BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

26/06/2024

Read

Semangka Madrid Produk Unggulan Untuk Petani

Semangka Madrid,semangka,madrid,petani,lmga agro
Semangka
Madrid

Semangka Madrid Produk Unggulan Untuk Petani. 08125222117 WA/SMS Lmga Agro. Lmga Agro merupakan toko pertanian online yang menjual beraneka macam kebutuhan tani harga terjamin murah.

Toko tani Lmga Agro merupakan toko pertanian unggul yang berada di Kota Kediri, Jawa Timur.

Kami telah lama berkecimpung di dunia pertanian Nasional dan sudah mempunyai banyak konsumen di semua penjuru Indonesia.

Lmga Agro merupakan reseller, agen, distributor, dan supplier kebutuhan tani unggul dengan jaminan harga cukup terjangkau.

Kami berani memberikan jaminan kepada konsumen bahwa pesanan milik konsumen pasti akan sampai ke alamat tujuan.

Benih semangka Madrid bisa konsumen beli di toko pertanian terdekat Lmga Agro. Lmga Agro jual bibit semangka Madrid dengan jaminan harga yang pastinya terjangkau.

Segera dapatkan benih semangka Madrid harga murah hanya di toko online Lmga Agro.

Buah yang terdapat di Indonesia sangatlah beragam. Dari berbagai macam buah tersebut, salah satu yang banyak masyarakat sukai ialah buah semangka.

Kenapa buah ini tergolong cukup masyarakat sukai ? Alasannya karena buah semangka sangat mudah diperoleh, rasanya cenderung manis, dan mempunyai beraneka nutrisi yang baik untuk tubuh.

Dari pinggir jalan, pasar tradisional, sampai pasar modern pun bisa menjadi sasaran bagi Anda untuk membeli buah semangka.

Tanaman semangka sendiri mempunyai nama sebutan lainnya, seperti tembikai dan juga mendikai. Untuk jenisnya sendiri pun juga tergolong bermacam – macam, dan salah satunya adalah varietas semangka tanpa biji / non biji.

Selama selang waktu beberapa tahun terakhir, varietas ini tingkat kepopulerannya tergolong terus meningkat, bahkan tingkat kepopuleran semangka berbiji sampai dikalahkan.

Maka janganlah terlalu heran jika sekarang varietas semangka non biji semakin banyak petani budidayakan. Prospeknya sendiri termasuk sangat menguntungkan dan proses pembudidayaannya termasuk mudah.

Berbagai faktor tersebut tentunya menjadikan banyak petani makin tertarik membudidayakan varietas semangka non biji. Varietas semangka non biji adalah hasil persilangan antara semangka diploid jantan serta semangka tetraploid betina.

Tanaman ini sendiri mempunyai bunga yang lengkap, baik bunga betina maupun bunga jantan. Tetapi, bijinya tidak terbentuk karena bakal biji maupun benang sari mandul.

Buah semangka tidak berbiji sendiri mempunyai manfaat yang sama saja seperti buah semangka yang berasal dari varietas lainnya. Beberapa contoh manfaat ketika mengkonsumsinya yaitu seperti :

  • Menyehatkan kondisi tulang

Beraneka macam nutrisi terkandung di dalam buah semangka, dan salah satunya ialah kalsium. Kandungan kalsium ini sangatlah baik untuk tubuh dalam menguatkan struktur tulang tubuh.

  • Meredakan nyeri otot

Nyeri otot seringkali menjadi permasalahan utama bagi banyak orang. Kandungan asam amino serta citrullin dalam buah mendikai terbukti bisa meredakan nyeri otot, sehingga nyeri otot bisa segera teratasi.

  • Meminimalisir resiko tubuh terserang kanker

Para peneliti telah mempelajari bahwa tembikai kaya akan beraneka macam kandungan nutrisi likopen dan lainnya yang mempunyai manfaat anti kanker.

Dari hasil penelitian tersebut, peneliti menemukan fakta bahwa kombinasi antara zat – zat tersebut bisa meminimalisir resiko tubuh terserang penyakit kanker.

Peluang Usaha Agribisnis Budidaya Semangka Tanpa Biji

peluang,usaha,bisnis,agrobisnis,agribisnis,lmga agro
Peluang Usaha Agribisnis Budidaya Semangka Tanpa Biji

Tentunya begitu besarnya manfaat yang tertulis pada penjelasan diatas nampak sebagai peluang agrobisnis dengan jaminan prospek menjanjikan. Terlebih lagi, proses pembudidayaannya pun tergolong relatif terjangkau.

Jika Anda merasa tertarik memulai usaha agrobisnis pembudidayaan semangka non biji, maka Anda harus segera untuk memulainya sesegera mungkin.

Mengapa kita harus segera memulainya ? Karena usaha agribisnis ini memiliki prospek menjanjikan serta menjadi usaha yang tidak pernah ada matinya.

Apabila Anda hanya mempunyai modal dalam jumlah sedikit, hal itu tidak akan menjadi sebuah permasalahan besar. Tempat budidaya semangka non biji bisa memanfaatkan lahan pekarangan rumah miliki Anda sendiri.

Usaha budidaya semangka non biji bisa serta sangat cocok untuk semua orang lakukan. Pilihan usaha agrobisnis ini sudah sangat sesuai untuk Anda semua. 

Asalkan semua pembaca memiliki kemauan dan niat tinggi untuk belajar, maka Anda pastinya akan bisa berhasil dalam menjalankan usaha pembudidayaan semangka ini.

Tetapi, dalam melakukan usaha budidaya tembikai ini memerlukan berbagai peralatan pendukung sebagai penunjang. Selang air, sprayer, gunting, golok, dan sabit adalah beberapa contoh peralatan pendukung.

Baca Juga : Katalog Produk Utama Di Toko Pertanian Lmga Agro

Memanfaatkan beraneka macam peralatan – peralatan tersebut menjadikan usaha agrobisnis budidaya semangka bisa berjalan secara lebih optimal.

Jika waktu panen sudah tiba, maka hasil panen selanjutnya bisa langsung Anda jual. Anda bisa menyasar ke pasar untuk menjualnya langsung kepada pengepul.

Nah, apabila Anda ingin lebih tau cara pembudidayaan semangka non biji secara baik serta benar, maka Lmga Agro dengan senang hati akan siap membantu Anda.

Kami mempunyai tahapan cara budidaya semangka non biji secara baik dan benar sedari awal hingga akhir. Tahapan cara pembudidayaan semangka non biji secara baik dan benar mulai dari awal hingga akhir yaitu :

  • Perhatikan tipe tanah, pH, serta suhu tanah

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan ialah memperhatikan tipe, suhu, dan pH tanah lahan tanam yang akan Anda pergunakan. Biasanya, varietas semangka non biji dapat ditanam di berbagai tempat.

Tetapi, apabila ingin memperoleh hasil maksimal sebaiknya Anda budidayakan di daerah dataran rendah dengan ketinggian 0 sampai 200 mdpl.

Tipe tanah paling baik untuk budidaya tanaman buah ini ialah tipe tanah gembur dan juga tanah berpasir. Tak hanya itu saja, pohon semangka pun juga memerlukan asupan cahaya matahari yang cukup, yakni ± 7 jam setiap hari dan iklim hangat dengan kisaran suhu ± 20 hingga 30° C.

Sementara itu, kisaran pH tanah yang sesuai untuk budidayanya berkisar pada pH 6 hingga 7. Tetapi, apabila Anda merasa masih kurang, Anda bisa menyesuaikannya sesuai kebutuhan Anda.

Curah hujan bisa berpengaruh besar terhadap perkembangan dan pertumbuhan tanaman. Apabila intensitas curah hujan cukup baik, maka tumbuhan semangka non biji akan mampu tumbuh hingga setinggi ± 40 hingga 50 mm setiap bulannya.

  • Persiapan & Pengolahan Lahan Tanam

Untuk langkah kedua, Anda harus melakukan proses penyiapan dan pengolahan lahan tanam. Cara melakukannya yakni dengan cara mencangkul maupun membajak tanah lahan tanam hingga kondisi tanah lahan tanam semuanya gembur merata.

Selanjutnya, lanjutkan ke proses pembuatan bedengan ganda serta parit pada bagian tengah lahan tanam setelah selesai melakukan pengolahan lahan tanam.

Buatlah bedengan dengan rincian ukuran lebar ± 70 – 80 cm, sementara tinggi pada bedengan perlu menyesuaikan kondisi lahan tanam.

Tolong Anda perhatikan kondisi lahan tanam dengan baik supaya mencegah munculnya genangan pada lahan tanam. Caranya yaitu dengan memberikan jarak antara setiap bedengan sekitar ± 3 meter hingga 4 meter. Setelah selesai membuat bedengan, lanjutkan dengan mengaplikasikan pupuk dasar.

Pupuk dasar yang diaplikasikan bisa memanfaatkan pupuk kadang dan juga dolomite. Aplikasikan dolomite jika kondisi pH tanah kurang dari 6.

Selain dolomite, aplikasikan pula pupuk kandang pada tanaman dengan cara ditaburkan dengan dosis sebanyak ± 1 hingga 1,5 kg per tanaman. Sementara itu, pupuk kimianya yang perlu dipersiapkan adalah pupuk ZA, KCl, dan juga TSP / SP – 36.

Langkah selanjutnya yakni aduk serta campur pupuk dengan tanah hingga benar – benar merata tercampur. Biarkan campuran tersebut selama beberapa waktu supaya terlarut hingga benar – benar merata bersama air hujan.

Sesudah pupuk dan tanah larut seluruhnya, biarkan tanah selama 10 sampai 15 hari sebelum memulai penanaman. Jika air hujan sedang tidak ada, maka Anda harus melakukan proses penyiraman / pengairan.

  • Pemilihan Benih

Ambillah benih semangka yang akan Anda pakai, kemudian rendam ke dalam air hangat. Rendam selama 1 jam supaya tekstur benih nantinya lebih lunak.

Jika kondisi benih telah lunak, selanjutnya tiriskan dan jepit juga ujung benih supaya benih terbuka sedikit. Tujuan hal tersebut yakni air menjadi lebih mudah terserap dan juga semakin mudah berkecambah.

Langkah yang perlu Anda lakukan selanjutnya ialah melakukan pemeraman benih. Pemeraman benih bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan kertas merang dan juga handuk basah supaya nantinya menjadi lebih seragam.

Apabila benih sudah mulai memunculkan kecambah, maka benih bisa segera Anda semai pada polybag yang Anda persiapkan sebelumnya. Semai pada media berupa tanah dan juga pupuk kandang dengan perbandingan 5 : 1. 

  • Penanaman

Proses pembudidayaan semangka tanpa biji berikutnya ialah tahapan pemindahan bibit siap tanam ke lahan tanam. Bibit yang sudah siap dipindah tanam yakni biasanya sudah berumur 7 hingga 10 hari setelah penyemaian.

Cara memindahkan bibit ke lahan tanam yakni pertama Anda perlu menyobek polybag Anda terlebih dulu. Setelah itu, tanamilah bibit lalu jangan lupa untuk memastikan kondisi lahan tanam tetap basah dengan cara menyiraminya dengan air.

Proses pemindahan tanam bibit sebaiknya Anda lakukan ketika sore hari. Pastikan agar bedengan dalam kondisi basah setelah selesai melakukan proses pemindahan bibit.

  • Pemeliharaan / Perawatan

Tentunya budidaya semangka non biji memerlukan perawatan yang baik. Salah satunya ialah dengan cara menjalankan tahapan pemeliharaan / perawatan secara rutin / teratur dan juga berkelanjutan.

Dengan melakukan proses pemeliharaan / perawatan secara teratur dan berkelanjutan, maka Anda akan memperoleh hasil secara optimal.

Pertama, lakukan proses penyiraman / pengairan. Lakukanlah proses ini secara teratur sebanyak 2 kali setiap hari, yakni ketika pagi dan juga sore hari. Intensitas penyiraman / pengairan bisa Anda sesuaikan pula dengan kondisi lahan tanam.

Kedua, lakukan proses perempelan. Cara melakukan proses perempelan yakni dengan membuang ranting serta juga tunas yang tumbuh selain ranting dan juga tunas yang baik pada daun pertama serta daun kedua.

Ketiga, lakukan proses pemberian pupuk susulan. Apabila bibit telah berumur ± 10 hari sesudah tanam, maka berikutnya Anda perlu menjalankan pengaplikasian pupuk susulan. Aplikasikan pupuk NPK dengan dosis sebanyak ± 5 gram / 300 ml air untuk setiap tanaman.

Keempat, siangilah gulma yang muncul secara rutin. Gulma bisa merebut nutrisi menjadi inang bagi virus dan juga hama. Oleh karena itu, gulma perlu segera dibasmi agar nantinya tak menghambat pertumbuhan & perkembangan tanaman. 

  • Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT)

Organisme pengganggu tanaman (opt) menjadi salah satu permasalahan utama saat membudidayakan tanaman, tak terkecuali dengan tanaman semangka non biji.

Oleh karena itu, petani perlu mewaspadai serangan organisme pengganggu. Dengan begitu, maka petani pun bisa melakukan tindakan penanganan / pengendalian dengan tepat.

Beberapa contoh organisme pengganggu yang perlu petani waspadai saat membudidayakan semangka non biji yakni seperti :

1. Kutu Kebul

Kutu kebul bernama latin Bemisia tabaci ialah hama musuh utama untuk beraneka tanaman di Indonesia, tidak terkecuali dengan mendikai.

Seekor kutu kebul tubuhnya berwarna putih dan berukuran kecil. Biasanya hama ini menyerang beraneka tanaman, contohnya palawija, buah – buahan, sayur – sayuran, cabe, dan sebagainya.

Hama kutu kebul biasanya lebih suka diam saja bersama kelompoknya dibalik dedaunan. Hewan ini ketika merusak tanaman akan mengakibatkan kerusakan dengan efek ganda pada tumbuhan yang terinfeksi.

Baca Juga : Cabe Merah Besar Tipe Cabai Hasil Menjanjikan

Selain bisa menyebabkan kerusakan tanaman secara langsung, serangan hama kutu kebul pun juga dapat menyebabkan kerusakan secara tidak langsung.

Kerusakan secara langsung dapat memunculkan beraneka macam gejala, contohnya seperti keriting daun, belang (mosaik), dan klorosis.

Apabila intensitas serangan cukup parah, maka serangan kutu kebul dapat berakibat pada tanaman yang menjadi tak produktif serta ukurannya lebih kerdil. Untuk kerusakan secara tidak langsung yaitu kutu kebul bisa menjadi vektor penyebar virus penyebab penyakit, yakni Geminivirus.

Geminivirus sendiri mampu menular secara persisten. Arti persisten sendiri yakni sekali kutu kebul memakan tanaman terinfeksi Geminivirus, maka selama kutu kebul tersebut hidup bisa terus menyebarkannya ke tumbuhan lainnya. 

2. Embun Tepung

Infeksi patogen cendawan Erysiphaceae ialah penyebab utama terjadinya penyakit embun tepung pada tanaman. Penyakit bernama lain Powdery mildew ini termasuk relatif membuat petani sulit karena termasuk sulit dikendalikan.

Tempat bertahan hidup patogen jamur Erysiphaceare ini beraneka ragam. Contoh tempat tersebut yakni seperti di dalam kuncup dan juga sisa – sisa tanaman. Angin, air, dan serangga menjadi media pemindah spora jamur ini ke tanaman lainnya.

Jamur Erysiphaceae ini mampu bertahan hidup dalam suhu 10° hingga 12° C, namun kondisi paling optimalnya berada pada kisaran suhu ± 30° C.

Gejala awal penyakit embun tepung yaitu pada sisi atas daun memunculkan sebuah bintik berwarna kuning. Pada tahap berikutnya, bintik tersebut akan berganti menjadi lapisan tepung putih.

Lapisan tersebut kemudian menutupi serta juga menyebar juga ke beberapa bagian tanaman, seperti bagian batang, daun, serta bagian buah.

Ketika penyakit embun tepung berkembang, bagian yang terinfeksi akan mulai memunculkan gejala berupa kerutan, daunnya mengalami kerontokan, dan pada akhirnya tumbuhan pun akan mengalami kematian.

  • Pemanenan

Umumnya proses pemanenan sudah bisa Anda jalankan saat tanaman sudah berumur ± 65 hingga 70 hst. Tanda – tanda buah yang telah siap panen bisa cukup terlihat dengan ciri – ciri tertentu, seperti memudarnya warna sulur serta memudarnya warna buah pada pangkal tangkai buah.

Cara panen semangka yaitu pertama Anda perlu mengenakan sarung tangan kain serta gunting sebagai penunjang. Sarung tangan kain bermanfaat dalam mencegah kerusakan mekanis pada buah serta melindungi tangan ketika memotong buah.

Berikutnya, semangka yang tangkainya sudah dipotong bisa Anda masukkan ke dalam keranjang. Mendikai bisa Anda panen secara bersamaan jika kriteria tingkat ketuaan yang sesuai telah terpenuhi. Namun jika tidak sesuai Anda bisa menjalankan proses pemanenan melalui 2 tahapan pemanenan.

Di tahapan pertama, panenlah buah yang sudah matang secara fisiologis. Sementara itu, di tahapan keduanya yakni panenlah buah sekaligus selama kurun waktu beberapa hari sesudahnya.

Ada baiknya proses panen Anda lakukan saat pagi hari (jam 8 hingga jam 10 pagi) (jam 4 hingga jam 5 sore) saat kondisi cuaca sedang cerah.

Tujuan dari hal tersebut supaya dapat terhindar dari kemunculan patogen cendawan penyebab penyakit yang bisa merusak buah saat diangkut maupun disimpan.

Semangka Madrid Produk Terbaik Hasil Terjamin

madrid f1,f1,hibrida,tembikai,mendikai,lmga agro
Semangka Madrid Produk Terbaik Hasil Terjamin

Tentu saja untuk menanam semangka non biji Anda membutuhkan benih atau bibit berkualitas terbaik. Dengan memakai benih berkualitas unggulan, maka Anda dapat memperoleh hasil pembudidayaan yang lebih optimal.

Nah, supaya Anda lebih mudah dalam memperoleh bibit semangka tanpa biji berkualitas unggulan, Lmga Agro akan membantu dengan cara merekomendasikan rekomendasi produk bibit semangka tanpa biji berkualitas unggul.

Salah satu benih semangka varietas tanpa biji berkualitas unggulan rekomendasi Lmga Agro ialah Madrid F1. Madrid F1 ialah benih semangka varietas tanpa biji paling baru hasil keluaran dari PT Bintang Citra Asia (Bintang Asia).

Madrid F1 punya berbagai macam kelebihan, sehingga sangat cocok petani manfaatkan. Beberapa contoh kelebihan dari produk Madrid Bintang Asia yakni seperti :

  1. Madrid memiliki vigor kokoh dengan percabangan seragam dengan ukuran yang sama besar
  2. Tanaman semangka Madrid kami sarankan ditanam di daerah dataran rendah hingga dataran menengah untuk mendapatkan hasil optimal dari tembikai Madrid.
  3. Budidaya semangka Madrid Bintang Asia toleran terhadap kekurangan kalsium.
  4. Tembikai Madrid F1 Bintang Asia tahan terhadap serangan penyakit layu bakteri, gummy blight, dan downy mildew.
  5. Proses pembentukan buah Madrid tergolong tetap mudah walaupun kondisi cuaca memburuk. Dengan begitu, maka cara menanam semangka Madrid F1 Bintang Asia menjadi salah satu favorit petani Indonesia.
  6. Buah semangka hibrida Madrid mempunyai berat sekitar ± 8 hingga 10 kg, kulit buahnya berwarna hijau gelap, serta bisa dibuahkan lebih dari 1 buah per tanaman.
  7. Buah semangka Madrid lebih tahan simpan serta juga lebih tahan pengangkutan jarak jauh.
  8. Daya tumbuh Madrid F1 tergolong cukup besar, sehingga bisa tumbuh dengan kuat.
  9. Buah semangka Madrid telah bisa dipanen ketika sudah berumur ± 62 hari sesudah pindah tanam.
  10. Potensi hasil panen tembikai Madrid termasuk cukup besar, yakni mencapai ± 45 ton per ha.
  11. Cara menanam semangka Madrid F1 produksi BCA lebih mudah karena telah memiliki ketahanan terhadap serangan organisme pengganggu tanaman (opt).
  12. Berkebun dengan memanfaatkan benih semangka Madrid berkualitas unggul menjadi peluang agribisnis untuk petani buah.
  13. Pohon semangka Madrid Bintang Asia sudah menjadi usaha bagi banyak petani pada pusat pembudidayaan semangka.
  14. Tembikai Madrid bisa Anda dapatkan dari toko pertanian terdekat Lmga Agro dengan jaminan harga relatif murah.
  15. Produk Madrid sudah terdaftar secara resmi & legal dalam dara Kementan melalui Kepmentan No. 127/Kpts/SR.120/D.2.7/9/2015.

Baca Juga : Benih Kangkung Darat Yang Bagus Untuk Petani Budidayakan

Jual Benih Semangka Madrid Harga Murah

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Benih Semangka Madrid Harga Murah

Apabila pembaca sedang mencari produk Madrid dan ingin membelinya, Lmga Agro merupakan solusi untuk Anda. Kami menjual produk Madrid F1 berkualitas terbaik yang pastinya juga unggulan.

Lmga Agro pun juga punya beraneka macam tips & trik dalam usaha memaksimalkan pembudidayaan semangka memanfaatkan benih Madrid secara tepat. Dengan begitu, maka hasil budidaya mendikai Madrid nantinya bisa menjadi makin maksimal.

Selain itu, Lmga Agro juga menjual berbagai macam kebutuhan pertanian terlengkap selain benih semangka Madrid. Harga jual Madrid di pasaran pun tergolong murah tetapi kualitasnya sama sekali tidak murahan.

Untuk memastikan pesanan tembikai Madrid sampai ke alamat tujuan, Lmga Agro juga menggandeng beberapa mitra pengiriman dengan reputasi terpercaya.

JNT, Pos Indonesia, KI8, serta JNE adalah beberapa perusahaan jasa pengiriman rekanan Lmga Agro. Dengan memanfaatkan jasa pengiriman tersebut, maka benih semangka Madrid pasti terjamin akan sampai hingga tangan konsumen.

So, segera order produk Madrid F1 dari Lmga Agro lalu rasakan sendiri kualitas dari Madrid Bintang Asia !!

Nah, itulah dia artikel bertema utama semangka Madrid ini kami tulis serta sampaikan kepada Anda semua. Semoga artikel bertema semangka Madrid kali ini bisa banyak bermanfaat untuk seluruh pembaca.

Jika masih terdapat hal – hal kurang jelas tentang artikel berjudul Semangka Madrid Produk Unggulan Untuk Petani ini, hubungi segera Lmga Agro lewat no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Sukses selalu dan sampai berjumpa kembali dalam artikel – artikel Lmga Agro berikutnya.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.