Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Kami Libur 07 - 21 April 2024.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

15/03/2024

Read

Cabai Rawit Bara Kualitas Unggulan Untuk Petani

Cabai Rawit Bara,cabai,cabai rawit,bara,cap panah merah,lmga agro
Cabai Rawit
Bara

Cabai Rawit Bara Kualitas Unggulan Untuk Petani. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO.

LMGA AGRO merupakan toko pertanian berbasis online yang menyediakan berbagai kebutuhan tani terlengkap harga terjamin murah.

Lmga Agro merupakan agen, supplier, reseller, dan distributor kebutuhan pertanian terbaik di Indonesia.

Kami telah lama berkecimpung di dunia pertanian serta juga mempunyai jaminan reputasi yang pastinya terpercaya.

Konsumen di seluruh penjuru Indonesia sudah toko pertanian terdekat Lmga Agro punyai. So, tentunya Anda tidak perlu meragukan lagi kualitas toko pertanian terbaik Lmga Agro.

Ingin membeli produk pertanian berkualitas unggul dengan harga murah ? Hubungi segera Lmga Agro dan order kebutuhan pertanian Anda sebelum Anda kehabisan !!

Benih cabai rawit Bara kini sudah bisa konsumen beli di Lmga Agro. Lmga Agro menjual bibit cabai rawit Bara yang diproduksi oleh PT Eastwestseed Indonesia.

Dapatkan segera benih cabai rawit Bara F1 Cap Panah Merah harga terjangkau hanya melalui toko pertanian terdekat Lmga Agro !!

Di Indonesia, cabai ialah salah satu bumbu dapur utama yang hampir selalu ada dalam makanan kita setiap hari. Penyataan tersebut didukung oleh banyak bukti jika masyarakat Indonesia menggemari makanan bercita rasa pedas.

Dengan fakta tersebut, maka cabai pun bisa menjadi salah satu kebutuhan utama yang perlu terpenuhi. Terlebih lagi, mengkonsumsi cabe pun bisa memberikan banyak manfaat yang sangat baik untuk tubuh.

Namun, dengan catatan bahwa Anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang sewajarnya. Jika Anda mengkonsumsinya dalam jumlah berlebihan, maka hal itu akan memberikan banyak manfaat yang sangat baik untuk tubuh.

Dampak buruk tersebut salah satunya ialah mengakibatkan perut menjadi mulas.

Beberapa manfaat mengkonsumsi cabai dalam jumlah cukup untuk tubuh contohnya seperti :

  • Melancarkan sistem pernafasan

Kandungan nutrisi berupa vitamin A di dalam cabe terbukti sangat bagus untuk tubuh. Kandungan vitamin A ini memiliki beraneka manfaat untuk tubuh, contohnya seperti memperlancar sistem pernafasan (terutama untuk penderita penyakit asma).

Selain itu, kandungan vitamin A ini juga bisa menurunkan resiko tubuh terserang radang paru – paru karena terpapar asap rokok. Dengan begitu, maka kondisi sistem pernafasan tubuh tidak akan terganggu dan tetap lancar.

  • Menurunkan resiko tubuh terserang kanker

Beraneka kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh terdapat di dalam buah cabe. Berbagai macam kandungan antioksidan tersebut terbukti mampu menangkal radikal bebas penyebab penyakit kanker. Dengan begitu, maka nantinya akan memperkecil resiko tubuh terserang penyakit kanker.

Cabai Rawit Tipe Cabai Unggulan Petani

Cabai Rawit Tipe Cabai Unggulan Petani

Ada relatif banyak varietas tanaman cabe di dunia, tetapi petani Indonesia biasanya hanya membudidayakan 3 jenis cabai saja. 3 jenis cabai tersebut yakni cabe merah besar, cabe merah keriting, dan cabe rawit.

Nah, kali ini Lmga Agro akan membahas salah satu dari cabe diatas, yakni cabe rawit. Tanaman ini ialah tanaman asli yang berasal dari Benua Amerika.

Daerah beriklim tropis menjadi tempat yang paling sesuai untuk budidaya cabe rawit. Maka janganlah heran jika Indonesia yang beriklim tropis sangat cocok untuk budidaya tanaman bernama latin Capsicum frutescens ini.

Apabila Anda pernah membeli gorengan, umumnya penjual akan memberikan pelengkap berupa cabe rawit. Bukankah jika tak ada cabe rawit rasanya seperti ada sesuatu yang kurang bukan ketika mengkonsumsi gorengan ?

Untuk tingkat kepedasan cabe rawit sendiri termasuk cukup tinggi. Bagaimana tidak, hal itu bisa tercermin dari tingkat kepedasannya yang mencapai nilai ± 50.000 – 100.000 SHU (Scoville Heat Unit).

Secara umum, cabe rawit dibudidayakan di daerah dataran rendah berketinggian ± 0 – 500 mdpl. Tetapi, seiring waktu berjalan telah banyak produk bibit cabai rawit yang mampu tumbuh di dataran berketinggian ± 500 mdpl.

Sejak dulu pun petani Indonesia telah banyak membudidayakan tanaman cabai rawit. Produk bibit cabe yang mereka pergunakan pun cukup beragam dari beraneka macam produsen.

Tetapi, ada salah satu produk benih cabai rawit yang beberapa waktu terakhir cukup menjadi pilihan utama untuk petani Indonesia. Lalu, sebenarnya apa produk tersebut ?

Baca Juga : Benih Cabe Merah Besar Tahan Virus Cocok Petani Tanam

Cabai Rawit Bara Produk Terbaik Produksi Panah Merah

cabe rawit,
Cabai Rawit Bara Produk Terbaik Produksi Panah Merah

Di pasaran Indonesia sudah cukup banyak beredar produk benih cabai rawit berkualitas terbaik. Salah satu produk yang banyak petani budidayakan dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ialah Bara F1.

Bara F1 merupakan produk bibit cabai rawit hibrida hasil keluaran PT Eastwestseed Indonesia (Panah Merah). Walaupun punya jumlah pesaing yang cukup banyak, tetapi Panah Merah tidak gentar sama sekali.

Hal itu bisa terjadi karena Panah Merah telah mempersiapkan produk Bara F1 Cap Panah Merah dengan sangat bagus.

Dengan begitu, maka produk cabai rawit Bara produksi Panah Merah sangat cocok konsumen pergunakan. Terlebih lagi, cabai rawit Bara mempunyai berbagai karakteristik unggulan ketimbang produk – produk pesaingnya.

Beberapa contoh karakteristik unggul yang dimiliki oleh Bara yaitu seperti :

  1. Bara mempunyai vigor yang termasuk kokoh, tegak, ruasnya pendek, dan percabangannya tergolong banyak.
  2. Kemampuan adaptasi cabai rawit Bara tergolong bagus, baik di daerah dataran rendah hingga dataran tinggi ketika musim kemarau maupun musim hujan.
  3. Cabai rawit Bara toleran terhadap serangan penyakit bakteri, serta tahan terhadap serangan hama thrips, Aphid, dan CMV.
  4. Tanaman cabai rawit Bara Ewindo lebih mudah & aman karena tahan serangan hama penyakit.
  5. Proses pembentukan buah cabai rawit Bara tergolong mudah walaupun kondisi cuaca sedang buruk.
  6. Pembudidayaan cabai rawit Bara lebih mudah juga aman karena telah memiliki ketahanan terhadap serangan organisme pengganggu tanaman (opt).
  7. Buah cabai rawit Bara berdiameter ± 0,4 cm dan panjangnya berkisar ± 3 cm.
  8. Kulit buah cabai rawit Bara saat muda berwarna hijau mengkilap dan berubah menjadi berwarna kemerahan ketika telah matang / tua.
  9. Buah cabai rawit Bara produksi Panah Merah lebih tahan simpan, pengepakan, hingga pengangkutan jarak jauh.
  10. Budidaya cabai rawit Bara sudah bisa Anda panen saat berumur ± 100 hari setelah pindah tanam.
  11. Potensi hasil panen budidaya cabai rawit Bara tergolong cukup besar, yaitu mencapai ± 0,6 kg/tanaman (10 ton/ha).
  12. Hasil panen cabai rawit Bara mudah terjual ke pedagang kaki lima hingga pedagang besar sekalipun.
  13. Buah cabai rawit Bara dapat dipetik tua sebagai buah cabai rawit merah, namun bisa pula dipetik muda sebagai buah cabai rawit hijau.
  14. Produk benih cabai rawit Bara sudah terdaftar secara resmi & legal dalam data Kementan RI melalui peraturan Kepmentan No. 874/Kpts/TP.240/7/1999.
  15. Toko pertanian terdekat Lmga Agro menjual benih cabai rawit Bara hasil produksi Panah Merah dan berisikan 3200 butir.

Prospek Menjanjikan Agrobisnis Budidaya Cabai Rawit Bara

Karakteristik unggulan dari produk unggulan cabe rawit Bara menjadi daya pikat utama bagi petani Indonesia. Terlebih lagi, harga jual buah cabai Bara di pasaran memang tergolong cenderung tinggi.

Potensi budidaya cabai rawit Bara akan lebih besar jika permintaan pasar terhadap cabe ini juga semakin meningkat. Maka tidaklah salah jika banyak petani tertarik dengan potensi hasil agribisnis budidaya cabai Bara F1.

Budidaya cabai rawit Bara dapat Anda lakukan di banyak tempat. Bahkan, pekarangan rumah saja yang ukurannya kecil bisa Anda manfaatkan sebagai tempat pembudidayaan.

Dengan memanfaatkan lokasi lahan tanam yang sesuai, maka hasil panen tentunya akan bisa diperoleh secara lebih maksimal. Hal tersebut tentu saja akan berdampak sangat bagus untuk petani cabe.

Apabila Anda punya permasalahan seputar keterbatasan lahan tanam, pemanfaatan pekarangan rumah sebagai tempat pembudidayaan cabai rawit Bara bisa menjadi solusi paling tepat.

Di pekarangan rumah tersebut petani dapat membudidayakan benih cabai rawit Bara dengan memanfaatkan metode tanam secara hidroponik.

Pemanfaatan metode tanam secara hidroponik bisa menjadi pilihan paling realistis dan memberikan beraneka kelebihan.

Kelebihan itu contohnya seperti dapat terlepas dari serangan organisme pengganggu yang asalnya dari dalam tanah. Selain itu, metode tanam hidroponik juga memiliki manfaat lainnya.

Manfaat lain itu sebut saja seperti membuat penggunaan air menjadi semakin irit serta mempermudah proses pemeliharaan.

Baca Juga : Pupuk Susulan Cabe Musim Hujan Bambu Ijo Berkualitas Unggulan

Ketahanan Cabai Rawit Bara Terhadap Serangan Organisme Pengganggu

Salah satu kelebihan utama dari cabai rawit Bara adalah mempunyai ketahanan terhadap serangan organisme pengganggu tanaman (opt).

Serangan opt tentu menyebabkan kerugian bagi petani, entah dalam jumlah kecil maupun besar. Nah, dengan memanfaatkan produk benih cabe rawit Bara F1 maka kerugian itu bisa Anda hindari.

Beberapa contoh opt tersebut yaitu seperti :

  • Antraknosa

Antraknosa atau patek merupakan salah satu penyakit yang seringkali menyerang tanaman cabai rawit. Patogen jamur dari genus Colletotrichum ialah penyebab utama terjadinya penyakit patek.

Cendawan ini mampu menginfeksi tanaman mulai dari fase vegetatif, fase generatif, sampai masa panen. Mereka mampu bertahan hidup dalam biji, sisa – sisa tanaman, hingga ke inang alternatif.

Mereka juga mampu melahirkan perkembangan baru pada jaringan transplantasi tanaman yang sudah terinfeksi sebelumnya.

Patogen jamur Colletotrichum bisa tumbuh subur (baik dalam periode hangat maupun periode basah). Patogen cendawan ini mampu menyebar ke tanaman lainnya lewat perantara air hujan atau air irigasi.

Pada buah infeksi dapat terjadi pada suhu 10° C sampai 30° C. Namun, suhu optimal untuk perkembangannya berkisar sekitar ± 23° C sampai 27° C.

Jika permukaan buah basah, maka penyakit patek akan makin parah. Selain itu, pada buah akan muncul luka melingkar ataupun bersudut basah yang lalu menjadi sedikit cekung serta lunak.

Warna bagian tengah luka yaitu oranye atau kecoklatan, serta akan berubah warna menjadi berwarna hitam. Untuk jaringan di sekitarnya sendiri warnanya cenderung lebih terang.

Sebagian besar permukaan buah dapat tertutupi oleh luka – luka. Bentuk cincin – cincin tersebut konsentris serta tidak memperlihatkan gejala apa – apa sampai buah benar – benar matang.

Gejala pada daun dan buah muncul sebagai bintik berukuran kecil berwarna abu – abu kecoklatan dengan bagian tepian berwarna coklat tua.

Saat akhir musim, buah yang telah masak nantinya akan membusuk, disusul dengan cabangnya mengalami kematian pucuk. 

  • Aphid

Aphid atau orang sering orang mengenalnya sebagai kutu daun merupakan seekor hewan serangga bertubuh kecil dan juga bertekstur lunak. Kenapa ukuran tubuhnya kecil ? Karena ukuran tubuhnya saja hanya mencapai ± 0,5 – 2 mm.

Tipe Aphid ini sendiri tergolong relatif beragam, tetapi tipe yang mendominasi ialah tipe Aphid tidak bersayap. Sementara itu, tipe lainnya ialah tipe Aphid yang bersayap.

Dengan menggunakan bagian ovipositornya (bagian mulutnya yang panjang), Aphid akan bisa untuk menembus jaringan tanaman bertekstur lunak dan juga menyerap cairan.

Virus – virus tanaman juga dapat terbawa melalui beberapa spesies Aphid, sehingga mampu menyebabkan penyakit karena virus menjadi berkembang.

Kerumunan Aphid berjumlah besar mampu menyebabkan daun serta pucuk daun menjadi layu, berkerut, dan juga menjadi menguning. Selain itu, mereka juga bisa menyebabkan terganggunya pertumbuhan tanaman.

Ketika memakan tanaman, berikutnya kotoran berupa embun madu akan dihasilkan oleh Aphid. Pada beberapa kasus, kotoran berupa embun madu itu bisa menyebabkan infeksi tambahan dengan patogen jamur oportunistik.

Madu tersebut bisa memikat gerombolan – gerombolan semut – semut. Bahkan, Aphid dalam jumlah sedikit pun dapat menularkan virus dari satu tanaman ke tanaman lainnya secara terus – menerus.

  • Thrips

Thrips (Scirtothrips dorsalis) mempunyai tubuh berwarna kekuning – kuningan. Sang betina bisa menghasilkan telur sebanyak 50 butir serta berbentuk kacang putih keabu – abuan, biasanya di dalam daun muda dan kuncup.

Seiring jumlah populasi yang bertambah, berikutnya mereka juga akan memilih permukaan daun dewasa untuk dimakan. Masa inkubasinya umumnya berlangsung sekitar ± 3 sampai 8 hari.

Nimfa yang baru menetas ukurannya relatif kecil. Tubuhnya sendiri berwarna kemerahan yang kemudian berubah warna menjadi coklat kekuningan.

Nimfa yang memasuki proses fotosintesis akan mulai turun dari tanaman. Kemudian, nimfa akan menyelesaikan perkembangannya di tanah gembur atau sisa – sisa dedaunan di bagian dasar inang mereka. Masa pupa biasanya berlangsung selama ± 2 sampai 5 hari.

Nimfa dan kutu daun dewasa akan memakan bagian bawah dedaunan muda. Serangan mereka dilakukan dengan memarut dan menembus jaringan lalu menghisap cairan yang keluar.

Daun yang terserang kemudian akan memunculkan bercak berwarna coklat muda hingga perak. Selain itu, daun tersebut mungkin juga menunjukkan tanda – tanda pengeritingan (deformasi).

Dalam kasus parah, terjadi pengeritingan parah pada daun dan daun rontok sebelum waktunya. Bekas gigitan pada bunga terlihat berupa goresan kelopak dan mampu menyebabkan bunga mengering serta rontok.

Bercak, keropeng, dan berubahnya bentuk buah akan membuat nilai jualnya di pasaran menjadi berkurang. Meskipun serangan umumnya terjadi di sepanjang tahun, tetapi puncaknya terjadi selama bulan kemarau.

Baca Juga : Katalog Benih Sayuran Wortel & Bawang Daun Lengkap Harga Terjamin Murah

Jual Benih Cabai Rawit Bara Ewindo Harga Terjangkau

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Benih Cabai Rawit Bara Ewindo Harga Terjangkau

Bila pembaca artikel ini sedang mencari produk benih cabai rawit Bara Ewindo, tentu saja jawabannya sudah pasti adalah Lmga Agro. Lmga Agro menjual bibit cabai Bara F1 dengan jaminan kualitas unggul.

Lmga Agro merupakan agen, supplier, reseller, dan distributor berbagai kebutuhan pertanian dengan harga terjangkau dan promo.

Toko pertanian terdekat Lmga Agro juga menjual beraneka macam produk pertanian terlengkap. Produk itu contohnya seperti benih, pupuk, pestisida, zpt, alat pertanian & spare part, dan lainnya. Seluruhnya tersedia paling lengkap hanya di toko pertanian terdekat Lmga Agro.

Mitra pengiriman terpercaya Lmga Agro gandeng untuk mengirim pesanan produk benih cabai Bara F1. JNE, Pos Indonesia, KI8, dan J&T ialah beberapa nama – nama mitra pengiriman bereputasi terpercaya rekanan Lmga Agro.

Seluruh pesanan konsumen dari toko pertanian terdekat Lmga Agro tentunya terjamin pasti akan sampai hingga ke alamat tujuan.

Tertarik membuktikan sendiri kualitas produk bibit cabai rawit Bara F1 Cap Panah Merah ? Segera hubungi Lmga Agro kemudian order benih cabai rawit Bara harga murah sebelum out of stock !!

Nah, itulah dia artikel dengan tema bahasan cabai rawit Bara ini kami tulis dan sampaikan kepada seluruh pembaca. Semoga bisa banyak memberikan manfaat dan berdampak positif untuk Anda semua.

Apabila masih ada hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Cabai Rawit Bara Kualitas Unggulan Untuk Petani ini, segera hubungi Lmga Agro melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Salam sukses selalu.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.