BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

23/05/2023

Read

Bibit Cabe Rawit Kaliber Berkualitas Terbaik Hasil Terjamin - LMGA AGRO

Bibit Cabe Rawit Kaliber, bibit, cabe, cabe rawit, kaliber
Bibit Cabe Rawit Kaliber
Bibit Cabe Rawit Kaliber Berkualitas Terbaik Hasil Terjamin. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO.

LMGA AGRO merupakan toko pertanian online yang jual beraneka macam kebutuhan pertanian lengkap dengan jaminan harga murah.

Toko pertanian terdekat LMGA AGRO ialah toko tani terpercaya yang berlokasi di Kota Kediri, Jawa Timur.

Kami telah lama bergelud di sektor pertanian dan sudah mempunyai banyak konsumen di seluruh penjuru Nusantara.

LMGA AGRO merupakan dropshipper, distributor, supplier, reseller, dan agen produk pertanian dengan reputasi terpercaya. Kami berani memberikan jaminan apabila seluruh pesanan konsumen terjamin sampai ke alamat konsumen.

Produk bibit cabe rawit Kaliber kini telah tersedia di toko pertanian terdekat LMGA AGRO. LMGA AGRO jual bibit cabe rawit Kaliber kualitas unggul dengan jaminan original. Segera dapatkan bibit cabe rawit Kaliber harga murah hanya melalui LMGA AGRO.

Untuk masyarakat Indonesia, terdapat banyak sekali kebutuhan yang harus dipenuhi dalam kebutuhan sehari – hari, salah satunya adalah cabai. Hal itu bisa terlihat dengan begitu besarnya permintaan masyarakat terhadap komoditas hortikultura ini.

Besarnya permintaan masyarakat tersebut sejalan dengan besarnya masyarakat penggemar cita rasa pedas. Maka tidaklah salah apabila cukup banyak olahan makanan Indonesia yang memiliki cita rasa pedas.

Cukup banyak contoh makanan bercita rasa pedas yang menggunakan cabai sebagai penambah cita rasa pedas. Semisal saja seperti ayam penyet, oseng mercon, ayam betutu, seblak, dan sebagainya.

Selain lezat dan nikmat, aneka manfaat baik bisa tubuh peroleh dengan mengkonsumsi caba. Tetapi, dengan catatan Anda harus mengkonsumsinya dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Contoh beberapa bentuk manfaat tersebut yakni seperti :

  • Membunuh sel kanker dalam tubuh

Zat capsaicin di dalam cabai terbukti bisa memberikan berbagai manfaat. Salah satu manfaatnya ialah zat ini mampu menekan tumbuhnya kanker prostat. Dengan fakta tersebut, maka cabe sangat sesuai dalam mencegah kemunculan kanker dalam tubuh.

  • Melegakan hidung tersumbat

Lendir penyumbat penutup saluran hidung tersumbat akan menjadi encer karena mengkonsumsi cabe yang mengandung zat capsaicin. Hal tersebut tentu saja menjadikan saluran pernafasan menjadi jauh lebih lega.

  • Meredakan rasa sakit

Tubuh akan menghasilkan hormon endorfin ketika mengkonsumsi cabai. Hormon ini terbukti bisa mengatasi rasa sakit, sehingga rasa sakit dalam tubuh pun dapat segera teratasi.

Baca Juga : Jual Fungisida Trivia Bayer Harga Terjangkau

Cabai Rawit Pilihan Tepat Untuk Petani Budidayakan

cabai,cabai rawit,tanaman,tanaman cabe rawit,budidaya
Cabai Rawit Pilihan Tepat Untuk Petani Budidayakan

Salah satu jenis cabai yang cukup banyak petani pilih untuk tanam ialah cabe rawit. Nama lain dari tumbuhan asli dari benua Amerika ini yaitu bernama Capsicum frutescens.

Tumbuhan ini tumbuh baik di daerah tropis, salah satunya ialah Indonesia. Cabe rawit paling sesuai petani tanam di daerah dataran rendah berketinggian 0 – 500 mdpl.

Sebenarnya, pada daerah dataran tinggi pun dapat saja terus tumbuh serta berbuah. Tetapi akan terjadi penurunan tingkat produktivitas. Selain itu, periode panen serta produksi biji pun nantinya juga akan menjadi lebih kecil ketimbang seharusnya.

Di Indonesia sendiri telah cukup banyak jenis cabe rawit yang bisa petani tanam. Tetapi, yang paling banyak ditanam adalah varietas cabe rawit hijau dan putih.

Budidaya cabe memanfaatkan jenis cabe rawit resikonya jauh lebih kecil ketimbang memanfaatkan varietas cabai lainnya.

Tipe cabe rawit termasuk lebih tahan terhadap serangan organisme pengganggu tanaman. Dengan begitu, maka jumlah petani yang memanfaatkan tumbuhan ini makin banyak setiap harinya.

Bibit Cabe Rawit Kaliber Produk Unggul Cocok Petani Tanam

bibit cabe,bibit cabe rawit,unggul,wijitani,cabe rawit kaliber,cabe kaliber
Bibit Cabe Rawit Kaliber Produk Unggul Cocok Petani Tanam

Untuk bisa memperoleh hasil panen cabe rawit secara lebih maksimal, tentunya petani perlu bibit cabe rawit berkualitas unggulan.

Di kalangan petani pun telah banyak beredar produk bibit cabe rawit yang bisa jadi pilihan utama. Nah, apabila Anda bingung ingin memilih produk bibit manakah yang akan dibudidayakan, LMGA AGRO siap untuk membantu.

Kami memiliki rekomendasi produk bibit yang sangat cocok petani gunakan. Salah satu produk bibit cabe rawit unggulan rekomendasi LMGA AGRO ialah Kaliber.

Kaliber ialah bibit cabe rawit non hibrida produksi CV Jogja Agro Wiji Lestari (Wiji Tani) dengan kualitas unggulan. Bibit cabe rawit Kaliber bisa menjadi pilihan terbaik untuk petani ataupun konsumen umum.

Walaupun masih tergolong produk baru di pasaran, namun kualitas produk Kaliber tak perlu konsumen ragukan. Selain itu, kelebihan yang terdapat dalam bibit cabe rawit Kaliber membuat petani semakin mudah ketika mulai membudidayakannya.

Contoh beberapa kelebihan dan karakteristik unggul dari produk bibit cabe rawit Kaliber yaitu seperti :

  1. Fisik cabe rawit Kaliber Wijitani tergolong kokoh, tegak, ruas pendek, serta memiliki cabang produktif
  2. Bibit cabe rawit Kaliber mempunyai kemampuan adaptasi yang baik di daerah dataran rendah sampai tinggi saat musim kemarau dan hujan
  3. Bibit cabai Kaliber memiliki daya tumbuh sebesar ± 85 %
  4. Tingkat kemurnian bibit cabe rawit Kaliber cukup besar, yakni ± 95 %
  5. Bibit cabe rawit Kaliber cukup toleran terhadap serangan hama Aphid, thrips, maupun penyakit antraknosa
  6. Penanaman cabe rawit memakai bibit Kaliber lebih mudah juga aman karena sudah tahan serangan hama serta penyakit
  7. Bibit cabe rawit terbaik Kaliber sudah memiliki ketahanan terhadap Geminivirus dan cukup mudah dirawat
  8. Proses pembentukan buah cabai menggunakan bibit Kaliber tetap mudah walaupun kondisi cuaca tergolong buruk
  9. Buah cabe rawit Kaliber berdiameter ± 10 – 15 milimeter dan panjang ± 4 – 5 centimeter
  10. Buah cabai Kaliber berwarna hijau kekuningan saat muda lalu berubah merah kekuningan saat tua dengan cita rasa pedas
  11. Cabe rawit Kaliber sudah tahan simpan dan juga pengangkutan jarak jauh
  12. Buah cabe rawit Kaliber telah bisa Anda panen saat berumur ± 95 sampai 100 hari setelah pindah tanam
  13. Potensi hasil panen cabe rawit memakai bibit Kaliber tergolong cukup tinggi, yakni mencapai ± 750 buah/tanaman (10 ton/ha)
  14. Produk bibit cabai Kaliber telah terdaftar legal ke sistem Kementan RI melalui SKKB : 213/BPSBP DIY/PRD/SLM/I/2012

Nah, itulah dia deretan contoh kelebihan dan karakteristik unggul dari bibit cabai Kaliber. Berbagai macam kelebihan – kelebihan tersebut telah membuktikan sendiri kualitas dari bibit cabe rawit Kaliber.

So, tertarik untuk membuktikan sendiri kualitas dari bibit cabai rawit Kaliber ?

Potensi Peluang Usaha Agribisnis Bibit Cabe Rawit Kaliber

Berbagai macam kelebihan / keunggulan dari bibit cabe rawit Kaliber membuatnya menjadi sangat menarik untuk banyak konsumen. Utamanya untuk petani yang ingin menggunakan bibit cabai rawit Kaliber menjadi sebuah peluang agribisnis menguntungkan.

Tingginya permintaan pasar menjadikan potensi hasil panen cabai Kaliber tergolong sangatlah menguntungkan. Maka tak mengherankan apabila banyak petani yang ingin memanfaatkan bibit cabe rawit Kaliber Wijitani.

Budidaya cabe rawit Kaliber bisa Anda lakukan di berbagai tempat. Bahkan, apabila Anda tak memiliki lahan berukuran besar Anda tetap bisa melakukan pembudidayaan di pekarangan rumah yang berukuran kecil.

Hasil panen yang dihasilkan nantinya akan menjanjikan asalkan lokasi lahan tanam cabe rawit Kaliber sudah memenuhi syarat tumbuhnya. Sehingga, hal tersebut mampu membuat jumlah potensi hasil panen cabai produksi Jogja Agro Lestari menjadi lebih maksimal.

Pemakaian pekarangan rumah sebagai tempat pembudidayaan bisa menjadi solusi alternatif dalam memecahkan masalah keterbatasan lahan tanam.

Metode tanam secara hidroponik sangat cocok untuk pembudidayaan tanaman di pekarangan rumah. Pemakaian metode tanam hidroponik bisa menjadi solusi paling sesuai karena memiliki banyak kelebihan.

Semisal saja seperti tak akan terganggu oleh ancaman opt yang asalnya dari dalam tanah. Terlebih lagi, dalam kurun waktu 2 tahun terakhir pandemi Corona, penggunaan metode hidroponik menjadi jauh lebih terkenal.

Hal tersebut sangat wajar karena saat awal masa pandemi Corona Pemerintah memberlakukan peraturan yang melarang untuk keluar rumah (apabila tak ada keperluan penting).

Larangan tersebut tentu saja menyebabkan banyak orang menjadi bosan karena tak boleh keluar rumah. Nah, budidaya tanaman memakai metode tanam hidroponik menjadi salah satu cara dalam menghilangkan kebosanan.

Selain bisa menghilangkan kebosanan, hasil panen cabe rawit Kaliber juga dapat dijual untuk membuat pundi – pundi penghasilan bertambah.

Baca Juga : Benih Tomat Anti Virus Solusi Unggulan Untuk Petani

Ketahanan Bibit Cabe Rawit Kaliber Terhadap Organisme Pengganggu

Salah satu keunggulan utama dari bibit cabe rawit Kaliber yaitu mempunyai ketahanan terhadap organisme pengganggu tanaman.

Organisme pengganggu tanaman atau sering orang kenal sebagai OPT (contohnya seperti hama serta penyakit) harus petani waspadai, sehingga perlu tertangani dengan baik.

Contoh beberapa organisme pengganggu yang bibit cabe rawit Kaliber tahan serangannya yakni seperti :

  • Aphid

Kutu daun (Aphid) ialah hewan serangga yang cukup meresahkan petani. Walaupun tubuhnya berukuran cukup kecil, hewan ini harus petani waspadai.

Tubuh Aphid cenderung bertekstur lunak dan memiliki antena panjang serta kaki – kaki. Warna tubuhnya cenderung bervariasi, seperti coklat, merah, kuning, dan hitam, tergantung dengan spesiesnya.

Wujudnya pun bervariasi, mulai dari varietas tak bersayap dan varietas bersayap. Aphid biasanya hidup dan makan secara bergerombol pada pucuk tunas serta bagian bawah daun muda gemuk.

Aphid memakai bagian ovipositor pada tubuhnya untuk dapat menembus jaringan tanaman lunak dan juga mengisap cairan di dalam jaringan tanaman.

Beberapa spesiesnya juga mampu membawa virus yang mampu menyebabkan berkembangnya penyakit lain.

Gerombolan Aphid dalam jumlah besar mampu menyebabkan daun serta pucuk layu, berkerut, menguning, serta pertumbuhan tanaman menjadi terhambat.

Saat menyerang tanaman, Aphid bisa menghasilkan kotoran dengan bentuk seperti madu. Madu hasil sekresi Aphid ini nantinya mampu membuat gerombolan semut menjadi tertarik.

  • Antraknosa

Antraknosa terjadi karena serangan patogen jamur dari genus Colletotrichum. Colletotrichum capsici dan Colletotrichum gloeosporioides merupakan beberapa patogen jamur penyebab penyakit antraknosa.

Cendawan ini mampu menginfeksi tanaman dalam seluruh fase pertumbuhan (mulai fase perkecambahan hingga pasca panen). Sisa tanaman, inang alternatif, dan di dalam maupun sekitar biji merupakan tempat dimana patogen jamur ini bisa bertahan hidup.

Cendawan Colletotrichum mampu menyebar melalui perantara media air irigasi ataupun hujan dan tumbuh subur dalam periode hangat serta basah.

Buah bisa terinfeksi pada suhu berkisar ± 10° sampai 30° C. Tetapi, suhu optimal untuk perkembangan jamur yakni dari suhu 23 sampai 27° C.

Permukaan buah yang basah semakin membuat parah penyakit antraknosa. Kemunculan luka melingkar ataupun bersudut pada buah, kemudian menjadi lunak dan sedikit cekung merupakan gejala awal penyakit antraknosa.

Bagian tengah luka berwarna coklat atau orange, kemudian berubah warna menjadi berwarna hitam. Sedangkan, jaringan sekitarnya memiliki warna yang cenderung lebih terang.

Permukaan buah sebagian besar dapat tertutupi oleh luka. Pada bintik – bintik buah pun seringkali dijumpai cincin konsentris.

Buah hijau yang masih belum matang bisa mengalami infeksi tersembunyi serta tak menunjukkan gejala apapun sampai buah sudah masak.

Gejala pada bagian dan juga daun terlihat dengan kemunculan bintik berukuran kecil abu – abu kecoklatan dengan tepian yang memiliki warna coklat tua.

Saat akhir musim, buah yang telah matang mampu membusuk serta bagian cabang mengalami mati pucuk.

  • Thrips

Thrips (Scirtothrips dorsalis) dewasa mempunyai tubuh berwarna kekuningan. 50 butir telur bisa serangga thrips betina hasilkan dalam sekali bertelur.

Telur – telur tersebut bentuknya seperti kacang putih keabu – abuan serta diletakkan dalam daun muda serta kuncup. Telur biasanya masuk ke dalam masa inkubasi selama ± 3 hingga 8 hari.

Nimfa yang masuk ke dalam proses metamorfosis akan turun dari tanaman ia berada. Lalu, mereka akan menyelesaikan proses perkembangannya pada sisa dedaunan maupun tanah gembur.

Ketika masuk ke fase pupa, fase tersebut umumnya akan berlangsung antara 2 hingga 5 hari. Bagian bawah daun muda menjadi bagian yang paling disukai oleh nimfa maupun thrips dewasa.

Mereka umumnya memangsa dengan cara memarut dan juga menembus jaringan, lalu mengisap cairan yang keluar dari dalam jaringan tanaman.

Akibatnya, banyak daun yang terserang akan memunculkan bercak coklat muda hingga perak dan menunjukkan gejala pengeritingan (deformasi).

Dalam kasus berat, terjadi pengeritingan parah pada daun serta daun akan mengalami kerontokan sebelum waktunya dari tanaman.

Goresan pada kelopak bunga merupakan bekas gigitan thrips dan bisa menyebabkan bunga mengering serta rontok. Bercak, keropeng, serta berubahnya bentuk buah mampu mengurangi nilai jual buah di pasaran.

Puncak serangan thrips umumnya terjadi ketika tanah yang diaplikasikan pupuk nitrogen dalam jumlah berlebihan dan ketika bulan kemarau.

Baca Juga : Katalog Benih Pepaya Kualitas Unggulan

Jual Bibit Cabe Rawit Kaliber Harga Terjangkau

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Bibit Cabe Rawit Kaliber Harga Terjangkau

Apabila pembaca sedang mencari bibit cabe rawit Kaliber, maka LMGA AGRO adalah jawaban paling pas. LMGA AGRO jual bibit cabe rawit Kaliber berkualitas unggulan.

Toko online LMGA AGRO jual bibit cabai Wijitani Kaliber jaminan original produksi dari produsen Jogja Agro Lestari.

Selain itu, kami pun juga memiliki aneka tips serta trik dalam memaksimalkan potensi hasil panen cabe rawit Kaliber. Sehingga, petani tak usah merasa bingung lagi dalam memaksimalkan budidaya cabe rawit Kaliber.

LMGA AGRO juga menjual beraneka macam kebutuhan pertanian lainnya selain bibit cabe rawit Kaliber. Kami berani memberikan jaminan apabila seluruh produk yang LMGA AGRO jual terjamin original dari produsen namun harganya terjamin terjangkau.

Untuk memastikan pesanan produk bibit cabe rawit Kaliber terjamin hingga ke tujuan, LMGA AGRO menjamin kerjasama dengan mitra pengiriman terpercaya.

Contoh beberapa mitra pengiriman rekan LMGA AGRO yakni seperti KI8, JNE, Pos Indonesia, dan J&T. Nama – nama mitra pengiriman kami kualitasnya sudah teruji, sehingga konsumen tak usah ragu menggunakan jasanya. Tentunya pesanan bibit cabe rawit Kaliber akan terjamin sampai hingga ke tangan konsumen.

Tunggu apalagi, sekarang ? Pesan segera bibit cabe rawit Kaliber ataupun produk lain dari LMGA AGRO sebelum Anda tak kebagian !!

Nah, itulah dia artikel bertema bahasan mengenai bibit cabe rawit Kaliber ini kami tuliskan dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga bisa memberikan manfaat dan juga berdampak bagus untuk semua pembaca.

Apabila masih ada hal – hal kurang jelas tentang artikel berjudul Bibit Cabe Rawit Kaliber Berkualitas Terbaik Hasil Terjamin ini, segera hubungi LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Sukses selalu dan sampai berjumpa lagi dalam artikel baru LMGA AGRO selanjutnya.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.