

Sayuran kubis merupakan sayur rendah kalori karena dalam 100 gram hanya ada 25 kalori. Kubis juga tinggi serat makanannya dan hampir 2 kali lipat Lettucea. Namun kubis dan lecctucea berasal dari keluarga yang berbeda. 

Sayur kubis biasa dikonsumsi dengan cara direbus, dikukus atau dimakan mentah. Daun tanaman kubis cenderung keras dibagian luar namun semakin crop bagian dalam cenderung lembut. Budidaya kubis di daerah sejuk dan lembab dengan pH netral. 





Sayuran Berdaun, Kubis dan Selada


perbedaan kubis dan selada, benih kubis hibrida, benih selada hibrida, kandungan gizi kubis, nutrisi selada, jual benih kubis, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Kubis Hibrida
Bentuk kubis hampir sama dengan sayur selada jenis Iceberg. Perbedaan kubis dan selada terletak pada kandungan gizi masing-masing. Meski keduanya sama termasuk sayuran dengan daun sebagai bagian yang dikonsumsi. 

Kandungan kalori selada Iceberg lebih sedikit. Dalam 100 gram selada hanya ada 15 kalori dan juga ada kandungan serat dalam selada. Selada Iceberg berbentuk bulat dengan crop dominasi warna putih dan hijau muda. Kandungan air selada Iceberg lebih tinggi. Selada ini termasuk sangat rendah kalori. 

Perbedaan kubis dan selada terletak pada kandungan vitamin C. Sayur selada mengandung vitamin C lebih kecil dari kubis juga tidak banyak memiliki nutrisi sebanyak tanaman kubis. Perbedaan kubis dan selada ada di kandungan air selada yang lebih banyak daripada kubis. 

Perbedaan kubis dan selada terletak pada daun kepala selada cenderung akan semakin keras ke arah tengah. Rasa sayur selada agak netral, renyah dan mudah dikunyah mentah. Sayur selada lebih sering dikonsumsi mentah. 

Budidaya selada harus ditanam di tanah berpasir dan kisaran pH lebih luas. Tanaman sayur selada dapat tumbuh baik di daerah dingin dan lembab. Perbedaan kubis dan selada terletak pada cara mengolahnya, tekstur dan rasa berbeda. 

Perbedaan kubis dan selada bahwa kandungan serat kubis lebih banyak dari selada. Kandunganserat kubis 2 gram lebih banyak dari selada. Kubis memiliki vitamin A, B6, C dan K lebih banyak dari selada. 

Perbedaan kubis dan selada yaitu cara mengkonsumsi kubis biasanya harus dimasak dahulu karena tekstur kubis lebih keras dari sayur selada. Orang lebih menyukai mengkonsumsi selada dengan memakannya mentah sebagai sayur lalapan. 

Perbedaan kubis dan selada bahwa jenis selada lebih banyak jenis dengan berbagai rasa. Untuk dimakan mentah, orang lebih banyak memilih selada.  


Baca Juga : Melon Golden Aroma Buah Besar Andalan Petani


Deskripsi Tanaman Sayuran Hijau Kubis dan Selada


Cara menanam kubis di lingkungan tanah dan lebih menyukai tanah subur dan banyak mengandung bahan organik. Kubis menyukai tanah dengan pH 6,0 hingga 7,5. Akar tanaman kubis mudah mengering sehingga tanah sekitarnya harus selalu lembab agar dapat tumbuh baik. 

Perbedaan kubis dan selada, bila tanaman selada toleran dengan berbagai jenis tanah. Tanaman selada lebih menyukai tanah yang dikeringkan dengan baik, sejuk dan gembur. Tanaman selada menyukai pH tanah 6,2 - 6,8. 

Cara menanam selada juga menginginkan tanah selalu lembab. Hal tersebut karena daun tanaman selada mudah layu bila tidak disiram secara rutin. 

Selada jenis Iceberg dan kubis bentuk sayurnya terlihat serupa karena sama-sama bulat. Perbedaan kubis dan selada juga keduanya ditanam dalam kondisi tanah dengan keasaman berbeda. Nutrisi kandungan gizi berbeda. Dan cara orang mengkonsumsinya juga berbeda.  

Kubis dan selada sama-sama adalah sayuran hijau dengan ciri memiliki banyak daun berlapis-lapis. Meski terlihat mirip namun rasa dan teksturnya berbeda. Kubis lebih keras dengan kandungan air lebih sedikit dibanding selada. 

Kubis hijau sekilas seperti selada Iceberg atau lettucea. Kubis hijau seringnya dimasak dengan cara direbus atau dikukus. Berbeda dengan selada yang dimakan langsung atau mentah.  

Kubis dan selada sayuran bertangkai pendek dan berbeda genusnya. Kubis masuk dalam genus Brassica sedangkan selada genus Lactuca. Budidaya kubis dapat ditanam di daerah dingin. Tanaman selada tumbuh subur di daerah lebih hangat dan di bawah naungan. 


Baca Juga : Cara Menanam Cabe Merah Bibit Hibrida


Benih Kubis Hibrida Summer Autumn 633 


Persiapan Lahan Menanam Kubis Summer Autumn 633

perbedaan kubis dan selada, sayuran kubis, selada iceberg, menanam sayuran, gizi kubis dan selada, jual benih kubis, toko pertanian, toko online, lmga agro
Lahan Menanam Kubis

Sebelum mempersiapkan lahan, tanah digemburkan dulu lalu ditaburkan pupuk kandang di permukaan tanah. Tanah dibuat bedeng-bedeng dan harus benar-benar gembur. Tanah dicangkul bisa dilakukan berulang kali hingga diperoleh bongkahan lebih kecil. 

Banyaknya pupuk kompos atau pupuk kandang yang dipakai adalah 10 ton/ha. Taburkan dipermukaan tanah lalu bolak balik tanah agar tercampur merata. Dua hari sebelum tanam, tanah diolah dan dibumbun. Pembumbunan untuk menutup pupuk kandang di permukaan tanah. 

Benih kubis dapat direndam dalam larutan Fungisida dosis sesuai anjuran. Bisa juga direndam dalam air hangat 55 C selama 30 - 60 menit. 


Persemaian Benih summer Autumn 633

Persemaian benih kubis Summer Autumn 633 produk Known You Seed berupa wadah semai dari daun pisang atau kertas nasi. Bisa juga Anda menggunakan tray semai dalam bentuk baki dengan banyak lubang tanam. Tray semai dapat dibeli di Toko pertanian Online LMGA Agro. 

Media untuk persemaian tanah dan dicampur pupuk kandang benar-benar matang. Tanah diayak dulu hingga halus. Perbandingan 1 : 1. Biarkan tanah dan pupuk dibawah sinar matahari langsung selama 3 - 4 hari. Setelah itu masukkan ke wadah semai. 

Bisa juga benih kubis dikecambahkan dalam tray semai lalu dipindahkan ke polybag kecil atau plastik bening. Lakukan penyiraman setiap hari menggunakan gembor. Usahakan aliran air yang keluratidak terlalu besar dan dapat merobohkan tanaman. 

Tambahkan pupuk Urea pada bibit dosis 0,5 gram/liter air atau 1 sendok teh untuk satu ember air. Lakukan setiap hari pengamatan secara rutin terutama adanya serangan tepung berbulu ( Peronospora parasituca ). Atau adanya hama ulat daun di daun pertama. Bila ada segera petik dan buang daun terinfeksi dari kebun. 


Penanaman Bibit Kubis Summer Autumn 633


Waktu menanam tanaman kubis bisa dilakukan semua musim. Namun menanam di usim kemarau, tanaman kubis lebih banyak hama yang menyerangnya. 

Bibit di tanam di lahan tetap setelah berumur 3 - 4 minggu. Jarak tanam 50 x 60 cm lalu bibit dimasukkan ke dalam lubang tanam yang sudah dibuat sebelumnya. 

Cara menanam kubis dapat Anda tumpasarikan tanaman tomat dengan cara 2 baris tanaman kubis dan 1 baris tanaman tomat. Menanam tomat dilakukan lebih dulu 1 bulan kemudian dilanjutkan menanam kubis. 

Pemupukan menanam kubis F1 Summer Autumn 633 adalah pupuk Urea 200 kg/ha, TSP 250 kg/ha, KCl 200 kg/ha dan ZA 250 kg/ha. Dosis tersebut diberikan saat pemupukan dasar yaitu 1/2 dosis Urea, semua dosis TSP dan KCl.

Pupuk ZA 1/2 dosis untuk pupuk dasar. Sisa dari pupuk Urea dan pupuk ZA diberikan saat tanaman berumur 4 minggu. Tanaman tomat perlu dipasangkan ajir untuk menopang tegaknya tanaman. 

Ajir untuk tanaman tomat ditancapkan seawal mungkin agar tidak mengenai akar tomat. Tinggi ajir yaitu 80 - 100 cm dan ditancapkan di setiap tanaman dekat batangnya. 




Pemeliharaan Tanaman Kubis Summer Autumn 633


1. Awal tanam, umur 0 - 15 HST. Penanaman di lahan tetap dilakukan sore hari untuk menghindari terik matahari setelah pindah tanam. Lakukan penyiraman setiap hari sore hari dan tanaman mati segera disulam dengan bibit baru dan sehat. Bila tampak ada hama, diambil lalu dimatikan langsung ( dipithes ). 

2. Fase munculnya daun umur 15 - 35 HST. Lakukan penyiangan bila tampak gulma di sekitar tanaman. Berikan pupuk susulan umur 28 HST yaitu 1/2 dosis Urea dan 1/2 dosis ZA. Cara pemberian sistem tugal 5 cm dari tanaman. Pengendalian hama dengan melakukan sanitasi kebun dan hama dimatikan langsung. 

3. Fase pembentukan crop kubis umur 35 HST sampai waktu panen. Fase mendekati panen, tanaman rentan serangan hama ulat Crop Kubis dan penyakit. Benih F1 kubis Summer Autum 633 tahn penyakit. Lakukan pengamatan hama dan penyakit selama dua kali seminggu. 

Pengendalian hama dilakukan cara mekanis yaitu hama diambil lalu dimusnahkan jauh dari kebun. Jika populasi hama tinggi dapat dilakukan penyemprotan insektisida yang sesuai organisme pengganggunya. 

Crop kubis siap panen ditandai bila crop sudah keras dan daunnya berwarna hijau mengkilap. Bila kulit paling luar tampak layu berarti kubis siap dipanen. 

Pemanenan menggunakan pisau tajam dan bersih. Potong kubis pada bagian pangkal batangnya. Pemetikan terlebih dahulu pilih kubis yang sehat seluruhnya lalu kubis sakit atau terdapat kerusakan karena patogen. 


Pemeliharaan Kubis Summer Autumn 633 dari Hama dan Penyakit


Hama tanaman kubis : 

1. Ulat Daun memakan bagian bawah daun hingga tersisa epidermis bagian atas. Ukuran ulat daun 5 mm berwarna hijau. Pengendalian : ulat diambil langsung dari kubis lalu ulat dimatikan/dipencet. Bila ditemukan ada 5 ekor ulat per 10 tanaman segera lakukan pengendalian kimia. 

2. Ulat Grayak ( Spodoptera litura ) menyerang kubis. Pengendalian sama dengan ulat daun. 

3. Ulat Crop Kubis seriangnya menyerang titik tumbuh tanaman. Ulat crop kubis kecil berwarna hijau namun lebih besar dari ulat daun. Gerakannya lambat, telurnya diletakkan berkelompok. Pengendalian sama dengan ulat daun. 

4. Ulat tanah berwarna hitam. Tanda serangannya yaitu crop kubis terpotong saat masih kecil. Pengendaliannya dengan membingkar tanah secara hati-hati disekitar tanaman yang terserang ulat tanah. Bila serangan parah, gunakan karbofuran, furadan atau curater dicampur dedak.


Penyakit Tanaman Kubis


1. Akar Gada atau akar bengkak membuat tanaman menjadi layu seperti kekurangan air. Tapi bila malam dan pagi hari tanaman tampak segar. Tanaman menjadi kerdil dan tidak mampu membentuk bunga. Akarnya bengkak dan terdapat bercak hitam. 

2. Penyakit busuk lunak berair membuat pertumbuhan kubis melambat, tanaman membusuk lalu mati. Bila batang terserang, daun menjadi kuning, layu dan rontok. Bila menyerang daun, daun akan membusuk dan berlendir. Ada rumbai-rumbai cendawan berwarna putih dan lama-lama akan menghitam.   

3. Rebah Kecambah atau dumping off menyebabkan pangkal batang terdapat bercak kebasahan, pangkal batang busuk hingga batang mudah rebah dan mudah putus. 

Cara pengendalian penyakit tanaman kubis lebih intensif dalam pemeliharaan tanaman. Perlakuan benih sebelum benih disemaikan seperti benih direndan air hangat. Pemakaian Dolomit bila pH tanah rendah. Tanaman sakit harus segera dicabut lalu dibakar di tempat jauh. 

Pergiliran tanaman dengan jenis tanaman berbeda familinya. Pemakaian benih berkualitas dan diperoleh dari toko pertanian terpercaya. Kubis Summer Autumn 633 merupakan benih kubis hibrida produk terpercaya Known You Seed. 

Demikian artikel Kami judul : Perbedaan Kubis dan Selada, Benih F1 Summer Autumn 633 KYS. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih berkualitas kubis Summer Autumn 633. 

Kami juga menyediakan pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian lengkap. Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian dan membantu menyelesaikan permasalahan Anda. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan tentang perbedaan kubis dan selada. Manfaat sayuran kubis dan selada sama penting namun perbedaan kubis dan selada nutrisi gizinya berbeda. Salam sukses...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.