TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

28/01/20

Berkebun di Rumah, Usaha Sampingan Bagi Pemula

berkebun, usaha sampingan, usaha kecil, usaha bagi pemula, toko pertanian, online shop, lmga agro
Berkebun Sebagai Usaha Sampingan
Berkebun di Rumah, Usaha Sampingan Bagi Pemula. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian online LMGA Agro menyediakan segala kebutuhan bercocok tanam dan berkebun. Benih, pupuk, pestisida, hormon tanaman hingga alat-alat pertanian.


Toko pertanian online LMGA Agro menerima layanan konsultasi gratis tentang pertanian. Barang lengkap dan komplit, harga promo dan bersaing. Kami juga mengajak kerjasama dropship, reseller dan petani secara online shop.

Kami telah berpengalaman sebagai supplier benih, pestisida dan alat-alat pertanian. Kami didukung perusahaan pertanian terkemuka seperti PT BISI, East-West Seed Indonesia dan lain-lain.

Berkebun merupakan kegiatan sederhana dan kecil-kecilan yang biasanya dilakukan di rumah. Berkebun juga menjadi hobi menyenangkan, sedikit kotor namun bila hasilnya tampak akan sangat memuaskan.

Berkebun bisa menjadi usaha sampingan terutama bagi pemula untuk memulai bisnis. Berkebun kecil-kecilan tidak banyak membutuhkan modal. Anda dapat melakukannya di lahan sempit pekarangan sekitar rumah.

Berkebun Mudah Dilakukan


Berkebun bisa Anda jadikan usaha sampingan di rumah. Dari usaha berkebun ini, bila sudah tampak hasilnya akan dapat dimanfaatkan untuk menambah penghasilan. Beberapa hal yang perlu ada disiapkan saat berkebun terutama bagi pemula.

  1. Pupuk. Paling praktis dalam berkebun adalah menggunakan pupuk organik baik kompos maupun kandang. Pupuk dapat dibuat sendiri. Bila kompos dapat dibuat dari daun-daun kering dan sampah rumah tangga. Dikubur dalam tanah dan biarkan matang.
  2. Iklim. Pilihlah tanaman untuk berkebun yang sesuai dengan iklim tempat tinggal kita. Untuk mengetahuinya, bisa bertanya saat membeli benih di toko pertanian tersebut. Atau dari artikel pertanian di internet.
  3. Media. Media adalah tanah tempat tumbuh bibit tersebut. Tanah dapat digunakan bila mencukupi untuk menanam dalam berkebun. Beri jarak antar bibit agar dapat tumbuh baik dan berkembang. Bila menggunakan pot, ukurannya menyesuaikan dengan besarnya bibit.
  4. Konsisten dan sabar. Kegiatan berkebun adalah pekerjaan yang butuh proses dan kesabaran. Terus berikan perawatan sebaik-baiaknya dan seharusnya dilakukan untuk mendapatkan hasil yang baik. Seperti pemberian air dan pupuk.
  5. Sinar matahari. Setiap tanaman membutuhkan sinar matahari cukup untuk tumbuh. Pastikan saat berkebun, tanaman memperoleh sinar matahari cukup sepanjang hari.
  6. Perhatian. Berkebun juga harus rutin memberikan perhatian yaitu dengan cara mengamati setiap hari. Tujuannya untuk mencegah serangan hama, memangkas bagian tanaman yang sudah tua.


Usaha Rumahan dengan Berkebun


berkebun, usaha sampingan, usaha di rumah, usaha kecil, jual benih sayuran, toko pertanian, lmga agro
Berkebun Hobi Menguntungkan
Berkebun bagi sebagain besar orang merupakan hobi. Berkebun adalah hobi bermanfaat dan memberikan efek positif pada kesehatan mental dan fisik. 

Berkebun dapat dilakukan di ketinggian tempat berapa pun. Karena dengan ketinggian tempat berbeda, iklimnya akan berbeda dan jenis tanaman juga berbeda.

Bagi pemula dalam berkebun, pilihan tanaman harus tepat. Bila menanam dengan tanaman yang tidak tepat, malah dapat membuang waktu dan ruang.

Bekali pengetahuan Anda tentang tanaman dalam berkebun. Seperti tanaman tumbuh vertikal seperti timun. Atau tanaman yang perlu diberi lanjaran untuk merambat. Pastikan ditanam dengan jarak tanam yang cukup untuk tumbuh berkembang.

Sayuran dan buah-buah tertentu ada yang membutuhkan sinar matahari dan air cukup banyak. Namun ada juga yang lain tidak banyak membutuhkan sinar matahari dan air. Seperti tanaman kaktus tidak perlu diberi air, masih bisa tumbuh dengan baik. Tanaman dalam pot kecil akan lebih cepat kering tanahnya, dibandingkan ditanam langsung di tanah.

Tanaman baru dalam berkebun, lebih sering membutuhkan air dibandingkan tanaman yang sudah lama di kebun. Jika cuaca kering, tanaman juga butuh air lebih sering. Lindungi tanaman dari hewan peliharaan ( ayam, kucing ), anak-anak, angin kencang dan bahaya lain.

Lengkapi alat berkebun Anda. Pilih alat yang bisa tahan lama. Toko pertanian online LMGA Agro jual alat pertanian untuk berkebun lengkap.

Jangan tergoda untuk membeli alat berkualitas rendah dengan alasan menghemat uang. Kualitas rendah tidak akan tahan lama dibandingkan merk terpercaya. Seperti gerobak ringan berkualitas tinggi dapat membantu memindahkan alat berat dari gudang ke kebun.



Beberapa Usaha Bagi Pemula Dalam Berkebun


Memulai berkebun bisa jadi mudah namun perlu sedikit kerja keras, tergantung dari usaha dan kemauannya. Pertama, bahwa penting untuk mengenali kondisi alam dari lokasi berkebun kita.

Berkebun di daerah perkotaan, rata-rata di dataran rendah dengan suhu panas dan kering. Maka pilihan pada tanaman yang tahan kondisi panas. Atau tanaman pohon yan tumbuh besar sehingga bisa menyejukkan udara.

Tanaman hias daerah panas adalah kaktus, bunga matahari dan lain-lain. Sayuran dataran rendah yaitu timun, kacang panjang dan pare.

Daerah dataran tinggi, tanaman buah dan sayuran bisa jadi lebih beragam. Seperti labu siam, kubis, wortel, brokoli dan masih banyak lagi. Buah seprti strawberri, apel cocok untuk di dataran tinggi.

Ada juga tanaman cocok tumbuh di dataran tinggi dan rendah. Namun kebutuhan cahaya dan curah hujannya berbeda-beda. Sinar matahari pagi paling baik untuk tanaman. Beruntung sekali bila rumah/kebun kita menghadap ke timur.

Namun bila menghadap ke barat, pindahkan saja pot-pot ke timur. Atau mulai berkebun di sebelah timur dari rumah kita. Rata-rata tumbuhan memerlukan cahaya matahari selama 6 - 8 jam per hari.

Berkebun sayuran dataran tinggi seperti sawi dan selada bisa di manipulasi dengan menggunakan paranet. Paranet bertujuan mengurangi penetrasi cahaya ke tanaman, sehingga kebun bisa lebih teduh.

Berkebun menanam brokoli, selada dan bayam bila di tempat kita sinar matahari tidak banyak. Sayuran tersebut selama hidupnya tidak membutuhkan cahaya penuh.



Kebutuhan Benih dan Pengendalian Hama dan Penyakit


Berkebun penting untuk memenuhi kebutuhan benihnya. Benih digunakan untuk persemaian menjadi bibit tanaman. Benih hibrida akan menjamin bibit tanaman tumbuh dengan biak dan bebas penyakit. Benih hibrida sayur dan buah tersedia lengkap di Toko Pertanian online LMGA Agro.

Perbanyak pengetahuan dan informasi sebanyak-banyaknya tentang benih dan cara membuat bibit. Beberapa sayur ada yang langsung ditanam dari benihnya, ada yang perlu melalui proses pembibitan.

Secara umum, cara menyemai benih adalah dengan menggunakan polybag kecil atau tray semai. Tray semai juga tersedia di Toko Pertanian LMGA Agro. Letakkan tray semai atau polybag kecil di tempat teduh.

Lakukan penyiraman dengan kucuran air yang kecil, setiap hari secukupnya. Bila benih sudah berkecambah, bawa dan perkenalkan bibit dengan sinar matahari.

Mengatasi serangan hama, Anda bisa menanam kenikir dan kemangi. Tanaman tersebut dapat mengusir belalang dan hama tanaman lainnya. Menanam bunga matahari dapat mengundang lebah dan mengusir hama kutu.

Lebah dapat membantu penyerbukan tanaman. Bila serangan meluas, coba pergunakan pestisida organik dapat dibeli di toko pertanian. Pestisida organik lebih aman agar hasil panen tetap aman dikonsumsi nanti.



Mencoba Usaha Sampingan Lewat Berkebun


berkebun, usaha di rumah, usaha sampingan, usaha kecil, toko pertanian, jual benih f1, online shop, lmga agro
Banih Kubis Sayur Berkebun
Peradaban manusia semakin maju bersamaan semakin majunya dan modern teknologi di berbagai bidang saat ini. Namun tidak mempengaruhi kebutuhan konsumsi terhadap pangan. Kegiatan pertanian juga semakin meningkat bersama teknologi didalamnya. Tentu saja banyak terdapat peluang usaha sampingan yang bisa dilakukan dalam pertanian.

Usaha di bidang pertanian cukup banyak dan beragam meskipun masih kalah dibandingkan usaha kuliner dan fashion. Peluang usaha sampingan ini lebih berpotensi lagi bila dilakukan di desa. Karena kegiatan pertanian lebih banyak dilakukan di pedesaan.

Usaha sampingan seringnya memang dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga. Karena mereka lebih banyak waktu. Ibu rumah tangga juga ingin menyibukkan diri dengan kegiatan bermanfaat dan menghasilkan. Kegiatan berkebun menjadi salah satu usaha sampingan yang bisa dipilih untuk menambah penghasilan.

Berkebun bisa dilakukan dengan hanya modal kecil. Juga perlu ada keberanian untuk memulai usaha dalam berkebun dan bercocok tanam. Usaha sampingan ini dapat Anda jalankan di pekarangan rumah.

Teknik pemasaran dimulai dengan sederhana dengan menyasar ke tetangga khususnya ke ibu-ibu. Kemudian promosi dapat dilakukan dari mulut ke mulut, dari teman arisan hingga tetangga. Promosi lebih luas lagi yaitu lewat media sosial menggunakan akun pribadi seperti facebook dan instagram.

Sambil usaha berkebun, kita bisa menambah usaha kita seperti berjualan pupuk baik pupuk organik maupun an-organik. Anda bisa memulainya dengan jumlah kecil karena disesuaikan dengan modal kita. Pelan-pelan dapat dilengkapi secara bertahap dalam jumlah lebih besar lagi.

Misalnya dengan menjual pupuk Urea dengan sistem jual kiloan, alat siram tanama sederhana, obat hama dan lain-lain. Target pasar adalah skala rumahan dengan modal tidak terlalu besar. Sehingga hanya dengan modal kecil saja, usaha dapat berjalan lancar.



Macam Usaha Kecil Dari Berkebun


Menanam Berbagai Macam Jenis Sayuran

berkebun, usaha sampingan, usaha di rumah, usaha kecil, toko pertanian, online shop, lmga agro
Benih F1 Cap Kapal Terbang
Bagi Anda yang memiliki hobi berkebun atau bertani kemudian ada lahan di sekitar rumah. Dapat Anda manfaatkan secara optimal dengan menanam berbagai macam sayuran. Sekaligus juga menyediakan bibit sayuran untuk dijual bagi yang membutuhkan.

Berkebun sayuran harus memperhatikan lokasi tempat menanam, meliputi kondisi tanah dan ketersediaan air. Tidak perlu lahan luas, karena berkebun di pekarangan rumah pun bisa. Dengan menanam tanaman di pot atau polybag.

Sayuran yang biasanya ditanam saat berkebun adalah cabe, tomat, timun, terong, kacang panjang, bayam, kangkung, sawi, selada dan masih banyak lagi. Sayuran ini cepat dipanen sehingga dalam setahun, Anda bisa berulang kali panen. Benih hibrida tahan penyakit sayuran-sayuran tersebut mudah didapat, tersedia lengkap di Toko Pertanian LMGA Agro.

Tanaman Rempah-Rempah

Indonesia terkenal kekayaannya akan rempah-rempah sejak jaman kolonial dulu. Hingga kini masyarakat masih memanfaatkan rempah-rempah Indonesia untuk membuat masakan lezat. Rempah-rempah menjadi rahasia mengapa kuliner Indonesia lezat dan tak ada duanya di dunia ini.

Kekayaan rempah-rempah Indonesia juga menjadi alasan banyaknya penjajah datang menjajah Indonesia. Karena ingin merebut rempah-rempah berkualitas bagus ini.

Banyak sekali jenis rempah di Indonesia seperti cabe rawit, kencur, kunyit, lengkuas, jahe merah dan masih banyak lagi. Sehingga berkebun tanaman rempah sangat menguntungkan untuk dijadikan usaha kecil di rumah. Hasil panen selain dapat dipakai sendiri, sisanya dapat dijual dipasar.

Tanaman Hias


Berkebun tanaman hias dapat menjadi alternatif pilihan sebagai usaha sampingan. Beberapa orang selain hobi berekebun sayuran, juga ada yang menyukai menanam tanaman hias.

Berkebun tanaman hias selain membuat semakin cantik pekarangan rumah kita, tanaman hias tersebut juga dapat dijual bagi yang menyukainya. Sediakan beberapa jenis saja tanaman hias yang paling banyak dicari dan sedikit tanaman hias unik. Karena tanaman ubik dan jarang dipunyai justru harga jualnya bisa tinggi.

Untuk berpromosi, dapat dipasang banner jual tanaman hias di depan rumah kita atau di pagar. Atau dapat juga ditawarkan ke rekan kantor, teman atau saudara yang membutuhkan tanaman hias.

Itulah beberapa contoh ide bisnis dari kegiatan berkebun yang dapat dijalankan dari rumah. Kuncinya adalah mau kerja keras, sabar dan konsisten dengan usaha yang kita lakukan. Niatkan dari awal untuk membuat usaha sampingan dari berkebun dan ikuti proses jatuh bangunnya.

Berkebun Menggali Potensi Diri


Lewat berkebun dapat mengembangkan potensi diri juga menguntungkan bagi pelaku usahanya. Karena bila berkembang baik, usaha dibidang pertanian ini dapat meningkatkan pendapatan negara.

Selain itu dapat menyediakan lapangan pekerjaan bila usaha semakin besar juga membantu petani dalam hal penyediaan bibit. Bila usaha berkebun semakin lengkap dan jumlahnya banyak, dapat mencoba dipasarkan secara online.

Terutama memasarkan hasil produk sayuran. Karena kini gaya hidup sehat dengan banyak mengkonsumsi sayuran banyak dilakukan masyarakat.

Bagi hobiis berkebun disarankan untuk selalu mengikuti akun-akun media sosial berkebun. Akun berkebun dari media sosial mulai cara modern hingga tradisional. Berkebun menjadi terapi pikiran agar rileks juga untuk melatih kesabaran diri.

Dari akun berkebun tadi, ambillah tips dan triknya untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang variasi tanaman berkebun. Selain itu, kita juga bisa belajar tentang cara membuat taman indah dengan berbagai macam tanaman sayuran dan hias.



Berkebun Bagi Seorang Pemula


Bagi yang memulai, mencoba berkebun menjadi awal baik untuk mengisi waktu luang bermanfaat. Usaha ini menjadi upaya keluar dari rutinitas harian, untuk menghilangkan stress dan hobi baru.

Bagi pemula, berkebun pada awalnya tentu membosankan dan melelahkan. Namun bagi mereka yang menyukai tantangan, berkebun sesuai untuk dicoba. Apalagi bila pekarangan rumah masih kosong dan perlu dimanfaatkan.

Mencoba berkebun dapat menjadi usaha kecil layak dicoba. Karena sesungguhnya usaha berkebun ini menguntungkan dan menyenangkan dilakukan. Bila sudah tampak hasilnya, terasa sangat puas dan terbayar lunas segala jerih payah kita.

Adanya istilah " tangan dingin " dimana segala yang ditanam pasti berhasil, mungkin terbersit bagi pemula. Keraguan atas kemampuan diri, padahal dalam berkebun hanya perlu pengamatan dan pengalaman.

Banyak belajar dan bertanya dari orang-orang yang sudah berpengalaman. Juga sering membaca dan melihat tentang pengalaman petani sayuran lainnya. Selalu ada jalan selama kita mau berusaha dan bersabar.

Demikian artikel Kami judul : Berkebun di Rumah, Usaha Sampingan Bagi Pemula. Hubungi di nomer 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan segala kebutuhan dalam berkebun Anda. Seperti benih hibrida berbagai jenis sayuran. Juga ada pupuk, pestisida, hormon tanaman dan alat-alat pertanian.

Toko pertanian online LMGA Agro juga menerima layanan konsultasi gratis. Konsultasi mengenai seluk beluk berkebun dan bercocok tanam. Juga membantu mengatasi permasalahan di lahan dengan produk-produk di toko Kami.

Sebagai supplier pertanian, Kami telah berpengalaman dan dipercaya oleh petani dan toko pertanian. Kami mengajak kerjasama bagi dropship dan reseller pertanian. Kami terpercaya dan didukung oleh perusahaan pertanian terkemuka di Indonesia.

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh pelosok Indonesia. Bersama jasa pengiriman JNE, KI8, POS INDONESIA dan yang lainnya. Semoga artikel Kami menginspirasi untuk berkebun sebagai usaha sampingan pemula. Salam sukses...

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...