Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Kami Libur 07 - 21 April 2024.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

16/02/2024

Read

Benih Melon Gracia F1 Kualitas Unggul Untuk Budidaya

Benih Melon Gracia F1,benih,melon,gracia,f1,lmga agro
Benih Melon
Gracia F1

Benih Melon Gracia F1 Kualitas Unggul Untuk Budidaya. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO.

LMGA AGRO merupakan toko pertanian online yang menjual berbagai macam kebutuhan pertanian terlengkap harga murah.

Toko online LMGA AGRO bertempat di Kota Kediri, Jawa Timur. Kami merupakan toko tani berbasis online yang telah lama beroperasional di Indonesia.

LMGA AGRO sudah mempunyai jaminan reputasi terpercaya untuk memberikan jaminan bahwa pesanan konsumen akan sampai hingga ke alamat tujuan. So, calon konsumen tak perlu merasa ragu jika ingin bertransaksi dengan toko online LMGA AGRO.

Benih melon Gracia F1 produk Panah Merah unggul kualitasnya telah teruji. Gracia F1 Cap Panah Merah tersedia dalam harga murah di LMGA AGRO. Pesan segera benih melon Gracia F1 murah hanya melalui LMGA AGRO.

Melon. Siapa orang yang tidak tau soal tanaman buah kaya manfaat ini ? Tumbuhan ini merupakan kelompok tumbuhan dari golongan suku labu – labuan (Cucurbitaceae).

Berdasarkan sejarah, asal daerahnya yakni dari daerah Lembah Panas Persia ataupun Mediterania. Daerah tersebut ialah daerah perbatasan antara Eropa, Asia Barat, serta Afrika.

Seiring waktu berjalan, melon terus menyebar secara luas ke Timur Tengah dan Eropa. Pada abad ke 14, Columbus membawanya ke Amerika serta mulai membudidayakannya di beberapa tempat.

Tempat tersebut contohnya seperti Texas, Colorado, dan California. Lalu, tanaman melon pun terus berkembang ke seluruh penjuru dunia sampai seperti saat ini. Warna buahnya sendiri sangatlah bervariasi, mulai dari hijau, orange, dan sebagainya.

Meskipun warnanya cukup bervariasi, tetapi kandungan nutrisi dan manfaatnya tetaplah bermanfaat. Contoh beberapa manfaat mengkonsumsi buah melon untuk tubuh yaitu :

  • Menjaga kesehatan mata

Tidak mau kalah dengan wortel, buah melon mempunyai nutrisi berupa lutein dan zeaxanthin. 2 zat tersebut termasuk sebagai karoten, yaitu zat yang menjadi bahan baku utama dari vitamin A.

Lutein dan zeaxanthin juga adalah antioksidan yang bisa melindungi jaringan mata. Dengan begitu, maka mata bisa terlindung dari kerusakan akibat sinar matahari, lingkungan, dan bertambahnya usia. 

  • Memperkuat sistem imunitas tubuh

Di dalam buah melon terkandung vitamin C yang sangat bagus untuk tubuh. Berdasarkan penelitian yang sudah pernah dilakukan, vitamin C bisa memperkuat sistem imun tubuh dari kerusakan karena melawan kuman. Dengan begitu, maka tubuh pun tidak akan mudah terserang berbagai penyakit.

  • Membuat tidur lebih nyenyak

Salah satu kandungan nutrisi utama di dalam buah melon adalah vitamin B6. Vitamin B6 ini bisa membantu merangsang tubuh dalam membentuk serotonin.

Serotonin ialah zat kimia otak yang mempunyai berbagai fungsi, salah satunya adalah menimbulkan rasa bahagia.

Vitamin B6 juga mampu memicu produksi melatonin, hormon penimbul rasa kantuk saat malam hari. So, jika Anda sedang mengalami permasalahan tidur bisa mengkonsumsi buah satu ini.

  • Mencegah tubuh mengalami dehidrasi

Dehidrasi pada tubuh bisa terjadi karena tubuh mengalami kekurangan cairan, sehingga fungsinya pun menjadi terganggu. Salah satu cara mudah untuk mencegahnya adalah dengan mengkonsumsi buah melon yang kaya dengan kandungan air.

2 potong buahnya mengandung sebanyak 159 gram air (setra 2,5 gelas air). Beraneka macam mineralnya pun dapat memulihkan elektrolit untuk tubuh Anda.

Baca Juga : Bibit Labu Blewah Terlengkap Berkualitas Unggul

Peluang Usaha Agribinis Menjanjikan Budidaya Melon

peluang,agrobisnis,agribisnis,budidaya,budidaya melon,lmga agro
Peluang Usaha Agribinis Menjanjikan Budidaya Melon

Di zaman sekarang, memanfaatkan peluang bisnis menjadi sangatlah penting. Tidak terkecuali, dengan agribisnis budidaya melon. Penggemar buah melon sendiri sangat bervariasi, mulai dari kalangan anak – anak kecil sampai orang dewasa.

Selain nikmat untuk dikonsumsi secara langsung, buah ini juga dapat diolah menjadi beraneka jenis minuman. Daging buah segar, nikmat, lezat, dan rasanya yang manis menjadi daya tarik tersendiri.

Tidaklah mengherankan jika jumlah peminat serta permintaannya sangatlah tinggi. Maka tidaklah salah jika banyak petani membudidayakan melon.

Peluang agribisnis budidaya melon sedari dulu sampai kini sangatlah menguntungkan. Prospek bisnis budidayanya memanglah bukan main – main.

Keuntungan yang bisa diperoleh dari budidaya melon cukuplah besar, sehingga banyak sekali orang menjadi terpincut. Di pasaran sendiri, buah melon sangatlah laris manis bahkan sampai terjual ludes tidak bersisa.

Jumlah penggemar buah ini yang tergolong besar tentunya membuat petani bisa memanfaatkan budidaya melon dengan baik.

Memang menjalankan pembudidayaan melon termasuk gampang – gampang susah. Namun, jika Anda tau cara menjalankan bisnis budidayanya maka bisnis ini dapat Anda jalankan secara mudah.

Pelaku bisnis budidaya melon bisa serta cocok untuk semua orang lakukan. Asalkan Anda mempunyai kemauan dan minat yang tinggi untuk berhasil, maka usaha agribisnis ini bisa mudah Anda jalankan.

Apabila Anda tertarik melakukan budidaya melon, maka Anda bisa langsung memulainya. Jumlah modal yang Anda butuhkan pun tidak terlalu besar untuk memulainya.

Anda dapat memulai agribisnis budidaya melon pada lahan tanam berukuran kecil. Untuk menunjang kegiatan pembudidayaan, Anda memerlukan beraneka macam peralatan penting.

Contohnya saja seperti golok, sabit, cangkul, pompa air, timbangan, sprayer, gunting, selang air, dan lainnya.

Selain itu, Anda juga membutuhkan komponen pendukung lainnya. Misalnya saja seperti tali rafia, pupuk organik, pupuk kimia, pestisida, dan sebagainya.

Jika hasil panen sudah Anda peroleh, Anda harus memasarkannya secara tepat. Anda dapat memasarkan hasil panen buah melon hasil ke rumah makan, restoran, hotel, pasar tradisional, dan sebagainya.

Harga jual buahnya rata – rata berkisar antara Rp 5.000  sampai Rp 10.000. Hal ini sangat bergantung dengan kondisi harganya di pasaran.

Ancaman OPT Tanaman Melon

Dalam keberlangsungan budidaya melon, ada hal – hal tertentu yang bisa mengancam. Contoh ancaman dalam keberlangsungan budidaya tanaman adalah adanya opt (organisme pengganggu tanaman).

Organisme pengganggu tanaman (seperti hama dan penyakit) sangatlah beragam. Namun, ada beberapa opt yang dapat menyerang tanaman melon.

Contoh beberapa opt yang dapat menyerang tanaman melon yakni seperti :

  • Puret / Keriting Daun

Penyakit puret atau keriting daun pada tanaman melon terjadi karena infeksi virus Gemini. Penyakit ini termasuk cukup menakutkan untuk para petani.

Tumbuhan yang telah terinfeksi Gemini virus tak akan bisa menghasilkan buah layak dikonsumsi. Tanaman melon yang sudah terserang daun keriting atau puret menyebabkan daunnya berkerut dan berwarna kuning.

Akibatnya, tanaman menjadi rusak, tumbuh kerdil, serta buahnya menjadi tidak layak sebagai bahan konsumsi.

Gemini virus penyebab penyakit puret ini bukanlah tanpa sebab, melainkan disebarkan oleh hama vektor. Hama vektor tersebut contohnya seperti thrips, aphids, dan tungau.

Ciri – ciri tanaman melon terkena penyakit puret ada beberapa. Contoh ciri – ciri tersebut yakni seperti ukuran buahnya kecil dan pecah – pecah, serta pucuk tanaman tidak bisa tumbuh.

  • Embun Tepung

Penyakit embun tepung terjadi karena infeksi patogen jamur bernama Microsphaera diffusa. Jamur ini sangat mudah dalam menginfeksi tanaman dengan permukaan jaringan daun lembut.

Hebatnya, M. diffusa mempunyai kemampuan untuk tumbuh subur dalam iklim hangat dan kering. Maka tidaklah mengherankan jika penyakit embun tepung banyak ditemui pada musim kemarau.

Keadaan yang lembab hanya dibutuhkan ketika menyemaikan spora M. diffusa. Lalu, cendawan dapat tumbuh dan mulai menyebarkan spora saat iklim menjadi kering dan hangat.

Spora yang terbawa oleh media angin kemudian akan menyebar. Bila spora tersebut terjatuh ke tanaman inang, maka tanaman dapat mati akibat kurangnya suplai tanaman.

Jamur M. diffusa tak akan menginfeksi hingga bagian dalam jaringan tanaman. Cendawan M. diffusa ketika musim hujan akan tertidur serta menunggu suhu kering dan hangat agar bangun serta menyebarkan spora.

Baca Juga : CMB Santa 32 F1 Bibit Cabe Unggul Cocok Petani Tanam

  • Kutu Kebul

Kutu kebul (Bemisia tabaci) merupakan salah satu hama yang banyak menyerang berbagai tanaman, salah satunya adalah melon. Warna tubuh kutu kebul dewasa putih dengan sayap jernih yang ditutupi oleh lapisan lilin dan tepung.

Imago dewasa hidup secara berkelompok pada bagian bawah daun. Suhu lingkungan ataupun cuaca yang lebih panas akan semakin mempercepat kutu kebul menjadi dewasa. Hal tersebut berarti siklus reproduksinya menjadi singkat serta mampu menghasilkan keturunan secara cepat.

Serangan kutu kebul bisa cukup masif serta bisa menyebabkan kerusakan tanaman. Gejala serangan kutu kebul yakni daun menjadi bercak nekrotik akibat kerusakan sel dan jaringan daun.

Kerusakan karena kutu kebul dapat menimbulkan gejala klorosis, belang, serta keriting daun. Saat serangan parah, kutu kebul mampu menyebabkan tanaman menjadi kerdil serta tidak produktif.

Selain itu, hama kutu kebul juga menjadi vektor dalam pembawa patogen virus (hampir sebanyak 60 virus). Contoh virus itu yakni seperti virus carla, virus Gemini, virus clostero, dan lainnya.

  • Oteng – oteng

Oteng – oteng (Aula cophora sp.) merupakan kumbang perusak daun dengan ukuran tubuh ± 1 cm dengan sayap berwarna kuning polos.

Hewan bernama lain kutu kuya ini lebih mirip kumbang, tetapi ukuran tubuhnya relatif sangat kecil serta lonjong. Kutu kuya berkembang biak dengan cara bertelur, dan gejala serangannya umumnya terjadi saat tanaman masih baru pindah tanam.

Sejak masih berbentuk larva, oteng – oteng sudah menyerang tanaman. Larva menyerang bagian akar tanaman hingga menjadi layu kemudian mati.

Kutu kuya dewasa memakan daun serta hanya menyisakan bagian tulang daun saja. Serangan parahnya mampu menyebabkan tanaman meranggas dengan menyisakan tulang daun kemudian mati.

Gejala serangan oteng – oteng pertama kali terjadi saat baru pindah tanam. Larvanya yang bernama jampang akan memakan akar tanaman muda. Akibatnya, tanaman menjadi layu dan akhirnya mati.

Serangan hama oteng – oteng dewasa juga terjadi saat tumbuhan masih berumur muda dengan cara memakan daunnya.

  • Kresek

Penyakit kresek terjadi akibat infeksi jamur Pseudoperonospora cubensis. Penyakit bernama lain downy mildew ini sangatlah meresahkan petani karena mampu menyebabkan banyak kerusakan untuk tanaman.

Jamur P. cubensis ialah parasit obligat yang memerlukan jaringan tanaman hijau hidup agar mampu bertahan hidup. Patogen cendawan ini sangatlah merusak pada daerah teduh dengan kondisi lembab, dingin, serta basah, dan suhunya berkisar antara 15 sampai 23° C.

Cendawan P. cubensis mampu menyebarkan sporanya melalui media udara, percikan air, dan juga angin. Begitu jamur ini sudah hinggap pada tanaman inang rentan, spora pun akan berkecambah.

Lalu, spora akan menghasilkan struktur yang masuk ke jaringan tanaman melalui pori – pori alami dibawah daun.

Dari sana, cendawan akan menyebar serta tumbuh menjadi lebih besar dari jaringan internal dan membentuk lapisan khas di bagian luar. Kemudian, spora akan menyebarkan penyakit kresek menjadi lebih jauh.

Kresek atau downy mildew hingga sekarang ini masih menjadi momok utama yang petani cukup takuti. Penyakit kresek berkembang dengan sangat baik dalam kondisi kelembaban serta cuaca tidak menentu. Kemudian, menular ke seluruh populasi tanaman dalam kurun waktu relatif singkat.

Serangan penyakit kresek akan lebih parah pada lingkungan berdrainase buruk dengan tingkat kelembaban tinggi. Serangan berawal dengan munculnya bintik coklat pada bagian tengah daun yang semakin besar setiap harinya.

Lalu, berakhir dengan semua permukaan daun berubah warnanya menjadi coklat dan menjadi kering. Serangan parah dari penyakit kresek menyebabkan kegagalan panen.

Benih Melon Gracia F1 Benih Terbaik Berkualitas Unggul

bibit,bibit melon,panah merah,cap panah merah,benih melon gracia f1 cap panah merah,lmga agro
Benih Melon Gracia F1 Benih Terbaik Berkualitas Unggul

Untuk menghindari ancaman opt (seperti hama & penyakit) dari penjelasan sebelumnya, maka memilih benih berkualitas menjadi sangat penting.

Hingga sekarang saja sudah banyak sekali beraneka macam benih – benih melon beredar dengan kualitas yang beragam.

Bila Anda ingin membudidayakan tanaman ini, maka proses pemilihan benih ini sangatlah penting. Jika Anda memilih benih yang salah, maka bisa saja benih tersebut tidak bisa tumbuh. Atau bisa pula benih tersebut tumbuh kemudian mudah terserang hama maupun penyakit.

Tentu Anda sebagai pembeli benih tersebut nanti akan mengalami kerugian. Nah, untuk mencegah kesalahan dalam memilih benih maka LMGA AGRO siap untuk membantu Anda.

Supaya lebih gampang, LMGA AGRO akan merekomendasikan salah satu benih berkualitas unggul. Produk benih yang ingin LMGA AGRO rekomendasikan untuk Anda adalah Gracia F1.

Gracia F1 adalah benih melon hibrida berkualitas unggul bermerek dagang Cap Panah Merah. Benih Gracia F1 produk PT East West Seed Indonesia (Ewindo) sudah terdaftar secara resmi melalui Kementan RI.

Produk benih Gracia F1 terdaftar secara resmi melalui SK Kementan No. 093/Kpts/SR.120/D.2.7/8/2016. Dengan adanya perijinan resmi tersebut, maka produk benih Gracia F1 bisa beredar secara legal di pasaran.

Produk benih Gracia F1 mempunyai karakteristik dan keunggulan yang sangat menjanjikan. Dengan karakteristik dan keunggulan tersebut, tentunya akan semakin menarik petani untuk membudidayakan melon memakai benih Gracia F1 Cap Panah Merah.

Contoh beberapa karakteristik dan keunggulan dari benih Gracia F1 Cap Panah Merah yaitu :

  1. Benih melon Gracia F1 bisa tumbuh secara kokoh dan kuat.
  2. Benih Gracia F1 cocok dibudidayakan di daerah dataran rendah hingga menengah saat musim kemarau.
  3. Penanaman benih Gracia F1 menjadi lebih aman dan mudah karena telah memiliki ketahanan terhadap opt (organisme pengganggu tanaman).
  4. Benih Gracia F1 sudah tahan terhadap serangan virus Gemini.
  5. Benih Gracia F1 telah memiliki ketahanan terhadap serangan hama kutu kebul.
  6. Bentuk buah melon Gracia F1 Ewindo bulat oval, proses pembentukan net tergolong mudah terbentuk, serta kulit buah berwarna hijau dengan daging buah berwarna hijau keputih – putihan.
  7. Benih Gracia F1 sudah bisa dipanen saat sudah berumur ± 70 hari sesudah pindah tanam.
  8. Potensi hasil panen Gracia F1 tergolong cukup tinggi, yaitu mencapai ± 50 ton/ha.
  9. Bobot rata – rata per buah Gracia F1 Eastwestseed sekitar ± 2 kg.
  10. Rasa buah melon Gracia F1 tergolong manis dengan kadar gula mencapai ± 13 % (Brix).
  11. Benih Gracia F1 termasuk ke dalam jajaran benih berkualitas terbaik.

Dari banyaknya karakteristik serta keunggulan tersebut, tidaklah mengherankan jika benih Gracia F1 sangat cocok untuk Anda gunakan. So, apakah Anda tertarik membeli benih Gracia F1 ??

Baca Juga : Fungisida Sistemik Terbaik Untuk Petani

Jual Benih Melon Gracia F1 Cap Panah Merah Murah

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Benih Melon Gracia F1 Cap Panah Merah Murah

Jika Anda tengah mencari benih Gracia F1 Cap Panah Merah, LMGA AGRO ialah tempat terbaik untuk Anda. LMGA AGRO mempunyai berbagai macam solusi dalam upaya memaksimalkan budidaya menggunakan benih Gracia F1.

LMGA AGRO jual benih melon Gracia F1 Cap Panah Merah berkualitas terbaik serta terjamin original. Benih Gracia F1 produk Eastwestseed yang LMGA AGRO jual dikemas dalam kemasan sachet berisi 500 butir.

Harga jual benih melon Gracia F1 di LMGA AGRO terjamin ramah untuk kantong konsumen. Sehingga, Gracia F1 bisa semua kalangan jangkau dengan harga yang terjamin terjangkau.

Untuk memastikan pesanan produk benih melon Gracia F1 terjamin sampai ke alamat tujuan, LMGA AGRO menjalin kerjasama dengan perusahaan jasa pengiriman bereputasi terpercaya.

J&T, KI8, Pos Indonesia, serta JNE merupakan beberapa nama – nama mitra pengiriman yang LMGA AGRO gandeng untuk mengirimkan benih melon Gracia F1.

Tentu nama – nama tersebut tidak asing sama sekali, bukan ? Kualitasnnya tidak usah Anda ragukan lagi karena mereka sudah terbukti mempunyai reputasi yang terpercaya sejak lama.

Jadi, tak perlu menunggu lebih lama lagi. Segera pesan benih melon Gracia F1 maupun produk lainnya dari LMGA AGRO sebelum Anda kehabisan !!

Nah, itulah dia artikel bertema benih melon Gracia F1 ini kami tulis juga sampaikan kepada Anda semua. Semoga artikel kali ini bisa banyak memberikan manfaat untuk seluruh pembaca.

Apabila masih terdapat hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Benih Melon Gracia F1 Kualitas Unggul Untuk Budidaya ini, segera hubungi LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Sukses terus dan sampai berjumpa kembali dalam artikel terbaru LMGA AGRO selanjutnya.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.