TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

24/01/20

Palawija, Budidaya Tanaman Sekunder Penambah Keuntungan Petani


jagung,palawija,budidaya jagung,budidaya tanaman,lmga agro
Budidaya Jagung Manis
Palawija, Budidaya Tanaman Sekunder Penambah Keuntungan Petani. 082141747141 ( Khusus telepon ) 08125222117 ( Khusus SMS / WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro merupakan usaha yang bergerak di bidang pertanian. Kami menyediakan berbagai benih buah dan sayuran varietas unggul, pupuk, pestisida, ZPT, dan alat pertanian.


Toko Pertanian Online LMGA Agro mendukung usaha pertanian di wilayah desa maupun di kota. Kami telah berpengalaman sebagai toko pertanian, supplier usaha dropship, reseller, dan online shop. Kami jual produk pertanian dengan harga murah dan promo.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menerima konsultasi mengenai pertanian dan cara bisnis online pertanian untuk usaha rumahan. Juga menerima konsultasi mengenai kendala yang terjadi pada lahan pertanian. Serta masalah dan kendala pada tanaman yang sedang dibudidayakan.

Kami menyediakan benih unggul produksi pabrik – pabrik benih terkemuka dan terpercaya. Benih unggul produksi dari BISI, EWINDO, Known You Seed, Takii Seed dan lain – lain. Juga tersedia pupuk, pestisida, dan alat pertanian kualitas unggul.

Sektor usaha pertanian di Indonesia didominasi oleh budidaya tanaman dengan nilai komoditas yang tinggi seperti padi. Padi merupakan jenis tanaman yang memiliki nilai komoditas tinggi di pasaran setelah melewati beberapa tahap proses pengolahan dan menjadi beras. Hal ini menjadikan petani berlomba-lomba dalam melakukan budidaya tanaman padi dengan beragam kualitas untuk mendapatkan keuntungan saat panen.

Lahan pertanian yang digunakan untuk budidaya tanaman padi menjadi tidak produktif lagi ketika sudah melewati masa panen padi. Para petani bisa menambah keuntungan dengan cara melakukan budidaya tanaman sekunder guna untuk mengisi lahan yang kosong. Jenis tanaman palawija bisa dijadikan sebagai objek untuk melakukan budidaya tanaman sekunder dan menambah keuntungan bagi petani.

Budidaya Palawija Usaha Pertanian Menguntungkan


Budidaya tanaman sudah menjadi usaha pertanian menguntungkan yang sudah lama ditekuni oleh para petani di Indonesia. Para petani melakukan budidaya tanaman dengan memanfaatkan tanaman pangan yang memiliki nilai jual di pasaran untuk mendapatkan keuntungan. Beberapa jenis tanaman pangan yang biasa dimanfaatkan untuk budidaya tanaman adalah tanaman padi dan kelompok tanaman palawija.

Palawija memiliki makna yang berarti tanaman kedua dari bahasa sansekerta, dan merupakan tanaman hasil panen kedua disamping padi. Disebut sebagai hasil panen kedua setelah padi dikarenakan tanaman palawija dibudidayakan dengan memanfaatkan lahan yang tidak tergarap. Lahan ini biasa ditemukan pada pekarangan belakang rumah atau lahan kebun yang terbengkalai.

Usaha pertanian dengan memanfaatkan tanaman palawija yang dibudidayakan bisa dilakukan apabila memenuhi beberapa syarat. Lahan yang digunakan untuk budidaya diharuskan memiliki unsur hara dan karakteristik tanah yang subur. Selain itu penanaman palawija juga harus memperhatikan ketinggian daerah harus sesuai dengan benih tanaman.

Budidaya tanaman palawija menjadi salah satu usaha yang mendukung gerakan diversifikasi pertanian yang sedang dilakukan di Indonesia. Diversifikasi pertanian merupakan pengalokasian sumber daya pertanian ke beberapa aktivitas lainnya yang menguntungkan secara ekonomi maupun lingkungan. Sehingga penanaman tanaman palawija sebagai salah satu usaha pertanian akan meningkatkan keuntungan bagi para petani.

Keuntungan yang didapat dari usaha pertanian budidaya tanaman palawija termasuk besar dikarenakan memiliki nilai jual di pasaran yang tinggi. Beberapa jenis dari tanaman palawija sering digunakan sebagai bahan masakan rumahan maupun industri rumah makan dan restoran. Oleh karena itu permintaan akan hasil panen budidaya ini cukup tinggi di pasaran dikarenakan banyak dimanfaatkan oleh masyarakat.

Budidaya tanaman palawija juga menguntungkan bagi produksi pangan nasional dikarenakan dapat meningkatkan produksi hasil pangan nasional. Hal ini dikarenakan jenis-jenis tanaman palawija merupakan tanaman yang kaya akan karbohidrat dan serat yang bisa difungsikan sebagai pengganti nasi. Selain itu jenis tanaman palawija juga seringkali digunakan sebagai bahan baku industri makanan ringan.


Jenis Tanaman Palawija yang Menguntungkan

palawija,budidaya tanaman,pertanian,jagung,kacang hijau,lmga agro
Jenis Tanaman Palawija

Budidaya tanaman palawija merupakan usaha pertanian yang dilakukan oleh petani sebagai pendamping dari budidaya tanaman padi. Usaha sampingan ini memiliki keuntungan yang cukup besar apabila dilakukan dengan benar dan memanfaatkan sarana pertanian dengan kualitas unggulan. Selain itu budidaya tanaman ini juga menghasilkan panen yang bisa diolah sebagai makanan pokok pengganti nasi.

Oleh sebab itu, budidaya tanaman palawija disebut sebagai salah satu usaha petani dalam mempertahankan kebutuhan pangan di Indonesia. Sehingga budidaya tanaman jenis palawija cukup penting untuk dilakukan oleh para petani di Indonesia. Jenis-jenis dari tanaman palawija yang bisa dibudidayakan dapat dilihat melalui penjelasan dibawah ini.

Jagung


Jagung merupakan jenis tanaman penghasil karbohidrat selain gandum dan padi, yang memiliki nama latin Zea mays. Tanaman ini memiliki ciri fisik yang mudah dikenali oleh masyarakat karena memiliki bentuk lonjong dan biji yang mayoritas berwarna oranye. Jagung merupakan jenis tanaman palawija yang sudah biasa ditanam oleh para petani karena memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Budidaya tanaman jagung sebagai salah satu jenis tanaman palawija bisa dilakukan pada berbagai jenis tanah. Dengan syarat lahan yang digunakan selalu mendapatkan sinar matahari secara langsung dan memiliki kadar air yang tidak terlalu banyak. Untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman jagung, petani disarankan untuk menggunakan pupuk pertanian.

Budidaya tanaman palawija jagung bisa mulai dipanen pada umur 100 hst dan tergantung benih jagung yang dipakai. Ciri fisik jagung yang sudah siap untuk dipanen adalah kulit luar jagung atau klobotnya sudah mulai mengering dan berwarna kekuningan. Setelah dipanen jagung harus dikeringkan dengan cara dijemur dibawah sinar matahari secara langsung.

Tanaman jagung memiliki beberapa manfaat yang cukup banyak untuk kebutuhan rumah tangga maupun industri rumah makan dan lainnya. Tanaman palawija ini bisa diolah menjadi berbagai macam jenis makanan untuk kebutuhan rumah tangga maupun sebagai hidangan di rumah makan. Sedangkan untuk kebutuhan industri biji jagung bisa diolah menjadi tepung maizena.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan benih jagung manis kualitas unggulan dengan harga terjangkau dan murah. Benih yang dijual merupakan benih produksi pabrik benih terkemuka dan terpercaya di Indonesia. Toko Pertanian LMGA Agro juga menjual sarana pertanian lengkap dengan harga terjangkau.

Gandum


Gandum adalah jenis tanaman palawija yang berasal dari suku padi-padian yang kaya akan karbohidrat sebagai nutrisi utama tubuh. Tanaman ini memiliki bentuk fisik hampir menyerupai padi dan memiliki biji oval dengan panjang 8 mm dan diameter 3 mm. Biji pada gandum memiliki 3 bagian yaitu bagian kulit, endosperma, lembaga.

Tanaman palawija ini sering disebut sebagai makanan pokok para warga negara barat dikarenakan banyaknya budidaya gandum disana. Namun siapa sangka budidaya gandum sudah mulai dikembangkan oleh para petani di Indonesia dan memiliki hasil produksi yang cukup lumayan. Hal ini menjadi perkembangan yang cukup bagus untuk memperkenalkan budidaya gandum ke petani Indonesia.

Salah satu jenis tanaman palawija ini sangat bermanfaat bagi sektor industri yang membuat bahan dasar makanan seperti tepung terigu. Selain itu gandum juga bermanfaat untuk pembuatan makanan yang mengandung banyak karbohidrat seperti roti gandum dan produk sereal. Hal ini dikarenakan pada tanaman gandum terdapat kandungan karbohidrat dan protein tinggi yang bermanfaat bagi kebutuhan gizi manusia.

Kacang Hijau


Salah satu jenis palawija yang sering ditemui dan memiliki nilai komoditas lumayan adalah kacang hijau. Tanaman palawija ini memiliki ciri fisik yang sangat mencolok dan mudah dikenali oleh setiap orang karena memiliki warna kehijauan. Tanaman ini memiliki kandungan gizi yang cukup banyak dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Melakukan budidaya kacang hijau sebagai salah satu tanaman palawija bisa dimulai dengan pengolahan lahan agar tanah menjadi gembur. Kemudian buat lubang sedalam 3 sampai 5 cm dengan jarak antar lubang sekitar 40 x 10 cm. Setelah itu masukan biji kacang hijau sebanyak 3 sampai 4 biji ke dalam lubang yang telah disiapkan.

Kacang hijau memiliki beberapa fase ketika masuk masa pertumbuhan, yaitu fase perkecambahan benih, pembungaan, dan pengisian polong. Pada saat fase pengisian polong, pengairan perlu diperhatikan karena bilak kekurangan air maka polong kacang tidak bisa terbentuk dan kempes. Satu minggu sebelum memasuki masa panen pengairan sebaiknya dihentikan.

Budidaya tanaman palawija jenis kacang hijau bisa dipanen pada umur 60 sampai 85 hari setelah tanam. Ciri fisik tanaman kacang hijau yang sudah siap panen adalah polong yang mengalami perubahan warna dari hijau menjadi coklat sampai kehitaman. Cara pemanenan kacang hijau biasa dilakukan dengan cara pemetikan dan harus tepat waktu untuk menghindari polong pecah dan terkelupas.

Setelah itu jenis tanaman palawija ini harus dijemur terlebih dahulu hingga kering dibawah sinar matahari atau mesin pengering. Hal selanjutnya adalah polong yang sudah kering akan dimasukkan dalam karung dan dipukul hingga polong yang membungkus kacang hijau pecah. Kemudian biji kacang hijau akan diseleksi untuk memilih biji yang memiliki kualitas terbaik dan dimasukkan ke dalam wadah.

Kacang hijau sebagai tanaman palawija memiliki manfaat yang banyak pada sektor industri rumah tangga maupun rumah makan. Hal ini bisa terlihat ketika memasuki bulan puasa, para ibu rumah tangga dan rumah makan berlomba untuk membeli kacang hijau. Setelah itu akan diolah menjadi berbagai hidangan seperti kolak kacang hijau dan bubur kacang hijau.

Kacang Panjang


Tanaman palawija selanjutnya yang bisa digunakan sebagai objek usaha pertanian budidaya tanaman adalah kacang panjang. Kacang panjang merupakan jenis tanaman dari keluarga kacang-kacangan yang memiliki ciri fisik memanjang dan berwarna hijau hingga hijau keputihan. Tanaman ini memiliki nilai jual tinggi di pasaran karena sering dimanfaatkan untuk menjadi bahan masakan rumah tangga maupun rumah makan.

Budidaya tanaman palawija dengan memanfaatkan benih kacang panjang bisa dilakukan dengan cara tumpang sari atau cara konvensional. Tanah yang digunakan untuk penanaman benih kacang panjang harus diolah secara merata hingga menjadi gembur dan dibersihkan dari rumput liar. Usahakan memilih benih kacang panjang yang memiliki kualitas unggulan guna menghasilkan pertumbuhan tanaman yang seragam dan bagus.

Selama budidaya kacang panjang usahakan pemberian pupuk secara teratur dan perodik agar mempunyai kualitas tumbuh yang bagus. Pemasangan lanjaran juga diperlukan bagai jenis tanaman palawija ini, karena pola pertumbuhannya yang merambat. Hal penting selanjutnya adalah pengendalian hama tanaman dengan menggunakan pestisida yang sesuai dengan dosisnya.

Panen tanaman palawija ini bisa dilakukan pada tanaman saat berumur 45 sampai 75 hari setelah tanam dan tergantung jenis benihnya. Pemanenan dilakukan dengan memilih polong yang sudah terisi penuh dan memiliki warna kehijauan. Kacang panjang banyak dimanfaatkan sebagai campuran sayur sop pada hidangan rumahan dan rumah makan.

Kedelai


Jenis tanaman palawija lain yang bisa dimanfaatkan untuk usaha budidaya tanaman adalah kedelai atau kacang kedelai. Kedelai merupakan jenis tanaman palawija dari keluarga polong-polongan yang memiliki banyak manfaat bagi dunia industri makanan di dunia. Sehingga budidaya kacang kedelai dinilai bisa menguntungkan para petani karena memiliki nilai jual tinggi.

Budidaya kacang kedelai di Indonesia sudah banyak dilakukan sebagai upaya untuk mempertahankan ketahanan pangan nasional. Tanaman palawija ini turut membantu para pelaku usaha industri makanan terus mendapatakan keuntungan dari kualitas kedelai dalam negeri yang baik. Keledai banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku utama dalam membuat beragam makanan seperti tahu dan tempe.

Singkong


Singkong merupakan jenis palawija yang termasuk dalam tanaman umbi akar dan banyak mengandung karbohidrat. Tanaman singkong memiliki banyak manfaat dan bisa dibudidayakan dengan mudah. Hal pertama yang harus disiapkan adalah bibit singkong yang berupa batang utama berumur 7 sampai 8 bulan.

Setelah itu siapkan lahan yang telah diolah sedemikian rupa dengan tingkat kelembaban yang pas. Hal ini dikarenakan tanaman singkong biasa tumbuh pada kondisi lahan yang tidak terlalu basah namun juga tidak terlalu kering. Tanaman palawija ini cocok dibudidayakan di semua ketinggian mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi.

Perawatan budidaya tanaman singkong dilakukan seperti budidaya tanaman pada umumnya, yaitu penyiraman, pemupukan, dan pengendalian hama. Penyiraman bisa dilakukan secara teratur agar tanah yang digunakan untuk menanam singkong tetap kaya akan mineral dan unsur hara. Pemupukan bisa dilakukan dengan pupuk organik cair untuk mendukung pertumbuhan tanaman menjadi lebih baik.

Sedangkan pengendalian hama bisa dilakukan dengan memanfaatkan racun tikus, hal ini dikarenakan hama utama dari singkong adalah tikus sawah. Selain itu pembersihan rumput liar di sekitar tanaman juga perlu dilakukan untuk mencegah berkurangnya unsur hara. Dengan begitu tanaman palawija ini akan bertumbuh dengan baik dan menghasilkan panen yang berkualitas.

Hasil panen ketela bisa memiliki nilai jual tinggi apabila dipasarkan pada konsumen yang tepat seperti penjual makanan berbahan dasar ketela. Ketela bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar bagi industri makanan seperti keripik ketela dan pembuatan tepung pati. Selain itu penggunaan ketela juga biasa ditemukan pada bulan puasa seperti diolah menjadi kolak ketela.


LMGA Agro Dukung Budidaya Tanaman Palawija


Salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi oleh para petani sebelum melakukan budidaya tanaman palawija adalah memiliki benih kualitas unggulan. Benih tanaman merupakan komponen penting yang akan menghasilkan panen dan menjadi keuntungan bagi para petani. Komponen tersebut bisa didapatkan melalui pembelian produk di toko pertanian terdekat atau mengunjungi toko pertanian online.

Benih tanaman palawija bisa didapatkan dengan mengunjungi dan memesan pada Toko Pertanian Online LMGA Agro. LMGA Agro menyediakan berbagai macam benih tanaman dengan kualitas terbaik dan unggulan produksi pabrik benih berkualitas di Indonesia. Sekaligus berbagai sarana pertanian yang mendukung budidaya tanaman palawija seperti pupuk pertanian dan pestisida.

Benih tanaman palawija yang tersedia diantaranya adalah tanaman jagung, kacang panjang, wortel, mentimun, dan gambas atau oyong. Benih yang telah disebutkan telah teruji oleh para petani di seluruh Indonesia menghasilkan panen yang menguntungkan bagi para petani. Selain benih tanaman palawija, LMGA Agro juga menyediakan benih buah dan sayur lainnya seperti melon, semangka, cabe, dan tomat.

Toko Pertanian Online LMGA Agro juga bersedia melayani konsultasi mengenai permasalahan dan kendala petani pada saat melakukan budidaya tanaman palawija. Kendala yang biasa dikonsultasikan biasanya terkait dengan pertumbuhan tanaman palawija yang tidak maksimal hingga pengendalian hama yang menyerang tanaman palawija. Konsultasi mengenai budidaya tanaman palawija yang diberikan oleh LMGA Agro tidak dipungut biaya atau gratis.


Demikian artikel tentang Palawija, Budidaya Tanaman Sekunder Penambah Keuntungan Petani. Hubungi nomor HP 082141747141 ( Khusus telepon ) dan 08125222117 ( Khusus WA/SMS ). Toko Pertanian Online LMGA Agro sebagai supplier recommended usaha dropship, reseller, online shop, petani, dan toko pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro memberikan peluang usaha bisnis jual varietas benih unggul dan hibrida, pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian. Terpercaya dan harga promo bersaing. Kami siap kirim hingga ke seluruh wilayah indonesia. Bersama jasa ekspedisi mitra kami yaitu JNE, TIKI, KI8, POS dan ekspedisi lainnya.

Semoga artikel tentang Budidaya Palawija ini bermanfaat bagi pembaca, baik pembaca di desa maupun di kota, baik berprofesi sebagai petani maupun bukan petani. Salam sukses selalu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.