BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

22/07/2023

Read

Bibit Cabai Besar Paling Bagus Hasil Menjanjikan

Bibit Cabai Besar Paling Bagus,bibit,cabai,cabai besar,paling bagus,lmga agro
Bibit Cabai Besar
Paling Bagus


Bibit Cabai Besar Paling Bagus Hasil Menjanjikan. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO.

LMGA AGRO merupakan toko pertanian online yang menjual berbagai macam kebutuhan pertanian terlengkap harga terjamin terjangkau.

LMGA AGRO berada di Kota Kediri, Jawa Timur. Kami merupakan toko pertanian berbasis online dan distributor, agen, reseller, supplier, serta dropshipper produk pertanian original dengan harga terjangkau.

Sudah sejak lama LMGA AGRO dikenal oleh konsumen dan memiliki reputasi yang terjamin terpercaya. So, calon konsumen tentu tak usah ragu apabila ingin bertransaksi dengan LMGA AGRO.

Ingin membeli produk pertanian dengan harga terjangkau ? Hubungi segera LMGA AGRO sekarang juga dan penuhi kebutuhan pertanian Anda.

Bibit cabai besar paling bagus bisa Anda peroleh di LMGA AGRO. Toko pertanian terdekat LMGA AGRO jual bibit cabai besar paling bagus dengan jaminan kualitas terbaik. Dapatkan segera bibit cabai besar paling bagus kualitas unggulan hanya di LMGA AGRO.

Sedari zaman dahulu kekayaan alam Nusantara tidak pernah ada habisnya, dan salah satu diantaranya ialah rempah – rempah. Dengan fakta tersebut, tentunya tidaklah mengherankan jika banyak Negara di zaman lalu banyak mengincar Nusantara.

Sebut saja negara – negara tersebut seperti Spanyol, Perancis, Portugis, Jepang, Belanda, dan sebagainya. Mereka mengincar hasil – hasil rempah Nusantara karena harga jualnya termasuk sangat besar.

Salah satu komoditas utama rempah – rempah unggulan Indonesia sejak dulu sampai sekarang adalah cabai. Cabai ialah tanaman yang tergolong dalam anggota genus Capsicum serta suku terong – terongan (Solanaceae).

Diperkirakan, tumbuhan ini ialah tumbuhan asli dari benua Amerika, persisnya di daerah tengah serta selatan benua Amerika

Suku Indian ialah suku yang diperkirakan memanfaatkan cabai pada sekitar tahun 7000 SM. Di sekitar tahun 5200 – 3400 SM, penduduk asli benua Amerika mulai memanfaatkan cabai dalam skala lebih luas.

Saat waktu tersebut pula, suku Indian mulai melakukan budidaya cabai dengan memakai cara penyetekan ataupun pencangkokan.

Saat penjelajahan samudera pada abad ke XV, Christopher Columbus menemukan sebuah benua yang kita kenal sebagai benua Amerika.

Columbus merasa heran ketika melihat penduduk asli Amerika sudah membudidayakan tanaman cabai. Cabe hasil penemuan Christopher Columbus ini berasal dari Amerika Selatan dan diperkirakan disebarkan melalui perantara suku Indian.

Saat tahun 1502, Columbus mulai memperkenalkan cabe hasil penemuannya dari benua Amerika kepada masyarakat Eropa. Spanyol menjadi negara pertama yang menjadikan cabai sebagai bumbu dapur.

Penyebarannya termasuk sangatlah cepat, sehingga hampir seluruh wilayah di benua Eropa sudah mengenal cabe sebagai bahan rempah – rempah. Kemudian, Portugis dan Spanyol mulai menyebarluaskannya ke Asia, termasuk juga Indonesia.

Baca Juga : Katalog Benih Cabai Terlengkap LMGA AGRO

Manfaat – Manfaat Cabai Bagi Tubuh

Di Indonesia, peranan cabai sudah sangat penting untuk kehidupan sehari – hari. “Bila tak ada cabai, maka seperti ada yang kurang”, seperti itulah anggapan banyak masyarakat Indonesia ketika mengkonsumsi makanan.

Nah selain bisa memberikan cita rasa pedas dalam makanan, tubuh pun bisa memperoleh manfaat ketika mengkonsumsinya.

Contoh beberapa manfaat mengkonsumsi cabai secara cukup bagi tubuh yakni seperti :

  • Membantu penurunan berat badan

Banyak orang Indonesia mengalami kondisi obesitas. Kondisi obesitas ini mampu membuat tubuh rentan terserang berbagai penyakit, sehingga tentu perlu dicegah.

Berdasarkan banyak bukti, zat capsaicin dalam cabai bisa membuat berat badan tubuh menjadi turun. Caranya yaitu capsaicin akan mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak. Dengan begitu, maka berat badan tubuh lama – lama akan berkurang.

  • Mencegah penyakit jantung

Banyak studi menyebutkan bahwa senyawa capsaicin di dalam cabai bisa mengurangi resiko tubuh terserang penyakit jantung. Dengan begitu, maka resiko tubuh terserang penyakit jantung pun menjadi lebih rendah.

  • Menyehatkan kondisi kesehatan mata

Kandungan lutein dan vitamin A di dalam cabai terbukti bisa membantu menjaga kondisi mata tetap sehat. Dengan begitu, maka mata menjadi tak akan mudah terserang gangguan kesehatan mata.

  • Membantu meredakan sakit

Senyawa capsaicin terbukti bisa membantu meredakan rasa sakit. Hal ini dapat terjadi karena senyawa ini akan bekerja sama dengan reseptor rasa sakit yang mengakibatkan seseorang merasakan sensasi rasa panas dari cabai.

Kondisi ini kemudian akan membantu ujung syaraf menghentikan pengiriman sinyal sensasi rasa sakit. Oleh karena itu, tak mengherankan apabila buah ini sering dimanfaatkan sebagai koyo pereda nyeri otot maupun sebagai bahan di dalam krim.

Ancaman Serangan OPT Saat Membudidayakan Cabe Besar

ancaman,serangan,opt,budidaya,budidaya cabai besar,lmga agro
Ancaman Serangan OPT Saat Membudidayakan Cabe Besar

Berbagai manfaat diatas membuat cabai menjadi salah satu komoditas unggulan yang banyak petani budidayakan. Di Indonesia sendiri ada beberapa varietas cabai yang banyak petani tanam.

Salah satu jenis cabai yang banyak petani budidayakan di Indonesia itu ialah varietas cabai besar. Cabai besar (Capsicum annum L.) bentuknya besar, panjang, dengan warna merah menyala saat sudah matang.

Walaupun berukuran cukup besar, tetapi rasa pedasnya masih kalah ketimbang cabe rawit. Meskipun begitu, permintaan terhadap varietas cabai ini di pasaran tergolong sangat besar. Terlebih lagi, pembudidayaannya sendiri termasuk tidak terlalu sulit.

Maka tidaklah terlalu salah apabila semakin banyak orang (baik petani maupun orang awam) yang semakin tertarik ingin memanfaatkan peluang usaha budidaya cabai merah besar.

Tetapi, tentunya ada ancaman yang harus petani waspadai saat membudidayakan cabai besar. Salah satu ancaman itu ialah adanya serangan organisme pengganggu tanaman (opt).

Opt pada tumbuhan cabe sendiri sangatlah beragam. Nah, kali ini LMGA AGRO ingin membahas mengenai beberapa opt yang harus petani cabai besar waspadai. Dengan begitu, maka nantinya petani bisa melakukan tindakan pengendalian secara benar.

Beberapa contoh opt yang harus petani cabai besar waspadai yakni seperti :

  • Ulat Tanah

Ulat tanah (Agrotis ipsilon) bentuk dewasanya berupa ngengat kuat dengan bintik berwarna coklat keabu – abuan. Mereka memiliki sayap depan berwarna coklat muda juga coklat tua serta sayap belakang berwarna putih.

Biasanya mereka akan aktif saat malam hari serta lebih memilih bersembunyi di tanah saat siang hari. Ngengat betina terlihat mirip dengan sang pejantan tetapi warnanya sedikit lebih gelap.

Mereka mampu menghasilkan telur berwarna putih mutiara (secara menyendiri maupun berkelompok pada tanaman). Mereka meletakkan telur – telurnya di tanah lembab ataupun celah di tanah.

Menetasnya larva akan sangat tergantung pada suhu lingkungan sekitar. Kondisi ini dapat berlangsung antara 3 hingga 24 hari (masing – masing pada suhu 12° C serta 30° C).

Larva muda berwarna abu – abu muda, halus, berminyak, dengan panjang hingga 40 mm dengan 2 garis putus berwarna kuning di punggungnya.

Mereka akan aktif makan saat siang serta sore hari, dan mereka dapat dijumpai meringkuk membentuk huruf C di terowongan kecil di bawah permukaan tanah.

Ulat tanah lebih menyukai bibit muda. Kerusakan akan menjadi lebih parah apabila muncul ulat dalam jumlah besar bertepatan dengan munculnya bibit juga lingkungan lahan penuh gulma.

Ulat muda biasanya mencari makan dekat tanah ketika siang hari serta keluar saat malam hari untuk mencari makan.

Tanaman yang masih berumur muda dapat diseret ke bawah tanah. Batang dapat diputus / dipotong pada permukaan tanah. Hal itu mengakibatkan kerusakan jaringan yang tumbuh serta gangguan pertumbuhan bahkan kematian.

Ulat juga mampu menggali ke dalam batang. Hal itu berakibat kelayuan pada tanaman serta tumbangnya tanaman yang berumur lebih tua. 

  • Bercak Bakteri

Penyakit bercak bakteri terjadi karena serangan patogen bakteri Xanthomonas sp. Patogen bakteri ini bisa bertahan hidup menyatu bersama benih, baik secara internal maupun eksternal.

Penyebarannya dapat terjadi lewat perantara media air hujan atau irigasi pancur. Mereka memasuki tanaman melalui pori – pori juga luka daun. Kisaran suhu optimal bagi perkembangan bakteri berkisar sekitar ± 25 hingga 30° C.

Sesudah tanaman terinfeksi, penyakit bercak bakteri akan mampu menyebabkan kerugian total pada hasil panen serta sulit terkendalikan.

Gejala pertama penyakit bercak bakteri berupa luka berukuran kecil berwarna kuning kehijauan pada daun muda yang biasanya terlihat cacat juga menggulung.

Pada dedaunan lebih tua, luka – lukanya terlihat agak membengkak, berminyak, berwarna hijau gelap, juga seringkali dikelilingi oleh lingkaran bernuansa kuning. Luka – luka ini umumnya lebih banyak berkumpul pada bagian tepi ataupun ujung daun.

Pada akhirnya, bintik – bintik ini terlihat seperti sebuah lubang bekas tembakan karena bagian tengahnya kering juga hancur.

Bintik – bintik pada buah (berukuran hingga 0,5 cm) berawal degan warna hijau pucat, area nampak berair, warnanya coklat, juga berkeropeng.

  • Rebah Kecambah

Penyakit rebah kecambah mampu mempengaruhi pertumbuhan serta perkembangan tanaman. Penyakit ini seringkali terjadi karena infeksi cendawan dari genus Phytium yang mampu bertahan hingga beberapa tahun di sisa – sisa tanaman ataupun tanah.

Jamur Phytium ini bisa tumbuh subur asalkan terdukung oleh banyak faktor. Faktor tersebut seperti cuaca hangat maupun hujan, kondisi tanah terlalu lembab, serta tanaman yang disebarkan jaraknya terlalu padat.

Kondisi stres seperti genangan air ataupun pemberian nitrogen berlebih mampu melemahkan kondisi tanaman serta mendukung penyakit rebah kecambah berkembang.

Penyebarluasan spora melalui peralatan kerja yang telah terkontaminasi serta juga lumpur yang ada pada pakaian ataupun sepatu.

Meskipun patogen jamur ini mampu menginfeksi tanaman dalam seluruh siklus hidup tanaman, tetapi umumnya bibit muda lebih mudah terinfeksi.

Penyakit rebah kecambah dapat terjadi dalam 2 fase perkembangan bibit. 2 fase itu yaitu fase pra kemunculan serta pasca kemunculan bibit.

Saat fase pra kemunculan, jamur mengkolonisasi benih sesaat setelah penyemaian. Hal itu berakibat pada pembusukan benih serta menghambat perkecambahan.

Saat fase pasca kemunculan, pertumbuhan bibit buruk lalu diikuti oleh pangkal batang yang mulai membusuk. Pangkal batang membusuk tersebut terlihat seperti batang lunak dan berlendir dengan luka berair berwarna hitam, abu – abu, ataupun coklat.

Tanaman ataupun pohon muda menjadi berwarna kuning dan mulai layu, lalu pada akhirnya akan tumbang. Pertumbuhan seperti jamur putih ataupun abu – abu muncul pada tanaman mati ataupun pada permukaan tanah.

  • Ulat Grayak

Ulat grayak (Spodoptera frugiperda) ialah salah satu hama yang cukup berbahaya untuk banyak tanaman. Karena itulah, petani perlu segera membasmi ulat grayak supaya tidak menimbulkan efek buruk untuk petani.

Bentuk dewasa dari ulat grayak yaitu berupa ngengat bersayap belakang berwarna putih transparan dan sayap depan berwarna coklat berbintik.

Setiap sayap depan punya titik berwarna keputihan. Suhu dan makanan berpengaruh terhadap lamanya fase siklus hidup yang berbeda.

Larva ulat grayak menyebabkan kerusakan dengan cara memakan seluruh bagian tanaman yang ada. Larva muda pada awalnya memakan 1 sisi jaringan dedaunan saja. Sementara itu,  sisi lainnya akan larva muda biarkan tetap utuh (window feeding).

Bibit dapat dimakan oleh larva berukuran kecil hingga bagian tunas dan titik tumbuh menjadi rusak. Sementara itu, larva dengan ukuran lebih besar akan meninggalkan jejak. Jejak itu berupa barisan lubang kecil khas, tepian kasar pada daun, dan juga kotoran larva.

Mereka juga bisa melukai bagian pangkal tanaman ataupun menyerang struktur reproduktif dan juga buah yang masih muda. Pada serangan parah, larva ulat grayak mampu menyebabkan kerontokan yang menyebar secara luas.

Baca Juga : Jual Obat Bulai Jagung Ampuh Kualitas Unggulan

Bibit Cabai Besar Paling Bagus Untuk Petani Tanam

benih,cabe,cabe besar,cabe merah,cabe merah besar
Bibit Cabai Besar Paling Bagus Untuk Petani Tanam

Supaya dapat terhindar dari ancaman – ancaman opt diatas, tentunya petani harus menggunakan cara efektif dalam mengatasi serangannya.

Salah satu cara itu adalah dengan memanfaatkan bibit cabai besar berkualitas paling bagus. Untuk mempermudah petani, LMGA AGRO akan memberikan rekomendasi produk bibit cabai besar berkualitas paling bagus.

Dengan memakai bibit berkualitas paling bagus, maka petani nantinya dapat memperoleh hasil panen secara lebih maksimal.

Beberapa contoh produk bibit cabai besar paling bagus rekomendasi LMGA AGRO yakni seperti :

  • Imperial Ijo F1

Imperial Ijo F1 merupakan produk bibit cabai besar paling bagus hasil produksi PT Bisi International, Tbk. Bibit cabe besar paling bagus Imperial Ijo mempunyai beraneka kelebihan, sehingga petani cocok menggunakannya.

Kelebihan – kelebihan dari Imperial Ijo yakni tahan serangan virus Gemini, fisik tanaman kokoh, tekstur buah cukup lentur, dan lainnya.

Bibit cabai berkualitas paling bagus Imperial Ijo F1 tersedia dalam kemasan sachet isi bersih 10 gram. Apabila ingin membelinya, hubungi segera LMGA AGRO dan segera order sebelum Anda kehabisan.

  • Horison 97 F1

Horison 97 F1 merupakan produk bibit cabai besar paling bagus hasil produksi PT Bisi International, Tbk. Bibit cabe besar paling bagus Horison 97 mempunyai beraneka kelebihan, sehingga petani cocok menggunakannya.

Kelebihan – kelebihan dari Horison 97 yakni potensi hasil panennya tinggi, vigor tanaman kokoh, sudah anti virus, dan lainnya.

Bibit cabai berkualitas paling bagus Horison 97 F1 tersedia dalam kemasan sachet isi bersih 10 gram. Apabila ingin membelinya, hubungi segera LMGA AGRO dan segera order sebelum Anda kehabisan.

  • TM Scarlet F1

TM Scarlet F1 merupakan produk bibit cabai besar paling bagus hasil produksi PT Tani Murni Indonesia. Bibit cabe besar paling bagus mempunyai beraneka kelebihan, sehingga petani cocok menggunakannya.

Kelebihan – kelebihan dari TM Scarlet yakni cocok untuk dataran rendah sampai tinggi, fisik tanaman tegak, potensi hasil panen tinggi, dan lainnya.

Bibit cabai berkualitas paling bagus TM Scarlet F1 tersedia dalam kemasan sachet isi bersih 10 gram. Apabila ingin membelinya, hubungi segera LMGA AGRO dan segera order sebelum Anda kehabisan.

  • Gada MK F1

Gada MK F1 merupakan produk bibit cabai besar paling bagus hasil produksi PT East West Seed Indonesia. Bibit cabe besar paling bagus Gada MK mempunyai beraneka kelebihan, sehingga petani cocok menggunakannya.

Kelebihan – kelebihan dari Gada MK yakni tahan serangan penyakit layu bakteri, proses pembentukan buah tetap bagus dalam kondisi musim hujan, potensi hasil panennya tergolong tinggi, dan lainnya.

Bibit cabai berkualitas paling bagus Gada MK F1 tersedia dalam kemasan sachet isi berisi 1500 butir. Apabila ingin membelinya, hubungi segera LMGA AGRO dan segera order sebelum Anda kehabisan.

  • Arimbi 85 F1

Arimbi 85 F1 merupakan produk bibit cabai besar paling bagus hasil produksi PT Bisi International, Tbk. Bibit cabe besar paling bagus Arimbi 85 mempunyai beraneka kelebihan, sehingga petani cocok menggunakannya.

Kelebihan – kelebihan dari Arimbi 85 yakni tekstur buahnya tergolong lentur, potensi hasil panennya tergolong tinggi, toleran penyakit layu fusarium, dan lainnya.

Bibit cabai berkualitas paling bagus Arimbi 85 F1 tersedia dalam kemasan sachet isi bersih 10 gram. Apabila ingin membelinya, hubungi segera LMGA AGRO dan segera order sebelum Anda kehabisan.

  • Restu F1

Restu F1 merupakan produk bibit cabai besar paling bagus hasil produksi PT Bisi International, Tbk. Bibit cabe besar paling bagus Restu mempunyai beraneka kelebihan, sehingga petani cocok menggunakannya.

Kelebihan – kelebihan dari Restu yakni vigor tanaman kokoh, punya banyak percabangan, proses pembentukan buah tergolong bagus, dan lainnya.

Bibit cabai berkualitas paling bagus Restu F1 tersedia dalam kemasan sachet isi bersih 10 gram. Apabila ingin membelinya, hubungi segera LMGA AGRO dan segera order sebelum Anda kehabisan.

  • Columbus F1

Columbus F1 merupakan produk bibit cabai besar paling bagus hasil produksi PT Bisi International, Tbk. Bibit cabe besar paling bagus Columbus mempunyai beraneka kelebihan, sehingga petani cocok menggunakannya.

Kelebihan – kelebihan dari Columbus yakni tahan serangan hama penyakit, tahan serangan virus, lebih tahan simpan serta pengangkutan jarak jauh, dan lainnya.

Bibit cabai berkualitas paling bagus Columbus F1 tersedia dalam kemasan sachet isi bersih 10 gram. Apabila ingin membelinya, hubungi segera LMGA AGRO dan segera order sebelum Anda kehabisan.

Baca Juga : Prowl Herbisida Ampuh Atasi Gulma Membandel

Jual Bibit Cabai Besar Paling Bagus Harga Terjamin Murah

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Bibit Cabai Besar Paling Bagus Harga Terjamin Murah

Apabila pembaca sedang mencari produk bibit cabai besar paling bagus, maka jawaban paling sesuai ialah LMGA AGRO. LMGA AGRO jual berbagai macam bibit cabai besar dengan kualitas paling bagus.

Selain itu, LMGA AGRO memiliki beraneka tips beserta trik dalam memaksimalkan potensi budidaya cabai besar paling bagus. Dengan begitu, maka potensi hasil budidaya tanaman cabai besar memanfaatkan bibit berkualitas paling bagus bisa diperoleh secara maksimal.

Aneka macam bentuk kelebihan dari bibit cabai besar paling bagus tentu saja menjadikannya sangat sesuai untuk dibudidayakan oleh petani. So, pastinya kualitas bibit cabai besar yang LMGA AGRO jual tak perlu ditanyakan lagi.

Toko pertanian terdekat LMGA AGRO menjual bibit cabai besar paling bagus yang terjamin original dari produsen. Bibit cabai besar paling bagus tersedia dalam kemasan serta isi bersih yang sangat beragam.

Harga jualnya pun relatif cukup terjangkau dan kompetitif dengan marketplace – marketplace lainnya. LMGA AGRO siap untuk mengirimkan pesanan bibit cabai besar paling bagus hingga sampai ke alamat tujuan.

Untuk itulah LMGA AGRO bekerja sama dengan banyak mitra pengiriman bereputasi terpercaya, sehingga pesanan pun pastinya terjamin sampai hingga ke tangan konsumen. 

Beberapa nama mitra pengiriman LMGA AGRO yaitu seperti JNE, Pos Indonesia, KI8, dan JNT. Kualitas dari nama – nama mitra pengiriman yang kami sebutkan telah teruji, sehingga konsumen tak perlu ragu apabila ingin melakukan transaksi dengan LMGA AGRO.

So, segera pesan bibit cabai besar paling bagus dari LMGA AGRO dan buktikan sendiri kualitasnya sekarang juga !!

Nah, itulah dia artikel bertema bibit cabai besar paling bagus ini kami tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga bisa mengambil manfaat dari artikel kali ini dan juga berdampak positif untuk seluruh pembaca.

Apabila masih ada hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Bibit Cabai Besar Paling Bagus Hasil Menjanjikan ini, segera hubungi LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Sukses selalu dan sampai jumpa kembali dalam artikel terbaru LMGA AGRO berikutnya.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.