TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

24/08/22

Harga Benih Murah Panen Tinggi Dosis Pupuk NPK Untuk Jagung Manis

jual benih, jagung manis, harga murah, pupuk, jual pupuk, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Talenta 
Pertiwi

Harga Benih Murah Panen Tinggi Dosis Pupuk NPK Untuk Jagung Manis. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian LMGA Agro jual benih harga murah jagung manis berkualitas. 

Pertumbuhan benih jagung manis maksimal dengan pemberian dosis pupuk NPK untuk jagung manis yang tepat. Jual benih jagung manis lengkap dan berkualitas dari pabrik benih terpercaya.

Beli sekarang produk pertanian lengkap kios pertanian jual secara online terdekat dan barang terjamin pasti sampai alamat Anda. Belanja online kebutuhan bercocok tanam harga murah. 

Toko pertanian LMGA Agro jual online produk pertanian mulai benih, pupuk, pestisida, ZPT hingga alat pertanian lengkap. Produk pertanian terbaik. Kami menerima konsultasi gratis pertanian. 

Pertumbuhan tanaman jagung manis optimal dengan pemberian dosis pupuk NPK untuk jagung manis tepat dan benar. Dosis pupuk NPK untuk jagung manis mengandung unsur hara lengkap. 

Tanaman jagung manis membutuhkan unsur hara utama yaitu Nitrogen, Fosfor dan Kalium agar buah lebat. 

Dosis pupuk NPK untuk jagung manis tepat dapat meningkatkan kesuburan tanaman jagung manis. Pupuk NPK mengandung 3 unsur makro kebutuhan penting tanaman jagung. Pemberian sebagai pupuk dasar dan pupuk susulan. 

Hasil tongkol jagung manis baik dan sehat dengan dosis pupuk NPK untuk jagung manis yang tepat. Perhatian juga dengan cara pemberian dan waktu pemupukan yang tepat. 

Pemberian dosis pupuk NPK untuk jagung manis tidak boleh Anda lakukan sembarangan apalagi bila jenis pupuknya tidak sesuai. 

Pupuk jagung manis utama harus mengandung Nitrogen, fosfor dan kalium. Dosis pupuk NPK untuk jagung manis sesuai dengan fase pertumbuhan tanaman.    

Jagung Manis Istimewa Karena Rasa

jual benih, jagung manis, harga murah, pupuk, jual pupuk, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Bonanza F1 
Cap Panah Merah

Jagung manis tanaman penting secara komersial. Masyarakat Indonesia senang mengkonsumsi jagung manis karena rasanya. Berbeda dengan pengolahan jagung biasa untuk makanan ternak.

Maka jagung manis pasti nikmat sebagai jagung rebus, jagung bakar atau bakwan jagung. Sebagai olahan sayur tumis, jagung manis juga nikmat.

Jagung manis ( Zea mays saccharata ) istimewa karena memiliki kandungan gula tinggi saat pemetikannya. Pemanenan jagung manis selalu saat jagung masih muda. 

Keistimewaan lain jagung manis yaitu tingkat adaptasinya yang tinggi. Budidaya jagung manis dapat Anda lakukan mulai dataran rendah hingga tinggi. 

Petani biasanya menanam jagung manis pada dataran tinggi sampai dengan ketinggian 1800 m dpl. Tingkat keasaman tanah jagung manis pH tanah antara 5 - 8. 

Budidaya jagung manis harus memperhatikan kebutuhan haranya. Pertumbuhan tanaman akan maksimal bila kebutuhan haranya terpenuhi. 

Jagung manis membutuhkan unsur Nitrogen cukup besar. Dosis pupuk NPK untuk jagung manis juga harus memperhatikan keseimbangan antara Nitrogen, Fosfor dan Kalium. 

Cara menanam jagung manis dapat Anda lakukan baik pada lahan tegalan atau kebun juga lahan sawah setelah panen padi. Catatan, lahan sawah tidak sedang tergenang air. 

Dosis pupuk NPK untuk jagung manis berdasarkan perhitungan yang tepat. Bila dosis NPK untuk jagung manis kurang atau berlebihan makan menimbulkan efek samping pada tanaman. 

Kekurangan unsur Nitrogen pada jagung manis maka warna daun jagung akan berubah menjadi kekuningan ( klorosis ). Daun akan tampak pucat dan proses fotosintesis akan terganggu.

Begitu juga bila berlebihan unsur Nitrogennya maka warna daun menjadi hijau tua, tajuk terlalu rimbun, persentase tongkol terlalu banyak dan tanaman mudah kena penyakit. 

Baca Juga : Ladang Pertanian Sumber Penghasilan dan Keuntungan Petani

Cara Menanam Jagung 

jual benih, jagung manis, harga murah, pupuk, jual pupuk, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Secada F1
Cap Panah Merah

Tahapan menanam jagung mulai dengan pengolahan lahan menggunakan cangkul atau bajak. Pengolahan tanah hingga tanah gembur dan mudah untuk menanam benih.

Buatlah bedengan jagug manis berukuran lebar 1 meter dan tinggi bedeng 20 - 30 cm. Jarak antar bedeng 30 cm sebagai jalan mengalirnya air. 

Dalam satu bedeng buat 2 jalur atau baris tanaman. Setelah selesai membuat bedengan, saatnya memberikan pupuk dasar. 

Berikan pupuk dasar sebelum menanam yaitu pupuk kandang atau kompos. Pupuk organik akan menyumbangkan banyak Nitrogen ke tanah dan nanti akan bermanfaat bagi tanaman jagung manis. 

Kebutuhan pupuk organik sebagai pupuk dasar sebanyak 5 ton/hektar. Paling tepat dan mudah menanam jagung dengan cara tugal. 

Buatlah lubang tanam sedalam 2 - 3 cm dan masukkan 2 butir benih jagung manis. Beli benih jagung manis berkualitas Toko pertanian LMGA Agro. 

Setelah benih masuk lubang tanam, tutup dengan tanah dan berikan pupuk dalam lubang. Siramkan air setelah semua benih tertanam. Penyiraman menggunakan ember atau gembor. 

Kebutuhan benih jagung manis adalah sebanyak 8 kg per hektar. Gunakan jarak tanam jagung manis yaitu 60 - 75 cm. Jarak tanam sesuai dengan jumlah populasi ideal menanam jagung. 

Cara menanam jagung akan menghasilkan panen terbaik dengan menjaga populasi tanaman sebanyak 34.000 - 37.000 tanaman/hektar. 

Pemberian dosis pupuk NPK untuk jagung manis harus berlangsung dalam beberapa tahap dan bukan sekaligus. Hal ini karena pupuk NPK mudah hilang dan habis tercuci karena air hujan. 

Baca Juga : Jual Tomat Adella Tahan Virus Menguntungkan Petani

Tanaman Jagung Tumbuh Subur Karena Hara Tercukupi 

jual benih, jagung manis, harga murah, pupuk, jual pupuk, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk NPK
Cap Pak Tani

Bila unsur hara dalam tanah tersedia cukup untuk tanaman maka pertumbuhan tanaman akan sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Tongkol jagung juga akan tumbuh dengan baik. 

Unsur Fosfor ( P ) penting untuk pembentukan bunga dan bulir jagung manis. Kandungan unsur P berperan untuk menstimulasi pembentukan akar dan mempercepat proses pemasakan buah. 

Apabila tanah kekurangan unsur P maka tanaman akan terlambat tumbuh, tanaman tumbuh pendek, ukuran tongkol kecil hingga daun menjadi agak keunguan. 

Pemberian unsur P penting sejak mulai tanam jagung manis untuk menstimulasi perkembangan akar. 

Unsur Kalium ( K ) sangat penting untuk menanam jagung manis terutama saat malai jagung manis mulai keluar. Saat tanaman jagung masih muda masih belum banyak membutuhkan unsur K. 

Bila selama pertumbuhannya, jagung manis kekurangan unsur K maka mempengaruhi bentuk tongkolnya.  Tongkol jagung tumbuh kecil dan meruncing akibat kekurangan Kalium. 

Bulir tumbuh tidak sempurna juga terjadi bila tanaman kekurangan unsur K. Pemberian unsur K cukup sekali dosis pupuk NPK untuk jagung manis. 

Dosis pupuk NPK untuk jagung manis biasanya Petani memilih pupuk NPK Mutiara, NPK Phonska dan masih banyak merk lainnya. 

Beli pupuk berkualitas di Toko Pertanian LMGA Agro online harga murah. 

Dosis pupuk NPK untuk jagung manis pupuk dasar berikan sebanyak 300 gram setiap tanaman. Bila pupuk tunggal, berikan Urea dan SP-36 sebanyak 150 gram dan KCl 10 gram sebagai pupuk dasar. 

Baca Juga : Palawija, Budidaya Tanaman Sekunder Penambah Keuntungan Petani

Dosis Pupuk NPK untuk Jagung Manis 

jual benih, jagung manis, harga murah, pupuk, jual pupuk, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Prima
Bisi 

Petani banyak memilih menggunakan pupuk NPK karena selain praktis juga harga pupuk NPK murah. Meskipun murah namun kualitas pupuk tidak murahan. 

Terbukti pupuk NPK membuat tanaman juga subur dan tumbuh sehat. Pupuk NPK praktis karena dalam sekali pemberian pupuk tersedia 3 unsur hara makro yaitu Nitrogen, Phosfor dan Kalium. 

Dosis pupuk NPK untuk jagung manis cukup sebanyak 3 - 4 kali saja mulai pupuk dasar sampai untuk pupuk susulan. Budidaya jagung manis harus menggunakan pupuk dasar. 

Pupuk dasar penting terutama bila jagung manis Anda tanam pada tanah dengan kesuburan yang rendah. Namun bila menggunakan lahan bekas cabai, pare atau tomat maka tidak perlu pupuk dasar. 

Dosis pupuk NPK untuk jagung manis satu hektar membutuhkan NPK Phonska sebanyak 100 kg. Tambahkan juga pupuk tunggal Urea 75 kg dan pupuk kandang sebanyak 1/2 - 1 ton/hektar. 

Lakukan cek pH tanah bila kurang dari 5 maka berikan kapur dolomit sesuai kebutuhan sampai pH netral. 

Cara pemberian dosis pupuk NPK untuk jagung manis sebagai pupuk dasar menggunakan sistem tugal. Kemudian biarkan selama 2 minggu agar pupuk meresap dan tercampur tanah. 

Jagung manis memasuki umur 12 - 14 HST. Yaitu saatnya pemupukan susulan ke-1 dengan memberikan dosis pupuk NPK untuk jagung manis. 

Dosis sebanyak 100 kg/hektar dan tambahkan Urea 75 kg/hektar. Pemupukan menggunakan cara tugal yaitu pada sisi kanan dan kiri tanaman berjarak 10 cm dari pangkal batang. 

Atau bisa menggunakan cara tabur sekeliling tanaman. Namun cara ini kurang efektif bila penanaman pada musim hujan. Pupuk dapat habis dan tercuci hanyut oleh air hujan.  

Jagung manis umur 21 - 25 HST 

Pemupukan susulan ke-2 dosis pupuk NPK untuk jagung manis pemupukan kedua yaitu sebanyak 150 kg/hektar dan Urea 50 kg/hektar. 

Cara pemberian dosis pupuk NPK untuk jagung manis ini sama dengan pupuk susulan ke-1. Yaitu menggunakan cara tugal atau tabur sekeliling tanaman. 

Memasuki umur 30 - 35 HST yaitu berikan pupuk susulan ke-3 atau pupuk terakhir. Dosis pupuk NPK untuk jagung manis sebanyak 150 - 200 kg/hektar. Cara pemberian sama dengan pupuk sebelumnya. 

Pemupukan ketiga ini bersamaan juga Anda lakukam pembumbunan dengan maksud untuk memperkokoh berdirinya tanaman. Tanaman tidak mudah roboh oleh angin dan air hujan. 

Pembumbunan wajib pada budidaya jagung manis karena mempengaruhi ukuran tongkol. Tanaman jagung manis Petani bumbun tanahnya terbukti ukuran tongkol lebih besar. 

Setiap satu siklus masa tanam jagung manis, berikan dosis pupuk NPK untuk jagung manis sebanyak 3 kali saat pupuk susulan dan sekali saat pemupukan dasar. 

Manfaat pupuk NPK secara umum yaitu membantu pertumbuhan tanaman agar tanaman tumbuh dan berkembang maksimal. Setiap unsur hara dalam dosis pupuk NPK untuk jagung manis berbeda peran. 

Ketiga unsur hara makro berbeda-beda tugasnya untuk pertumbuhan tanaman. Paling banyak tanaman jagung manis membutuhkan Nitrogen meski ketiganya adalah unsur hara makro primer/utama.  

Jangka waktu pemberian dosis pupuk NPK untuk jagung manis adalah 2 minggu sekali. Sertakan juga pupuk organik karena pemberian pupuk kimia tidak boleh berlebihan. 

Baca Juga : Pertanian Online

Pupuk NPK Kandungan Unsur Hara Makro untuk Tanaman

jual benih, jagung manis, harga murah, pupuk, jual pupuk, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk NPK Mutiara

Pupuk NPK mengandung tiga unsur hara makro dan merupakan singkatan dari unsur hara makro penyusunnya. Yaitu Nitrogen, Phosphat dan Kalium. 

Pemakaian pupuk NPK lebih efisien dan optimal. Unsur Nitrogen membantu pertumbuhan vegetatif terutama daun jagung manis. Unsur fosfor dalam Phosphat membantu pertumbuhan akar dan tunas. 

Unsur Kalium membantu pembungaan dan pembuahan. Pupuk NPK mengandung 3 unsur makro dan 2 unsur mikro. Terdapat beberapa jenis pupuk NPK pada toko pertanian. 

Toko pertanian LMGA Agro jual online pupuk berkualitas harga murah. Berikut adalah jenis pupuk NPK yang biasa Petani gunakan. 

NPK Mutiara 16-16-16

Pupuk berbentuk butiran granul berwarna biru pudar. Pupuk Mutiara daam kemasan bungkus plastik. 

Pupuk Mutiara 16-16-16 mengandung 5 unsur hara yaitu 16% Nitrogen, 16% P2O5 atau Fosfat dan 16% K2O atau Kalium. 

Pupuk Mutiara juga mengandung 0,5% Magnesium ( MgO ) dan 6% Kalsium ( CaO ). Pupuk Mutiara 16-16-16 paling sering ada pada toko-toko pertanian. 

Manfaatnya sangat baik untuk mempercepat pertumbuhan tanaman. Banyak produk Pupuk NPK 16-16-16 lain yaitu Merk Pak Tani. 

Pupuk NPK Pelangi 16-16-16 memiliki banyak variasi berdasarkan permintaan dan kebutuhan tanaman. Pupuk Pelangi produk pupuk Majemuk Kaltim. 

Cocok untuk semua jenis tanaman terutama untuk tanaman hortikultura. 

Pupuk Phonska 15-15-15 menjadi favorit karena harga lebih terjangkau dari jenis pupuk lainnya. Pupuk Phonska mendapat subsidi dari pemerintah dan tidak banyak ada pada toko-toko pertanian. 

Pupuk Phonska pada kelompok-kelompok tani dan sudah mendaftar sebelumnya pada koperasi desa. Komposisi unsur haranya yaitu 15% N, 15% P, 15% K dan 10% Sulfur. 

Bentuk pupuk berupa butiran atau granul berwarna merah bata berukuran 1 - 4 mm. Pupuk bersifat higroskopis atau mudah larut sehingga akar tanaman mudah menyerap pupuk ini. 

NPK Phonska Plus 15-15-15 meski bernama mirip namun Phonska Plus berbeda dengan Phonska biasa. Bentuk pupuk butiran granul berwarna putih. Pupuk juga mudah larut dalam air. 

NPK 30-6-8 salah satu produk pupuk majemuk dari pupuk Kujang. Kandungan hara pupuk ini yaitu 30% Nitrogen, 6% Fosfat dan 8% Kalium. 

Manfaat Jagung Bagi Kesehatan

Jagung merupakan jenis pangan yang sudah akrab untuk masyarakat Indonesia. Jagung memiliki rasa manis, lezat dan dengan harga terjangkau.

Jagung dapat Anda olah dengan beragam cara mulai dari jagung bakar, jagung rebus, kukus atau olah sup jagung. Camilan jagung juga kini banyak favorit masyarakat.

Satu buah tongkol jagung setara 100 gram bulir jagung mengandung 80 - 100 kalori. Jagung mengandung beragam nutrisi antara lain : serat, protein, karbohidrat, mineral dan vitamin. 

Jagung juga mengandung antioksidan yaitu asam fenolat, zeaxanthin, antosianin dan lutein. Kandungan nutrisi jagung bermanfaat antara lain :

- Manfaat jagug melancarkan pencernaan. Serat jagung tinggi mendorong pertumbuhan bakteri baik pada usus, mampu mencegah sembelit dan menurunkan resiko kanker usus besar. 

- Manfaat Jagung memelihara kesehatan mata karena kandungan antioksidannya baik untuk menjaga kesehatan mata. Jagung mengurangi resiko gangguan mata karena penuaan yaitu katarak. 

- Manfaat jagung meningkatkan kepadatan tulang karena mengandung Fosfor. Berat 100 gram jagung mengandung sekitar 500 mg Fosfor dan cukup untuk kebutuhan harian fosfor orang dewasa. 

- Manfaat jagung Mencegah depresi karena kandungan magnesium jagung. Peran magnesium dapat menjaga kesehatan dan fungsi otak sekaligus mampu menjaga suasana hati dan mencegah stres.

- Manfaat jagung Pengendali Tekanan darah karena adanya kandungan kalium dan magnesium yang mampu mengontrol tekanan darah. Mengkonsumsi jagung mampu mencegah hipertensi. 

- Manfaat jagung menangkal radikal bebas karena kandungan antioksidan dan vitamin C didalamnya. Fungsinya menjaga tubuh tetap sehat. Antioksidan berperan menangkal efek radikal bebas. 

Jual Produk Pertanian pada Toko Online Pertanian LMGA Agro

Jual pupuk berkualitas dan ZPT untuk semua jenis tanaman Toko pertanian LMGA Agro harga murah. Pupuk produk pabrik yang telah menjadi kepercayaan Petani hingga sekarang. 

Benih jagung manis tersedia lengkap Toko online pertanian LMGA Agro. Benih jagung manis dari benih Pertiwi, Benih Panah Merah dan PT BISI International. 

Pertumbuhan tanaman jagung manis sehat dengan dosis pupuk NPK untuk jagung manis yang tepat. Cara pemberian pupuk jagung manis lebih efektif dengan cara tugal.

Jagung manis banyak favorit masyarakat karena rasanya manis dan sangat nikmat bila berupa olahan jagung rebus. Kaya kandungan serat, protein sampai antioksidan. 

Demikian artikel tentang dosis pupuk NPK untuk jagung manis. Pemupukan jagung manis membutuhkan tiga unsur utama dalam pupuk NPK. 

Hubungi nomer kontak Kami 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian LMGA Agro menerima konsultasi gratis dan siap kirim pesanan belanja online Anda. 

Beli sekarang harga murah produk pertanian lengkap dan berkuallitas untuk kebutuhan bercocok tanam kebun Anda. Semoga artikel Kami bermanfaat dan salam sukses....

RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.