Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Kami Libur 07 - 21 April 2024.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

04/04/2024

Read

Cabe TM 999 Tani Murni Berkualitas Terbaik

Cabe TM 999,cabe,tm 999,tani murni,tm seeds,lmga agro
Cabe
TM 999

Cabe TM 999 Tani Murni Berkualitas Terbaik. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO.

Lmga Agro adalah toko pertanian online yang menjual berbagai kebutuhan pertanian online berkualitas unggulan.

Toko pertanian Lmga Agro merupakan toko online dengan basis lokasi fisik di Kota Kediri, Jawa Timur.

Kami telah lama berkecimpung di sektor pertanian Indonesia dan konsumen yang berada di semua penjuru Indonesia.

Lmga Agro merupakan distributor, supplier, reseller, serta agen produk pertanian dengan reputasi terpercaya. Kami berani memberikan jaminan bahwa semua pesanan konsumen akan Lmga Agro proses secepat – cepatnya.

Lmga Agro jual benih cabe TM 999 original hasil keluaran Tani Murni. Pemesanan konsumen terhadap produk bibit cabe TM 999 Tani Murni akan segera Lmga Agro proses secepat mungkin.

Order segera benih cabe TM 999 harga terjangkau hanya di toko pertanian terdekat Lmga Agro.

Perbincangan tentang kekayaan alam Nusantara seolah tidak pernah ada habisnya. Contoh nyata kekayaan alam tersebut adalah kekayaan alam hayati yang berasal dari sektor pertanian (yang menjadi salah satu penyumbang devisa paling besar di Indonesia).

Salah satu hasi dari kekayaan alam yang berasal dari sektor pertanian adalah cabai. Diantara berbagai tanaman dengan nilai jual tinggi di pasaran, cabai masih tergolong salah satu diantaranya.

Tumbuhan kelompok perdu dari keluarga terong – terongan ini dikenal punya banyak penggemar di Indonesia sampai sekarang.

Berdasarkan catatan sejarah, keberadaan tanaman cabai di Indonesia diawali dengan para pelaut berkebangsaan Portugis dan Spanyol yang membawa tumbuhan ini ke Indonesia bersama 2000 jenis tumbuhan lainnya.

Terbukti dari ujung barat hingga timur Indonesia, masyarakat Nusantara seolah tidak bisa terlepas dari cita rasa pedas khas cabe. Beraneka macam olahan dengan cita rasa pedas di warung kecil sampai restoran ternama menjadi bukti nyata kepopuleran cabai di Indonesia.

Di Indonesia terdapat beberapa jenis tanaman cabe yang banyak petani gunakan untuk dibudidayakan. Contohnya saja seperti jenis cabe rawit, cabe keriting, dan cabe merah.

Salah satu yang ingin Lmga Agro bahas kali ini adalah cabe keriting. Buah cabe keriting ini bentuknya ramping dan panjang bertekstur keriting (seperti namanya).

Manfaat yang bisa didapatkan dari buahnya saat dikonsumsi sangatlah banyak. Hal tersebut dapat terjadi karena di dalam buah cabe terkandung beraneka nutrisi yang berguna untuk tubuh. Contoh beberapa nutrisi tersebut yakni seperti vitamin A, vitamin C, fosfor, dan capsaicin.

Walaupun memiliki berbagai macam manfaat untuk tubuh, namun jika dikonsumsi secara berlebihan malah akan berefek buruk (contohnya seperti diare). Oleh karena itu, jika ingin mengkonsumsinya maka harus dalam jumlah secukupnya saja.

Komoditas cabe keriting merupakan salah satu komoditas pertanian unggul dengan prospek yang terjamin menguntungkan. Mengapa ?

Alasannya yaitu besarnya permintaan pasar seiring bertambahnya jumlah masyarakat Indonesia. Terkadang, harganya pun bisa melambung tinggi sampai berkali – kali lipat.

Tingkat produktivitas tanaman cabe keriting tergolong cukup tinggi, asalkan juga didukung dengan pembudidayaan menggunakan benih berkualitas terbaik. 

Dalam sekali musim hujan, tingkat produksi rata – rata dapat menghasilkan sebesar ± 20 ton per hektar. Jumlah tersebut tentunya menunjukkan prospek masa depan cabe keriting tergolong sangat cerah.

Tetapi, hal tersebut tentunya harus ditunjang oleh beraneka macam faktor pendukung di lapangan. Contohnya saja semisal penggunaan bibit cabe berkualitas terbaik.

Baca Juga : Sarana Tani Lengkap LMGA AGRO Berkualitas Terbaik

Cabe TM 999 Produk Terbaik Cocok Petani Budidayakan

Cabe TM 999 Produk Terbaik Cocok Petani Budidayakan

Jika Anda ingin memanfaatkan peluang agribisnis budidaya cabe keriting, pastinya Anda perlu menggunakan benih cabe berkualitas unggul.

Di masa sekarang, penggunaan produk bibit berkualitas unggul telah menjadi hal yang wajib dilakukan untuk mendapatkan hasil unggul.

Agar makin mudah, Lmga Agro akan merekomendasikan produk benih cabe untuk petani pilih dan budidayakan. Produk yang ingin Lmga Agro rekomendasikan kali ini adalah TM 999 F1.

TM 999 F1 adalah produk bibit terbaik berkualitas unggul hasil keluaran PT Tani Murni Indonesia (TM Seeds). Lmga Agro jual benih TM 999 F1 original hasil keluaran TM Seeds.

Produk ini sangat cocok menjadi pilihan utama petani untuk dibudidayakan karena memiliki banyak karakteristik serta kelebihan daripada produk pesaingnya.

Contoh karakteristik serta kelebihan dari bibit cabe TM 999 F1 yang mampu menguntungkan petani yaitu seperti :

  1. Daya adaptasinya sangat bagus dan jika dibudidayakan di daerah dataran rendah sampai dataran tinggi ketika musim kemarau maupun musim hujan.
  2. Vigor tanaman cabe TM 999 tergolong kokoh, tegak, memiliki banyak percabangan, serta ruasnya termasuk pendek.
  3. Benih cabe TM 999 tahan terhadap serangan hama mite, Aphid, thrips, dan penyakit layu bakteri, layu fusarium, serta antraknosa.
  4. Walaupun dalam kondisi cuaca buruk, proses pembentukan buah cabe keriting TM 999 tergolong tetap mudah, sehingga petani makin menyukai produk TM 999.
  5. Bibit cabe TM 999 bisa menghasilkan buah sepanjang ± 15 cm, berat ± 7 gram, serta berdiameter ± 0,7 cm.
  6. Warna kulit buahnya berwarna hijau gelap saat muda dan berubah warna menjadi merah mengkilat bercita rasa pedas.
  7. Tekstur buah cabe TM 999 tergolong elastis, sehingga jumlah buah rusak karena proses pengemasan serta pengangkutan jarak jauh bisa berkurang secara signifikan.
  8. Buah cabe TM 999 sudah bisa dipanen ketika telah berusia ± 83 hari setelah pindah tanam.
  9. Potensi hasil panen benih TM 999 tergolong sangat menjanjikan, yakni dalam kisaran ± 23 ton per ha.
  10. Hasil panen memanfaatkan benih cabe TM 999 mudah terjual ke banyak tujuan, contohnya ke pedagang kaki lima, pedagang besar, sampai ke pasar induk secara mudah.
  11. Nilai jual cabe TM 999 termasuk cukup menguntungkan, sehingga petani pasti terjamin mendapatkan keuntungan.

Deretan karakteristik maupun kelebihan diatas sudah menunjukkan kualitas unggul benih hasil produksi Tani Murni ini. Maka tidaklah mengherankan jika produk bibit cabai TM 999 masuk ke dalam jajaran pilihan utama petani ketika membudidayakan cabe keriting.

Peluang Agribisnis Menjanjikan Budidaya Cabe TM 999

Peluang Agribisnis Menjanjikan Budidaya Cabe TM 999

Jika Anda tertarik membudidayakan cabe menggunakan benih TM 999, maka Anda sudah berada pada tempat yang tepat. Lmga Agro akan membantu Anda dalam memanfaatkan peluang agribisnis budidaya cabe menggunakan bibit TM 999 Tani Murni.

Ketika ingin memulai usaha agribisnis ini, syarat tumbuhnya harus terpenuhi lebih dulu. Syarat tumbuhnya yaitu seperti kondisi tanah subur dan gembur, kaya unsur organik, pH tanah berkisar ± 5,5 – 6,8, penanaman dilakukan di dataran rendah – tinggi, dan lainnya.

Jika semua syarat – syarat tumbuh tersebut sudah terpenuhi, maka proses pembudidayaan sudah dapat Anda lakukan. Proses budidaya cabe menggunakan bibit TM 999 Tani Murni secara baik dan benar dari awal hingga akhir yakni :

  • Penyemaian Benih

Proses penyemaian benih dapat memanfaatkan media tanah dicampurkan kompos halus yang sebelumnya telah diayak serta menggunakan wadah semai polybag.

Jika sudah siap semuanya, masukkan benih cabe TM 999 ke dalam media semai. Letakkan pada tempat teduh dan terlindungi oleh naungan. Jangan lupa juga untuk melakukan penyiraman secara rutin setiap hari.

Jika bibit sudah berumur ± 20 hingga 24 hari atau telah memiliki 3 hingga 4 helai daun, maka bibit sudah siap untuk dipindahkan ke bedengan.

  • Persiapan Lahan Tanam

Persiapan lahan tanam harus Anda lakukan secara bersamaan dengan proses penyemaian benih. Proses penyiapan lahan tanam sudah mulai bisa dilakukan 30 hari sebelum proses penanaman dimulai.

Pertama, bersihkan lebih dulu lahan tanam dari gulma serta kotoran lainnya. Caranya bisa dengan mengaplikasikan herbisida, atau bisa juga dicabuti secara langsung sampai benar – benar bersih.

Jika sudah benar – benar bersih, selanjutnya Anda perlu melakukan pembajakan tanah. Pembajakan tanah akan membuat tanah menjadi gembur dan lapisan bawah tanah akan terangkat sampai ke bagian atas.

Selain itu, lakukanlah pembajakan tanah agar organisme pengganggu tanaman (opt) yang ada di dalam tanah akan terbasmi. Pembajakan tanah juga memiliki tujuan agar tercipta ruang untuk udara di dalam tanah.

Pembajakan tanah dilakukan dengan mencangkul tanah sampai sedalam 20 – 40 cm sampai gembur. Kemudian, berikan pupuk dasar berupa pupuk kompos atau pupuk kandang. Dosisnya yakni sebesar 2 sampai 4 kg untuk setiap tanaman.

Langkah selanjutnya yaitu buatlah bedengan dengan rincian ukuran tertentu. Buatlah bedengan dengan lebar 1 meter, tinggi 50 cm, dan panjang menyesuaikan kondisi lahan tanam.

Berikan juga jarak antar bedengan sekitar ± 60 cm. Selain itu, buat saluran air dengan baik supaya tidak menimbulkan genangan air.

  • Penanaman

Siapkan bibit yang sudah siap tanam, lalu masukkan bibit tersebut secara hati – hati ke dalam lubang tanam pada bedengan. Tutupi lubang tanam tersebut dengan sempurna, yakni dengan memanfaatkan tanah sekitarnya.

Selanjutnya, Anda harus menyiraminya dengan air secara cukup. Hal tersebut bertujuan supaya tingkat kelembabannya bisa selalu terjaga.

Baca Juga : Fungisida Dari Bayer Pestisida Ampuh

  • Perawatan / Pemeliharaan

Pertama, lakukan proses penyiraman secara rutin serta merata. Proses penyiraman ketika musim kemarau harus dilakukan secara lebih intensif ketimbang musim kemarau.

Kedua, jika ada bibit yang tumbuh secara abnormal atau malah mati, maka gantikan segera dengan benih berkualitas bagus. Ketiga, persiapkan ajir / lenjeran sebagai tempat mengikat bibit. Bahan untuk ajir / lenjeran dapat memanfaatkan bambu atau kayu sepanjang 2 meter.

Keempat, lakukan proses perempelan atau pemangkasan. Proses ini dilakukan pada daun serta tunas yang terletak di bawah percabangan.

Kelima, lakukan secara rutin penyiangan gulma sampai gulma telah tumbuh. Bedengan yang ditutupi oleh mulsa plastik akan membuat pertumbuhan gulma jumlahnya menjadi jauh lebih sedikit.

Keenam, lakukan pengaplikasian pupuk tambahan dengan tepat waktu. Jenis pupuk yang diaplikasikan dapat memanfaatkan pupuk kimia atau memanfaatkan pupuk organik. Cara aplikasinya yakni dengan cara ditaburkan atau ditaburkan pada tanaman (tergantung dengan kondisi cuaca).

  • Pengendalian Serangan Organisme Pengganggu Tanaman

Walaupun varietas cabai keriting TM 999 mempunyai ketahanan terhadap serangan opt, tetapi mewaspadai serangan organisme pengganggu tetap sangat penting.

Untuk cara penanganannya sendiri umumnya bisa memanfaatkan cara alami atau secara kimia (menggunakan pestisida). Cara – cara tersebut memiliki kekurangan serta keunggulannya sendiri – sendiri.

Sementara itu, contoh organisme pengganggu yang harus diwaspadai saat menanam cabe keriting yaitu seperti :

1. Bercak Kering

Serangan cendawan Alternaria solani jadi penyebab utama terjadinya penyakit bercak kering. Puing – puing tanaman yang telah terinfeksi di tanah atau inang alternatif menjadi jalan masuk cendawan Alternaria solani dalam menginfeksi tanaman.

Suhu hangat (sekitar 24° – 29° C) kelembaban tinggi akan semakin mendukung penyakit bercak kering berkembang. Periode basah berkepanjangan akan membuat produksi spora makin meningkat. Spora – spora tersebut dapat menyebar lewat berbagai media, seperti angin, air hujan, ataupun irigasi pancur.

Seringkali jamur A. solani menyerang setelah periode curah hujan tinggi dan akan sangat merusak tumbuhan (baik di daerah tropis maupun subtropis).

Gejala penyakit bercak kering terjadi pada bagian daun, batang, dan buah yang berumur lebih tua. Pada bagian daun, muncul bercak berwarna coklat hingga abu – abu serta secara perlahan tumbuh secara konsentris pada bagian tengah yang bersih dengan ciri khas berbentuk mata banteng.

Luka ini dikelilingi oleh lingkaran sinar kuning cerah. Ketika penyakit bercak kering makin berkembang, semua daun bisa mengalami klorosis dan rontok, yang mengarah ke kerontokan daun dalam skala parah.

Saat daun mati dan berguguran, buah akan menjadi lebih rentan terhadap luka bakar karena cahaya matahari. Buah – buah pun akan membusuk dan terkadang juga berjatuhan.

2. Bercak Bakteri

Serangan bakteri Xanthomonas mengakibatkan gangguan pada tanaman, yakni berupa penyakit bercak bakteri. Karena penyakit bercak bakteri bisa mengakibatkan kerusakan pada berbagai tanaman, sehingga petani harus mewaspadainya.

Patogen bakteri Xanthomonas bisa bertahan hidup menyatu bersama benih (baik secara internal maupun secara eksternal). Selain itu, bakteri ini mampu bertahan pada gulma tertentu kemudian menyebar lewat air hujan ataupun air irigasi pancur.

Pori – pori ataupun luka daun adalah jalan masuk untuk menginfeksi tanaman. Kisaran suhu optimal untuk perkembangannya berkisar pada suhu ± 25 hingga 30° C.

Setelah tanaman terinfeksi, penyakit ini akan lebih sulit dikendalikan dan bisa mengakibatkan kerugian total pada hasil panen.

Gejala awal penyakit bercak bakteri yaitu berupa luka kecil pada daun muda berwarna kuning kehijauan yang biasanya terlihat cacat dan menggulung.

Pada daun tua pun juga akan nampak luka yang sama. Tetapi, luka itu bisa terlihat agak membengkak, berminyak, berwarna hijau gelap, dan dikelilingi oleh lingkaran berwarna kuning.

Biasanya luka ini lebih banyak berkumpul pada bagian pinggir atau ujung daun. Pada akhirnya, bintik – bintik ini akan nampak seperti sebuah lubang bekas tembakan karena bagian tengah mengering dan hancur.

Kemunculan bintik pada buah (berukuran sekitar 0,5 cm) berawal dengan adanya warna hijau pucat, area nampak berair, kemudian berwujud kasar, berwarna coklat, dan mengeropeng.

  • Pemanenan

Proses ini merupakan tahap akhir pembudidayaan cabe TM 999. Tahap pemanenan ini bisa Anda lakukan ketika tanaman berumur 80 sampai 100 hari.

Tingkat kematangan buah cabe TM 999 yang sesuai ketika dipanen yaitu berkisar ± 80 – 90 %. Sementara itu, waktu pemanenannya sebaiknya dilakukan ketika pagi hari.

Pemanenan dilakukan dengan cara memetik buah beserta juga bagian tangkainya. Pastikan Anda melakukan proses pemetikan dengan hati – hati.

Setelah selesai dipanen, maka selanjutnya simpan buah cabe TM 999 serta juga tangkainya agar daya simpannya menjadi lebih awet. Letakkan pada tempat teduh yang terlindung dari terik cahaya matahari langsung serta air hujan.

Pemanenan cabe TM 999 Tani Murni dapat dilakukan hingga berkali – kali lipat dengan diberikan interval waktu panen setiap 3 hingga 5 hari setelah proses panen pertama dilakukan. Proses panen dapat dilakukan setiap 30 – 40 kali (tergantung pada kondisi tanaman).

Baca Juga : Copcide Untuk Cabai Hasil Terjamin Terbaik

Jual Benih Cabe TM 999 Harga Terjamin Murah

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Benih Cabe TM 999 Harga Terjamin Murah

Apabila pembaca mempunyai ketertarikan dengan produk benih cabe TM 999, maka Lmga Agro adalah jawaban untuk Anda. Lmga Agro jual bibit cabe TM 999 Tani Murni dengan jaminan kualitas original.

Toko tani Lmga Agro juga menyediakan beraneka macam sarana dan prasarana pertanian. Terlebih lagi, Lmga Agro pun juga punya beraneka tips maupun trik unggulan bagi petani saat ingin mengembangkan usaha budidaya cabai dengan memakai benih TM 999.

Beraneka keunggulan dari varietas bibit TM 999 Tani Murni yang Lmga Agro jual tak usah diragukan lagi. Dengan begitu, maka petani tak usah ragu dengan kualitas produk benih TM 999.

Lmga Agro jual bibit cabe TM 999 F1 TM Seeds kemasan sachet netto 10 gram original hasil produksi Tani Murni. Harga jual bibit TM 999 Tani Murni pun pastinya kompetitif dengan potensi hasil panen yang juga sangat menjanjikan untuk petani.

Benih cabe TM 999 berkualitas unggulan bisa Anda beli di Lmga Agro. Kami toko pertanian terdekat yang menjual bibit cabe TM 999 terbaik bagi konsumen.

Kualitas benih cabe TM 999 yang Lmga Agro jual sudah siap untuk dibudidayakan dan terjamin asli produksi Tani Murni Indonesia.

Ingin membeli produk bibit cabe TM 999 F1 TM Seeds ? Dapatkan segera benih cabe TM 999 F1 harga terjangkau hanya di toko pertanian terdekat Lmga Agro serta buktikan sendiri kualitasnya !!

Nah, itulah dia artikel bertema bahasan cabe TM 999 ini kami tulis serta sampaikan kepada Anda semua. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat untuk seluruh pembaca.

Apabila masih ada hal – hal kurang jelas tentang artikel berjudul Cabe TM 999 Tani Murni Berkualitas Terbaik ini, hubungi segera Lmga Agro lewat no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Salam sukses selalu.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.