TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

03/03/22

Jual Benih Rawit Panah Merah Harga Bibit Cabe Dewata 43 F1 Murah

jual benih cabe, cabe rawit, dewata 43, cap panah merah, cabai, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Panah Merah

Jual Benih Rawit Panah Merah Harga Bibit Cabe Dewata 43 F1 Murah. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko Pertanian LMGA Agro jual harga bibit cabe Dewata 43 F1 Panah Merah.

Dapatkan harga murah benih Dewata 43 F1 cabe rawit cap Panah Merah. Toko pertanian LMGA Agro lengkap dan barang berkualitas mulai dari benih hibrida dan unggul, pupuk, pestisida hingga alat pertanian. 

Produk pertanian lengkap harga diskon dan promo menarik hanya di Toko Pertanian LMGA Agro. Kami juga menerima layanan konsultasi gratis siap membantu Anda seputar permasalahan bercocok tanam.

Toko pertanian LMGA Agro siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Pengiriman barang oleh jasa ekspedisi JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami mengajak untuk menjadi dropship dan reseller. 

Harga bibit cabe Dewata 43 F1 murah untuk rekomendasi penanaman pada dataran rendah sampai menengah. Umur panen cabe Dewata F1 pertama pemetikan umur 70 HST.  

Harga bibit cabe Dewata 43 F1 murah benih terbaik cap Panah Merah. Benih hibrida tahan penyakit layu dan daya adaptasi tinggi. Umur panen 70 HST dan hasil panen 600 gram satu pohon. 

Harga bibit cabe Dewata 43 F1 murah berpotensi hasil hingga 14 ton/ha atau kisaran panen sebanyak 600 gram per pohon cabe. Warna buah saat muda putih kekuningan dan berubah merah saat tua. 

Ukuran buah cabe rawit benih Dewata 43 F1 cap Panah Merah yaitu 4,6 - 5 cm dengan diameter 0,8 cm. Banyak buah cabe sekitar 400 buah per tanaman. 

Pohon cabe rawit deawat 43 F1 mencapai sampai 1 meter dan buahnya menghadap ke atas. Harga bibit cabe Dewata 43 F1 terbaik tahan dari serangan penyakit layu.


Cabe Rawit Benih Dewata 43 F1 Cap Panah Merah  


Cabe rawit Dewata F1 cap Panah Merah cocok untuk penanaman dataran rendah sampai menengah. Masa panen benih Dewata F1 mulai umur 70 HST. 

Harga bibit cabe Dewata 43 F1 murah memiliki potensi hasil tinggi sekitar 600 gram per tanaman. Dengan hasil buah sebanyak 400 cabe per pohon. 

Dewata 43 F1 jenis cabe rawit dengan buah menghadap ke atas. Saat muda cabe berwarna putih kekuningan dan berubah merah saat tua. 

Cabe rawit Dewata 43 F1 berukuran panjang 4,6 - 5 cm dan berdiameter 0,8 cm. Tinggi tanaman sampai 1 meter dan tahan dari serangan penyakit layu bakteri dan layu fusarium.   

Bobot buah sekitar 2 - 4 gram per buah. Pertumbuhan pohon cabe Dewata 43 F1 menyemak. Panen cabe rawit Dewata 43 F1 yaitu dalam tiga tingkat kematangan yang ditandai dengan perbedaan warna. 

Panen cabe rawit Dewata 43 F1 pertama yitu berwarna kuning ( masih muda ), oranye ( setengah matang dan warna merah cerah ( matang ). Potensi hasil menguntungkan sejak panen masih muda. 

Budidaya cabe rawit Dewata F1 hasil maksimal maka hindarkan tanaman dari daerah yang mengalami endemi layu bakteri. Harga bibit cabe Dewata 43 F1 tahan layu. 

Tanaman cabe rawit tergolong tanaman semusim dan masuk dalam kelompok famili Solanaceae ( terung-terungan ). Cabe rawit salah satu komoditas sayuran paling banyak dibutuhkan masyarakat setiap harinya. 

Nama ilmiah cabe rawit yaitu Capsicum frutescens L. Sistem perakarannya merupakan jenis akar serabut. Warna batang hijau tua saat produktif dan berubah coklat ketika sudah tua. 


Baca Juga : Melon tahan Virus STR 11 Sejahtera Seed


Tanaman Cabai Menyukai Tanah Gembur


jual benih cabe, cabe rawit, dewata 43, cap panah merah, cabai, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tanaman cabai 
Tanaman cabai memiliki daun berwarna hijau muda. Panjang daun 3 - 11 cm dan lebar daun dari 1 - 5 cm. Tinggi rata-rata 80 - 100 cm dengan panjang batang 20 cm. 

Bentuk percabangannya acak. Diameter bunga berkisar antara 5 - 20 mm dan tergolong bunga sempurna. Ukuran buah tanaman cabai rawit 1 - 2 cm dan berwarna hijau saat muda. 

Kemudian berubah merah saat sudah tua dan siap untuk dipetik. Syarat tumbuh tanaman cabai harus tepat agar tumbuh baik dan hasil panennya optimal. 

Harga bibit cabe Dewata 43 F1 murah membutuhkan tipe tanah yang gembur dan remah. Tidak menyukai tanah yang padat dan tidak memiliki rongga.Tanah padat air sulit menembus dan air akan menggenang.

Tanaman cabai tidak menyukai air menggenang. Akar tanaman akan kesulitan bergerak secara luas. Tidak menyukai jenis tanah liat, tanah berkaolin dan berbatu. 

Harga bibit cabe Dewata 43 F1 murah menyukai tanah bertekstur agak berat seperti lempung berliat. Tanaman dapat tumbuh mulai ketinggian tempat 0 - 2000 m dpl. 

Namun terdapat perbedaannya, yaitu berbeda pada umur panennya. Tanaman cabai rawit pada dataran tinggi, umur panen lebih lama dibandingkan cabai di dataran rendah. 

Ketinggian optimumnya adalah 0 - 1000 m dpl dan beradaptasi baik pada suhu 24 - 27 derajat Celcius. Kelembaban ideal tidak terlalu tinggi. Curah hujan optimum cabai yakni 1000 - 3000 mm/tahun. 

Tingkat keasaman tanah ( pH ) berkisar antara 5,5 - 6,5. Apabila tanah untuk menanam cabai < 5,5 maka tambahkan Dolomit untuk menetralkan pH.

Tanah dengan pH rendah tidak menyediakan unsur P dan K. Tanah pH rendah juga mengakibatkan penyakit mudah muncul. Seperti berkembangnya jamur Fusarium sp. 

Tanaman cabai menyukai sinar matahari normal seperti tanaman pada umumnya. Tanaman membutuhkan pencahayaan pagi hari sampai sore haru. Ketersediaan air juga penting. 


Baca Juga : Pengaturan Jarak Tanam Bagi Pertumbuhan


Harga Bibit Cabe Dewata 43 F1 Tahan Penyakit Layu


jual benih cabe, cabe rawit, dewata 43, cap panah merah, cabai, toko pertanian, toko online, lmga agro
Menerima Konsultasi Gratis Pertanian

Harga bibit cabe Dewata 43 F1 murah dan tahan penyakit layu dan biasanya sering disebut layu Fusarium. Penyakit ini serius dan membuat khawatir Petani karena menyebabkan tanaman mati. 

Penyebab layu Fusarium yaitu cendawan Fusarium oxysporum. Penyakit layu Fusarium sangat cepat menyebar dari tanaman satu ke tanaman lainnya. Terutama saat cuaca hujan dan pH tanah turun. 

Tanaman akan rusak, layu dan cepat mati. Penyakit menyerang bisa kapan saja baik musim kemarau maupun hujan. Namun paling berat saat musim hujan karena jamur mudah berkembang saat musim hujan. 

Tingkat kelembaban tinggi, adanya genangan air hujan dan pH rendah. Penyebaran cendawan melalui air, angin, alat pertanian dan manusia. 

Jamur Fusarium mulai dari proses pembibitan, masa pertumbuhan sampai mulai muncul buah. Gejala tanaman kena infeksi jamur yaitu bagian leher batang bawah dekat tanah tampak membusuk. 

Selanjutnya infeksi akan menjalar ke akar dan menimbulkan busuk basah. Bila kelembaban sedang tinggi maka leher batang berubah warna menjadi putih keabu-abuan akibat ada massa sporanya. 

Infeksi jamur merambat ke ranting tanaman sehingga menyebabkan daun tanaman layu kemudian tanaman mati. Penyakit layu menyerang tanaman pada saat muda dan dewasa. 

Tanaman akan layu pada pukul 10 pagi sampai 2 siang. Tanaman akan segar kembali di sore hari dan pagi. Saat matahari bersinar, daun layu sehingga fotosintesis tidak maksimal. 

Tanaman akan mati dalam 7 - 10 hari berbeda dengan serangan layu bakteri yang lebih cepat yaitu 2 - 3 hari saja. Jamur Fusarium dapat bertahan dalam tanah jangka waktu lama. 

Sehingga ancaman penyakit layu Fusarium berasal dari tanah dan benih cabai yang digunakan. Pengolahan tanah optimal dan pemberian bakteri baik penghilang jamur patogen dapat membantu. 


Baca Juga : Pupuk Magnesium Sulfat Cap Pak Tani Meningkatkan Hasil Panen


Layu Fusarium Pada Cabai


Meski penyakit layu fusarium membahayakan bagi tanaman, namun banyak cara mengatasi atau paling tidak menekan besar kerusakannya. 

Salah satunya dengan menggunakan benih bebas penyakit layu. Harga bibit cabe Deawata 43 F1 terbaik bebas penyakit. Populasi jamur Fusarium dapat dicegah perkembangannya. 

1. Cabut Tanaman 

Cabut tanaman sakit dengan gejala serangan layu fusarium. Cabut dan musnahkan tanaman dengan cara membakarnya. Buang juga bekas tanahnya lalu semprotkan fungisida berbahan aktif klorotalonil. 

2. Aplikasi Jamur Trichoderma

Trichoderma merupakan jamur baik dan mampu melawan jamur patogen. Trichoderma disebut juga fungisida alami. 

Caranya : campur Trichoderma dalam pupuk kandang untuk pupuk dasar. Taburkan ke permukaan bedengan atau campurkan air untuk dikocorkan saat pemupukan susulan. 

3. Rotasi Tanaman

Rotasi atau pergiliran tanaman dengan tanaman yang tahan layu Fusarium untu mengendalikan populasi dan perkembangan jamur. Layu Fusarium sering menyerang tanaman tomat, semangka, melon dan kubis. 

4. Pemupukan 

Berikan pupuk tepat dan seimbang sesuai kebutuhan tanaman. Pupuk Urea terlalu banyak menyebabkan tanaman menjadi sukulen dan lebih mudah terkena inefeksi layu fusarium. 

Harga bibit cabe Dewata 43 F1 murah benih terbaik cap Panah Merah dengan daya tumbuh minimum 85%. Benih dapat Anda tanam baik di dataran rendah, menengah sampai tinggi. 

Harga bibit cabe Dewata 43 F1 potensi hasil mencapai 10 - 12 ton/ha. Semailah benih dalam polybag kecil atau tray semai. Media dari campuran tanah dan pupuk kandang. 

Persemain benih Dewata 43 F1 selama 1 bulan dan sudah ada 3 - 4 helai daun. 


Budidaya Cabe Rawit


Persiapan Persemaian Benih

jual benih cabe, cabe rawit, dewata 43, cap panah merah, cabai, toko pertanian, toko online, lmga agro
Bedengan dengan Mulsa
Plastik Hitam Perak

Persemaian cabe bila di bedengan menggunakan media pupuk organik, tanah dan pasir 1 : 1 : 1. Bila dalam polybag ukuran 3 - 5 cm. 

Media sama dengan di bedengan lalu diisikan ke polybag sampai penuh. Pelaksanaan menyemai benih : rendam benih dalam air hangat dan diamkan selama 12 jam untuk mempercepat perkecambahan.

Siapkan media tanam 1 minggu sebelum penyemaian. Sebarkan benih sepanjang bedengan, jarak antara larikan 3 - 6 cm lalu tutup dengan tanah tipis-tipis. 

Lakukan pengamatan, penyiraman dan pengendalian OPT selama persemaian. Setelah terbentuk 2 - 3 helai daun sempurna dan umur 14 - 16 hari setelah semai, pindahkan ke polybag. 

Pindahkan benih ke lahan tetap setelah umur 20 - 25 dan jumlah daun sebanyak 5 daun sempurna. Penanaman bibit pada pagi dan sore pada bedengan yang telah disiapkan. 

Benih semai pada polybag tanam ke lahan setelah ada 5 helai daun sempurna dan pertumbuhan seragam.

Pengolahan Lahan

Bersihakan lahan dari sisa tanaman dan gulma. Lakukan penggemburan dengan cara mencangkul sampai kedalaman 25 - 30 cm dan ratakan permukaan tanah. 

Buat guludan mengikuti arah utara selatan. Lebar 1 - 1,25 mteter, tinggi 30 cm dan jarak antar bedengan 50 cm. Panjang sesuai kondisi lahan. 

Lakukan pengapuran menggunakan Dolomit sebanyak 1,5 ton/ha atau sesuai rekomendasi kondisi lahan. Pengapuran bersamaan pengolahan tanah bila pH tanah rendah minimal 3 - 4 tahun sekali. 

Berikan pupuk dasar menggunakan pupuk kandang matang 2 minggu sebelum tanam. Pemberian pupuk anorganik 7 - 10 hari sebelum tanam. 

Pasang mulsa dengan bagian wana perak menghadap ke atas dan warna hitam menghadap ke bawah. Tarik ujung mulsa dan kaitkan menggunakan pasak penjepit pada tepi mulsa agar tidak mudah lepas.

Setelah mulsa terpasang, lanjutkan membuat lubang tanam menggunakan alat pelubang mulsa. Alat dapat Anda beli di Toko Pertanian LMGA Agro. 

Lubang tanam menggunakan sistem zig zag atau menggunakan 2 barisan berhadapan. Jarak tanam 50 x 70 cm pada musim hujan dan 40 x 50 cm musim kemarau. 


Baca Juga : Tanam Cabe Merah Keriting Sios Tavi Benih F1 Bisi


Penanaman

jual benih cabe, cabe rawit, dewata 43, cap panah merah, cabai, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tray Semai Benih Cabai

Penanaman pada pagi atau sore hari agar bibit tidak layu karena kena cahaya matahari berlebihan. Periksa kondisi bibit dan pilih bibit yang sehat. 

Batang bibit harus tegak lurus, perakarannya banyak dan tumbuh normal. Masukkan bibit pada lubang tanam dan sampai sebatas leher akar. 

Padatkan tanah sekitarnya agar bibit dapat berdiri kuat. Lakukan penyiraman setelah selesai menanam. 

Prosedur penyiraman sesuai kebutuhan tanaman dan siramkan air pada pangkal batang tanaman. Gunakan alat gayung untuk menyiram. 

Pemberian air sistem di-leb sesuai kebutuhan dan biasanya setiap 1 minggu sekali untuk budidaya cabe rawit musim kemarau. 

Saat sering turun hujan, periksa kondisi saluran drainasenya. Usahakan air selalu berjalan lancar agar akar tidak tergenang air. 

Pemupukan sesuai kebutuhan tanaman dan dosis sesuai rekomendasi setempat. Jenis pupuk menggunakan Urea, ZA, TSP, KCl dan pupuk mikro. 

Aplikasi pemupukan cabe pada umur 15, 28, 42 hari setelah tanam untuk benih hibrida. Untuk benih non hibrida atau lokal, pemupukan dilanjutkan sampai umur 60 dan 80 hari setelah tanam.

Pupuk NPK menggunakan sistem kocor sebanyak 2 kg per 200 liter air. Kocorkan ke tanaman sebanyak 200 ml setiap tanaman. Pupuk setelah bunga muncul, berikan KNO3 sebanyak 1 kg per 100 liter air. 

Pemasangan Ajir

Ajir dari bambu/kayu 4 x 100 cm. Tancapkan ajir saat tanaman masih muda dan dari jarak 10 cm ke tanaman sedalam 15 - 20 cm. 

Posisi ajir miring keluar atau tegak lurus dan atur sedemikian rupa sehingga dapat menopang tanaman. Ikat tanaman ke ajir menggunakan tali salaran setelah tanaman umur 30 -40 hari setelah tanam. 

Atau saat sudah muncul cabang pertama. Perempelan tanaman cabai pada pagi hari. Perempelan pada ketiak daun saat tanaman umur 10 - 12 hari setelah tanam.


Panen Cabe Rawit


Hentikan penyemprotan pestisida 2 minggu sebelum panen. Harga bibit cabe Dewata F1 panen umur 70 - 90 HST dan umur 100 - 110 HST unuk cabe non-hibrida. 

Buah cabe telah masak dengan tingkat kematangan 80%. Pemetikan setiap interval 3 - 7 hari. Cara panen yaitu memetik dan sertakan tangkai buahnya. 

Letakkan hasil panen pada keranjang atau ember dan bawa ke tempat sejuk. Lakukan sortasi buah yang rusak dan singkirkan agar tidak menularkan ke buah lainnya. 

Keringanginkan hasil panen untuk mencegah pembusukan. Hasil panen dapat langsung dijual ke pasar sayuran atau dibawa ke penampungan. 

Demikian artikel Kami judul : Jual Benih Rawit Panah Merah Harga Bibit Cabe Dewata 43 F1 Murah. Hubungi kontak Kami di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). 

Harga bibit cabe Dewata 43 F1 murah terbaik terdekat harga terbaru di Toko pertanian LMGA Agro. Dapatkan produk pertanian seperti pupuk, pestisida, ZPT hingga alat pertanian berkualitas. 

Kami melayani konsultasi gratis seputar permasalahan bercocok tanam. Kami siap kirim pesanan Anda bersama JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Dapatkan harga promo menarik dan diskon produk pertanian di Toko Pertanian LMGA Agro. Salam sukses....


RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.