BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

20/07/2023

Read

Prowl Herbisida Terbaik Ampuh Basmi Gulma

Prowl Herbisida,herbisida,prowl,prowl 330 ec,basf,lmga agro
Prowl Herbisida

Prowl Herbisida Terbaik Ampuh Basmi Gulma. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO.

LMGA AGRO merupakan toko pertanian online yang menjual beraneka kebutuhan pertanian terbaik dengan jaminan harga murah.

Kota Kediri, Jawa Timur merupakan tempat toko pertanian LMGA AGRO berada. Kami ialah toko online terpercaya bagi konsumen dalam memperoleh kebutuhan pertanian terlengkap.

LMGA AGRO ialah reseller, distributor, dropshipper, supplier, dan agen kebutuhan pertanian bereputasi terbaik.

Kami berani memberi jaminan kepada konsumen bahwa pesanan pastinya akan sampai hingga ke tangan konsumen.

Toko pertanian terdekat LMGA AGRO kualitasnya sudah sedari lama terbukti. Oleh karena itu, baik konsumen lama maupun konsumen baru tidak usah ragu jika ingin bertransaksi dengan LMGA AGRO. Kami selalu berusaha untuk memuaskan konsumen sebagai prioritas utama kami.

LMGA AGRO jual pestisida jenis herbisida Prowl 330 EC. Kami menjual herbisida Prowl 330 EC original produksi PT BASF Indonesia. Dapatkan segera Prowl herbisida harga murah hanya di toko pertanian terdekat LMGA AGRO.

Sampai detik ini, sektor pertanian masih menjadi salah satu sektor penyokong yang punya peran vital di Indonesia. Hal tersebut terlihat dengan begitu banyaknya jumlah penduduk Indonesia yang berprofesi di bidang pertanian.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) per bulan Agustus 2020, penduduk berusia produktif yang telah bekerja jumlahnya mencapai ± 128,45 juta jiwa.

Dari jumlah itu, 29,76 % diantaranya bekerja di sektor pertanian (38,23 juta jiwa). Meskipun ikut terkena efek pandemi Corona, tetapi sektor pertanian masih terus berkembang selama kurun waktu tersebut.

Mulai kurun waktu kuartal pertama hingga awal kuartal ketiga tahun 2020, sektor pertanian terus mengalami pertumbuhan yang sangat positif.

Dapat dikatakan hal tersebut menjadi bukti sahih jika sektor pertanian menjadi penyelamat ekonomi Indonesia di tengah kelesuan sektor lain ketika masa pandemi berlangsung.

Salah satu kegiatan pendukung utama dari sektor pertanian adalah budidaya tanaman. Dari hasi panen budidaya tanaman itulah beraneka ragam komoditas pertanian bernilai besar didapatkan.

Untuk menghasilkan komoditi pertanian tersebut, proses budidaya tanaman perlu dilakukan secara baik serta benar sedari awal sampai akhir. Mulai dari proses penyiapan lahan tanam hingga sampai proses panen, semuanya perlu dilakukan secara baik dan benar.

Salah satu proses penting yang harus dilakukan dalam membudidayakan tanaman ialah proses perawatan / pemeliharaan. Mengapa proses ini sangatlah penting ? Karena tahapan perawatan / pemeliharaan punya peran sangat penting, baik bagi perkembangan maupun pertumbuhan tanaman.

Dalam proses pemeliharaan / perawatan ini terbagi kembali menjadi beberapa jenis, dan proses penanganan gulma merupakan salah satunya.

Sebenarnya gulma itu apa ? Kemudian, bagaimana cara untuk membasminya ? Simaklah selengkapnya penjelasan mengenai artikel kali ini mulai awal sampai akhir !!

Baca Juga : Katalog Sarana Pertanian Paling Lengkap Harga Terjamin Terjangkau

Ancaman Gulma Serta Contoh – Contohnya

ancaman,gulma,rumput liar,invasi,rumput liar,lmga agro
Ancaman Gulma Serta Contoh – Contohnya

Di luar sana, petani terus menghadapi permasalahan saat membudidayakan tanaman. Salah satu masalah itu ialah keberadaan gulma pengganggu.

Gulma ialah tumbuhan liar yang keberadaannya tidak diharapkan dan sering mengganggu petani saat melakukan pembudidayaan tanaman. Gangguan itu sering membuat petani mengalami kerugian karena tanaman yang dibudidayakan pertumbuhannya menjadi terhambat dan tak bisa berproduksi secara optimal.

Contoh beberapa gulma – gulma itu yakni :

  • Cynodon dactylon

Cynodon dactylon (rumput grinting) ialah jenis rumput liar yang memiliki kemampuan cukup berlebihan dalam bertahan hidup daripada rerumputan liar jenis lainnya.

Bahkan, gulma ini mampu bertahan hidup pada lahan kering selama musim kemarau sekalipun tergolong minim pertumbuhan daunnya. Saat rumput grinting terkena mata bajak dan garu pun tetap bisa hidup asal bagian akarnya masih menempel dengan tanah.

Daya ekspansi Cynodon dactylon sendiri termasuk cukup tinggi. Dulunya C. dactylon ini merupakan tanaman pantai, tetapi sekarang sudah merambah areal pertanian sebagai gulma yang menjengkelkan petani.

Rumput grinting mampu bertahan hidup dan menyebar secara cepat di pinggiran sungai, pematang sawah, dan pinggiran saluran irigasi. Hal tersebut membuatnya mampu mengalahkan tanaman – tanaman lain di sekitarnya.

Asal dari rumput grinting diperkirakan dari beberapa tempat, yakni bagian timur serta utara Australia, Asia, Afrika, dan Eropa bagian selatan. Selain dikenal dengan sebutan rumput grinting, Cynodon dactylon juga banyak orang sebut dengan kakawatan (sunda), suket grintingan (jawa), dan lainnya.

Suket grintingan memiliki terna bertahunan yang berstolon, merumput dengan rimpang di bawah tanah sampai berkedalaman ± 1 meter ataupun lebih. Bahkan, terdapat literatur menjelaskan apabila suket grintingan mampu menembus tanah sampai ± 2 meter.

Suhu untuk habitat suket grintingan tumbuh paling bagus dalam suhu ≥ 24° C. Jenis gulma ini cukup toleran terhadap kekeringan. Suket grintingan cukup toleran terhadap banjir berkepanjangan, tetapi akan tumbuh baik pada tanah berdrainase baik.

Suket grintingan toleran terhadap kisaran pH tanah yang luas, tetapi pH optimal berada pada kisaran pH > 5,5. Selain itu, juga toleran terhadap kesuburan tanah yang rendah tetapi tidak toleran terhadap naungan.

Penyebarannya selain melalui akar yang mampu membuat rimpang secara cepat juga mampu menyebar melalui bagian buah. Lewat penyebaran dari buah inilah yang mampu meluas.

Apabila suket grintingan tumbuh pada lahan pertanian maka akan menjadi gulma cukup merepotkan dalam proses penanganannya.

Ukuran bijinya kecil dan mudah menyebar. Apabila jatuh pada kawasan taman wisata ataupun pekarangan, maka dalam waktu singkat mampu menggantikan rerumputan yang berada disana.

  • Fimbristylis littoralis

Gulma Fimbristylis littoralis ialah gulma yang banyak dijumpai hidup dalam ekosistem padi sawah. Jenis gulma ini termasuk ke dalam golongan teki yang terdapat di pertanaman padi sawah.

Rumput liar ini ialah suatu gulma yang menyebar luas dalam beberapa area dan kadang – kadang dikhawatirkan pada pembudidayaan tanaman padi.

Puncak batang masing – masing diduduki oleh suatu spikelets, masing – masingnya berhubungan dengan sebuah eduncle.

Spikelet berbentuk menyerupai bola lonjong dengan warna coklat kemerah – merahan di dalam. Spikelets berbunga dan lalu akan berkembang menjadi buah kecil berwarna kecoklatan.

Bagian batang Fimbristylis littoralis biasanya berbentuk segitiga, namun kadang berbentuk bulat serta biasanya tidak berongga. Bagian daunnya biasanya tersusun dalam 3 deretan dan tidak memiliki lidah – lidah daun (ligula).

Beberapa contoh karakteristik dari Fimbritylis littoralis yaitu seperti :

  1. Tak memiliki lidah – lidah daun (ligula)
  2. Titik tumbuh F. littoralis tergolong tersembunyi
  3. Penampang lintang batangnya berbentuk segitiga membulat dan juga tidak berongga
  4. Memiliki daun berurutan di sepanjang batang sekitar 3 baris

  • Echinochloa sp.

Echinochloa sp. (jajagoan) ialah rumput gulma tinggi yang bisa tumbuh secara cepat. Habitatnya meliputi tempat basah di ladang, lahan pertanian, dan pinggiran jalan.

Jajagoan merusak banyak tanaman, mengurangi hasil panen, dan mengakibatkan gagal panen tanaman dengan menghilangkan sebagian besar nitrogen yang berasal dari dalam tanah.

Kandungan nitrat dalam rumput Echinochloa yang tinggi bisa meracuni hewan ternak yang memakannya. Oleh karena itu, gulma jajagoan perlu diwaspadai ancamannya.

  • Digitaria sp.

Digitaria sp. ialah spesies gulma yang merupakan tanaman asli dari wilayah beriklim tropis dan hangat. Spesies ini umumnya banyak terdapat pada wilayah tropis, subtropis, dan sedang di kedua belahan Bumi.

  • Alternanthera philoxeroides

Alternanthera philoxeroides punya nama lain, yakni kremah air. Jenis gulma kremah air termasuk dalam suku famili Amaranthceae (bayam – bayaman).

Kremah air ialah tanaman tahunan. Sistem perakarannya sendiri adalah akar serabut. Bagian pangkalnya tumbuh secara menjalar, sedangkan bagian ujung pangkal tumbuh secara tegak dengan panjang sekitar ± 50 sampai 100 centimeter.

Bagian batangnya bertekstur agak lunak dan berongga dengan warna batang berwarna hijau kemerahan. Sementara, untuk bagian daun mempunyai panjang sekitar ± 10 centimeter dengan bagian tepi rata dan biasanya muncul bulu – bulu halus.

Pada bagian bunga bentuknya menyerupai bongkol. Panjang tangkainya sendiri sekitar ± 1 hingga 5 centimeter.

Alternanthera philoxeroides ialah gulma yang berkembang biak secara generatif. Habitatnya berada pada lingkungan yang berair, contohnya pada persawahan sampai air berarus tenang.

  • Amaranthus spinosus

Gulma yang juga orang kenal sebagai bayam duri ini merupakan spesies tanaman berbunga dari genus Amaranthus dan termasuk ke dalam suku Amaranthaceae.

Tanaman liar ini tumbuh liar di tepi jalan, kebun, sampai tanah terbengkalai di daerah dataran rendah sampai dataran berketinggian ± 1400 mdpl.

Tinggi bayam duri mampu mencapai ± 1 meter. Tumbuhan ini mampu dikembangbiakkan lewat bijinya yang bulat, berukuran kecil, dan berwarna hitam.

Ciri khas dari gulma ini terletak pada bagian batangnya, yaitu terdapat duri. Maka dari itu gulma ini bernama bayam duri. Bayam duri dapat tumbuh baik pada tempat yang memperoleh sinar matahari cukup bersuhu udara berkisar ± 25 – 35° C.

Batang tanaman bayam duri berukuran kecil bertekstur lunak, berair, dan berbentuk bulat. Batang tumbuh tegak mampu mencapai tinggi ± 1 meter dan percabangannya monopodial.

Bagian batangnya memiliki warna merah kecoklatan. Tanaman bayam duri memiliki daun tunggal dengan warna kehijauan berbentuk bundar telur memanjang (ovalis). Panjang daunnya berkisar ± 1,5 cm sampai 6 cm serta lebarnya sekitar ± 0,5 sampai 3,2 cm.

Bagian bunganya terdapat pada bagian axilaar batang. Bunga itu ialah bunga berkelamin tunggal berwarna hijau. Setiap bunga memiliki 5 mahkota dengan panjang berkisar ± 1,5 sampai 2,5 mm.

Kumpulan bunganya berbentuk bulir pada bunga jantan. Sedangkan bentuk bunga betina bulat yang terdapat pada ketiak batang. Bunga ini tergolong sebagai bunga inflorencia.

Bentuk buahnya lonjong berwarna hijau serta panjang berkisar ± 1,5 milimeter. Bijinya berwarna hitam berkilau dengan panjang sekitar ± 0,8 mm sampai 1 mm.

Baca Juga : Obat Bulai Jagung Ampuh Berkualitas Unggul

Prowl Herbisida Solusi Efektif Kendalikan Gulma

herbisida prowl,herbisida prowl 330 ec,basf prowl,prowl basf,pestisida,lmga agro
Prowl Herbisida Solusi Efektif Kendalikan Gulma

Agar serangan gulma dapat segera teratasi, maka petani perlu mencari solusi paling efektif ketika menghadapinya. Bentuk solusi efektif tersebut salah satunya yaitu dengan pengaplikasian produk herbisida kualitas unggulan.

Di pasaran Indonesia, telah cukup banyak produk herbisida yang bisa petani peroleh. Supaya lebih mudah, LMGA AGRO kali ini akan merekomendasikan produk herbisida yang dapat petani pergunakan.

Produk herbisida yang ingin LMGA AGRO rekomendasikan adalah Prowl 330 EC. Kenapa kami merekomendasikan produk Prowl herbisida ? Karena pastinya Prowl herbisida kualitasnya telah terbukti.

Prowl 330 EC ialah produk herbisida pembasmi gulma yang diproduksi oleh PT BASF Indonesia. Produk Prowl 330 EC tergolong sebagai herbisida pra tumbuh.

Untuk bentuk formulasinya sendiri berupa pekatan emulsi berwarna kuning dengan bahan aktif utama berupa pendimetalin 330 g/l

Prowl herbisida telah memiliki ijin resmi yang berasal dari Kementan RI. Perijinan resmi dari Prowl herbisida dari Kementerian Pertanian melalui no. pendaftaran RI. 0103011991990. Dengan nomor pendaftaran itu, Prowl herbisida dapat beredar secara resmi.

Herbisida Prowl memiliki beraneka keunggulan, yaitu seperti :

  • Penggunaan Prowl herbisida sangat praktis serta efektif dalam mengendalikan beraneka jenis gulma
  • Pemakaian Prowl herbisida terbukti bisa mengendalikan biji gulma, sehingga pengaplikasian pupuk bisa tanaman manfaatkan seoptimal mungkin
  • Pengaplikasian Prowl herbisida pada tanaman bawang merah menjadi berwarna lebih merah berkilau, sehingga mendapatkan harga jual lebih tinggi
  • Prowl herbisida dapat diaplikasikan bersamaan dengan pupuk dasar (dicampurkan ZA serta urea)

Dengan beraneka kelebihan itu, maka kualitas Prowl herbisida sudah terbukti. So, tertarik untuk membuktikan sendiri kualitas herbisida produksi BASF ini ?

Cara Pengaplikasian Prowl Herbisida Secara Tepat Pada Tanaman

Untuk dapat membasmi gulma secara optimal memakai Prowl, maka herbisida Prowl tentunya harus diaplikasikan dengan dosis serta cara aplikasi yang sesuai.

Jika dosis serta cara aplikasi Prowl herbisida tak sesuai, maka tentunya hasil panen tanaman budidaya jadi tak bisa optimal. Cara aplikasi serta dosis pengaplikasian Prowl herbisida secara baik juga benar yaitu :

  • Padi Sawah : untuk mengendalikan serangan gulma Echinochloa sp., Fimbristylis littoralis, dan teki. Dosis / konsentrasi formulasi Prowl herbisida yaitu sekitar ± 1 – 1,5 liter/ha.

Aplikasikan Prowl herbisida dengan cara penyemprotan volume tinggi sesudah proses pengolahan tanah. Penyemprotan dilakukan saat pagi hari ketika tidak ada hujan hingga 1 jam setelah waktu pengaplikasian.

  • Kedelai : untuk mengendalikan serangan gulma Cynodon dactylon, Amaranthus spinosus, dan Alternanthera philoxeroides. Dosis / konsentrasi formulasi Prowl herbisida yaitu sekitar ± 1,5 – 3 liter/ha.

Aplikasikan Prowl herbisida dengan cara penyemprotan volume tinggi sesudah proses pengolahan tanah. Penyemprotan dilakukan saat pagi hari ketika tidak ada hujan hingga 1 jam setelah waktu pengaplikasian.

  • Bawang Merah : untuk mengendalikan serangan gulma Digitaria sp., Amaranthus spinosus, Alternanthera philoxeroides, dan Cynodon dactylon. Dosis / konsentrasi formulasi Prowl herbisida yaitu sekitar ± 1,5 – 3 liter/ha.

Aplikasikan Prowl herbisida dengan cara penyemprotan volume tinggi sesudah proses pengolahan tanah. Penyemprotan dilakukan saat pagi hari ketika tidak ada hujan hingga 1 jam setelah waktu pengaplikasian.

Baca Juga : Bion M Untuk Atasi Penyakit Cabe

Jual Prowl Herbisida Harga Terjamin Murah

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Prowl Herbisida Harga Terjamin Murah

Apabila pembaca tengah mencari produk Prowl 330 EC herbisida, maka jawabannya sudah pasti adalah LMGA AGRO. Toko pertanian terdekat LMGA AGRO merupakan tempat terbaik karena menjual produk herbisida Prowl 330 EC produksi BASF dengan harga relatif murah.

Kualitas herbisida Prowl yang LMGA AGRO jual sudah terbukti memberikan hasil nyata bagi konsumen. Dengan begitu, konsumen tak perlu lagi meragukan kualitas produk Prowl 330 EC.

LMGA AGRO menjual Prowl herbisida dalam 2 varian, yaitu kemasan botol dengan varian netto 250 ml dan 500 ml. Herbisida Prowl produksi BASF yang LMGA AGRO jual sudah terjamin keasliannya dan telah menunjukkan hasil nyata kepada konsumen.

Toko online LMGA AGRO siap mengirimkan pesanan herbisida Prowl 330 EC hingga mencapai tangan konsumen. Kami menjalin relasi kerjasama dengan mitra pengiriman terpercaya agar pesanan herbisida Prowl 330 EC sampai ke alamat tujuan.

Mitra pengiriman LMGA AGRO dalam mengirimkan pesanan yaitu contohnya JNE, Pos Indonesia, KI8, dan JNT. Reputasi dan kualitas mitra pengiriman kami sudah teruji, sehingga seluruh pesanan herbisida Prowl maupun pesanan lainnya pastinya sampai ke alamat tujuan.

So, sekarang tunggu apalagi ? Segera saja hubungi LMGA AGRO dan pesan produk Prowl herbisida produk BASF sebelum Anda tidak kebagian !!

Nah, itulah dia artikel bertema Prowl herbisida ini kami tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga bisa bermanfaat dan juga punya dampak positif untuk kehidupan Anda.

Apabila masih ada hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Prowl Herbisida Terbaik Ampuh Basmi Gulma ini, segera hubungi LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Salam sukses dan sampai berjumpa lagi dalam artikel baru LMGA AGRO berikutnya.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.