BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

04/06/2024

Read

Bibit Pepaya California Pilihan Unggulan Untuk Petani Budidayakan

Bibit Pepaya California,bibit,pepaya,california,pepaya california,lmga agro
Bibit Pepaya
California

Bibit Pepaya California Pilihan Unggulan Untuk Petani Budidayakan. 08125222117 WA/SMS Lmga Agro.

Lmga Agro adalah toko tani berkualitas unggulan yang menjual berbagai macam produk pertanian paling lengkap dengan harga murah.

Kota Kediri, Provinsi Jawa Timur ialah tempat dimana Lmga Agro berlokasi. Kami merupakan supplier, agen, reseller, dropshipper, serta distributor produk pertanian paling lengkap di Indonesia.

Lmga Agro telah lama dikenal oleh konsumen serta mempunyai reputasi yang terjamin terpercaya pastinya. So, tentunya calon konsumen tak perlu ragu jika ingin bertransaksi dengan toko tani terdekat Lmga Agro.

Ingin membeli produk pertanian unggul dengan harga murah ? Segera hubungi Lmga Agro sekarang juga kemudian hubungi kami untuk membeli produk pertanian paling lengkap pilihan Anda.

Bibit pepaya California bisa Anda beli segera di Lmga Agro. Lmga Agro jual bibit pepaya California berkualitas original dari produsen.

Segera dapatkan bibit pepaya California harga murah hanya di Lmga Agro.

Pepaya merupakan salah satu tanaman buah yang banyak ada di Indonesia. Meskipun jumlahnya masih kalah dengan tumbuhan lainnya, tetapi penggemarnya tidak kalah dengan tumbuhan lainnya.

Nama lain dari pepaya tergolong cukup banyak, contohnya seperti kates, gedang, dan juga papaya. Tanaman asli dari Meksiko ini sudah mempunyai banyak sentra pembudidayaan di berbagai daerah di Indonesia. Tidaklah mengherankan apabila potensi peluang bisnisnya sangat sesuai untuk petani.

Daerah sentra pembudidayaan pepaya sebut saja seperti Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Malang, Toraja, Sleman, Manado, dan sebagainya. Pembudidayaannya didominasi pada lahan tanam luas tetapi sekarang juga sudah menjadi pekarangan rumah.

Banyak sekali varietas pepaya yang banyak petani Indonesia tanam. Tetapi, beberapa tahun terakhir terdapat salah satu varietas yang mencuri perhatian. Varietas tersebut ialah varietas pepaya California.

Bibit Pepaya California Pilihan Untuk Petani Budidayakan

benih,papaya,benih pepaya california,buah,lmga agro
Bibit Pepaya California Pilihan Untuk Petani Budidayakan

Pepaya varietas California menjadi salah satu jenis pepaya yang penggemarnya tergolong banyak serta mulai banyak petani budidayakan sekarang. Potensi keuntungan menjanjikan menjadi motif petani untuk menanamnya.

Buah pepaya varietas California mempunyai berbagai kelebihan. Contohnya saja yakni bentuknya lonjong, daging buahnya tebal serta kenyal, rasanya manis, dan lainnya.

Pohonnya bisa menghasilkan buah sampai berumur ± 4 tahun. Selama ± 1 bulan, proses pemanenan dapat Anda lakukan sampai sebanyak 4 kali.

Dalam sekali proses panen, setiap minggunya pepaya California mampu menghasilkan 2 sampai 3 buah. Untuk setiap hektarnya hasil panen mampu mencapai ± 1,9 hingga 3,6 ton.

Hingga sekarang, pepaya California menjadi salah satu komoditi pertanian daerah tropis dengan prospek agrobisnis yang terbilang menjanjikan.

Batang pepaya California ruas – ruasnya tergolong pendek dan juga berpelepah. Bagian bunganya terbagi menjadi 2 tipe, yaitu tipe bunga mampu berbuah serta tipe bunga tak mampu berbuah (kembang paes).

Bunga mampu berbuah umumnya banyak bermunculan pada tangkai setelah tanaman berusia ± 3 bulan. Pepaya California mampu berbuah sampai sebanyak 25 hingga 30 buah.

Warna kulit luar buahnya yakni hijau terang, dan jika menjelang matang pada tangkainya akan muncul warna kekuningan.

Daging buahnya berwarna merah cerah berlubang yang mirip seperti sebuah bintang. Rasa buahnya tergolong manis dengan daya simpan tinggi hingga 5 hari tanpa memakai bahan pengawet.

Dengan kelebihan – kelebihan tersebut, maka tidaklah mengherankan apabila potensi agribisnis pepaya California tergolong sangat menjanjikan.

Baca Juga : Jual Benih Papaya Rasa Paling Manis

Peluang Usaha Agribisnis Menjanjikan Budidaya Pepaya California

Peluang Usaha Agribisnis Menjanjikan Budidaya Pepaya California

Apabila Anda tertarik membudidayakan bibit pepaya California, maka Lmga Agro akan mendukung Anda. Kami akan memberikan informasi bagaimana melakukan pembudidayaan pepaya California dengan menggunakan bibit unggulan.

Kami akan memberikan informasi bagaimana melakukan pembudidayaan pepaya California secara baik juga benar. Dengan begitu, nantinya Anda bisa memperoleh hasil secara lebih optimal.

Tahapan pembudidayaan pepaya California dengan menggunakan bibit berkualitas unggulan yaitu :

  • Pembibitan

Untuk pembibitan, pergunakan polybag sebagai media semai. Buatlah lubang pada polybag sedalam ± 1 centimeter pada bagian tengahnya.

Berikutnya, masukkan benih pada polybag lalu tutupi dengan tanah seperlunya. Sirami pula secara teratur agar kebutuhan airnya tercukupi.

Pada hari ke 12 sampai ke 15, benih akan mulai tumbuh serta berkecambah. Jika bibit telah tumbuh sampai setinggi 15 hingga 20 cm ataupun telah mempunyai 3 hingga 4 helai daun, maka bibit telah siap untuk dipindah ke lahan tanam.

  • Penanaman

Buatlah lubang lebih dulu pada lahan tanam yang Anda buat. Berikanlah jarak tanam sekitar ± 2,5 meter x 2,5 meter. Setelah pembuatan lubang tanam sudah Anda selesaikan, maka bibit pun telah siap untuk dipindah ke lahan tanam.

Namun, sebelum itu berikanlah pupuk kandang atau pupuk kompos pada lubang tanam sebagai pupuk dasarnya. Hal tersebut memiliki tujuan untuk menambah kandungan unsur hara yang bibit perlukan.

Berikutnya, masukanlah bibit secara hati – hati ke dalam lubang tanam. Untuk setiap lubang tanam dipergunakan untuk menampung 1 bibit saja.

Catatan, Anda harus melakukan proses penanaman saat sore hari agar bibit tidak terkena sinar matahari secara berlebihan.

  • Perawatan

Tahapan perawatan atau pemeliharaan pepaya California terbagi menjadi beberapa proses. Contoh beberapa tahapan tersebut yakni :

1. Penyiraman

Untuk memenuhi kebutuhan air tanaman, selalu rutin untuk melakukan penyiraman. Untuk musim kemarau, lakukan proses penyiraman lebih sering supaya kondisi tumbuhan tidak cepat kering.

Cara penyiramannya dapat memanfaatkan sistem penggenangan atau menggunakan sprinkler.

2. Penyiangan gulma

Gulma selalu menjadi pengganggu untuk perkembangan serta pertumbuhan tanaman. Selain merebut nutrisi, gulma juga bisa menjadi sarang untuk hama maupun penyakit.

Oleh karena itu, lakukan penyiangan gulma secara teratur untuk meminimalisir ancaman gulma pada tanaman budidaya.

3. Pembumbunan

Seringkali tanah di sekitar tumbuhan mengalami erosi saat musim hujan dan pengairan. Oleh karena itu, melakukan pembumbunan menjadi sangat penting. Dengan melakukan proses pembumbunan, maka tanaman akan menjadi tegak.

4. Pemupukan Susulan

Proses pemupukan susulan tanaman yang sudah berumur 1 minggu telah bisa diberikan pupuk susulan. Aplikasikan pupuk NPK dengan dosis sebesar ± 200 gram per pohon.

Setelah tanaman berumur ± 3 bulan, aplikasikan pupuk NPK dengan dosis sebesar ± 300 gram per pohon.

Saat sudah berumur 6,9, serta 12 bulan Anda harus mengaplikasikan pupuk NPK lagi. Dosisnya yakni sebesar ± 500 gram yang dicampurkan bersama pupuk kandang dengan dosis sebesar ± 40 kg per pohon.

Saat sudah mulai berbuah, agar daya tahannya lebih kuat serta rasanya lebih manis berikanlah pupuk KCL.

  • Pengendalian Organisme Pengganggu

Hama maupun penyakit selalu menimbulkan kerugian untuk petani. Jumlah kerugiannya bisa menjadi lebih besar jika serangan organisme pengganggu tidak terkendali.

Oleh karena itu, melakukan pengendalian organisme pengganggu memegang peranan penting dalam pembudidayaan tanaman.

Contoh beberapa organisme pengganggu yang bisa menghambat contohnya seperti :

1. Lalat buah

Lalat buah (Toxotrypana curvicauda) memiliki tubuh berwarna kekuning – Kuningan dengan tanda hitam pada bagian dada.

Seekor lalat betina memiliki perut panjang dan sempit dengan organ bertelur melengkung yang panjangnya melebihi panjang tubuhnya.

Sesudah beberapa waktu, larva akan menetas dari telur. Tubuh larva tergolong ramping, berwarna putih, serta panjang tubuhnya sekitar ± 13 hingga 15 mm.

Baca Juga : Bibit Terong Ungu Kualitas Unggulan Untuk Petani Budidayakan

Buah – buahan dapat terinfeksi dengan beberapa larva dan menunjukkan gejala ketika pasca panen. Kerusakan paling besar biasanya terjadi ketika musim hujan telah berakhir. Buah yang masih muda menjadi tempat lalat buah betina menempatkan telur – telurnya.

Kulit buah yang sudah tertusuk mengeluarkan tetesan lateks dengan warna yang tergolong kontras terhadap warna buah. Larva yang sudah menetas dari telur akan menggali terowongan dari daging buah untuk menuju rongga benih.

Selain itu, larva pun juga akan memakan biji yang tengah tumbuh serta berkembang. Lubang keluar nampak cukup jelas pada bagian permukaan buah.

Terowongan luas menyebabkan pembusukan daging, nampak seperti lesi berwarna coklat yang akan semakin hitam apabila semakin membusuk.

Buah – buahan lalu menyebabkan bau busuk serta mengeluarkan sebuah zat seperti jus. Warna kulit buah menjadi berwarna kuning dan mungkin nampak berlubang ataupun berkeropeng. Buah yang telah matang juga dapat mengalami kerontokan sebelum waktunya.

2. Antraknosa

Antraknosa atau patek terjadi akibat infeksi dari cendawan Colletotrichum gloeosporiodes. Patogen jamur ini bertahan hidup dalam 1 biji ataupun sisa – sisa tumbuhan dalam tanah.

Ketika kondisi lingkungan mendukung, maka patogen cendawan Colletotrichum akan mudah menyebar pada buah hijau yang masih belum matang. Angin dan percikan air hujan menjadi salah satu media penyebarannya.

Temperatur sedang, tingkat kelembaban tinggi, dan rendahnya pH tanah akan semakin mendukung berkembangnya penyakit patek.

Patek bisa muncul gejalanya pada bagian tanaman seperti daun serta tangkai daun. Gejala patek pada daun terlihat dengan kemunculan bintik – bintik berwarna abu – abu hingga coklat.

Kumpulan bintik – bintik tersebut kemudian membesar dan bergabung menjadi satu membentuk area sel mati cukup besar. Bintik – bintik berbentuk kecil terang pertama kali muncul pada bagian kulit buah.

Ketika dewasa, bintik – bintik akan tumbuh besar kemudian menjadi luka bulat berwarna coklat gelap. Bercak – bercak berwarna merah mudah sampai berwarna oranye tumbuh pada luka secara tumpang tindih.

Bintik – bintik dengan ukuran lebih kecil berbentuk cekung yang dikenal sebagai bintik berwarna coklat juga akan nampak. Buah pun juga akan rontok atau jatuh sebelum waktunya.

3. Embun Tepung

Penyakit embun tepung terjadi karena infeksi cendawan Oidium caricae-papayae. Jamur ini bertahan hidup dan bereproduksi pada tumbuhan pepaya saja. Sporanya menyebar dari satu tanaman ke tanaman lainnya lewat perantara media angin.

Daun tua lebih rentan terserang walaupun dapat menginfeksi daun pada seluruh fase pertumbuhan. Jamur menjajah sel – sel epidermis tanaman yang merupakan gejala penyebabnya.

Perkembangan penyakit embun tepung akan semakin parah jika berbagai faktor mendukung. Faktor tersebut contohnya seperti tingginya tingkat kelembaban, suhu sedang, rendahnya tingkat cahaya, dan curah hujan berkisar ± 1500 – 2500 mm per tahun.

Bercak – bercak basah yang tertutupi lapisan cendawan berwarna keputihan pertama kali muncul pada bagian bawah daun. Kadang – kadang, bintik – bintik berwarna hijau pucat hingga kuning muncul pada sisi atas daun.

Bintik – bintik tersebut kemudian berubah menjadi sel mati berwarna coklat yang dikelilingi oleh lingkaran berwarna kuning.

Daun yang mengalami infeksi berat lalu menjadi layu dan melengkung ke dalam. Buah – buahan bisa menunjukkan lapisan cendawan berwarna keputihan dengan ukuran beragam.

Infeksi pada tanaman tua umumnya mengakibatkan sedikit kerusakan. Tetapi, infeksi pada tanaman muda menyebabkan lebih banyak kerusakan.

4. Virus Bercak Cincin

Penyakit bercak cincin terjadi karena infeksi serangan virus bercak cincin / Papaya Ring Spot Virus (PRSV). Virus bercak ini menular lewat banyak spesies kutu daun secara non persisten.

Infeksi dapat menyebar secara cepat jika bertepatan dengan banyaknya populasi kutu daun bersayap. Gejala akan semakin parah jika kondisi cuaca sedang dingin.

Pada daun, gejala awal yang terjadi yakni munculnya lepuh berwarna hijau tua. Kemudian, berkembang menjadi pola berbintik – bintik berwarna hijau.

Gejala berikutnya, daun akan nampak seperti tali sepatu serta menunjukkan pola mosaik dengan bintik sel mati berwarna coklat dan juga berwarna kuning.

Ukuran daun menjadi berkurang, pertumbuhan tanaman menjadi terganggu, dan ukuran kanopi menjadi lebih kecil.

Bintik menguning yang basah serta goresan berminyak muncul pada bagian batang dan juga bagian tangkai daun. Buah yang terinfeksi menunjukkan bintik – bintik cincin berminyak dengan jumlah sangat besar.

Warnanya hijau tua dengan bentuk cekung, cacat, dan ukuran buahnya pun menjadi jauh lebih kecil.

  • Pemanenan

Jika buah pepaya California mulai nampak berwarna kuning, maka buah telah siap untuk Anda panen. Cara pemanenannya dilakukan dengan cara memotong bagian tangkai buah memakai alat berupa gunting atau pisau.

Setelah selesai memanen, cucilah buah lebih dulu supaya kotoran hilang larut bersama air. Sesudah itu, masukkan ke dalam wadah bersih.

Terakhir, simpan pada tempat yang tepat ataupun segera pasarkan ke pasar – pasar terdekat.

Nah, itulah dia tahapan pembudidayaan pepaya California sejak awal hingga akhir. So, bagaimana apabila Anda langsung melakukan praktek budidayanya serta membuktikan hasilnya ??

Baca Juga : Jual Benih Kacang Panjang & Buncis Terlengkap Lmga Agro

Belanja Online Bibit Pepaya California Harga Terjangkau

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Belanja Online Bibit Pepaya California Harga Terjangkau

Belanja online bibit pepaya California harga terjangkau bisa Anda peroleh di Lmga Agro. Lmga Agro jual bibit pepaya California berkualitas unggul dengan harga pasti murah.

Untuk memastikan pesanan bibit papaya sampai ke tangan konsumen, tentunya toko online Lmga Agro bekerja sama dengan mitra pengiriman bereputasi terpercaya. JNE, Pos Indonesia, KI8, serta J&T adalah beberapa nama – nama mitra pengiriman rekanan Lmga Agro.

Seluruh pesanan produk bibit pepaya California siap Lmga Agro kirim dengan jaminan pasti sampai ke alamat tujuan.

Ingin membeli bibit pepaya California dengan kualitas unggulan ? Segera dapatkan bibit pepaya California harga murah berkualitas unggul hanya di Lmga Agro !!

Nah, itulah dia artikel bertema bibit pepaya California ini kami tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga artikel ini dapat memberikan dampak positif serta bermanfaat untuk kehidupan Anda.

Apabila masih terdapat hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Bibit Pepaya California Pilihan Unggulan Untuk Petani Budidayakan ini, hubungi segera Lmga Agro melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Salam sukses selalu.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.