BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

28/08/2023

Read

Bibit Semangka Inul Redin F1 Hasil Menguntungkan

Bibit Semangka Inul Redin F1,bibit,semangka,semangka inul,redin f1,lmga agro
Bibit Semangka Inul
Redin F1


Bibit Semangka Inul Redin F1 Hasil Menguntungkan. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO.

LMGA AGRO merupakan toko pertanian online terpercaya yang menjual berbagai kebutuhan pertanian dengan jaminan harga terjangkau.

LMGA AGRO merupakan toko pertanian online yang bertempat di Kota Kediri, Jawa Timur. Kami ialah toko pertanian online yang sudah beroperasi selama bertahun - tahun serta memiliki jaminan reputasi terpercaya.

Konsumen toko pertanian terdekat LMGA AGRO tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Calon konsumen yang ingin memperoleh produk pertanian dari LMGA AGRO pun tak usah merasa ragu jika ingin bertransaksi dengan kami.

Bibit semangka inul Redin F1 tersedia di toko tani online LMGA AGRO. LMGA AGRO menjual produk Redin F1 dengan jaminan kualitas original. Dapatkan segera produk Redin F1 harga murah hanya di toko pertanian terdekat LMGA AGRO.

Semangka merupakan tanaman buah yang tergolong ke dalam golongan hortikultura dan cukup mudah dijumpai di Indonesia. Tumbuhan ini sendiri memiliki daerah sentra budidaya yang tersebar dari ujung barat hingga timur Indonesia.

Semangka sendiri memiliki nama lain, contohnya yakni mendikai dan tembikai. Dari catatan sejarah, tanaman ini telah ada semenjak jaman Mesir Kuno ribuan tahun lalu. Hal tersebut tidaklah mengejutkan karena buah semangka merupakan buah favorit Fir’aun Mesir.

Hingga sekarang, budidaya semangka menjadi salah satu budidaya tanaman yang banyak petani pilih. Nah, salah satu dari jenis semangka berprospek bagus yang banyak petani budidayakan adalah semangka inul.

Apakah itu semangka inul ??

Peluang Menjanjikan Berbisnis Budidaya Semangka Inul

peluang,bisnis,agrobisnis,agribisnis,budidaya,tanaman,buah,lmga agro
Peluang Menjanjikan Berbisnis Budidaya Semangka Inul

Semangka inul merupakan nama yang diberikan untuk tipe semangka berbentuk lonjong dan berukuran kecil. Tipe ini merupakan tipe hibrida dengan kulit buah berwarna hijau gelap. Sementara itu, daging buahnya berwarna merah dan kuning dengan cita rasa yang manis.

Banyak petani dari berbagai daerah mulai banyak membudidayakan semangka inul selama kurun waktu beberapa tahun terakhir.

Mengapa ? Alasannya karena varietas ini memiliki banyak kelebihan daripada tipe semangka lainnya. Tertarik untuk membudidayakannya ??

LMGA AGRO akan membagikan cara membudidayakan semangka inul sedari awal hingga akhir secara berurutan. Lakukan dengan baik agar hasil produksinya nanti menjadi lebih maksimal.

Cara budidaya semangka inul secara tepat sedari awal hingga akhir yaitu :

  • Persiapan Lahan Tanam

Pertama, persiapkan lahan tanam yang sudah memenuhi syarat tumbuh untuk tumbuhan semangka inul. Tumbuhan mendikai ini sangat cocok untuk dibudidayakan pada lahan tanam dengan ketinggian 0 – 500 mdpl.

Kondisi lahan tanam pun harus gembur, dekat dengan air, berunsur hara tinggi, dan memiliki tingkat pH sekitar ± 5,5 – 7,5. Selain itu, lahan tanam juga harus memperoleh sinar matahari setiap hari secara langsung minimal selama ± 8 jam.

Pengolahan lahan tanam tersebut bertujuan agar tanah menjadi gembur dan unsur hara tercampur seluruhnya secara merata.

Lakukan proses penggemburan tanah lahan tanam menggunakan cara dicangkul ataupun dibajak. Bajak atau cangkul tanah membentuk alur sedalam 20 sampai dengan 30 centimeter.

Selanjutnya buat bedengan dari alur tersebut yang terdiri atas sepasang alur dengan jarak ± 2 meter. Berikutnya, berikan jarak antar tiap pasangan bedengan untuk saluran drainase sekitar ± 30 centimeter.

Diamkan alur tersebut selama 3 hari agar tersinar cahaya matahari agar patogen jamur dan bakteri dalam tanah bisa terbunuh. Berikutnya, bersihkan lahan tanam dari kotoran, seperti sisa – sisa akar dan juga kerikil.

Selanjutnya, lakukan pengaplikasian pupuk dasar pada tanaman. Dengan pengaplikasian pupuk dasar, maka nantinya suplai nutrisi untuk tanaman bisa selalu terjaga.

Pupuk yang cocok untuk pemupukan dasar bisa memanfaatkan pupuk organik ataupun anorganik. Kemudian, selanjutnya cek tingkat keasaman (pH) tanah.

Jika pH tanah kurang dari 5,5, sifat tanah akan cenderung lebih asam. Untuk menetralkannya, aplikasikan dolomite atau kapur pertanian dengan dosis yang sesuai.

Berikutnya, diatas lahan tanam Anda harus membuat bedengan. Buat secara miring ke atas agar air tak meluap saat proses irigasi berlangsung.

Agar tidak tumbuh gulma, maka bedengan perlu Anda tutupi dengan menggunakan mulsa plastik perak pada permukaan bedengan.

Baca Juga : Cara Berbisnis Online Secara Baik Serta Benar

  • Pembibitan

Pertama, rendam benih dalam air bersih selama semalam penuh. Selanjutnya, buntal benih menggunakan kain basah hingga kecambah muncul (± 12 jam).

Untuk media semai, supaya lebih praktis Anda bisa memanfaatkan tray semai. Masukkan benih ke dalam tray semai, lalu ambil tanah secukupnya agar benih tertutupi.

Dalam kurun waktu 2 hari, bibit akan tumbuh. Selama kurun waktu tersebut, pastikan agar Anda tak membiarkan bibit terkena sinar matahari secara langsung. Jika bibit telah berumur 5 hingga 7 hari, maka bibit telah siap untuk Anda pindahkan ke lahan tanam pada bedengan. 

  • Penanaman

Sebelum memulai proses pemindahan bibit, Anda perlu untuk membuat lubang tanam pada bedengan lebih dulu. Pergunakan alat pelubang mulsa untuk melubangi bedengan lahan tanam sedalam 10 cm dan berikan jarak sekitar ± 15 cm.

Berikutnya, larutkan insektisida, fungisida, dan NPK dalam air. Kemudian, aplikasikan secara merata ke setiap lubang tanam.

Lakukan proses pemindahan bibit saat sore hari. Sesudah berhasil memindahkan bibit ke dalam lahan tanam, jangan lupa juga untuk menyiraminya dengan air.

  • Pemeliharaan

Proses perawatan / pemeliharaan bermanfaat untuk menjaga keberlangsungan hidup tanaman. Untuk itulah proses pemeliharaan atau perawatan harus dilakukan dengan benar.

Beberapa contoh proses perawatan / pemeliharaan dalam budidaya tembikai inul yaitu seperti :

1. Penyulaman Bibit

Jika terdapat bibit yang tumbuh abnormal atau justru mati, maka segera lakukan proses penyulaman bibit. Proses ini bisa dilakukan sekitar 5 hari sesudah pindah tanam.

2. Penyiraman / Pengairan

Proses pengairan dan penyiraman punya peran penting dalam memenuhi kebutuhan air. Lakukanlah proses ini secara teratur serta berkelanjutan, yaitu sebanyak 2 kali ketika pagi serta sore hari.

3. Penyiangan Gulma

Jika terdapat gulma pada lahan tanam, maka segera lakukan penyiangan gulma. Gulma mampu mengambil nutrisi tanaman, sehingga akan sangat berefek merugikan.

Selain itu, mereka pun juga bisa menjadi vektor untuk hama maupun penyakit. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu rutin melakukan penyiangan gulma.

4. Pemupukan Susulan

Proses pemupukan susulan bisa Anda lakukan saat berumur ± 7 hari setelah tanam. Pengaplikasian pupuk susulan berikutnya bisa Anda lakukan dengan interval waktu sekitar ± 7 hari.

Aplikasikan pupuk NPK yang sudah dilarutkan dengan air. Dosisnya yakni pupuk NPK segelas dan air sebanyak ± 35 – 40 liter.

Pada aplikasi pemupukan selanjutnya, tambahkan juga pupuk NPK menjadi sebanyak ± 2 – 3 gelas dengan interval waktu pengaplikasian sekitar ± 10 – 14 hari.

  • Pengendalian OPT Pengganggu

Serangan opt pengganggu selalu mengakibatkan berbagai kerugian untuk petani. Jika mereka terus menyerang serta tidak segera dikendalikan, maka petani akan mengalami kerugian semakin besar.

Oleh karena itu, mengenali terlebih dulu opt pengganggu yang bisa menyerang mendikai inul pun menjadi sangat penting. Dengan begitu, maka upaya pencegahan serta pengendalian secara benar bisa Anda lakukan.

Beberapa contoh opt pengganggu yang dapat mengganggu dalam proses budidaya semangka inul yakni seperti :

1. Layu Bakteri

Penyakit layu bakteri terjadi karena infeksi patogen bakteri. Patogen bakteri itu ialah bakteri Ralstonia solanacearum (Pseudomonas solanacearum).

Bakteri patogen ini mampu bertahan hidup lama di dalam tanah, hingga inang alternatif. Patogen bakteri bernama lain Pseudomonas solanacearum ini masuk ke tanaman lewat luka dalam sistem perakaran lateral.

Peningkatan temperatur, tingginya kelembaban udara dan tanah, dan juga pH tanah alkali semakin mendukung penyakit semakin berkembang.

Daun termuda mulai mengalami gejala kelayuan ketika siang hari dan sebagian akan kembali normal saat suhu lingkungan sekitar lebih dingin. Dalam kondisi menguntungkan, gejala kelayuan dapat mempengaruhi seluruh tanaman dan bersifat permanen.

Daun yang layu warnanya tetap hijau dan tetap menempel pada bagian batang tanaman. Akar dan bagian bawah batang menunjukkan perubahan warna menjadi coklat gelap.

Akar yang terinfeksi dapat membusuk karena infeksi dari infeksi sekunder. Ketika dipotong pun, batang dapat mengeluarkan sekresi putih hingga kekuningan layaknya sebuah susu.

2. Layu Fusarium

Infeksi patogen cendawan Fusarium oxysporum menjadi penyebab utama terjadinya penyakit layu fusarium. Bahkan, penyakit ini mampu menyebabkan kerugian hingga mencapai ≥ 35 %. Penyakit layu fusarium menular melalui tanah, menyerang bagian akar dan juga masuk ke dalam tanaman.

Sesudah berhasil masuk, cendawan Fusarium akan merusak pembuluh tanaman, sehingga berakibat pada layunya tanaman dan akhirnya mati.

Jamur masuk melalui luka pada akar, lalu akan berkembang serta merusak jaringan xylem / pembuluh kayu. Benang – benang cendawan (miselium) terutama terdapat di dalam sel, khususnya dalam jaringan pembuluh kayu.

Karena kerusakan dan adanya miselium dalam jaringan mengakibatkan transportasi air serta nutrisi menjadi terganggu. Hal itu mengakibatkan tanaman menjadi layu lalu mati.

Penyakit layu fusarium mampu menular secara cepat lewat perantara media air.

Baca Juga : Katalog Pestisida, ZPT, Serta Pupuk Terlengkap LMGA AGRO

3. Thrips

Thrips (Thrips tabaci Lindeman) ialah hama utama untuk banyak tanaman. Seekor trips dewasa memiliki ukuran sekitar ± 1 mm berwarna hitam, kuning pucat, ataupun coklat.

Semakin rendah suatu lingkungan, biasanya warna trips akan menjadi lebih gelap. Trips jantan tidak memiliki sayap, sedangkan trips betina mempunyai 2 pasang sayap halus dan juga berumbai.

Dengan melalui metode parthenogenesis, trips mampu menghasilkan telur tanpa perlu melakukan perkawinan lebih dulu.

Seekor trips betina mampu menghasilkan telur sebanyak 80 – 120 butir dalam sekali bertelur. Imago dapat hidup sampai mencapai ± 20 hari. Siklus hidup serangga trips berlangsung sekitar ± 3 minggu.

Pada daerah tropis, siklus hidupnya akan lebih singkat (7 hingga 12 hari) sehingga dalam 1 tahun mampu mencapai 5 hingga 10 generasi.

Trips dewasa mampu hidup sampai 20 hari. Bentuk telurnya oval serta diletakkan secara terpisah pada permukaan bagian tanaman maupun dalam jaringan tanaman.

Nimfa trips berwarna keputih – putihkan ataupun kekuning – kuningan. Penyebarannya dari 1 tempat ke tempat lainnya berlangsung secara cepat dengan perantara media angin.

Sesudah melewati beberapa instar nimfa, maka selanjutnya akan terbentuk pupa. Pada bagian daun maupun dalam tanah sekitar tanaman merupakan tempat dimana pupa banyak dijumpai.

Hama trips menyerang tanaman dengan cara menggaruk jaringan daun dan menghisap cairan selnya, terlebih pada dedaunan muda. Nimfa umumnya sangat menggemari kuncup daun ataupun dedaunan muda.

Gejala yang ditimbulkan karena serangan hama trips awalnya yaitu berupa noda putih mengkilat layaknya perak, lalu menjadi berwarna kecoklatan berbintik hitam.

Biasanya serangan akan menjadi lebih parah apabila hujan rintik – rintik dan suhu lebih dari normal berkelembaban > 70 %.

  • Pemanenan

Umumnya, masa panen budidaya semangka inul yakni ketika tanaman berusia 50 hari. Tanda – tanda mendikai yang sudah matang yaitu terlihat dengan mengeringnya gagang mendikai. Sesudah panen tanaman ini akan mati karena semangka merupakan tanaman sekali panen.

Bibit Semangka Inul Redin F1 Varietas Terbaik Hasil Menguntungkan

bibit semangka inul,redin,f1,bisi,cap kapal terbang,lmga agro
Bibit Semangka Inul Redin F1 Varietas Terbaik Hasil Menguntungkan

Untuk membudidayakan mendikai inul, tentunya Anda membutuhkan bibit dengan jaminan kualitas unggulan. Bibit tembikai inul kualitas terbaik pun kini sangat mudah untuk didapatkan. Harganya pun bervariasi dengan kisaran rentang harga mulai puluhan ribu sampai ratusan ribu. 

Salah satu bibit semangka inul berkualitas unggulan yang dapat menjadi pilihan ialah Redin F1. Redin F1 ialah produk bibit semangka inul hibrida hasil produksi PT Bisi International, Tbk (Cap Kapal Terbang).

Bibit semangka inul Redin F1 memiliki banyak karakteristik serta kelebihan, sehingga dapat menjadi pilihan tepat. Contoh beberapa karakteristik serta juga kelebihan dari bibit semangka inul Redin F1 yakni seperti :

  1. Bibit semangka inul Redin F1 produk Bisi vigornya tergolong kokoh, seragam, serta percabangannya berukuran sama besar
  2. Tanaman semangka inul hasil dari bibit Redin F1 cocok ditanam di daerah dataran rendah
  3. Bibit semangka inul Redin F1 sudah memiliki ketahanan terhadap penyakit layu fusarium, layu bakteri, serta toleran kekurangan kalsium
  4. Proses pembentukan buah semangka inul dari bibit Redin F1 tergolong mudah saat cuaca tengah buruk, sehingga menjadi favorit petani
  5. Buah semangka inul dari bibit Redin F1 bentuknya lonjong, dagingnya berwarna merah dengan kulit buah berwarna hijau gelap
  6. Berat buah semangka inul Redin F1 berkisar ± 3 kg serta dapat dibuahkan hingga 4 buah per tanaman
  7. Buah semangka inul dari bibit Redin F1 lebih tahan simpan serta tahan pengangkutan jarak jauh
  8. Buah semangka inul dari bibit Redin F1 sudah bisa panen ketika sudah berumur ± 60 hari sesudah pindah tanam 
  9. Potensi hasil panen dari semangka inul Redin F1 cukuplah tinggi, yaitu mencapai ± 90 %
  10. Tingkat kemurnian bibit semangka inul Redin F1 tergolong cukup besar, yakni berkisar ± 99,8 %
  11. Varietas bibit semangka inul Redin F1 bisa Anda beli secara online melalui toko online LMGA AGRO harga murah
  12. Bibit semangka inul Redin F1 sudah terdaftar melalui Kepmentan No. 100/Kpts/SR.120/0.2.7/10/2013

Tentunya dengan beraneka macam karakteristik serta kelebihan Redin F1 menjadikannya sangat menjanjikan untuk petani. Tertarik untuk membudidayakan bibit semangka inul Redin F1 ?

Baca Juga : Benih Pare Unggulan Cocok Petani Tanam

Jual Bibit Semangka Inul Redin F1 Harga Murah

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Bibit Semangka Inul Redin F1 Harga Murah

Jika pembaca sedang mencari bibit semangka inul Redin F1, maka LMGA AGRO ialah jawabannya. LMGA AGRO jual bibit semangka inul Redin F1 berkualitas terbaik.

Selain itu, LMGA AGRO pun mempunyai beraneka tips dan trik dalam mengoptimalkan budidaya semangka inul Redin F1. Sehingga, hasil  panen budidaya semangka inul Redin F1 menjadi lebih banyak serta optimal.

Kualitas bibit semangka inul Redin F1 sudah teruji, sehingga sangat sesuai untuk petani budidayakan. LMGA AGRO jual bibit semangka inul Redin F1 original produksi Bisi Cap Kapal Terbang. Bibit tembikai inul Redin F1 tersedia dalam kemasan sachet berisi bersih 20 gram.

Kualitas Redin F1 terjamin unggul dan hasil panennya tergolong menguntungkan. Jaminan harga Redin F1 murah dan juga LMGA AGRO siap mengirimkan Redin F1 hingga ke alamat tujuan.

Toko online LMGA AGRO juga menjual beraneka macam sarana prasarana pendukung bercocok tanam terlengkap agar kebutuhan konsumen tercukupi.

Kami pun juga menyediakan produk seperti pupuk, alat pertanian, pestisida, zpt, spare part alat pertanian, dan lainnya selain Redin F1. Pesanan produk – produk pertanian itu akan segera kami proses lalu kami kirimkan ke alamat konsumen.

Dengan memanfaatkan jasa dari mitra pengiriman terpercaya, pesanan bibit semangka inul Redin F1 maupun produk lainnya terjamin hingga sampai ke alamat tujuan. KI8, JNE, Pos Indonesia, dan JNT merupakan nama – nama mitra pengiriman rekanan LMGA AGRO.

Nama – nama mitra pengiriman kami sudah teruji reputasinya, sehingga pesanan pun tak usah Anda takutkan apabila tidak sampai ke tangan Anda.

So, tunggu apalagi sekarang. Segera saja hubungi LMGA AGRO sekarang juga dan buktikan sendiri kualitas Redin F1 Cap Kapal Terbang yang LMGA AGRO jual.

Nah, itulah dia artikel bertema bibit semangka inul Redin F1 ini kami tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga bisa bermanfaat untuk seluruh pembaca.

Apabila masih ada hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Bibit Semangka Inul Redin F1 Hasil Menguntungkan ini, segera hubungi LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS).

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.