BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

05/05/2023

Read

Cabai Rawit Kaliber Kualitas Unggul Cocok Bagi Petani - LMGA AGRO

cabai rawit kaliber,cabai,rawit,kaliber,cabai rawit
Cabai Rawit Kaliber
Cabai Rawit Kaliber Kualitas Unggul Cocok Bagi Petani. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO.

LMGA AGRO merupakan toko pertanian online yang jual berbagai kebutuhan pertanian terlengkap dengan harga murah.

Toko pertanian online LMGA AGRO merupakan toko tani terpercaya berlokasi di Kediri, Jawa Timur.

Kami sudah lama berkecimpung di sektor pertanian dan telah memiliki banyak konsumen di semua penjuru Nusantara.

LMGA AGRO ialah reseller, supplier, distributor, dropshipper, dan agen produk pertanian bereputasi terpercaya. Kami berani memberi jaminan jika seluruh pesanan konsumen terjamin sampai hingga ke tangan konsumen.

Benih cabai rawit Kaliber tersedia di toko pertanian terdekat LMGA AGRO. LMGA AGRO jual bibit cabai rawit Kaliber original produksi Wijitani. Segera beli dan dapatkan benih cabai rawit Kaliber harga murah hanya di LMGA AGRO.

Cabai sejak dulu sampai sekarang menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi masyarakat Indonesia. Hal itu sangat berdasar karena permintaan masyarakat terhadap komoditi ini tergolong sangat tinggi.

Permintaan masyarakat yang besar tersebut sejalan dengan besarnya jumlah masyarakat penggemar makanan bercita rasa pedas.

Dengan reputasi masyarakat Indonesia yang menggemari makanan bercita rasa pedas, maka tak salah apabila Indonesia memiliki banyak olahan makanan pedas.

Ada banyak contoh makanan bercita rasa pedas yang memanfaatkan buah cabai sebagai penghasil cita rasa pedas. Sebutlah saja contohnya seperti seblak, oseng mercon, ayam penyet, ayam betutu, dan sebagainya.

Selain lezat juga nikmat, mengkonsumsi cabai juga mampu memberikan aneka manfaat baik untuk tubuh. Tetapi, Anda tak boleh mengkonsumsinya berlebihan agar tak memberikan efek buruk untuk tubuh.

Contoh beberapa bentuk manfaat itu yaitu :

  • Membunuh sel kanker dalam tubuh

Zat capsaicin dalam cabai terbukti mampu memberi banyak manfaat untuk tubuh. Manfaat itu salah satunya ialah zat ini mampu menekan tumbuhnya tumor kanker prostat.

Dengan fakta tersebut, maka cabe sudah terbukti sangat cocok dalam mencegah timbulnya kanker dalam tubuh.

  • Mengatasi rasa sakit

Hormon endorfin akan tubuh hasilkan ketika mengkonsumsi cabai. Hormon ini terbukti bisa mengatasi rasa sakit pada tubuh, sehingga nantinya rasa sakit pada tubuh pun dapat segera teratasi.

  • Melegakan hidung tersumbat

Zat capsaicin dalam cabe mampu membuat saluran hidung yang tengah tersumbat serta mengencerkan lendir penyumbat. Hal tersebut tentu saja menjadikan saluran pernafasan menjadi lebih lega.

Baca Juga : Jual Bibit Sios Tavi Murah

Cabe Rawit Pilihan Tepat Dan Terbaik Untuk Petani

cabe,cabe rawit,tanaman,tanaman cabe,tanaman cabe rawit
Cabe Rawit Pilihan Tepat Dan Terbaik Untuk Petani

Salah satu varietas cabai yang cukup banyak petani budidayakan ialah varietas cabai rawit. Nama lain dari tumbuhan asli dari benua Amerika ini ialah Capsicum frutescens.

Tumbuhan ini tumbuh baik di daerah tropis, salah satunya ialah Indonesia. Cabai rawit paling sesuai petani budidayakan di daerah dataran rendah berketinggian 0 – 500 mdpl.

Di daerah dataran tinggi pun sebenarnya bisa saja tumbuh serta berbuah. Tetapi hal itu menyebabkan tingkat produktivitasnya menjadi menurun. Selain itu, periode panen serta biji pun nantinya juga menjadi lebih berkurang.

Di Indonesia sendiri telah cukup banyak varietas cabai rawit yang bisa petani tanam. Tetapi yang paling banyak petani tanam adalah varietas cabai rawi putih serta hijau.

Budidaya cabai memakai cabai rawit resikonya jauh lebih rendah ketimbang memakai varietas cabe lain. Tipe cabe rawit termasuk lebih tahan terhadap serangan organisme pengganggu, sehingga petani cukup banyak memanfaatkannya untuk dibudidayakan.

Cabai Rawit Kaliber Produk Terbaru Cocok Petani Budidayakan

wijitani,jogja agro lestari,kaliber wijitani,kaliber jogja agro lestari,cabe kaliber
Cabai Rawit Kaliber Produk Terbaru Cocok Petani Budidayakan

Untuk bisa memperoleh hasil panen cabai rawit secara optimal, petani tentunya perlu benih cabai rawit berkualitas unggul. Di kalangan petani sendiri telah banyak beredar produk benih cabai rawit yang mampu menjadi pilihan.

Nah, bila Anda bingung ingin memilih produk benih mana yang akan dibudidayakan, LMGA AGRO siap untuk membantu. Kami memiliki rekomendasi produk bibit yang dapat menjadi pilihan bagi petani.

Salah satu produk benih cabai rawit yang bisa menjadi pilihan petani adalah Kaliber. Kaliber ialah benih cabai rawit non hibrida kualitas unggul produksi CV Jogja Agro Lestari (Wiji Tani).

Bibit cabai rawit Kaliber bisa menjadi pilihan terbaik untuk petani ataupun kalangan umum. Walaupun produk ini tergolong masih cukup baru, namun kualitas produk Kaliber tak usah diragukan lagi.

Selain itu, kelebihan – kelebihan yang ada dalam benih cabe rawit Kaliber membuat petani semakin mudah ketika membudidayakannya.

Contoh beberapa karakteristik dan kelebihan dari bibit cabai rawit Kaliber yaitu :

  1. Fisik cabai rawit Kaliber Wijitani tergolong kokoh, ruasnya pendek, tegak, serta memiliki percabangan produktif
  2. Cabai rawit Kaliber mempunyai kemampuan adaptasi yang bagus di daerah dataran rendah sampai tinggi saat musim kemarau maupun penghujan
  3. Daya tumbuh cabe rawit Kaliber tergolong cukup tinggi, yakni mencapai ± 85 %
  4. Tingkat kemurnian cabe Kaliber berkisar ± 95 %
  5. Cabai rawit Kaliber toleran terhadap serangan hama Aphid, thrips, dan juga penyakit antraknosa
  6. Pembudidayaan cabai rawit Kaliber lebih mudah dan aman karena telah tahan terhadap serangan hama serta penyakit
  7. Kaliber benih cabai rawit unggulan tahan serangan virus Gemini serta mudah dipelihara
  8. Proses pembentukan buah cabai rawit Kaliber tetap mudah walau kondisi cuaca tengah buruk
  9. Buah cabai rawit Kaliber panjangnya ± 4 – 5 centimeter serta berdiameter ± 10 - 15 milimeter
  10. Cabai rawit Kaliber ketika muda kulit buahnya berwarna hijau kekuningan dan berubah warna menjadi merah kekuningan ketika tua
  11. Cabai rawit Kaliber lebih tahan simpan dan juga tahan pengangkutan jarak jauh
  12. Cabai rawit Kaliber telah bisa dipanen saat berumur ± 95 sampai 100 hari setelah pindah tanam
  13. Potensi hasil panen cabai rawit Kaliber tergolong cukup besar, yakni berkisar ± 10 ton per ha (750 buah per tanaman)
  14. Produk bibit cabai rawit Kaliber telah terdaftar ke Kementan RI melalui SK No. 15/Kpts/SR.130/D/1/2020

Itulah sederet kelebihan – kelebihan dari produk benih cabai rawit Kaliber. Berbagai macam kelebihan itu telah membuktikan sendiri kualitas dari bibit Kaliber produksi Jogja Agro Lestari. So, tertarik membuktikan sendiri kualitas dari Kaliber ?

Baca Juga : Summer Autumn Benih Known You Seed Terbaik

Potensi Peluang Agrobisnis Cabai Rawit Kaliber

Banyaknya keunggulan dari cabai rawit Kaliber Wijitani menjadikannya sangat menarik bagi banyak konsumen. Terutama yakni untuk petani yang ingin memanfaatkan budidaya cabe rawit Kaliber menjadi sebuah peluang usaha agribisnis.

Tingginya permintaan pasar menjadikan potensi hasil panen cabai Kaliber tergolong sangat menguntungkan. Maka tak mengherankan apabila banyak petani cukup tertarik dengan produk benih cabai Kaliber Wijitani.

Budidaya cabai Kaliber bisa dilakukan di banyak tempat. Bahkan, apabila Ana tidak memiliki lahan besar bisa memakai pekarangan rumah berukuran kecil sebagai tempat pembudidayaan.

Asalkan lokasi lahan tanam benih cabe Kaliber telah memenuhi syarat tumbuhnya, maka hasil pun nantinya bisa terjamin menguntungkan. Dengan begitu, maka hal itu bisa mengoptimalkan potensi hasil panen cabe produksi Jogja Agro Lestari ini.

Pemakaian pekarangan rumah sebagai tempat pembudidayaan bisa jadi solusi efektif dalam mengatasi terbatasnya lahan tanam.

Metode tanam yang bisa dilakukan pada pekarangan rumah bisa memanfaatkan metode tanam secara hidroponik. Pemakaian metode tanam ini bisa menjadi solusi terbaik karena punya banyak kelebihan.

Keunggulan paling nyata itu semisal seperti bisa terbebas dari ancaman organisme pengganggu yang asalnya dari dalam tanah.

Terlebih lagi selama kurun waktu 2 tahun terakhir, masa pandemi Corona budidaya tanaman memanfaatkan metode hidroponik menjadi lebih populer.

Hal tersebut menjadi sangat wajar mengingat saat awal masa pandemi Pemerintah memberlakukan larangan keluar rumah (apabila tidak penting).

Pelarangan tersebut menyebabkan banyak orang menjadi bosan karena hanya berada di rumah saja. Nah, budidaya tanaman memanfaatkan metode tanam secara hidroponik menjadi salah alternatif cara untuk mengatasi rasa bosan.

Selain membuat rasa bosan menjadi hilang, maka hasil panen cabai rawi Kaliber bisa dijual agar pundi – pundi penghasilan menjadi bertambah.

Ketahanan Cabai Rawit Kaliber Terhadap Organisme Pengganggu

Salah satu keunggulan dari bibit cabai rawit Kaliber yaitu mempunyai ketahanan terhadap organisme pengganggu tanaman (OPT). Organisme pengganggu (contohnya hama serta penyakit) harus petani waspadai, sehingga perlu tertangani secara tepat.

Contoh beberapa organisme pengganggu yang benih cabai rawit Kaliber tahan serangannya yakni seperti :

  • Aphid

Aphid (kutu daun) ialah hewan serangga yang membuat petani resah. Walaupun tubuhnya berukuran kecil, hewan ini harus petani waspadai.

Tekstur tubuh Aphid lunak dan dilengkapi oleh kaki – kaki dan juga antena panjang. Warnanya pun bervariasi, mulai dari coklat, hitam, merah, dan kuning, tergantung dengan spesiesnya.

Wujudnya sangat bervariasi, mulai dari varietas bersayap sampai varietas tanpa sayap. Hama Aphid biasanya makan serta hidup secara berkelompok pada pucuk tunas serta bagian bawah daun muda yang gemuk.

Aphid memakai ovipositor agar mampu menembus jaringan tanaman lunak dan juga untuk menghisap cairan. Beberapa spesies Aphid juga mampu membawa virus penyebab penyakit ke tanaman yang dihinggapinya.

Kerumunan Aphid berjumlah besar mampu menyebabkan daun serta pucuk berkerut, menguning, layu, serta pertumbuhan tanaman jadi terhambat.

Saat menyerang tanaman, kutu daun mampu menghasilkan kotoran berupa embun madu. Hasil sekresi Aphid berupa madu ini nantinya bisa memikat semut – semut.

  • Antraknosa

Serangan patogen jamur dari genus Colletotrichum jadi penyebab terjadinya penyakit patek atau antraknosa. Patek sendiri masih menjadi salah satu momok utama bagi para petani cabe.

Jamur Colletorichum capsici dan Colletotrichum gloeosporioides merupakan patogen jamur umum yang seringkali mengakibatkan terjadinya penyakit tersebut.

Dalam semua fase pertumbuhan tanaman jamur ini bisa menginfeksi (mulai fase perkecambahan hingga pasca panen). Mereka bisa bertahan hidup pada sisa tanaman, benih (dalam maupun sekitar benih), maupun pada inang alternatif.

Dalam periode hangat maupun basah cendawan Colletotrichum bisa tumbuh subur. Selain itu, patogen jamur ini bisa menyebar melalui media air hujan atau irigasi.

Infeksi pada buah dapat terjadi dalam suhu 10 sampai 30° C. Tetapi, suhu optimal untuk cendawan berkembang yakni dari suhu 23 sampai 27° C.

Permukaan basah yang buah semakin membuat penyakit antraknosa jadi makin parah. Gejala penyakit antraknosa nampak dengan munculnya luka melingkar atau bersudut pada buah, kemudian menjadi lunak dan juga bentuknya menjadi sedikit cekung.

Bagian tengah luka warnanya coklat atau orange, kemudian berubah warna menjadi berwarna hitam. Sementara, jaringan di sekitarnya memiliki warna yang cenderung lebih terang.

Luka mampu menutupi sebagian besar permukaan buah. Pada bintik – bintik buah pun seringkali juga dijumpai cincin berbentuk konsentris. Buah yang masih mentah bisa mengalami infeksi tersembunyi serta tak menunjukkan gejala apa – apa sampai buah telah matang.

Gejala pada bagian batang serta daun nampak dengan munculnya bintik kecil abu – abu kecoklatan dengan tepian berwarna coklat tua. Saat akhir musim, buah yang telah matang mampu membusuk serta bagian cabang mengalami mati pucuk.

  • Thrips

Thrips (Scirtothrips dorsalis) dewasa punya warna tubuh berwarna kekuningan. Seekor serangga thrips betina bisa menghasilkan telur sampai sebesar 50 butir.

Warna telur – telur itu putih keabu – abuan serta diletakkan dalam daun muda serta kuncup. Seiring populasi thrips meningkat, mereka nantinya akan memilih permukaan daun dewasa untuk dimakan.

Telur akan masuk ke masa inkubasi selama 3 hingga 8 hari. Nimfa yang baru saja menetas punya ukuran tubuh kecil berwarna kemerahan. Kemudian, warna tubuh nimfa akan berubah menjadi coklat kekuningan.

Nimfa yang masuk ke proses metamorfosis akan turun dari tanaman, kemudian menyelesaikan perkembangan di tanah gembur maupun sisa dedaunan.

Masa pupanya sendiri berlangsung sekitar 2 hingga 5 hari. Nimfa serta thrips dewasa biasanya hanya mau memakan bagian bawah daun muda.

Mereka umumnya menyerang dengan cara memarut dan juga menembus jaringan tanaman, lalu cairan yang keluar akan mereka hisap.

Daun yang terserang akan memunculkan bercak berwarna coklat muda hingga perak, dan juga menunjukkan tanda – tanda deformasi (pengeritingan). Dalam kasus parah, terjadi pengeritingan parah pada daun serta daun akan rontok sebelum waktunya dari tanaman.

Bekas gigitan thrips pada bagian bunga terlihat dengan adanya goresan pada kelopak serta membuat bunga mengering serta rontok. Keropeng, bercak, dan juga buah yang bentuknya berubah mampu mengurangi nilai jual buah cabe di pasaran.

Puncak serangan thrips umumnya terjadi ketika bulan kemarau dan juga tanah yang diaplikasikan pupuk nitrogen secara berlebihan.

Baca Juga : Jual Benih Brokoli Lengkap Harga Terjangkau

Jual Benih Cabai Rawit Kaliber Harga Murah

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Benih Cabai Rawit Kaliber Harga Murah

Bila pembaca tengah mencari benih cabai rawit Kaliber, maka LMGA AGRO merupakan jawabannya. ialah LMGA AGRO. LMGA AGRO jual bibit cabai rawit Kaliber berkualitas terbaik original produksi CV Jogja Agro Lestari.

Selain itu, LMGA AGRO pun juga memiliki aneka tips dan trik dalam memaksimalkan potensi hasil panen cabe rawit Kaliber.

LMGA AGRO pun juga menjual berbagai macam kebutuhan pertanian lengkap selain cabe rawit Kaliber. Kami berani memberi jaminan jika semua produk yang LMGA AGRO jual terjamin original dari produsen namun harganya terjamin terjangkau.

Untuk memastikan pesanan produk terjamin sampai hingga ke alamat tujuan, LMGA AGRO bekerja sama dengan mitra pengiriman terpercaya.

Contoh beberapa rekanan mitra pengiriman terpercaya LMGA AGRO yakni seperti JNE, J&T, KI8, dan Pos Indonesia. Nama – nama mitra pengiriman rekanan LMGA AGRO telah terbukti kualitasnya, sehingga konsumen tak perlu menggunakan jasanya. Pesanan benih cabe rawit Kaliber pun pastinya terjamin sampai hingga ke alamat tujuan konsumen.

So, tunggu apalagi sekarang ? Pesan segera bibit cabe rawit Kaliber ataupun produk lain dari LMGA AGRO sebelum Anda kehabisan !!

Itulah sekilas artikel seputar tema cabai rawit Kaliber ini kami tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Bila masih ada hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Cabai Rawit Kaliber Kualitas Unggul Cocok Bagi Petani ini, hubungi segera LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Salam sukses dan sampai berjumpa kembali dalam artikel – artikel baru kami berikutnya.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.