TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

01/12/2022

Cara Menanam Jagung Agar Buahnya Besar Terbaik Benih Berkualitas

tumbuhan,pangan,tanaman pangan,besar,buah
Budidaya Jagung Agar Berbuah Besar
Cara Menanam Jagung Agar Buahnya Besar Terbaik Benih Berkualitas. HP 082141747141 ( layanan telp ) dan 08125222117 ( Khusus Layanan WA ). Toko pertanian LMGA Agro jual produk pertanian benih hingga alat pertanian lengkap. 

Harga murah produk pertanian di Toko pertanian LMGA Agro supplier pertanian mitra Petani. Produk pertanian lengkap mulai benih berkualitas, pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian.

Toko pertanian LMGA Agro jual produk pertanian berkualitas terdekat dan praktis secara online. Beli sekarang produk kebutuhan bercocok tanam mulai benih, pupuk, pestisida dan alat pertanian.

Toko pertanian online terdekat LMGA AGRO menerima layanan konsultasi gratis mengenai pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia dan barang terjamin aman sampai tujuan.

Benih berkualitas terbaik dengan produksi tinggi kini bisa anda beli lewat toko pertanian Lmga Agro. Cara menanam jagung untuk hasil penen tertinggi bisa anda konsultasikan lewat team toko Lmga Agro.

Jagung dengan hasil tongkol besar dan rasa enak hanya dengan cara menanam jagung agar buahnya besar yang baik dan benar. Budidaya jagung memiliki nilai ekonomis tinggi. 

Agar produktivitas tinggi lakukan cara menanam jagung agar buahnya besar dan dengan memperhatikan kebutuhan tanaman. Benih jagung dengan ukuran tongkol besar berkualitas. 

Pilh bibit dari benih berkualitas menjadi salah satu cara menanam jagung agar buahnya besar. Bibit berasal dari benih terbaik dan dapat Anda beli di Toko Pertanian terdekat LMGA Agro lengkap. 

Tanaman Jagung Bernilai Ekonomis Tinggi

tanaman,hortikultura,pangan,ekonomi,tinggi
Tanaman Jagung Nilai Ekonomis Tinggi

Tanaman jagung merupakan tanaman semusim atau annual dengan satu siklus hidup selesai dalam waktu 80 - 150 hari. Paruh pertama merupakan tahap pertumbuhan vegetatif tanaman. 

Dan paruh kedua merupakan tahan pertumbuhan generatif. Tanaman jagung memiliki tinggi yang bervariasi, umumnya tinggi antara 1 - 3 meter. Ada juga varietas dengan tinggi sampai 6 meter. 

Tinggi tanaman terukur mulai permukaan tanah sampai ruas teratas sebelum bunga jantan. Jagung bernama ilmiah Zea mays L. menjadi salah satu tanaman pangan dunia penting selain padi dan gandum. 

Jagung merupakan sumber karbohidrat utama Amerika Tengah dan Selatan. Jagung pun telah menjadi sumber pangan alternatif alternatif di Amerika Serikat

Wilayah di Indonesia seperti Madura dan Nusa Tenggara menjadikan jagung sebagai makanan pokok. Selain sebagai makanan pokok dan sumber karbohidrat, jagung juga ditanam sebagai pakan ternak. 

Tanaman jagung sebagai pakan ternak saat masih hijauan maupun bentuk tongkolnya. Jagung diambil minyak dari bulir jagung dan dapat sebagai tepung jagung/maizena. 

Pola tanam budidaya jagung pada wilayah tropis seperti Indonesia biasanya tersusun selama 1 tahun dengan melihat curah hujannya. Terutama pada daerah/lahan bergantung dari curah hujan. 

Hal tersebut berkaitan dengan pemilihan jenis atau varietas benih jagung menyesuaikan kondisi lahan, adanya ketersediaan air atau menggantungkan dari curah hujan. 

Syarat Tumbuh Cara Menanam Jagung Agar Buahnya Besar

syarat,tumbuh,tanaman,tanaman jagung,syarat tumbuh jagung
Syarat Tumbuh Cara Menanam Jagung Agar Ukuran Buah Besar

Tanaman jagung berasal dari daerah tropis yang bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan dari luar daerah itu. Jagung tak menuntut persyaratan lingkungan yang sangat ketat.

Bahkan, tumbuhan ini bisa tumbuh pada berbagai macam tanah hingga pada kondisi tanah yang agak kering. Namun, untuk pertumbuhan yang optimal jagung membutuhkan beberapa persyaratan, yakni seperti :

  • Iklim

Iklim yang tanaman jagung kehendaki ialah daerah beriklim sedang sampai daerah beriklim subtropis / tropis yang basah. Jagung bisa tumbuh di daerah yang terletak antara 0 sampai 50 derajat LU hingga 0 sampai 40 derajat LS.

Pada lahan tanam yang tidak teririgasi, pertumbuhan tanaman ini membutuhkan curah hujan ideal sekitar 85 - 200 mm/bulan serta harus merata.

Pada fase pembungaan serta pengisian biji, tanaman jagung harus memperoleh curah air. Sebaiknya, jagung ditanam diawal musim hujan serta menjelang musim kemarau.

Pertumbuhan tanaman jagung sangat membutuhkan cahaya matahari. Tanaman jagung yang ternanungi pertumbuhannya akan kurang optimal, serta memberikan hasil biji yang kurang bagus bahkan tak bisa membentuk buah.

Baca Juga : Jarak Tanam Tomat Yang Ideal

Suhu yang dikehendaki tanaman jagung antara 21 - 34° C, akan tetapi untuk pertumbuhan tanaman yang ideal membutuhkan suhu optimal antara 23 - 27° C.

Pada proses perkecambahan benih jagung membutuhkan suhu yang cocok berkisar ± 30° C. Ketika panen, jagung yang jatuh ketika musim kemarau akan lebih baik ketimbang musim hujan. Hal itu karena berpengaruh terhadap waktu pemasakan biji serta pengeringan hasil.

  • Tanah

Jagung tidak membutuhkan persyaratan tanah yang khusus. Supaya bisa tumbuh secara optimal, tanah harus gembur, subur, serta kaya akan humus. Jenis tanah yang bisa ditanami jagung yakni latosol, andosol, tanah berpasir, dan grumosol.

Pada tanah - tanah bertekstur berat (grumosol) masih bisa ditanami jagung dengan hasil yang baik dengan pengolahan tanah secara baik. Sementara, untuk tanah bertekstur lempung / liat (latosol) berdebu adalah yang paling cocok untuk pertumbuhannya.

Keasaman tanah hubungannya erat dengan tingkat ketersediaan unsur hara tanaman. Tingkat keasaman tanah yang sesuai untuk pertumbuhan tanaman jagung ialah pH antara 5,6 sampai 7,5. Tanaman jagung memerlukan tanah dengan aerasi serta ketersediaan air dalam kondisi bagus.

Tanah dengan kemiringan < 8% bisa ditanami jagung karena disana kemungkinan terjadinya erosi cenderung sangat kecil. Sementara, daerah dengan tingkat kemiringan > 8% sebaiknya dibuatkan teras terlebih dahulu.

  • Pemilihan Lahan Serta Kondisi Lingkungan

Tanaman jagung bukanlah salah satu jenis tanaman yang sulit untuk ditanam. Dengan tingkat adaptasi yang tinggi dengan lingkungan, jagung juga tak terlalu banyak membutuhkan air. Jadi, tumbuhan hortikultura ini cocok untuk dibudidayakan di berbagai jenis kondisi geografis lingkungan.

Jagung mampu beradaptasi dengan baik di lingkungan dataran rendah ataupun dataran tinggi, seperti area pegunungan dengan ketinggian sekitar 1800 mdpl sampai area yang berada di ketinggian 3000 mdpl.

Kondisi tanah yang ideal bagi penanaman jagung adalah yang mempunyai kadar pH sekitar 5 hingga 8. Tetapi, kondisi tanah yang paling ideal ialah di ketinggian 1500 hingga 1900 mdpl.

Pastikan pula untuk menanam jagung tanah mengandung cukup unsur hara supaya bisa menghasilkan panen jagung dengan hasil yang baik juga optimal. Unsur hara yang dimaksud disini ialah tanah yang mengandung unsur fosfat, kalium, dan nitrogen.

Suhu yang tepat dibutuhkan ialah sekitar 21 sampai 30 derajat Celcius dan tanaman jagung wajib memperoleh intensitas cahaya matahari langsung selama minimal 8 jam per hari.

Jagung tak terlalu banyak membutuhkan air, sehingga curah hujan rata - rata yang diperlukan hanya sebesar 85 - 250 mm per bulan.

  • Pemilihan Benih Dalam Budidaya Tanaman Jagung

Memilih jenis bibit yang unggul juga baik akan mempengaruhi hasil dari panen nantinya. Sebab, kita tak memungkiri bila semakin baik jenis bibit akan makin baik pula hasil panen.

Sebagai petani harus jeli dalam memilih jenis bibit, mulai dari perbandingan kualitas sampai perbandingan harga. Supaya kita tak kecewa juga merugi, maka harus memilih benih jagung yang sehat dan tak memiliki penyakit.

  • Pemilihan Waktu Penanaman Tanaman Jagung

pemilihan waktu tanam yang sesuai jadi salah satu faktor penentu keberhasilan pemanenan jagung. Sebaiknya, pilih waktu penanaman benih jagung ketika akhir musim hujan. Akhir musim hujan umumnya bertepatan di bulan Mei sampai Juni.

Cara Menanam Jagung Secara Baik Serta Benar Agar Buahnya Besar

cara,menanam,jagung,budidaya,budidaya jagung
Cara Menanam Jagung Secara Baik Serta Benar

Untuk membudidayakan tanaman jagung tentu membutuhkan pedoman budidaya untuk menanam jagung secara baik dan benar. Dengan adanya pedoman budidaya secara baik dan benar, maka tanaman jagung bisa tumbuh secara sempurna.

Tahapan budidaya tanaman jagung secara baik dan benar yaitu :

  • Pembibitan

Benih yang akan digunakan sebaiknya bermutu tinggi, baik mutu fisik, genetik, serta fisiologinya. Benih dari varietas unggul bisa didapatkan jika menggunakan benih bersertifikat.
Pada umumnya benih yang diperlukan sangat bergantung pada kesehatan, kemurnian, serta daya tumbuh benih. Pemakaian benih jagung hibrida umumnya akan menghasilkan produksi yang lebih tinggi.
Namun, jagung hibrida memiliki beberapa keunggulan daripada varietas bersari bebas. Kelebihan itu seperti harga benihnya cenderung mahal serta hanya bisa dipergunakan maksimal 2 kali turunan serta tersedia dalam jumlah terbatas.

  • Penyiapan Benih

Benih bisa didapatkan dari penanaman sendiri yang dipilih berdasarkan beberapa tanaman jagung yang pertumbuhannya sehat. Dari tanaman yang dipilij, diambil yang tak terserang oleh hama penyakit, bertongkol besar, serta barisan biji lurus dan penuh tertutup rapat oleh klobot.

Tongkol dipetika ketika lewat fase matang fisiologi dengan ciri biji telah mengeras serta daun sebagian besar sudah menguning. Tongkol dikupas serta dikeringkan sampai benar - benar kering.

Dari tongkol yang telah kering, diambil biji kebagian tengah sebagai benih. Daya tumbuh benih harus > 90 %, bila kurang dari itu sebaiknya gantikan benih tersebut. Benih yang diperlukan yaitu sebanyak 20 - 30 kg per hektar.

Baca Juga : Merk Bibit Kangkung Yang Bagus Bika Pertiwi

  • Pengolahan Lahan Tanam

Sesudah menyiapkan lahan serta benih, untuk memperoleh hasil terbaik tahapan berikutnya ialah proses untuk pengolahan lahan tanam.

Pertama, gemburkan lahan yang akan ditanami jagung. Jika area tak terlalu lebar, bisa menggunakan metode manual yakni dengan mencangkul area lahan tanam. Namun, bila area terlalu besar bisa menggunakan traktor untuk menggemburkan tanah.

Sesudah tanah digemburkan, biarkan tanah atau lahan tanam tersebut sekitar 5 sampai 7 hari untuk diangin - anginkan. Untuk membajak area tanam, sebaiknya kedalamannya yakni berkisar 25 hingga 30 cm.

Tujuannya yakni supaya tanaman jagung nantinya bisa memperoleh cukup asupan oksigen. Ruangan yang Ruangan yang dibuat ini adalah dengan harapan membantu benih jagung menyerap nutrisi dari tanah secara maksimal.

Kedua, pada langkah selanjutnya ialah membersihkan atau menyiangi tanaman ataupun rerumputan liar (gulma) yang ada serta ikut menempel pada tanah yang akan menjadi area penanaman.

Ketiga, jika kadar asam tanah cukup tinggi (< 5), maka bisa menetralkannya dengan menambahkan dolomit pada tanah sebelum dipakai. Dosis yang harus diberikan ialah sebesar 1 ton per 2 hektar tanah.

Keempat, tambahkan pupuk kandang pada area yang akan diberikan bibit jagung untuk menyuburkan tanah. Selain itu, pemakaian pupuk kandang ini adalah supaya tanah lebih mengandung banyak unsur, seperti kalium, nitrogen, serta fosfat.

Untuk menstimulasi pertumbuhan tanaman jagung, bisa pula dengan cara menambahkan stimulan dengan bentuk pasta. Metodenya ialah dengan memberikan semprotan stimulan ini ke lahan yanag telah melalui proses pemupukan, yakni dengan pupuk kandang tadi.

Stimulan ini mengandung enzim serta juga antibiotik yang berfungsi untuk membantu memisahkan bahan kimia dari tanah supaya tak meracuni benih yang akan ditanam.

Sebab, tanah yang terbebas dari segala hal termasuk sisa pupuk kimia umumnya akan nampak lebih subur dan gembur. Produk stimulan ini cukup baik untuk mengusir hama tikus serta hama ular yang berimbas kerusakan pada tanaman jagung.

Kelima, Jika lahan yang akan dipakai untuk persiapan penanaman jagung ialah tanah ataupun lahan bekas sawah, maka hal tersebut merupakan hal yang sangat bagus. Karena keadaan tanah tersebut lembab serta banyak mengandung protein sehingga siap langsung untuk dapat ditanami benih jagung.

Kemudian, sebaiknya jangan lupa memberikan drainase pada area tanam supaya lahan tak terlalu basah ataupun tergenang air. Dapat juga dengan alternatif cara dengan membuat sistem bedengan.

Sistem bedengan ini merupakan sistem yang akan membantu proses drainase pada lahan pertanian. Untuk bedengan ini dapat dibuat secara mudah. Buat bedengan dengan panjang 20 - 30 cm dan lebar bedengan 1 meter.

Keenam, langkah lanjutan dari tahapan budidaya jagung ini membuat lubang tanam berkedalaman 5 cm. Ketika membuat lubang, berikan jarak antar lubang satu sama lainnya.

Idealnya, untuk penanaman jagung diperlukan jarak sekitar 50 sampai 70 cm. Tentunya, hal ini bisa menjadikan calon tanaman jagung bisa berkembang lebih baik.

  • Proses Penanaman

Sesudah segala sesuatu yang berkaitan dengan proses pengolahan lahan, maka area lahan tanam pun pastinya sudah siap. Seperti penjelasan sebelumnya, penanaman benih jagung lebih bagus dilakukan ketika awal musim hujan.

Tetapi, apabila ingin melakukannya saat musim kemarau, pastikan supaya pengairan berjalan dengan baik. Metode penanaman jagung ini dapat dilakukan dengan memasukkan 1 sampai 2 benih jagung pada 1 lubang tanam ataupun lubang tunggalan.

Tahapan berikutnya ialah dengan mengcover lubang dengan memakai pupuk kompos. Kemudian, berikan pengairan yang cukup dan tepat supaya kelembabannya cukup baik. Pada umumnya, untuk area tanam jagung sekitar 1 hektar memerlukan 8 kilo benih.

  • Pemeliharaan

Proses ini ialah tahapan krusial dimana akan menentukan hasil panen yang akan kita petik supaya hasilnya maksimal. Tahapan - tahapan dari proses pemeliharaan ini, meliputi banyak hal, yakni :

     1. Penyulaman

Tahapan penyulaman ini ialah proses pengecekan secara langsung dari bibit jagung yang sudah ditanam dengan jangka waktu kurang lebih selama 1 minggu.

Tujuan dari penyulaman ini ialah untuk memastikan pertumbuhan bibit jagung berkembang dengan baik. Di tahap penyulaman ini, petani juga perlu mengecek apakah ada bibiit yang tumbuh dengan baik.

Jika ada bibit yang tak mengalami proses pertumbuhan dengan baik, perlu untuk mencabut ataupun menyingkirkannya dan segera menggantikannya dengan benih jagung yang baru.

      2. Penyiangan

Tahapan penyiangan ini dilakukan pada tanaman jagung yang telah berumur 2 minggu. Caranya ialah dengan membersihkan rumput ataupun tanaman liar (gulma) yang tumbuh di sekitaran jagung.

Sebab jika tumbuhan gulma ini dibiarkan akan mengganggu laju pertumbuhan benih jagung. Pembersihan gulma ini dapar dilakukan dengan cara manual ataupun memakai pestisida.

       3. Penyiraman

Tahapan berikutnya yakni tahapan penyiraman yang bertujuan untuk memberi kelembaban tanah dan menghindarkan tanaman jagung dari resiko kekeringan.

Untuk menyirami tanaman ini, lebih ekstra untuk dilakukan apabila melakukan penanaman ketika musim kemarau. Petani wajib memastikan tanaman tetap lembab serta tak dehidrasi ataupun kekurangan air.

        4. Pemupukan Tanaman

Pemupukan merupakan tahapan yang tak boleh dilewatkan. Walaupun selama proses penyiapan lahan tanam telah dilakukan pemupukan, tetapi Anda harus menambah asupan pupuk.

Tujuan pemupukan kali ini ialah menambah nutrisi untuk tanaman jagung. Seperti halnya manusia, tumbuhan pun tetap membutuhkan nutrisi tambahan supaya tetap sehat serta proses ini harus berkelanjutan.

Nah, untuk tumbuhan jagung mendapatkan nutrisi yang berasal dari proses pemupukan itu. Supaya tak kekurangan unsur hara, yakni kalium, fosfat, serta nitrogen. Proses pemupukan ini dilakukan ketika jagung berumur sekitar 2 bulanan.

  • Pengendalian Hama Juga Penyakit

Untuk bisa tumbuh secara optimal, maka tahapan pengendalian hama dan penyakit tak boleh dilewatkan. Jika tanaman jagung telah terinfeksi oleh hama dan penyakit maka telah sewajarnya bila Anda perlu melakukan pembasmian hama dan penyakit dengan efisien serta tepat sasaran.

Hama dan penyakit mempunyai karakteristik yang berbeda maka kita perlu memiliki trik tersendiri untuk membasmi serangan hama dan penyakit.

Beberapa jenis hama yang seringkali menyerang tanaman dari jenis hortikultura ini seperti tikus, belalang, kutu daun, ulat tongkol, penyakit bukai, dan penyakit karatan.

Baca Juga : Jual Benih Wortel Dan Bawang Daun Terlengkap

  • Panen

Sesudah melalui berbagai proses, tanaman jagung pun sudah bisa dipanen. Proses pemanenan ini sudah bisa dilakukan ketika tanaman berumur 65 - 75 hari.

Metode pemanenannya yaitu dengan cara memutar bagian tongkol jagung sampai terpisah dengan tangkai ataupun batang jagung.

Tanda jagung telah matang ataupun siap panen dapat terlihat dengan adanya titik hitam yang nampak pada bagian ujung jagung. Kemudian kulit jagung berwarna kecoklatan serta ukuran jagung telah mencapai 7 cm.

Sesudah dipanen, jagung belum siap untuk langsung dikonsumsi ataupun diperjualbelikan. Sebab, dalam kondisi jagung masih basah juga lembab, sehingga cenderung rentan terkontaminasi oleh bakteri dan jamur. Jadi, jagung perlu dijemur lebih dulu di bawah cahaya matahari.

Demikianlah artikel berjudul Cara Menanam Jagung Agar Buahnya Besar Terbaik Benih Berkualitas ini kami tuliskan kepada Anda semua.

Semoga bisa bermanfaat dan berdampak positif untuk seluruh pembaca. Hubungi kontak kami melalui no. telepon 082141747141 (Khusus Layanan Telepon) dan 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). 

Toko pertanian LMGA AGRO jual aneka produk pertanian lengkap untuk budidaya tanaman, seperti zpt, alat pertanian, pestisida, pupuk, benih, dan sebagainya.

Produk pertanian yang toko pertanian terdekat LMGA AGRO jual dengan harga murah dan grosir. Beli sekarang juga dan kami akan siap mengirimkan pesanan ke alamat Anda dengan jaminan aman dan pasti sampai ke alamat tujuan.

Semoga artikel kami bisa membantu Anda semua. Salam sukses selalu.

RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.