TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

22/08/22

Jual Benih Terbaik Bibit Cabe Rawit Hijau yang Bagus Berkualitas

jual benih, cabai, cabe rawit, nara, pelita 8, panah merah, manfaat cabai, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Bara

Jual Benih Terbaik Bibit Cabe Rawit Hijau yang Bagus Berkualitas. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian LMGA Agro jual benih berkualitas bibit cabe rawit hijau yang bagus. 

Bibit cabe rawit hijau yang bagus dari benih berkualitas harga murah dan lengkap Toko pertanian LMGA Agro. Supplier produk pertanian untuk bercocok tanam dengang promo menarik harga grosir.

Beli sekarang produk pertanian lengkap terbaik. Menyediakan berbagai benih hibrida dan unggulan tanaman sayur, buah dan pangan. 

Toko pertanian LMGA Agro juga menyediakan berbagai pupuk berkualitas, pestisida, ZPT hingga alat sarana prasarana. Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian. 

Bibit cabe rawit hijau yang bagus benih berkualitas tahan penyakit. Benih Bara cabe rawit cap Panah Merah layak sebagai bibit cabe rawit hijau yang bagus. 

Jual benih cabe rawit berkualitas Pelita 8 sebagai bibit cabe rawit hijau yang bagus. Benih terbaik cap Panah Merah tahan penyakit virus dan layu. 

Bibit cabe rawit hijau yang bagus benih berkualitas cap Panah Merah. Benih cabe rawit Panah Merah cocok untuk dataran rendah hingga tinggi. Umur panen cepat dengan panen berkali-kali sampai umur 2 tahun lebih. 

Budidaya cabe rawit benih berkualitas cocok untuk dataran rendah hingga dataran tinggi. Cabe rawit hijau saat masih muda dan akan berubah menjadi warna merah mengkilap saat tua. 

Umur panen cabe rawit mulai 90 HST dan dapat panen berkai-kali hingga tidak cabe rawit habis. Meski masih muda dan belum matang namun penggemar cabe rawit hijau cukup banyak. 

Cabe rawit hijau nikmat bersama dengan makanan gorengan seperti bakwan sayur. Sambal menggunakan cabe rawit hijau juga cukup pedas dan sensasi warna hijau sangat eksotik. 

Cabai Rawit Si Kecil Paling Pedas


jual benih, cabai, cabe rawit, nara, pelita 8, panah merah, manfaat cabai, toko pertanian, toko online, lmga agro
Cabai Rawit Kecil yang Pedas

Cabe atau cabai rawit merupakan tanaman dengan buah cabai hasil panennya dan dapat Petani petik setelah sudah tua. Cabai anggota genus Capsicum yang buahnya tumbuh menjulang menghadap atas. 

Warna buah cabai rawit kecil berwana hijau saat muda dan jika telah tua atau sudah matang berubah warna merah tua. 

Bila buah cabe Anda tekan, akan terasa keras karena buah berisi biji yang sangat banyak. Cabai kecil atau rawit ini mempunyai nama ilmiah Capsicum frutescens. 

Tingkat kepedasan cabai rawit menurut skala Scoville yaitu sebesar 80.000 - 100.000 SHU yang berarti kategori sangat pedas. 

Tanaman cabe rawit berasal dari Benua Amerika yaitu pada wilayah beriklim tropis yaitu Amerika Selatan.

Cabe rawit merupakan sayuran buah dan sangat penting keberadaannya untuk Indonesia. Segala lapisan masyarakat pada kota dan desa sangat membutuhkan cabai sebagai kebutuhan memasak setiap hari.

Kebutuhan cabe rawit juga tinggi untuk industri makanan seperti saos sambal dan bumbu mie instan. 

Petani menyukai menanam cabe rawit dengan segala tantangan dan hambatannya terutama dalam hal serangan hama dan penyakit hingga harga cabe. 

Namun tetap banyak petani menanam cabe rawit karena untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terutama bila kondisi cuaca sedang tidak menentu. 

Harga cabe rawit pasti akan tinggi bila ketersediaan untuk pasar sedikit dan ini menjadi momentum Patni mengeruk keuntungan sebanyak-banyaknya. 

Tanaman cabai tidak memerlukan syarat tumbuh yang spesifik dan secara umum dapat tumbuh mulai dataran rendah hingga tinggi. 

Banyak juga orang menanam cabe rawit pada rumah dan halaman sempit guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Cara menanam cabe sendiri pada rumah juga sebagai upaya bila harga cabe tinggi. 

Baca Juga : Berkebun Buah dan Sayur di Pekarangan

Bibit Cabe Rawit Hijau yang Bagus

Toko pertanian LMGA Agro jual benih untuk bibit cabe rawit hijau yang bagus. Rekomendasi benih terbaik bibit cabe rawit hijau yang bagus yaitu merk cap Panah Merah. 

Benih Cabe Rawit Bara Cap Panah Merah

Benih rekomendasi penanaman untuk dataran rendah sampai dataran tinggi. Benih cabe rawit Bara tahan penyakit Cucumber Mozaic Virus ( CMV ) yaitu penyakit mosaik oleh hama Aphid. 

Benih cabe Bara  tahan penyakit layu bakteri. Umur panen mulai 90 - 105 HST. Bobot cabe rawit 1 - 2 gram per buah. Potensi hasil sebanyak 9 - 10 ton/hektar. 

Bibit cabe rawit hijau yang bagus benih Bara adalah cabe rawit tipe lokal non hibrida. Benih Bara cabe rawit cocok untuk dataran rendah sampai tinggi. 

Tanaman tipe tegak dan memiliki potensi hasil 0,4 - 0,6 kg per tanaman. Setiap tanaman menghasilkan 500 - 600buah cabai dengan rerata panjangnya 3 - 4 cm. 

Diameter buah cabe Bara yaitu 0,5 - 0,6 cm. Umur panen cabe Bara bervariasi dengan rerata umur 90 - 105 HST. Bibit cabe rawit hiau yang bagus Bara tahan medium dari serangan penyakit layu bekteri. 

Benih Cabe Rawit Pelita 8 cap Panah Merah

jual benih, cabai, cabe rawit, nara, pelita 8, panah merah, manfaat cabai, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Pelita 8

Benih bibit cabe rawit hijau yang bagus cocok untuk penanaman dataran rendah hingga tinggi. Benih tahan penyakit virus dan layu bakteri. 

Umur panen benih Pelita 8 cabe rawit hibrida produk PT East West Seed Indonesia ( EWINDO ) yaitu panen mulai umur 75 - 85 HST. 

Bobot cabe 2 - 4 gram per buahnya dengan potensi hasil sebanyak 10 - 12 ton/hektar. Benih Pelita F1 cabe hibrida cocok untuk dataran rendah sampai tinggi. 

Tanaman cabai tumbuh semi-tegak memayung dan buah lebat. Umur panennya genjah dengan warna cabe rawit hijau yang mengkilap saat muda. 

Ukuran cabe agak besar dari jenis cabe lainnya. Rasa cabe rawit Pelita 8 sangat pedas dan tahan penyakit virus dan bakteri layu. 

Produksi hasil panen cabe rawit Pelita 8 lebih banyak 1,5 kali dari cabe rawit Bara. Produksi panen per tanaman sebanyak 0,5 - 0,6 kg/tanaman. Potensi hasil panen per hektar yaitu 12 - 14 ton/hektar. 

Baca Juga : Benih Cabe Cap Panah Merah Dewata F1 Kualitas dan Hasil Teruji

Manfaat Cabe Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Manfaat Cabe Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Sering mengkonsumsi cabai secara teratur dapat menurunkan resiko kematian akibat penyakit jantung. Efek memakan cabai yaitu efek panas dari senyawa bernama capsaicin. 

Peran capsaicin membantu meredamkan peradangan dan proses berbahaya lain yeng terlibat dalam menumpuknya plak lemak pada arteri. 

Manfaat Cabai Membantu Menurunkan Gula Darah

Rutin mengkonsumsi cabai membantu menurunkan detak jantung dan mengurangi kebutuhan jumlah insulin untuk mengontrol gula darah. 

Manfaat cabai lebih terasa bagi penderita diabetes berkaitan dengan gaya hidup. Makan cabai bermanfaat untuk mengendalikan gula darah sekaligus dapat mengurangi resiko kardiovaskular. 

Manfaat Cabai Mampu Membunuh Sel Kanker

Cabe memiliki kandungan capsaicin terbukti mampu menekan penyakit tumor. Capsaicin berpotensi menekan pertumbuhan sel karsinoma prostat manusia secara invitro dan in vivo. 

Studi lain menunjukkan capsaicin mampu menghambat pertumbuhan sel kanker prostat dan membiarkan sel-sel sehat tidak terluka. 

Manfaat Cabai Menghilangkan Rasa Sakit

Sebagai penghilang rasa sakit merupakan efek pelepasan dari endorfin saat Anda mengkonsumsi cabai. Beberapa penyakit dapat reda oleh endorfin yaitu herpes, diabetes dan kejang otot bahu. 

Capsaicin dalam cabe akan bekerja sama dengan reseptor rasa sakit sehingga akan muncul sensasi rasa panas. Selanjutnya ujung saraf akan terhenti mengirimkan sinyal sensasi rasa sakit. 

Manfaat Cabai Melegakan Hidung Tersumbat

Hal ini yang berperan yaitu capsaicin mampu membuka saluran hidung dan membuat lendir mengalir. Rasa pedas cabai membantu meredakan neyeri sinus dan mengurangi peradangan. 

Capsaicin cabai juga dapat melepaskan lendir yang tersumbat. 

Efek samping cabai yaitu terjadi karena capsaicin penyebab sensasi terbakar yang hebat. Kandungan gizi ini bertanggung jawab mengikat reseptor rasa sakit. 

Akibatnya bila berlebihan, cabai menyebabkan rasa mulas pada perut, gangguan pencernaan hingga masalah kulit. Penderita masalah pencernaan jangan makan cabai berlebihan. 

Efek sampingnya menyebabkan gangguan usus dengan gejala sakit perut, sensasi terbakar pada usus dan kram.  

Tanaman Cabe Berbuah Lebat

jual benih, cabai, cabe rawit, nara, pelita 8, panah merah, manfaat cabai, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tanaman Cabe Buah Lebat

Tanaman cabe pada dataran rendah dapat panen mulai umur 70 - 75 HST. Sedangkan tanaman cabe pada dataran tinggi masa panennya lebih lambat yaitu panen 4 - 5 bulan setelah tanam. 

Agar berbuah lebat, pupuk cabe menggunakan pupuk NPK 15-15-15. Karena pengaruh pupuk NPK dapat merangsang pertumbuhan daun dan buah tanaman cabe rawit. 

Namun bila tidak ada pupuk NPK 15-15-15 dapat Anda ganti menggunakan NPK 16-16-16. 

Tanaman cabe memiliki batang yang keras dan berkayu berwarna hijau gelap. Batang cabai berbentuk bulat, halus dan bercabang banyak. Cabang cabai beruas-ruas. 

Bibit cabe rawit hijau yang bagus memiliki daun cabai berbentuk bulat telur dan ujung runcing. Tepi daun rata dan termasuk golongan daun tunggal.

Buah cabai bibit cabe rawit hijau yang bagus berbentuk bulat pipih. Biji berwarna putih kekuningan dan tersusun berkelompok. Biji melekat pada empulur. 

Akar tanaman cabe berupa akar tunggang dan tumbuh lurus ke dalam pusat bumi. Terdapat juga akar serabut yang menyebar ke samping. 

Cabe rawit merupakan tanaman berumur panjang dan menahun hingga dapat tumbuh 2 - 3 tahun tergantung kesuburan tanaman. 

Tanaman cabe dapat tumbuh baik mulai ketinggian tempat 0 - 500 m dpl. Cabai menyukai tanah gembur dan mengandung bahan organik tinggi. 

Tanah ideal dengan pH 6 - 7 dan suhu udara antara 18 - 32 derajat Celcius. Kelembaban udara kebutuhan tanaman cabe yaitu 60 - 80%. 

Kelembaban udara terlalu tinggi menyebabkan pemanfaatan unsur hara tidak seimbang. Yaitu unsur P mudah penyeraannya namun unsur N sulit penyerapannya oleh akar tanaman. 

Baca Juga : Cara Menanam Cabe Bhaskara F1 Hasil Panen 15 ton

Pohon Cabe Bibit yang Bagus Berkualitas

jual benih, cabai, cabe rawit, nara, pelita 8, panah merah, manfaat cabai, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pohon Cabe 

Pohon cabe menghendaki intensitas curah hujan sekitar 100 - 1200 mm/tahun. Bila curah hujan sedang tinggi, pohon cabe akan menghadapi berbagai permasalahan seperti serangan penyakit akan lebih tinggi. 

Penyakit cabe rawit saat musim hujan tinggi antara lain serangan cendawan dan bakteri. Yaitu penyakit bercak daun ( antraknosa ) dan penyakit layu. 

Tanaman cabe rawit membutuhkan cahaya matahari cukup sebagai sumber energi fotosintesis. Hasil maksimal fotosintesis akan baik untuk pertumbuhan vegetatif dan generatif cabe rawit. 

Namun bila cahaya matahari terlalu terik menyebabkan daun cabe rawit menjadi klorosis. Faktor lingkungan yang tepat akan membuat daun segar dan pertumbuhan tanaman optimal. 

Faktor air, cahaya dan oksigen menjadi faktor penting kebutuhan bibit cabe rawit hijau yang bagus. Laju perkecambahan bibit cabe rawit hijau yang bagus menjadi maksimal. 

Kecepatan perkecambahan benih cabai juga maksimal. Pemberian pupuk mempengaruhi masa pertumbuhan tanaman. 

Unsur Nitrogen pada pupuk dapat merangsang pertumbuhan bibit cabe rawit hijau yang bagus secara keseluruhan. Terutama pertumbuhan batang, cabang dan daun bibit cabe rawit hijau yang bagus. 

Penyerapan hara lancar menyebabkan perkembangan dan pertumbuhan tinggi bibit semakin baik. Bibit cabe rawit hijau yang bagus dapat tumbuh sehat dan kuat. 

Penyerapan hara kemudian berlanjut dengan mengangkutan hara dan pengolahan pada daun hingga menjadi energi bagi tanaman. 

Pemberian pupuk harus tepat agar pertumbuhan tanaman dapat maksimal. Paling baik adalah pupuk organik namun proses penyerapannya tidak dapat langsung oleh tanaman. 

Pupuk organik baik untuk kesuburan tanah dan memperlancar penyerapan unsur hara kebutuhan tanaman. 

Baca Juga : Cabe Kecil Manu Andalan Petani Pujaan Pedagang

Tanam Cabe Rawit Hijau yang Bagus Tumbuh Sehat

jual benih, cabai, cabe rawit, nara, pelita 8, panah merah, manfaat cabai, toko pertanian, toko online, lmga agro
Cabe Rawit Panen

Bibit cabe rawit hijau yang bagus tumbuh sehat bebas dari gangguan penyakit. Terdapat beberapa penyakit yang sering menyerang cabe rawit. 

Musim kemarau mungkin pertumbuhan tanaman tampak bagus namun kita tetap harus waspada dengan ancaman hama dan penyakit. 

Dalam satu keluarga cabai seperti tanaman tomat dan mentimun dapat terserang penyakit sama akibat serangan virus. Antara lain serangan virus Cucumber Mosauc Virus ( CMV ). 

Virus mosaik sangat umum terjadi pada tanaman dan tiap tanaman menunujukkan gejala serangan yang beragam. Penyakit mosaic penyebab oleh virus dan penyebaran virus oleh hama kutu daun ( Aphid ). 

Gejala serangan hama Aphid menimbulkan bercak kuning pada daun. Lembaran daun menyempit. Buah terinfeksi hama Aphid akan berbentuk tidak rata dan abnormal. 

Bahkan kadang pada buah cabai muncul bercak coklat berbentuk cincin atau huruf C. Pengendalian penyakit mosaik ( CMV ) yaitu memonitoring secara rutin pertumbuhan tanaman. 

Lakukan sanitasi kebun seperti membersihkan gulma dan membuang daun-daun yang jatuh. Pakailah jarak tanam tidak terlalu sempit untuk bibit cabe rawit hijau yang bagus. 

Bila ada bibit sakit atau layu, segera cabut dan musnahkan agar tidak menular ke seluruh bibit yang masih sehat. 

Penyebaran penyakit virus dapat juga lewat manusia yaitu lewat tangan setelah memegang daun sakit kemudian memegang daun tidak sakit. Cucilah tangan Anda selalu setelah memegang daun sakit.

Pengendalian penyakit virus yaitu mengendalikan hama pembawanya yaitu Aphid. Semprotkan insektisida berbahan aktif Abamektin, Deltametrin, dan Alfa Sipermetrin. 

Bibit cabe rawit hijau yang bagus tahan penyakit virus menjadi pilihan penting untuk mencegah serangan penyakit. Rendamlah benih pada insektisida sebagai pencegahan awal serangan virus. 

Menanam Cabe Cepat Berbuah

Menanam cabe cepat berbuah pertama pilih benih terlebih dahulu. Beli benih berkualitas lengkap di Toko pertanian LMGA Agro. Benih cabe rawit lengkap harga murah. 

Benih cabe harus Anda semaikan terlebih dahulu menjadi bibit cabe rawit hijau yang bagus. Persiapkan media semainya dahulu dan wadah untuk menyemai benih cabe rawit hijau yang bagus. 

Menyemai benih paraktis menggunakan wadah polybag atau baki semai tray semai. Waktu persiapan menyemai benih sekitar 1 minggu. 

Gunakan media yaitu tanah halus sudah ayak dan pupuk kandang halus dengan perbandingan 1 : 1. 

Masukkan media dalam polybag atau tray semai secukupnya dan tidak perlu berlebihan. untuk polybag cukup sampai 3/4 polybag saja. 

Rendam dahulu benih dalam air hangat selama 8 - 12 jam lalu tiriskan dan bungkus dalam kain basah. Biarkan sampai benih berkecambah dan siap tanam pada polybag. 

Cara tersebut dapat merangsang pertumbuhan bibit cabe rawit hijau yang bagus. Tunas juga menjadi mudah pertumbuhannya. Lakukan penyiraman setiap hari pada benih dan biasanya setelah 7 - 8 hari. 

Setelah bibit muncul 2 daun, lakukan proses pemilihan bibit mana yang sehat. Kemudian lakukan pemindahan ke tempat baru pada lahan atau polybag. 

Demikian artikel tentang bibit cabe rawit hijau yang bagus dengan benih berkualitas dan terbaik. Beli sekarang benih berkualitas cabe kecil Toko Pertanian LMGA Agro harga murah. 

Hubungi kontak Kami 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Jual produk pertanian berkualitas lengkap mulai benih, pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian. 

Produk pertanian berkualitas harga murah  kios pertanian online terdekat LMGA Agro. Kami siap melayani kebutuhan Anda dan untuk konsultasi gratis. Salam sukses...

RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.